kecilkan semua  

Teks -- 2 Raja-raja 13:1-25 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yoahas, raja Israel
13:1 Dalam tahun kedua puluh tiga zaman Yoas bin Ahazia, raja Yehuda, Yoahas, anak Yehu, menjadi raja atas Israel di Samaria; ia memerintah tujuh belas tahun lamanya. 13:2 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia hidup menuruti dosa Yerobeam bin Nebat, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula. Ia tidak menjauhinya. 13:3 Sebab itu bangkitlah murka TUHAN terhadap Israel, lalu diserahkan-Nyalah mereka ke dalam tangan Hazael, raja Aram, dan ke dalam tangan Benhadad, anak Hazael, selama zaman itu. 13:4 Tetapi kemudian Yoahas memohon belas kasihan TUHAN, dan TUHAN mendengarkan dia, sebab Ia telah melihat, bagaimana beratnya orang Israel ditindas oleh raja Aram. 13:5 -- TUHAN memberikan kepada orang Israel seorang penolong, sehingga mereka lepas dari tangan Aram dan dapat duduk di kemah-kemah mereka seperti yang sudah-sudah. 13:6 Hanya mereka tidak menjauh dari dosa-dosa keluarga Yerobeam, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula, melainkan mereka terus hidup dalam dosa itu. Juga patung Asyera masih berdiri di Samaria. -- 13:7 Sebab tidak ada laskar ditinggalkan pada Yoahas, selain dari lima puluh orang berkuda dan sepuluh kereta dan sepuluh ribu orang berjalan kaki, sebab raja Aram telah membinasakan mereka dan meniupkan mereka seperti abu pengirikan. 13:8 Selebihnya dari riwayat Yoahas dan segala yang dilakukannya dan kepahlawanannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel? 13:9 Kemudian Yoahas mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di Samaria. Maka Yoas, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
Yoas, raja Israel
13:10 Dalam tahun ketiga puluh tujuh zaman Yoas, raja Yehuda, Yoas anak Yoahas, menjadi raja atas Israel di Samaria. Ia memerintah enam belas tahun lamanya. 13:11 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN. Ia tidak menjauh dari segala dosa yang disuruh Yerobeam bin Nebat dilakukan orang Israel, tetapi terus hidup dalam dosa itu. 13:12 Selebihnya dari riwayat Yoas dan segala yang dilakukannya dan kepahlawanannya, bagaimana ia berperang melawan Amazia, raja Yehuda, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel? 13:13 Setelah Yoas mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, maka duduklah Yerobeam di atas takhta ayahnya. Dan Yoas dikuburkan di Samaria di samping raja Israel.
Kejadian menjelang kematian Elisa dan keajaiban dalam kuburnya
13:14 Ketika Elisa menderita sakit yang menyebabkan kematiannya, datanglah Yoas, raja Israel, kepadanya dan menangis oleh karena dia, katanya: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!" 13:15 Berkatalah Elisa kepadanya: "Ambillah busur dan anak-anak panah!" Lalu diambillah busur dan anak-anak panah. 13:16 Berkatalah ia kepada raja Israel: "Tariklah busurmu!" Lalu ia menarik busurnya, tetapi Elisa menaruh tangannya di atas tangan raja, 13:17 serta berkata: "Bukalah jendela yang di sebelah timur!" Dan ketika dibukanya, berkatalah Elisa: "Panahlah!" Lalu dipanahnya. Kemudian berkatalah Elisa: "Itulah anak panah kemenangan dari pada TUHAN, anak panah kemenangan terhadap Aram. Engkau akan mengalahkan Aram di Afek sampai habis lenyap." 13:18 Sesudah itu berkatalah ia: "Ambillah anak-anak panah itu!" Lalu diambilnya. Setelah diambilnya, berkatalah Elisa kepada raja Israel: "Pukulkanlah itu ke tanah!" Lalu dipukulkannya tiga kali, kemudian ia berhenti. 13:19 Tetapi gusarlah abdi Allah itu kepadanya serta berkata: "Seharusnya engkau memukul lima atau enam kali! Dengan berbuat demikian engkau akan memukul Aram sampai habis lenyap. Tetapi sekarang, hanya tiga kali saja engkau akan memukul Aram." 13:20 Sesudah itu matilah Elisa, lalu ia dikuburkan. Adapun gerombolan Moab sering memasuki negeri itu pada pergantian tahun. 13:21 Pada suatu kali orang sedang menguburkan mayat. Ketika mereka melihat gerombolan datang, dicampakkan merekalah mayat itu ke dalam kubur Elisa, lalu pergi. Dan demi mayat itu kena kepada tulang-tulang Elisa, maka hiduplah ia kembali dan bangun berdiri.
Kemenangan Yoas atas Aram
13:22 Hazael, raja Aram, menindas orang Israel sepanjang umur Yoahas. 13:23 Tetapi TUHAN mengasihani serta menyayangi mereka, dan Ia berpaling kepada mereka oleh karena perjanjian-Nya dengan Abraham, Ishak dan Yakub, jadi Ia tidak mau memusnahkan mereka dan belum membuang mereka pada waktu itu dari hadapan-Nya. 13:24 Kemudian matilah Hazael, raja Aram, maka Benhadad, anaknya, menjadi raja menggantikan dia. 13:25 Yoas bin Yoahas merebut kembali dari tangan Benhadad bin Hazael kota-kota yang dalam peperangan direbut Benhadad dari tangan Yoahas, ayah Yoas. Tiga kali Yoas mengalahkan dia dan mendapat kembali kota-kota Israel.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · Afek a town of Asher 10 km SSE of Acco near the coast
 · Ahazia son and successor of King Ahab of Israel,youngest son and successor of King Jehoram of Judah
 · Amazia son of Joash; king of Judah,a prince of Simeon under Hezekiah,son of Hilkiah (Merari Levi),pagan priest of Bethel under Jeroboam who opposed Amos
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Elisa son of Javan son of Japheth son of Noah,a nation of trading people somewhere around the Great Sea (ZD)
 · Hazael a king of Syria
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Moab resident(s) of the country of Moab
 · Nebat a man of Ephraim; father of king Jeroboam
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang dari Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang-orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · perempuan Aram members of the nation of Syria
 · perempuan Moab a female descendant of Moab
 · perempuan-perempuan Moab resident(s) of the country of Moab
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Aram members of the nation of Syria
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Moab resident(s) of the country of Moab


Topik/Tema Kamus: Yoas | Raja-raja, Kitab-kitab | Raja | Elisa | Siria, Bangsa | Aram (Siria) | Yoahas | Yeohas /Yoahas | Sabat | Ben-Hadad | Mati, Kematian Orang-Orang Kudus | Tangan | Samaria Kuno | Orang Mati | Jawab, Jawaban Doa | Belas Kasihan Dan Simpati | Kebangkitan | Perbuatan Ajaib | Hutan-hutan | Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Raj 13:14 - ELISA MENDERITA SAKIT. Nas : 2Raj 13:14 Elisa, yang dipakai Allah untuk melaksanakan banyak mukjizat yang menakjubkan, akhirnya mati oleh penyakit. Realitas menunjukkan b...

