kecilkan semua  

Teks -- 2 Raja-raja 17:1-41 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Hosea, raja Israel
17:1 Dalam tahun kedua belas zaman Ahas, raja Yehuda, Hosea bin Ela menjadi raja di Samaria atas Israel. Ia memerintah sembilan tahun lamanya. 17:2 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, tetapi bukan seperti raja-raja Israel yang mendahului dia. 17:3 Salmaneser, raja Asyur maju melawan dia; Hosea takluk kepadanya serta membayar upeti. 17:4 Tetapi kedapatanlah oleh raja Asyur, bahwa di pihak Hosea ada persepakatan, karena Hosea telah mengirimkan utusan-utusan kepada So, raja Mesir, dan tidak mempersembahkan lagi upeti kepada raja Asyur, seperti biasanya tahun demi tahun; sebab itu raja Asyur menangkap dia dan membelenggu dia dalam penjara. 17:5 Kemudian majulah raja Asyur menjelajah seluruh negeri itu, ia menyerang Samaria dan mengepungnya tiga tahun lamanya. 17:6 Dalam tahun kesembilan zaman Hosea maka raja Asyur merebut Samaria. Ia mengangkut orang-orang Israel ke Asyur ke dalam pembuangan dan menyuruh mereka tinggal di Halah, di tepi sungai Habor, yakni sungai negeri Gozan, dan di kota-kota orang Madai.
Keruntuhan kerajaan Israel
17:7 Hal itu terjadi, karena orang Israel telah berdosa kepada TUHAN, Allah mereka, yang telah menuntun mereka dari tanah Mesir dari kekuasaan Firaun, raja Mesir, dan karena mereka telah menyembah allah lain, 17:8 dan telah hidup menurut adat istiadat bangsa-bangsa yang telah dihalau TUHAN dari depan orang Israel, dan menurut ketetapan yang telah dibuat raja-raja Israel. 17:9 Dan orang Israel telah menjalankan hal-hal yang tidak patut terhadap TUHAN, Allah mereka. Mereka mendirikan bukit-bukit pengorbanan di manapun mereka diam, baik dekat menara penjagaan maupun di kota yang berkubu; 17:10 mereka mendirikan tugu-tugu berhala dan tiang-tiang berhala di atas setiap bukit yang tinggi dan di bawah setiap pohon yang rimbun; 17:11 di sana di atas segala bukit itu mereka membakar korban seperti bangsa-bangsa yang telah diangkut TUHAN tertawan dari depan mereka; mereka melakukan hal-hal yang jahat sehingga mereka menimbulkan sakit hati TUHAN; 17:12 mereka beribadah kepada berhala-berhala, walaupun TUHAN telah berfirman kepada mereka: "Janganlah kamu berbuat seperti itu!" 17:13 TUHAN telah memperingatkan kepada orang Israel dan kepada orang Yehuda dengan perantaraan semua nabi dan semua tukang tilik: "Berbaliklah kamu dari pada jalan-jalanmu yang jahat itu dan tetaplah ikuti segala perintah dan ketetapan-Ku, sesuai dengan segala undang-undang yang telah Kuperintahkan kepada nenek moyangmu dan yang telah Kusampaikan kepada mereka dengan perantaraan hamba-hamba-Ku, para nabi." 17:14 Tetapi mereka tidak mau mendengarkan, melainkan mereka menegarkan tengkuknya seperti nenek moyangnya yang tidak percaya kepada TUHAN, Allah mereka. 17:15 Mereka menolak ketetapan-Nya dan perjanjian-Nya, yang telah diadakan dengan nenek moyang mereka, juga peraturan-peraturan-Nya yang telah diperingatkan-Nya kepada mereka; mereka mengikuti dewa kesia-siaan, sehingga mereka mengikuti bangsa-bangsa yang di sekeliling mereka, walaupun TUHAN telah memerintahkan kepada mereka: janganlah berbuat seperti mereka itu. 17:16 Mereka telah meninggalkan segala perintah TUHAN, Allah mereka, dan telah membuat dua anak lembu tuangan; juga mereka membuat patung Asyera, sujud menyembah kepada segenap tentara langit dan beribadah kepada Baal. 17:17 Tambahan pula mereka mempersembahkan anak-anaknya sebagai korban dalam api dan melakukan tenung dan telaah dan memperbudak diri dengan melakukan yang jahat di mata TUHAN, sehingga mereka menimbulkan sakit hati-Nya. 17:18 Sebab itu TUHAN sangat murka kepada Israel, dan menjauhkan mereka dari hadapan-Nya; tidak ada yang tinggal kecuali suku Yehuda saja. -- 17:19 Juga Yehuda tidak berpegang pada perintah TUHAN, Allah mereka, tetapi mereka hidup menurut ketetapan yang telah dibuat Israel, 17:20 jadi TUHAN menolak segenap keturunan Israel: Ia menindas mereka dan menyerahkan mereka ke dalam tangan perampok-perampok, sampai habis mereka dibuang-Nya dari hadapan-Nya. -- 17:21 Ketika Ia mengoyakkan Israel dari pada keluarga Daud, maka mereka mengangkat Yerobeam bin Nebat menjadi raja, tetapi Yerobeam membuat orang Israel menyimpang dari pada mengikuti TUHAN dan mengakibatkan mereka melakukan dosa yang besar. 17:22 Demikianlah orang Israel hidup menurut segala dosa yang telah dilakukan Yerobeam; mereka tidak menjauhinya, 17:23 sampai TUHAN menjauhkan orang Israel dari hadapan-Nya seperti yang telah difirmankan-Nya dengan perantaraan semua hamba-Nya, para nabi. Orang Israel diangkut dari tanahnya ke Asyur ke dalam pembuangan. Demikianlah sampai hari ini.
Orang-orang Samaria
17:24 Raja Asyur mengangkut orang dari Babel, dari Kuta, dari Awa, dari Hamat dan Sefarwaim, lalu menyuruh mereka diam di kota-kota Samaria menggantikan orang Israel; maka orang-orang itupun menduduki Samaria dan diam di kota-kotanya. 17:25 Pada mulanya waktu mereka diam di sana tidaklah mereka takut kepada TUHAN, sebab itu TUHAN melepaskan singa-singa ke antara mereka yang membunuh beberapa orang di antara mereka. 17:26 Lalu berkatalah orang kepada raja Asyur: "Bangsa-bangsa yang tuanku angkut tertawan dan yang tuanku suruh diam di kota-kota Samaria tidaklah mengenal hukum beribadah kepada Allah negeri itu, sebab itu dilepaskan-Nyalah singa-singa ke antara mereka yang sesungguhnya membunuh mereka, oleh karena mereka tidak mengenal hukum beribadah kepada Allah negeri itu." 17:27 Lalu raja Asyur memberi perintah: "Suruhlah pergi ke sana salah seorang imam yang telah kamu angkut dari sana ke dalam pembuangan. Biarlah ia pergi dan diam di sana dan mengajarkan kepada mereka hukum beribadah kepada Allah negeri itu!" 17:28 Salah seorang imam yang telah mereka angkut dari Samaria ke dalam pembuangan pergi dan diam di Betel. Ia mengajarkan kepada mereka bagaimana seharusnya berbakti kepada TUHAN. 17:29 Tetapi setiap bangsa itu telah membuat allahnya sendiri dan menempatkannya di kuil di atas bukit-bukit pengorbanan, yang dibuat oleh orang-orang Samaria; setiap bangsa bertindak demikian di kota-kota yang mereka diami: 17:30 orang-orang Babel membuat patung Sukot-Benot, orang-orang Kuta membuat patung Nergal, orang-orang Hamat membuat patung Asima, 17:31 dan orang-orang Awa membuat patung Nibhas dan Tartak. Orang-orang Sefarwaim membakar anak-anak mereka sebagai korban bagi Adramelekh dan Anamelekh, para allah di Sefarwaim. 17:32 Di samping itu mereka berbakti kepada TUHAN dan mengangkat dari kalangan mereka imam untuk bukit-bukit pengorbanan, maka orang-orang inilah yang melakukan ibadah bagi mereka di kuil di atas bukit-bukit pengorbanan itu. 17:33 Mereka berbakti kepada TUHAN, tetapi dalam pada itu mereka beribadah kepada allah mereka sesuai dengan adat bangsa-bangsa yang dari antaranya mereka diangkut tertawan. 17:34 Sampai hari ini mereka berbuat sesuai dengan adat yang dahulu. Mereka tidak berbakti kepada TUHAN dan tidak berbuat sesuai dengan ketetapan, hukum, undang-undang dan perintah yang diperintahkan TUHAN kepada anak-anak Yakub yang telah dinamai-Nya Israel. 17:35 TUHAN telah mengadakan perjanjian dengan mereka dan memberi perintah kepada mereka: "Janganlah berbakti kepada allah lain, janganlah sujud menyembah kepadanya, janganlah beribadah kepadanya dan janganlah mempersembahkan korban kepadanya. 17:36 Tetapi TUHAN yang menuntun kamu dari tanah Mesir dengan kekuatan yang besar dan dengan tangan yang teracung, kepada-Nyalah kamu harus berbakti, kepada-Nyalah kamu harus sujud menyembah dan mempersembahkan korban. 17:37 Tetapi kamu harus berpegang kepada ketetapan-ketetapan, peraturan-peraturan, hukum dan perintah yang telah ditulis-Nya bagimu dengan melakukannya senantiasa dengan setia, dan janganlah kamu berbakti kepada allah-allah lain. 17:38 Janganlah kamu melupakan perjanjian yang telah Kuadakan dengan kamu dan janganlah kamu berbakti kepada allah lain, 17:39 melainkan kepada TUHAN, Allahmu, kamu harus berbakti, maka Ia akan melepaskan kamu dari tangan semua musuhmu." 17:40 Tetapi mereka tidak mau mendengarkan, melainkan mereka berbuat sesuai dengan adat mereka yang dahulu. 17:41 Demikianlah bangsa-bangsa ini berbakti kepada TUHAN, tetapi dalam pada itu mereka beribadah juga kepada patung-patung mereka; baik anak-anak mereka maupun cucu cicit mereka melakukan seperti yang telah dilakukan nenek moyang mereka, sampai hari ini.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Adramelekh a god of the Assyrians for whom they burned their children,son of Sennacherib the King of Assyria in the time of Hezekiah
 · Ahas a son of Jotham; listed as an ancestor of Jesus,son and successor of King Jotham of Judah,son of Micah of Benjamin
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anamelekh a pagan god of the Sepharvaim people
 · Asima a pagan goddess imported from Assyria into Sameria (OS)
 · Asyur a member of the nation of Assyria
 · Awa a town in Syria
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · Babel members of the nation of Babylon
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Betel a town of Benjamin bordering Ephraim 18 km north of Jerusalem
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Ela a chief of Edom,the valley where David killed Goliath,son and successor of Baasha, king of Israel (about 900 BC),father of Hoshea, the last king of Israel about 700 BC,son of Caleb the son of Jephunneh of Judah,son of Uzzi (Michri Benjamin) who led his clan back from exile
 · Firaun the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who ruled Egypt in Abraham's time,the title of the king who ruled Egypt in Joseph's time,the title of the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who refused to let Israel leave Egypt,the title of the king of Egypt whose daughter Solomon married,the title of the king who ruled Egypt in the time of Isaiah,the title Egypt's ruler just before Moses' time
 · Gozan a town on the Habor River 100 km ESE of Haran
 · Habor a river that flows south past Gozan to the Euphrates River
 · Halah a town in upper Mesopotamia
 · Hamat a town on the west shore of Lake Galilee
 · Hosea son of Nun of Ephraim; successor of Moses,son of Azaziah; David's chief officer over the tribe of Ephraim,son of Elah; assassin and successor of King Pekah,an Israelite chief who signed the covenant to keep God's law
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kuta a town NE of Babylon
 · Lembah Tarbantin a chief of Edom,the valley where David killed Goliath,son and successor of Baasha, king of Israel (about 900 BC),father of Hoshea, the last king of Israel about 700 BC,son of Caleb the son of Jephunneh of Judah,son of Uzzi (Michri Benjamin) who led his clan back from exile
 · Media a country on the SW coast of the Caspian Sea
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Nebat a man of Ephraim; father of king Jeroboam
 · Nergal a pagan god
 · Nibhas a pagan god
 · orang Asyur a member of the nation of Assyria
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel


