kecilkan semua  

Teks -- 1 Samuel 2:1-36 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Puji-pujian Hana
2:1 Lalu berdoalah Hana, katanya: "Hatiku bersukaria karena TUHAN, tanduk kekuatanku ditinggikan oleh TUHAN; mulutku mencemoohkan musuhku, sebab aku bersukacita karena pertolongan-Mu. 2:2 Tidak ada yang kudus seperti TUHAN, sebab tidak ada yang lain kecuali Engkau dan tidak ada gunung batu seperti Allah kita. 2:3 Janganlah kamu selalu berkata sombong, janganlah caci maki keluar dari mulutmu. Karena TUHAN itu Allah yang mahatahu, dan oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji. 2:4 Busur pada pahlawan telah patah, tetapi orang-orang yang terhuyung-huyung, pinggangnya berikatkan kekuatan. 2:5 Siapa yang kenyang dahulu, sekarang menyewakan dirinya karena makanan, tetapi orang yang lapar dahulu, sekarang boleh beristirahat. Bahkan orang yang mandul melahirkan tujuh anak, tetapi orang yang banyak anaknya, menjadi layu. 2:6 TUHAN mematikan dan menghidupkan, Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati dan mengangkat dari sana. 2:7 TUHAN membuat miskin dan membuat kaya; Ia merendahkan, dan meninggikan juga. 2:8 Ia menegakkan orang yang hina dari dalam debu, dan mengangkat orang yang miskin dari lumpur, untuk mendudukkan dia bersama-sama dengan para bangsawan, dan membuat dia memiliki kursi kehormatan. Sebab TUHAN mempunyai alas bumi; dan di atasnya Ia menaruh daratan. 2:9 Langkah kaki orang-orang yang dikasihi-Nya dilindungi-Nya, tetapi orang-orang fasik akan mati binasa dalam kegelapan, sebab bukan oleh karena kekuatannya sendiri seseorang berkuasa. 2:10 Orang yang berbantah dengan TUHAN akan dihancurkan; atas mereka Ia mengguntur di langit. TUHAN mengadili bumi sampai ke ujung-ujungnya; Ia memberi kekuatan kepada raja yang diangkat-Nya dan meninggikan tanduk kekuatan orang yang diurapi-Nya."
Kejahatan anak-anak Eli
2:11 Lalu pulanglah Elkana ke Rama tetapi anak itu menjadi pelayan TUHAN di bawah pengawasan imam Eli. 2:12 Adapun anak-anak lelaki Eli adalah orang-orang dursila; mereka tidak mengindahkan TUHAN, 2:13 ataupun batas hak para imam terhadap bangsa itu. Setiap kali seseorang mempersembahkan korban sembelihan, sementara daging itu dimasak, datanglah bujang imam membawa garpu bergigi tiga di tangannya 2:14 dan dicucukkannya ke dalam bejana atau ke dalam kuali atau ke dalam belanga atau ke dalam periuk. Segala yang ditarik dengan garpu itu ke atas, diambil imam itu untuk dirinya sendiri. Demikianlah mereka memperlakukan semua orang Israel yang datang ke sana, ke Silo. 2:15 Bahkan sebelum lemaknya dibakar, bujang imam itu datang, lalu berkata kepada orang yang mempersembahkan korban itu: "Berikanlah daging kepada imam untuk dipanggang, sebab ia tidak mau menerima dari padamu daging yang dimasak, hanya yang mentah saja." 2:16 Apabila orang itu menjawabnya: "Bukankah lemak itu harus dibakar dahulu, kemudian barulah ambil bagimu sesuka hatimu," maka berkatalah ia kepada orang itu: "Sekarang juga harus kauberikan, kalau tidak, aku akan mengambilnya dengan kekerasan." 2:17 Dengan demikian sangat besarlah dosa kedua orang muda itu di hadapan TUHAN, sebab mereka memandang rendah korban untuk TUHAN. 2:18 Adapun Samuel menjadi pelayan di hadapan TUHAN; ia masih anak-anak, yang tubuhnya berlilitkan baju efod dari kain lenan. 2:19 Setiap tahun ibunya membuatkan dia jubah kecil dan membawa jubah itu kepadanya, apabila ia bersama-sama suaminya pergi mempersembahkan korban sembelihan tahunan. 2:20 Lalu Eli memberkati Elkana dan isterinya, katanya: "TUHAN kiranya memberikan keturunan kepadamu dari perempuan ini pengganti yang telah diserahkannya kepada TUHAN." Sesudah itu pulanglah mereka ke tempat kediamannya. 2:21 Dan TUHAN mengindahkan Hana, sehingga dia mengandung dan melahirkan tiga anak laki-laki dan dua anak perempuan lagi. Sementara itu makin besarlah Samuel yang muda itu di hadapan TUHAN. 2:22 Eli telah sangat tua. Apabila didengarnya segala sesuatu yang dilakukan anak-anaknya terhadap semua orang Israel dan bahwa mereka itu tidur dengan perempuan-perempuan yang melayani di depan pintu Kemah Pertemuan, 2:23 berkatalah ia kepada mereka: "Mengapa kamu melakukan hal-hal yang begitu, sehingga kudengar dari segenap bangsa ini tentang perbuatan-perbuatanmu yang jahat itu? 2:24 Janganlah begitu, anak-anakku. Bukan kabar baik yang kudengar itu bahwa kamu menyebabkan umat TUHAN melakukan pelanggaran. 2:25 Jika seseorang berdosa terhadap seorang yang lain, maka Allah yang akan mengadili; tetapi jika seseorang berdosa terhadap TUHAN, siapakah yang menjadi perantara baginya?" Tetapi tidaklah didengarkan mereka perkataan ayahnya itu, sebab TUHAN hendak mematikan mereka. 2:26 Tetapi Samuel yang muda itu, semakin besar dan semakin disukai, baik di hadapan TUHAN maupun di hadapan manusia.
Nubuat tentang Eli dan kaum keluarganya
2:27 Seorang abdi Allah datang kepada Eli dan berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN: Bukankah dengan nyata Aku menyatakan diri-Ku kepada nenek moyangmu, ketika mereka masih di Mesir dan takluk kepada keturunan Firaun? 2:28 Dan Aku telah memilihnya dari segala suku Israel menjadi imam bagi-Ku, supaya ia mempersembahkan korban di atas mezbah-Ku, membakar ukupan dan memakai baju efod di hadapan-Ku; kepada kaummu telah Kuserahkan segala korban api-apian orang Israel. 2:29 Mengapa engkau memandang dengan loba kepada korban sembelihan-Ku dan korban sajian-Ku, yang telah Kuperintahkan, dan mengapa engkau menghormati anak-anakmu lebih dari pada-Ku, sambil kamu menggemukkan dirimu dengan bagian yang terbaik dari setiap korban sajian umat-Ku Israel? 2:30 Sebab itu -- demikianlah firman TUHAN, Allah Israel -- sesungguhnya Aku telah berjanji: Keluargamu dan kaummu akan hidup di hadapan-Ku selamanya, tetapi sekarang -- demikianlah firman TUHAN --: Jauhlah hal itu dari pada-Ku! Sebab siapa yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi siapa yang menghina Aku, akan dipandang rendah. 2:31 Sesungguhnya akan datang waktunya, bahwa Aku akan mematahkan tangan kekuatanmu dan tangan kekuatan kaummu, sehingga tidak ada seorang kakek dalam keluargamu. 2:32 Maka engkau akan memandang dengan mata bermusuhan kepada segala kebaikan yang akan Kulakukan kepada Israel dan dalam keluargamu takkan ada seorang kakek untuk selamanya. 2:33 Tetapi seorang dari padamu yang tidak Kulenyapkan dari lingkungan mezbah-Ku akan membuat matamu rusak dan jiwamu merana; segala tambahan keluargamu akan mati oleh pedang lawan. 2:34 Inilah yang akan menjadi tanda bagimu, yakni apa yang akan terjadi kepada kedua anakmu itu, Hofni dan Pinehas: pada hari yang sama keduanya akan mati. 2:35 Dan Aku akan mengangkat bagi-Ku seorang imam kepercayaan, yang berlaku sesuai dengan hati-Ku dan jiwa-Ku, dan Aku akan membangunkan baginya keturunan yang teguh setia, sehingga ia selalu hidup di hadapan orang yang Kuurapi. 2:36 Kemudian siapa yang masih tinggal hidup dari keturunanmu akan datang sujud menyembah kepadanya meminta sekeping uang perak atau sepotong roti, dan akan berkata: Tempatkanlah kiranya aku dalam salah satu golongan imam itu, supaya aku dapat makan sekerat roti."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · dunia maut the place of the dead
 · dunia orang mati the place of the dead
 · Eli
 · Elkana son of Assir of Kohath son of Levi,a man of Ephraim; father-in-law of Ruth the Moabitess; son of Jeroham,son of Shaul (Joel) of Kohath son of Levi,son of Ahimoth (Mahath) of Kohath son of Levi,son of Jeroham of Kohath son of Levi,a Levite whose descendants returned from exile; the father of Asa,a man of Benjamin who defected to David at Ziklag,a Levite porter for the ark in David's time,lieutenant commander of the palace of King Ahaz
 · Firaun the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who ruled Egypt in Abraham's time,the title of the king who ruled Egypt in Joseph's time,the title of the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who refused to let Israel leave Egypt,the title of the king of Egypt whose daughter Solomon married,the title of the king who ruled Egypt in the time of Isaiah,the title Egypt's ruler just before Moses' time
 · Hana wife of Elkanah; Samuel's mother
 · Hofni son of Eli the priest
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Mesir descendants of Mizraim
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Pinehas son of Eleazar; a chief priest, Phinehas I,a priest; son of Eli; Phinehas II,father of Eleazar, a priest on duty in the days of Ezra
 · Rama a town 8 km north of Jerusalem,a town of Simeon,a town of Benjamin 9 km north of Jerusalem and 8 km south of Bethel (OS),a town on the border of Asher (OS),a town of Ephraim 10 km SE of Aphek, and 25 km east of Joppa,a town in Gilead 50-60 km east of Beth-Shan
 · Samuel son of Ammihud; Moses' land distribution deputy for Simeon,son of Tola son of Issachar
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Silo a town having the Tent of Meeting in the time of Judges (IBD)
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation


