kecilkan semua  

Teks -- 2 Korintus 9:1-15 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pengumpulan uang untuk Yerusalem
9:1 Tentang pelayanan kepada orang-orang kudus tidak perlu lagi aku menuliskannya kepada kamu. 9:2 Aku telah tahu kerelaan hatimu tentang mana aku megahkan kamu kepada orang-orang Makedonia. Kataku: "Akhaya sudah siap sedia sejak tahun yang lampau." Dan kegiatanmu telah menjadi perangsang bagi banyak orang. 9:3 Aku mengutus saudara-saudara itu, agar kemegahan kami dalam hal ini atas kamu jangan ternyata menjadi sia-sia, tetapi supaya kamu benar-benar siap sedia seperti yang telah kukatakan, 9:4 supaya, apabila orang-orang Makedonia datang bersama-sama dengan aku, jangan mereka mendapati kamu belum siap sedia, sehingga kami -- untuk tidak mengatakan kamu -- merasa malu atas keyakinan kami itu. 9:5 Sebab itu aku merasa perlu mendorong saudara-saudara itu untuk berangkat mendahului aku, supaya mereka lebih dahulu mengurus pemberian yang telah kamu janjikan sebelumnya, agar nanti tersedia sebagai bukti kemurahan hati kamu dan bukan sebagai pemberian yang dipaksakan.
Memberi dengan sukacita membawa berkat
9:6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. 9:7 Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita. 9:8 Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan. 9:9 Seperti ada tertulis: "Ia membagi-bagikan, Ia memberikan kepada orang miskin, kebenaran-Nya tetap untuk selamanya." 9:10 Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu; 9:11 kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami. 9:12 Sebab pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan-keperluan orang-orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah. 9:13 Dan oleh sebab kamu telah tahan uji dalam pelayanan itu, mereka memuliakan Allah karena ketaatan kamu dalam pengakuan akan Injil Kristus dan karena kemurahan hatimu dalam membagikan segala sesuatu dengan mereka dan dengan semua orang, 9:14 sedangkan di dalam doa mereka, mereka juga merindukan kamu oleh karena kasih karunia Allah yang melimpah di atas kamu. 9:15 Syukur kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu!
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Akhaya a Roman province located in Greece along the south coast of the Gulf of Corinth
 · Makedonia a Roman province north of Greece which included 10 Roman colonies (IBD),citizens of the province of Macedonia


Topik/Tema Kamus: Derma, Kedermawanan | Orang Miskin | Ucap, Ucapan Syukur | Benar, Kebenaran Rohani | Kasih Karunia | Sifat Orang-Orang Kudus | Benih | Utusan Injil | Gairah Semangat Yang Besar | Mulia, Memuliakan Allah | Injil | Kasih, Mengasihi Manusia | Kuasa Allah | Kasih Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Kor 8:1--10:14 - JEMAAT-JEMAAT DI MAKEDONIA. Nas : 2Kor 8:1-9:15 Dua pasal ini berisi petunjuk-petunjuk mengenai pengumpulan persembahan bagi orang percaya yang miskin di Yerusalem. Kata-kata ...

Nas : 2Kor 8:1-9:15

Dua pasal ini berisi petunjuk-petunjuk mengenai pengumpulan persembahan bagi orang percaya yang miskin di Yerusalem. Kata-kata Paulus berisi pengajaran yang paling lengkap tentang pemberian orang Kristen yang tedapat dalam PB. Prinsip-prinsip yang diberikan di sini menjadi pedoman bagi orang percaya dan jemaat sepanjang masa

(lihat cat. --> 2Kor 8:2 berikut).

[atau ref. 2Kor 8:2]

Full Life: 2Kor 9:6 - AKAN MENUAI SEDIKIT JUGA. Nas : 2Kor 9:6 Orang Kristen dapat memberi dengan murah hati atau dengan sedikit; Allah akan memberikan pahala sesuai dengan pemberian mereka (lih....

Nas : 2Kor 9:6

Orang Kristen dapat memberi dengan murah hati atau dengan sedikit; Allah akan memberikan pahala sesuai dengan pemberian mereka (lih. Mat 7:1-2). Bagi Paulus, memberi itu bukan berarti kehilangan, melainkan merupakan semacam tabungan: itu menghasilkan keuntungan besar bagi mereka yang memberi

(lihat cat. --> 2Kor 8:2;

lihat cat. --> 2Kor 9:11).

[atau ref. 2Kor 8:2; 9:11]

Paulus tidak berbicara terutama tentang jumlah pemberian itu, tetapi mengenai mutu dari kerinduan hati dan motivasi kita. Janda yang miskin itu memberi sedikit, tetapi Allah telah menganggapnya banyak karena dibandingkan dengan bagian yang diberikannya dan karena pengabdiannya yang sempurna

(lihat cat. --> Luk 21:1-4;

[atau ref. Luk 21:1-4]

bd. Ams 11:24-25; 19:17; Mat 10:41-42; Luk 6:38).

Full Life: 2Kor 9:8 - MELIMPAHKAN SEGALA KASIH KARUNIA KEPADA KAMU. Nas : 2Kor 9:8 Orang percaya yang memberi menurut kemampuan mereka untuk menolong orang lain yang membutuhkan, akan menemukan bahwa kasih karunia A...

Nas : 2Kor 9:8

Orang percaya yang memberi menurut kemampuan mereka untuk menolong orang lain yang membutuhkan, akan menemukan bahwa kasih karunia Allah mencukupi kebutuhan mereka sendiri, bahkan lebih banyak lagi, supaya mereka berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan (bd. Ef 4:28).

Full Life: 2Kor 9:11 - DIPERKAYA DALAM SEGALA MACAM. Nas : 2Kor 9:11 Supaya kemurahan kita dapat terungkap keluar, maka hati kita harus diperkaya dengan kasih dan belas kasihan yang tulus bagi orang l...

Nas : 2Kor 9:11

Supaya kemurahan kita dapat terungkap keluar, maka hati kita harus diperkaya dengan kasih dan belas kasihan yang tulus bagi orang lain. Hal memberi diri kita ataupun harta milik kita mengakibatkan:

  1. (1) penyediaan kebutuhan bagi saudara-saudara kita yang lebih miskin,
  2. (2) pujian dan ucapan syukur bagi Allah (ayat 2Kor 9:12), dan
  3. (3) kasih yang timbal balik dari mereka yang menerima pertolongan kita (ayat 2Kor 9:14).