Nas : 2Raj 13:14

Elisa, yang dipakai Allah untuk melaksanakan banyak mukjizat yang menakjubkan, akhirnya mati oleh penyakit. Realitas menunjukkan bahwa tokoh-tokoh iman yang besar mati, dan secara ironis kematian mereka kadang-kadang disebabkan oleh penyakit meskipun mereka sendiri mempunyai pelayanan kesembuhan. Di antara akibat-akibat kejatuhan Adam dan Hawa terdapat penyakit dan kematian; tak seorang pun dibebaskan dari akibatnya.

Full Life: 2Raj 13:14 - KERETA ISRAEL DAN ORANG-ORANGNYA YANG BERKUDA. Nas : 2Raj 13:14 Raja Yoas mengakui Allah Elisa sebagai pelindung sejati Israel (bd. 2Raj 2:12); ia tahu dengan pasti bahwa dengan kematian Elisa, ...

Nas : 2Raj 13:14

Raja Yoas mengakui Allah Elisa sebagai pelindung sejati Israel (bd. 2Raj 2:12); ia tahu dengan pasti bahwa dengan kematian Elisa, kekuatan dan perlindungan Israel akan lenyap. Kapan saja ketika tidak ada firman nubuat kepada umat Allah, kematian rohani dan kemurtadan pasti akan terjadi (bd. pasal Yer 21:1-22:30;

lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).

Full Life: 2Raj 13:17-18 - JENDELA YANG DI SEBELAH TIMUR ... ANAK PANAH. Nas : 2Raj 13:17-18 Menembakkan anak panah ke timur (yaitu wilayah yang dikuasai Aram, 2Raj 10:32-33) merupakan tindakan simbolis yang menyatakan b...

Nas : 2Raj 13:17-18

Menembakkan anak panah ke timur (yaitu wilayah yang dikuasai Aram, 2Raj 10:32-33) merupakan tindakan simbolis yang menyatakan bahwa Israel kelak akan mengatasi penindasan Aram; inilah suatu ikrar bahwa Allah akan tetap melindungi Israel. Dengan memukul tanah dengan anak panah hanya tiga kali, Raja Yoas menunjukkan bahwa ia kekurangan semangat, komitmen, dan iman yang diperlukan untuk Allah menggenapi janji-Nya; oleh karena itu, Yoas tidak akan mengalahkan tentara Aram secara total (ayat 2Raj 13:19).

Full Life: 2Raj 13:21 - KENA KEPADA TULANG-TULANG ELISA, MAKA HIDUPLAH IA KEMBALI. Nas : 2Raj 13:21 Elisa telah mati dan dikuburkan, tetapi di dalam kubur pun Allah menyatakan kuasa-Nya sebagai kesaksian atas sifat Elisa sebagai n...

Nas : 2Raj 13:21

Elisa telah mati dan dikuburkan, tetapi di dalam kubur pun Allah menyatakan kuasa-Nya sebagai kesaksian atas sifat Elisa sebagai nabi yang memberi hidup (bd. 2Raj 4:32-37; 1Raj 17:17-24). Mukjizat ini menyarankan bahwa pengaruh seorang yang saleh belum tentu berakhir pada saat kematian, tetapi dapat menjadi sumber kehidupan bagi rohani orang lain (bd. Yoh 12:24; 2Kor 4:11-12).

Jerusalem: 2Raj 13:3 - Benhadad Ialah Benhadad III, yang menjadi lawan raja Yoas di Israel, 2Ra 13:25.

Ialah Benhadad III, yang menjadi lawan raja Yoas di Israel, 2Ra 13:25.

Jerusalem: 2Raj 13:5 - sehingga mereka lepas Dalam terjemahan Yunani terbaca yang melepaskan mereka. "Penolong" atau "Penyelamat" yang dimaksud bukanlah raja Yoahas atau anaknya, yaitu Yoas (mesk...

Dalam terjemahan Yunani terbaca yang melepaskan mereka. "Penolong" atau "Penyelamat" yang dimaksud bukanlah raja Yoahas atau anaknya, yaitu Yoas (meskipun itu disarankan oleh 2Ra 13:25), tetapi raja Yerobeam II, bdk 2Ra 14:27. Ayat ini sebenarnya menjadi sumber bagi penyusun kitab Raja-raja yang menambah 2Ra 13:4-6 dengan mendahulukan peristiwa-peristiwa yang baru kemudian terjadi.

Jerusalem: 2Raj 13:6 - keluarga Yerobeam Dalam terjemahan Siria dan dalam Targum terbaca: Yerobeam

Dalam terjemahan Siria dan dalam Targum terbaca: Yerobeam

Jerusalem: 2Raj 13:6 - patung Asyera Ini menterjemahkan kata Ibrani asyera, bdk Kel 34:13+; Hak 2:13+.

Ini menterjemahkan kata Ibrani asyera, bdk Kel 34:13+; Hak 2:13+.

Jerusalem: 2Raj 13:7 - ditinggalkan Yaitu: ditinggalkan oleh Tuhan. Ayat ini melanjutkan 2Ra 13:3. Sebab 2Ra 13:4-6 berupa sisipan.

Yaitu: ditinggalkan oleh Tuhan. Ayat ini melanjutkan 2Ra 13:3. Sebab 2Ra 13:4-6 berupa sisipan.