Topik/Tema Kamus: Samuel | Eli | Hana | Imam | Imam Besar | Utusan Injil | Syak | Lahap | Abyatar | Tanduk | Efod | Serakah, Keserakahan | Anak Yang Jahat | Pemeliharaan Allah Terhadap | Hidup | Orang Miskin | Korban | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Orang Fasik | Sifat Hati Yang Dibaharui | Anak | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Sam 2:1 - BERDOALAH HANA. Nas : 1Sam 2:1 Nyanyian nubuat Hana memuliakan pemeliharaan Allah atas orang yang tetap setia kepada-Nya (ayat 1Sam 2:9; bd. nyanyian Maria di Luk ...

Nas : 1Sam 2:1

Nyanyian nubuat Hana memuliakan pemeliharaan Allah atas orang yang tetap setia kepada-Nya (ayat 1Sam 2:9; bd. nyanyian Maria di Luk 1:46-55). Dia juga bersukacita di dalam keselamatan-Nya, karena Dia itu kudus adanya, dan hanya Dialah Allah (ayat 1Sam 2:2). Semua pengikut Tuhan Yesus harus percaya pada cara-cara kerja Allah dalam hidup mereka. Segala sesuatu yang diizinkan-Nya menimpa hidup kita harus dibawa kepada-Nya di dalam doa, dengan keyakinan penuh bahwa bukan saja tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih-Nya, tetapi juga bahwa Dia akhirnya mendatangkan kebaikan dari segala sesuatu yang terjadi atas hidup kita (Rom 8:31-39).

Full Life: 1Sam 2:12 - ORANG-ORANG DURSILA. Nas : 1Sam 2:12 Para putra Eli menjadi imam yang jahat di rumah Allah. Mereka menggunakan kedudukan mereka sebagai kesempatan untuk memuaskan keser...

Nas : 1Sam 2:12

Para putra Eli menjadi imam yang jahat di rumah Allah. Mereka menggunakan kedudukan mereka sebagai kesempatan untuk memuaskan keserakahan dan kebejatan seksual mereka (ayat 1Sam 2:13-17,22; bd. Fili 3:17-18). Ayah mereka, Eli, imam besar, menolak untuk mendisiplin mereka atau memecat mereka dari jabatan sebagai imam

(lihat cat. --> 1Sam 2:29).

[atau ref. 1Sam 2:29]

Full Life: 1Sam 2:23 - KUDENGAR ... PERBUATAN-PERBUATANMU YANG JAHAT ITU. Nas : 1Sam 2:23 Eli memprotes tindakan jahat kedua putranya, namun dia tidak mengucilkan mereka dari jabatan imam (bd. Bil 15:30-31). Kegagalan Eli...

Nas : 1Sam 2:23

Eli memprotes tindakan jahat kedua putranya, namun dia tidak mengucilkan mereka dari jabatan imam (bd. Bil 15:30-31). Kegagalan Eli dipandang sebagai setara dengan menghina Allah (yaitu, tabiat Allah yang kudus dan standar-Nya bagi jabatan imam, ayat 1Sam 2:30). Firman Allah menyatakan bahwa seorang imam yang dursila tidak dapat bertugas sebagai pemimpin umat Allah; orang-orang semacam itu harus diberhentikan dari jabatan mereka selaku pemimpin

(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).

Full Life: 1Sam 2:25 - SEBAB TUHAN HENDAK MEMATIKAN MEREKA. Nas : 1Sam 2:25 Putra-putra Eli sudah mengeraskan hati mereka dan berbuat dosa secara terang-terangan dan tanpa merasa malu (bd. Bil 15:30-31). Ole...

Nas : 1Sam 2:25

Putra-putra Eli sudah mengeraskan hati mereka dan berbuat dosa secara terang-terangan dan tanpa merasa malu (bd. Bil 15:30-31). Oleh karena itu, pengarahan Eli tidak berpengaruh pada akhlak mereka. Hari keselamatan sudah berlalu bagi mereka, dan Allah sudah menetapkan mereka untuk dihukum dan mati (bd. Rom 1:21-32; Ibr 3:1-19; 10:26-31). Mereka akan mati sebagai akibat ketidaktaatan yang keras kepala dan kegagalan untuk bertobat.

Full Life: 1Sam 2:29 - MENGHORMATI ANAK-ANAKMU LEBIH DARIPADA-KU. Nas : 1Sam 2:29 Eli gagal total dalam memberikan kepemimpinan rohani bagi keluarga dan juga bagi Israel. 1) Selaku ayah ia tidak sanggup mendi...

Nas : 1Sam 2:29

Eli gagal total dalam memberikan kepemimpinan rohani bagi keluarga dan juga bagi Israel.

  1. 1) Selaku ayah ia tidak sanggup mendidik anak-anaknya dalam jalan kebenaran. Ketika mereka memperkosa wanita-wanita yang melayani di gerbang Kemah Pertemuan (ayat 1Sam 2:22), Eli tidak menunjukkan baik kehendak maupun wibawa rohani yang diperlukan untuk memberhentikan mereka dari pelayanan (1Sam 3:13; bd. Ul 21:18-21).
  2. 2) Kegagalan Eli sebagai ayah dan hamba Tuhan mengakibatkan:
    1. (a) hukuman Allah atas Eli, para putranya, dan keluarganya (ayat 1Sam 2:30-36; 4:17-18);
    2. (b) merosotnya rasa hormat terhadap jabatan imam (ayat 1Sam 2:17);
    3. (c) kemerosotan rohani yang umum dari umat Allah (ayat 1Sam 2:22-24; 4:1-11); dan
    4. (d) lenyapnya kemuliaan Tuhan dari Israel (1Sam 4:21).
  3. 3) Seluruh Alkitab menekankan perlunya kesalehan dan takut akan Allah sebagai standar-Nya bagi mereka yang akan memimpin umat Allah (bd. 1Tim 3:1-10).

Full Life: 1Sam 2:31 - MEMATAHKAN TANGAN KEKUATANMU. Nas : 1Sam 2:31 Eli dan keturunannya tersingkir dari pelayanan imam untuk selama-lamanya. Ketidaksetiaan dan kedursilaan mereka telah menjadikan me...

Nas : 1Sam 2:31

Eli dan keturunannya tersingkir dari pelayanan imam untuk selama-lamanya. Ketidaksetiaan dan kedursilaan mereka telah menjadikan mereka tidak layak untuk selama-lamanya untuk menjadi pemimpin rohani dan teladan yang saleh bagi Israel (bd. ayat 1Sam 2:30-34; 3:13-14).

Full Life: 1Sam 2:35 - IMAM KEPERCAYAAN. Nas : 1Sam 2:35 Ayat ini pada mulanya mengacu kepada Samuel yang melayani sebagai imam, hakim (1Sam 7:6,15-17), dan nabi (1Sam 3:20-21). Sejak masi...

Nas : 1Sam 2:35

Ayat ini pada mulanya mengacu kepada Samuel yang melayani sebagai imam, hakim (1Sam 7:6,15-17), dan nabi (1Sam 3:20-21). Sejak masih sangat muda ia dilatih oleh imam besar Eli untuk tugas-tugas sucinya (ayat 1Sam 2:1-11; 1:24-28), dan akhirnya menggantikan Eli selaku imam besar. Samuel tetap setia kepada Allah sepanjang hidupnya. Dalam hal ini dia menunjuk ke depan kepada imam yang sempurna, Yesus sang Mesias (Yang Diurapi -- Mazm 110:1-7; Ibr 5:6).

  1. 1) Seorang imam terutama dipanggil untuk setia, yaitu dengan teguh menganut apa yang ada di dalam hati dan Firman Allah; ini menyangkut kesetiaan, pengabdian, ketaatan yang kokoh, dan ketidaksediaan untuk menyimpang dari Allah dan jalan-jalan-Nya.
  2. 2) PB mengajarkan bahwa hanya mereka yang dengan jelas menunjukkan kesetiaannya kepada Allah yang berhak menjadi pemimpin rohani umat Allah (bd. Mat 24:45; 25:21; 1Tim 3:1-13; 4:16; 2Tim 2:2).

BIS: 1Sam 2:28 - efod efod: Lihat kamus Alkitab.

efod: Lihat kamus Alkitab.

BIS: 1Sam 2:29 - serakah melihat Sebuah terjemahan kuno: serakah melihat; terjemahan Ibrani tidak jelas.

Sebuah terjemahan kuno: serakah melihat; terjemahan Ibrani tidak jelas.