Jerusalem: 2Kor 8:1--9:15 - -- Mengenai pengumpulan yang dibicarakan dalam kedua bab ini dan yang oleh Paulus dianggap penting sekali, bdk 1Ko 16:1+.

Mengenai pengumpulan yang dibicarakan dalam kedua bab ini dan yang oleh Paulus dianggap penting sekali, bdk 1Ko 16:1+.

Jerusalem: 2Kor 9:1 - tidak perlu lagi aku menuliskannya Namun demikian Paulus dengan panjang lebar nanti membicarakannya. Dari sebab itu sementara ahli berpendapat bahwa bab 9 merupakan sepucuk surat kecil ...

Namun demikian Paulus dengan panjang lebar nanti membicarakannya. Dari sebab itu sementara ahli berpendapat bahwa bab 9 merupakan sepucuk surat kecil kepada jemaat di Akhaya, yang kemudian disisipkan ke dalam surat kepada jemaat di Korintus sebagai lanjutan dari nasehat-nasehat serupa yang dituliskan Paulus kepada jemaat Korintus itu, yaitu bab 8; bdk Pengantar.

Jerusalem: 2Kor 9:14 - merindukan kamu Paulus melaksanakan apa yang diajarkan dalam 1Ko 13:5. Sebab memanglah sementara anggota jemaat di Yerusalem sangat mempersulit hidup Paulus, Gal 2:4 ...

Paulus melaksanakan apa yang diajarkan dalam 1Ko 13:5. Sebab memanglah sementara anggota jemaat di Yerusalem sangat mempersulit hidup Paulus, Gal 2:4 dst. Dengan mengumpulkan uang bagi jemaat itu Paulus bermaksud antara lain menanggulangi permusuhan dari pihak jemaat itu. Dengan uang yang dikumpulkan terbuktilah rasa hormat dan bakti dari pihak jemaat-jemaat bukan Yahudi terhadap jemaat induk yang pernah menyampaikan kepada mereka (harta-harta) rohani, Rom 15:27.

Jerusalem: 2Kor 9:15 - karuniaNya Karunia itu ialah penebusan.

Karunia itu ialah penebusan.

Ende: 2Kor 9:1 - Tentang hal pelajanan tentang tudjuan dan tjara melaksanakan pendermaan. Tjukup diterangkan dalam suratnja jang pertama: 1Ko 16:1-4.

tentang tudjuan dan tjara melaksanakan pendermaan. Tjukup diterangkan dalam suratnja jang pertama: 1Ko 16:1-4.

Ende: 2Kor 9:2 - -- Paulus pernah memudji umat Korintus didepan orang Masedonia, bagaimana mereka dengan gembira menjambut usul dan adjakan Paulus dan segera mulai melaks...

Paulus pernah memudji umat Korintus didepan orang Masedonia, bagaimana mereka dengan gembira menjambut usul dan adjakan Paulus dan segera mulai melaksanakannja. Tetapi oleh Titus rupanja diberitakan, bahwa kegiatan mereka sudah sangat kendur atau mati. Hal itu mendjadi alasan bagi Paulus mempertjontohkan umat Masedonia kepada umat Korintus, jaitu dalam surat ini 2Ko 8:1-5.

Ende: 2Kor 9:6 - -- Baik bandingkan 2Ko 8:9; Mat 5:7; Luk 6:38.

Baik bandingkan 2Ko 8:9; Mat 5:7; Luk 6:38.

Ende: 2Kor 9:7 - -- Saduran bebas dari Ams 22:8, Bdl. Rom 12:8.

Saduran bebas dari Ams 22:8, Bdl. Rom 12:8.

Ende: 2Kor 9:9 - -- Terambil dari Maz 112:9. Mazmur itu seluruhnja memudji keadilan, kemurahan hati dan tjinta kasih.

Terambil dari Maz 112:9. Mazmur itu seluruhnja memudji keadilan, kemurahan hati dan tjinta kasih.

Ende: 2Kor 9:10 - Memberi kamu benih Benih disini berarti "rahmat" seperti jang dimaksudkan dalam 2Ko 8:1 dan 2Ko 8:4, jaitu kesempatan untuk memberi derma, jang berwudjud rahmat dan meng...

Benih disini berarti "rahmat" seperti jang dimaksudkan dalam 2Ko 8:1 dan 2Ko 8:4, jaitu kesempatan untuk memberi derma, jang berwudjud rahmat dan menghasilkan rahmat. "Buah-buah kebenaran:kebenaran dalam arti kekudusan jang hidup abadi.

Ende: 2Kor 9:11 - Diperkaja dengan rahmat rohani-ataskodrati, tetapi djuga dengan harta djasmani, guna pengamalan selandjutnja. Tudjuan jang terachir ini tetap kemuliaan Allah.

dengan rahmat rohani-ataskodrati, tetapi djuga dengan harta djasmani, guna pengamalan selandjutnja. Tudjuan jang terachir ini tetap kemuliaan Allah.

Ende: 2Kor 9:12 - Kebaktian Sutji Paulus menggunakan istilah "leiturgia", jang berarti pembaktian (ibadat) umum dengan upatjara resmi kepada Allah. Paulus tentu hendak mengesankan, bah...

Paulus menggunakan istilah "leiturgia", jang berarti pembaktian (ibadat) umum dengan upatjara resmi kepada Allah. Paulus tentu hendak mengesankan, bahwa pendermaan seluruh umat bersama sebenarnja merupakan suatu "pengurbanan" kepada Allah.

Ende: 2Kor 9:13-14 - -- Dari kedua ajat ini njata pula, bahwa hasil utama jang diharapkan Paulus dari pendermaan itu ialah suasana saling mengerti dan perasaan kesatuan diant...

