kecilkan semua  

Teks -- 2 Korintus 7:1-16 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
7:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari semua pencemaran jasmani dan rohani, dan dengan demikian menyempurnakan kekudusan kita dalam takut akan Allah.
Sukacita sesudah dukacita
7:2 Berilah tempat bagi kami di dalam hati kamu! Kami tidak pernah berbuat salah terhadap seorangpun, tidak seorangpun yang kami rugikan, dan tidak dari seorangpun kami cari untung. 7:3 Aku berkata demikian, bukan untuk menjatuhkan hukuman atas kamu, sebab tadi telah aku katakan, bahwa kamu telah beroleh tempat di dalam hati kami, sehingga kita sehidup semati. 7:4 Aku sangat berterus terang terhadap kamu; tetapi aku juga sangat memegahkan kamu. Dalam segala penderitaan kami aku sangat terhibur dan sukacitaku melimpah-limpah. 7:5 Bahkan ketika kami tiba di Makedonia, kami tidak beroleh ketenangan bagi tubuh kami. Di mana-mana kami mengalami kesusahan: dari luar pertengkaran dan dari dalam ketakutan. 7:6 Tetapi Allah, yang menghiburkan orang yang rendah hati, telah menghiburkan kami dengan kedatangan Titus. 7:7 Bukan hanya oleh kedatangannya saja, tetapi juga oleh penghiburan yang dinikmatinya di tengah-tengah kamu. Karena ia telah memberitahukan kepada kami tentang kerinduanmu, keluhanmu, kesungguhanmu untuk membela aku, sehingga makin bertambahlah sukacitaku. 7:8 Jadi meskipun aku telah menyedihkan hatimu dengan suratku itu, namun aku tidak menyesalkannya. Memang pernah aku menyesalkannya, karena aku lihat, bahwa surat itu menyedihkan hatimu -- kendatipun untuk seketika saja lamanya --, 7:9 namun sekarang aku bersukacita, bukan karena kamu telah berdukacita, melainkan karena dukacitamu membuat kamu bertobat. Sebab dukacitamu itu adalah menurut kehendak Allah, sehingga kamu sedikitpun tidak dirugikan oleh karena kami. 7:10 Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan, tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan kematian. 7:11 Sebab perhatikanlah betapa justru dukacita yang menurut kehendak Allah itu mengerjakan pada kamu kesungguhan yang besar, bahkan pembelaan diri, kejengkelan, ketakutan, kerinduan, kegiatan, penghukuman! Di dalam semuanya itu kamu telah membuktikan, bahwa kamu tidak bersalah di dalam perkara itu. 7:12 Sebab itu, jika aku telah menulis surat kepada kamu, maka bukanlah oleh karena orang yang berbuat salah, atau oleh karena orang yang menderita perbuatan salah, melainkan supaya kerelaanmu terhadap kami menjadi nyata bagi kamu di hadapan Allah. 7:13 Sebab itulah kami menjadi terhibur. Dan selain penghiburan yang kami peroleh itu, kami lebih lagi bersukacita oleh karena sukacita Titus, sebab kamu semua menyegarkan hatinya. 7:14 Aku memegahkan kamu kepadanya, dan kamu tidak mengecewakan aku. Kami senantiasa mengatakan apa yang benar kepada kamu, demikian juga kemegahan kami di hadapan Titus sudah ternyata benar. 7:15 Dan kasihnya bertambah besar terhadap kamu, apabila ia mengingat ketaatan kamu semua, bagaimana kamu menyambut kedatangannya dengan takut dan gentar. 7:16 Aku bersukacita, sebab aku dapat menaruh kepercayaan kepada kamu dalam segala hal.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Makedonia a Roman province north of Greece which included 10 Roman colonies (IBD),citizens of the province of Macedonia
 · Titus a Christian Greek man who accompanied Paul and was left in Crete to settle the churches there


Topik/Tema Kamus: Titus | Kasih Sayang Atau Cinta Kasih | Tobat, Pertobatan | Perang, Peperangan Orang-Orang Kudus | Gembala, Surat-Surat ~G/Pastoral) | Gairah Semangat Yang Besar | Selamat, Keselamatan | Sukacita | Tingkah Laku Kristen | Takut Akan Allah | Orang Kudus Yang Menderita | Sempurna, Kesempurnaan | Janji Allah | Anak Angkat | Taat | Kematian | Benar Kebenaran | Berani, Keberanian Yang Suci | Hamba Tuhan | Hak Istimewa Dari Orang-Orang Kudus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Kor 7:1 - KARENA KITA SEKARANG MEMILIKI JANJI-JANJI ITU. Nas : 2Kor 7:1 Paulus dengan terang menjelaskan bahwa orang tidak dapat menerima janji-janji karunia Allah yang terdaftar dalam 2Kor 6:16-18 tanpa ...

Nas : 2Kor 7:1

Paulus dengan terang menjelaskan bahwa orang tidak dapat menerima janji-janji karunia Allah yang terdaftar dalam 2Kor 6:16-18 tanpa memiliki kehidupan yang terpisah dan kudus

(lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).

Hal ini menerangkan mengapa ada orang yang telah kehilangan sukacita Kristennya (Yoh 15:11), perlindungan ilahi (Yoh 17:12,14-15), jawaban doa (Yoh 15:7,16) dan rasa kehadiran Allah sebagai Bapa (Yoh 14:21,23). Berkompromi dengan dunia berarti kehilangan kehadiran dan janji Allah.

Full Life: 2Kor 7:1 - MARILAH KITA MENYUCIKAN DIRI KITA. Nas : 2Kor 7:1 Orang percaya harus memutuskan hubungan sama sekali dengan setiap bentuk kompromi yang tidak saleh dan secara terus-menerus menolak ...

Nas : 2Kor 7:1

Orang percaya harus memutuskan hubungan sama sekali dengan setiap bentuk kompromi yang tidak saleh dan secara terus-menerus menolak keinginan tubuh untuk berbuat dosa. Kita harus mematikan perbuatan kita yang berdosa, makin membencinya dan menjauhkan diri daripadanya (ayat 2Kor 7:9-11; Rom 8:12-13; Gal 5:16).

Full Life: 2Kor 7:5 - KESUSAHAN ... KETAKUTAN. Nas : 2Kor 7:5 Sekali lagi perkataan dan pengalaman Paulus mengingatkan kita bahwa persoalan dari luar dan ketakutan di dalam diri dapat menjadi pe...

Nas : 2Kor 7:5

Sekali lagi perkataan dan pengalaman Paulus mengingatkan kita bahwa persoalan dari luar dan ketakutan di dalam diri dapat menjadi pengalaman yang nyata dari orang percaya yang sungguh menyerahkan diri.

Full Life: 2Kor 7:6 - MENGHIBURKAN ORANG YANG RENDAH HATI. Nas : 2Kor 7:6 Sebagai Allah yang penuh belas kasihan dan penghiburan (2Kor 1:3), maka adalah sifat-Nya untuk menghibur orang yang merasa tertekan ...

Nas : 2Kor 7:6

Sebagai Allah yang penuh belas kasihan dan penghiburan (2Kor 1:3), maka adalah sifat-Nya untuk menghibur orang yang merasa tertekan atau susah. Bahkan, semakin banyak kita menderita, maka semakin besar pula penghiburan dan dekatnya Kristus dalam kehidupan kita. Perhatikanlah bahwa melalui perantaraan Titus, Allah menghibur Paulus. Kita harus selalu peka terhadap tuntunan Roh Kudus untuk menghibur orang yang membutuhkan bantuan.