BIS: 1Sam 2:32 - iri melihat Ada kemungkinan tertulis dalam naskah: iri melihat; terjemahan Ibrani tidak jelas.

Ada kemungkinan tertulis dalam naskah: iri melihat; terjemahan Ibrani tidak jelas.

BIS: 1Sam 2:33 - ia Sebuah terjemahan kuno: ia; terjemahan Ibrani: engkau.

Sebuah terjemahan kuno: ia; terjemahan Ibrani: engkau.

Jerusalem: 1Sam 1:1--3:21 - -- Bab 1-3 adalah sebuah kesatuan yang (kecuali sisipan dalam 1Sa 2:27-36) sudah terbentuk sebelum dimasukkan ke dalam kitab Samuel. Bagian ini adalah se...

Bab 1-3 adalah sebuah kesatuan yang (kecuali sisipan dalam 1Sa 2:27-36) sudah terbentuk sebelum dimasukkan ke dalam kitab Samuel. Bagian ini adalah sebuah tradisi yang agaknya berasal dari Silo. Di dalamnya tergabung tiga unsur: 1. Ceritera mengenai kelahiran Samuel yang menjadi petugas di tempat kudus di Silo; 2. ceritera mengenai anak-anak Eli; 3. ceritera mengenai Tuhan yang menyatakan diri kepada Samuel. Kedua unsur terakhir dihubungkan satu sama lain melalui kesalahan anak-anak Eli yang mesti dihukum. Seluruh kisah ini adalah tua sekali dan mengenai hal-hal yang sungguh-sungguh terjadi.

Jerusalem: 1Sam 2:1-10 - -- Nyanyian Hana ini pernah dikatakan "contoh" bagi nyanyian Maria, bdk Luk 1:45-55. Tetapi nada nyanyian Maria itu jauh lebih pribadi dari pada nada nya...

Nyanyian Hana ini pernah dikatakan "contoh" bagi nyanyian Maria, bdk Luk 1:45-55. Tetapi nada nyanyian Maria itu jauh lebih pribadi dari pada nada nyanyian Hana. Lagu Hana itu berupa mazmur yang berasal dari zaman para raja. Ia mengungkapkan pengharapan "orang miskin", rendah hati, bdk Zef 2:3+, dan bagian terakhir melayangkan pandangan kepada Raja-Mesias. Karena dalam 1Sa 5 tersinggung "orang mandul", maka mazmur ini diletakkan di mulut Hana.

Jerusalem: 1Sam 2:1 - tanduk kekuatanku Bdk Maz 18:3+.

Bdk Maz 18:3+.

Jerusalem: 1Sam 2:2 - Tidak ada yang kudus Bdk Ima 17:1+. gunung batu Bdk Maz 18:3+.

Bdk Ima 17:1+. gunung batu Bdk Maz 18:3+.

Jerusalem: 1Sam 2:5 - boleh beristirahat Naskah Ibrani rusak dan diperbaiki (ad menjadi abod).

Naskah Ibrani rusak dan diperbaiki (ad menjadi abod).

Jerusalem: 1Sam 2:13 - hak para imam Anak-anak Eli melanggar hukum yang menetapkan bagian korban manakah teruntuk bagi para imam, bdk Ima 7:28 dst; Bil 18:8 dst; Ula 18:3-5.

Anak-anak Eli melanggar hukum yang menetapkan bagian korban manakah teruntuk bagi para imam, bdk Ima 7:28 dst; Bil 18:8 dst; Ula 18:3-5.

Jerusalem: 1Sam 2:18 - baju efod Ialah pakaian imam, bdk 2Sa 6:14; 1Sa 22:18 Efod ini berbeda dengan efod yang menjadi alat penenung, bdk 1Sa 2:28 dan catatan pada efod imam besar Kel...

Ialah pakaian imam, bdk 2Sa 6:14; 1Sa 22:18 Efod ini berbeda dengan efod yang menjadi alat penenung, bdk 1Sa 2:28 dan catatan pada efod imam besar Kel 28:6+.

Jerusalem: 1Sam 2:22 - dan bahwa mereka... Kemah Pertemuan Ini sebuah sisipan yang tidak terdapat dalam terjemahan Yunani dan berdasarkan Kel 38:8.

Ini sebuah sisipan yang tidak terdapat dalam terjemahan Yunani dan berdasarkan Kel 38:8.

Jerusalem: 1Sam 2:25 - TUHAN hendak mematikan mereka Seperti dalam nas-nas Kitab Suci yang lain, Kel 4:21; Yos 11:20; Yes 6:9-10, demikianpun di sini ketegaran hati orang berdosa dikatakan langsung dikeh...

Seperti dalam nas-nas Kitab Suci yang lain, Kel 4:21; Yos 11:20; Yes 6:9-10, demikianpun di sini ketegaran hati orang berdosa dikatakan langsung dikehendaki Tuhan. Cara bicara ini tidak menyangkal bahwa manusia bebas dan sendiri bertanggung jawab.

Jerusalem: 1Sam 2:27-36 - -- Bagian ini berupa sisipan yang baru kemudian dimasukkan ke dalam kisah mengenai Samuel. Bagian ini sebenarnya sejalan dengan 1Sa 3:11-14 Kematian Hofn...

Bagian ini berupa sisipan yang baru kemudian dimasukkan ke dalam kisah mengenai Samuel. Bagian ini sebenarnya sejalan dengan 1Sa 3:11-14 Kematian Hofni dan Pinehas, 1Sa 4:11, hanya "tanda" kemalangan di masa mendatang, sebagaimana diberitahukan 1Sa 2:33, yakni pembunuhan atas para imam di Nob, ialah keturunan Eli, 1Sa 22:18-19, dengan hanya Abyatar yang lolos, 1Sa 22:20-23 Abyatar dipecat sebagai imam oleh Salomo, 1Ra 2:27. dalam 1Sa 2:35 diramaikan bahwa keturunan Eli sebagai imam akan diganti Zadok serta keturunannya yang semenjak raja Salomo menjabat. Hanya 1Sa 2:36 tidak sesuai dengan keadaan yang diberikan dalam 2Ra 23:9, sehingga bagian Samuel ini tidak berasal dari zaman raja Yosia tetapi dari masa sebelumnya.

Jerusalem: 1Sam 2:27 - nenek moyangmu Ialah Lewi.

Ialah Lewi.

Jerusalem: 1Sam 2:28 - baju efod Harafiah: (membawa) efod. Efod yang kiranya dimaksud di sini bukanlah "baju efod", seperti dalam 1Sa 2:18+, tetapi sebuah benda yang "dibawa" atau "di...

Harafiah: (membawa) efod. Efod yang kiranya dimaksud di sini bukanlah "baju efod", seperti dalam 1Sa 2:18+, tetapi sebuah benda yang "dibawa" atau "dibawakan kepada seseorang", seperti (secara harafiah) dikatakan dalam 1Sa 14:3; 23:6; 30:7. Benda itu memuat "buah undi suci" yang dipakai untuk menanyakan Tuhan 1Sa 14:18 dst; 1Sa 23:9 dst; 1Sa 30:8; lih 1Sa 14:41+. Efod itu sudah disebut di zaman para hakim, Hak 17:5; 18:14 dst (efod Gideon, Hak 8:26 dst, dikutuk sebagai penyembah berhala). Di zaman sesudah masa pemerintahan Daud efod itu tidak lagi disebut (Hos 3:4 barangkali menyinggung efod itu).

Jerusalem: 1Sam 2:29 - -- Ayat ini dalam naskah Ibrani kurang jelas maksudnya.

Ayat ini dalam naskah Ibrani kurang jelas maksudnya.

Jerusalem: 1Sam 2:30 - hidup di hadapanKu Harafiah: berjalan di hadapanKu. Artinya: dengan setia berbakti kepada Tuhan dan menikmati anugerahNya.

Harafiah: berjalan di hadapanKu. Artinya: dengan setia berbakti kepada Tuhan dan menikmati anugerahNya.

Jerusalem: 1Sam 2:33 - matamu... jiwamu Dalam terjemahan Yunani terbaca: matanya... jiwanya

Dalam terjemahan Yunani terbaca: matanya... jiwanya

Jerusalem: 1Sam 2:33 - pedang Ini ditambah menurut terjemahan Yunani.

Ini ditambah menurut terjemahan Yunani.

Ende: 1Sam 2:1-36 - -- Doa ini sangat serupa dengan doa Maria (Magnificat), jang pasti diilhamkan oleh lagu Hana ini. Lagu ini ditaruh dalam mulut Hana oleh si pengarang, me...

Doa ini sangat serupa dengan doa Maria (Magnificat), jang pasti diilhamkan oleh lagu Hana ini. Lagu ini ditaruh dalam mulut Hana oleh si pengarang, meskipun itu tidak dikarang atau diutjapkan oleh Hana. Lagu ini bukan lagu sjukur untuk kelahiran anak, jang diutjapkan isteri mandul (pokok ini sebentar disindir oleh ajat 5c-d)(1Sa 2:5c-d), melainkan lagu pudjian seorang radja, jang ditolong oleh Jahwe lawan musuh2nja, jang dikalahkan (10d-e)(1Sa 2:10d-e) dan achirnja memandang achirat (al-Masih).

Ende: 1Sam 2:1 - tanduk bahasa kiasan jang biasa untuk kekuasaan.

bahasa kiasan jang biasa untuk kekuasaan.