Dari kedua ajat ini njata pula, bahwa hasil utama jang diharapkan Paulus dari pendermaan itu ialah suasana saling mengerti dan perasaan kesatuan diantara segala umat dan chususnja dengan umat-induk. Sangat disesalkan Paulus bahwa masih terdapat ketjurigaan dari kalangan orang Jahudi terhadap umat-umat jang tidak bersunat dan tidak menganut hukum Jahudi. Tetapi kalau orang-orang Jahudi menjaksikan pendermaan jang lumajan, mereka akan memudji tjinta-kasih dan rasa persaudaraan umat-umat jang lain, sebagai tjinta-kasih dan sikap penganut Kristus jang sedjati. Mereka akan memudji Allah, seperti mereka pernah berbuat menurut Kis 11:13; 15:3 dan Kis 21:20.

Ende: 2Kor 9:15 - -- Sudah pasti kejakinan Paulus, bahwa segala harapannja itu akan mendjadi kenjataan. Seperti dalam Mar 11:24: Apa sadja jang kamu minta dengan berdoa, p...

Sudah pasti kejakinan Paulus, bahwa segala harapannja itu akan mendjadi kenjataan. Seperti dalam Mar 11:24: Apa sadja jang kamu minta dengan berdoa, pertjajalah bahwa itu sudah kamu terima, maka diberikan kepadamu.

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:1 - Tentang pelayanan // orang-orang kudus // perlu lagi · Tentang pelayanan: Kis 24:17; Kis 24:17 · orang-orang kudus: Kis 9:13; Kis 9:13 · perlu lagi: 1Tes 4:9

· Tentang pelayanan: Kis 24:17; [Lihat FULL. Kis 24:17]

· orang-orang kudus: Kis 9:13; [Lihat FULL. Kis 9:13]

· perlu lagi: 1Tes 4:9

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:2 - kerelaan hatimu // aku megahkan // Akhaya // yang lampau · kerelaan hatimu: 2Kor 8:11,12,19 · aku megahkan: 2Kor 7:4,14; 8:24 · Akhaya: Kis 18:12; Kis 18:12 · yang lampau: 2Kor 8:...

· kerelaan hatimu: 2Kor 8:11,12,19

· aku megahkan: 2Kor 7:4,14; 8:24

· Akhaya: Kis 18:12; [Lihat FULL. Kis 18:12]

· yang lampau: 2Kor 8:10

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:3 - saudara-saudara itu // telah kukatakan · saudara-saudara itu: 2Kor 8:23 · telah kukatakan: 1Kor 16:2

· saudara-saudara itu: 2Kor 8:23

· telah kukatakan: 1Kor 16:2

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:4 - orang-orang Makedonia · orang-orang Makedonia: Rom 15:26

· orang-orang Makedonia: Rom 15:26

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:5 - saudara-saudara itu // sebagai bukti // sebagai pemberian · saudara-saudara itu: 2Kor 9:3 · sebagai bukti: Fili 4:17 · sebagai pemberian: 2Kor 12:17,18

· saudara-saudara itu: 2Kor 9:3

· sebagai bukti: Fili 4:17

· sebagai pemberian: 2Kor 12:17,18

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:6 - menuai banyak · menuai banyak: Ams 11:24,25; 22:9; Gal 6:7,9

· menuai banyak: Ams 11:24,25; 22:9; Gal 6:7,9

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:7 - masing-masing memberikan // karena paksaan // dengan sukacita · masing-masing memberikan: Kel 25:2; 2Kor 8:12 · karena paksaan: Ul 15:10 · dengan sukacita: Rom 12:8

· masing-masing memberikan: Kel 25:2; 2Kor 8:12

· karena paksaan: Ul 15:10

· dengan sukacita: Rom 12:8

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:8 - Allah sanggup // senantiasa berkecukupan · Allah sanggup: Ef 3:20 · senantiasa berkecukupan: Fili 4:19

· Allah sanggup: Ef 3:20

· senantiasa berkecukupan: Fili 4:19

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:9 - Ia memberikan // untuk selamanya · Ia memberikan: Mal 3:10 · untuk selamanya: Mazm 112:9

· Ia memberikan: Mal 3:10

· untuk selamanya: Mazm 112:9

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:10 - untuk dimakan // buah-buah kebenaranmu · untuk dimakan: Yes 55:10 · buah-buah kebenaranmu: Hos 10:12

· untuk dimakan: Yes 55:10

· buah-buah kebenaranmu: Hos 10:12

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:11 - akan diperkaya // kemurahan hati // kepada Allah · akan diperkaya: 1Kor 1:5 · kemurahan hati: 2Kor 9:5 · kepada Allah: 2Kor 1:11; 4:15

· akan diperkaya: 1Kor 1:5

· kemurahan hati: 2Kor 9:5

· kepada Allah: 2Kor 1:11; 4:15

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:12 - mencukupkan keperluan-keperluan // kepada Allah · mencukupkan keperluan-keperluan: 2Kor 8:14 · kepada Allah: 2Kor 1:11; 2Kor 1:11

· mencukupkan keperluan-keperluan: 2Kor 8:14

· kepada Allah: 2Kor 1:11; [Lihat FULL. 2Kor 1:11]

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:13 - pelayanan itu // memuliakan Allah // dalam pengakuan // Injil Kristus // kemurahan hatimu · pelayanan itu: 2Kor 8:4; 2Kor 8:4 · memuliakan Allah: Mat 9:8; Mat 9:8 · dalam pengakuan: Ibr 3:1; Ibr 3:1 · Injil Krist...

· pelayanan itu: 2Kor 8:4; [Lihat FULL. 2Kor 8:4]

· memuliakan Allah: Mat 9:8; [Lihat FULL. Mat 9:8]

· dalam pengakuan: Ibr 3:1; [Lihat FULL. Ibr 3:1]

· Injil Kristus: 2Kor 2:12; [Lihat FULL. 2Kor 2:12]

· kemurahan hatimu: 2Kor 9:5

Ref. Silang FULL: 2Kor 9:15 - kepada Allah // karena karunia-Nya · kepada Allah: 2Kor 2:14; 2Kor 2:14 · karena karunia-Nya: Rom 5:15,16

· kepada Allah: 2Kor 2:14; [Lihat FULL. 2Kor 2:14]

· karena karunia-Nya: Rom 5:15,16

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Kor 9:1 - -- 9:1. Secara harfiah: Mengenai pelayanan (yang adalah) kepada orang-orang kudus, bagi saya tidak perlu (terus-menerus) menulis kepadanya. Sekalipun dem...

