kecilkan semua  

Teks -- 1 Samuel 22:1-23 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Daud di gua Adulam
22:1 Lalu Daud pergi dari sana dan melarikan diri ke gua Adulam. Ketika saudara-saudaranya dan seluruh keluarganya mendengar hal itu, pergilah mereka ke sana mendapatkan dia. 22:2 Berhimpunlah juga kepadanya setiap orang yang dalam kesukaran, setiap orang yang dikejar-kejar tukang piutang, setiap orang yang sakit hati, maka ia menjadi pemimpin mereka. Bersama-sama dengan dia ada kira-kira empat ratus orang. 22:3 Dari sana Daud pergi ke Mizpa di Moab dan berkata kepada raja negeri Moab: "Izinkanlah ayahku dan ibuku tinggal padamu, sampai aku tahu, apa yang dilakukan Allah kepadaku." 22:4 Lalu diantarkannyalah mereka kepada raja negeri Moab, dan mereka tinggal bersama dia selama Daud ada di kubu gunung. 22:5 Tetapi Gad, nabi itu, berkata kepada Daud: "Janganlah tinggal di kubu gunung itu, pergilah dan pulanglah ke tanah Yehuda." Lalu pergilah Daud dan masuk ke hutan Keret.
Para imam di Nob dibunuh
22:6 Hal itu terdengar oleh Saul, sebab Daud dan orang-orang yang bersama-sama dengan dia telah diketahui tempatnya. Adapun Saul ada di Gibea, sedang duduk di bawah pohon tamariska di bukit, dengan tombaknya di tangan dan semua pegawainya berdiri di dekatnya. 22:7 Lalu berkatalah Saul kepada para pegawainya yang berdiri di dekatnya: "Cobalah dengar, ya orang-orang Benyamin! Apakah anak Isai itu juga akan memberikan kepada kamu sekalian ladang dan kebun anggur, apakah ia akan mengangkat kamu sekalian menjadi kepala atas pasukan seribu dan atas pasukan seratus, 22:8 sehingga kamu sekalian mengadakan persepakatan melawan aku dan tidak ada seorangpun yang menyatakan kepadaku, bahwa anakku mengikat diri dengan anak Isai itu? Tidak ada seorangpun dari kamu yang cemas karena aku, atau yang menyatakan kepadaku, bahwa anakku telah menghasut pegawaiku melawan aku menjadi penghadang seperti sekarang ini." 22:9 Lalu menjawablah Doeg, orang Edom itu, yang berdiri dekat para pegawai Saul, katanya: "Telah kulihat, bahwa anak Isai itu datang ke Nob, kepada Ahimelekh bin Ahitub. 22:10 Ia menanyakan TUHAN bagi Daud dan memberikan bekal kepadanya; juga pedang Goliat, orang Filistin itu, diberikannya kepadanya." 22:11 Lalu raja menyuruh memanggil Ahimelekh bin Ahitub, imam itu, bersama-sama dengan seluruh keluarganya, para imam yang di Nob; dan datanglah sekaliannya menghadap raja. 22:12 Kata Saul: "Cobalah dengar, ya anak Ahitub!" Jawabnya: "Ya, tuanku." 22:13 Kemudian bertanyalah Saul kepadanya: "Mengapa kamu mengadakan persepakatan melawan aku, engkau dengan anak Isai itu, dengan memberikan roti dan pedang kepadanya, menanyakan Allah baginya, sehingga ia bangkit melawan aku menjadi penghadang seperti sekarang ini?" 22:14 Lalu Ahimelekh menjawab raja: "Tetapi siapakah di antara segala pegawaimu yang dapat dipercaya seperti Daud, apalagi ia menantu raja dan kepala para pengawalmu, dan dihormati dalam rumahmu? 22:15 Bukan ini pertama kali aku menanyakan Allah bagi dia. Sekali-kali tidak! Janganlah kiranya raja melontarkan tuduhan kepada hambamu ini, bahkan kepada seluruh keluargaku, sebab hambamu ini tidak tahu apa-apa tentang semuanya itu, baik tentang perkara kecil maupun perkara besar." 22:16 Tetapi raja berkata: "Engkau mesti dibunuh, Ahimelekh, engkau dan seluruh keluargamu." 22:17 Lalu raja memerintahkan kepada bentara yang berdiri di dekatnya: "Majulah dan bunuhlah para imam TUHAN itu sebab mereka membantu Daud; sebab walaupun mereka tahu, bahwa ia melarikan diri, mereka tidak memberitahukan hal itu kepadaku." Tetapi para pegawai raja tidak mau mengangkat tangannya untuk memarang imam-imam TUHAN itu. 22:18 Lalu berkatalah raja kepada Doeg: "Majulah engkau dan paranglah para imam itu." Maka majulah Doeg, orang Edom itu, lalu memarang para imam itu. Ia membunuh pada hari itu delapan puluh lima orang, yang memakai baju efod dari kain lenan. 22:19 Juga penduduk Nob, kota imam itu, dibunuh raja dengan mata pedang; laki-laki maupun perempuan, kanak-kanak maupun anak yang menyusu, pula lembu, keledai dan domba dibunuhnya dengan mata pedang. 22:20 Tetapi seorang anak Ahimelekh bin Ahitub, namanya Abyatar luput; ia melarikan diri menjadi pengikut Daud. 22:21 Ketika Abyatar memberitahukan kepada Daud, bahwa Saul telah membunuh para imam TUHAN, 22:22 berkatalah Daud kepada Abyatar: "Memang pada hari itu juga ketika Doeg, orang Edom itu, ada di sana, aku telah tahu, bahwa pasti ia akan memberitahukannya kepada Saul. Akulah sebab utama dari pada kematian seluruh keluargamu. 22:23 Tinggallah padaku, janganlah takut; sebab siapa yang ingin mencabut nyawamu, ia juga ingin mencabut nyawaku; di dekatku engkau aman."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abyatar a son of Ahimelech; a high priest and counselor of David,son of Ahimelech (Ahitub I Ithamar Aaron); counselor of David
 · Adulam a town of Judah 16 km ESE of Gath and 17 km NW of Hebron,a cave near the town of Adullam
 · Ahimelekh priest (Eli Ithamar) of Nob, whom Saul killed; Ahimelech I,a priest, Ahimelech II; son of Abiathar son of Ahimelech I,a man who was part of David's fugitive band; a Hittite
 · Ahitub chief priest Ahitub I; son of Phinehas II son of Eli,chief priest Ahitub II; son of Amariah I (WZ-466),chief priest, Ahitub III; son of Amariah II
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Edom resident(s) of the region of Edom
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Doeg a man from Edom who was chief of Saul's herdsmen
 · Doëg a man from Edom who was chief of Saul's herdsmen
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Filistea the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · Gad the tribe of Israel descended from Gad, the son of Jacob,the man; the son of Jacob and Zilpah,the tribe of Gad in Israel,a prophet and long time advisor to King David
 · Gibea- a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeat a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeon a town of Benjamin pioneered by Jeiel of Benjamin
 · Goliat a Philistine giant from Gath,a Philistine giant from Gath killed by Elhanan.
 · Isai a son of Obed; the father of David the king and ancestor of Jesus,son of Obed of Judah; father of David
 · kaum suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Keret a forest near Adullam and Keilah
 · Moab resident(s) of the country of Moab
 · Nob a town 5 or 6 kilometers NE of Jerusalem
 · orang Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · orang dari Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang Edom resident(s) of the region of Edom
 · orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · orang Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang-orang Benyamin member(s) of the tribe of Benjamin
 · orang-orang Edom resident(s) of the region of Edom


