kecilkan semua  

Teks -- 1 Tawarikh 25:1-31 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Para penyanyi
25:1 Selanjutnya untuk ibadah Daud dan para panglima menunjuk anak-anak Asaf, anak-anak Heman dan anak-anak Yedutun. Mereka bernubuat dengan diiringi kecapi, gambus dan ceracap. Daftar orang-orang yang bekerja dalam ibadah ini ialah yang berikut: 25:2 dari anak-anak Asaf ialah Zakur, Yusuf, Netanya dan Asarela, anak-anak Asaf di bawah pimpinan Asaf, yang bernubuat dengan petunjuk raja. 25:3 Dari Yedutun ialah anak-anak Yedutun: Gedalya, Zeri, Yesaya, Simei, Hasabya dan Matica, enam orang, di bawah pimpinan ayah mereka, Yedutun, yang bernubuat dengan diiringi kecapi pada waktu menyanyikan syukur dan puji-pujian bagi TUHAN. 25:4 Dari Heman ialah anak-anak Heman: Bukia, Matanya, Uziel, Sebuel, Yerimot, Hananya, Hanani, Eliata, Gidalti, Romamti-Ezer, Yosbekasa, Maloti, Hotir dan Mahaziot. 25:5 Mereka ini sekalian adalah anak-anak Heman, pelihat raja, menurut janji Allah untuk meninggikan tanduk kekuatannya; sebab Allah telah memberikan kepada Heman empat belas orang anak laki-laki dan tiga orang anak perempuan. 25:6 Mereka ini sekalian berada di bawah pimpinan ayah mereka pada waktu menyanyikan nyanyian di rumah TUHAN dengan diiringi ceracap, gambus dan kecapi untuk ibadah di rumah Allah dengan petunjuk raja. Demikianlah keadaan bani Asaf, Yedutun dan Heman. 25:7 Jumlah mereka bersama-sama saudara-saudara mereka yang telah dilatih bernyanyi untuk TUHAN -- mereka sekalian adalah ahli seni -- ada dua ratus delapan puluh delapan orang. 25:8 Tua dan muda, guru dan murid, membuang undi mengenai tugasnya. 25:9 Lalu jatuhlah undian yang pertama pada Yusuf, orang Asaf; undian yang kedua pada Gedalya dengan saudara-saudaranya dan anak-anaknya, dua belas orang; 25:10 undian yang ketiga pada Zakur, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:11 undian yang keempat pada Yizri, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:12 undian yang kelima pada Netanya, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:13 undian yang keenam pada Bukia, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:14 undian yang ketujuh pada Yesarela, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:15 undian yang kedelapan pada Yesaya, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:16 undian yang kesembilan pada Matanya, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:17 undian yang kesepuluh pada Simei, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:18 undian yang kesebelas pada Azareel, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:19 undian yang kedua belas pada Hasabya, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:20 undian yang ketiga belas pada Subael, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:21 undian yang keempat belas pada Matica, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:22 undian yang kelima belas pada Yeremot, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:23 undian yang keenam belas pada Hananya, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:24 undian yang ketujuh belas pada Yosbekasa, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:25 undian yang kedelapan belas pada Hanani, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:26 undian yang kesembilan belas pada Maloti, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:27 undian yang kedua puluh pada Eliata, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:28 undian yang kedua puluh satu pada Hotir, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:29 undian yang kedua puluh dua pada Gidalti, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:30 undian yang kedua puluh tiga pada Mahaziot, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang; 25:31 undian yang kedua puluh empat pada Romamti-Ezer, anak-anaknya dan saudara-saudaranya, dua belas orang.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Asaf father of Joah, Hezekiah's recorder,son of Berechiah the Levite; music minister under David,father of Zichri; a Levite ancestor of some returnees,an official over the (Persian) king's forest in Judah
 · Azareel a man of Benjamin who defected to David at Ziklag,chief of the 11th division of singers under David,son of Jeroham; chief of the tribe of Dan under David,an Israelite (Binnui) who put away his heathen wife,son of Ahzai; a returned exile priest musician
 · Bukia son of Heman (Levi); worship leader under Heman and King David
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Eliata son of Heman the Levite worship leader for Heman and King David
 · Gedalya son of Ahikam son of Shaphan,son of Jeduthun (Levi); worship leader under Jeduthun and David,a priest of the Jeshua clan who put away his heathen wife,son of Amariah (Hezekiah); grandfather of Zephaniah the prophet,son of Pashhur; a prince under King Zedekiah
 · Gidalti son of Heman the Levite; worship leader under Heman and David
 · Hanani son of Heman the Levite; worship leader under Heman and David,a prophet in the time of Asa King of Judah; father of Jehu,a priest of the Immer clan who put away his heathen wife,a man related to Nehemiah who was an administrator in Jerusalem; brother of Nehemiah,a Levite musician who helped Zechariah dedicate Nehemiah's wall
 · Hananya son of Heman the Levite; worship leader under Heman and David,a man who was one of King Uzziah's commanders,son of Azzur; a false prophet of Zedekiah's from Gibeon,father of Zedekiah, a prince of Judah in the time of Jehoiakim,grandfather of Irijah the sentry who falsely accused Jeremiah; the father of Shelemiah,son of Shashak of Benjamin,a man of Judah who served Nebuchadnezzar with Daniel in Babylon,son of Zerubbabel,a layman of the Bebai clan who put away his heathen wife,a man who made perfume and helped rebuild the wall of Jerusalem; son of Shelemiah,governor of the castle and over Jerusalem under Nehemiah,an Israelite chief who signed the covenant to keep God's law,a priest and head of the clan of Jeremiah under Joiakim