9:1. Secara harfiah: Mengenai pelayanan (yang adalah) kepada orang-orang kudus, bagi saya tidak perlu (terus-menerus) menulis kepadanya. Sekalipun demikian, Paulus terus saja menulis.

Wycliffe: 2Kor 9:2 - kerelaan hati, // (sudah siap sejak tahun yang lampau) // kegiatan // perangsang 2. Orang-orang Kristen di Akhaya (termasuk jemaat Korintus) mempunyai ciri khas kerelaan hati, persiapan (sudah siap sejak tahun yang lampau) dan kegi...

2. Orang-orang Kristen di Akhaya (termasuk jemaat Korintus) mempunyai ciri khas kerelaan hati, persiapan (sudah siap sejak tahun yang lampau) dan kegiatan. Kata kerja erethizo yang diterjemahkan dengan perangsang digunakan di sini dalam arti baik - "mendorong." Satu-satunya pemakaiannya di tempat lain dalam Perjanjian Baru (Kol. 3:21) adalah dalam arti jelek - "menjengkelkan, menyakitkan hati" (Arndt).

Wycliffe: 2Kor 9:3 - -- 3. Paulus percaya sepenuhnya bahwa sarana itu perlu untuk mencapai tujuan. Ayat ini mengandung banyak penerapan rohani (bdg. Kis. 27:24, 31).

3. Paulus percaya sepenuhnya bahwa sarana itu perlu untuk mencapai tujuan. Ayat ini mengandung banyak penerapan rohani (bdg. Kis. 27:24, 31).

Wycliffe: 2Kor 9:4 - jangan mereka mendapati kamu belum siap sedia 4. Sebuah kemungkinan yang tidak diinginkan dinyatakan dalam jangan mereka mendapati kamu belum siap sedia (me pos; bdg. pemakaiannya dalam 2:7; 11:3;...

4. Sebuah kemungkinan yang tidak diinginkan dinyatakan dalam jangan mereka mendapati kamu belum siap sedia (me pos; bdg. pemakaiannya dalam 2:7; 11:3; 12:20).

Wycliffe: 2Kor 9:5 - berangkat mendahului aku ... lebih dahulu mengurus dan yang telah kamu janjikan sebelumnya. Yang dipaksakan 5. Penggunaan kata dahulu/sebelum sebanyak tiga kali penting untuk dicatat: berangkat mendahului aku ... lebih dahulu mengurus dan yang telah kamu jan...

5. Penggunaan kata dahulu/sebelum sebanyak tiga kali penting untuk dicatat: berangkat mendahului aku ... lebih dahulu mengurus dan yang telah kamu janjikan sebelumnya. Yang dipaksakan dapat diterjemahkan menjadi "keserakahan, kerakusan, ketamakan, iri hati" (Arndt).

Wycliffe: 2Kor 9:6 - -- 1) Prinsip-prinsip yang Ditarik dari Alam (9:6). Hubungan antara menabur dan menuai terungkap pula di alam rohani, "Barangsiapa menabur berdasarkan b...

1) Prinsip-prinsip yang Ditarik dari Alam (9:6).

Hubungan antara menabur dan menuai terungkap pula di alam rohani, "Barangsiapa menabur berdasarkan berkat, akan menuai juga atas dasar berkat" (Plummer; bdg. Am. 11:24; Luk. 6:38; Gal. 6:7, 8).

Wycliffe: 2Kor 9:7-10 - -- 2) Prinsip-prinsip yang Ditarik dari Sifat Allah (9:7-10). Kita dapat merangkum bagian ini sebagai berikut: (1) orang yang terlibat - masing-masing: ...

2) Prinsip-prinsip yang Ditarik dari Sifat Allah (9:7-10).

Kita dapat merangkum bagian ini sebagai berikut: (1) orang yang terlibat - masing-masing: (2) bagian keterlibatannya - menurut kerelaan hatinya; (3) tempatnya - hatinya: (4) penyimpangan - dengan sedih hati atau karena paksaan: (5) prinsip yang dipakai - sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

Wycliffe: 2Kor 9:8 - segala // Allah // berkecukupan 8. Sangat harfiah: Nah, Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepadamu supaya kamu, karena selalu berkecukupan di dalam segala hati, dapat ra...

8. Sangat harfiah: Nah, Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepadamu supaya kamu, karena selalu berkecukupan di dalam segala hati, dapat rajin berbuat baik. Perhatikan pengulangan kata segala. Tentang Allah lihat Matius 3:9; 10:28; Markus 2:7; Efesus 3:20: Yudas 24. Kata benda berkecukupan (autarkeia) di dalam Perjanjian Baru hanya dipakai dalam I Timotius 6:6 (tetapi Paulus menggunakan bentuk kata sifatnya untuk dirinya di dalam Filipi 4:11). Kata ini, yang dipakai oleh kaum Stoa, melukiskan "keadaan hidup sempurna di mana tidak diperlukan bantuan dan dukungan lagi" (Thayer, lexicon). Kata kesanggupan (hikanotes) dalam II Korintus 3:5 menunjuk kepada "kemampuan atau kecakapan untuk melakukan sesuatu" (Thayer). Kedua istilah ini tidak sama; seseorang mungkin memiliki yang satu tanpa memiliki yang lain.

Wycliffe: 2Kor 9:9 - seperti ada tertulis // Kebenaran 9. Sang rasul memakai susunan seperti ada tertulis sebanyak dua belas kali di dalam surat Roma, dua kali di dalam I Korintus, dan dua kali di dalam su...

9. Sang rasul memakai susunan seperti ada tertulis sebanyak dua belas kali di dalam surat Roma, dua kali di dalam I Korintus, dan dua kali di dalam surat ini (8:15 dan di sini). Dia tidak memakainya di tempat lain. Kutipannya diambil dari Mazmur 112:9 (LXX). Kebenaran yang abadi berhubungan dengan upah dan bukan keselamatan (bdg. II Tim. 4:8, Why. 19:8; 22:11).

Wycliffe: 2Kor 9:10 - (Ia yang menyediakan) // (akan menyediakan ... dan melipatgandakan ... dan menumbuhkan) 10. Pelimpahan alam ini (Ia yang menyediakan) merupakan jaminan dari kelimpahan kasih karunia (akan menyediakan ... dan melipatgandakan ... dan menumb...