Topik/Tema Kamus: Abyatar | Saul | Daud | Ahimelekh | Samuel | Doeg | Silo | Fitnah | Gua | Isai | Pohon | Mati Syahid | Gad | Efod | Hutan | Raja | Orang Yang Berpiutang, Memberi Pinjaman) | Orang Moab | Pohon Kayu Yang Dianggap Sebagai Berhala | Setia, Kesetiaan (Percaya) | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Sam 22:18 - IA MEMBUNUH ... DELAPAN PULUH LIMA ORANG. Nas : 1Sam 22:18 Allah membiarkan Doeg membunuh hamba-hamba Allah dan orang tidak berdosa lainnya, termasuk wanita dan anak-anak. Di dunia yang ber...

Nas : 1Sam 22:18

Allah membiarkan Doeg membunuh hamba-hamba Allah dan orang tidak berdosa lainnya, termasuk wanita dan anak-anak. Di dunia yang berdosa ini, orang yang tidak bersalah sering menderita dengan tidak adil. Umat Allah jangan terkejut apabila mereka menderita karena perbuatan orang jahat. Dalam hidup ini kita akan mengalami kesulitan (Kis 14:22), tetapi dalam hidup yang akan datang kita akan menerima berkat berkelimpahan yang jauh melampaui semua penderitaan dan kesusahan kita saat ini (Rom 8:18-39).

BIS: 1Sam 22:14 - kepala Beberapa terjemahan kuno: kepala; Ibrani: menjadi.

Beberapa terjemahan kuno: kepala; Ibrani: menjadi.

BIS: 1Sam 22:15 - Memang ... kalinya Memang ... kalinya; atau apakah hamba melakukan kesalahan hari ini karena meminta petunjuk dari Allah untuk dia? Sekali-kali tidak!

Memang ... kalinya; atau apakah hamba melakukan kesalahan hari ini karena meminta petunjuk dari Allah untuk dia? Sekali-kali tidak!

BIS: 1Sam 22:22 - akulah yang bertanggung jawab Beberapa terjemahan kuno: akulah yang bertanggung jawab; Ibrani: Aku berbalik.

Beberapa terjemahan kuno: akulah yang bertanggung jawab; Ibrani: Aku berbalik.

Jerusalem: 1Sam 22:1 - gua Gua-gua di padang gurun Yehuda sepanjang segala masa menjadi tempat pengungsian bagi semua orang yang entah karena apa dikejar. Adulam adalah sebuah k...

Gua-gua di padang gurun Yehuda sepanjang segala masa menjadi tempat pengungsian bagi semua orang yang entah karena apa dikejar. Adulam adalah sebuah kota yang terletak di Sefela, ialah "Tanah Rendah".

Jerusalem: 1Sam 22:3 - tinggal padamu Daud bertindak demikian dengan maksud meluputkan sanak saudaranya dari balas dendam dari pihak Saul. Menurut Rut 1Sa 4:17 Daud berkerabat dengan bangs...

Daud bertindak demikian dengan maksud meluputkan sanak saudaranya dari balas dendam dari pihak Saul. Menurut Rut 1Sa 4:17 Daud berkerabat dengan bangsa Moab, bdk Mat 1:5-6.

Jerusalem: 1Sam 22:5 - Gad Tokoh ini tetap pada Daud sebagai nabi dan "pelihatnya", 2Sa 24:11 dst; seorang pejabat yang bertugas "bertanya kepada Tuhan" sehubungan dengan tindak...

Tokoh ini tetap pada Daud sebagai nabi dan "pelihatnya", 2Sa 24:11 dst; seorang pejabat yang bertugas "bertanya kepada Tuhan" sehubungan dengan tindakan yang harus diambil raja.

Jerusalem: 1Sam 22:8 - cemas Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani terbaca: sakit

Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani terbaca: sakit

Jerusalem: 1Sam 22:8 - penghadang Begitulah terbaca dalam terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: mata-mata.

Begitulah terbaca dalam terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: mata-mata.

Jerusalem: 1Sam 22:14 - kepala Ini menurut terjemahan Yunani Naskah Ibrani tidak jelas.