Ende: 1Sam 2:1 - mulut ternganga bahasa kiasan jang sama artinja dengan tanduk. Orang itu dapat mengalahkan musuh2nja.

bahasa kiasan jang sama artinja dengan tanduk.

Orang itu dapat mengalahkan musuh2nja.

Ende: 1Sam 2:5 - jang kelaparan ..... dst Orang jang lemah dan mursjid ditolong oleh Tuhan dalam kesukaran2nja, sehingga mereka jang kelaparan dahulu malah tidak usah bekerdja untuk mentjari r...

Orang jang lemah dan mursjid ditolong oleh Tuhan dalam kesukaran2nja, sehingga mereka jang kelaparan dahulu malah tidak usah bekerdja untuk mentjari rezekinja. Semua bahasa kiasan sadja untuk Tuhan jang menolong orang mursjid dan menghukum orang djahat (jang kenjang2).

Ende: 1Sam 2:8 - debu ..... perabuan bahasa kiasan untuk penindasan.

bahasa kiasan untuk penindasan.

Ende: 1Sam 2:8 - Sebab ..... dst Tuhan mentjiptakan bumi (jang dibajangkan se-akan2 bersandarkan tiang2) dengan kekuasaanNja. Karenanja Iapun dapat menolong orang jang pertjaja padaNj...

Tuhan mentjiptakan bumi (jang dibajangkan se-akan2 bersandarkan tiang2) dengan kekuasaanNja. Karenanja Iapun dapat menolong orang jang pertjaja padaNja.

Ende: 1Sam 2:10 - -- a-b terdjemahan ini tiada pasti; naskah Hibrani sangat sukar untuk diartikan, sebab rusak.

a-b terdjemahan ini tiada pasti; naskah Hibrani sangat sukar untuk diartikan, sebab rusak.

Ende: 1Sam 2:10 - guruh itu adalah lambang pertolongan Allah lawan musuh2.

itu adalah lambang pertolongan Allah lawan musuh2.

Ende: 1Sam 2:10 - udjung2 bumi diadili Pengadilan Allah pada achir djaman (masa Al-Masih) untuk membinasakan seteru dan menjelamatkan si mursjid.

Pengadilan Allah pada achir djaman (masa Al-Masih) untuk membinasakan seteru dan menjelamatkan si mursjid.

Ende: 1Sam 2:10 - Jang diurapiNja ialah radja (Al-Masih)

ialah radja (Al-Masih)

Ende: 1Sam 2:13-15 - apabila ... dst Inilah kutipan hak imam atas tjara mana imam mendapat bagiannja dari kurban2 dan jang dilanggar anak2 'Eli. Undang2 itu tidak terdapat dalam Perdjandj...

Inilah kutipan hak imam atas tjara mana imam mendapat bagiannja dari kurban2 dan jang dilanggar anak2 'Eli. Undang2 itu tidak terdapat dalam Perdjandjian Lama. Rupa2nja undang2 ini berlaku untuk tempat sutji Sjilo dan kemudian tidak diambil alih untuk Bait-Allah di Jerusjalem.

Ende: 1Sam 2:17 - sebab orang itu ..... dst Ajat ini sukar untuk diartikan. Seringkali ditafsirkan dan diterdjemahkan sbb: "mereka (anak2 'Eli) membuat orang2 menghinakan persembahan Jahwe". Kar...

Ajat ini sukar untuk diartikan. Seringkali ditafsirkan dan diterdjemahkan sbb: "mereka (anak2 'Eli) membuat orang2 menghinakan persembahan Jahwe". Karena kelakuan imam jang buruk itu orang2 Israil melalaikan ibadat.

Ende: 1Sam 2:18 - tjawat lenan Kata hibrani "efod" mempunjai beberapa makna. Kata kerdja "bersabukkan" disini menerangkan, efod ini pakaian tertentu, pakaian jang sangat pendek, seb...

Kata hibrani "efod" mempunjai beberapa makna. Kata kerdja "bersabukkan" disini menerangkan, efod ini pakaian tertentu, pakaian jang sangat pendek, sebangsa tjawat. Untuk makna lain lih. 1Sa 2:28.

Ende: 1Sam 2:22 - wanita jang bertugas ... Perempuan ini mendjalankan salah satu tugas dalam ibadat. jang mana tidak diketahui. Dalam agama Kena'an jang kafir terdapat perempuan pelatjur, jang ...

Perempuan ini mendjalankan salah satu tugas dalam ibadat. jang mana tidak diketahui. Dalam agama Kena'an jang kafir terdapat perempuan pelatjur, jang dipakai untuk ibadat jang tjabul. itu kadang2 nampak dalam ibadat Israil, diwaktu sangat merosot.

Ende: 1Sam 2:25 - -- Pepatah kebidjaksanaan ini berarti: Bila manusia bersalah terhadap manusia lain, maka Allah akan membela orang jang tak bersalah dan memulihkan kembal...

Pepatah kebidjaksanaan ini berarti: Bila manusia bersalah terhadap manusia lain, maka Allah akan membela orang jang tak bersalah dan memulihkan kembali jang djahat itu. Tetapi bila orang berdosa lawan Allah, maka kedjahatan tidak dapat dipulihkan lagi dan akan dihukum sadja oleh Tuhan.

Ende: 1Sam 2:27-36 - -- Rupa2nja bagian ini berasal dari tradisi lain dan kemudian dimasukkan kedalam kisah mengenai Sjemuel dan 'Eli. Pada asasnja ia sedjadjar dengan 1Sa3:1...

Rupa2nja bagian ini berasal dari tradisi lain dan kemudian dimasukkan kedalam kisah mengenai Sjemuel dan 'Eli. Pada asasnja ia sedjadjar dengan 1Sa3:11-14. Semua hal jang dikemukakan hari terdjadi disini diramalkan setjara terperintji dan agak djelas djuga. Peristiwa2 jang menghapuskan keluarga 'Eli sebagai imam dianggap sebagai tjampur tangan Allah akan hukuman salah satu dosa keluarga itu. Untuk menjatakan hal ini peristiwa2 itu diberi bentuk ramalan. Tetapi teranglah ramalan jang aseli kemudian dilengkapi sesuai dengan kenjataan2

Ende: 1Sam 2:27 - Pesuruh Allah ada istilah kuno untuk nabi atau penglihat.

ada istilah kuno untuk nabi atau penglihat.

Ende: 1Sam 2:28 - Efod disini adalah salah satu alat dalam ibadat, jang dipergunakan oleh imam untuk menanjai Jahwe perihal kehendaknja dan peristiwa masa depan. Rupa2nja se...

disini adalah salah satu alat dalam ibadat, jang dipergunakan oleh imam untuk menanjai Jahwe perihal kehendaknja dan peristiwa masa depan. Rupa2nja sebangsa tas dan didalamnja dua batu, "urim" dan "tummim", jang dipakai sebagai undi sutji. Bagaimana itu bekerdja tidak diketahui dengan tepatnja.

Endetn: 1Sam 2:1 - Allahku diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin. Tertulis: "Jahwe".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin. Tertulis: "Jahwe".

Endetn: 1Sam 2:3 - -- Ditinggalkan "angkuh", jang dua kali tertulis.

Ditinggalkan "angkuh", jang dua kali tertulis.

Endetn: 1Sam 2:3 - olehNja diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan tjatatan Kere.

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan tjatatan Kere.

Endetn: 1Sam 2:5 - bekerdja diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "sampai".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "sampai".

Endetn: 1Sam 2:10 - Jang Mahatinggi diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Diatasnja".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Diatasnja".

Endetn: 1Sam 2:14 - untuk dirinja sendiri diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "dengannja".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "dengannja".

Endetn: 1Sam 2:16 - Tidak diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan tjatatan Kere. Tertulis: "kepadanja".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan tjatatan Kere. Tertulis: "kepadanja".

Endetn: 1Sam 2:21 - -- Ditinggalkan: "sebab".

Ditinggalkan: "sebab".

Endetn: 1Sam 2:23 - membuat merana diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "mengundang"?*("jang lain"), ditambahkan menurut maknanja.

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "mengundang"?*("jang lain"), ditambahkan menurut maknanja.

Endetn: 1Sam 2:24 - Disiarkan diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "membuat melanggar".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "membuat melanggar".

Endetn: 1Sam 2:29 - (Ku ini) ditambahkan. Naskah Hibrani agak gelap dalam ajat ini.*

ditambahkan. Naskah Hibrani agak gelap dalam ajat ini.*

Endetn: 1Sam 2:29 - umatKu diperbaiki menurut terdjemahan SYriah dan Latin. Tertulis: "bagi umatKu".

diperbaiki menurut terdjemahan SYriah dan Latin. Tertulis: "bagi umatKu".

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:1 - Hana, katanya // Hatiku bersukaria // tanduk // mulutku mencemoohkan // musuhku · Hana, katanya: Luk 1:46-55 · Hatiku bersukaria: Mazm 13:6; 33:21; Za 10:7 · tanduk: Mazm 18:3; 89:18,25; 148:14 · mulutk...

· Hana, katanya: Luk 1:46-55

· Hatiku bersukaria: Mazm 13:6; 33:21; Za 10:7

· tanduk: Mazm 18:3; 89:18,25; 148:14

· mulutku mencemoohkan: Mazm 6:9

· musuhku: Bil 10:35; [Lihat FULL. Bil 10:35]; Mazm 6:11

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:2 - yang kudus // seperti // gunung batu · yang kudus: Kel 15:11; Kel 15:11; Im 11:44; Im 11:44 · seperti: Kel 8:10; Kel 8:10; Yes 40:25; 46:5 · gunung batu: Kej 49:24; K...