10. Pelimpahan alam ini (Ia yang menyediakan) merupakan jaminan dari kelimpahan kasih karunia (akan menyediakan ... dan melipatgandakan ... dan menumbuhkan). Bandingkan Yesaya 55:10; Hosea 10: 12.

Wycliffe: 2Kor 9:11-15 - -- 3) Prinsip-prinsip yang Ditarik dari Sifat Kristen (9:11-15). 11. Prinsip pertama adalah memperkaya kerohanian. Secara harfiah: di dalam segala hal d...

3) Prinsip-prinsip yang Ditarik dari Sifat Kristen (9:11-15).

11. Prinsip pertama adalah memperkaya kerohanian. Secara harfiah: di dalam segala hal diperkaya dengan segala kemurahan (seperti dalam 8:2) sehingga (relatif kualitatif. seperti dalam 8:10) menghasilkan (lihat 4:17) melalui kami ucapan syukur kepada Allah. 12. Prinsip kedua ialah ucapan syukur. Pelayanan di sini (leitourgia; bdg. Pemakaiannya dalam Luk. 1:23; Flp. 2:17, 30; Ibr. 8:6; 9:21) menekankan aspek pelayanan dari sumbangan itu. Kata kerja melimpahkan merupakan terjemahan dari prosanapleroõ yang artinya "memenuhi dengan menambahkan terus" (A. T. Robertson). Memberi untuk memenuhi kebutuhan orang lain meningkatkan syukur kepada Allah.

Wycliffe: 2Kor 9:13 - dalam pelayanan ini // memuliakan Allah karena ketaatan kamu; 13. Prinsip yang ketiga adalah ketaatan. Ujian dalam pelayanan ini menghasilkan dua keuntungan: (1) orang-orang Kristen di Yerusalem akan memuliakan A...

13. Prinsip yang ketiga adalah ketaatan. Ujian dalam pelayanan ini menghasilkan dua keuntungan: (1) orang-orang Kristen di Yerusalem akan memuliakan Allah karena ketaatan kamu; (2) mereka dengan demikian akan mengenal "kesungguhan persekutuanmu" (Charles Hodge, An Exposition of the Second Epistle to the Corinthians) terhadap semua orang percaya.

Wycliffe: 2Kor 9:14 - merindukan // kasih karunia yang melimpah 14. Prinsip keempat adalah doa. Tentang merindukan (epipotheo) lihat 5:2. Untuk memahami kasih karunia yang melimpah (huperballo) baca pemakaian istil...

14. Prinsip keempat adalah doa. Tentang merindukan (epipotheo) lihat 5:2. Untuk memahami kasih karunia yang melimpah (huperballo) baca pemakaian istilah ini di bagian lainnya (3:10, Ef. 1:19; 2:7; 3:19).

Wycliffe: 2Kor 9:15 - -- 15. Prinsip kelima adalah pujian. Di sini kita berhadapan dengan "luapan terima kasih Paulus atas anugerah berupa Putra Allah" (Hodge, op.cit). Bandin...

15. Prinsip kelima adalah pujian. Di sini kita berhadapan dengan "luapan terima kasih Paulus atas anugerah berupa Putra Allah" (Hodge, op.cit). Banding Yohanes 3:16, Roma 6:23.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 2Kor 9:1-5 - Desakan untuk Beramal Dalam pasal ini, Rasul Paulus tampak meminta maaf atas kesungguhannya dalam mendesak jemaat Korintus untuk menjalankan kewajiban beramal (ay. 1-5)...

Matthew Henry: 2Kor 9:6-15 - Desakan untuk Beramal Desakan untuk Beramal (2 Korintus 9:6-15) Dalam perikop ini kita mendapati, I. Petunjuk-petunjuk yang pantas diikuti tentang cara beramal y...

SH: 2Kor 9:1-15 - Memberi dengan sepenuh hati (Sabtu, 16 Juni 2007) Memberi dengan sepenuh hati Jemaat Korintus pernah menyatakan kesiapan mereka untuk membantu jemaat miskin di Yerusalem (2b). Kesiapan mereka mal...

Topik Teologia: 2Kor 9:2 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengekspresikan Moral Kasih Sayang Mereka Mengekspresik...

Topik Teologia: 2Kor 9:7 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah adalah Satu Pribadi Allah Berperasaan Kej 6:6 Kel 20:5-6 Ula ...

Topik Teologia: 2Kor 9:8 - -- Allah yang Berpribadi Allah Meresponi Permohonan dari Umat Manusia Kel 3:7-8 Kel 6:5 Ayu 34:28 Maz 81:11 Maz 91:14-15 Maz 119:2...

Topik Teologia: 2Kor 9:11 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengekspresikan Moral Kasih Sayang Mereka Mengekspresik...

Topik Teologia: 2Kor 9:12 - -- Gereja Gereja Menolong Orang Percaya yang Membutuhkan Kis 11:29-30 Rom 15:26-28 2Ko 8:1-5 2Ko 9:12-13 Memberi dalam Gereja Ma...

Topik Teologia: 2Kor 9:13 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengekspresikan Moral Kasih Sayang Mereka Mengekspresik...

Topik Teologia: 2Kor 9:14 - -- Pengudusan Pekerjaan Allah di dalam Pengudusan Kita Pengudusan dan Bapa Pemeliharaan Allah bagi Kehidupan yang Suci Alla...

Topik Teologia: 2Kor 9:15 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Pemberian Allah Yoh 4:10 2Ko 9:15 Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kemuliaan Melalui Penderitaan Tanggal Penulisan: Tahun 55/56 Latar Belakang Paulus menulis surat kirim...

Full Life: 2 Korintus (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (2Kor 1:1-11) I. Pembelaan Paulus Demi Kepentingan Mayoritas Jemaat yang Setia (2Kor 1:12-7:16) ...

Matthew Henry: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Dalam suratnya yang terdahulu, Rasul Paulus sudah menyampaikan niatnya untuk datang ke Korintus, sesudah ia melintasi Makedonia (1Kor. 16:5). Akan ...