Ini menurut terjemahan Yunani Naskah Ibrani tidak jelas.

Jerusalem: 1Sam 22:22 - sebab utama Begitu terbaca dalam terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: aku berbelok.

Begitu terbaca dalam terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: aku berbelok.

Jerusalem: 1Sam 22:23 - Tinggallah padaku Abyatar menjadi imam raja Daud sampai Daud mangkat. Abyatar dipecat oleh Salomo, 1Ra 2:26-27.

Abyatar menjadi imam raja Daud sampai Daud mangkat. Abyatar dipecat oleh Salomo, 1Ra 2:26-27.

Ende: 1Sam 22:1 - darisana bukanlah dari Akisj, melainkan agaknja dari Nob. Dawud mulai mentjiptakan gerombolan. Sanak-saudaranja, oleh sebab pasti akan dibunuh oleh Sjaul, kare...

bukanlah dari Akisj, melainkan agaknja dari Nob. Dawud mulai mentjiptakan gerombolan. Sanak-saudaranja, oleh sebab pasti akan dibunuh oleh Sjaul, karena si pemberontak Dawud.

Ende: 1Sam 22:3 - -- "darisana", agaknja dari Nob pula. Dawud mentjari perlindungan untuk orang sekeluarga, jang tidak sanggup mengikutinja dalam hidup mengembara. Ia berb...

"darisana", agaknja dari Nob pula.

Dawud mentjari perlindungan untuk orang sekeluarga, jang tidak sanggup mengikutinja dalam hidup mengembara. Ia berbalik kepada suku Moab oleh disini ia sendiri liwat Rut adalah berkarib dengan suku ini.

Ende: 1Sam 22:5 - -- Nabi Gad disini untuk pertama kalinja muntjul. Radja2 mempunjai "nabi", atau "pelihat" sebagai salah satu pendjawat istana tetap. Pada Dawud muntjul G...

Nabi Gad disini untuk pertama kalinja muntjul. Radja2 mempunjai "nabi", atau "pelihat" sebagai salah satu pendjawat istana tetap. Pada Dawud muntjul Gad tsb dan Natan.

Ende: 1Sam 22:6-23 - -- meneruskan 1Sa 21:2-10.

meneruskan 1Sa 21:2-10.

Ende: 1Sam 22:7 - -- Sjaul memang lebih menganugerahi kaum sesuku. Dawud termasuk suku Juda, dan ia mendjadi raja, maka kaum Binjamin akan kehilangan kedudukannja jang chu...

Sjaul memang lebih menganugerahi kaum sesuku. Dawud termasuk suku Juda, dan ia mendjadi raja, maka kaum Binjamin akan kehilangan kedudukannja jang chusus dalam istana.

Ende: 1Sam 22:17 - -- Orang Israil sendiri tidak berani membunuh imam2nja. Karena itu Sjaul berseru kepada orang kafir, Doeg.

Orang Israil sendiri tidak berani membunuh imam2nja. Karena itu Sjaul berseru kepada orang kafir, Doeg.

Endetn: 1Sam 22:3 - tinggal diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "keluar ke-".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "keluar ke-".

Endetn: 1Sam 22:8 - kasihan diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: sakit (hati)".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: sakit (hati)".

Endetn: 1Sam 22:14 - komandan diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ia berbelok"(?).

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ia berbelok"(?).

Endetn: 1Sam 22:17 - kepadaku diperbaiki menurut banjak naskah Hibrani dan tjatatan Kere. Tertulis: "kepadanja".

diperbaiki menurut banjak naskah Hibrani dan tjatatan Kere. Tertulis: "kepadanja".

Endetn: 1Sam 22:19 - -- Ditinggalkan "dengan mata pedang", menurut terdjemahan Junani.

Ditinggalkan "dengan mata pedang", menurut terdjemahan Junani.

Endetn: 1Sam 22:22 - bertanggung djawab diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani tidak terang.

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani tidak terang.

Endetn: 1Sam 22:23 - (hidup)mu-(-)ku diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "(-)ku (-)mu".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "(-)ku (-)mu".

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:1 - ke gua // Adulam · ke gua: Mazm 57:1; 142:1 · Adulam: Kej 38:1; Kej 38:1

· ke gua: Mazm 57:1; 142:1

· Adulam: Kej 38:1; [Lihat FULL. Kej 38:1]

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:2 - Berhimpunlah · Berhimpunlah: 1Sam 23:13; 25:13; 2Sam 15:20

· Berhimpunlah: 1Sam 23:13; 25:13; 2Sam 15:20

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:4 - negeri Moab · negeri Moab: Kej 19:37; Kej 19:37

· negeri Moab: Kej 19:37; [Lihat FULL. Kej 19:37]

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:5 - Tetapi Gad // hutan Keret · Tetapi Gad: 2Sam 24:11; 1Taw 21:9; 29:29; 2Taw 29:25 · hutan Keret: 2Sam 23:14

· Tetapi Gad: 2Sam 24:11; 1Taw 21:9; 29:29; 2Taw 29:25

· hutan Keret: 2Sam 23:14

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:6 - sedang duduk // pohon tamariska · sedang duduk: Hak 4:5; Hak 4:5 · pohon tamariska: Kej 21:33; Kej 21:33

· sedang duduk: Hak 4:5; [Lihat FULL. Hak 4:5]

· pohon tamariska: Kej 21:33; [Lihat FULL. Kej 21:33]

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:7 - menjadi kepala · menjadi kepala: Ul 1:15; Ul 1:15

· menjadi kepala: Ul 1:15; [Lihat FULL. Ul 1:15]

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:8 - mengadakan persepakatan // mengikat diri // anak Isai // yang cemas · mengadakan persepakatan: 1Sam 22:13 · mengikat diri: 1Sam 18:3; 1Sam 18:3 · anak Isai: 2Sam 20:1 · yang cemas: 1Sam 23:2...