· yang kudus: Kel 15:11; [Lihat FULL. Kel 15:11]; Im 11:44; [Lihat FULL. Im 11:44]

· seperti: Kel 8:10; [Lihat FULL. Kel 8:10]; Yes 40:25; 46:5

· gunung batu: Kej 49:24; [Lihat FULL. Kej 49:24]; Kel 33:22; [Lihat FULL. Kel 33:22]; Ul 32:37; 2Sam 22:2,32; 23:3; Mazm 31:4; 71:3

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:3 - caci maki // yang mahatahu // Dia perbuatan-perbuatan // diuji · caci maki: Mazm 17:10; 31:19; 73:8; 75:5; 94:4 · yang mahatahu: Yos 22:22; Yos 22:22 · Dia perbuatan-perbuatan: 1Sam 16:7; 1Raj...

· caci maki: Mazm 17:10; 31:19; 73:8; 75:5; 94:4

· yang mahatahu: Yos 22:22; [Lihat FULL. Yos 22:22]

· Dia perbuatan-perbuatan: 1Sam 16:7; 1Raj 8:39; 1Taw 28:9; 2Taw 6:30; Ams 15:11; Yer 11:20; 17:10

· diuji: Ams 16:2; 24:11-12

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:4 - telah patah // berikatkan kekuatan · telah patah: 2Sam 1:27; Mazm 37:15; 46:10; 76:4 · berikatkan kekuatan: Ayub 17:9; Yes 40:31; 41:1; 52:1; 57:10

· telah patah: 2Sam 1:27; Mazm 37:15; 46:10; 76:4

· berikatkan kekuatan: Ayub 17:9; Yes 40:31; 41:1; 52:1; 57:10

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:5 - yang lapar // yang mandul · yang lapar: Luk 1:53 · yang mandul: Mazm 113:9; Yes 54:1; Yer 15:9

· yang lapar: Luk 1:53

· yang mandul: Mazm 113:9; Yes 54:1; Yer 15:9

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:6 - dan menghidupkan // dan mengangkat · dan menghidupkan: Ul 32:39 · dan mengangkat: Yes 26:19; Yeh 37:3,12

· dan menghidupkan: Ul 32:39

· dan mengangkat: Yes 26:19; Yeh 37:3,12

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:7 - membuat kaya // dan meninggikan · membuat kaya: Ul 8:18; Ul 8:18 · dan meninggikan: Ayub 5:11; 40:12; Mazm 75:8; Yes 2:12; 13:11; 22:19; Dan 4:37

· membuat kaya: Ul 8:18; [Lihat FULL. Ul 8:18]

· dan meninggikan: Ayub 5:11; 40:12; Mazm 75:8; Yes 2:12; 13:11; 22:19; Dan 4:37

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:8 - Ia menegakkan // yang hina // dalam debu // yang miskin // kursi kehormatan // mempunyai alas · Ia menegakkan: Mazm 113:7-8 · yang hina: Yak 2:5 · dalam debu: 1Raj 16:2 · yang miskin: Mazm 72:12; 107:41; 145:14; 146:...

· Ia menegakkan: Mazm 113:7-8

· yang hina: Yak 2:5

· dalam debu: 1Raj 16:2

· yang miskin: Mazm 72:12; 107:41; 145:14; 146:8; Mat 23:12; [Lihat FULL. Mat 23:12]

· kursi kehormatan: 2Sam 7:8; Ayub 36:7; Yes 22:23; Yeh 21:26

· mempunyai alas: Ayub 15:7; 38:4; Mazm 104:5; Ams 8:29; Yes 40:12; Yer 10:12

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:9 - Langkah kaki // yang dikasihi-Nya // dalam kegelapan // karena kekuatannya · Langkah kaki: Mazm 91:12; 121:3; Ams 3:26 · yang dikasihi-Nya: Ams 2:8 · dalam kegelapan: Ayub 10:22; Yes 5:30; 8:22; 59:9; 60:...

· Langkah kaki: Mazm 91:12; 121:3; Ams 3:26

· yang dikasihi-Nya: Ams 2:8

· dalam kegelapan: Ayub 10:22; Yes 5:30; 8:22; 59:9; 60:2; Yer 13:16; Am 5:18,20; Zef 1:14-15; Mat 8:12

· karena kekuatannya: 1Sam 17:47; Mazm 33:16-17; Za 4:6

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:10 - akan dihancurkan // Ia mengguntur // Tuhan mengadili // memberi kekuatan // meninggikan tanduk · akan dihancurkan: Kel 15:6; Kel 15:6 · Ia mengguntur: Kel 19:16; Kel 19:16; 1Sam 7:10; 12:17; 2Sam 22:14; Ayub 37:4,5; 38:1; Mazm 18:1...

· akan dihancurkan: Kel 15:6; [Lihat FULL. Kel 15:6]

· Ia mengguntur: Kel 19:16; [Lihat FULL. Kel 19:16]; 1Sam 7:10; 12:17; 2Sam 22:14; Ayub 37:4,5; 38:1; Mazm 18:14; 29:3; Yes 66:6

· Tuhan mengadili: Mazm 96:13; 98:9; Mat 25:31-32

· memberi kekuatan: Mazm 18:2; 21:2; 59:17

· meninggikan tanduk: Ul 33:17; [Lihat FULL. Ul 33:17]; Mazm 89:25; Luk 1:69; [Lihat FULL. Luk 1:69]

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:11 - ke Rama // menjadi pelayan · ke Rama: Yos 18:25; Yos 18:25 · menjadi pelayan: 1Sam 2:18; Bil 16:9; Bil 16:9; 1Sam 3:1

· ke Rama: Yos 18:25; [Lihat FULL. Yos 18:25]

· menjadi pelayan: 1Sam 2:18; Bil 16:9; [Lihat FULL. Bil 16:9]; 1Sam 3:1

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:12 - tidak mengindahkan · tidak mengindahkan: Yer 2:8; 9:6

· tidak mengindahkan: Yer 2:8; 9:6

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:13 - batas hak // sementara daging · batas hak: Ul 18:3 · sementara daging: Im 7:35-36

· batas hak: Ul 18:3

· sementara daging: Im 7:35-36

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:16 - Bukankah lemak · Bukankah lemak: Im 3:3,14-16; 7:29-34

· Bukankah lemak: Im 3:3,14-16; 7:29-34

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:17 - memandang rendah · memandang rendah: 1Sam 2:22,29; Bil 14:11; Bil 14:11; Yer 7:21; Yeh 22:26; Mal 2:7-9

· memandang rendah: 1Sam 2:22,29; Bil 14:11; [Lihat FULL. Bil 14:11]; Yer 7:21; Yeh 22:26; Mal 2:7-9

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:18 - menjadi pelayan // baju efod · menjadi pelayan: 1Sam 2:11; 1Sam 2:11 · baju efod: 1Sam 2:28; 1Sam 22:18; 23:9; 2Sam 6:14; 1Taw 15:27

· menjadi pelayan: 1Sam 2:11; [Lihat FULL. 1Sam 2:11]

· baju efod: 1Sam 2:28; 1Sam 22:18; 23:9; 2Sam 6:14; 1Taw 15:27

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:19 - sembelihan tahunan · sembelihan tahunan: 1Sam 1:3; 1Sam 1:3

· sembelihan tahunan: 1Sam 1:3; [Lihat FULL. 1Sam 1:3]

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:20 - telah diserahkannya · telah diserahkannya: 1Sam 1:27; 1Sam 1:27

· telah diserahkannya: 1Sam 1:27; [Lihat FULL. 1Sam 1:27]

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:21 - mengindahkan Hana // makin besarlah · mengindahkan Hana: Kej 21:1 · makin besarlah: Hak 13:24; Hak 13:24; Luk 1:80; 2:40

· mengindahkan Hana: Kej 21:1

· makin besarlah: Hak 13:24; [Lihat FULL. Hak 13:24]; Luk 1:80; 2:40

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:22 - segala sesuatu // dengan perempuan-perempuan · segala sesuatu: 1Sam 2:17; 1Sam 2:17 · dengan perempuan-perempuan: Kel 38:8; Kel 38:8

· segala sesuatu: 1Sam 2:17; [Lihat FULL. 1Sam 2:17]

· dengan perempuan-perempuan: Kel 38:8; [Lihat FULL. Kel 38:8]

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:25 - Tuhan, siapakah // menjadi perantara · Tuhan, siapakah: Kel 4:21; Yos 11:20 · menjadi perantara: Kel 32:10; Kel 32:10; Bil 11:2; Bil 11:2; 1Sam 3:14; 1Raj 13:6; Ayub 9:33; M...