 · Hasabya son of Amaziah of Levi; father of Malluch,a Merari Levite whose descendants returned from exile,son of Jeduthun the Levite leader under Jeduthun and King David,overseer of King David's work west of the Jordan River,son of Kemuel; David's chief officer over the Levites,a chief officer of the house of God in Josiah's time,a Levite descendant of Merari who led recruits to Ezra,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife,ruler of Keilah who helped repair the walls of Jerusalem,son of Henadad, a Levite who contracted to obey God's law,son of Bunni of Levi,son of Mattaniah of Asaph of Levi,priest and head of the house of Hilkiah,a chief of the Levites in Nehemiah's time
 · Hotir son of Heman the Levite worship leader under Heman and David
 · Maloti son of Heman the Levite and worship leader under Heman & David
 · Matania son and secondary successor of King Josiah,son of Mica/Micaiah; a Levite of Asaph,son of Heman the Levite and worship leader under Heman & David,an Asaph Levite supervisor of temple restoration of Hezekiah's,a layman of the Elam Clan who put away his heathen wife,a layman of the Zattu Clan who put away his heathen wife,a layman of the Pahath-Moab Clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Clan who put away his heathen wife,ancestor of Hanan, assistant treasurer under Nehemiah
 · Matanya son and secondary successor of King Josiah,son of Mica/Micaiah; a Levite of Asaph,son of Heman the Levite and worship leader under Heman & David,an Asaph Levite supervisor of temple restoration of Hezekiah's,a layman of the Elam Clan who put away his heathen wife,a layman of the Zattu Clan who put away his heathen wife,a layman of the Pahath-Moab Clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Clan who put away his heathen wife,ancestor of Hanan, assistant treasurer under Nehemiah
 · Matica son of Shallum (Korah Levi) when exiles were returning,a Levite worship leader in David's time,son of Jeduthun the Levite worship leader under King David,a layman of the Nebo Clan who put away his heathen wife,a man who stood with Ezra when he read the law to the assembly
 · Netanya father of Ishmael who killed Gedaliah; son of Elishama,son of Asaph the Levite; worship leader under Asaph & David,a Levite King Jehoshaphat sent to teach the law around Judah,son of Shelemiah; father of Jehudi in the days of Jehoiakim
 · Romamti-ezer son of Heman the Levite worship leader under Heman and David
 · Romamti-Ezer son of Heman the Levite worship leader under Heman and David
 · Sebuel son of Gershom (Moses Amram Kohath Levi),son of Heman (Korah Izhar Kohath Levi)
 · Subael the elder son of Gershom (Moses Amram Kohath Levi),the head of the 13th class of singers
 · Uziel son of Kohath son of Levi,son of Ishi of Simeon who helped destroy the Amalekites,son of Bela son of Benjamin,son of Heman the Levite; worship leader under Heman and David,a Levite leader of Jeduthun Clan in the time of Hezekiah,son of Harhaiah; a goldsmith who helped rebuild the wall
 · Yedutun a Levite whose descendants returned from exile
 · Yeramot son of Beriah of Benjamin,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Elam,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Zattu,son of Becher son of Benjamin,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Bani,a Levitical chief of the descendants of Mushi son of Merari, under King David,leader of the 15th division of Levites in David's time,son of Azriel; David's chief officer over the tribe of Naphtali
 · Yeremot son of Beriah of Benjamin,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Elam,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Zattu,son of Becher son of Benjamin,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Bani,a Levitical chief of the descendants of Mushi son of Merari, under King David,leader of the 15th division of Levites in David's time,son of Azriel; David's chief officer over the tribe of Naphtali
 · Yerimot son of Bela son of Benjamin,one of the Benjamites who defected to David at Ziklag,son of Mushi son of Merari son of Levi,son of Heman the Levite and worship leader under Heman and King David,son of King David and father-in-law of King Rehoboam,an officer in charge of the temple store house under King Hezekiah
 · Yesarela son of Asaph; a Levite worship leader in the time of King David
 · Yesaya son of Hananiah, a descendant of King Jehoiachin,son of Jeduthun the Levite and worship leader under Jeduthun and King David,son of Rehabiah; a Levitical chief treasurer whose descendants returned from exile,son of Athaliah; head of a family group descended from Elam who returned from exile,a Levite of Merari who led recruits to Ezra,a man of Benjamin; ancestor of Sallu, who lived in Jerusalem in Nehemiah's time
 · Yizri head of a division of Levite musicians in King David's time
 · Yosbekasa son of Heman the Levite and worship leader under Heman and King David
 · Yusuf the husband of Mary and foster-father of Jesus,a Jewish man from Arimathea in whose grave the body of Jesus was laid,two different men listed as ancestors of Jesus,a man nominated with Matthias to take the place of Judas Iscariot as apostle,a son of Jacob and Rachel; the father of Ephraim and Manasseh and ruler of Egypt,a brother of Jesus; a son of Mary,a man who was a companion of Paul,son of Jacob and Rachel; patriarch of the tribes of Ephraim and Manasseh,a tribe, actually two tribes named after Joseph's sons, Ephraim and Manasseh,father of Igal, of Issachar, who helped spy out Canaan,son of Asaph the Levite; worship leader under Asaph and King David,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Binnui,priest and head of the house of Shebaniah under High Priest Joiakim in the time of Nehemiah
 · Zabud father of Shammua, the Reubenite who spied in Canaan,son of Hammuel of the tribe of Simeon,a Levite of the clan of Merari,son of Asaph (Shimei Gershom Levi),a leader among the Bigvai Clan who returned from exile,son of Imri; one who helped rebuild the wall of Jerusalem,son of Henadad, a Levite who contracted to obey the law,son of Mattaniah; father of Hanan, assistant treasurer