· mengadakan persepakatan: 1Sam 22:13

· mengikat diri: 1Sam 18:3; [Lihat FULL. 1Sam 18:3]

· anak Isai: 2Sam 20:1

· yang cemas: 1Sam 23:21

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:9 - menjawablah Doeg // ke Nob // bin Ahitub · menjawablah Doeg: 1Sam 21:7; 1Sam 21:7 · ke Nob: 1Sam 21:1; 1Sam 21:1 · bin Ahitub: 1Sam 14:3

· menjawablah Doeg: 1Sam 21:7; [Lihat FULL. 1Sam 21:7]

· ke Nob: 1Sam 21:1; [Lihat FULL. 1Sam 21:1]

· bin Ahitub: 1Sam 14:3

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:10 - Ia menanyakan // memberikan bekal // juga pedang · Ia menanyakan: Kej 25:22; Kej 25:22; 1Sam 23:2; 1Sam 23:2 · memberikan bekal: 1Sam 21:6; 1Sam 21:6 · juga pedang: 1Sam 17:51; 1...

· Ia menanyakan: Kej 25:22; [Lihat FULL. Kej 25:22]; 1Sam 23:2; [Lihat FULL. 1Sam 23:2]

· memberikan bekal: 1Sam 21:6; [Lihat FULL. 1Sam 21:6]

· juga pedang: 1Sam 17:51; [Lihat FULL. 1Sam 17:51]

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:13 - mengadakan persepakatan · mengadakan persepakatan: 1Sam 22:8

· mengadakan persepakatan: 1Sam 22:8

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:14 - Tetapi siapakah · Tetapi siapakah: 1Sam 19:4; 1Sam 19:4

· Tetapi siapakah: 1Sam 19:4; [Lihat FULL. 1Sam 19:4]

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:16 - seluruh keluargamu · seluruh keluargamu: 1Sam 2:31; 1Sam 2:31

· seluruh keluargamu: 1Sam 2:31; [Lihat FULL. 1Sam 2:31]

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:17 - tidak mau · tidak mau: Kel 1:17; Kel 1:17

· tidak mau: Kel 1:17; [Lihat FULL. Kel 1:17]

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:18 - para imam // baju efod · para imam: 1Sam 4:17; 1Sam 4:17 · baju efod: 1Sam 2:18,31; 1Sam 2:18; 1Sam 2:31

· para imam: 1Sam 4:17; [Lihat FULL. 1Sam 4:17]

· baju efod: 1Sam 2:18,31; [Lihat FULL. 1Sam 2:18]; [Lihat FULL. 1Sam 2:31]

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:19 - penduduk Nob // mata pedang · penduduk Nob: 1Sam 21:1; 1Sam 21:1 · mata pedang: 1Sam 15:3; 1Sam 15:3

· penduduk Nob: 1Sam 21:1; [Lihat FULL. 1Sam 21:1]

· mata pedang: 1Sam 15:3; [Lihat FULL. 1Sam 15:3]

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:20 - bin Ahitub // namanya Abyatar // pengikut Daud · bin Ahitub: 1Sam 14:3; 1Sam 14:3 · namanya Abyatar: 1Sam 23:6,9; 30:7; 2Sam 15:24; 20:25; 1Raj 1:7; 2:22,26,27; 4:4; 1Taw 15:11; 27:34...

· bin Ahitub: 1Sam 14:3; [Lihat FULL. 1Sam 14:3]

· namanya Abyatar: 1Sam 23:6,9; 30:7; 2Sam 15:24; 20:25; 1Raj 1:7; 2:22,26,27; 4:4; 1Taw 15:11; 27:34

· pengikut Daud: 1Sam 2:32; [Lihat FULL. 1Sam 2:32]

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:22 - ketika Doeg · ketika Doeg: 1Sam 21:7; 1Sam 21:7

· ketika Doeg: 1Sam 21:7; [Lihat FULL. 1Sam 21:7]

Ref. Silang FULL: 1Sam 22:23 - mencabut nyawamu · mencabut nyawamu: 1Sam 20:1; 1Sam 20:1

· mencabut nyawamu: 1Sam 20:1; [Lihat FULL. 1Sam 20:1]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Sam 22:1 - Pergilah mereka ke sana 22:1. Pergilah mereka ke sana. Maksudnya, dari rumah mereka di Betlehem. Seluruh keluarga Daud rupanya ikut melarikan diri bersama dengan Daud. Di Tim...

22:1. Pergilah mereka ke sana. Maksudnya, dari rumah mereka di Betlehem. Seluruh keluarga Daud rupanya ikut melarikan diri bersama dengan Daud. Di Timur merupakan kebiasaan bahwa seluruh keluarga dibunuh karena kesalahan satu orang anggota keluarga, dan pembantaian di Nob mengingatkan keluarga Daud akan apa yang mungkin terjadi atas diri mereka.

Wycliffe: 1Sam 22:5 - Gad 5. Gad ini disebut di sini untuk pertama kalinya. Di kemudian hari dia menjadi pelihat Daud (II Sam. 24:11). Dia menegur Daud atas dosanya mengadakan ...

5. Gad ini disebut di sini untuk pertama kalinya. Di kemudian hari dia menjadi pelihat Daud (II Sam. 24:11). Dia menegur Daud atas dosanya mengadakan sensus dan menulis sejarah pemerintahan Daud (I Taw. 29:29). Dari II Tawarikh 29:25 tampak bahwa dia memperhatikan pengaturan kebaktian di Bait Suci.

Wycliffe: 1Sam 22:6 - Saul .. . sedang duduk di bawah pohon tamariska 6. Saul .. . sedang duduk di bawah pohon tamariska. Sebuah gambaran yang jelas tentang sebuah dewan pada waktu itu, yaitu dewan yang bertemu secara me...