· Tuhan, siapakah: Kel 4:21; Yos 11:20

· menjadi perantara: Kel 32:10; [Lihat FULL. Kel 32:10]; Bil 11:2; [Lihat FULL. Bil 11:2]; 1Sam 3:14; 1Raj 13:6; Ayub 9:33; Mazm 106:30; Yes 1:18; 22:14; Yer 15:1; Ibr 10:26

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:26 - semakin besar // hadapan manusia · semakin besar: Hak 13:24; Hak 13:24; Luk 2:52 · hadapan manusia: Ams 3:4

· semakin besar: Hak 13:24; [Lihat FULL. Hak 13:24]; Luk 2:52

· hadapan manusia: Ams 3:4

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:27 - abdi Allah · abdi Allah: Ul 33:1; Ul 33:1; Hak 13:6; Hak 13:6

· abdi Allah: Ul 33:1; [Lihat FULL. Ul 33:1]; Hak 13:6; [Lihat FULL. Hak 13:6]

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:28 - telah memilihnya // membakar ukupan // baju efod // segala korban · telah memilihnya: Kel 28:1; Kel 28:1 · membakar ukupan: Kel 30:7; Kel 30:7 · baju efod: 1Sam 22:18; 23:6,9; 30:7 · segal...

· telah memilihnya: Kel 28:1; [Lihat FULL. Kel 28:1]

· membakar ukupan: Kel 30:7; [Lihat FULL. Kel 30:7]

· baju efod: 1Sam 22:18; 23:6,9; 30:7

· segala korban: Im 7:35-36

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:29 - kepada korban // korban sajian-Ku · kepada korban: 1Sam 2:12-17 · korban sajian-Ku: Ul 12:5; Ul 12:5

· kepada korban: 1Sam 2:12-17

· korban sajian-Ku: Ul 12:5; [Lihat FULL. Ul 12:5]

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:30 - hadapan-Ku selamanya // akan Kuhormati // yang menghina // dipandang rendah · hadapan-Ku selamanya: Kel 29:9; Kel 29:9 · akan Kuhormati: Mazm 50:23; 91:15; Ams 8:17 · yang menghina: Yes 53:3; Nah 3:6; Mal ...

· hadapan-Ku selamanya: Kel 29:9; [Lihat FULL. Kel 29:9]

· akan Kuhormati: Mazm 50:23; 91:15; Ams 8:17

· yang menghina: Yes 53:3; Nah 3:6; Mal 2:9

· dipandang rendah: Yer 18:10

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:31 - dalam keluargamu · dalam keluargamu: 1Sam 4:11-18; 22:16

· dalam keluargamu: 1Sam 4:11-18; 22:16

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:32 - mata bermusuhan // seorang kakek · mata bermusuhan: 1Sam 4:3; 22:17-20; Yer 7:12,14 · seorang kakek: 1Raj 2:26-27

· mata bermusuhan: 1Sam 4:3; 22:17-20; Yer 7:12,14

· seorang kakek: 1Raj 2:26-27

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:33 - tambahan keluargamu · tambahan keluargamu: Yer 29:32; Mal 2:12

· tambahan keluargamu: Yer 29:32; Mal 2:12

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:34 - menjadi tanda // pada hari // akan mati · menjadi tanda: Ul 13:2; Ul 13:2 · pada hari: 1Raj 13:3 · akan mati: 1Sam 4:11

· menjadi tanda: Ul 13:2; [Lihat FULL. Ul 13:2]

· pada hari: 1Raj 13:3

· akan mati: 1Sam 4:11

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:35 - seorang imam // yang Kuurapi · seorang imam: 2Sam 8:17; 20:25; 1Raj 1:8,32; 2:35; 4:4; 1Taw 16:39; 29:22; Yeh 44:15-16 · yang Kuurapi: 1Sam 9:16; 10:1; 16:13; 2Sam 2...

Ref. Silang FULL: 1Sam 2:36 - akan berkata // dapat makan · akan berkata: Yeh 44:10-14 · dapat makan: 1Sam 3:12; 1Raj 2:27

· akan berkata: Yeh 44:10-14

· dapat makan: 1Sam 3:12; 1Raj 2:27

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Sam 2:1 - Tanduk kekuatanku ditinggikan oleh Tuhan // Mulutku mencemoohkan musuhku 2:1. Tanduk kekuatanku ditinggikan oleh Tuhan merupakan gambaran dari seekor lembu liar yang kepalanya mendongak sebagai tanda yakni kepada kekuatanny...

2:1. Tanduk kekuatanku ditinggikan oleh Tuhan merupakan gambaran dari seekor lembu liar yang kepalanya mendongak sebagai tanda yakni kepada kekuatannya. Mulutku mencemoohkan musuhku mengacu kepada tindakan mencibir yang masih dipakai di Timur Tengah untuk menunjukkan sikap mengejek dan jijik.

Wycliffe: 1Sam 2:2 - Tidak ada yang kudus seperti Tuhan // Tidak ada gunung batu seperti Allah kita. Gunung batu 2. Tidak ada yang kudus seperti Tuhan. Kekudusan Tuhanlah yang membedakan-Nya dengan manusia, Dia bersifat transenden. Transendensi tersebut adalah da...

2. Tidak ada yang kudus seperti Tuhan. Kekudusan Tuhanlah yang membedakan-Nya dengan manusia, Dia bersifat transenden. Transendensi tersebut adalah dari segi tingkatan dan bukan dari segi jarak. Tidak ada gunung batu seperti Allah kita. Gunung batu merupakan metafora yang sering dipakai untuk mengungkapkan kekuatan dan keabadian Tuhan. Gunung batu yang mudah dipakai sebagai tempat pertahanan sering kali dipakai sebagai tempat perlindungan. Kekuatan Allah merupakan tempat perlindungan (Mzm. 91:1, 2).

Wycliffe: 1Sam 2:3 - Oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji // Busur para pahlawan telah patah 3. Oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji. Kata diuji dalam terjemahan bahasa Inggris dipakai kata ditimbang (weigh) (Ams. 16:2; Dan. 5:27) dan dapat disa...

3. Oleh Dia perbuatan-perbuatan diuji. Kata diuji dalam terjemahan bahasa Inggris dipakai kata ditimbang (weigh) (Ams. 16:2; Dan. 5:27) dan dapat disamakan dengan ilustrasi terkenal dari Kitab Kematian orang Mesir yang menggambarkan hati orang mati ditimbang dengan lambang kebenaran dan keadilan sebelum orang mati tersebut diizinkan memasuki dunia Osiris. Tetapi naskah tersebut dikaitkan dengan kehidupan ini. 4. Busur para pahlawan telah patah. Terkecuali Yeremia 51:56, hatat tidak dipakai untuk menunjuk kepada patahnya hal-hal yang bersifat lahiriah, tetapi patahnya manusia.

Wycliffe: 1Sam 2:6 - Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati dan mengangkat dari sana 6. Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati dan mengangkat dari sana. Sekalipun ayat ini mungkin mengacu kepada kebangkitan orang mati, pada umumnya ay...

6. Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati dan mengangkat dari sana. Sekalipun ayat ini mungkin mengacu kepada kebangkitan orang mati, pada umumnya ayat ini dipahami sebagai mengemukakan bahwa masalah hidup dan mati ada di tangan Allah; dan mungkin yang diacu adalah seseorang yang dibawa ke ambang kematian tetapi dilepaskan.

Wycliffe: 1Sam 2:8 - Dari dalam debu ... dari lumpur // Sebab Tuhan mempunyai alas bumi // Ia menaruh daratan, 8. Dari dalam debu ... dari lumpur. Tempat pembuangan sampah dari sebuah kota adalah tempat di mana para pengemis tidur pada malam hari dan meminta se...

8. Dari dalam debu ... dari lumpur. Tempat pembuangan sampah dari sebuah kota adalah tempat di mana para pengemis tidur pada malam hari dan meminta sedekah pada siang harinya. Ayat ini menunjukkan bagaimana Allah memperlakukan orang yang lemah dan berkekurangan. Sebagaimana halnya seorang hakim manusia secara resmi terikat dinas untuk memberikan keputusan yang menguntungkan seorang janda, anak yatim piatu, orang asing dan orang yang miskin (Yes. 1:17; Yer. 5:28) demikian pula Allah, Hakim Ilahi itu, mengambil keputusan yang menguntungkan manusia yang tidak berdaya (Mzm. 43:1; Yes. 11:3, 4). Jadi, keadilan Allah menjadi kata lain dari keselamatan (Yes. 46:13; 51:4-8). Sebab Tuhan mempunyai alas bumi. AV menerjemahkannya dengan, para sokoguru adalah milik Tuhan. Yang dimaksudkan dengan tiang-tiang penyangga (AV) adalah para pejabat di dunia ini. Tuhan telah menentukan sejumlah orang untuk menjadi pejabat dan Ia menaruh daratan, maksudnya: pemerintahan kerajaan dunia ini, di bahu mereka (bdg. Gal. 2:9 di mana manusia disebut sokoguru).

Wycliffe: 1Sam 2:9 - Orang-orang yang dikasihi-Nya 9. Orang-orang yang dikasihi-Nya (AV: orang-orang kudus-Nya; basidim). Kata Ibrani basidaw paling baik diterjemahkan dengan "kesetiaan di dalam kasih....

9. Orang-orang yang dikasihi-Nya (AV: orang-orang kudus-Nya; basidim). Kata Ibrani basidaw paling baik diterjemahkan dengan "kesetiaan di dalam kasih." Yang dimaksudkan ialah kesetiaan pada sebuah persetujuan. Contoh terbaik di dalam kehidupan manusia tentang kesetiaan ialah ikrar pernikahan - kesetiaan dan kasih. Hasidaw sering kali diterjemahkan menjadi "kemurahan," "kebaikan," atau "panjang sabar." Ini adalah akar kata hasidim, "orang-orang saleh."