Topik/Tema Kamus: Raja | Raja-raja, Kitab-kitab | Asyur, Orang | Sembah, Penyembahan Berhala | Tinggal, Meninggalkan Allah | Hosea | Dosa Suatu Bangsa | Asyur | Singa | Samaria Kuno | Bukit Pengorbanan | Anak Lembu Yerobeam | Patung Berhala | Pembuangan | Orang Bukan Yahudi | Suku Yehuda | Samaria Pada Zaman Kristus | Sungai | Imam | Ilham Roh Kudus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Raj 17:6 - MENGANGKUT ORANG-ORANG ISRAEL KE ASYUR. Nas : 2Raj 17:6 Pada tahun 722 SM, setelah 210 tahun penyembahan berhala, pemberontakan rohani, dan kemerosotan moral, Allah memutuskan keruntuhan ...

Nas : 2Raj 17:6

Pada tahun 722 SM, setelah 210 tahun penyembahan berhala, pemberontakan rohani, dan kemerosotan moral, Allah memutuskan keruntuhan dan pembuangan bangsa Israel (yaitu, kesepuluh suku dari kerajaan utara). Perkembangan pesat dari kejahatan di antara umat Allah telah mencapai titik tidak bisa kembali; dosa mereka telah mencapai puncaknya. Satu-satunya tindakan yang bisa dilakukan Allah sekarang ialah menjatuhkan hukuman yang mencerai-beraikan bangsa itu; hanya kaum sisa yang percaya dan setia yang tertinggal untuk mengalami penggenapan janji-janji Allah (bd. Rom 9:27).

Full Life: 2Raj 17:7 - TELAH BERDOSA KEPADA TUHAN. Nas : 2Raj 17:7 Dalam ayat 2Raj 17:7-41 Roh Kudus memberikan alasan teologis dan moral mengapa Allah menimbulkan keruntuhan umat perjanjian-Nya yan...

Nas : 2Raj 17:7

Dalam ayat 2Raj 17:7-41 Roh Kudus memberikan alasan teologis dan moral mengapa Allah menimbulkan keruntuhan umat perjanjian-Nya yang tertebus dan menyingkirkan mereka dari hadapan-Nya (ayat 2Raj 17:18).

  1. 1) Mereka melupakan kasih dan kasih karunia Allah yang dinyatakan dalam penebusan mereka dari Mesir (ayat 2Raj 17:7).
  2. 2) Mereka menyembah dewa-dewa masyarakat kafir keliling mereka, karena mengira bahwa mereka akan mendapat sukses, sejahtera, dan bimbingan (ayat 2Raj 17:7,12,17;

    lihat cat. --> Kol 3:5).

    [atau ref. Kol 3:5]

  3. 3) Mereka mengikuti kebiasaan dan gaya hidup dunia fasik (ayat 2Raj 17:8-11,15-17).
  4. 4) Mereka menolak nabi-nabi Allah dan berita kebenaran-Nya (ayat 2Raj 17:13-15; bd. Kis 7:51).
  5. 5) Mereka secara terang-terangan memberontak melawan penyataan tertulis dan perjanjian Allah (ayat 2Raj 17:13-16).
  6. 6) Mereka melakukan tenung, ilmu sihir, dan bermacam-macam kebejatan (ayat 2Raj 17:9,15-17). Berita ini memperingatkan semua orang percaya yang hidup di bawah perjanjian yang baru (lih. 1Kor 10:1-12). Allah akan menyingkirkan semua orang dari kerajaan-Nya (baik perorangan maupun gereja) yang tidak tinggal setia kepada kasih dan Firman-Nya. Akibat-akibat dari meninggalkan Allah adalah hukuman, kehancuran, penderitaan, dan akhirnya penolakan (bd. Wahy 2:5; 3:15-16).

Full Life: 2Raj 17:8 - HIDUP MENURUT ADAT ISTIADAT BANGSA-BANGSA. Nas : 2Raj 17:8 Israel dengan senang sekali menerima gaya hidup dan standar orang-orang yang bukan umat Allah. Sekalipun pemisahan dari bangsa-bang...

Nas : 2Raj 17:8

Israel dengan senang sekali menerima gaya hidup dan standar orang-orang yang bukan umat Allah. Sekalipun pemisahan dari bangsa-bangsa lain menjadi salah satu syarat pokok Allah untuk Israel (Im 18:3,30; Ul 12:29-31; 18:9-14), umat itu menerima kebiasaan kafir bangsa-bangsa di sekitar mereka

(lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).

Menyesuaikan diri dengan gaya hidup dunia ini adalah salah satu bahaya besar yang dihadapi umat Allah dalam setiap angkatan dan kebudayaan (lih. Rom 12:2).

Full Life: 2Raj 17:13 - SEMUA NABI. Nas : 2Raj 17:13 Israel menolak nabi-nabi Allah, yaitu mereka yang menentang dosa dan meminta pertobatan dan ketaatan kepada firman dan perintah Tu...

Nas : 2Raj 17:13

Israel menolak nabi-nabi Allah, yaitu mereka yang menentang dosa dan meminta pertobatan dan ketaatan kepada firman dan perintah Tuhan (mis. Hak 6:8-10; 1Raj 13:1-3; 14:6-16; bd. Kis 7:51-53). Mereka menolak pelayanan Elia, Elisa, Amos, Hosea, dan nabi-nabi yang lain. Penolakan untuk mendengar dan menaati firman Allah, bersamaan dengan pengabaian berita para nabi yang melawan dosa dan kejahatan, jelas merupakan tanda-tanda kemurtadan

(lihat cat. --> 2Tim 4:3-4).

[atau ref. 2Tim 4:3-4]

Full Life: 2Raj 17:16 - SUJUD MENYEMBAH KEPADA SEGENAP TENTARA LANGIT. Nas : 2Raj 17:16 Orang Israel menyembah dewa-dewa bintang dan dewa-dewa yang lain karena menyangka bahwa dewa-dewa itu sanggup memberikan hidup yan...

Nas : 2Raj 17:16

Orang Israel menyembah dewa-dewa bintang dan dewa-dewa yang lain karena menyangka bahwa dewa-dewa itu sanggup memberikan hidup yang lebih baik, yaitu kemakmuran yang lebih besar, kesuburan, kesehatan, kesenangan, keamanan, dan kesejahteraan

(lihat cat. --> Hak 2:13).

[atau ref. Hak 2:13]

Karena itulah Paulus menyebut keserakahan sebagai "penyembahan berhala"

(lihat cat. --> Kol 3:5).

[atau ref. Kol 3:5]

Yesus sendiri menyatakan bahwa mencari kemakmuran dan kekayaan sebagai tujuan utama hidup ini bertentangan dengan melayani Allah (Mat 6:24; bd. Ef 5:5).

Full Life: 2Raj 17:18 - SUKU YEHUDA. Nas : 2Raj 17:18 Kerajaan selatan terdiri atas suku Yehuda, unsur-unsur dari suku Benyamin dan Simeon, dan beberapa orang dari kesepuluh suku Israe...

Nas : 2Raj 17:18

Kerajaan selatan terdiri atas suku Yehuda, unsur-unsur dari suku Benyamin dan Simeon, dan beberapa orang dari kesepuluh suku Israel yang berpindah ke kerajaan selatan untuk menyembah Allah di Yerusalem (lih. 2Taw 19:4; 30:1,10-11,25-26; 34:5-7; 35:17-18). Jadi, bangsa Yehuda menjadi sarana yang melaluinya perjanjian Allah dengan umat Ibrani dipelihara. Perhatikan bahwa keturunan dari suku-suku Israel ada di Palestina pada zaman PB (Kis 26:7; bd. Luk 2:36; Fili 3:5).

Full Life: 2Raj 17:24 - MENYURUH MEREKA DIAM DI KOTA-KOTA SAMARIA. Nas : 2Raj 17:24 Raja Asyur mendatangkan tawanan asing untuk tinggal "di kota-kota Samaria" (yaitu seluruh wilayah kerajaan utara) supaya menghancu...

Nas : 2Raj 17:24

Raja Asyur mendatangkan tawanan asing untuk tinggal "di kota-kota Samaria" (yaitu seluruh wilayah kerajaan utara) supaya menghancurkan perasaan nasionalisme yang masih ketinggalan. Kawin campur di antara orang Israel yang tidak diangkut ke Asyur dan orang-orang asing yang dibawa ke wilayah Israel menghasilkan orang yang disebut "orang Samaria." Hasilnya ialah suatu campuran tradisi agama dan budaya asing dengan kebiasaan dan iman Ibrani (ayat 2Raj 17:29-33). Akan tetapi, pada zaman PB banyak orang Samaria telah meninggalkan cara-cara kafir mereka dan mengembangkan iman yang semata-mata dilandaskan pada Pentateukh (kelima kitab pertama Alkitab). Yesus bersaksi kepada seorang perempuan Samaria, berbicara tentang kurang lengkapnya tradisi Samaria (Yoh 4:4-26). Di kemudian hari banyak orang Samaria menjadi orang percaya di dalam Kristus melalui pelayanan Filipus (Kis 8:5-25).