Jerusalem: 2Raj 13:17 - habis lenyap Dengan menaruh tangannya di atas tangan raja, nabi Elisa menyalurkan daya ilahi (sakti); anak panah yang dilepaskan ke arah timur itu melawan Aram. Pe...

Dengan menaruh tangannya di atas tangan raja, nabi Elisa menyalurkan daya ilahi (sakti); anak panah yang dilepaskan ke arah timur itu melawan Aram. Perbuatan kenabian itu melambangkan kejadian nanti dan menjamin bahwa terlaksana pula, bdk Yer 18:1+.

Jerusalem: 2Raj 13:20 - pada pergantian tahun Terjemahan ini tidak pasti. Mungkin naskah Ibrani perlu diperbaiki menjadi: setiap tahun.

Terjemahan ini tidak pasti. Mungkin naskah Ibrani perlu diperbaiki menjadi: setiap tahun.

Ende: 2Raj 2:1--13:24 - -- Bagian ini memuat beberapa tjeritera mengenai nabi Elisja', jang berasal dari kalangan tjanterik2 nabi2, dan semula bersendiri, kemudian dihimpun dan ...

Bagian ini memuat beberapa tjeritera mengenai nabi Elisja', jang berasal dari kalangan tjanterik2 nabi2, dan semula bersendiri, kemudian dihimpun dan dimasukkan kedalam kitab Radja2 oleh si Pengarang.

Tjorak tjeritera2 ini populer. Meskipun kisah Elisja' agak serupa dengan kisah Elija, malah peristiwa2 seringkali sedjadjar, namun tokoh ini sangat berbeda dengan Elija. Ia lebih adjaib dan sangat tjampur tangan dalam urusan negara dan ia sangat "patriotik". Tetapi Elisja'djauh dibelakang Elija sebagai tokoh agama. Elisja' mengepalai sematjam tarekat "nabi" atau "tjanterik nabi". Nabi2 itu ialah orang jang membaktikan dirinja sama sekali kepada agamanja, ibadat dan kebaktian Jahwe, hidup ber-kelompok2 dan rupa2nja menjendiri. Sebenarnja mereka kadang2 bertindak sebagai pesuruh Allah, tetapi bukanlah oleh sebab mereka "tjanterik2 nabi". Anugerah itu selalu suatu pilihan pribadi, jang tak dapat disampaikan kepada seorang selain oleh Jahwe sendiri.

Ende: 2Raj 13:5 - penjelamat itu, agaknja Jerobe'am II (2Ra 14:27). Ajat2 5-6(2Ra 13:5-6), jang bertjorak tambahan, mendahului pemerintahan Jerobe'am tersebut. Orang2 lain berpiki...

itu, agaknja Jerobe'am II (2Ra 14:27). Ajat2 5-6(2Ra 13:5-6), jang bertjorak tambahan, mendahului pemerintahan Jerobe'am tersebut. Orang2 lain berpikir akan Elisja', jang mendorong Joahaz untuk merebut kembali apa jang sudah direbut oleh Aram.

Ende: 2Raj 13:13 - -- Berita2 tenang Joasj masih diteruskan oleh 2Ra 13:25 dan 2Ra 14:15-16. Berita berikut mengenai Elisja' diambil oleh pengarang dari tjeritera2 tentang ...

Berita2 tenang Joasj masih diteruskan oleh 2Ra 13:25 dan 2Ra 14:15-16. Berita berikut mengenai Elisja' diambil oleh pengarang dari tjeritera2 tentang nabi tsb, oleh sebab ia wafat waktu pemerintahan Joasj.

Ende: 2Raj 13:16 - -- Isjarat itu berarti, bahwa Elisja' menjampaikan daja adjaibnja, jang berasal dari Jahwe, kepada radja, supaja perbuatan2nja jang berikut djuga melaksa...

Isjarat itu berarti, bahwa Elisja' menjampaikan daja adjaibnja, jang berasal dari Jahwe, kepada radja, supaja perbuatan2nja jang berikut djuga melaksanakan makanja.

Endetn: 2Raj 13:20 - tiap2 diperbaiki. Naskah Hibrani tidak dapat diartikan.

diperbaiki. Naskah Hibrani tidak dapat diartikan.

Endetn: 2Raj 13:21 - pergi diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Junani (Luc). Tertulis: "ia pergi", jakni orang mati itu (mufrad).

diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Junani (Luc). Tertulis: "ia pergi", jakni orang mati itu (mufrad).

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:2 - yang jahat · yang jahat: 1Raj 12:26-33

· yang jahat: 1Raj 12:26-33

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:3 - bangkitlah murka // dalam tangan // Benhadad · bangkitlah murka: Ul 31:17; Ul 31:17 · dalam tangan: 1Raj 19:17; 1Raj 19:17 · Benhadad: 2Raj 13:24

· bangkitlah murka: Ul 31:17; [Lihat FULL. Ul 31:17]

· dalam tangan: 1Raj 19:17; [Lihat FULL. 1Raj 19:17]

· Benhadad: 2Raj 13:24

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:4 - Yoahas memohon // telah melihat // Israel ditindas · Yoahas memohon: Ul 4:29; Ul 4:29 · telah melihat: Ul 26:7; Ul 26:7 · Israel ditindas: Bil 10:9; Bil 10:9; 2Sam 7:10

· Yoahas memohon: Ul 4:29; [Lihat FULL. Ul 4:29]

· telah melihat: Ul 26:7; [Lihat FULL. Ul 26:7]

· Israel ditindas: Bil 10:9; [Lihat FULL. Bil 10:9]; 2Sam 7:10

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:5 - seorang penolong · seorang penolong: Kej 45:7; Kej 45:7; Ul 28:29; Ul 28:29; Hak 2:18; Hak 2:18

· seorang penolong: Kej 45:7; [Lihat FULL. Kej 45:7]; Ul 28:29; [Lihat FULL. Ul 28:29]; Hak 2:18; [Lihat FULL. Hak 2:18]

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:6 - dari dosa-dosa // patung Asyera · dari dosa-dosa: 1Raj 12:30 · patung Asyera: 1Raj 16:33; 1Raj 16:33

· dari dosa-dosa: 1Raj 12:30

· patung Asyera: 1Raj 16:33; [Lihat FULL. 1Raj 16:33]