Full Life: 2Kor 7:10 - DUKACITA MENURUT KEHENDAK ALLAH ... DUKACITA YANG DARI DUNIA INI. Nas : 2Kor 7:10 Di sini Paulus mengemukakan dua macam dukacita. 1) Ada dukacita yang sungguh karena dosa yang menghasilkan pertobatan, yait...

Nas : 2Kor 7:10

Di sini Paulus mengemukakan dua macam dukacita.

  1. 1) Ada dukacita yang sungguh karena dosa yang menghasilkan pertobatan, yaitu suatu perubahan hati yang menyebabkan kita berbalik dari dosa kepada Allah. Pertobatan semacam ini membawa keselamatan. Bagi Paulus, pertobatan dari dosa dan iman dalam Kristus merupakan tanggung jawab manusia dalam keselamatan

    (lihat cat. --> Mat 3:2).

    [atau ref. Mat 3:2]

  2. 2) Sebaliknya, orang yang tidak bertobat sering menyesal hanya karena akibat dosa mereka saja; dukacita sedemikian mengakibatkan kematian dan hukuman kekal (Mat 13:42,50; 25:30; Rom 6:23).

Jerusalem: 2Kor 2:14--7:4 - -- Bagian ini menyimpang dari jalan pikiran mengenai beberapa peristiwa yang dialami Paulus, 2Ko 2:13, diteruskan dalam 2Ko 7:5. Bagian 2Ko 2:14-7:4 meng...

Bagian ini menyimpang dari jalan pikiran mengenai beberapa peristiwa yang dialami Paulus, 2Ko 2:13, diteruskan dalam 2Ko 7:5. Bagian 2Ko 2:14-7:4 menguraikan tentang karya kerasulan.

Jerusalem: 2Kor 6:14--7:1 - -- Bagian ini berupa sebuah peringatan terhadap tata-cara kafir yang menyusup ke dalam jemaat dan yang dapat memecah-mecahkan jemaat dan memutuskan hubun...

Bagian ini berupa sebuah peringatan terhadap tata-cara kafir yang menyusup ke dalam jemaat dan yang dapat memecah-mecahkan jemaat dan memutuskan hubungan jemaat dengan pendirinya. Bagian ini sedikit banyak memutuskan jalan pemikiran, bdk Pengantar.

Jerusalem: 2Kor 7:2 - Berilah tempat bagi kamu di dalam hati kamu Harafiah: Berilah kami tempat. Ini juga dapat berarti: Hendaklah mengerti kami.

Harafiah: Berilah kami tempat. Ini juga dapat berarti: Hendaklah mengerti kami.

Jerusalem: 2Kor 7:5 - bagi tubuh kami Harafiah: bagi daging kami. Maksudnya ialah diri Paulus sendiri ditinjau dari segi kelemahannya, bdk Rom 7:5+.

Harafiah: bagi daging kami. Maksudnya ialah diri Paulus sendiri ditinjau dari segi kelemahannya, bdk Rom 7:5+.

Jerusalem: 2Kor 7:8 - suratku itu Surat ini surat yang disebutkan juga dalam 2Ko 2:4, bdk 2Ko 2:3+; lihat Pengantar.

Surat ini surat yang disebutkan juga dalam 2Ko 2:4, bdk 2Ko 2:3+; lihat Pengantar.

Jerusalem: 2Kor 7:11 - -- Paulus menggambarkan reaksi-reaksi baik dalam sikap maupun dalam kelakuan jemaat di Korintus terhadap diri Paulus dan terhadap orang yang bersalah itu...

Paulus menggambarkan reaksi-reaksi baik dalam sikap maupun dalam kelakuan jemaat di Korintus terhadap diri Paulus dan terhadap orang yang bersalah itu sebagaimana yang dihasilkan "surat kerasnya" tadi 2Ko 7:8, bdk 2Ko 2:5-8.

Jerusalem: 2Kor 7:12 - orang yang menderita perbuatan salah Orang itu kiranya seorang utusan Paulus. Tentang orang yang berbuat salah, 2Ko 2:6+, tentang utusan Paulus dan kesalahan itu kita tidak tahu apa-apa.

Orang itu kiranya seorang utusan Paulus. Tentang orang yang berbuat salah, 2Ko 2:6+, tentang utusan Paulus dan kesalahan itu kita tidak tahu apa-apa.

Ende: 2Kor 6:14--7:1 - -- Enam ajat ini merupakan suatu sisipan jang memutuskan arus tjetusan-tjetusan Paulus. Ia rupanja tiba-tiba ingat bahwa kekudusan umat (2Ko 6:1) masih d...

Enam ajat ini merupakan suatu sisipan jang memutuskan arus tjetusan-tjetusan Paulus. Ia rupanja tiba-tiba ingat bahwa kekudusan umat (2Ko 6:1) masih djauh dari sempurna.

Ende: 2Kor 7:1 - -- Ajat ini merupakan suatu kesimpulan dari seluruh bab VI.

Ajat ini merupakan suatu kesimpulan dari seluruh bab VI.

Ende: 2Kor 7:2 - -- Atjara jang terputus oleh 2Ko 6:14 tadi dilandjutkan.

Atjara jang terputus oleh 2Ko 6:14 tadi dilandjutkan.

Ende: 2Kor 7:7 - Kerinduan jaitu akan bakal kedatangan Paulus.

jaitu akan bakal kedatangan Paulus.

Ende: 2Kor 7:7 - Penjesalan atas sikap mereka terhadap Paulus.

atas sikap mereka terhadap Paulus.

Ende: 2Kor 7:11 - Pembelaan diri mereka berdalih-dalih, tetapi dalam pada itu menundjukkan keinsjafan akan kesalahan mereka.

mereka berdalih-dalih, tetapi dalam pada itu menundjukkan keinsjafan akan kesalahan mereka.

Ende: 2Kor 7:11 - Kedjengkelan Tentu terhadap kedjahatan orang-orang tertentu. Ingatlah 2Ko 2:5-8

Tentu terhadap kedjahatan orang-orang tertentu. Ingatlah 2Ko 2:5-8

Ende: 2Kor 7:12 - -- Bdl. 2Ko 2:9

Bdl. 2Ko 2:9

Ende: 2Kor 7:15 - Takut dan gentar Suatu ungkapan berlebih-lebihan jang lazim, dan disini berarti bahwa umat telah menerima Titus dengan chidmat dan patuh sebagai utusan Paulus.

Suatu ungkapan berlebih-lebihan jang lazim, dan disini berarti bahwa umat telah menerima Titus dengan chidmat dan patuh sebagai utusan Paulus.