Topik/Tema Kamus: Daud | Raja | Asaf | Orang Lewi | Perempuan | Yedutun | Ilmu | Nabi | Tanduk | Zeri | Musik | Yosbekasa | Horit | Gidalti | Eliata | Bukia | Mahaziot | Maloti | Yizri | Yesarela | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Taw 25:1 - BERNUBUAT DENGAN DIIRINGI KECAPI. Nas : 1Taw 25:1 Makna umum dari "bernubuat" ialah menggunakan suara seseorang untuk melayani Allah dan kemuliaan-Nya di bawah dorongan ilahi. Di si...

Nas : 1Taw 25:1

Makna umum dari "bernubuat" ialah menggunakan suara seseorang untuk melayani Allah dan kemuliaan-Nya di bawah dorongan ilahi. Di sini istilah itu dipakai untuk menunjuk kepada menyanyi dan bermain musik untuk memuji Allah, sangat mungkin di bawah pengaruh langsung Roh Kudus. Di bawah perjanjian yang baru, bernubuat menjadi suatu manifestasi utama dari Roh Kudus di antara mereka yang percaya kepada Kristus dan dipenuhi dengan Roh

(lihat cat. --> Kis 2:17;

[atau ref. Kis 2:17]

lihat art. KARUNIA ROHANI BAGI ORANG PERCAYA).

Full Life: 1Taw 25:7 - BERNYANYI UNTUK TUHAN. Nas : 1Taw 25:7 Menyanyi adalah terutama suatu sarana untuk memuji Allah dan memuliakan nama-Nya (lihat cat. --> Ef 5:19). [ata...

Nas : 1Taw 25:7

Menyanyi adalah terutama suatu sarana untuk memuji Allah dan memuliakan nama-Nya

(lihat cat. --> Ef 5:19).

[atau ref. Ef 5:19]

Jerusalem: 1Taw 21:1--29:30 - -- Bagian ini merupakan bagian inti seluruh kitab Tawarikh. Daud mengatur seluruh ibadat dan menetapkan para petugasnya bagi jemaah Daud, yaitu jemaah ya...

Bagian ini merupakan bagian inti seluruh kitab Tawarikh. Daud mengatur seluruh ibadat dan menetapkan para petugasnya bagi jemaah Daud, yaitu jemaah yang bertumpu pada janji tentang Mesias, yang disampaikan oleh nabi Natan.

Jerusalem: 1Taw 25:1 - bernubuat Hanya kitab Tawarikh saja berkata bahwa para penyanyi "bernubuat" jadi adalah "nabi", bdk 1Ta 24:2,3, dan menyebut mereka "pelihat", 1Ta 24:5. Si Muwa...

Hanya kitab Tawarikh saja berkata bahwa para penyanyi "bernubuat" jadi adalah "nabi", bdk 1Ta 24:2,3, dan menyebut mereka "pelihat", 1Ta 24:5. Si Muwarikh menganggap kemampuan untuk mengarang dan menyanyikan mazmur semacam inspirasi supaya dengan kurnia kenabian. Tetapi bukan maksudnya bahwa para penyanyi itu adalah "nabi" yang berperan dalam ibadat

Jerusalem: 1Taw 25:1 - Daftar orang-orang yang bekerja dalam ibadat Sama seperti ada duapuluh empat puak imam, demikianpun ada duapuluh empat puak penyanyi, 1Ta 24:31. Mereka dihubungkan semua dengan tiga tokoh besar, ...

Sama seperti ada duapuluh empat puak imam, demikianpun ada duapuluh empat puak penyanyi, 1Ta 24:31. Mereka dihubungkan semua dengan tiga tokoh besar, yaitu Asaf, Heman dan Yedutun (Etan)m bdk 1Ta 6:33+. Dalam nas-nas lain hanya disebut Zakur (Zikhir) bin Asaf, 1Ta 9:15; Neh 12:35, Matica, 1Ta 15:18,21; 16:5, dan Matanya 1Ta 9:15; Neh 11:17. Agaknya sembilan nama terakhir, ayat 4, ditambahkan untuk mencapai jumlah duapuluh empat. Tambahan ini tidak diambil dari sebuah daftar khusus, tetapi dengan jalan memotong-motong sebuah ayat dari salah satu mazmur. Dengan perubahan-perubahan kecil sembilan nama itu dapat diterjemahkan sebagai ayat-ayat mazmur sbb: Berilah aku rahmat, ya TUHAN, berilah aku rahmat: Engkaulah Allahku! Aku telah menjadi besar, aku telah bangkit: Engkaulah pertolonganku yang telah kucari. Engkaulah kiranya memperbanyak penglihatan.