BIS: 2Raj 17:5 - raja Asyur raja Asyur: Mungkin Sargon II, pengganti Salmaneser.

raja Asyur: Mungkin Sargon II, pengganti Salmaneser.

BIS: 2Raj 17:24 - Samaria Samaria: Nama ibukotanya dihubungkan dengan wilayah bekas kerajaan Israel.

Samaria: Nama ibukotanya dihubungkan dengan wilayah bekas kerajaan Israel.

Jerusalem: 2Raj 17:3 - Salmaneser Ialah Salmaneser V (th 727-722 seb Mas) yang mengganti Tiglat Pileser III.

Ialah Salmaneser V (th 727-722 seb Mas) yang mengganti Tiglat Pileser III.

Jerusalem: 2Raj 17:4 - So, raja Mesir Seorang Firaun yang bernama So tidak dikenal. Kiranya naskah Ibrani perlu diperbaiki menjadi: ke Sais, kepada raja Mesir. Adapun Sais ialah nama sebua...

Seorang Firaun yang bernama So tidak dikenal. Kiranya naskah Ibrani perlu diperbaiki menjadi: ke Sais, kepada raja Mesir. Adapun Sais ialah nama sebuah kota di Delta sungai Nil, yang menjadi kediaman Firaun Tefnakht, yang memerintah sezaman dengan raja Hosea di Israel

Jerusalem: 2Raj 17:4 - menangkap dia Raja Hosea ditangkap atau waktu pergi menghadap tentara Salmaneser atau waktu melarikan diri dari Samaria. Penangkapan itu mengakhiri pemerintahannya ...

Raja Hosea ditangkap atau waktu pergi menghadap tentara Salmaneser atau waktu melarikan diri dari Samaria. Penangkapan itu mengakhiri pemerintahannya (tahun yang kesembilan).

Jerusalem: 2Raj 17:6 - tahun kesembilan zaman Hosea Ini mengenai permulaan pengepungan

Ini mengenai permulaan pengepungan

Jerusalem: 2Raj 17:6 - merebut Samaria Salmaneser mulai mengepung kota Samaria pada th 724. Tetapi oleh pengganti Salmaneser yaitu Sargon, kota itu baru direbut, agaknya dalam th 721 seb Ma...

Salmaneser mulai mengepung kota Samaria pada th 724. Tetapi oleh pengganti Salmaneser yaitu Sargon, kota itu baru direbut, agaknya dalam th 721 seb Mas

Jerusalem: 2Raj 17:6 - negeri Gozan Ini terletak tidak jauh dari Haran, di ujung utara daerah Mesopotamia

Ini terletak tidak jauh dari Haran, di ujung utara daerah Mesopotamia

Jerusalem: 2Raj 17:6 - kota-kota orang Madai Kota-kota ini terletak di sebelah timur daerah Mesopotamia. Orang-orang Israel mengganti penduduk asli yang telah diangkut oleh Tiglat Pileser. Cerite...

Kota-kota ini terletak di sebelah timur daerah Mesopotamia. Orang-orang Israel mengganti penduduk asli yang telah diangkut oleh Tiglat Pileser. Ceritera kitab Tob ditempatkan di daerah itu.

Jerusalem: 2Raj 17:7-23 - -- Renungan yang tercantum dalam bagian ini tidak berasal dari satu orang saja. Menurut penyusun utama kisah Raja-raja kesalahan Israel yang paling besar...

Renungan yang tercantum dalam bagian ini tidak berasal dari satu orang saja. Menurut penyusun utama kisah Raja-raja kesalahan Israel yang paling besar ialah: mereka memecahkan kesatuan agama Tuhan dan memisahkan diri dari Yehuda. 1Ra 12:26-33. Ini menjadi semacam "dosa warisan". Semua raja Israel ditegor oleh karena meneruskan kesalahan itu. Tegoran itu terulang di sini dalam 2Ra 17:7,21-23. Kemudian ditambahkan pikiran-pikiran lain yang senada dengan yang terungkap dalam kitab Ulangan dan kitab para Nabi, khususnya dalam kitab Yeremia. Apa yang terutama dikecam ialah: Israel mencampuradukkan agama Tuhan yang sejati dengan agama kafir dan mempertahankan tempat-tempat pengorbanan, 2Ra 17:7-18. Ada tambahan ketiga yang mempersalahkan Yehuda, juga 2Ra 17:19-20.

Jerusalem: 2Raj 17:8 - dan menurut... raja-raja Israel Ini sebuah sisipan yang bermaksud menjelaskan awal 2Ra 17:9.

Ini sebuah sisipan yang bermaksud menjelaskan awal 2Ra 17:9.

Jerusalem: 2Raj 17:14 - seperti Dalam terjemahan Yunani terbesar; lebih dari pada. Bdk Ula 9:13+.

Dalam terjemahan Yunani terbesar; lebih dari pada. Bdk Ula 9:13+.

Jerusalem: 2Raj 17:16 - patung Asyera Bdk Kel 34:13+; Hak 2:13+.

Jerusalem: 2Raj 17:17 - mempersembahkan anak-anaknya... Bdk Ima 18:21+.

Bdk Ima 18:21+.

Jerusalem: 2Raj 17:22 - segala dosa Dalam terjemahan Yunani terbaca: dosa.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: dosa.

Jerusalem: 2Raj 17:24-41 - -- Dapat dibedakan beberapa bagian, 2Ra 17:24-28,41 dengan menyederhanakan halnya menjelaskan bagaimana daerah kerajaan Israel kembali didiami. Diandaika...

Dapat dibedakan beberapa bagian, 2Ra 17:24-28,41 dengan menyederhanakan halnya menjelaskan bagaimana daerah kerajaan Israel kembali didiami. Diandaikan bahwa semua penduduk Israel yang asli diangkut semua. Dipersatukan beberapa gelombang penduduk baru yang berangsur-angsur dipindahkan ke wilayah kerajaan Israel dahulu. 2Ra 17:25-28 memuat sebuah ceritera yang menerangkan bagaimana jadinya bahwa penduduk baru itu memuja Tuhan. 2Ra 17:29-34 ditambahkan di masa pembuangan. 2Ra 17:34-40 kembali berkata mengenai kesalahan yang menyebabkan pemusnahan kerajaan Israel. Pikiran-pikiran itu lebih sesuai dengan bagian pertama bab ini.

Jerusalem: 2Raj 17:27 - yang telah kamu angkut Dalam Targum terbaca: yang telah kuangkut

Dalam Targum terbaca: yang telah kuangkut

Jerusalem: 2Raj 17:27 - Biarlah ia Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: Biarlah mereka.

Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: Biarlah mereka.

Jerusalem: 2Raj 17:34 - Mereka tidak berbakti Bagian berikutnya tidak lagi mengenai bangsa-bangsa lain yang dibicarakan dalam ayat-ayat sebelumnya, tetapi orang-orang Israel yang tidak setia, yang...

Bagian berikutnya tidak lagi mengenai bangsa-bangsa lain yang dibicarakan dalam ayat-ayat sebelumnya, tetapi orang-orang Israel yang tidak setia, yang dibicarakan dalam 2Ra 17:14 dst. 2Ra 17:34-40 berupa sebuah tambahan yang mengumpulkan beberapa keterangan umum yang tidak bersangkutan dengan keadaan historis tertentu.

Ende: 2Raj 17:6 - -- Dengan pengasingan jang kedua itu berachirlah sedjarah negara Israil, jang tak pernah dipulihkan kembali. Terdjadi tahun 721 seb. Mas.

Dengan pengasingan jang kedua itu berachirlah sedjarah negara Israil, jang tak pernah dipulihkan kembali. Terdjadi tahun 721 seb. Mas.

Ende: 2Raj 17:7-23 - -- Dalam renungan ini (2Ra 17:7-18) pengarang kitab radja2 memikirkan serta menafsirkan sedjarah Israil, jang membawa keruntuhannja, dari sudut keigamaan...

Dalam renungan ini (2Ra 17:7-18) pengarang kitab radja2 memikirkan serta menafsirkan sedjarah Israil, jang membawa keruntuhannja, dari sudut keigamaan. Mereka harus binasa, oleh sebab tidak setia pada perdjandjian Jahwe. Mereka meninggalkan ibadat jang sjah (Jerusalem) dan memudja dewa2 kafir. Demikianlah perdjandjian dibatalkan oleh mereka, meskipun Jahwe setia dan terus memperingatkan umat pilihanNja, supaja berbalik dan demikian mentjegahkan kebinasaannja.Israil tidak mendengar dan karenanja tidak dapat tidak mereka binasa. Ajat2 21-23 bertjorak tambahan dan menerangkan kebinasaan Israil dengan perpisahan Israil dari wangsa Dawud jang terpilih. Tetapi achirnja itupun dikehendaki Jahwe.

Ende: 2Raj 17:15 - jang sia2 ialah istilah jang agak biasa untuk berhala2 dewata kafir.

ialah istilah jang agak biasa untuk berhala2 dewata kafir.

Ende: 2Raj 17:19-20 - -- Ajat2 ini bertjorak tambahan, jang mendahului bagian terachir kitab Radja2 II.

Ajat2 ini bertjorak tambahan, jang mendahului bagian terachir kitab Radja2 II.

Ende: 2Raj 17:24-41 - -- Sebenarnja kedjadian bangsa Samaria lebih berbelit sedikit daripada jang dilukiskan disini. Bangsa itu adalah tjampuran orang2 Israil jang ditinggalka...

Sebenarnja kedjadian bangsa Samaria lebih berbelit sedikit daripada jang dilukiskan disini. Bangsa itu adalah tjampuran orang2 Israil jang ditinggalkan dalam negeri itu dan bangsa2 kafir jang ber-angsur2 diasingkan kesana. Ibadat bangsa itu mempunjai asal-usul jang kurang sehat, menurut si pengarang, jakni tjampuran ibadat Jahwe dengan ibadat kafir. Bangsa itu tak pernah amat dihargai oleh orang2 Jahudi jang aseli (Juda).

Ende: 2Raj 17:34-40 - -- Bagian ini mengenai orang2 Israil jang ditinggalkan dalam negeri oleh Asjur. Mereka meneruskan sadja dosa2 bangsanja jang telah membawa reruntuhan dan...