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:1 - Saudara-saudaraku // janji-janji itu // menyempurnakan kekudusan · Saudara-saudaraku: 1Kor 10:14; 1Kor 10:14 · janji-janji itu: 2Kor 6:17,18 · menyempurnakan kekudusan: 1Tes 4:7; 1Pet 1:15,16

· Saudara-saudaraku: 1Kor 10:14; [Lihat FULL. 1Kor 10:14]

· janji-janji itu: 2Kor 6:17,18

· menyempurnakan kekudusan: 1Tes 4:7; 1Pet 1:15,16

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:2 - hati kamu · hati kamu: 2Kor 6:12,13

· hati kamu: 2Kor 6:12,13

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:3 - hati kami · hati kami: 2Kor 6:11,12; Fili 1:7

· hati kami: 2Kor 6:11,12; Fili 1:7

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:4 - memegahkan kamu // sangat terhibur // sukacitaku melimpah-limpah · memegahkan kamu: 2Kor 7:14; 2Kor 8:24 · sangat terhibur: 2Kor 7:13 · sukacitaku melimpah-limpah: 2Kor 6:10; 2Kor 6:10

· memegahkan kamu: 2Kor 7:14; 2Kor 8:24

· sangat terhibur: 2Kor 7:13

· sukacitaku melimpah-limpah: 2Kor 6:10; [Lihat FULL. 2Kor 6:10]

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:5 - di Makedonia // Di mana-mana // dari dalam · di Makedonia: 2Kor 2:13; Kis 16:9; Kis 16:9 · Di mana-mana: 2Kor 4:8 · dari dalam: Ul 32:25

· di Makedonia: 2Kor 2:13; Kis 16:9; [Lihat FULL. Kis 16:9]

· Di mana-mana: 2Kor 4:8

· dari dalam: Ul 32:25

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:6 - rendah hati // kedatangan Titus · rendah hati: 2Kor 1:3,4 · kedatangan Titus: 2Kor 7:13; 2Kor 2:13; 2Kor 2:13

· rendah hati: 2Kor 1:3,4

· kedatangan Titus: 2Kor 7:13; 2Kor 2:13; [Lihat FULL. 2Kor 2:13]

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:8 - dengan suratku · dengan suratku: 2Kor 2:2,4

· dengan suratku: 2Kor 2:2,4

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:10 - membawa keselamatan · membawa keselamatan: Kis 11:18

· membawa keselamatan: Kis 11:18

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:11 - kerinduan, kegiatan · kerinduan, kegiatan: 2Kor 7:7

· kerinduan, kegiatan: 2Kor 7:7

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:12 - kepada kamu // berbuat salah · kepada kamu: 2Kor 7:8; 2Kor 2:3,9 · berbuat salah: 1Kor 5:1,2

· kepada kamu: 2Kor 7:8; 2Kor 2:3,9

· berbuat salah: 1Kor 5:1,2

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:13 - sukacita Titus · sukacita Titus: 2Kor 7:6; 2Kor 2:13; 2Kor 2:13

· sukacita Titus: 2Kor 7:6; 2Kor 2:13; [Lihat FULL. 2Kor 2:13]

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:14 - memegahkan kamu // hadapan Titus · memegahkan kamu: 2Kor 7:4 · hadapan Titus: 2Kor 7:6

· memegahkan kamu: 2Kor 7:4

· hadapan Titus: 2Kor 7:6

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:15 - mengingat ketaatan // dan gentar · mengingat ketaatan: 2Kor 2:9; 10:6 · dan gentar: Mazm 55:6; 1Kor 2:3; Fili 2:12

· mengingat ketaatan: 2Kor 2:9; 10:6

· dan gentar: Mazm 55:6; 1Kor 2:3; Fili 2:12

Ref. Silang FULL: 2Kor 7:16 - kepada kamu · kepada kamu: 2Kor 2:3; 2Kor 2:3

· kepada kamu: 2Kor 2:3; [Lihat FULL. 2Kor 2:3]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Kor 6:17--7:1 - -- 3) Sintesis: Taatlah dan Hidup (6:17-7:1). 17. Sebab itu (dio) senantiasa mengawali sebuah kesimpulan (seperti dalam 2:8; 4:13, 16; 5:9, 12:10). Peri...

3) Sintesis: Taatlah dan Hidup (6:17-7:1).

17. Sebab itu (dio) senantiasa mengawali sebuah kesimpulan (seperti dalam 2:8; 4:13, 16; 5:9, 12:10). Perintah dalam bentuk aoris dalam keluarlah ... pisahkanlah ... janganlah menjamah menggarisbawahi mendesak dan menentukannya tindakan yang dimaksud. Yang dikutip adalah Yesaya 52:11 (bdg. Why. 18:4). Jenis kelamin dari najis tidak jelas, bisa maskulin bisa pula netral. Tentang pemisahan diri dari yang jahat lihat Roma 13:11-14; Efesus 5:3-14; I Petrus 2:9-12; 4:1-5; I Yohanes 2:15-17. Aku akan menerima kamu mengawali janji pertama dari tiga janji (bdg. Yeh. 20:34). Allah tidak mungkin dengan penuh kasih menjamu orang-orang yang dengan sadar dan rela terlibat di dalam kejahatan. 18. Dua janji yang dikutip di dalam ayat ini (berlandaskan pada nas-nas seperti II Sam. 7:8, 14; Yes. 43:6; Hos. 1:10) melukiskan bagaimana janji-janji yang semula diperuntukkan bagi bangsa Israel sekarang diperuntukkan bagi orang-orang Kristen. Untuk ilustrasi selanjutnya mengenai prinsip ini bandingkan Keluaran 19:5 dengan I Petrus 5:9, 10; Hosea 1:10 dengan Roma 9:25; Yeremia 31:31-34 dengan Ibrani 8:8-12.

Wycliffe: 2Kor 7:1 - Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu // itu // janji-janji // Marilah kita menyucikan diri // menyempurnakan kekudusan, // takut 7:1. Di sini disajikan kesimpulan dari khotbah pendek sang rasul (6::11-7:1). Dia memberikan penyebab, perintah dan akibatnya. Saudara-saudaraku yang ...

7:1. Di sini disajikan kesimpulan dari khotbah pendek sang rasul (6::11-7:1). Dia memberikan penyebab, perintah dan akibatnya. Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu mengemukakan penyebab. Kata itu cukup tegas di dalam bahasa aslinya - janji-janji yang baru saja disebutkan. Marilah kita menyucikan diri. Bentuk waktu aoris menjadikan tindakan ini mutlak menentukan dan final (bdg. I Kor. 6:11). Tentang "menyucikan diri" lihat Ibrani 9:14; I Yohanes 1:7, 9; lihat juga Efesus 5:26; Titus 2:14. Kesimpulannya, menyempurnakan kekudusan, menekankan kenyataan bahwa proses ini sifatnya berkesinambungan; sebab epiteleo, "menyempurnakan, menyelesaikan, melaksanakan" (Arndt) di sini digunakan dengan memakai waktu sekarang. Tentang takut di dalam kehidupan orang percaya, lihat Kisah Para Rasul 9:31; Efesus 5:21; Filipi 2:12; I Timotius 5:20: I Petrus 1:17; 3:15.

Wycliffe: 2Kor 7:2-4 - -- 1) Penghargaan Tinggi Paulus Kepada Jemaat di Korintus (7:2-4). 2. Dengarlah permohonan sang rasul, "Berilah tempat bagi kami" (demikian bahasa Yunan...

1) Penghargaan Tinggi Paulus Kepada Jemaat di Korintus (7:2-4).