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:7 - laskar ditinggalkan // seperti abu · laskar ditinggalkan: 2Raj 10:32-33 · seperti abu: 2Sam 22:43; 2Sam 22:43

· laskar ditinggalkan: 2Raj 10:32-33

· seperti abu: 2Sam 22:43; [Lihat FULL. 2Sam 22:43]

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:12 - melawan Amazia // kitab sejarah · melawan Amazia: 2Raj 14:15 · kitab sejarah: 1Raj 15:31

· melawan Amazia: 2Raj 14:15

· kitab sejarah: 1Raj 15:31

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:13 - duduklah Yerobeam · duduklah Yerobeam: 2Raj 14:23; Hos 1:1

· duduklah Yerobeam: 2Raj 14:23; Hos 1:1

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:14 - Kereta · Kereta: 2Raj 2:12; 2Raj 2:12

· Kereta: 2Raj 2:12; [Lihat FULL. 2Raj 2:12]

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:15 - anak-anak panah · anak-anak panah: 1Sam 20:20

· anak-anak panah: 1Sam 20:20

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:17 - Panahlah // di Afek · Panahlah: Yos 8:18 · di Afek: 1Raj 20:26; 1Raj 20:26

· Panahlah: Yos 8:18

· di Afek: 1Raj 20:26; [Lihat FULL. 1Raj 20:26]

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:19 - tiga kali · tiga kali: 2Raj 13:25

· tiga kali: 2Raj 13:25

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:20 - Adapun gerombolan · Adapun gerombolan: 2Raj 5:2; 2Raj 5:2

· Adapun gerombolan: 2Raj 5:2; [Lihat FULL. 2Raj 5:2]

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:21 - maka hiduplah · maka hiduplah: Mat 27:52

· maka hiduplah: Mat 27:52

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:22 - Aram, menindas · Aram, menindas: 1Raj 19:17; 1Raj 19:17

· Aram, menindas: 1Raj 19:17; [Lihat FULL. 1Raj 19:17]

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:23 - karena perjanjian-Nya // mau memusnahkan // dari hadapan-Nya · karena perjanjian-Nya: Kel 2:24; Kel 2:24 · mau memusnahkan: Ul 29:20; Ul 29:20 · dari hadapan-Nya: Kel 33:15; Kel 33:15; 2Raj ...

· karena perjanjian-Nya: Kel 2:24; [Lihat FULL. Kel 2:24]

· mau memusnahkan: Ul 29:20; [Lihat FULL. Ul 29:20]

· dari hadapan-Nya: Kel 33:15; [Lihat FULL. Kel 33:15]; 2Raj 17:18; 24:3,20

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:24 - maka Benhadad · maka Benhadad: 2Raj 13:3

· maka Benhadad: 2Raj 13:3

Ref. Silang FULL: 2Raj 13:25 - Tiga kali // mendapat kembali · Tiga kali: 2Raj 13:18,19 · mendapat kembali: 2Raj 10:32; 2Raj 10:32

· Tiga kali: 2Raj 13:18,19

· mendapat kembali: 2Raj 10:32; [Lihat FULL. 2Raj 10:32]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Raj 9:11--17:4 - -- C. Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4). Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaru...

C. Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4).

Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaruh baik di sana dan akan menyerbu Yehuda sehingga akan menghancurkan keseluruhan bangsa tersebut, maka keluarga Ahab harus dimusnahkan.

Wycliffe: 2Raj 13:1-25 - -- 4) Israel di Bawah Pemerintahan Yoahas dan Yoas (13:1-25) Bagian ini menunjukkan bagaimana secara tersembunyi dosa masuk dan bercokol lalu menyebar s...

4) Israel di Bawah Pemerintahan Yoahas dan Yoas (13:1-25)

Bagian ini menunjukkan bagaimana secara tersembunyi dosa masuk dan bercokol lalu menyebar sekalipun ada berbagai usaha untuk memusnahkannya.

Wycliffe: 2Raj 13:1 - Dalam tahun kedua puluh tiga zaman Yoas 1. Dalam tahun kedua puluh tiga zaman Yoas. Gaya menyebutkan tanggal yang bukan merupakan tanggal seseorang naik takhta dipergunakan di sini, dengan m...

1. Dalam tahun kedua puluh tiga zaman Yoas. Gaya menyebutkan tanggal yang bukan merupakan tanggal seseorang naik takhta dipergunakan di sini, dengan mengurangi tahun kedua puluh tiga menjadi tahun kedua puluh dua, yaitu tahun pertama pemerintahan Yoahas, sehingga menjadikan tahun ketujuh belas pemerintahannya sama dengan tahun ketiga puluh delapan pemerintahan Yoas (21 + 17 = 38; lih. Thiele, op. cit., hlm. 37, 38, bagan di hlm. 74).

Wycliffe: 2Raj 13:2 - Hidup menurut dosa Yerobeam 2. Hidup menurut dosa Yerobeam. Perjanjian dengan Allah tetap dilanggar di bawah pemerintahan raja ini (lih. juga 10:29).

2. Hidup menurut dosa Yerobeam. Perjanjian dengan Allah tetap dilanggar di bawah pemerintahan raja ini (lih. juga 10:29).

Wycliffe: 2Raj 13:3 - Diserahkan-Nyalah mereka ke dalam tangan Hazael, Raja Aram - // Selama zaman itu, 3. Diserahkan-Nyalah mereka ke dalam tangan Hazael, Raja Aram - karena dosa-dosa yang dikemukakan di ayat 2. Mengenai hilangnya wilayah kekuasaan di s...

3. Diserahkan-Nyalah mereka ke dalam tangan Hazael, Raja Aram - karena dosa-dosa yang dikemukakan di ayat 2. Mengenai hilangnya wilayah kekuasaan di sebelah timur Yordan lihat 10:32. Kehilangan-kehilangan yang baru ini dengan demikian merupakan kelanjutan dari penghajaran sebelumnya. Selama beberapa tahun Hazael disibukkan dengan serangan-serangan dari Salmaneser III; namun sesudah Salmaneser mati, dia bebas untuk kembali menindas Israel. Selama zaman itu, maksudnya: sepanjang masa pemerintahan Yoahas (bdg. ay. 22, 25).