6. Saul .. . sedang duduk di bawah pohon tamariska. Sebuah gambaran yang jelas tentang sebuah dewan pada waktu itu, yaitu dewan yang bertemu secara mendadak untuk membahas masalah-masalah negara dan melaksanakan keadilan.

Wycliffe: 1Sam 22:7 - Ya orang-orang Benyamin // Apakah anak Isai itu juga akan memberikan 7. Ya orang-orang Benyamin menunjukkan betapa tetap terisolasinya suku-suku tersebut sehingga untuk sebagian besar Saul dikelilingi oleh anggota sukun...

7. Ya orang-orang Benyamin menunjukkan betapa tetap terisolasinya suku-suku tersebut sehingga untuk sebagian besar Saul dikelilingi oleh anggota sukunya sendiri. Apakah anak Isai itu juga akan memberikan. Saul tidak memiliki istana dan tempat bersidang yang luas. Orang-orang kepercayaannya semua merupakan orang Benyamin. Saul menunjukkan bahwa Daud juga akan sesempit itu di dalam ikatan kesukuannya. Sekalipun demikian, kenyataannya, Daud justru melakukan kebalikannya dan menghadapi risiko kehilangan kesetiaan orang Yehuda.

Wycliffe: 1Sam 22:18 - Yang memakai baju efod dari kain lenan // memakai 18. Yang memakai baju efod dari kain lenan. Kata yang diterjemahkan dengan memakai senantiasa berarti "mengangkat," "membawa." Dengan demikian, Doeg p...

18. Yang memakai baju efod dari kain lenan. Kata yang diterjemahkan dengan memakai senantiasa berarti "mengangkat," "membawa." Dengan demikian, Doeg pada hari itu membunuh delapan puluh lima orang pemikul efod, yaitu imam-imam yang sedang bertugas, masing-masing memenuhi syarat untuk memberikan pesan-pesan ilahi dengan memakai efod.

Wycliffe: 1Sam 22:19 - Mata pedang 19. Mata pedang. Secara harfiah, menurut mulut pedang. Orang kuno membuat pedang seperti seekor hewan, dengan mata pedangnya melambangkan lidah dan ke...

19. Mata pedang. Secara harfiah, menurut mulut pedang. Orang kuno membuat pedang seperti seekor hewan, dengan mata pedangnya melambangkan lidah dan kedua sisi pegangannya melambangkan bibir. Di dalam amarah yang ditimbulkan olehnya sendiri, Saul menimpakan amarahnya terhadap sebuah kota tidak bersalah yang diduduki sukunya sendiri untuk melampiaskan kejengkelannya atas kegagalan untuk mengalahkan sebuah bangsa kafir sebagaimana diperintahkan oleh Allah (15:3).

Wycliffe: 1Sam 22:20 - Abyatar, 20. Abyatar, salah seorang putra Ahimelekh, yang mungkin ditugaskan untuk memimpin tempat ibadah di Nog, dapat lolos dari pembantaian tersebut dan mel...

20. Abyatar, salah seorang putra Ahimelekh, yang mungkin ditugaskan untuk memimpin tempat ibadah di Nog, dapat lolos dari pembantaian tersebut dan melarikan diri dengan efod suci itu (23:6) kepada Daud di Adulam. Dia ikut mengembara bersama dengan Daud dan oleh Daud dijadikan imam bersama dengan Zadok. Di kemudian hari Abyatar mendukung permohonan Adonia untuk menaiki takhta dan ia dipindahkan oleh Salomo ke Anatot. Yeremia mungkin merupakan keturunan dari keluarga ini.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Sam 22:1-19 - Gelap mata (Senin 7 Juli 2008) Gelap mata Seperti apakah perbuatan seseorang, yang tidak lagi dapat memakai akal sehat, terhadap orang yang dianggap mengancam dia? Gelap m...

SH: 1Sam 22:1-23 - Senasib sepenanggungan (Minggu, 01 Februari 1998) Senasib sepenanggungan Salah satu faktor pengikat kuat terjalinnya suatu persekutuan adalah bila masing-masing merasakan penderitaan dan pergumulan ya...

SH: 1Sam 22:20--23:13 - Kepekaan seorang "raja" (Selasa 8 Juli 2008) Kepekaan seorang "raja" Jabatan seseorang menunjukkan tugasnya. Namun ada orang yang punya jabatan, justru tidak melakukan apa-apa. Sebaliknya ad...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kerajaan Teokratis Tanggal Penulisan: Akhir abad ke-10 SM Latar Belakang Di PL Ibrani, 1 dan ...

Full Life: 1 Samuel (Garis Besar) Garis Besar I. Samuel: Seorang Nabi yang Menjadi Pemimpin Israel (1Sam 1:1-8:22) A. Kelahiran Seorang Nabi yang Menja...

Ende: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) SJEMUEL PENDAHULUAN Kedua kitab Sjemuel mula2 hanjalah satu karja besar, jang malahan dilandjutkan dalan I Radja2. Kesatuan ini njatalah baik dari isi...

Wycliffe: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 SAMUEL Judul. Judul kedua kitab ini berasal dari nama tokoh utamanya di awal I Samuel. Kata Ibrani Samuel memiliki banyak arti. Sekalip...

Wycliffe: 1 Samuel (Garis Besar) GARIS BESAR 1 SAMUEL I. Kehidupan dan Pelayanan Samuel (I Samuel 1:1-7:17) A. Kelahiran dan Masa Kanak-kanak Samuel (1:1-4:1a) ...

BIS: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) I SAMUEL PENGANTAR Buku I Samuel berisi sejarah Israel dalam masa peralihan dari zaman Hakim-hakim kepada zaman Raja-raja. Perubahan dalam kehidupan

I SAMUEL

PENGANTAR

Buku I Samuel berisi sejarah Israel dalam masa peralihan dari zaman Hakim-hakim kepada zaman Raja-raja. Perubahan dalam kehidupan nasional di Israel itu khususnya berkisar pada tiga orang: Nabi Samuel, Raja Saul, dan Raja Daud. Pengalaman-pengalaman Daud di masa mudanya sebelum ia menjabat raja, terjalin erat dengan kisah Samuel dan Saul.