Jerusalem: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT KEDUA RASUL PAULUS KEPADA UMAT KORINTUS KATA PENGANTAR Surat kedua kepada umat Korintus ditulis Paulus kira-kira dua tahun kemudian dari jang pe...

Wycliffe: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 KORINTUS Alasan Penulisan. Masalah-masalah utama mengenai hubungan Paulus dengan jemaat di Korintus telah dibahas dengan lebih rinci di...

Wycliffe: 2 Korintus (Garis Besar) GARIS BESAR 2 KORINTUS I. Tindakan Mendamaikan (1:1-7:16). A. Kesesakan Paulus Terbalas (1:1-7). 1. Salam (1:1...

BIS: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS YANG KEDUA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS PENGANTAR Surat Paulus Yang Kedua Kepada Jemaat di Korintus ditulis pada masa yang sulit dalam hub

SURAT PAULUS YANG KEDUA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS

PENGANTAR

Surat Paulus Yang Kedua Kepada Jemaat di Korintus ditulis pada masa yang sulit dalam hubungan Paulus dengan jemaat itu. Ada anggota-anggota dari jemaat itu yang rupanya telah menyerang Paulus dengan keras, tetapi Paulus menunjukkan bahwa ia ingin sekali berbaik. Ia memperlihatkan kegembiraannya ketika hal itu terjadi.

Dalam bagian pertama suratnya ini Paulus menguraikan tentang hubungannya dengan jemaat di Korintus. Ia menjelaskan di situ mengapa ia mengecam dengan keras perlawanan dan celaan terhadap dirinya yang dilakukan oleh jemaat itu. Setelah mengemukakan hal itu, ia selanjutnya menyatakan kegembiraannya bahwa kecamannya yang keras itu sudah menghasilkan pertobatan dan kerukunan. Kemudian ia mengajak supaya jemaat itu mengumpulkan sumbangan untuk menolong orang-orang Kristen yang hidup berkekurangan di Yudea. Pada pasal-pasal terakhir Paulus mengemukakan pembelaan dirinya mengenai kedudukannya sebagai rasul terhadap beberapa orang di Korintus yang menganggap diri sendiri rasul sejati, dan menuduh Paulus sebagai rasul palsu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    2Kor 1:1-11
  2.  Paulus dan jemaat di Korintus
    2Kor 1:12-7:16
  3.  Sumbangan untuk orang-orang Kristen di Yudea
    2Kor 8:1-9:15
  4.  Pembelaan Paulus mengenai kekuasaannya sebagai rasul
    2Kor 10:1-13:10
  5.  Penutup
    2Kor 13:11-14

Ajaran: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti dan mengetahui wewenang dan kewibawaan kerasulan Rasul Paulus, dan perbedaan hal-hal, rohani dan duniawi.

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti dan mengetahui wewenang dan kewibawaan kerasulan Rasul Paulus, dan perbedaan hal-hal, rohani dan duniawi.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 60 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen (Jemaat) di kota Korintus. (Dan juga semua orang Kristen di dunia).

Isi Kitab: Kitab II Korintus terbagi atas 13 pasal. Kitab ini merupakan kelanjutan dari Kitab I Korintus. Di dalamnya kita dapat melihat kemurnian pelayanan Paulus sebagai Rasul Yesus Kristus.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Korintus

  1. Pasal 1-5 (2Kor 1:1-5:21).

    Pembelaan Rasul Paulus atas kerasulannya

    Bagian ini berisi pembelaan Rasul Paulus tentang ketulusan hatinya dalam melayani Tuhan Yesus, serta membuktikan kerasulannya dan wewenangnya sebagai Rasul Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 1:12. _Tanyakan_: Bagaimanakah hati Rasul Paulus dalam melayani? Dan bagaimanakah pula ketulusan hati Saudara?
    2. Bacalah pasal 2Kor 4:1-5. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap Rasul Paulus tentan Firman Allah yang diberitakannya? Dan bagaimanakah dengan saudara? Apakah yang diterima oleh orang-orang yang tida mau menerima Injil? Apakah isi pemberitaan dari pelayanan Paulus?
  2. Pasal 6-9 (2Kor 6:1-9:15).

    Pengajaran tentang hal-hal rohani dan duniawi

    Pada bagian ini, Rasul Paulus memberikan peringatan-peringatan mengenai campuran hal-hal rohani dengan yang duniawi.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 7:1. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah mengenai pencemaran jasmani dan rohani?
    2. Bacalah pasal 2Kor 9:7-12. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap yang benar dalam memberikan persembahan? Apakah artinya memberikan persembahan? Apakah hasil memberikan persembahan?
  3. Pasal 10-13 (2Kor 10:1-13:14).

    Pengajaran tentang pembelaan Rasul Paulus terhadap tuduhan-tuduhan yang disampaikan kepadanya

    Dalam bagian ini, Rasul Paulus kembali membela dirinya atas tuduhan- tuduhan yang ditujukan kepada dirinya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 11:31. _Tanyakan_: Siapakah yang mengetahui ketulusan hati Rasul Paulus? Apakah ada hal-hal/dosa yang saudara sembunyikan dari Allah?
    2. Bacalah pasal 2Kor 13:7. _Tanyakan_: Apakah yang didoakan Rasul Paulus untuk jemaat?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab II Korintus jelaslah bahwa Paulus adalah Rasul Tuhan Yesus yang sah. Sebab yang memilih dia menjadi Rasul adalah Tuhan Yesus, dan mengenai hal itu ia tidak berdusta. Rasul Paulus juga dalam memberitakan Injil tidak memberitakan dirinya atau mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab II Korintus?
  2. Apakah pengajaran utama dalam Kitab II Korintus?
  3. Bagaimanakah sikap Paulus di dalam pelayanan Firman Allah?
  4. Apakah yang dituduhkan kepada Rasul Paulus?