Jerusalem: 1Taw 25:5 - menurut janji Allah.... kekuatannya Terjemahan lain: Mereka membunyikan serunai mengenai firman Allah.

Terjemahan lain: Mereka membunyikan serunai mengenai firman Allah.

Ende: 1Taw 23:1--26:32 - -- Lihat keterangan pada 1Ta 15:1

Lihat keterangan pada 1Ta 15:1

Ende: 1Taw 25:1 - nabi2 Para penjanji disebut "nabi", oleh sebab njanjian sutji merupakan "sabda Jahwe", jang diilhamkan olehNja. Mungkin kata itu disini berarti djuga: memud...

Para penjanji disebut "nabi", oleh sebab njanjian sutji merupakan "sabda Jahwe", jang diilhamkan olehNja. Mungkin kata itu disini berarti djuga: memudji, atau: pengarang mazmur.

Ende: 1Taw 25:4 - -- Mulai dengan Hananja nama2 jang terdaftar disini, bila disusun berturut2, mendjadi ajat mazmur. Meskipun para ahli tidak seanggapan, tetapi ajat itu l...

Mulai dengan Hananja nama2 jang terdaftar disini, bila disusun berturut2, mendjadi ajat mazmur. Meskipun para ahli tidak seanggapan, tetapi ajat itu lalu kira2 berarti: Kasihanilah, Jahwe (Hananja), kasihanilah aku (Hanani), Allahkulah Engkau (Eliata), aku memudji (Gidalti), aku membuat besar dan kuat pertolongan (Romanti-Ezer), waktu aku kesesakan (Josjbekasja), aku berkata (Maloti), berikanlah penglihatan (Hotir) dengan berlimpah (Mahaziot). Jang sama diulang 1Ta 25:23-31. Maka itu beberapa ahli berpendapat, bahwasanja nama2 itu adalah buatan si pengarang untuk sampai kepada duapuluh empat puak penjanji.

Ende: 1Taw 25:23 - -- Lihat keterangan 1Ta 25:1.

Lihat keterangan 1Ta 25:1.

Endetn: 1Taw 25:5 - (-)nja ditambahkan.

ditambahkan.

Ref. Silang FULL: 1Taw 25:1 - anak-anak Asaf // anak-anak Heman // anak-anak Yedutun // Mereka bernubuat // dan ceracap // Daftar orang-orang // dalam ibadah · anak-anak Asaf: 1Taw 6:39; 1Taw 6:39 · anak-anak Heman: 1Taw 6:33; 1Taw 6:33 · anak-anak Yedutun: 1Taw 16:41-42; Neh 11:17 &mid...

· anak-anak Asaf: 1Taw 6:39; [Lihat FULL. 1Taw 6:39]

· anak-anak Heman: 1Taw 6:33; [Lihat FULL. 1Taw 6:33]

· anak-anak Yedutun: 1Taw 16:41-42; Neh 11:17

· Mereka bernubuat: 1Sam 10:5; [Lihat FULL. 1Sam 10:5]; 2Raj 3:15

· dan ceracap: 1Taw 15:16; [Lihat FULL. 1Taw 15:16]

· Daftar orang-orang: 1Taw 6:31; [Lihat FULL. 1Taw 6:31]

· dalam ibadah: 2Taw 5:12; 8:14; 34:12; 35:15; Ezr 3:10

Ref. Silang FULL: 1Taw 25:3 - anak-anak Yedutun // diiringi kecapi · anak-anak Yedutun: 1Taw 16:41-42 · diiringi kecapi: Kej 4:21; Kej 4:21; Mazm 33:2

· anak-anak Yedutun: 1Taw 16:41-42

· diiringi kecapi: Kej 4:21; [Lihat FULL. Kej 4:21]; Mazm 33:2

Ref. Silang FULL: 1Taw 25:6 - pimpinan ayah // petunjuk raja // dan Heman · pimpinan ayah: 1Taw 15:16; 1Taw 15:16 · petunjuk raja: 2Taw 23:18; 29:25 · dan Heman: 1Taw 15:19; 1Taw 15:19

· pimpinan ayah: 1Taw 15:16; [Lihat FULL. 1Taw 15:16]

· petunjuk raja: 2Taw 23:18; 29:25

· dan Heman: 1Taw 15:19; [Lihat FULL. 1Taw 15:19]

Ref. Silang FULL: 1Taw 25:8 - membuang undi · membuang undi: 1Taw 26:13

· membuang undi: 1Taw 26:13

Ref. Silang FULL: 1Taw 25:9 - orang Asaf · orang Asaf: 1Taw 6:39; 1Taw 6:39

· orang Asaf: 1Taw 6:39; [Lihat FULL. 1Taw 6:39]

Ref. Silang FULL: 1Taw 25:31 - dua belas · dua belas: 1Taw 9:33; 1Taw 9:33

· dua belas: 1Taw 9:33; [Lihat FULL. 1Taw 9:33]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Taw 25:1-7 - Rombongan Penyanyi Daud telah menetapkan rombongan-rombongan imam dari suku Lewi untuk mengurus imam-imam dalam pelayanan mereka. Sekarang dalam pasal ini Daud mengat...