2. Dengarlah permohonan sang rasul, "Berilah tempat bagi kami" (demikian bahasa Yunaninya). Buanglah seluruh kejengkelan dan kemarahanmu yang picik; berilah tempat bagi kami di dalam hati kamu. Dengarlah protesnya, "Kami tidak pernah berbuat salah terhadap seorang pun: tidak seorang pun yang kami rugikan: dan tidak dari seorang pun kami cari untung" (demikian bahasa Yunani asli lengkap dengan urutan dan keterangan waktunya). Bandingkan I Samuel 12:3. Paulus hidup dengan "bijaksana, adil dan beribadah" (Tit. 2:12) di antara mereka. Tidak ada yang dapat menuduhnya kurang bermoral. 3. Kata tadi mengingatkan kita kepada 6:11-13. Di sini tersembunyi tiga hal: (1) maksud Paulus - "Kamu telah beroleh tempat di dalam pati kami sehingga - eis to - kita sehidup semati"; (2) kesatuan yang tidak terpisahkan antara Paulus dengan jemaat yang dimenangkan olehnya - sehidup semati; (3) prioritas dari "mati" terhadap "hidup." (Dalam Alkitab Indonesia Terjemahan Lama anak kalimat terakhir itu berbunyi, "akan mati bersama-sama dan hidup bersama-sama".) Menempatkan "mati" sebelum hidup" bisa berarti mengajarkan kepada kita bahwa orang harus "mati" dahulu sebelum dapat hidup (bdg. Yoh. 12:24; Rm. 6:1-14) atau, yang sama-sama mungkin, bahwa kematian jasmaniah mendahului hidup kekal di dalam kemuliaan (bdg. Yoh. 11:25, 26; Ibr. 9:27, 28).

Wycliffe: 2Kor 7:4 - sangat berterus terang // sangat memegahkan kamu // aku sangat terhibur // sukacitaku melimpah-limpah // terhibur // melimpah-limpah // penderitaan, 4. Sikap objektif Paulus terungkap di dalam kata sangat berterus terang (lihat 3:12) dan sangat memegahkan kamu (lihat 1:12): sikap subjektifnya terun...

4. Sikap objektif Paulus terungkap di dalam kata sangat berterus terang (lihat 3:12) dan sangat memegahkan kamu (lihat 1:12): sikap subjektifnya terungkap di dalam ungkapan aku sangat terhibur dan sukacitaku melimpah-limpah. Kata terhibur (bentuk waktu perfect) telah menjadi keadaan yang tetap: dan melimpah-limpah (bentuk waktu sekarang) berarti sungai yang senantiasa mengalir. Tentang sukacita di tengah-tengah penderitaan, lihat II Korintus 1:4: bandingkan Matius 5:12; Roma 5:3; Yakobus 1:2, 3.

Wycliffe: 2Kor 7:5-16 - -- 2) Alasannya (7:5-16). 5. Ayat 5-7 menyajikan alasan pertama Paulus: sikap mereka terhadap dirinya. "Penderitaan"-nya (7:4) yang dialami sebelumnya d...

2) Alasannya (7:5-16).

5. Ayat 5-7 menyajikan alasan pertama Paulus: sikap mereka terhadap dirinya. "Penderitaan"-nya (7:4) yang dialami sebelumnya di Efesus (1:8) dan Troas (2:12, 13), mengikutinya hingga tiba di Makedonia. Penderitaan itu sifatnya bertubi-tubi (kami tidak beroleh ketenangan), dari semua sisi (di mana-mana), datang dari luar (dari luar dan dari dalam (dari dalam). 6. Apakah yang dimaksud dengan tapeinos (rendah hati)? Pemakaian di bagian Perjanjian Baru lainnya (bdg. 10:1; Mat. 11:29; Luk 1:52; Rm. 12:16; Yak. 1:9; 4:6; I Ptr. 5:5) menunjukkan bahwa yang dimaksud adalah "berkedudukan rendah, miskin, tingkat rendahan, tidak diperhitungkan" (Arndt). Kata kedatangan (paroussia) berarti "tibanya" dan juga "kehadiran". Sering kali yang dimaksudkan adalah Kedatangan Yesus Kedua Kali (mis: I Tes. 2:19, 3:13; 4:15, 5:23). 7. Tingkat ungkapan - kerinduan, keluhanmu dan kesungguhanmu untuk membela aku - mengemukakan sukacita Paulus yang bangkit kembali karena kedatangan Titus.

Wycliffe: 2Kor 7:8 - menyesalkannya // menyedihkan hatimu // surat // surat itu menyedihkan hatimu - kendatipun untuk seketika saja lamanya. 9 // bukan karena kamu telah berdukacita // melainkan karena dukacitamu membuat kamu bertobat; // dukacitamu itu adalah menurut kehendak Allah // sehingga kamu sedikitpun tidak dirugikan oleh karena kami // tidak dirugikan 8. Ayat 8-12 menyajikan alasan kedua Paulus: Tanggapan mereka terhadap surat yang ia kirimkan kepada mereka. Empat masalah dalam 7:8 memerlukan sediki...

8. Ayat 8-12 menyajikan alasan kedua Paulus: Tanggapan mereka terhadap surat yang ia kirimkan kepada mereka. Empat masalah dalam 7:8 memerlukan sedikit penjelasan: (1) terjemahan baru LAI dengan tepat menerjemahkan metamelomai dengan menyesalkannya. (2) Kata kerja menyedihkan hatimu (lupeo) artinya "mendukakan, melukai" (Arndt). Kata ini tidak harus mengandung arti bersedih karena kesalahan moral. (3) Sebagian penafsir beranggapan bahwa surat yang dimaksudkan adalah suatu "surat teguran keras" yang hilang; sedangkan penafsir yang lain beranggapan bahwa yang dimaksud adalah surat I Korintus. Masukan yang ada tidak mendukung adanya keputusan yang dogmatis tentang soal ini. (4) Jika yang dimaksudkan adalah I Korintus, maka pengilhaman Paulus sama sekali tidak tercemar dengan menyatakan bahwa, secara manusia, surat itu menyedihkan hatimu - kendatipun untuk seketika saja lamanya. 9. Sukacita Paulus ada sini negatifnya - bukan karena kamu telah berdukacita: dan juga sisi positifnya - melainkan karena dukacitamu membuat kamu bertobat; alasan yang mendasarinya - sebab dukacitamu itu adalah menurut kehendak Allah: dan suatu tujuan akhir - sehingga kamu sedikitpun tidak dirugikan oleh karena kami. Yang dimaksudkan dengan tidak dirugikan oleh Paulus ialah kerugian abadi yang mungkin disebabkan oleh kurang tanggung jawab dan kelonggaran di pihaknya (bdg. I Kor. 3:15; Flp. 3:8).

Wycliffe: 2Kor 7:10 - menurut kehendak Allah // dari dunia ini; // keselamatan // kematian; // menghasilkan, 10. Perhatikan berbagai kontras: (1) menurut kehendak Allah dan yang dari dunia ini; (2) keselamatan dan kematian; (maksudnya: kematian kedua - Why. 2...

10. Perhatikan berbagai kontras: (1) menurut kehendak Allah dan yang dari dunia ini; (2) keselamatan dan kematian; (maksudnya: kematian kedua - Why. 2:11; 20:6, 14). (3) dua kata kerja berbeda yang diterjemahkan menjadi menghasilkan, yaitu ergazomai "mengerjakan" (seperti dalam I Tes. 2:9), dan katergazomai (lihat II Kor. 4:17) "menghasilkan" (seperti dalam 12:12).