Intisari: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Sejarah sedih tentang suatu pemberontakan singkat KISAH DI BALIK SURAT INI. Untuk memahami surat ini perlu kita ketahui kisah yang ada di baliknya. P

Sejarah sedih tentang suatu pemberontakan singkat

KISAH DI BALIK SURAT INI.
Untuk memahami surat ini perlu kita ketahui kisah yang ada di baliknya. Pauluslah yang memulai gereja di Korintus (Kis 18:1-17). Paulus menegaskan bahwa ia adalah seorang rasul (1Kor 9:1, perhatikanlah kata-kata pembukaan dalam suratnya yang kedua). Tetapi, rasul-rasul palsu (2Kor 11:12-15) masuk ke Korintus. Rasul-rasul 'super' ini (2Kor 11:5) mengajarkan injil yang berbeda (2Kor 11:12-15) dan menentang wewenang Paulus. Timbullah kekacauan. Nasihat Paulus dalam I Korintus diabaikan. Kemudian Paulus mengadakan kunjungan yang mendukakan ke Korintus (2Kor 2:1). Rupa-rupanya' rasul-rasul yang tak ada taranya' ini hanya menertawakan dia (2Kor 10:10). Paulus meninggalkan Korintus dan kemudian mengirim, Titus ke gereja itu dengan surat yang bernada keras isinya (2Kor 7:5-13). Dan jemaat di Korintus bertobat. Titus membawa berita yang sangat menyenangkan ini kepada Paulus (2Kor 7:6, 7). Surat ini merupakan penjelasan yang menyambung sejarah sedih dari pertikaian yang terjadi.

KAPAN SURAT INI DITULIS.
Kita tahu bahwa Paulus sedang berada di Korintus ketika Galio menjadi gubernur di Akhaya (Kis 18:12) pada tahun 51 atau 52 M. Oleh karena itu, suratnya yang pertama kepada jemaat di Korintus tentu ditulis sekitar tahun 55 M dan suratnya yang kedua kurang lebih setahun kemudian.

JEMAAT KORINTUS DAN TITUS.
Titus sangat dikasihi oleh Paulus (2Ko 2:13; 8:23) dan namanya disebut sembilan kali dalam surat ini. Ia adalah pembawa surat Paulus yang 'keras' itu ke Korintus. Ia turut merasakan keprihatinan Paulus tentang situasi di Korintus, dan kelegaan Paulus ketika jemaat di Korintus bertobat (7:13). Kemudian, ia dikirim kembali ke Korintus untuk membawa surat Paulus yang kedua kepada jemaat Korintus dan untuk menuntaskan pengaturan pengumpulan pemberian bagi orang miskin di Yerusalem (2Ko 8:6).

MENGAPA SURAT INI DITULIS.
Maksud utama surat ini adalah untuk memberitahu jemaat Korintus betapa besar arti perubahan pikiran mereka bagi Paulus. Surat ini juga untuk memperingatkan mereka agar tidak berlaku terlalu keras terhadap orang-orang yang telah menyerangnya (2Ko 2:5-11). Ketiga, Paulus ingin mengulang kembali pengajaran yang telah diberikannya dalam suratnya yang pertama (2Ko 6:14, bandingkan dengan 1Kor 6:15-20). Alasan yang keempat adalah mengenai' para rasul yang tidak ada taranya' yang tidak mau bertobat, yang pada kenyataannya adalah guru-guru palsu dengan injil yang berbeda (2Ko 11:1-6). Kelima, Paulus ingin mengingatkan mereka tentang rencana pengumpulan pemberian untuk membantu orang miskin di Yerusalem. HaI ini juga telah dibicarakannya dalam suratnya yang pertama (1Kor 16: 1-3) dan sekarang ia ingin supaya mereka mengirimkan uang itu melalui Titus (2Ko 9:1-5).

Pesan

Ada dua pokok penting yang dibahas di sini:

1. Hak istimewa dan penderitaan.
Kepemimpinan Kristen seperti yang dilakukan Paulus akan selalu menimbulkan
kesengsaraan, salah pengertian, penderitaan di samping semangat dan sukacita.
Paulus memaparkan tentang penderitaan dalam tujuh pasal yang terpisah dalam
surat ini:
o Hampir putus asa ketika jemaat Korintus menolak dia. 2Ko 1:8-11
o Penderitaan mental saat Paulus menantikan jawaban atas suratnya.2Ko 2:12-17
o Keletihan fisik yang disebabkan oleh konflik batin. 2Ko 4:16-18
o Kesengsaraan karena pertikaian yang tak habis-habisnya dalam membela nama Yesus. 2Ko 6:3-10
o 'Pertengkaran dari luar dan ketakutan dari dalam'. 2Ko 7:5-8
o Kepedihan karena tidak dimengerti dan dituduh dengan tuduhan palsu. 2Ko 11:1-10
o Bermacam-macam penderitaan dari pengabar Injil. 2Ko 11:21-29

2. Kemuliaan (pasal 3-5)
Paulus membuka topik ini dengan menunjuk kepada 'surat pujian' yang ditulis oleh
gereja-gereja untuk memuji jemaat mereka terhadap gereja-gereja lain. Kemudian ia
berbicara mengenai 'surat' Allah yang memberikan pujian bukan di atas sehelai
kertas, melainkan dalam kehidupan (loh hati) pelayan-pelayan-Nya yang sejati.
Ini membawanya kepada Perjanjian Lama yang mengisahkan tentang tulisan Allah di
atas loh batu. Sekarang marilah kita lihat bagaimana perkembangan tema ini:

o Allah sendiri memberi Hukum itu kepada Musa.
o Musa melihat kemuliaan Allah.
o Cahaya terang dan kemuliaan yang luar biasa mengubah Musa, sehingga wajahnya menjadi cemerlang.
o Perubahan ini menakutkan umat ketika mereka melihatnya.
o Oleh karena itu, Musa harus menutupinya dengan 'selubung'.
o Pemandangan itu tentunya indah sekali; tetapi hanya sebentar, cahaya itu pudar karena Musa tidak melihat kemuliaan Allah seperti itu lagi.
o Kristen bertemu dengan Allah setiap hari: oleh karena itu seharusnya cahaya itu tetap ada!
o Namun demikian, kehidupan tidak selalu penuh kemuliaan: ada penderitaan juga.
o Tetapi, jangan putus asa: sebab kematian pun hanya pintu gerbang menuju kemuliaan.
o Tubuh kita bagai sebuah kemah: kematian merupakan keruntuhan terakhir kemah itu.
o Tetapi, semua itu hanya berarti suatu perpindahan: perpindahan ke dalam
o sebuah rumah baru, bukan kemah, tetapi suatu rumah yang tetap.
o Untuk itulah Allah telah menyelamatkan kita.