Wycliffe: 1Sam 2:10 - Raja ... yang diurapi-Nya 10. Raja ... yang diurapi-Nya. Ini merupakan ayat pertama di dalam Perjanjian Lama yang menyebut raja sebagai yang diurapi Tuhan. Belakangan, dalam pe...

10. Raja ... yang diurapi-Nya. Ini merupakan ayat pertama di dalam Perjanjian Lama yang menyebut raja sebagai yang diurapi Tuhan. Belakangan, dalam pemikiran eskatologis dari Yudaisme, ungkapan ini menjadi gelar khusus dari Sang Juruselamat yang dinantikan, Sang Mesias atau Sang Kristus yang akan mengangkat kesulitan-kesulitan dunia pada zaman Mesianis.

Wycliffe: 1Sam 2:11 - Menjadi pelayan Tuhan 11. Menjadi pelayan Tuhan. Melayani di hadapan hadirat Tuhan berarti melaksanakan tugas para imam atau orang Lewi di dalam kaitan dengan penyembahan A...

11. Menjadi pelayan Tuhan. Melayani di hadapan hadirat Tuhan berarti melaksanakan tugas para imam atau orang Lewi di dalam kaitan dengan penyembahan Allah. Pelayanan semacam itulah yang dilakukan Samuel ketika ia besar, di bawah pengawasan dan pengarahan imam Eli.

Wycliffe: 1Sam 2:13-17 - Batas hak para imam 13-17. Batas hak para imam. Hal yang dibenarkan berdasarkan contoh yang ada. Sesungguhnya, contoh itu terlihat dalam hukum pada Ulangan 18:3 dan Imama...

13-17. Batas hak para imam. Hal yang dibenarkan berdasarkan contoh yang ada. Sesungguhnya, contoh itu terlihat dalam hukum pada Ulangan 18:3 dan Imamat 7:31-34. Putra-putra Eli bersalah melakukan dosa ganda: (a) bukannya mengambil hanya bagian yang diserahkan kepada mereka, mereka mengambil semua yang dapat diraih dengan garpu; dan (b) mereka mengambil bagian mereka sebelum lemak dan darah dipersembahkan sebagai kurban kepada Tuhan. Tampaknya para imam tidak menerima undangan untuk menghadiri perjamuan setiap keluarga, tetapi mereka menghendaki potongan-potongan yang penting dikirim ke rumah mereka. Untuk memastikan bahwa mereka memperoleh bagian-bagian tersebut, maka mereka mendesak para pelayan mereka agar mengambil potongan-potongan yang terbaik sebelum kurban dipersembahkan.

Wycliffe: 1Sam 2:18 - Tubuhnya berlilitkan baju efod dari kain lenan. Baju efod 18. Tubuhnya berlilitkan baju efod dari kain lenan. Baju efod adalah sebuah jubah sederhana sekali (II Sam. 6:14) yang hanya dipakai oleh para imam, o...

18. Tubuhnya berlilitkan baju efod dari kain lenan. Baju efod adalah sebuah jubah sederhana sekali (II Sam. 6:14) yang hanya dipakai oleh para imam, orang Lewi, hakim dan tokoh terkemuka ketika ada upacara-upacara religius. Baju efod jangan disamakan dengan efod untuk menentukan kehendak Allah. Walaupun para imam Mesir juga memakai jubah lenan (ipd), tidak diketahui pasti apakah pakaian mereka itulah yang mempengaruhi pakaian para imam Israel.

Wycliffe: 1Sam 2:19 - Jubah kecil 19. Jubah kecil. Kata Ibrani meîl berarti sejenis jubah longgar panjang yang dipakai oleh para raja (I Taw. 15:27), nabi (I Sam. 15:27), orang p...

19. Jubah kecil. Kata Ibrani meîl berarti sejenis jubah longgar panjang yang dipakai oleh para raja (I Taw. 15:27), nabi (I Sam. 15:27), orang penting (Ayb. 2:12) dan perempuan terpandang (II Sam. 13:18). Jubah itu berlubang untuk memasukkan kepala dan di sisinya untuk memasukkan lengan, namun jubah itu tidak berlengan. Jubah ini dipakai sebagai pakaian luar di atas jubah dalam.

Wycliffe: 1Sam 2:21 - Makin besar 21. Makin besar. Kata kerja yang sama dipakai untuk Musa (Kel. 2:10 dst.). Kata ini bisa berarti perkembangan mental dan moral maupun jasmaniah.

21. Makin besar. Kata kerja yang sama dipakai untuk Musa (Kel. 2:10 dst.). Kata ini bisa berarti perkembangan mental dan moral maupun jasmaniah.

Wycliffe: 1Sam 2:22 - Perempuan-perempuan yang melayani di depan pintu 22. Perempuan-perempuan yang melayani di depan pintu. Keluaran 38:8 menyebutkan tentang perempuan-perempuan "yang melayani" ini. Sebagian pakar berpen...

22. Perempuan-perempuan yang melayani di depan pintu. Keluaran 38:8 menyebutkan tentang perempuan-perempuan "yang melayani" ini. Sebagian pakar berpendapat bahwa kedua putra Eli memperkenalkan pelacuran agama Kanaan ke dalam tempat ibadah di Silo. Pakar yang lain berpendapat bahwa para perempuan ini adalah pengawas anak-anak kecil seperti Samuel.

Wycliffe: 1Sam 2:24 - Menyebabkan umat Tuhan melakukan pelanggaran 24. Menyebabkan umat Tuhan melakukan pelanggaran. LXX menerjemahkannya, sehingga umat Tuhan tidak beribadah; maksudnya: menolak untuk mengikuti kebakt...

24. Menyebabkan umat Tuhan melakukan pelanggaran. LXX menerjemahkannya, sehingga umat Tuhan tidak beribadah; maksudnya: menolak untuk mengikuti kebaktian di tempat itu karena para pemimpinnya tidak bermoral.

Wycliffe: 1Sam 2:25 - Jika seseorang berdosa terhadap Tuhan // Tuhan hendak mematikan mereka 25. Jika seseorang berdosa terhadap Tuhan. Bila seorang mempunyai pengaduan terhadap orang yang lain, persoalan itu dapat diputuskan oleh Allah melalu...

25. Jika seseorang berdosa terhadap Tuhan. Bila seorang mempunyai pengaduan terhadap orang yang lain, persoalan itu dapat diputuskan oleh Allah melalui wakil-Nya, yaitu sang hakim (Mzm. 82:3), atau oleh undian kudus yang dilakukan oleh imam. Tetapi jika Allah yang menjadi penggugat, tidak mungkin ada acuan pada suatu pihak yang tidak memihak, dan kejahatan itu mendatangkan balasan langsung dari surga. Tuhan hendak mematikan mereka. Bandingkanlah bahasa Keluaran 24:1 dan Yosua 11:20 di mana dikatakan bahwa Tuhan mengeraskan hati Firaun dan orang Kanaan; dan I Samuel 16:14 di mana dikatakan bahwa Saul "diganggu oleh roh jahat yang daripada Tuhan." Sekalipun demikian kita yakin bahwa Tuhan "berkenan pada kasih setia" (Mi. 7:18), dan "tidak berkenan kepada kematian seseorang yang harus ditanggungnya" (Yeh. 18:32). Adanya kemurahan dan hukuman secara bersama-sama dalam kehendak ilahi ini (Kel. 34:6, 7) merupakan rahasia yang berada di luar jangkauan pemahaman kita. Tetapi harus diperhatikan dengan cermat bahwa baru setelah Firaun menutup telinganya terhadap berbagai peringatan yang berulang kali disampaikan dan baru setelah orang Kanaan mencemarkan diri mereka dengan kejahatan yang amat berat, Allah mengeraskan hati mereka. Setelah putra-putra Eli mengabaikan dan melawan hukum-hukum-Nya barulah Allah memutuskan untuk membunuh mereka.

Wycliffe: 1Sam 2:27 - Seorang abdi Allah // Nenek moyangmu 27. Seorang abdi Allah. Nyanyian Hana dan nubuat sang abdi Allah merupakan satu-satunya nubuat yang tercatat sejak masa Debora pada awal masa hakim-ha...

27. Seorang abdi Allah. Nyanyian Hana dan nubuat sang abdi Allah merupakan satu-satunya nubuat yang tercatat sejak masa Debora pada awal masa hakim-hakim. Nenek moyangmu. Yaitu, Harun. Sekalipun daftar keturunan Eli tidak disajikan di dalam Perjanjian Lama, penulis Tawarikh menyatakan (I Taw. 24:3) bahwa salah satu keturunan Eli adalah salah satu "putra Itamar," putra Harun yang keempat. Kemudian, nama dari salah satu putra Eli, yaitu Pinehas, merupakan mata rantai yang lain dari keluarga Harun (Kel. 6:23, 25).

Wycliffe: 1Sam 2:28 - Membakar ukupan 28. Membakar ukupan berarti menaburkan bubuk dupa di atas arang yang menyala sehingga menimbulkan bau-bauan. Orang Kanaan, Ibrani, Yahudi dan Roma sem...

28. Membakar ukupan berarti menaburkan bubuk dupa di atas arang yang menyala sehingga menimbulkan bau-bauan. Orang Kanaan, Ibrani, Yahudi dan Roma semuanya memakai bau-bauan dupa di dalam menyembah.