Matthew Henry: 1Taw 25:8-31 - Rombongan Penyanyi Rombongan Penyanyi (25:8-31) Dua puluh empat orang disebutkan dalam permulaan pasal ini sebagai anak-anak dari tiga tokoh besar tersebut, Asaf, Hem...

SH: 1Taw 25:1-31 - Biduan-biduan bagi Allah (Kamis, 21 Februari 2002) Biduan-biduan bagi Allah Penjelasan yang panjang-lebar tentang para penyanyi menunjukkan minat penulis Tawarikh terhadap musik. Perikop ini memi...

SH: 1Taw 25:1-31 - Pujian dan Respons (Rabu, 10 Mei 2017) Pujian dan Respons Para pemusik yang melayani di Bait Suci adalah anak-anak dari keluarga Asaf, Heman, dan Yedutun (1). Tugas anak-anak Asaf adalah b...

SH: 1Taw 25:1-31 - Melayani dengan Maksimal (Sabtu, 26 Agustus 2023) Melayani dengan Maksimal Dalam dunia pelayanan, pertanyaan yang lebih berpengaruh bukanlah kelebihan apa yang kita miliki, melainkan seberapa besar k...

Topik Teologia: 1Taw 25:3 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Sejarah "Penebusan" Israel Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Sejarah yang tercatat dalam ...

Full Life: 1 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Silsilah-Silsilah: Adam Sampai Pemulihan (1Taw 1:1-9:44) A. Adam Sampai Abraham (1Taw ...

Matthew Henry: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Dalam perkara sehari-hari, pengulangan dipandang sebagai sesuatu yang tidak perlu dan membosankan, tetapi dalam perkara kudus, ada perintah demi pe...

Jerusalem: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

BIS: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) I TAWARIKH PENGANTAR Buku I dan II Tawarikh sebagian besar berisi kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam buku Samuel dan buku Raja-raja. Tet

I TAWARIKH

PENGANTAR

Buku I dan II Tawarikh sebagian besar berisi kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam buku Samuel dan buku Raja-raja. Tetapi di dalam buku Tawarikh kejadian-kejadian itu diceritakan dari segi pandangan lain. Sejarah kerajaan Israel dalam buku Tawarikh ditulis dengan dua maksud utama:

  1. 1. Untuk menunjukkan bahwa sekalipun kerajaan Israel dan Yehuda ditimpa kemalangan, namun Allah masih memegang janji-Nya kepada bangsa itu, dan melaksanakan rencana-Nya untuk umat-Nya melalui orang-orang yang tinggal di Yehuda. Penulis yakin mengenai hal itu karena ia ingat akan hal-hal besar yang telah dicapai oleh Daud dan Salomo, serta pembaruan-pembaruan yang diusahakan oleh Yosafat, Hizkia dan Yosia. Juga karena masih ada orang-orang yang tetap setia menyembah Allah.
  2. 2. Untuk menguraikan asal mula upacara ibadat di Rumah TUHAN di Yerusalem, terutama mengenai susunan jabatan imam dan orang-orang Lewi yang bertugas dalam upacara-upacara ibadat itu. Sekalipun Rumah TUHAN di Yerusalem itu dibangun oleh Salomo, namun di dalam buku Tawarikh ini Daud dikemukakan sebagai pendiri yang sesungguhnya dari Rumah TUHAN itu dan upacara-upacara ibadatnya.

Isi

  1.  Silsilah dan nama-nama
    1Taw 1:1-9:44
  2.  Wafatnya Saul
    1Taw 10:1-14
  3.  Pemerintahan Daud
    1Taw 11:1-29:30
    1. a. Kesukaran-kesukaran yang dialaminya dan hal-hal yang dicapainya
      1Taw 11:1-22:1
    2. b. Persiapan untuk pembangunan Rumah TUHAN
      1Taw 22:2-29:30

Ajaran: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Tawarikh, Jemaat dapat mengetahui perjalanan bangsa Israel sebagai umat Allah dalam rencana Tuhan

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Tawarikh, Jemaat dapat mengetahui perjalanan bangsa Israel sebagai umat Allah dalam rencana Tuhan.

Pendahuluan

Penulis : Kitab I-II Tawarikh kemungkinan besar ditulis oleh Ezra.

Isi Kitab: Kitab I Tawarikh terdiri dari 29 pasal. Kitab II Tawarikh terdiri dari 36 pasal. Isi dari kedua Kitab ini khususnya ialah daftar nama- nama atau silsilah bangsa Israel, dan pengulangan sejarah kerajaan Daud. Namun untuk mengerti lebih jelas akan isi Kitab ini, lihatlah uraian berikut.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Tawarikh

  1. Pasal 1-9 (1Taw 1:1-9:44).

    Daftar silsilah bangsa Israel

    Bagian ini menjelaskan daftar silsilah-silsilah.

    1. Daftar silsilah Adam sampai kepada Abraham dan sampa kepada Esau. 1Taw 1:1-54.
    2. Daftar silsilah keturunan Yehuda. 1Taw 2:1-3:24.
    3. Daftar keturunan Simeon, Lewi, dan Benyamin. 1Taw 4:1-8:28.
    4. Daftar silsilah Saul. 1Taw 8:29-40.
    5. Daftar penduduk Yerusalem sesudah peperangan bangs Israel di Babel. 1Taw 9:1-44.
  2. Pasal 10-29 (1Taw 10:1-29:30).