Wycliffe: 2Raj 13:4 - Yoahas memohon belas kasihan Tuhan 4. Yoahas memohon belas kasihan Tuhan. Keadaan Yoahas yang sangat terjepit (ay. 7) membuatnya mencari Tuhan yang mengirimkan pelepasan untuk menolong ...

4. Yoahas memohon belas kasihan Tuhan. Keadaan Yoahas yang sangat terjepit (ay. 7) membuatnya mencari Tuhan yang mengirimkan pelepasan untuk menolong rakyat yang tertindas.

Wycliffe: 2Raj 13:5 - Tuhan memberikan kepada Israel seorang penolong 5. Tuhan memberikan kepada Israel seorang penolong. Penolong itu muncul sesudah Yoahas meninggal (lih. ay. 22 di bawah).

5. Tuhan memberikan kepada Israel seorang penolong. Penolong itu muncul sesudah Yoahas meninggal (lih. ay. 22 di bawah).

Wycliffe: 2Raj 13:6 - dosa-dosa keluarga Yerobeam, 6. Bangsa itu tetap saja melakukan dosa-dosa keluarga Yerobeam, karena itu melanjutkan pelanggaran perjanjian dengan Tuhan. "Pertobatan" Yoahas hanyal...

6. Bangsa itu tetap saja melakukan dosa-dosa keluarga Yerobeam, karena itu melanjutkan pelanggaran perjanjian dengan Tuhan. "Pertobatan" Yoahas hanyalah pertobataan pikiran saja; dia tidak kembali kepada perjanjian.

Wycliffe: 2Raj 13:7 - Sebab tidak ada laskar ditinggalkan // Raja Aram 7. Sebab tidak ada laskar ditinggalkan. Lihat ayat 4. Raja Aram. Seharusnya, Tuhan.

7. Sebab tidak ada laskar ditinggalkan. Lihat ayat 4. Raja Aram. Seharusnya, Tuhan.

Wycliffe: 2Raj 13:10 - Yoas anak Yoahas menjadi raja 10. Yoas anak Yoahas menjadi raja. Terjadi pada tahun 98 sM (lih. Thiele, op. cit., 67).

10. Yoas anak Yoahas menjadi raja. Terjadi pada tahun 98 sM (lih. Thiele, op. cit., 67).

Wycliffe: 2Raj 13:11 - Ia melakukan apa yang jahat 11. Ia melakukan apa yang jahat. Sekalipun Baalisme sudah dimusnahkan, Israel tidak sungguh-sungguh kembali kepada Tuhan pada masa pemerintahan Yoas i...

11. Ia melakukan apa yang jahat. Sekalipun Baalisme sudah dimusnahkan, Israel tidak sungguh-sungguh kembali kepada Tuhan pada masa pemerintahan Yoas ini sebab patung anak lembu di Betel dan Dan masih tetap disembah. "Dosa-dosa Yerobeam" sekarang mendarah daging di dalam hati bangsa itu.

Wycliffe: 2Raj 13:14 - Ketika Elisa menderita sakit // Kereta Israel 14. Ketika Elisa menderita sakit. Kejadian ini dikisahkan sini dan dilanjutkan di ayat 22-25 sebab diperlukan garis besar menurut topik. Kisah ini ter...

14. Ketika Elisa menderita sakit. Kejadian ini dikisahkan sini dan dilanjutkan di ayat 22-25 sebab diperlukan garis besar menurut topik. Kisah ini terjadi paling sedikit empat puluh lima tahun sesudah Yehu naik takhta (bdg. 10:36; 13:1). Penyakit yang diderita Elisa cukup parah sehingga membuat Yoas raja Israel mengunjunginya (13:14-19 terjadi pada masa 13:10-13). Kereta Israel. Yoas bermaksud mengatakan, "Jika engkau pergi, dari mana akan datang hikmat dan kelepasan?"

Wycliffe: 2Raj 13:15 - Ambillah busur dan anak-anak panah 15. Ambillah busur dan anak-anak panah. Sarana untuk mencapai kemenangan dan cara untuk meyakinkan Yoas.

15. Ambillah busur dan anak-anak panah. Sarana untuk mencapai kemenangan dan cara untuk meyakinkan Yoas.

Wycliffe: 2Raj 13:17 - Engkau akan mengalahkan 17. Engkau akan mengalahkan merupakan sebuah janji kelepasan khusus dari Tuhan sebagai penggenapan janji yang diutarakan di ayat 4.

17. Engkau akan mengalahkan merupakan sebuah janji kelepasan khusus dari Tuhan sebagai penggenapan janji yang diutarakan di ayat 4.

Wycliffe: 2Raj 13:18 - Ambillah anak-anak panah itu // pukulkanlah itu ke tanah 18. Ambillah anak-anak panah itu. Bandingkan anak kalimat terakhir dari ayat 17 dan 19. Yoas kurang iman dan semangat yang menyala untuk bertahan meng...

18. Ambillah anak-anak panah itu. Bandingkan anak kalimat terakhir dari ayat 17 dan 19. Yoas kurang iman dan semangat yang menyala untuk bertahan mengandalkan Tuhan di dalam memusnahkan Aram. Kepadanya dikatakan (ay. 18) untuk pukulkanlah itu ke tanah. Maksudnya, buatlah lawan-lawanmu mencium debu.

Wycliffe: 2Raj 13:19 - Lima atau enam kali 19. Lima atau enam kali. Hingga mereka itu takluk.

19. Lima atau enam kali. Hingga mereka itu takluk.

Wycliffe: 2Raj 13:20 - Sesudah itu matilah Elisa // 21. Hiduplah ia kembali dan bangun berdiri 20. Sesudah itu matilah Elisa. Kata-kata ini merupakan peralihan ke peristiwa berikutnya. 21. Hiduplah ia kembali dan bangun berdiri. Orang yang mati ...

20. Sesudah itu matilah Elisa. Kata-kata ini merupakan peralihan ke peristiwa berikutnya. 21. Hiduplah ia kembali dan bangun berdiri. Orang yang mati itu dibangkitkan sebab Tuhan mengadakan sebuah mukjizat sebagai penegasan atas janji kelepasan-Nya kepada Yoas.

Wycliffe: 2Raj 13:22 - Hazael ... menindas orang Israel, 22. Kata-kata Hazael ... menindas orang Israel, melanjutkan tema ayat 3.