Pokok buku ini, sama seperti kisah-kisah lainnya dalam Perjanjian Lama, ialah bahwa orang akan berhasil kalau setia kepada Allah, dan celaka kalau mendurhaka. Hal itu dinyatakan dengan jelas dalam 1Sam 2:30 ketika TUHAN berkata kepada Imam Eli, "Yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi yang menghina Aku akan Kuhina."

Dalam buku ini kita melihat perasaan yang berbeda-beda mengenai pembentukan kerajaan Israel. Memang TUHAN sendiri sudah dianggap raja di Israel, tetapi untuk menanggapi permohonan rakyat, Ia memilih seorang raja bagi mereka. Hal yang penting ialah bahwa baik raja maupun rakyat Israel hidup di bawah kedaulatan Allah, Hakim mereka (1Sam 2:7-10). Di bawah hukum-hukum Allah, haruslah dijamin hak seluruh rakyat, kaya maupun miskin.

Isi

  1.  Samuel sebagai pemimpin Israel
    1Sam 1:1-7:17
  2.  Saul menjadi raja
    1Sam 8:1-10:27
  3.  Tahun-tahun pertama pemerintahan Saul
    1Sam 11:1-15:35
  4.  Daud dan Saul
    1Sam 16:1-30:31
  5.  Wafatnya Saul dan putra-putranya
    1Sam 31:1-13

Ajaran: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat, dengan mengetahui isi kitab I Samuel, dapat mengerti bahwa kesejahteraan umat Allah tergantung dari kesetiaannya melak

Tujuan

Supaya anggota jemaat, dengan mengetahui isi kitab I Samuel, dapat mengerti bahwa kesejahteraan umat Allah tergantung dari kesetiaannya melaksanakan perintah dan kehendak Allah.

Pendahuluan

Penulis : Samuel.

Isi Kitab: Kitab I Samuel terdiri dari 31 pasal. Kitab I Samuel menceritakan tentang tiga tokoh utama dari bangsa Israel: nabi Samuel, raja Saul, dan raja Daud.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Samuel

  1. Pasal 1-8 (1Sam 1:1-8:22).

    Kehidupan Samuel Samuel bekerja dengan penuh usaha membangun kehidupan baik dan ketaatan agama bangsa Israel. Kemudian Samuel memegang jabatan hakim. Ia berhasil mengalahkan bangsa Filistin dan mempersatukan bangsa Israel (pasal 5-7; 1Sam 5:1-7:17).

    Pada waktu Samuel sudah menjadi tua, bangsa Israel ingin memiliki seorang raja, karena itu ia melakukan perintah Tuhan untuk melantik seorang raja, yakni Saul (pasal 8; 1Sam 8:1-22).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Sam 1:20,26-28. Apakah arti nama Samuel? Dan apakah teladan yang baik dari Ibu Samuel?
    2. Bacalah pasal 1Sam 3:19-20; 8:15. Bagaimanakah kehidupan rohani Samuel? Berapa lamakah ia menjadi hakim atas orang Israel?
    3. Bacalah pasal 1Sam 8:19-22. Atas kehendak siapakah orang Israel meminta seorang raja?
  2. Pasal 9-15 (1Sam 9:1-15:35).

    Kehidupan raja Saul Raja Saul memulai pemerintahannya dengan berhasil, tetapi pada akhirnya menjadi tidak taat pada Firman Tuhan. Hal ini membuat Tuhan akhirnya menolak dia sebagai raja.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang mengurapi Saul? (1Sam 10:1).
    2. Bacalah pasal 1Sam 15:10-11. Apakah yang menjadi kesalahan Saul? Bagaimanakah dengan kelakuan saudara?
  3. Pasal 16-31 (1Sam 16:1-31:13).

    Kehidupan Raja Daud Setelah Saul ditolak, maka Allah memilih Daud sebagai Raja, menggantikan Saul.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Sam 16:11-13. Apakah pekerjaan Daud? Dan apakah yang terjadi setelah Daud diurapi oleh Samuel?
    2. Bacalah pasal 1Sam 17:45-50. Mengapakah Daud merasa tersinggung dan marah terhada orang Filistin?
    3. Bacalah pasal 1Sam 18:6-9. Mengapakah Saul membenci Daud? Apakah saudara sering iri hati juga?
    4. Bacalah pasal 1Sam 31:1-4. Bagaimanakah kematian Saul? Mengapakah ia melakukan hal itu?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Keberhasilan Samuel di dalam pelayanan merupakan hasil dari kesetiaan pada panggilan, suka berdoa dan tidak kompromi dengan dosa.

  2. Saul memulai pemerintahannya dengan rendah hati, sabar, tetapi diakhiri dengan kesombongan dan menolak Firman Allah. Ini adalah penyebab kegagalannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah tokoh-tokoh penting dalam I Samuel? Dan bagaimanakah sifat mereka masing-masing?
  2. Apakah sebabnya Allah menolak Saul?
  3. Apakah kesan yang saudara peroleh dari kehidupan Saul?