Wycliffe: 2Kor 7:11 - mengerjakan // membuktikan diri tidak bersalah dalam perkara itu 11. Energi dari ayat ini nyaris tidak dapat diterjemahkan. Dukacita menurut kehendak Allah mengerjakan (bdg. ay. 10) keselamatan (bdg. Flp. 2:12 di ma...

11. Energi dari ayat ini nyaris tidak dapat diterjemahkan. Dukacita menurut kehendak Allah mengerjakan (bdg. ay. 10) keselamatan (bdg. Flp. 2:12 di mana juga dipakai katergazomai), bukan kematian. Paulus menyusun tujuh kata benda berurutan secara meningkat untuk melukiskan sifat meledak dari pertobatan mereka. Jemaat di Korintus membuktikan diri tidak bersalah dalam perkara itu.

Wycliffe: 2Kor 7:12 - kerelaanmu terhadap kami // kamu di hadapan Allah 12. Pihak manapun yang salah atau yang dirugikan, perhatian utama sang rasul dalam menulis surat ini kepada mereka ialah bahwa kerelaanmu terhadap kam...

12. Pihak manapun yang salah atau yang dirugikan, perhatian utama sang rasul dalam menulis surat ini kepada mereka ialah bahwa kerelaanmu terhadap kami menjadi nyata bagi kamu di hadapan Allah (bdg. 5:11; 11:6). Ketaatan mereka merupakan hal yang paling diperhatikan Paulus (bdg. 2:9; 7:15; 10:6).

Wycliffe: 2Kor 7:13 - (menjadi terhibur ... menyegarkan hatinya) // sukacita Titus // kamu semua 13. Di dalam 7:13-16 Paulus menyajikan alasan yang ketiga: Penerimaan terhadap Titus oleh mereka. Di sini kita memasuki suasana tenang sesudah badai t...

13. Di dalam 7:13-16 Paulus menyajikan alasan yang ketiga: Penerimaan terhadap Titus oleh mereka. Di sini kita memasuki suasana tenang sesudah badai topan. Perhatikan dua bentuk perfect (menjadi terhibur ... menyegarkan hatinya). Sukacita Paulus makin besar karena sukacita Titus. Kata kamu semua mencerminkan kesatuan gereja.

Wycliffe: 2Kor 7:14 - aku memegahkan kamu // kami senantiasa mengatakan // benar kepada kamu; // demikian juga kemegahan kami ... ternyata benar // demikian // benar 14. Di sini dikemukakan tiga pokok pikiran: (1) keterbukaan Paulus - aku memegahkan kamu (2) kejujuran Paulus - kami senantiasa mengatakan apa yang be...

14. Di sini dikemukakan tiga pokok pikiran: (1) keterbukaan Paulus - aku memegahkan kamu (2) kejujuran Paulus - kami senantiasa mengatakan apa yang benar kepada kamu; (3) pembenaran Paulus - demikian juga kemegahan kami ... ternyata benar. Tentang demikian juga lihat 1:7. Inilah satu-satunya tempat dalam seluruh Perjanjian Baru di mana kata benar merupakan kata benda Sebagai predikat (kebenaran) sesudah ginomai ("menjadi"). "Apa yang kami megahkan ... menjadi (bdg. Yoh. 1:14) kebenaran" - seakan-akan kebenaran menjelma di hadapan mereka.

Wycliffe: 2Kor 7:15 - kasihnya; // apabila ia mengingat // bagaimana kamu menyambut kedatangannya // ketaatan // dengan takut dan gentar 15. Perhatikan berbagai kemampuan kepribadian manusia: (1) perasaan - kasihnya; (2) pikiran - apabila ia mengingat: (3) kehendak - bagaimana kamu meny...

15. Perhatikan berbagai kemampuan kepribadian manusia: (1) perasaan - kasihnya; (2) pikiran - apabila ia mengingat: (3) kehendak - bagaimana kamu menyambut kedatangannya. Jemaat di Korintus sudah belajar ketaatan (bdg. Ibr. 5:8) .' . . dengan takut dan gentar (bdg. Flp. 2:12).

Wycliffe: 2Kor 7:16 - Dapat menaruh kepercayaan // Kepercayaan sempurna 16. Dapat menaruh kepercayaan. Tharreo (di bagian Perjanjian Baru lainnya hanya dipakai dalam 5:6, 8; 7:16; 10:1, 2; Ibr. 13:6) di sini artinya "dapat...

16. Dapat menaruh kepercayaan. Tharreo (di bagian Perjanjian Baru lainnya hanya dipakai dalam 5:6, 8; 7:16; 10:1, 2; Ibr. 13:6) di sini artinya "dapat mengandalkan seseorang" (Arndt). Kepercayaan sempurna sebagaimana terdapat di dalam versi tertentu dalam bahasa Inggris mungkin terlalu kuat: sekalipun demikian, optimisme Paulus yang terungkap di sini tidak sepenuhnya berlawanan dengan pesimismenya di dalam 12:20, 21. Singkatnya. Paulus merasa bahwa, sekalipun tampaknya ada banyak halangan berat, tidak ada keadaan darurat pada masa depan yang dapat menggoyahkan 'keyakinannya bahwa segala sesuatu akhirnya akan mendatangkan kebaikan.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 2Kor 7:1-4 - Kekudusan yang Meningkat Pasal ini dimulai dengan, I. Sebuah nasihat untuk meningkatkan kekudusan, serta supaya memberikan perhatian yang selayaknya kepada para p...

Matthew Henry: 2Kor 7:5-11 - Berbagai Macam Nasihat Berbagai Macam Nasihat (2 Korintus 7:5-11) Tampaknya ada hubungan antara pasal 2:13 (di mana Rasul Paulus berkata bahwa ia merasa tidak tenang kar...

Matthew Henry: 2Kor 7:12-16 - Penghiburan dan Sukacita Paulus atas Jemaat Korintus Penghiburan dan Sukacita Paulus atas Jemaat Korintus (2 Korintus 7:12-16) Di dalam ayat-ayat ini Rasul Paulus berusaha menghibur jemaat Korintus, ...

SH: 2Kor 6:11--7:1 - Iman dalam hubungan (Senin, 11 Juni 2007) Iman dalam hubungan Orang yang telah menerima anugerah Kristus, tentu saja seharusnya tidak lagi bermain-main dengan dosa. Anugerah Tuhan harus ...

SH: 2Kor 6:11--7:1 - Membuka hati. (Sabtu, 12 September 1998) Membuka hati. Hubungan baik dapat berubah menjadi permusuhan oleh salah paham atau kurang pengertian. Rasul Paulus mengalami ini. Jemaat Korintus ragu...

SH: 2Kor 7:2-7 - Hamba Tuhan dan jemaat (Selasa, 12 Juni 2007) Hamba Tuhan dan jemaat Masih berbicara tentang hubungan, Paulus kini bicara tentang hubungannya dengan jemaat Korintus. Paulus meminta mereka unt...

SH: 2Kor 7:2-16 - Allah menyebabkan dukacita? (Minggu, 13 September 1998) Allah menyebabkan dukacita? Dukacita, dari Allah atau dari dunia? Mungkin kita bertanya bukankah Allah itu sumber keselamatan? Bukankah keselamatan it...