Bagian ini mengenai orang2 Israil jang ditinggalkan dalam negeri oleh Asjur. Mereka meneruskan sadja dosa2 bangsanja jang telah membawa reruntuhan dan pengasingan.

Endetn: 2Raj 17:8 - -- Dari sini dipindahkan dengan meninggalkan "Israil" ke aj. 2Ra 17:9 (dan radja2 ... dan seterusnja).

Dari sini dipindahkan dengan meninggalkan "Israil" ke aj. 2Ra 17:9 (dan radja2 ... dan seterusnja).

Endetn: 2Raj 17:13 - nabi ... pelihat diperbaiki sedikit menurut terdjemahan Latin (Vlg.).

diperbaiki sedikit menurut terdjemahan Latin (Vlg.).

Endetn: 2Raj 17:13 - -- Tatabahasa naskah Hibrani tidak beres.

Tatabahasa naskah Hibrani tidak beres.

Endetn: 2Raj 17:27 - ku- ... ia diperbaiki menurut Targum. Tertulis: "kamu ... mereka".

diperbaiki menurut Targum. Tertulis: "kamu ... mereka".

Endetn: 2Raj 17:29 - kuil2 diperbaiki menurut terdjemahan Syriah dan Latin (Vlg.). Tertulis mufrad.

diperbaiki menurut terdjemahan Syriah dan Latin (Vlg.). Tertulis mufrad.

Endetn: 2Raj 17:34 - -Nja Naskah Hibrani pakai djamak.

Naskah Hibrani pakai djamak.

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:1 - Yehuda, Hosea · Yehuda, Hosea: 2Raj 15:30

· Yehuda, Hosea: 2Raj 15:30

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:2 - yang jahat · yang jahat: Ul 4:25; Ul 4:25

· yang jahat: Ul 4:25; [Lihat FULL. Ul 4:25]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:3 - Salmaneser // membayar upeti · Salmaneser: Hos 10:14 · membayar upeti: Hak 3:15; Hak 3:15

· Salmaneser: Hos 10:14

· membayar upeti: Hak 3:15; [Lihat FULL. Hak 3:15]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:4 - raja Mesir // dalam penjara · raja Mesir: Mazm 146:3; Yes 30:1,7; 36:6; Yer 2:36; Hos 12:2 · dalam penjara: Hos 13:10

· raja Mesir: Mazm 146:3; Yes 30:1,7; 36:6; Yer 2:36; Hos 12:2

· dalam penjara: Hos 13:10

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:5 - dan mengepungnya · dan mengepungnya: Hos 13:16

· dan mengepungnya: Hos 13:16

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:6 - raja Asyur // merebut Samaria // Ia mengangkut // negeri Gozan · raja Asyur: 2Raj 17:20; 2Raj 15:29; 2Raj 15:29; Yes 42:24 · merebut Samaria: Yes 10:9 · Ia mengangkut: Ul 4:27; Ul 4:27; Ul 24...

· raja Asyur: 2Raj 17:20; 2Raj 15:29; [Lihat FULL. 2Raj 15:29]; Yes 42:24

· merebut Samaria: Yes 10:9

· Ia mengangkut: Ul 4:27; [Lihat FULL. Ul 4:27]; Ul 24:1; [Lihat FULL. Ul 24:1]; 2Raj 15:29; [Lihat FULL. 2Raj 15:29]; Am 7:17

· negeri Gozan: 1Taw 5:26

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:7 - telah berdosa // tanah Mesir · telah berdosa: Yos 7:11; Yos 7:11 · tanah Mesir: Kel 14:15-31

· telah berdosa: Yos 7:11; [Lihat FULL. Yos 7:11]

· tanah Mesir: Kel 14:15-31

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:8 - istiadat bangsa-bangsa · istiadat bangsa-bangsa: Kel 34:15; Kel 34:15; Im 18:3; Im 18:3; Ul 9:4; Ul 9:4

· istiadat bangsa-bangsa: Kel 34:15; [Lihat FULL. Kel 34:15]; Im 18:3; [Lihat FULL. Im 18:3]; Ul 9:4; [Lihat FULL. Ul 9:4]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:9 - di kota · di kota: 2Raj 18:8

· di kota: 2Raj 18:8

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:10 - mendirikan tugu-tugu // dan tiang-tiang // yang rimbun · mendirikan tugu-tugu: Kel 23:24; Kel 23:24 · dan tiang-tiang: Kel 34:13; Yes 17:8; Mi 5:13 · yang rimbun: Ul 12:2; Ul 12:2

· mendirikan tugu-tugu: Kel 23:24; [Lihat FULL. Kel 23:24]

· dan tiang-tiang: Kel 34:13; Yes 17:8; Mi 5:13

· yang rimbun: Ul 12:2; [Lihat FULL. Ul 12:2]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:12 - kepada berhala-berhala · kepada berhala-berhala: Kel 20:4; Kel 20:4

· kepada berhala-berhala: Kel 20:4; [Lihat FULL. Kel 20:4]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:13 - telah memperingatkan // tukang tilik // pada jalan-jalanmu // para nabi · telah memperingatkan: Hak 6:8; Hak 6:8; 2Taw 7:14; 2Taw 7:14; Ayub 34:33; Ayub 34:33; Yeh 3:17-19 · tukang tilik: 1Sam 9:9; 1Sam 9:9 &...

· telah memperingatkan: Hak 6:8; [Lihat FULL. Hak 6:8]; 2Taw 7:14; [Lihat FULL. 2Taw 7:14]; Ayub 34:33; [Lihat FULL. Ayub 34:33]; Yeh 3:17-19

· tukang tilik: 1Sam 9:9; [Lihat FULL. 1Sam 9:9]

· pada jalan-jalanmu: Yer 4:1; 18:11; 23:22; 25:5; 35:15; 36:3; Za 1:4

· para nabi: Mat 23:34

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:14 - menegarkan tengkuknya · menegarkan tengkuknya: Kel 32:9; Kel 32:9; Kis 7:51

· menegarkan tengkuknya: Kel 32:9; [Lihat FULL. Kel 32:9]; Kis 7:51

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:15 - dan perjanjian-Nya // dewa kesia-siaan // dewa kesia-siaan // mengikuti bangsa-bangsa · dan perjanjian-Nya: Im 26:11; Im 26:11; Ul 29:25; Hak 2:20; 1Raj 11:11; 2Raj 18:12; Mazm 78:10; Yeh 5:6; Mal 2:10 · dewa kesia-siaan: ...

· dan perjanjian-Nya: Im 26:11; [Lihat FULL. Im 26:11]; Ul 29:25; Hak 2:20; 1Raj 11:11; 2Raj 18:12; Mazm 78:10; Yeh 5:6; Mal 2:10

· dewa kesia-siaan: Ul 32:21; [Lihat FULL. Ul 32:21]; Hos 11:2; Rom 1:21-23

· dewa kesia-siaan: Yer 2:5

· mengikuti bangsa-bangsa: Ul 12:4; [Lihat FULL. Ul 12:4]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:16 - anak lembu // patung Asyera // tentara langit // kepada Baal · anak lembu: Kel 32:4; Kel 32:4 · patung Asyera: Ul 16:21; Ul 16:21 · tentara langit: Kej 2:1; Kej 2:1; Yes 40:26; Yer 19:13 &mi...

· anak lembu: Kel 32:4; [Lihat FULL. Kel 32:4]

· patung Asyera: Ul 16:21; [Lihat FULL. Ul 16:21]

· tentara langit: Kej 2:1; [Lihat FULL. Kej 2:1]; Yes 40:26; Yer 19:13

· kepada Baal: Hak 2:11; [Lihat FULL. Hak 2:11]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:17 - mereka mempersembahkan // dan telaah // dan memperbudak · mereka mempersembahkan: Ul 12:31; Ul 12:31; Ul 18:10-12; 2Raj 16:3; Yeh 16:21 · dan telaah: Im 19:26; Im 19:26 · dan memperbud...

· mereka mempersembahkan: Ul 12:31; [Lihat FULL. Ul 12:31]; Ul 18:10-12; 2Raj 16:3; Yeh 16:21

· dan telaah: Im 19:26; [Lihat FULL. Im 19:26]

· dan memperbudak: 1Raj 21:20; [Lihat FULL. 1Raj 21:20]; Rom 7:14

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:18 - dari hadapan-Nya · dari hadapan-Nya: Kej 4:14; Kej 4:14; Kel 33:15; Kel 33:15; 2Raj 13:23; 2Raj 13:23; 2Tes 1:9

· dari hadapan-Nya: Kej 4:14; [Lihat FULL. Kej 4:14]; Kel 33:15; [Lihat FULL. Kel 33:15]; 2Raj 13:23; [Lihat FULL. 2Raj 13:23]; 2Tes 1:9

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:19 - telah dibuat · telah dibuat: 2Raj 16:3; Yer 3:6-10; Yeh 23:13

· telah dibuat: 2Raj 16:3; Yer 3:6-10; Yeh 23:13

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:20 - tangan perampok-perampok // dari hadapan-Nya · tangan perampok-perampok: 2Raj 17:6; 2Raj 17:6 · dari hadapan-Nya: Yer 7:15; 15:1

· tangan perampok-perampok: 2Raj 17:6; [Lihat FULL. 2Raj 17:6]

· dari hadapan-Nya: Yer 7:15; 15:1

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:21 - Ia mengoyakkan // menjadi raja // melakukan dosa · Ia mengoyakkan: 1Sam 15:27; 1Sam 15:27; 1Raj 11:11; 1Raj 11:11 · menjadi raja: 1Raj 12:20 · melakukan dosa: 1Raj 12:30; 1Raj 12...

· Ia mengoyakkan: 1Sam 15:27; [Lihat FULL. 1Sam 15:27]; 1Raj 11:11; [Lihat FULL. 1Raj 11:11]

· menjadi raja: 1Raj 12:20

· melakukan dosa: 1Raj 12:30; [Lihat FULL. 1Raj 12:30]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:23 - dari hadapan-Nya // telah difirmankan-Nya // dari tanahnya · dari hadapan-Nya: Yeh 39:23-24 · telah difirmankan-Nya: Hak 6:8; Hak 6:8 · dari tanahnya: 1Raj 9:7; 1Raj 9:7

· dari hadapan-Nya: Yeh 39:23-24

· telah difirmankan-Nya: Hak 6:8; [Lihat FULL. Hak 6:8]

· dari tanahnya: 1Raj 9:7; [Lihat FULL. 1Raj 9:7]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:24 - Raja Asyur // dan Sefarwaim · Raja Asyur: 2Raj 19:37; Ezr 4:2,10; Yes 37:38 · dan Sefarwaim: 2Raj 17:31; 2Raj 15:29; 2Raj 15:29; 2Raj 18:34; Yes 36:19; 37:13; Am 6...