Intisari: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Bagaimana bangsa Israel mendapat seorang raja KISAH TENTANG TIGA ORANGPada mulanya 1 dan 2 Samuel merupakan satu kitab. Namun demikian, karena kitab

Bagaimana bangsa Israel mendapat seorang raja

KISAH TENTANG TIGA ORANG
Pada mulanya 1 dan 2 Samuel merupakan satu kitab. Namun demikian, karena kitab kedua melulu bercerita mengenai raja Daud, maka yang pertama mengisahkan ketiga orang tokoh yang hidupnya saling berkaitan satu sama lain yaitu Samuel, Saul dan Daud. Riwayat yang diceritakan tidak utuh; siapapun yang mengumpulkan seluruh kisah itu tentu mengambilnya dari beberapa sumber. Hal itu tidak menjadi masalah asal kita ingat bahwa bagi para penulis kuno arti suatu kejadian lebih penting daripada ketepatan waktu. Kitab Samuel bukan hanya semata-mata sebagai sejarah, tetapi merupakan cerita tentang bagaimana Allah menangani umat-Nya. Dalam pada itu riwayat yang diceritakan sungguh-sungguh terjadi. Bahkan, pahlawan bangsa seperti Daud digambarkan sebagai orang yang bermasalah dan seorang manusia biasa.

"KAMI MENGINGINKAN SEORANG RAJA"
Kitab Hakim-hakim menyimpulkan bahwa anarki merajalela di Israel pada masa itu, karena "Israel tidak mempunyai raja" (Hak 21:25). Samuel, hakim terakhir, walauoun terkenal tetapi pengaruhnya hanya setempat dan terbatas. Umat Israel memerlukan seorang pemimpin bangsa. Oleh karena itu, permohonan mereka untuk mendapat seorang raja bukanlah semata-mata sebagai suatu kecaman terhadap kepemimpinan Samuel, tetapi menunjukkan betapa manusiawinya pengharapan mereka. Pada kenyataannya hanya Allah yang dapat memimpin mereka untuk memperoleh kemenangan; kekalahan-kekalahan mereka tidak disebabkan karena mereka tidak mempunyai seorang raja, tetapi oleh karena mereka telah melupakan perjanjian dengan Allah (1Sa 10:18,19; 12:6-15). Mereka telah mengikuti cara-cara penyembahan orang kafir. Gagasan mengenai pembentukan kerajaan itu sendiri tidak salah, tetapi mereka menginginkan seorang raja seperti bangsa-bangsa kafir yang ada di sekitar mereka. Samuel memperingatkan mereka bahwa raja-raja mempunyai potensi untuk kebaikan dan kejahatan, seperti yang akan mereka lihat sendiri di kemudian hari.

BANGSA FILISTIN
Oleh karena bangsa Israel tidak membinasakan orang Filistin ketika mereka menduduki Kanaan, maka negara tetangga Israel ini terus menerus menjadi ancaman bagi keamanan mereka. Kita membaca mengenai bangsa Amori, Amalek dan Amon, tetapi kebanyakan mengenai bangsa Filistin. Bangsa-bangsa ini tinggal di lima kota pantai yaitu Asdod, Gat, Ekron, Gaza dan Askelon, dan mereka mengurung Israel (1Sa 13:19-21). Saul dan Yonatan memulai suatu revolusi, tetapi raja Daudlah yang akhirnya menumpas bangsa Filistin dan yang lainnya secara tuntas.

Pesan

1. Samuel, seorang hamba Tuhan
o Samuel adalah jawaban dari doa, dan dedikasi ibunya yang saleh memberikan kepadanya permulaan kehidupan yang terbaik. Ini mungkin berarti bahwa ia harus hidup sebagai seorang Nazir, walaupun biasanya hal ini berarti disumpah sementara dan tidak seumur hidup. 1Sa 1:10,11,27,28; 2:26; Bil 6:1-21.
o Pada waktu suara Tuhan tidak terdengar di Israel. Samuel menonjol sebagai seorang yang kepadanya Tuhan menampakkan diri dan yang mempunyai karunia sebagai peramal -- ia dapat melihat apa yang tidak tampak oleh orang lain. 1Sa 3:1-10, 19-21; 9:9.
o Samuel ternyata seorang hamba Allah yang jujur dan dapat dipercaya. Ia tidak mau melakukan sesuatu yang dapat menguntungkan dirinya, tidak seperti anak-anaknya. Reaksinya terhadap kemunduran Saul menunjukkan bahwa ia lebih mementingkan Allah. 1Sa 9:6; 12:3-5; 15:11,35.

2. Saul, raja yang gagal
o Saul adalah seorang raja yang memulai pemerintahannya dengan baik dan penuh pengharapan yang besar. Dia diurapi sebagai tanda bahwa Allah telah memilihnya dan ia pun rendah hati, berjiwa besar dan penuh kuasa roh serta dapat mengambil keputusan besar pada saat-saat kritis. 1Sa 10:1, 10:22; 11:6, 12, 13.
o Namun demikian, kita dapat melihat kemundurannya yang berangsur-angsur pada saat ia mulai menangani berbagai masalah seorang diri, mengucapkan sumpah dengan gegabah dan tidak taat kepada perintah-perintah Allah. Anaknya, Yonatan, mempermalukannya dengan kebangsawanannya yang sederhana. Sebaliknya, Saul menjadi cemburu, getir dan tertekan dan ia menghabiskan waktu dan tenaganya untuk memburu Daud.
o Dalam keputusasaannya mencari bimbingan, ia jatuh ke dalam spiritualisme yang sebelumnya dilarang olehnya dan akhirnya ia menjadi salah satu kasus bunuh diri yang langka dalam Alkitab. 1Sa 13:8-14; 14:24; 15:9-29; 16:14; 18:8-12; 28:6, 7; 31:4.