SH: 2Kor 7:8-16 - Teguran membawa pertobatan (Rabu, 13 Juni 2007) Teguran membawa pertobatan Menegur kesalahan orang memang bukan hal yang menyenangkan. Malah bukan tidak mungkin, hal itu akan berdampak buruk pa...

Utley: 2Kor 7:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 7:11 Saudara-saudaraku yang kekasih, karena kita sekarang memiliki janji-janji itu, marilah kita menyucikan diri kita dari...

Utley: 2Kor 7:2-4 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 7:2-42 Berilah tempat bagi kami di dalam hati kamu! Kami tidak pernah berbuat salah terhadap seorangpun, tidak seorangpun ...

Utley: 2Kor 7:5-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 7:5-13a5 Bahkan ketika kami tiba di Makedonia, kami tidak beroleh ketenangan bagi tubuh kami. Di mana- mana kami mengalami...

Utley: 2Kor 7:13 - --NASKAH NASB (UPDATED): 2Kor 7:13b-1613 bDan selain penghiburan yang kami peroleh itu, kami lebih lagi bersukacita oleh karena sukacita Titus, sebab ka...

Topik Teologia: 2Kor 7:1 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Roh Manusia (Nafas, Hati, Pikiran, Kebencian, Kekuatan) R...

Topik Teologia: 2Kor 7:5 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Orang Lain Pada Umumnya atau Terh...

Topik Teologia: 2Kor 7:6 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pemeliharaan-Nya Me...

Topik Teologia: 2Kor 7:8 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Karakteristik Kitab Suci Alkitab adalah Manjur Ula 32:1-2 Yes 55:10-11 2Ko 7:8-9 2Ko 10:9-11...

Topik Teologia: 2Kor 7:9 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Karakteristik Kitab Suci Alkitab adalah Manjur Ula 32:1-2 Yes 55:10-11 2Ko 7:8-9 2Ko 10:9-11...

Topik Teologia: 2Kor 7:10 - -- Keselamatan Kematian Kristus Menghancurkan Kuasa Maut Rom 6:9 2Ko 7:10 2Ti 1:10 Wah 1:17-18 Pertobatan Pengudusan ...

Topik Teologia: 2Kor 7:11 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam Anugerah Sarana Pertumbuha...

Topik Teologia: 2Kor 7:15 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Kemuliaan Melalui Penderitaan Tanggal Penulisan: Tahun 55/56 Latar Belakang Paulus menulis surat kirim...

Full Life: 2 Korintus (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (2Kor 1:1-11) I. Pembelaan Paulus Demi Kepentingan Mayoritas Jemaat yang Setia (2Kor 1:12-7:16) ...

Matthew Henry: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Dalam suratnya yang terdahulu, Rasul Paulus sudah menyampaikan niatnya untuk datang ke Korintus, sesudah ia melintasi Makedonia (1Kor. 16:5). Akan ...

Jerusalem: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT KEDUA RASUL PAULUS KEPADA UMAT KORINTUS KATA PENGANTAR Surat kedua kepada umat Korintus ditulis Paulus kira-kira dua tahun kemudian dari jang pe...

Wycliffe: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 KORINTUS Alasan Penulisan. Masalah-masalah utama mengenai hubungan Paulus dengan jemaat di Korintus telah dibahas dengan lebih rinci di...

Wycliffe: 2 Korintus (Garis Besar) GARIS BESAR 2 KORINTUS I. Tindakan Mendamaikan (1:1-7:16). A. Kesesakan Paulus Terbalas (1:1-7). 1. Salam (1:1...

BIS: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS YANG KEDUA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS PENGANTAR Surat Paulus Yang Kedua Kepada Jemaat di Korintus ditulis pada masa yang sulit dalam hub

SURAT PAULUS YANG KEDUA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS

PENGANTAR

Surat Paulus Yang Kedua Kepada Jemaat di Korintus ditulis pada masa yang sulit dalam hubungan Paulus dengan jemaat itu. Ada anggota-anggota dari jemaat itu yang rupanya telah menyerang Paulus dengan keras, tetapi Paulus menunjukkan bahwa ia ingin sekali berbaik. Ia memperlihatkan kegembiraannya ketika hal itu terjadi.

Dalam bagian pertama suratnya ini Paulus menguraikan tentang hubungannya dengan jemaat di Korintus. Ia menjelaskan di situ mengapa ia mengecam dengan keras perlawanan dan celaan terhadap dirinya yang dilakukan oleh jemaat itu. Setelah mengemukakan hal itu, ia selanjutnya menyatakan kegembiraannya bahwa kecamannya yang keras itu sudah menghasilkan pertobatan dan kerukunan. Kemudian ia mengajak supaya jemaat itu mengumpulkan sumbangan untuk menolong orang-orang Kristen yang hidup berkekurangan di Yudea. Pada pasal-pasal terakhir Paulus mengemukakan pembelaan dirinya mengenai kedudukannya sebagai rasul terhadap beberapa orang di Korintus yang menganggap diri sendiri rasul sejati, dan menuduh Paulus sebagai rasul palsu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    2Kor 1:1-11
  2.  Paulus dan jemaat di Korintus
    2Kor 1:12-7:16
  3.  Sumbangan untuk orang-orang Kristen di Yudea
    2Kor 8:1-9:15
  4.  Pembelaan Paulus mengenai kekuasaannya sebagai rasul
    2Kor 10:1-13:10
  5.  Penutup
    2Kor 13:11-14

Ajaran: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti dan mengetahui wewenang dan kewibawaan kerasulan Rasul Paulus, dan perbedaan hal-hal, rohani dan duniawi.

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti dan mengetahui wewenang dan kewibawaan kerasulan Rasul Paulus, dan perbedaan hal-hal, rohani dan duniawi.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 60 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen (Jemaat) di kota Korintus. (Dan juga semua orang Kristen di dunia).

Isi Kitab: Kitab II Korintus terbagi atas 13 pasal. Kitab ini merupakan kelanjutan dari Kitab I Korintus. Di dalamnya kita dapat melihat kemurnian pelayanan Paulus sebagai Rasul Yesus Kristus.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Korintus

  1. Pasal 1-5 (2Kor 1:1-5:21).

    Pembelaan Rasul Paulus atas kerasulannya

    Bagian ini berisi pembelaan Rasul Paulus tentang ketulusan hatinya dalam melayani Tuhan Yesus, serta membuktikan kerasulannya dan wewenangnya sebagai Rasul Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 1:12. _Tanyakan_: Bagaimanakah hati Rasul Paulus dalam melayani? Dan bagaimanakah pula ketulusan hati Saudara?
    2. Bacalah pasal 2Kor 4:1-5. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap Rasul Paulus tentan Firman Allah yang diberitakannya? Dan bagaimanakah dengan saudara? Apakah yang diterima oleh orang-orang yang tida mau menerima Injil? Apakah isi pemberitaan dari pelayanan Paulus?
  2. Pasal 6-9 (2Kor 6:1-9:15).