Penerapan

Kita belajar beberapa hal dari surat ini:o Gereja bukan hanya tempat berkumpulnya antar teman: di dalamnya ada pemimpin-pemimpin.
o Demokrasi dalam gereja harus disertai dengan wewenang dan tanggung jawab.
o Kepemimpinan dalam gereja bukan hanya suatu hak istimewa, tetapi mengundang penderitaan.
o Misi bukan hal yang mudah: orang yang lemah lebih baik meninggalkannya.
o Orang Kristen seharusnya tidak takut pada kematian. Ada kemuliaan dalam kematian, tetapi ada kemuliaan yang lebih besar di balik kematian.

Tema-tema Kunci

1. Penderitaan.
Pelajari dua perikop utama tentang penderitaan dalam pasal 6 dan 11. Berapa banyak dari peristiwa yang diceritakan dalam pasal-pasal ini yang dapat Anda hubungkan dengan biografi Paulus dalam Kisah para Rasul?

2. Kristen dan pelayanan sosial.
Paulus sangat prihatin tentang perlunya gereja-gereja di Asia membantu orang-orang Kristen di Yudea yang sangat menderita akibat kelaparan (Kis. 11:27-30). Pelajari Kis 4:32-5:11 dan 2Kor 8:1-9:15 bersama-sama dengan 1Kor 16:1-4, Rom 15:24-29 dan Kis 24:17 untuk melihat prinsip-prinsip umum apa yang dapat dijadikan pedoman oleh orang Kristen dalam hal memberi. Perhatikan juga perkataan Yesus sendiri mengenai hal ini: Mat 6:1-4.

3. Kematian.
2 Korintus 4:7-5:10 menyangkut masalah kelemahan tubuh manusia dan tidak terluputnya tubuh tersebut dari kematian. Pelajari perikop ini dan bandingkan dengan I Korintus 15:35-58. Kedua perikop tersebut berhubungan dengan 'kemuliaan'. Apakah kemuliaan itu (Kel 24:15-17; Yeh. 1:26-28)? Kemuliaan menantikan kita, mengapa kita masih takut akan kematian? Bagaimana dengan Paulus (2Kor 5:8 dan 2 Tim. 4:6-8)?

4. Wewenang kerasulan.
Pakailah konkordansi untuk mempelajari setiap penjelasan tentang 'para rasul'. Buatlah sebuah daftar dari semua orang yang dipanggil rasul.

Perhatikan secara khusus:
- Yesus (Ibr 3:1)
- kedua belas rasul (Mat 10:2)
- Andronikus (Rom 16:7)
- Paulus (1Kor 1:1)

Kedua belas rasul merupakan suatu kelompok yang unik, yang dipakai untuk menyatakan hubungan antara kedua belas suku Israel dalam Perjanjian Lama dan gereja dalam Perjanjian Baru (Gal 6:16, 'Israel milik Allah').

Apa kesalahan 'para rasul yang hebat' itu, padahal sebenarnya mereka adalah rasul-rasul palsu. (2Kor 11:1-21)?

Garis Besar Intisari: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) [1] RINCIAN PERTIKAIAN 2Ko 1:1-2:17 2Ko 1:1-14Menunggu Titus: betapa Paulus menderita 2Ko 1:15-2:4Menjelaskan ketidakhadirannya 2Ko 2:5-11'Ampu

[1] RINCIAN PERTIKAIAN 2Ko 1:1-2:17

2Ko 1:1-14Menunggu Titus: betapa Paulus menderita
2Ko 1:15-2:4Menjelaskan ketidakhadirannya
2Ko 2:5-11'Ampuni lawan-lawan saya'
2Ko 2:12-17Titus telah tiba: betapa Paulus bersukacita

[2] KEMULIAAN PERJANJIAN BARU 2Ko 3:1-5:21

2Ko 3:1-6Roh yang dari Allah dan hati manusia
2Ko 3:7-18Kemuliaan Injil yang lebih besar
2Ko 4:1-6Kemuliaan yang tersembunyi dari mereka yang terhilang
2Ko 4:7-18Kemuliaan tersembunyi oleh penderitaan
2Ko 5:1-10Kematian:pintu gerbang menuju kemuliaan
2Ko 5:11-21Kemuliaan yang akan datang dan perbuatan masa kini

[3] KESELAMATAN DAN TINGKAH LAKU 2Ko 6:1-7:1

2Ko 6:1-10Tingkah laku Kristen: suatu kesaksian
2Ko 6:11:1Tingkah laku Kristen: suatu imbauan

[4] BILA ORANG KRISTEN BERTIKAI 2Ko 7:2-16

2Ko 7:2-4Pertentangan tanpa sebab
2Ko 7:5-13a Penderitaan akibat pertentangan antara Kristen
2Ko 7:13b-2Ko 7:16 Kelegaan akibat perdamaian!

[5] MENGENAI UANG 2Ko 8:1-9:15

2Ko 8:1-7Memberi: contoh dari Makedonia
2Ko 8:8-15Memberi: sekarang bagaimana dengan Anda?
2Ko 8:16-9:5Beberapa pengaturan praktis
2Ko 9:6-15Memberi: suatu prinsip rohani

[6] DISIPLIN GEREJA DAN WEWENANG KERASULAN 2Ko 10:1-12:13

2Ko 10:1-6Disiplin: suatu keharusan rohani
2Ko 10:7-12Disiplin dari jarak jauh
2Ko 10:13-18Hak seorang misionaris untuk mendisiplin
2Ko 11:1-15Teladan seorang misionaris dalam disiplin diri
2Ko 11:16-33'Kelemahan' kerasulan
2Ko 12:1-10Hak istimewa kerasulan
2Ko 12:11-13'Sekarang saling memberi penilaian'

[7] KESIMPULAN 2Ko 12:14-13:14

2Ko 12:14-21Saya akan datang: dalam kasih
2Ko 13:1-4Saya akan datang: untuk menghakimi
2Ko 13:5-10Ujilah dirimu masing-masing... maka aku tidak perlu menguji engkau
2Ko 13:11-14Salam
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.77 detik
dipersembahkan oleh YLSA