    Riwayat Daud dan kerajaannya.

    Isi pasal-pasal ini diawali dengan riwayat kematian raja Saul, yang kemudian dilanjutkan dengan riwayat raja Daud. Pada akhir pemerintahannya raja Daud memberi amanat kepada Salomo, anaknya, untuk membangun Bait Allah bagi umat Israel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Taw 10:13-14. Apakah sebabnya raja Saul dihukum oleh Allah? Hal ini berarti apa bagi kita sekarang?
    2. Bacalah pasal 1Taw 11:1-3. Apakah tugas Daud menurut ayat-ayat ini?
    3. Bacalah pasal 1Taw 28:1-11. Apakah amanat pertama Daud kepada Salomo? (1Taw 28:9). Dan apakah amanat yang kedua? Bagaimanaka amanat-amanat ini diterapkan dalam hidup saudara?
    4. Bagaimanakah pemerintahan raja Salomo? (1Taw 29:20-25).

II. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Tawarikh

  1. Pasal 1-9 (2Taw 1:1-9:31).

    Riwayat tentang Salomo dan kerajaannya Pasal-pasal ini menjelaskan bagaimana setelah Salomo diresmikan menjadi raja bangsa Israel, dia mulai membangun Rumah Tuhan sebagaimana dipesan oleh Daud, kemudian Salomo mentahbiskan Rumah Tuhan yang telah didirikannya itu, dengan memberikan kurban persembahan yang berkenan kepada Tuhan. Dalam pemerintahan Salomo yang berkenan kepada Tuhan itu, dia menerima berkat kebesaran dan kemuliaan-Nya, akhir pasal 9; 2Taw 9:1-31 menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Taw 1:7-13. Apakah isi permintaan Salomo kepada Tuhan? Dan apakah yang diterimanya? Bagaimana dengan isi permohonan doa kita pada Tuhan?
    2. Kejayaan kerajaan Salomo disebabkan karena hikmat yan ada padanya. Dari manakah datangnya hikmat Salomo? (2Taw 9:22). Apakah saudara mempunyai hikmat dari Allah?
  2. Pasal 10-36 (2Taw 10:1-36:23).

    Riwayat tentang raja-raja dalam kerajaan Yehuda Dalam pasal-pasal ini, dijelaskan tentang raja-raja kerajaan Yehuda yang kebanyakan dari mereka tidak mengindahkan Firman Tuhan. Akhirnya kerajaan Yehuda runtuh.

    Pendalaman

    Kebanyakan dari raja-raja kerajaan Yehuda setelah Salomo bersifat seperti yang terdapat dalam pasal 2Taw 36:11-16. Itulah sebabnya mereka dihukum oleh Allah. Sifat-sifat bagaimanakah yang diberkati Tuhan? (Banding sifat jelek pada pasal 2Taw 36:11-16).

III. Kesimpulan/penerapan

  1. Keberhasilan hanya dapat diperoleh apabila berada di pihak Allah.

  2. Allah tidak segan untuk melimpahkan berkat-berkatnya kepada orang yang percaya dan tulus hati.

  3. Pertolongan yang sejati hanya ada pada Allah yang adalah sumber kekuasaan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi dari kitab I-II Tawarikh?
  2. Sebutkanlah pelajaran rohani yang saudara terima setelah pelajaran ini.

Intisari: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Sejarah kerohanian bangsa Israel TENTANG APA I TAWARIKH? I Tawarikh merupakan buku sejarah yang khususnya menceritakan pemerintahan Raja Daud (1000-9

Sejarah kerohanian bangsa Israel

TENTANG APA I TAWARIKH?
I Tawarikh merupakan buku sejarah yang khususnya menceritakan pemerintahan Raja Daud (1000-961 SM). Pasal-pasal pembukaan (1Ta 1-9) merupakan ringkasan tentang sejarah mula-mula bangsa Israel dengan menuliskan silsilah keturunan yang dimulai dari Adam dan seterusnya. Kitab ini secara singkat juga menyebutkan kejatuhan Saul dan kenaikan Salomo. Tetapi, sisanya melulu bercerita mengenai Daud.

BAGAIMANA CARA PENULISAN I TAWARIKH?
I Tawarikh tidak ditulis oleh seorang penulis, tetapi oleh seorang penyusun tulisan yang dengan pandainya menggabungkan sejumlah tulisan yang terdahulu (lihat 1Ta 9:1; 29:29,30) untuk dijadikan suatu kesatuan sejarah. Tradisi Yahudi menegaskan bahwa si penyusun itu ialah Ezra.
Kitab ini merupakan bagian dari suatu karya yang terdiri dari empat jilid, yang termasuk didalamnya 2 Tawarikh, Ezra dan Nehemia.
Ada beberapa usul mengenai masa penyusunan kitab itu. Jika Ezra dianggap sebagai penyunting, maka kitab itu boleh jadi disusun dalam abad keempat sebelum Masehi.