22. Kata-kata Hazael ... menindas orang Israel, melanjutkan tema ayat 3.

Wycliffe: 2Raj 13:23 - Tetapi Tuhan mengasihani serta Menyayangi mereka 23. Tetapi Tuhan mengasihani serta Menyayangi mereka melanjutkan tema ayat 4a. Sekalipun Hazael nyaris memusnahkan Israel, Tuhan masih belum mengizink...

23. Tetapi Tuhan mengasihani serta Menyayangi mereka melanjutkan tema ayat 4a. Sekalipun Hazael nyaris memusnahkan Israel, Tuhan masih belum mengizinkan bangsa itu dihancurkan sebab perjanjian-Nya dengan Abraham.

Wycliffe: 2Raj 13:24 - Matilah Hazael 24. Matilah Hazael. Langkah pertama ke arah kelepasan yang dijanjikan.

24. Matilah Hazael. Langkah pertama ke arah kelepasan yang dijanjikan.

Wycliffe: 2Raj 13:25 - Merebut kembali ... kota-kota // Tiga kali 25. Merebut kembali ... kota-kota. Kota-kota yang terletak di sisi timur Sungai Yordan (bdg. 10:32, 33). Kota-kota tersebut telah dirampas oleh Hazael...

25. Merebut kembali ... kota-kota. Kota-kota yang terletak di sisi timur Sungai Yordan (bdg. 10:32, 33). Kota-kota tersebut telah dirampas oleh Hazael sehingga Yoas hanya tinggal memiliki kota-kota di sisi barat saja. Tiga kali. Bandingkan ayat 19.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Raj 13:1-13 - Kesempatan yang disia-siakan (Minggu, 26 Juni 2005) Kesempatan yang disia-siakan Pada nas ini, penulis kitab II Raja beralih menyoroti pemerintahan dua raja Israel, Yoahas dan Yoas. Alkitab mencata...

SH: 2Raj 13:1-9 - Jangan menjadi petobat pengemis. (Sabtu, 3 Juni 2000) Jangan menjadi petobat pengemis. Banyak lembaga kristen maupun non kristen yang berusaha mengentaskan para anak jalanan dari keterpurukan sosi...

SH: 2Raj 13:10-25 - Kristen adalah aset nasional. (Minggu, 4 Juni 2000) Kristen adalah aset nasional. Itulah seharusnya yang dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia terhadap keberadaan Kristen di bumi Indonesia. Se...

SH: 2Raj 13:14-25 - Perjalanan hidup yang tidak sia-sia (Senin, 27 Juni 2005) Perjalanan hidup yang tidak sia-sia Membaca biografi seorang pendeta yang dipakai Tuhan semasa hidupnya pasti menimbulkan sukacita. Melihat perbu...

Topik Teologia: 2Raj 13:23 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Para Raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang Karena 1 dan 2...

Full Life: 2 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Kerajaan yang Pecah: Israel dan Yehuda (2Raj 1:1-17:41) A. Kelanjutan Pemerintahan Ahazia (Israel) ...

Ende: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

Wycliffe: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 RAJA-RAJA LIHAT PENDAHULUAN I_Raja-raja

Wycliffe: 2 Raja-raja (Garis Besar) GARIS BESAR 2 RAJA-RAJA LIHAT GARIS BESAR I RAJA-RAJA

BIS: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) II RAJA-RAJA PENGANTAR Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku

II RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku ini terdiri dari dua bagian:

  1. (1) Kisah sejarah dari kedua kerajaan itu mulai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi sampai jatuhnya Samaria dan berakhirnya kerajaan utara pada tahun 721 Sebelum Masehi.
  2. (2) Kisah sejarah kerajaan Yehuda mulai dari jatuhnya kerajaan Israel sampai pengepungan dan penghancuran Yerusalem oleh Nebukadnezar raja Babel pada tahun 586 Sebelum Masehi. Buku ini diakhiri dengan kisah tentang Gedalya, yang menjadi gubernur Yehuda di bawah kekuasaan bangsa Babel, dan tentang dibebaskannya Yoyakhin raja Yehuda dari penjara di Babel.

Bencana-bencana nasional itu terjadi karena raja-raja serta rakyat Israel dan Yehuda tidak setia kepada TUHAN. Hancurnya Yerusalem dan dibuangnya banyak orang Yehuda ke Babel merupakan salah satu titik balik yang besar dalam sejarah Israel.

Nabi yang menonjol dalam buku II Raja-raja ini ialah Elisa, pengganti Nabi Elia.

Isi

  1.  Kerajaan yang pecah
    2Raj 1:1-17:41
    1. a. Nabi Elisa
      2Raj 1:1-8:15
    2. b. Kerajaan Yehuda dan Israel
      2Raj 8:16-17:4
    3. c. Jatuhnya Samaria
      2Raj 17:5-41
  2.  Kerajaan Yehuda
    2Raj 18:1-24:20
    1. a. Dari Hizkia sampai Yosia
      2Raj 18:1-21:26
    2. b. Pemerintahan Yosia
      2Raj 22:1-23:30
    3. c. Raja-raja Yehuda yang terakhir
      2Raj 23:31-24:20
  3.  Jatuhnya Yerusalem
    2Raj 25:1-30

Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Pembaruan dan pemberontakan MENGENAI KITAB ITUII Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia,

Pembaruan dan pemberontakan

MENGENAI KITAB ITU
II Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia, dan diteruskan sampai Israel dihancurkan dan Yehuda dibuang ke Babel. Diceritakannya kembali kisah Elia dalam II Raja-raja mengingatkan kita bahwa kitab ini merupakan bagian kedua dari satu kitab Raja-raja yang utuh. Tidak ada alasan yang jelas mengenai pembagian kitab menjadi I dan II Raja-raja, tetapi oleh karena panjang kedua kitab hampir sama, kemungkinannya ialah hal itu dilakukan untuk mempermudah penulisan dalam dua gulungan. Beberapa kisah yang kita temukan dalam Raja-raja juga terdapat dalam Tawarikh, walaupun penulis Tawarikh menulis dari sudut yang agak berbeda dan hanya menulis tentang kerajaan selatan, yaitu Yehuda.