· Raja Asyur: 2Raj 19:37; Ezr 4:2,10; Yes 37:38

· dan Sefarwaim: 2Raj 17:31; 2Raj 15:29; [Lihat FULL. 2Raj 15:29]; 2Raj 18:34; Yes 36:19; 37:13; Am 6:2

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:25 - melepaskan singa-singa · melepaskan singa-singa: Kej 37:20; Kej 37:20; Yes 5:29; 15:9; Yer 50:17

· melepaskan singa-singa: Kej 37:20; [Lihat FULL. Kej 37:20]; Yes 5:29; 15:9; Yer 50:17

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:29 - di kuil // bukit-bukit pengorbanan // di kota-kota · di kuil: Im 26:30; Im 26:30; 1Raj 12:31; 1Raj 12:31 · bukit-bukit pengorbanan: Mi 4:5 · di kota-kota: Yer 2:28; 11:13

· di kuil: Im 26:30; [Lihat FULL. Im 26:30]; 1Raj 12:31; [Lihat FULL. 1Raj 12:31]

· bukit-bukit pengorbanan: Mi 4:5

· di kota-kota: Yer 2:28; 11:13

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:31 - bagi Adramelekh // di Sefarwaim · bagi Adramelekh: 2Raj 19:37 · di Sefarwaim: 2Raj 17:24; 2Raj 17:24

· bagi Adramelekh: 2Raj 19:37

· di Sefarwaim: 2Raj 17:24; [Lihat FULL. 2Raj 17:24]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:32 - dan mengangkat · dan mengangkat: 1Raj 12:31; 1Raj 12:31

· dan mengangkat: 1Raj 12:31; [Lihat FULL. 1Raj 12:31]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:34 - dinamai-Nya Israel · dinamai-Nya Israel: Kej 17:5; Kej 17:5; 1Raj 18:31; 1Raj 18:31

· dinamai-Nya Israel: Kej 17:5; [Lihat FULL. Kej 17:5]; 1Raj 18:31; [Lihat FULL. 1Raj 18:31]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:35 - Janganlah berbakti // korban kepadanya · Janganlah berbakti: Kel 20:5; Kel 20:5 · korban kepadanya: Kel 20:3; Kel 20:3

· Janganlah berbakti: Kel 20:5; [Lihat FULL. Kel 20:5]

· korban kepadanya: Kel 20:3; [Lihat FULL. Kel 20:3]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:36 - dengan tangan · dengan tangan: Kel 3:20; Kel 3:20; Mazm 136:12

· dengan tangan: Kel 3:20; [Lihat FULL. Kel 3:20]; Mazm 136:12

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:37 - harus berpegang // kepada ketetapan-ketetapan · harus berpegang: Ul 5:32 · kepada ketetapan-ketetapan: Im 19:37; Im 19:37

· harus berpegang: Ul 5:32

· kepada ketetapan-ketetapan: Im 19:37; [Lihat FULL. Im 19:37]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:38 - kamu melupakan · kamu melupakan: Ul 6:12; Ul 6:12

· kamu melupakan: Ul 6:12; [Lihat FULL. Ul 6:12]

Ref. Silang FULL: 2Raj 17:41 - kepada Tuhan · kepada Tuhan: 1Raj 18:21; 1Raj 18:21; Ezr 4:2; Mat 6:24

· kepada Tuhan: 1Raj 18:21; [Lihat FULL. 1Raj 18:21]; Ezr 4:2; Mat 6:24

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Raj 9:11--17:4 - -- C. Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4). Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaru...

C. Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4).

Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaruh baik di sana dan akan menyerbu Yehuda sehingga akan menghancurkan keseluruhan bangsa tersebut, maka keluarga Ahab harus dimusnahkan.

Wycliffe: 2Raj 17:1 - Dalam tahun kedua belas 1. Dalam tahun kedua belas. Lihat tafsiran 16:1-4; 15:27-31.

1. Dalam tahun kedua belas. Lihat tafsiran 16:1-4; 15:27-31.

Wycliffe: 2Raj 17:2 - Bukan seperti raja-raja Israel yang mendahului dia 2. Bukan seperti raja-raja Israel yang mendahului dia. Tawarikh tidak mengatakan apa-apa mengenai perbedaan ini. Yang berbeda hanya "jalan hidupnya" s...

2. Bukan seperti raja-raja Israel yang mendahului dia. Tawarikh tidak mengatakan apa-apa mengenai perbedaan ini. Yang berbeda hanya "jalan hidupnya" saja; pada dasarnya dia melanjutkan dosa-dosa Yerobeam.

Wycliffe: 2Raj 17:3 - Salmaneser ... maju melawan dia 3. Salmaneser ... maju melawan dia. Lihat 15:30. Tiglat Pileser III sudah wafat pada tahun 727 sM. Hosea menjadi raja yang tunduk pada Salmaneser. Dia...

3. Salmaneser ... maju melawan dia. Lihat 15:30. Tiglat Pileser III sudah wafat pada tahun 727 sM. Hosea menjadi raja yang tunduk pada Salmaneser. Dia harus membayar upeti tahunan kepada Salmaneser. Sekitar tahun keenam, Hosea berusaha melepaskan diri dari kekuasaan Asyur. Dia mengadakan persepakatan melawan Salmaneser dengan So dari Mesir dan berhenti membayar upeti. Dengan demikian tentu saja Israel diserbu, dan kalah.

Wycliffe: 2Raj 17:5 - Raja Asyur ... mengepungnya // tiga tahun lamanya 5. Raja Asyur ... mengepungnya (Samaria) tiga tahun lamanya. Kurun waktu yang disebutkan di sini merupakan pembulatan; bagian-bagian dari satu tahun d...

5. Raja Asyur ... mengepungnya (Samaria) tiga tahun lamanya. Kurun waktu yang disebutkan di sini merupakan pembulatan; bagian-bagian dari satu tahun disebutkan sebagai satu tahun (bdg. 18:9, 10 untuk mengetahui waktu yang sesungguhnya).

Wycliffe: 2Raj 17:6 - Raja Asyur merebut Samaria // Ia mengangkut orang-orang Israel ke Asyur // Di Halah // di tepi Sungai Habor // Sungai Habor // Gozan // Kota-kota orang Madai 6. Raja Asyur merebut Samaria. Untuk anggapan bahwa raja Asyur yang dimaksudkan di sini adalah Salmaneser V dan bukan Sargon II lihat J. P. Free, Arch...

6. Raja Asyur merebut Samaria. Untuk anggapan bahwa raja Asyur yang dimaksudkan di sini adalah Salmaneser V dan bukan Sargon II lihat J. P. Free, Archaeology and Bible History, halaman 199, 200. Ia mengangkut orang-orang Israel ke Asyur. Maksudnya, ke wilayah kerajaan Asyur. Di Halah dan di tepi Sungai Habor. Bandingkan I Tawarikh 5:26. Sungai Habor adalah Sungai Khabur yang mengalir ke Sungai Efrat. Gozan sekarang adalah Tel Halaf (bhs. Asyur, Guzanu). Kota-kota orang Madai. Wilayah yang terletak di timur Laut Niniwe. (Lihat National Geographic Magazine, peta "Wilayah-wilayah di dalam Alkitab dan Tempat Lahirnya Peradaban Barat"). Memboyong penduduk yang kalah perang pada saat itu merupakan cara yang diterima umum untuk tetap mengendalikan mereka.

Wycliffe: 2Raj 17:7 - Hal itu terjadi karena orang Israel telah berdosa kepada Tuhan // Sebab itu Tuhan // Yang telah menuntun mereka dari tanah Mesir // Hidup menurut adat istiadat bangsa-bangsa yang telah dihalau Tuhan ... dan ... telah dibuat raja-raja Israel 7. Hal itu terjadi karena orang Israel telah berdosa kepada Tuhan. Kesimpulannya terdapat di ayat 18: Sebab itu Tuhan. Ayat 8-12 berisi daftar dosa - ...

7. Hal itu terjadi karena orang Israel telah berdosa kepada Tuhan. Kesimpulannya terdapat di ayat 18: Sebab itu Tuhan. Ayat 8-12 berisi daftar dosa - hal-hal yang membuat mereka dihukum. Yang telah menuntun mereka dari tanah Mesir. Bangsa Israel berdosa terhadap Juruselamat mereka. Mereka tidak tahu berterima kasih, orang-orang yang tidak tahu diuntung, pelanggar perjanjian dan pemberontak. Hidup menurut adat istiadat bangsa-bangsa yang telah dihalau Tuhan ... dan ... telah dibuat raja-raja Israel. Dosa-dosa mereka tergolong dalam dua kelompok besar - penyembahan berhala seperti orang Kanaan dan penyembahan patung anak lembu emas.

Wycliffe: 2Raj 17:9 - Orang Israel telah menjalankan hal-hal yang tidak patut terhadap Tuhan, Allah mereka // Dekat menara // atas setiap bukit yang tinggi // membakar kurban // dilakukan 9. Orang Israel telah menjalankan hal-hal yang tidak patut terhadap Tuhan, Allah mereka. Melalui cara hidup dan perilaku penyembahan berhala, bangsa i...

9. Orang Israel telah menjalankan hal-hal yang tidak patut terhadap Tuhan, Allah mereka. Melalui cara hidup dan perilaku penyembahan berhala, bangsa itu demikian hebat menyangkal Tuhan sehingga Dia tidak bisa dilihat atau dikenali lagi. Dekat menara. Tidak ada tempat yang terlewatkan di dalam menyembah berhala ini. Gambar dan patung Asytoret didirikan di atas setiap bukit yang tinggi (ay. 10) dan membakar kurban di tempat-tempat tersebut (ay. 11) seperti yang dilakukan oleh orang-orang kafir.

Wycliffe: 2Raj 17:12 - Berhala-berhala // Mereka beribadah, 12. Berhala-berhala. Patung-patung yang dibuat dari kayu, batu, logam atau tanah liat (Ul. 29:17); sebuah istilah bersifat merendahkan yang menunjukka...

12. Berhala-berhala. Patung-patung yang dibuat dari kayu, batu, logam atau tanah liat (Ul. 29:17); sebuah istilah bersifat merendahkan yang menunjukkan ketidakberdayaan mutlak mereka. Mereka beribadah, maksudnya: menyembah berhala.