MENGAPA I TAWARIKH DITULIS?
Kisah sejarah yang terdapat dalam I Tawarikh ditulis dengan suatu tujuan tertentu; tidak hanya mencatat fakta-fakta sejarah, tetapi juga mengemukakan arti dari apa yang terjadi. 1 Tawarikh merupakan kitab sejarah yang ditulis menurut pandangan Tuhan. Kitab ini ditulis pada waktu umat Allah hidup dalam lingkungan yang bersiifat sangat duniawi. Negeri mereka telah hancur karena perang, akibatnya banyak dari mereka yang runtuh imannya. Mereka tidak lagi dapat melihat campur tangan Allah dalam masalah-masalah mereka atau percaya bahwa Dia adalah Allah yang menepati apa yang telah dijanjikannya. I Tawarikh menjelaskan mengapa peristiwa sejarah berjalan sedemikian rupa dan mengapa masih mungkin menekuni iman.

APAKAH 1 TAWARIKH DAPAT DIPERCAYA?
Si penyusun seakan-akan memilih peristiwa sejarah untuk membuktikan argumentasinya, dan sebagai akibatnya banyak fakta sejarah bangsa Israel yang terlewatkan dan gambaran sejarah yang disusunnya agak berbeda dengan yang ditemukan dalam Samuel atau Raja-raja. Dari kisah-kisah yang dihilangkan terdapat kisah Elia dan peristiwa-peristiwa yang kurang berkenan dalam kehidupan Daud. Walaupun demikian, tidak dapat dikatakan bahwa I Tawarikh tidak akurat. Si penyusun tidak mengada-ada, ia semata-mata memakai apa yang ada untuk menarik pelajaran tertentu untuk masa itu. Sejarah masih ditulis dengan cara seperti itu. Sebenarnya, sukar untuk menulis sejarah tanpa memilih fakta yang dapat dibuktikan. dan itulah yang dilakukan oleh si Penyusun.

Pesan

I Tawarikh semata-mata berisi tentang hubungan bangsa Israel dengan Allah. Kitab itu menekankan hal-hal berikut:

1. Perlunya beribadah
o Ibadah seharusnya dilaksanakan dengan:
o Penuh suka cita. Penyampaian rasa terima kasih kepada Allah banyak kita jumpai dalam kitab ini. 1Ta 13:8; 15:16; 16:4-36; 29:22
o Diwarnai dengan musik. Musik ditambahkan ke dalam suka cita dan pujian. 1Ta 13:8; 15:16,28; 25:3,6,7
o Benar. Mereka tidak terbawa arus suka cita dan tidak menyembah Allah semau mereka sendiri. Ibadah mereka dilakukan sesuai dengan hukum Allah. 1Ta 15:2,12-15; 16:1,40; 23:31; 24:19
o Murni. Baik penyucian maupun pengakuan dosa amat penting supaya ibadah kita menyenangkan hati Tuhan. 1Ta 15:12-15; 23:28
o Kerendahan hati. Doa-doa Daud menekankan betapa murahnya Allah dan tidak layaknya kita untuk menerima kemurahan-Nya. Daud merasa ia tidak layak di hadapan Allah. 1Ta 16:29,30; 17:16-27; 29:10-19

2. Perlunya ketaatan
o Saul digulingkan karena ketidaktaatan. 1Ta 10:13,14; 1Sa 28:3-25
o Uza dibunuh karena ketidaktaatan. 1Ta 13:9,10; 15:2
o Daud diberkati karena keinginan untuk mencari kehendak Allah dan menaatinya. 1Ta 14:2; 14:10,14; 17:1-27; 22:13

3. Perlunya percaya
Allah dapat dipercaya karena:
o Janji-janji-Nya menjadi kenyataan. 1Ta 11:2,3; 12:23; 17:26; 27:23
o Ia menentukan hasil peperangan. 1Ta 14:10-17; 18:13; 19:13
o Ia mengendalikan hari depan. 1Ta 17:9-14

4. Perlunya pelayanan
o yang terbaik bagi Allah 1Ta 13:7; 22:5
o yang menjadikan waspada terhadap godaan. 1Ta 21:1
o yang penuh pengorbanan. 1Ta 21:24
o yang sepenuh hati. 1Ta 28:9
o yang penuh keikhlasan 1Ta 28:9

Penerapan

1. Pesan untuk Gereja
o Ibadah harus merupakan:
- suatu upacara yang menyenangkan.
- pernyataan terima kasih yang diwarnai dengan musik.
- perayaan yang penuh hormat.
- pemujaan dengan penuh kerendahan hati.
o Pelayanan harus:
- dengan motivasi yang benar.
- dengan roh yang benar.
- tidak dengan sikap acuh tak acuh.
- yang terbaik bagi Allah.
o Pembangunan harus:
- mencerminkan kebesaran Allah.
- tidak membatasi visi kita tentang Allah.

2. Pesan bagi orang Kristen
o Percaya kepada Allah dengan sepenuh hati.
o Taatilah Allah dengan sungguh-sungguh.
o Layanilah Allah dengan penuh suka cita.

3. Pesan bagi orang yang belum percaya
o Allah bekerja di balik semua yang terjadi di dunia ini.
o Allah tidak boleh dipandang enteng.
o Tidak boleh berlaku jahat terhadap umat Allah.

Tema-tema Kunci

1. Apa yang dapat kita pelajari tentang doa
Pelajarilah doa-doa Daud (1Ta 16:8-36; 17:16-27; 29:10-19). Dengan cara bagaimana doa-doa Daud itu memberikan kepada kita suatu pola bagi doa-doa kita sendiri?