MENGAPA KITAB ITU DITULIS?
II Raja-raja meliputi kurun waktu kurang lebih 270 tahun, dua kali lebih panjang daripada periode yang meliputi I Raja-raja. Namun, sebagian besar kisah menceritakan kehidupan Elisa. Seperti juga dalam I Raja-raja, tokoh-tokoh yang memegang peranan penting dalam kerohanian bangsa, seperti Hizkia dan Yosia diceritakan dengan panjang lebar. Sedangkan yang lain, walaupun mereka memerintah dalam jangka waktu yang lama dan membawa kemakmuran, hanya diceritakan secara sepintas saja. Orang Yahudi mengakui bahwa semua kitab sejarah sungguh-sungguh mempunyai maksud rohani, dan mereka mengelompokkan kitab-kitab tersebut dalam "nabi-nabi terdahulu".

PARA NABI
Banyak dari nabi-nabi penulis (yang dikenal dalam Kitab Suci bangsa Ibrani sebagai "nabi-nabi yang belakangan") melayani dalam periode yang terangkum dalam II Raja-raja, dan kitab-kitab yang mereka tulis memberikan kepada kita banyak informasi mengenai seberapa jauh korupsi yang terjadi dalam kedua negeri itu. Namun demikian, hanya sedikit sekali yang kita pelajari mengenai karya Raja-raja dan pengaruh mereka. Diceritakan bahwa Hizkia pergi menemui Yesaya, tetapi Amos, Hosea, Mikha dan Yeremia tidak disebut-sebut sama sekali. Penulis kitab Raja-raja lebih menekankan mengenai bagaimana para raja dan rakyatnya menanggapi pesan-pesan Allah daripada menulis tentang bagaimana dan dari mana mereka menerima pesan itu.

RAJA-RAJA
Sukar untuk membuat suatu daftar tentang semua raja dan masa pemerintahan mereka, karena waktu kurang setahun selalu dihitung sebagai setahun. Yang sering terjadi ialah seorang putra menjabat sebagai pejabat sementara bersama-sama sang ayah, kemudian waktu pemerintahan itu dihitung sebagai masa pemerintahan mereka berdua. Hal yang sering membingungkan ialah mengenai nama-nama raja. Ada seorang Raja Yehoram dan Raja Yoahas, baik di Israel maupun di Yehuda, dan karena kedua nama ini sering disingkat sebagai Yoram dan Yoas, maka kita harus berhati-hati dalam membedakan mereka.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Allah bukan saja memperhatikan dan berkuasa atas bangsa Israel dan Yehuda, tetapi juga atas semua bangsa. Untuk alasan yang berbeda Naaman dan Hazael dari Siria mengakui kekuasaan Allah bangsa Israel. 2Ra 5:1-27; 8:7-15
o Kuasa Allah sangat nyata dan dirasakan oleh umat-Nya, walaupun tidak selalu kelihatan. 2Ra 6:15-17

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Yehu memulai karirnya dengan semangat yang sungguh-sungguh untuk melayani Tuhan dan memelihara kesucian ibadah Israel, tetapi perhatiannya untuk pelayanan kepada Tuhan tidak bertahan lama, karena ia juga menginginkan kekuasaan bagi dirinya. Tuhan mengetahui hal ini dan memberkati apa yang dilakukan Yehu, tetapi pemberian Tuhan tidak memuaskannya. 2Ra 9:1-10:36
o Pada dasarnya Uzia adalah seorang raja yang baik, tetapi pemerintahannya yang dimulai dengan benar kemudian dinodai dengan kesombongan (2Ta 26:16). Kesalahan ini menyebabkan tidak adanya kemajuan dalam bidang kerohanian pada masa pemerintahannya dan oleh karena itu Raja-raja hanya menceritakan secara sekilas. 2Ra 15:1-17

3. Allah dapat dipercaya
o Wanita kaya dari Sunem melayani Tuhan dengan cara yang praktis, yaitu melayani Elisa dengan penuh keramahan. Ia tidak mengharapkan imbalan (2Ra 4:13), tetapi dalam keadaan darurat ia tahu bahwa hanya Allah yang dapat menolong, dan ia percaya bahwa Allah mau menolong. 2Ra 4:18-37; 8:1-6
o Hizkia menghadapi banyak situasi yang gawat, baik bagi bangsanya maupun bagi dirinya sendiri, tetapi ia membawa semua masalahnya kepada Allah dengan penuh kepercayaan bahwa Allah dapat mengatasi semua situasi itu dan Tuhan membebaskannya dari segala masalah yang dihadapinya. 2Ra 19:1-37; 20:1-11

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
Walaupun bangsa Israel selalu jatuh ke dalam dosa, Allah tetap bekerja untuk bangsa itu. Kesukaran tidak membawa mereka kembali kepada-Nya, oleh karena itu pada masa pemerintahan Yerobeam II Allah memberikan kemakmuran kepada mereka. Sayang, tanggapan mereka bukanlah pertobatan, melainkan malah melakukan lebih banyak pelanggaran moral maupun sosial. Mereka menolak anugerah Allah; oleh karena itu, pada akhirnya penghakiman datang atas mereka. 2Ra 14:23-29; 17:7-18

Penerapan

II Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba-hamba Allah
Allah tidak selalu memilih orang yang sama. Sifat Elisa sangat berbeda dengan sifat Elia, tetapi kita juga dapat belajar dari dia mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin bagi Allah.
o Ia tahu bagaimana menjadi seorang pengikut (2Ra 2:1-18).
o Ia tidak keberatan melakukan pekerjaan sebagai pembantu (2Ra 3:11).
o Ia mengasihi baik orang kaya maupun orang miskin (2Ra 4:1-37).
o Ia tahu kapan saat untuk berdiam di belakang layar (2Ra 5:1-27).
o Ia sungguh-sungguh mempercayai Allah (2Ra 6:15-17)
o Ia dapat membaca hati manusia (2Ra 8:11).
o Ia mengasihi bangsanya (2Ra 8:12).
o Ia tidak segan-segan mengutus orang lain (2Ra 9:1-4).