Wycliffe: 2Raj 17:13 - Tuhan telah memperingatkan 13. Tuhan telah memperingatkan. Ayat 13-17 mengulas bagaimana Tuhan menghadapi Israel. Penulis menunjukkan bagaimana Allah, dengan kesetiaan-Nya, mele...

13. Tuhan telah memperingatkan. Ayat 13-17 mengulas bagaimana Tuhan menghadapi Israel. Penulis menunjukkan bagaimana Allah, dengan kesetiaan-Nya, melengkapi larangan-larangan hukum Taurat dengan peringatan langsung oleh para nabi-Nya, yaitu berupa ajakan agar penduduk meninggalkan penyembahan berhala mereka. Perhatikan bahwa di ayat 13 Yehuda juga dicantumkan, sebab kitab ini ditulis sesudah keruntuhan Yehuda. Sekalipun demikian, ajakan-ajakan itu diabaikan seperti yang dilakukan para pendahulu mereka.

Wycliffe: 2Raj 17:14 - Mereka tidak mau mendengarkan 14. Mereka tidak mau mendengarkan. Tindakan yang disengaja karena hati yang memberontak serta sifat keras kepala.

14. Mereka tidak mau mendengarkan. Tindakan yang disengaja karena hati yang memberontak serta sifat keras kepala.

Wycliffe: 2Raj 17:15 - Mereka mengikuti dewa kesia-siaan 15. Mereka mengikuti dewa kesia-siaan. "Seluruh hidup mereka terarah kepada kesia-siaan."

15. Mereka mengikuti dewa kesia-siaan. "Seluruh hidup mereka terarah kepada kesia-siaan."

Wycliffe: 2Raj 17:16 - Mereka telah meninggalkan segala perintah Tuhan, Allah mereka, dan telah membuat dua anak lembu tuangan, juga mereka membuat patung Asyera, sujud menyembah segenap tentara langit 16. Mereka telah meninggalkan segala perintah Tuhan, Allah mereka, dan telah membuat dua anak lembu tuangan, juga mereka membuat patung Asyera, sujud ...

16. Mereka telah meninggalkan segala perintah Tuhan, Allah mereka, dan telah membuat dua anak lembu tuangan, juga mereka membuat patung Asyera, sujud menyembah segenap tentara langit. Alat dan benda-benda yang disembah - dewa-dewa berhala dan dewa-dewa langit orang Asyur - disebutkan, semuanya dengan tegas dilarang dalam Ulangan 4:14-19.

Wycliffe: 2Raj 17:17 - Mempersembahkan anak-anaknya sebagai kurban dalam api 17. Mempersembahkan anak-anaknya sebagai kurban dalam api. Mempersembahkan anak kecil sebagai kurban bakaran dilarang dalam Ulangan 18:10, 11; demikia...

17. Mempersembahkan anak-anaknya sebagai kurban dalam api. Mempersembahkan anak kecil sebagai kurban bakaran dilarang dalam Ulangan 18:10, 11; demikian pula semua bentuk ramalan dan tenung.

Wycliffe: 2Raj 17:17 - -- 17. Permohonan mereka yang tersirat pada ayat 26 dikabulkan.

17. Permohonan mereka yang tersirat pada ayat 26 dikabulkan.

Wycliffe: 2Raj 17:18 - Sebab itu Tuhan ... menjauhkan mereka dari hadapan-Nya 18. Sebab itu Tuhan ... menjauhkan mereka dari hadapan-Nya. Murka Allah telah dibangkitkan dan Dia menghukum mereka dengan membiarkan mereka dibuang; ...

18. Sebab itu Tuhan ... menjauhkan mereka dari hadapan-Nya. Murka Allah telah dibangkitkan dan Dia menghukum mereka dengan membiarkan mereka dibuang; hanya Yehuda yang masih tersisa. Kenyataan bahwa dosa-dosa ini melanggar perjanjian merupakan satu-satunya alasan Allah membiarkan mereka dibuang.

Wycliffe: 2Raj 17:19-23 - -- 19-23. Ayat-ayat ini menggambarkan bahwa Israel sudah ditolak sepenuhnya, dan sekalipun Yehuda masih ada, dia juga tidak setia. Ayat 19 menyebutkan ba...

19-23. Ayat-ayat ini menggambarkan bahwa Israel sudah ditolak sepenuhnya, dan sekalipun Yehuda masih ada, dia juga tidak setia. Ayat 19 menyebutkan bahwa Yehuda juga akan mengalami nasib yang sama dengan yang dialami Israel.

Wycliffe: 2Raj 17:20 - Tuhan menolak segenap keturunan Israel 20. Tuhan menolak segenap keturunan Israel. Allah menyerahkan mereka kepada penghukuman sebab Israel secara keseluruhan telah melanggar perjanjian. De...

20. Tuhan menolak segenap keturunan Israel. Allah menyerahkan mereka kepada penghukuman sebab Israel secara keseluruhan telah melanggar perjanjian. Dengan demikian, ayat ini ditulis sesudah kejatuhan Yehuda.

Wycliffe: 2Raj 17:21 - Ketika Ia mengoyakkan Israel dari pada keluarga Daud. Tuhan 21. Ketika Ia mengoyakkan Israel dari pada keluarga Daud. Tuhan tidak memaksudkan pemisahan kerajaan itu berakhir di dalam dosa sebagaimana dilukiskan...

21. Ketika Ia mengoyakkan Israel dari pada keluarga Daud. Tuhan tidak memaksudkan pemisahan kerajaan itu berakhir di dalam dosa sebagaimana dilukiskan di sini (bdg. I Raj. 11:37 dst.).

Wycliffe: 2Raj 17:22-23 - -- 22, 23. Yang ingin disampaikan adalah, "Sekalipun Aku memisahkan kedua kerajaan itu, adalah Yerobeam yang menjerumuskan mereka ke dalam dosa dan merek...

22, 23. Yang ingin disampaikan adalah, "Sekalipun Aku memisahkan kedua kerajaan itu, adalah Yerobeam yang menjerumuskan mereka ke dalam dosa dan mereka pun setuju dituntun sepanjang jalan dosa menuju kehancuran mereka sendiri."

Ayat 24-41 mengisahkan tentang pencangkokan orang-orang dari berbagai negeri pada negeri Israel.

Wycliffe: 2Raj 17:24 - Raja Asyur mengangkut // Esar-Hadon // Orang . .. dam Kuta // Awa // Hamat // Sefarwaim // Samaria 24. Raja Asyur mengangkut. Salmaneser meninggal ketika atau segera sesudah Samaria dikepung, dari Sargon II (722-705 sM) mungkin merupakan raja yang m...

24. Raja Asyur mengangkut. Salmaneser meninggal ketika atau segera sesudah Samaria dikepung, dari Sargon II (722-705 sM) mungkin merupakan raja yang mengisi wilayah Israel kembali sesudah Israel dibuang. Ezra 4 ;2 menunjukkan adanya penambahan penduduk lagi pada masa pemerintahan Esar-Hadon (681-668 sM). Jika peristiwa penambahan pertama ini juga dilakukan Esar-Hadon maka pastilah wilayah Israel itu tetap porak poranda selama paling sedikit empat puluh satu tahun. Mengisi kembali Israel segera sesudah Samaria jatuh berarti mulai memberlakukan program yang pantas untuk menghasilkan pendapatan. Orang . .. dam Kuta. Yosefus mengidentifikasi mereka ini sebagai orang Rosea yang tinggal di timur laut Susan (Antiq, ix, 14.3; x, 8,7). Awa. Iwa menurut 18:34 dan 19:13. Kota yang terletak di antara Hena dan Sungai Habur yang bermuara di Sungai Efrat, Hamat. Sebuah kota di Aram di tepi Sungai Orontes. Sefarwaim. Tempat di daerah Sungai Efrat di atas Babel. Samaria. Untuk pertama kalinya Israel dinamakan demikian.

Wycliffe: 2Raj 17:25 - Tuhan melepaskan singa-singa 25. Tuhan melepaskan singa-singa. Tenggang waktu di antara pembuangan penduduk Israel dan sebelum para pendatang baru tiba, memberi kesempatan bagi si...

25. Tuhan melepaskan singa-singa. Tenggang waktu di antara pembuangan penduduk Israel dan sebelum para pendatang baru tiba, memberi kesempatan bagi singa-singa untuk berkembang biak, dan Allah memakai serbuan alamiah tersebut untuk merendahkan hati bangsa itu.

Wycliffe: 2Raj 17:26 - Bangsa-bangsa ... tidaklah mengenal hukum beribadah kepada Allah ... sebab itu dilepaskan-Nyalah singa-singa ke antara mereka 26. Bangsa-bangsa ... tidaklah mengenal hukum beribadah kepada Allah ... sebab itu dilepaskan-Nyalah singa-singa ke antara mereka. Sebuah analisis be...

26. Bangsa-bangsa ... tidaklah mengenal hukum beribadah kepada Allah ... sebab itu dilepaskan-Nyalah singa-singa ke antara mereka. Sebuah analisis bersifat takhyul dari penduduk baru itu, namun analisis ini benar. Analisis tersebut merupakan landasan bagi permohonan mereka akan imam-imam penyelamat.

Wycliffe: 2Raj 17:28 - Salah seorang imam yang telah mereka angkut dari Samaria 28. Salah seorang imam yang telah mereka angkut dari Samaria kemudian dikirim. Dia tiba di Betel, tempat Yerobeam mendirikan mezbah anak lembu, lalu m...

28. Salah seorang imam yang telah mereka angkut dari Samaria kemudian dikirim. Dia tiba di Betel, tempat Yerobeam mendirikan mezbah anak lembu, lalu mengajar penduduk itu bagaimana caranya untuk "takut" akan Tuhan.

Wycliffe: 2Raj 17:29-32 - -- 29-32. Hasilnya ialah sebuah campuran di antara agama kafir dan penyembahan Yehova yang lebih parah daripada sebuah agama kafir murni.

29-32. Hasilnya ialah sebuah campuran di antara agama kafir dan penyembahan Yehova yang lebih parah daripada sebuah agama kafir murni.

Wycliffe: 2Raj 17:33 - Berbakti kepada Tuhan // beribadah kepada allah mereka 33. Berbakti kepada Tuhan. Sebuah "kebaktian" yang tidak murni sebab mereka pada saat yang bersamaan juga beribadah kepada allah mereka sebagaimana te...