3. Daud, pilihan Tuhan
o Sebagai orang yang dipilih Allah untuk menggantikan Saul, Daud adalah seorang yang lurus hati dan yang kesetiaannya besar. Tidak mengherankan jika Yonatan tertarik untuk bersahabat dengannya. Daud yang dalam pekerjaannya diurapi oleh Roh secara istimewa dapat membentuk rakyat jelata menjadi suatu kekuatan tempur yang efektif atau melawan seorang raksasa seorang diri. Ia menunggu saat Allah akan menuntut balas baginya, dan ia dengan setia memohon pimpinan-Nya dan percaya bahwa Allah akan meluputkannya dari bahaya. Ia seorang pemimpin besar yang akan menjadi seorang raja Israel yang terbesar. 1Sa 16:7,13,18; 17:26,34-37, 45-51; 18:1-4; 22:5-15; 23:2,4,9-12; 24:12; 30:6-8, 23-25.
o Daud juga tidak terlepas dari sifat-sifat manusiawi. Ia juga dapat menjadi marah dan tergoda untuk melakukan tindakan yang gegabah dan ia juga dapat berdusta. Perlakuan Allah kepadanya sama dengan apa yang dilakukan kepada kita, yaitu dengan penuh kasih. 1Sa 25:32-34; 27:10-12.

Penerapan

1. Allah menjawab doa
Kitab ini menceritakan bahwa Allah menjawab doa yang sungguh-sungguh, baik doa pribadi orang yang berada dalam kesusahan maupun doa syafaat para pemimpin untuk bangsa mereka. Berdoa merupakan pelayanan yang harus kita lakukan atas nama orang lain. Dalam menjawab doa, Allah memberikan dan melakukan apa yang secara manusiawi tidak mungkin dilakukan.

2. Allah memelihara milik-Nya
Tanpa memandang ketidaktaatan umat-Nya, Allah berjanji untuk melaksanakan misi penyelamatan-Nya dan membela kehormatan-Nya. Jika perlu, Dia dapat melakukannya tanpa bantuan manusia sama sekali. Pada kesempatan lain Dia memberikan kepada umat-Nya pemimpin-pemimpin yang akan membawa mereka pada kemenangan. Jika kita berada dalam kehendak Allah, keberhasilan tidak tergantung pada kekuatan atau keahlian manusia. Dia dapat mengambil yang terlemah dan memakai mereka bagi kemuliaan-Nya jika mereka mempercayai Dia.

3. Kita harus benar di hadapan Allah
Allah memilih dan memakai mereka yang hatinya benar di hadapan-Nya. Dia memberi karunia, kuasa dan berkat bagi mereka yang melayani-Nya. Dia juga dapat menghakimi dan mempermalukan mereka yang tidak taat kepada-Nya. Oleh karena itu, suatu permulaan yang baik bukan merupakan jaminan untuk keberhasilan di masa datang. Kita perlu benar di hadapan-Nya, taat dan percaya, jika kita ingin mengalami berkat-Nya secara berkesinambungan.

Tema-tema Kunci

1. Doa dan pujian
Kitab ini banyak bercerita tentang doa dan pujian. Khususnya, kita melihat bagaimana orang pilihan Allah mencari pimpinan-Nya sebelum mengambil keputusan-keputusan besar. Lihat 1Sa 1:10-18; 2:1-10; 7:5,6,12; 8:6,21; 12:18,19,23; 15:11; 22:15; 23:2-4, 9-12; 30:7,8.

2. Syarat-syarat pengabdian
Ada beberapa persyaratan pokok yang tidak boleh dilupakan jika kita ingin mengenal berkat-berkat Allah. Lihat 1Sa 2:30; 7:3,4; 12:14,15,20-25; 15:22,23,26; 16:7; 26:23. Bandingkanlah dengan ketakhayulan orang Israel yang menganggap bahwa mereka dapat memanipulasi Allah untuk melakukan sesuatu bagi mereka (1Sa 4:1-11). Camkanlah bahwa mereka mempunyai reputasi, tetapi tidak mempunyai kuasa.

3. Karunia roh
Seperti halnya dalam kitab Hakim-hakim, kita melihat bahwa Allah secara khusus mengaruniakan kuasa roh kepada mereka yang melayani Dia. Apabila Roh Allah turun atas mereka, mereka dapat melakukan apa yang pada umumnya tidak dapat mereka lakukan sebelumnya. Lihat 1Sa 10:6,7,9-13; 11:6; 6:13 (Bandingkan 1Sa 19:23,24 Allah seakan-akan mengendalikannya, tetapi tidak memberikan kuasa kepada Saul). Pada saat yang sama kita mendapat bukti bahwa hal ini tidak perlu terjadi secara permanen, juga tidak berarti bahwa mereka seterusnya hidup dalam kekudusan. Tidak ada yang dapat menggantikan hubungan yang berkesinambungan dengan Allah.

Garis Besar Intisari: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) [1] ELI DAN SAMUEL 1Sa 1:1-7:17 1Sa 1:1-2:11Doa Hana dikabulkan 1Sa 2:12-3:21Penghakiman atas keluarga Eli 1Sa 4:1-6:21Tabut Perjanjian hilang da

[1] ELI DAN SAMUEL 1Sa 1:1-7:17

1Sa 1:1-2:11Doa Hana dikabulkan
1Sa 2:12-3:21Penghakiman atas keluarga Eli
1Sa 4:1-6:21Tabut Perjanjian hilang dan ditemukan
1Sa 7:1-17Ebenhaezer: Allah telah menolong kita

[2] SAMUEL DAN SAUL 1Sa 8:1-15:35

1Sa 8:1-22Israel meminta seorang raja
1Sa 9:1-11:15Saul dipilih dan diteguhkan
1Sa 12:1-25 Samuel menyerah
1Sa 13:1-15:35Saul gagal memenuhi persyaratan

[3] SAUL DAN DAUD 1Sa 16:1-31:13

1Sa 16:1-23Daud dipilih: Saul menolak
1Sa 17:1-18:30Daud memperoleh kemenangan: Saul cemburu
1Sa 19:1-26:25Orang pilihan Allah menjadi buronan
1Sa 27:1-12Daud mendua hati
1Sa 28:1-25Saul putus ada
1Sa 29:1-30:31Daud mengalahkan orang Amalek
1Sa 31:1-13Saul bunuh diri
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.23 detik
dipersembahkan oleh YLSA