    Pengajaran tentang hal-hal rohani dan duniawi

    Pada bagian ini, Rasul Paulus memberikan peringatan-peringatan mengenai campuran hal-hal rohani dengan yang duniawi.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 7:1. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah mengenai pencemaran jasmani dan rohani?
    2. Bacalah pasal 2Kor 9:7-12. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap yang benar dalam memberikan persembahan? Apakah artinya memberikan persembahan? Apakah hasil memberikan persembahan?
  3. Pasal 10-13 (2Kor 10:1-13:14).

    Pengajaran tentang pembelaan Rasul Paulus terhadap tuduhan-tuduhan yang disampaikan kepadanya

    Dalam bagian ini, Rasul Paulus kembali membela dirinya atas tuduhan- tuduhan yang ditujukan kepada dirinya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Kor 11:31. _Tanyakan_: Siapakah yang mengetahui ketulusan hati Rasul Paulus? Apakah ada hal-hal/dosa yang saudara sembunyikan dari Allah?
    2. Bacalah pasal 2Kor 13:7. _Tanyakan_: Apakah yang didoakan Rasul Paulus untuk jemaat?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab II Korintus jelaslah bahwa Paulus adalah Rasul Tuhan Yesus yang sah. Sebab yang memilih dia menjadi Rasul adalah Tuhan Yesus, dan mengenai hal itu ia tidak berdusta. Rasul Paulus juga dalam memberitakan Injil tidak memberitakan dirinya atau mengambil keuntungan untuk dirinya sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab II Korintus?
  2. Apakah pengajaran utama dalam Kitab II Korintus?
  3. Bagaimanakah sikap Paulus di dalam pelayanan Firman Allah?
  4. Apakah yang dituduhkan kepada Rasul Paulus?

Intisari: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) Sejarah sedih tentang suatu pemberontakan singkat KISAH DI BALIK SURAT INI. Untuk memahami surat ini perlu kita ketahui kisah yang ada di baliknya. P

Sejarah sedih tentang suatu pemberontakan singkat

KISAH DI BALIK SURAT INI.
Untuk memahami surat ini perlu kita ketahui kisah yang ada di baliknya. Pauluslah yang memulai gereja di Korintus (Kis 18:1-17). Paulus menegaskan bahwa ia adalah seorang rasul (1Kor 9:1, perhatikanlah kata-kata pembukaan dalam suratnya yang kedua). Tetapi, rasul-rasul palsu (2Kor 11:12-15) masuk ke Korintus. Rasul-rasul 'super' ini (2Kor 11:5) mengajarkan injil yang berbeda (2Kor 11:12-15) dan menentang wewenang Paulus. Timbullah kekacauan. Nasihat Paulus dalam I Korintus diabaikan. Kemudian Paulus mengadakan kunjungan yang mendukakan ke Korintus (2Kor 2:1). Rupa-rupanya' rasul-rasul yang tak ada taranya' ini hanya menertawakan dia (2Kor 10:10). Paulus meninggalkan Korintus dan kemudian mengirim, Titus ke gereja itu dengan surat yang bernada keras isinya (2Kor 7:5-13). Dan jemaat di Korintus bertobat. Titus membawa berita yang sangat menyenangkan ini kepada Paulus (2Kor 7:6, 7). Surat ini merupakan penjelasan yang menyambung sejarah sedih dari pertikaian yang terjadi.

KAPAN SURAT INI DITULIS.
Kita tahu bahwa Paulus sedang berada di Korintus ketika Galio menjadi gubernur di Akhaya (Kis 18:12) pada tahun 51 atau 52 M. Oleh karena itu, suratnya yang pertama kepada jemaat di Korintus tentu ditulis sekitar tahun 55 M dan suratnya yang kedua kurang lebih setahun kemudian.

JEMAAT KORINTUS DAN TITUS.
Titus sangat dikasihi oleh Paulus (2Ko 2:13; 8:23) dan namanya disebut sembilan kali dalam surat ini. Ia adalah pembawa surat Paulus yang 'keras' itu ke Korintus. Ia turut merasakan keprihatinan Paulus tentang situasi di Korintus, dan kelegaan Paulus ketika jemaat di Korintus bertobat (7:13). Kemudian, ia dikirim kembali ke Korintus untuk membawa surat Paulus yang kedua kepada jemaat Korintus dan untuk menuntaskan pengaturan pengumpulan pemberian bagi orang miskin di Yerusalem (2Ko 8:6).

MENGAPA SURAT INI DITULIS.
Maksud utama surat ini adalah untuk memberitahu jemaat Korintus betapa besar arti perubahan pikiran mereka bagi Paulus. Surat ini juga untuk memperingatkan mereka agar tidak berlaku terlalu keras terhadap orang-orang yang telah menyerangnya (2Ko 2:5-11). Ketiga, Paulus ingin mengulang kembali pengajaran yang telah diberikannya dalam suratnya yang pertama (2Ko 6:14, bandingkan dengan 1Kor 6:15-20). Alasan yang keempat adalah mengenai' para rasul yang tidak ada taranya' yang tidak mau bertobat, yang pada kenyataannya adalah guru-guru palsu dengan injil yang berbeda (2Ko 11:1-6). Kelima, Paulus ingin mengingatkan mereka tentang rencana pengumpulan pemberian untuk membantu orang miskin di Yerusalem. HaI ini juga telah dibicarakannya dalam suratnya yang pertama (1Kor 16: 1-3) dan sekarang ia ingin supaya mereka mengirimkan uang itu melalui Titus (2Ko 9:1-5).

Pesan

Ada dua pokok penting yang dibahas di sini:

1. Hak istimewa dan penderitaan.
Kepemimpinan Kristen seperti yang dilakukan Paulus akan selalu menimbulkan
kesengsaraan, salah pengertian, penderitaan di samping semangat dan sukacita.
Paulus memaparkan tentang penderitaan dalam tujuh pasal yang terpisah dalam
surat ini:
o Hampir putus asa ketika jemaat Korintus menolak dia. 2Ko 1:8-11
o Penderitaan mental saat Paulus menantikan jawaban atas suratnya.2Ko 2:12-17
o Keletihan fisik yang disebabkan oleh konflik batin. 2Ko 4:16-18
o Kesengsaraan karena pertikaian yang tak habis-habisnya dalam membela nama Yesus. 2Ko 6:3-10
o 'Pertengkaran dari luar dan ketakutan dari dalam'. 2Ko 7:5-8
o Kepedihan karena tidak dimengerti dan dituduh dengan tuduhan palsu. 2Ko 11:1-10
o Bermacam-macam penderitaan dari pengabar Injil. 2Ko 11:21-29

2. Kemuliaan (pasal 3-5)
Paulus membuka topik ini dengan menunjuk kepada 'surat pujian' yang ditulis oleh
gereja-gereja untuk memuji jemaat mereka terhadap gereja-gereja lain. Kemudian ia
berbicara mengenai 'surat' Allah yang memberikan pujian bukan di atas sehelai
kertas, melainkan dalam kehidupan (loh hati) pelayan-pelayan-Nya yang sejati.
Ini membawanya kepada Perjanjian Lama yang mengisahkan tentang tulisan Allah di
atas loh batu. Sekarang marilah kita lihat bagaimana perkembangan tema ini:

o Allah sendiri memberi Hukum itu kepada Musa.
o Musa melihat kemuliaan Allah.
o Cahaya terang dan kemuliaan yang luar biasa mengubah Musa, sehingga wajahnya menjadi cemerlang.
o Perubahan ini menakutkan umat ketika mereka melihatnya.
o Oleh karena itu, Musa harus menutupinya dengan 'selubung'.
o Pemandangan itu tentunya indah sekali; tetapi hanya sebentar, cahaya itu pudar karena Musa tidak melihat kemuliaan Allah seperti itu lagi.
o Kristen bertemu dengan Allah setiap hari: oleh karena itu seharusnya cahaya itu tetap ada!
o Namun demikian, kehidupan tidak selalu penuh kemuliaan: ada penderitaan juga.
o Tetapi, jangan putus asa: sebab kematian pun hanya pintu gerbang menuju kemuliaan.
o Tubuh kita bagai sebuah kemah: kematian merupakan keruntuhan terakhir kemah itu.
o Tetapi, semua itu hanya berarti suatu perpindahan: perpindahan ke dalam
o sebuah rumah baru, bukan kemah, tetapi suatu rumah yang tetap.
o Untuk itulah Allah telah menyelamatkan kita.