33. Berbakti kepada Tuhan. Sebuah "kebaktian" yang tidak murni sebab mereka pada saat yang bersamaan juga beribadah kepada allah mereka sebagaimana telah dilakukan orang-orang Israel sebelumnya.

Ayat 34-41 menyajikan suatu analisis tentang tindakan orang-orang itu dalam kaitan dengan perintah-perintah Tuhan. Ayat 34 menunjukkan bahwa praktik agama campuran terus berlangsung sampai pada masa penulisan Kitab Raja-Raja. Ayat 35-39 merupakan suatu kutipan panjang yang dikumpulkan dari Keluaran 20:5, 7; 22:11; 6:6; 20:23; Ulangan 4:34; 5:15; 13:5; 28:14, dan seterusnya. Di sini kembali Tuhan menunjukkan karya-karya-Nya di tengah-tengah mereka untuk menggambarkan kekejian dosa-dosa mereka.

Wycliffe: 2Raj 17:37 - Yang telah ditulis-Nya bagimu 37. Yang telah ditulis-Nya bagimu. Sebuah acuan yang menunjukkan bahwa Kitab Keluaran dan Ulangan ditulis oleh Musa dan tidak mungkin baru disusun kem...

37. Yang telah ditulis-Nya bagimu. Sebuah acuan yang menunjukkan bahwa Kitab Keluaran dan Ulangan ditulis oleh Musa dan tidak mungkin baru disusun kemudian. Jika kitab-kitab ini baru disusun kemudian, sebagaimana dikemukakan para kritikus, bagaimana mungkin disebutkan bahwa Allah membuang umat-Nya karena mereka telah berdosa melanggar titah-titah dan ketetapan-ketetapan-Nya?

Wycliffe: 2Raj 17:40 - Mereka tidak mau mendengarkan. Mereka 40. Mereka tidak mau mendengarkan. Mereka mencakup orang Israel dan para pendatang. Mereka melanjutkan dosa-dosa lama.

40. Mereka tidak mau mendengarkan. Mereka mencakup orang Israel dan para pendatang. Mereka melanjutkan dosa-dosa lama.

Wycliffe: 2Raj 17:41 - -- 41. Ayat ini merupakan rangkuman dari rangkaian peristiwa yang terjadi hingga saat penulisan, yaitu yang merupakan sumber bagi penulis kitab ini.

41. Ayat ini merupakan rangkuman dari rangkaian peristiwa yang terjadi hingga saat penulisan, yaitu yang merupakan sumber bagi penulis kitab ini.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Raj 17:1-23 - Amputasi rohani (Senin, 4 Juli 2005) Amputasi rohani Dosa yang tidak segera dibereskan akan menimbulkan dosa lainnya. Seperti pepatah yang berbunyi: Sedikit demi sedikit, lama-lama menjad...

SH: 2Raj 17:1-6 - Kesalahan yang berakibat kehancuran total. (Kamis, 6 Juli 2000) Kesalahan yang berakibat kehancuran total. Siapakah manusia yang mau hidup dalam penderitaan karena tekanan berat dari kekuatan dan kuasa yang...

SH: 2Raj 17:7-23 - Jangan sekali-kali memaksa Allah! (Jumat, 7 Juli 2000) Jangan sekali-kali memaksa Allah! Benarkah pembuangan bangsa Israel ini merupakan `buah' dari sebuah proses semakin memburuknya perjalanan mor...

SH: 2Raj 17:24-41 - Saksi Tuhan atau hamba dosa? (Selasa, 5 Juli 2005) Saksi Tuhan atau hamba dosa? Hidup di tengah-tengah orang tidak percaya memang sulit. Namun, sebagai milik Kristus kita tetap berkewajiban membawa ora...

SH: 2Raj 17:24-41 - Kekuatan yang mentransformasi. (Sabtu, 8 Juli 2000) Kekuatan yang mentransformasi. Proses asimilasi menjadi seorang warga negara menuntut perubahan seluruh keberadaan individu dan memerlukan wak...

Topik Teologia: 2Raj 17:13 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Inspirasi Kitab Suci Inspirasi Perjanjian Lama Perjanjian Lama Mengklaim Inspirasi-Nya ...

Topik Teologia: 2Raj 17:14 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: 2Raj 17:15 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Manusia Dunia Pemeliharaan Allah di Dalam Perilaku Manusia ...

Topik Teologia: 2Raj 17:16 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah

Topik Teologia: 2Raj 17:18 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Keselamatan Pertobatan Hasil Pertobatan Hasil dari Kegagalan Bertobat Orang yang T...

Topik Teologia: 2Raj 17:20 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Keselamatan Pertobatan Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Beriman kepada Allah P...

Topik Teologia: 2Raj 17:27 - -- Gereja Organisasi dan Jabatan Gereja Para Pelayan Umum Kewajiban Pelayan Pelayan Mengajarkan Kesalehan Ima 10:11 Ula 32:...

Topik Teologia: 2Raj 17:35 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Beribadah kepada Allah Keunikan Beribadah Ibadah Terhada...

Topik Teologia: 2Raj 17:36 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Kejadian-kejadian Sejarah Kel 20:1-2 Ula 6:5-10,12 2Ra 17:36 Maz 78:1-4,13-16,23...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Para Raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang Karena 1 dan 2...

Full Life: 2 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Kerajaan yang Pecah: Israel dan Yehuda (2Raj 1:1-17:41) A. Kelanjutan Pemerintahan Ahazia (Israel) ...

Ende: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

Wycliffe: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 RAJA-RAJA LIHAT PENDAHULUAN I_Raja-raja

Wycliffe: 2 Raja-raja (Garis Besar) GARIS BESAR 2 RAJA-RAJA LIHAT GARIS BESAR I RAJA-RAJA

BIS: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) II RAJA-RAJA PENGANTAR Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku

II RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku ini terdiri dari dua bagian:

  1. (1) Kisah sejarah dari kedua kerajaan itu mulai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi sampai jatuhnya Samaria dan berakhirnya kerajaan utara pada tahun 721 Sebelum Masehi.
  2. (2) Kisah sejarah kerajaan Yehuda mulai dari jatuhnya kerajaan Israel sampai pengepungan dan penghancuran Yerusalem oleh Nebukadnezar raja Babel pada tahun 586 Sebelum Masehi. Buku ini diakhiri dengan kisah tentang Gedalya, yang menjadi gubernur Yehuda di bawah kekuasaan bangsa Babel, dan tentang dibebaskannya Yoyakhin raja Yehuda dari penjara di Babel.

Bencana-bencana nasional itu terjadi karena raja-raja serta rakyat Israel dan Yehuda tidak setia kepada TUHAN. Hancurnya Yerusalem dan dibuangnya banyak orang Yehuda ke Babel merupakan salah satu titik balik yang besar dalam sejarah Israel.

Nabi yang menonjol dalam buku II Raja-raja ini ialah Elisa, pengganti Nabi Elia.

Isi

  1.  Kerajaan yang pecah
    2Raj 1:1-17:41
    1. a. Nabi Elisa
      2Raj 1:1-8:15
    2. b. Kerajaan Yehuda dan Israel
      2Raj 8:16-17:4
    3. c. Jatuhnya Samaria
      2Raj 17:5-41
  2.  Kerajaan Yehuda
    2Raj 18:1-24:20
    1. a. Dari Hizkia sampai Yosia
      2Raj 18:1-21:26
    2. b. Pemerintahan Yosia
      2Raj 22:1-23:30
    3. c. Raja-raja Yehuda yang terakhir
      2Raj 23:31-24:20
  3.  Jatuhnya Yerusalem
    2Raj 25:1-30

Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Pembaruan dan pemberontakan MENGENAI KITAB ITUII Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia,

Pembaruan dan pemberontakan

MENGENAI KITAB ITU
II Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia, dan diteruskan sampai Israel dihancurkan dan Yehuda dibuang ke Babel. Diceritakannya kembali kisah Elia dalam II Raja-raja mengingatkan kita bahwa kitab ini merupakan bagian kedua dari satu kitab Raja-raja yang utuh. Tidak ada alasan yang jelas mengenai pembagian kitab menjadi I dan II Raja-raja, tetapi oleh karena panjang kedua kitab hampir sama, kemungkinannya ialah hal itu dilakukan untuk mempermudah penulisan dalam dua gulungan. Beberapa kisah yang kita temukan dalam Raja-raja juga terdapat dalam Tawarikh, walaupun penulis Tawarikh menulis dari sudut yang agak berbeda dan hanya menulis tentang kerajaan selatan, yaitu Yehuda.

MENGAPA KITAB ITU DITULIS?
II Raja-raja meliputi kurun waktu kurang lebih 270 tahun, dua kali lebih panjang daripada periode yang meliputi I Raja-raja. Namun, sebagian besar kisah menceritakan kehidupan Elisa. Seperti juga dalam I Raja-raja, tokoh-tokoh yang memegang peranan penting dalam kerohanian bangsa, seperti Hizkia dan Yosia diceritakan dengan panjang lebar. Sedangkan yang lain, walaupun mereka memerintah dalam jangka waktu yang lama dan membawa kemakmuran, hanya diceritakan secara sepintas saja. Orang Yahudi mengakui bahwa semua kitab sejarah sungguh-sungguh mempunyai maksud rohani, dan mereka mengelompokkan kitab-kitab tersebut dalam "nabi-nabi terdahulu".

PARA NABI
Banyak dari nabi-nabi penulis (yang dikenal dalam Kitab Suci bangsa Ibrani sebagai "nabi-nabi yang belakangan") melayani dalam periode yang terangkum dalam II Raja-raja, dan kitab-kitab yang mereka tulis memberikan kepada kita banyak informasi mengenai seberapa jauh korupsi yang terjadi dalam kedua negeri itu. Namun demikian, hanya sedikit sekali yang kita pelajari mengenai karya Raja-raja dan pengaruh mereka. Diceritakan bahwa Hizkia pergi menemui Yesaya, tetapi Amos, Hosea, Mikha dan Yeremia tidak disebut-sebut sama sekali. Penulis kitab Raja-raja lebih menekankan mengenai bagaimana para raja dan rakyatnya menanggapi pesan-pesan Allah daripada menulis tentang bagaimana dan dari mana mereka menerima pesan itu.