2. Pelayanan kepada Allah
o Pelayanan menuntut tanggung jawab: Pelayan-pelayan Allah bertanggung jawab untuk memperkenalkan siapa Allah. Menerima pembayaran untuk suatu pelayanan tidaklah salah, tetapi Gehazi memberi kesan bahwa anugerah Allah dapat dibeli, dan hal ini merupakan suatu pelanggaran yang sangat serius (2Ra 5:20-27).
o Allah sering bekerja sama dengan orang-orang yang tidak sempurna: Yoahas dan Yoas bukanlah raja-raja yang benar di mata Tuhan, tetapi mereka berdua mengakui besarnya kekuasaan Allah dan untuk itu Allah memberkati mereka (2Ra 13:1-25).
o Allah kadang-kadang memberkati orang-orang yang belum mengenal Dia demi kepentingan umat-Nya (2Ra 3:13-15; 8:16-19).
o Iman dan tindakan harus berjalan bersama-sama. Berpaling kepada Allah harus dibarengi dengan ketaatan kepada firman-Nya. Yosia tahu akan hal ini (2Ra 22:11-23:25).

Tema-tema Kunci

1. Tanggapan
Allah berdaulat, tetapi raja-raja tidak pernah menganggap bahwa itu berarti tindakan dan doa-doa manusia tidak penting. Allah benar-benar memberikan tanggapan kepada manusia dan apa yang dilakukan-Nya terhadap mereka tergantung kepada sambutan mereka kepada-Nya. Allah menjawab doa Raja Hizkia (2Ra 19:14-19). Dapatkah Anda menemukan dalam II Raja-raja di mana Allah memberikan jawaban langsung terhadap kebutuhan umat-Nya?

2. Pembaruan
Hizkia dan Yoas, keduanya mencoba untuk membawa bangsa mereka kembali kepada Allah (2Ra 18:1-20:21; 22:1-23:30). Bacalah seluruh pasal-pasal ini. Menurut Anda mengapa pembaruan mereka tidak berhasil?

3. Kebenaran
Allah memberkati kebenaran dan menghukum kejahatan. 2Ra 17:7-18 merupakan ringkasan pesan dari II Raja-raja, dan dianggap sebagai berita kematian bagi bangsa Israel. Yehuda kembali dari pengasingan, tetapi bangsa Israel tidak. Dapatkah Anda menemukan dalam kitab Raja-raja sebab-sebab mengapa hal ini terjadi?

4. Tanggung jawab
Hamba-hamba Allah yang disebutkan dalam Raja-raja bukanlah hanya Elia dan Elisa. Lihatlah 2Ra 11:1-12:21; 22:1-23:30. Apa yang dapat kita pelajari tentang kepemimpinan melalui kehidupan Yoyada, Yoas dan Yosia?

Garis Besar Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27 2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub 2Ra 2:1-12Elia diangka

[1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27

2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub
2Ra 2:1-12Elia diangkat ke surga
2Ra 2:13-18Para nabi mencari Elia
2Ra 2:19-22Elisa memurnikan air Yerikho
2Ra 2:23-25Sekelompok anak mengolok-olok Elisa
2Ra 3:1-27Moab memberontak

[2] ELISA -- SAHABAT ORANG BANYAK 2Ra 4:1-6:7

2Ra 4:1-7Janda seorang nabi yang miskin
2Ra 4:8-37Wanita kaya dan putranya
2Ra 4:38-44Nabi-nabi yang lapar
2Ra 5:1-27Naaman, panglima angkatan bersenjata Siria
2Ra 6:1-7Orang yang kehilangan mata kapak

[3] ELISA -- SANG NABI 2Ra 6:8-8:29

2Ra 6:8-23Elisa mengalahkan orang Siria
2Ra 6:24-7:2Pengepungan terhadap Samaria
2Ra 7:3-20Empat orang kusta membawa kabar gembira
2Ra 8:1-6Wanita kaya dari Sunem itu kembali mendapat pertolongan
2Ra 8:7-29Raja-raja Siria, Israel dan Yehuda

[4] YEHU -- PENUNGGANG KERETA YANG JITU 2Ra 9:1-10:36

2Ra 9:1-13Yehu diurapi sebagai raja
2Ra 9:14-10:17Keluarga Ahab dimusnahkan
2Ra 10:18-28Yehu menghancurkan penyembah-penyembah Baal
2Ra 10:29-36Semangat Yehu menurun

[5] PERSEKONGKOLAN DI YEHUDA 2Ra 11:1-12:21

2Ra 11:1-3Ratu Atalya yang kejam berkuasa
2Ra 11:4-21Imam Yoyada mengalahkan Atalya
2Ra 12:1-6Yoas memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 12:17-21Yoas terbunuh

[6] PERANG DAN DAMAI 2Ra 13:1-17:41

2Ra 13:1-13Israel dan Siria berperang
2Ra 13:14-21Kematian Elisa
2Ra 13:22-25Siria dikalahkan oleh Israel
2Ra 14:1-22Amazia raja Yehuda yang baik
2Ra 14:23-29Yerobeam II raja Israel
2Ra 15:1-7Uzia raja Yehuda -- memerintah dalam jangka waktu yang panjang
2Ra 15:8-31Lima raja Israel yang kejam
2Ra 15:32-16:20Yotam dan Ahas raja Yehuda
2Ra 17:1-41Israel ditaklukkan oleh bangsa Asyur

[7] KERAJAAN YEHUDA 2Ra 18:1-21:26

2Ra 18:1-12Mulainya pemerintahan Raja Hizkia
2Ra 18:13-37Yerusalem dikepung
2Ra 19:1-7Hizkia meminta nasihat Yesaya
2Ra 19:8-37Surat orang Asyur; Hizkia mempercayai Allah
2Ra 20:1-11 Raja Hizkia sakit, tetapi disembuhkan
2Ra 20:12-19Utusan dari Babel
2Ra 20:20,21Kematian Hizkia
2Ra 21:1-26Manasye dan Amon -- raja-raja yang jahat

[8] KESEMPATAN TERAKHIR 2Ra 22:1-25:30

2Ra 22:1-7Yosia memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 22:8-20Diketemukannya buku hukum-hukum Tuhan
2Ra 23:1-25Pembaruan dilaksanakan
2Ra 23:26-30Kematian Yosia
2Ra 23:31-37Yoahas dan Yoyakim
2Ra 24:1-7Nebukadnezar menaklukkan Yerusalem
2Ra 24:8-25:17 Raja Yehuda yang terakhir
2Ra 25:18-30Pembuangan ke Babel
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.25 detik
dipersembahkan oleh YLSA