2. Apa yang dapat kita pelajari tentang pelayanan
Mudah saja untuk menghilangkan daftar nama-nama yang ada, tetapi dengan berbuat demikian berarti kita akan kehilangan beberapa fakta penting. Lihatlah beberapa daftar nama itu (misalnya 1Ta 12:23-37; 25:1-8) dan catatlah apa yang dapat kita pelajari tentang pelayanan Kristen melalui cara orang-orang ini melayani Daud.

3. Apa yang dapat kita pelajari tentang kegagalan
Dosa Daud dengan mengadakan sensus menunjukkan kepada kita bahwa kita harus selalu waspada godaan. Pelajarilah insiden itu (1Ta 21:1-22) dan lihatlah bagaimana Daud telah melakukan suatu kesalahan; bagaimana Daud menanggung segala akibatnya; pelajaran apa yang didapat oleh Daud, dan apa reaksinya, serta bagaimana pada akhirnya segala sesuatu berjalan dengan baik.

4. Apa yang dapat kita pelajari mengenai pembangunan
Orang Kristen dewasa ini sangat menekankan masalah pembangunan. Pelajarilah penolakan Allah untuk mengizinkan Daud membangun Rumah Tuhan (1Ta 17:3-15) dan persiapan yang dilakukan oleh Daud untuk Rumah Tuhan (1Ta 22:2-19). Sebutkan bahaya yang menyangkut pembangunan dan prinsip-prinsip apa yang dapat diungkapkan dari masalah itu?

5. Apa yang dapat kita pelajari mengenai pemilihan
Tema utama dari 1 Tawarikh ialah bahwa Allah memilih Daud dan keluarganya untuk memerintah Israel di Yerusalem (1Ta 16:13; 28:4-6,10; 29:1). Mengapa fakta ini ditekankan di sini, dan apa tujuan praktis dari doktrin mengenai pemilihan?

6. Apa yang dapat kita pelajari mengenai memberi
Prinsip apa yang diajarkan berkenaan dengan memberi bagi pekerjaan Allah (1Ta 29:3-5)? Telusurilah pengajaran dalam Perjanjian Baru (1Ko 16:1,2; 2Korintus 8 dan 2Ko 9) dan tulislah prinsip-prinsip lain yang Anda temukan disitu.

Garis Besar Intisari: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] SEJARAH KETURUNAN BANGSA ISRAEL 1Ta 1:1-9:44 1Ta 1:1-2:2Dari Adam sampai anak-anak Yakub 1Ta 2:3-4:23Keturunan Yehuda 1Ta 4:24-43Keturunan Si

[1] SEJARAH KETURUNAN BANGSA ISRAEL 1Ta 1:1-9:44

1Ta 1:1-2:2Dari Adam sampai anak-anak Yakub
1Ta 2:3-4:23Keturunan Yehuda
1Ta 4:24-43Keturunan Simeon
1Ta 5:1-10Keturunan Ruben
1Ta 5:11-22Keturunan Gad
1Ta 5:23-26Pemimpin-pemimpin suku Manasye yang berdosa
1Ta 6:1-53Keturuan Lewi
1Ta 6:54-81Kota-kota bangsa Lewi
1Ta 7:1-5Keturuan Isakhar
1Ta 7:6-12Keturunan Benyamin
1Ta 7:13Keturunan Naftali
1Ta 7:14-19Keturunan Manasye
1Ta 7:20-29Keturunan Efraim
1Ta 7:30-40Keturunan Asher
1Ta 8:1-40Keturunan Benyamin
1Ta 9:1-44Penduduk pertama Yerusalem sesudah pembuangan

[2] SEJARAH PEMERINTAHAN DAUD 1Ta 10:1-29:30

1Ta 10:1-14Hari-hari terakhir Saul
1Ta 11:1-3Daud menjadi raja
1Ta 11:4-9Daud menduduki Yerusalem
1Ta 11:10-47Pejuang-pejuang Daud yang gagah perkasa
1Ta 12:1-22Pendukung-pendukung Daud di Ziklag
1Ta 12:23-40Pasukan Daud di Hebron
1Ta 13:1-14Usaha yang gagal untuk memindahkan Tabut Perjanjian ke Yerusalem
1Ta 14:1-17Daud-raja seluruh Israel
1Ta 15:1-29Tabut perjanjian dibawa ke Yerusalem
1Ta 16:1-43Rasa syukur di Yerusalem
1Ta 17:1-27Permohonan Daud untuk membangun Rumah Tuhan ditolak
1Ta 18:1-20:8Kemenangan-kemenangan pasukan Daud
1Ta 21:1-22:1Daud mengadakan sensus dan hasilnya
1Ta 22:2-23:1Persiapan untuk mendirikan Rumah Tuhan
1Ta 23:2-26:32Daftar orang Lewi
1Ta 27:1-34Daftar pejabat pemerintahan

Kata-kata terakhir Daud:

1Ta 28:1-8kepada para pejabat
1Ta 28:9-21kepada Salomo
1Ta 29:1-9Kepada rakyatnya
1Ta 29:10-19Kepada Allahnya
1Ta 29:20-30Daud meninggal
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #29: Klik ikon untuk merubah popup menjadi mode sticky, untuk merubah mode sticky menjadi mode popup kembali. [SEMUA]
dibuat dalam 0.48 detik
dipersembahkan oleh YLSA