RAJA-RAJA
Sukar untuk membuat suatu daftar tentang semua raja dan masa pemerintahan mereka, karena waktu kurang setahun selalu dihitung sebagai setahun. Yang sering terjadi ialah seorang putra menjabat sebagai pejabat sementara bersama-sama sang ayah, kemudian waktu pemerintahan itu dihitung sebagai masa pemerintahan mereka berdua. Hal yang sering membingungkan ialah mengenai nama-nama raja. Ada seorang Raja Yehoram dan Raja Yoahas, baik di Israel maupun di Yehuda, dan karena kedua nama ini sering disingkat sebagai Yoram dan Yoas, maka kita harus berhati-hati dalam membedakan mereka.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Allah bukan saja memperhatikan dan berkuasa atas bangsa Israel dan Yehuda, tetapi juga atas semua bangsa. Untuk alasan yang berbeda Naaman dan Hazael dari Siria mengakui kekuasaan Allah bangsa Israel. 2Ra 5:1-27; 8:7-15
o Kuasa Allah sangat nyata dan dirasakan oleh umat-Nya, walaupun tidak selalu kelihatan. 2Ra 6:15-17

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Yehu memulai karirnya dengan semangat yang sungguh-sungguh untuk melayani Tuhan dan memelihara kesucian ibadah Israel, tetapi perhatiannya untuk pelayanan kepada Tuhan tidak bertahan lama, karena ia juga menginginkan kekuasaan bagi dirinya. Tuhan mengetahui hal ini dan memberkati apa yang dilakukan Yehu, tetapi pemberian Tuhan tidak memuaskannya. 2Ra 9:1-10:36
o Pada dasarnya Uzia adalah seorang raja yang baik, tetapi pemerintahannya yang dimulai dengan benar kemudian dinodai dengan kesombongan (2Ta 26:16). Kesalahan ini menyebabkan tidak adanya kemajuan dalam bidang kerohanian pada masa pemerintahannya dan oleh karena itu Raja-raja hanya menceritakan secara sekilas. 2Ra 15:1-17

3. Allah dapat dipercaya
o Wanita kaya dari Sunem melayani Tuhan dengan cara yang praktis, yaitu melayani Elisa dengan penuh keramahan. Ia tidak mengharapkan imbalan (2Ra 4:13), tetapi dalam keadaan darurat ia tahu bahwa hanya Allah yang dapat menolong, dan ia percaya bahwa Allah mau menolong. 2Ra 4:18-37; 8:1-6
o Hizkia menghadapi banyak situasi yang gawat, baik bagi bangsanya maupun bagi dirinya sendiri, tetapi ia membawa semua masalahnya kepada Allah dengan penuh kepercayaan bahwa Allah dapat mengatasi semua situasi itu dan Tuhan membebaskannya dari segala masalah yang dihadapinya. 2Ra 19:1-37; 20:1-11

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
Walaupun bangsa Israel selalu jatuh ke dalam dosa, Allah tetap bekerja untuk bangsa itu. Kesukaran tidak membawa mereka kembali kepada-Nya, oleh karena itu pada masa pemerintahan Yerobeam II Allah memberikan kemakmuran kepada mereka. Sayang, tanggapan mereka bukanlah pertobatan, melainkan malah melakukan lebih banyak pelanggaran moral maupun sosial. Mereka menolak anugerah Allah; oleh karena itu, pada akhirnya penghakiman datang atas mereka. 2Ra 14:23-29; 17:7-18

Penerapan

II Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba-hamba Allah
Allah tidak selalu memilih orang yang sama. Sifat Elisa sangat berbeda dengan sifat Elia, tetapi kita juga dapat belajar dari dia mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin bagi Allah.
o Ia tahu bagaimana menjadi seorang pengikut (2Ra 2:1-18).
o Ia tidak keberatan melakukan pekerjaan sebagai pembantu (2Ra 3:11).
o Ia mengasihi baik orang kaya maupun orang miskin (2Ra 4:1-37).
o Ia tahu kapan saat untuk berdiam di belakang layar (2Ra 5:1-27).
o Ia sungguh-sungguh mempercayai Allah (2Ra 6:15-17)
o Ia dapat membaca hati manusia (2Ra 8:11).
o Ia mengasihi bangsanya (2Ra 8:12).
o Ia tidak segan-segan mengutus orang lain (2Ra 9:1-4).

2. Pelayanan kepada Allah
o Pelayanan menuntut tanggung jawab: Pelayan-pelayan Allah bertanggung jawab untuk memperkenalkan siapa Allah. Menerima pembayaran untuk suatu pelayanan tidaklah salah, tetapi Gehazi memberi kesan bahwa anugerah Allah dapat dibeli, dan hal ini merupakan suatu pelanggaran yang sangat serius (2Ra 5:20-27).
o Allah sering bekerja sama dengan orang-orang yang tidak sempurna: Yoahas dan Yoas bukanlah raja-raja yang benar di mata Tuhan, tetapi mereka berdua mengakui besarnya kekuasaan Allah dan untuk itu Allah memberkati mereka (2Ra 13:1-25).
o Allah kadang-kadang memberkati orang-orang yang belum mengenal Dia demi kepentingan umat-Nya (2Ra 3:13-15; 8:16-19).
o Iman dan tindakan harus berjalan bersama-sama. Berpaling kepada Allah harus dibarengi dengan ketaatan kepada firman-Nya. Yosia tahu akan hal ini (2Ra 22:11-23:25).

Tema-tema Kunci

1. Tanggapan
Allah berdaulat, tetapi raja-raja tidak pernah menganggap bahwa itu berarti tindakan dan doa-doa manusia tidak penting. Allah benar-benar memberikan tanggapan kepada manusia dan apa yang dilakukan-Nya terhadap mereka tergantung kepada sambutan mereka kepada-Nya. Allah menjawab doa Raja Hizkia (2Ra 19:14-19). Dapatkah Anda menemukan dalam II Raja-raja di mana Allah memberikan jawaban langsung terhadap kebutuhan umat-Nya?

2. Pembaruan
Hizkia dan Yoas, keduanya mencoba untuk membawa bangsa mereka kembali kepada Allah (2Ra 18:1-20:21; 22:1-23:30). Bacalah seluruh pasal-pasal ini. Menurut Anda mengapa pembaruan mereka tidak berhasil?

3. Kebenaran
Allah memberkati kebenaran dan menghukum kejahatan. 2Ra 17:7-18 merupakan ringkasan pesan dari II Raja-raja, dan dianggap sebagai berita kematian bagi bangsa Israel. Yehuda kembali dari pengasingan, tetapi bangsa Israel tidak. Dapatkah Anda menemukan dalam kitab Raja-raja sebab-sebab mengapa hal ini terjadi?

4. Tanggung jawab
Hamba-hamba Allah yang disebutkan dalam Raja-raja bukanlah hanya Elia dan Elisa. Lihatlah 2Ra 11:1-12:21; 22:1-23:30. Apa yang dapat kita pelajari tentang kepemimpinan melalui kehidupan Yoyada, Yoas dan Yosia?

Garis Besar Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27 2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub 2Ra 2:1-12Elia diangka

[1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27

2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub
2Ra 2:1-12Elia diangkat ke surga
2Ra 2:13-18Para nabi mencari Elia
2Ra 2:19-22Elisa memurnikan air Yerikho
2Ra 2:23-25Sekelompok anak mengolok-olok Elisa
2Ra 3:1-27Moab memberontak

[2] ELISA -- SAHABAT ORANG BANYAK 2Ra 4:1-6:7

2Ra 4:1-7Janda seorang nabi yang miskin
2Ra 4:8-37Wanita kaya dan putranya
2Ra 4:38-44Nabi-nabi yang lapar
2Ra 5:1-27Naaman, panglima angkatan bersenjata Siria
2Ra 6:1-7Orang yang kehilangan mata kapak

[3] ELISA -- SANG NABI 2Ra 6:8-8:29

2Ra 6:8-23Elisa mengalahkan orang Siria
2Ra 6:24-7:2Pengepungan terhadap Samaria
2Ra 7:3-20Empat orang kusta membawa kabar gembira
2Ra 8:1-6Wanita kaya dari Sunem itu kembali mendapat pertolongan
2Ra 8:7-29Raja-raja Siria, Israel dan Yehuda

[4] YEHU -- PENUNGGANG KERETA YANG JITU 2Ra 9:1-10:36

2Ra 9:1-13Yehu diurapi sebagai raja
2Ra 9:14-10:17Keluarga Ahab dimusnahkan
2Ra 10:18-28Yehu menghancurkan penyembah-penyembah Baal
2Ra 10:29-36Semangat Yehu menurun

[5] PERSEKONGKOLAN DI YEHUDA 2Ra 11:1-12:21

2Ra 11:1-3Ratu Atalya yang kejam berkuasa
2Ra 11:4-21Imam Yoyada mengalahkan Atalya
2Ra 12:1-6Yoas memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 12:17-21Yoas terbunuh

[6] PERANG DAN DAMAI 2Ra 13:1-17:41

2Ra 13:1-13Israel dan Siria berperang
2Ra 13:14-21Kematian Elisa
2Ra 13:22-25Siria dikalahkan oleh Israel
2Ra 14:1-22Amazia raja Yehuda yang baik
2Ra 14:23-29Yerobeam II raja Israel
2Ra 15:1-7Uzia raja Yehuda -- memerintah dalam jangka waktu yang panjang
2Ra 15:8-31Lima raja Israel yang kejam
2Ra 15:32-16:20Yotam dan Ahas raja Yehuda
2Ra 17:1-41Israel ditaklukkan oleh bangsa Asyur

[7] KERAJAAN YEHUDA 2Ra 18:1-21:26

2Ra 18:1-12Mulainya pemerintahan Raja Hizkia
2Ra 18:13-37Yerusalem dikepung
2Ra 19:1-7Hizkia meminta nasihat Yesaya
2Ra 19:8-37Surat orang Asyur; Hizkia mempercayai Allah
2Ra 20:1-11 Raja Hizkia sakit, tetapi disembuhkan
2Ra 20:12-19Utusan dari Babel
2Ra 20:20,21Kematian Hizkia
2Ra 21:1-26Manasye dan Amon -- raja-raja yang jahat

[8] KESEMPATAN TERAKHIR 2Ra 22:1-25:30

2Ra 22:1-7Yosia memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 22:8-20Diketemukannya buku hukum-hukum Tuhan
2Ra 23:1-25Pembaruan dilaksanakan
2Ra 23:26-30Kematian Yosia
2Ra 23:31-37Yoahas dan Yoyakim
2Ra 24:1-7Nebukadnezar menaklukkan Yerusalem
2Ra 24:8-25:17 Raja Yehuda yang terakhir
2Ra 25:18-30Pembuangan ke Babel
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.41 detik
dipersembahkan oleh YLSA