Penerapan

Kita belajar beberapa hal dari surat ini:o Gereja bukan hanya tempat berkumpulnya antar teman: di dalamnya ada pemimpin-pemimpin.
o Demokrasi dalam gereja harus disertai dengan wewenang dan tanggung jawab.
o Kepemimpinan dalam gereja bukan hanya suatu hak istimewa, tetapi mengundang penderitaan.
o Misi bukan hal yang mudah: orang yang lemah lebih baik meninggalkannya.
o Orang Kristen seharusnya tidak takut pada kematian. Ada kemuliaan dalam kematian, tetapi ada kemuliaan yang lebih besar di balik kematian.

Tema-tema Kunci

1. Penderitaan.
Pelajari dua perikop utama tentang penderitaan dalam pasal 6 dan 11. Berapa banyak dari peristiwa yang diceritakan dalam pasal-pasal ini yang dapat Anda hubungkan dengan biografi Paulus dalam Kisah para Rasul?

2. Kristen dan pelayanan sosial.
Paulus sangat prihatin tentang perlunya gereja-gereja di Asia membantu orang-orang Kristen di Yudea yang sangat menderita akibat kelaparan (Kis. 11:27-30). Pelajari Kis 4:32-5:11 dan 2Kor 8:1-9:15 bersama-sama dengan 1Kor 16:1-4, Rom 15:24-29 dan Kis 24:17 untuk melihat prinsip-prinsip umum apa yang dapat dijadikan pedoman oleh orang Kristen dalam hal memberi. Perhatikan juga perkataan Yesus sendiri mengenai hal ini: Mat 6:1-4.

3. Kematian.
2 Korintus 4:7-5:10 menyangkut masalah kelemahan tubuh manusia dan tidak terluputnya tubuh tersebut dari kematian. Pelajari perikop ini dan bandingkan dengan I Korintus 15:35-58. Kedua perikop tersebut berhubungan dengan 'kemuliaan'. Apakah kemuliaan itu (Kel 24:15-17; Yeh. 1:26-28)? Kemuliaan menantikan kita, mengapa kita masih takut akan kematian? Bagaimana dengan Paulus (2Kor 5:8 dan 2 Tim. 4:6-8)?

4. Wewenang kerasulan.
Pakailah konkordansi untuk mempelajari setiap penjelasan tentang 'para rasul'. Buatlah sebuah daftar dari semua orang yang dipanggil rasul.

Perhatikan secara khusus:
- Yesus (Ibr 3:1)
- kedua belas rasul (Mat 10:2)
- Andronikus (Rom 16:7)
- Paulus (1Kor 1:1)

Kedua belas rasul merupakan suatu kelompok yang unik, yang dipakai untuk menyatakan hubungan antara kedua belas suku Israel dalam Perjanjian Lama dan gereja dalam Perjanjian Baru (Gal 6:16, 'Israel milik Allah').

Apa kesalahan 'para rasul yang hebat' itu, padahal sebenarnya mereka adalah rasul-rasul palsu. (2Kor 11:1-21)?

Garis Besar Intisari: 2 Korintus (Pendahuluan Kitab) [1] RINCIAN PERTIKAIAN 2Ko 1:1-2:17 2Ko 1:1-14Menunggu Titus: betapa Paulus menderita 2Ko 1:15-2:4Menjelaskan ketidakhadirannya 2Ko 2:5-11'Ampu

[1] RINCIAN PERTIKAIAN 2Ko 1:1-2:17

2Ko 1:1-14Menunggu Titus: betapa Paulus menderita
2Ko 1:15-2:4Menjelaskan ketidakhadirannya
2Ko 2:5-11'Ampuni lawan-lawan saya'
2Ko 2:12-17Titus telah tiba: betapa Paulus bersukacita

[2] KEMULIAAN PERJANJIAN BARU 2Ko 3:1-5:21

2Ko 3:1-6Roh yang dari Allah dan hati manusia
2Ko 3:7-18Kemuliaan Injil yang lebih besar
2Ko 4:1-6Kemuliaan yang tersembunyi dari mereka yang terhilang
2Ko 4:7-18Kemuliaan tersembunyi oleh penderitaan
2Ko 5:1-10Kematian:pintu gerbang menuju kemuliaan
2Ko 5:11-21Kemuliaan yang akan datang dan perbuatan masa kini

[3] KESELAMATAN DAN TINGKAH LAKU 2Ko 6:1-7:1

2Ko 6:1-10Tingkah laku Kristen: suatu kesaksian
2Ko 6:11:1Tingkah laku Kristen: suatu imbauan

[4] BILA ORANG KRISTEN BERTIKAI 2Ko 7:2-16

2Ko 7:2-4Pertentangan tanpa sebab
2Ko 7:5-13a Penderitaan akibat pertentangan antara Kristen
2Ko 7:13b-2Ko 7:16 Kelegaan akibat perdamaian!

[5] MENGENAI UANG 2Ko 8:1-9:15

2Ko 8:1-7Memberi: contoh dari Makedonia
2Ko 8:8-15Memberi: sekarang bagaimana dengan Anda?
2Ko 8:16-9:5Beberapa pengaturan praktis
2Ko 9:6-15Memberi: suatu prinsip rohani

[6] DISIPLIN GEREJA DAN WEWENANG KERASULAN 2Ko 10:1-12:13

2Ko 10:1-6Disiplin: suatu keharusan rohani
2Ko 10:7-12Disiplin dari jarak jauh
2Ko 10:13-18Hak seorang misionaris untuk mendisiplin
2Ko 11:1-15Teladan seorang misionaris dalam disiplin diri
2Ko 11:16-33'Kelemahan' kerasulan
2Ko 12:1-10Hak istimewa kerasulan
2Ko 12:11-13'Sekarang saling memberi penilaian'

[7] KESIMPULAN 2Ko 12:14-13:14

2Ko 12:14-21Saya akan datang: dalam kasih
2Ko 13:1-4Saya akan datang: untuk menghakimi
2Ko 13:5-10Ujilah dirimu masing-masing... maka aku tidak perlu menguji engkau
2Ko 13:11-14Salam
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #03: Coba gunakan operator (AND, OR, NOT, ALL, ANY) untuk menyaring pencarian Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 0.90 detik
dipersembahkan oleh YLSA