Wycliffe: 1Sam 2:29 - Mengapa engkau memandang dengan loba 29. Mengapa engkau memandang dengan loba. AV, mengapa engkau menendang. Gambarannya adalah seekor hewan yang manja dan keras kepala (Ul. 32:15).

29. Mengapa engkau memandang dengan loba. AV, mengapa engkau menendang. Gambarannya adalah seekor hewan yang manja dan keras kepala (Ul. 32:15).

Wycliffe: 1Sam 2:31-35 - -- 31-35. Ayat 31 mengacu kepada pembantaian para imam di Nob; ayat 31, 32 mengacu kepada pengusiran dan kemudian kemiskinan Abiatar; ayat 35 mengacu kep...

31-35. Ayat 31 mengacu kepada pembantaian para imam di Nob; ayat 31, 32 mengacu kepada pengusiran dan kemudian kemiskinan Abiatar; ayat 35 mengacu kepada kenaikan Zadok sebagai imam besar. Nabi Yehezkiel di dalam penglihatannya tentang Bait Suci yang baru melihat keturunan Zadok sebagai para imam yang sejati.

Wycliffe: 1Sam 2:36 - -- 36. Sejumlah sarjana modern menemukan di dalam ayat ini sebuah gambaran tentang berbagai kesukaran yang dialami oleh para imam dari tempat ibadah loka...

36. Sejumlah sarjana modern menemukan di dalam ayat ini sebuah gambaran tentang berbagai kesukaran yang dialami oleh para imam dari tempat ibadah lokal ketika tempat ibadah itu ditiadakan oleh pembaharuan Yosia.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Sam 2:1-10 - Ditinggikan vs direndahkan (Selasa, 10 Juni 2008) Ditinggikan vs direndahkan Kemashyuran Tuhan bukan semata karena segala kebaikan yang Dia perbuat atas umat-Nya, melainkan juga karena keadilan-N...

SH: 1Sam 2:1-10 - Pengakuan dalam sukacita. (Selasa, 29 Juli 2003) Pengakuan dalam sukacita. Seseorang menjadi spesial ketika ia bertindak lebih baik dari kecenderungan rata-rata orang. Rata-rata orang, bila...

SH: 1Sam 2:1-10 - Berkat terbesar. (Jumat, 21 November 1997) Berkat terbesar. Banyaknya berkat yang Hana terima dari Allah merupakan alasan untuk memuji Allah. Tuhan telah memperhatikannya; Tuhan memberikannya s...

SH: 1Sam 2:11-26 - Tidak menghormati Allah (Rabu, 11 Juni 2008) Tidak menghormati Allah Komentar tajam sering dilontarkan terhadap perilaku bangsa kita. Kita adalah bangsa yang beragama, rajin beribadah, tetap...

SH: 1Sam 2:11-26 - Kesalehan: penting dan berpengaruh. (Rabu, 30 Juli 2003) Kesalehan: penting dan berpengaruh. Ada dua macam pelayan yang dipaparkan dalam nas ini. Pertama, orang yang sungguh-sungguh melayani Tuhan,...

SH: 1Sam 2:11-36 - Anak-anak Imam Allah. (Sabtu, 22 November 1997) Anak-anak Imam Allah. Hofni dan Pinehas, anak-anak Eli sangat jahat. Hidup mereka dikatakan tidak mengenal Allah (ayat 12 terjemahan literal). Imam El...

SH: 1Sam 2:27-36 - Tidak menghormati Allah (Kamis, 12 Juni 2008) Tidak menghormati Allah Hukuman pasti akan dijatuhkan pada orang-orang yang hidupnya menentang Allah! "Sebab siapa yang meng-hormati Aku, akan ...

SH: 1Sam 2:27-36 - Yang lebih dari Allah. (Kamis, 31 Juli 2003) Yang lebih dari Allah. Kadang, manusia tidak takut kepada Allah bukan karena tidak percaya akan kemahakuasaan Allah. Ia - seperti saya dan A...

Topik Teologia: 1Sam 2:1 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: 1Sam 2:2 - -- Allah yang Berpribadi Gunung Batu Ula 32:4 Ula 32:15 Ula 32:18 Ula 32:30-31 1Sa 2:2 2Sa 22:2-3 2Sa 22:32 2Sa 22:47 Maz 19:15 Ma...

Topik Teologia: 1Sam 2:3 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah adalah Satu Pribadi Allah Berpikir dan Mahatahu 1Sa 2:3 1Ta 2...

Topik Teologia: 1Sam 2:4 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Manusia Dunia Pemeliharaan Allah di Dalam Perilaku Manusia ...

Topik Teologia: 1Sam 2:6 - -- Allah yang Berpribadi Allah Aktif dalam Kehidupan Manusia Kej 1:26-28 Kej 2:7 Kej 9:5-7 1Sa 2:6-8 Ayu 14:5 Maz 8:4-9 Pengk 3:11...

Topik Teologia: 1Sam 2:7 - -- Allah yang Berpribadi Allah Aktif dalam Kehidupan Manusia Kej 1:26-28 Kej 2:7 Kej 9:5-7 1Sa 2:6-8 Ayu 14:5 Maz 8:4-9 Pengk 3:11...

Topik Teologia: 1Sam 2:8 - -- Allah yang Berpribadi Allah Aktif dalam Kehidupan Manusia Kej 1:26-28 Kej 2:7 Kej 9:5-7 1Sa 2:6-8 Ayu 14:5 Maz 8:4-9 Pengk 3:11...

Topik Teologia: 1Sam 2:9 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah pada Umumnya Allah ...

Topik Teologia: 1Sam 2:10 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Tempat Kediaman Allah Allah Berdiam di Surga Ula 4:36 Ula 4:39 Ula 26:15 1Sa 2:10...

Topik Teologia: 1Sam 2:18 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Keluarga Teladan-teladan Kasih Ibu Hanna 1Sa 2:18-21...

Topik Teologia: 1Sam 2:21 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat

Topik Teologia: 1Sam 2:22 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehendak Allah Esensi Kehendak Allah Kehendak-Nya adalah Paling Baik...

Topik Teologia: 1Sam 2:25 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemeliharaan dan Kematian Ula 32:49-52 1Sa 2:25 Ayu 14:5 Yoh 21:18-19 2Ti 4:6-8 2P...

Topik Teologia: 1Sam 2:29 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Ketidakpedulian Tidak Menghormati Allah Bil 20:12 1Sa 2:29-30 Yes 29:13-14 Ye...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kerajaan Teokratis Tanggal Penulisan: Akhir abad ke-10 SM Latar Belakang Di PL Ibrani, 1 dan ...

Full Life: 1 Samuel (Garis Besar) Garis Besar I. Samuel: Seorang Nabi yang Menjadi Pemimpin Israel (1Sam 1:1-8:22) A. Kelahiran Seorang Nabi yang Menja...

Ende: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) SJEMUEL PENDAHULUAN Kedua kitab Sjemuel mula2 hanjalah satu karja besar, jang malahan dilandjutkan dalan I Radja2. Kesatuan ini njatalah baik dari isi...

Wycliffe: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 SAMUEL Judul. Judul kedua kitab ini berasal dari nama tokoh utamanya di awal I Samuel. Kata Ibrani Samuel memiliki banyak arti. Sekalip...

Wycliffe: 1 Samuel (Garis Besar) GARIS BESAR 1 SAMUEL I. Kehidupan dan Pelayanan Samuel (I Samuel 1:1-7:17) A. Kelahiran dan Masa Kanak-kanak Samuel (1:1-4:1a) ...

BIS: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) I SAMUEL PENGANTAR Buku I Samuel berisi sejarah Israel dalam masa peralihan dari zaman Hakim-hakim kepada zaman Raja-raja. Perubahan dalam kehidupan

I SAMUEL

PENGANTAR

Buku I Samuel berisi sejarah Israel dalam masa peralihan dari zaman Hakim-hakim kepada zaman Raja-raja. Perubahan dalam kehidupan nasional di Israel itu khususnya berkisar pada tiga orang: Nabi Samuel, Raja Saul, dan Raja Daud. Pengalaman-pengalaman Daud di masa mudanya sebelum ia menjabat raja, terjalin erat dengan kisah Samuel dan Saul.

Pokok buku ini, sama seperti kisah-kisah lainnya dalam Perjanjian Lama, ialah bahwa orang akan berhasil kalau setia kepada Allah, dan celaka kalau mendurhaka. Hal itu dinyatakan dengan jelas dalam 1Sam 2:30 ketika TUHAN berkata kepada Imam Eli, "Yang menghormati Aku, akan Kuhormati, tetapi yang menghina Aku akan Kuhina."

Dalam buku ini kita melihat perasaan yang berbeda-beda mengenai pembentukan kerajaan Israel. Memang TUHAN sendiri sudah dianggap raja di Israel, tetapi untuk menanggapi permohonan rakyat, Ia memilih seorang raja bagi mereka. Hal yang penting ialah bahwa baik raja maupun rakyat Israel hidup di bawah kedaulatan Allah, Hakim mereka (1Sam 2:7-10). Di bawah hukum-hukum Allah, haruslah dijamin hak seluruh rakyat, kaya maupun miskin.

Isi

  1.  Samuel sebagai pemimpin Israel
    1Sam 1:1-7:17
  2.  Saul menjadi raja
    1Sam 8:1-10:27
  3.  Tahun-tahun pertama pemerintahan Saul
    1Sam 11:1-15:35
  4.  Daud dan Saul
    1Sam 16:1-30:31
  5.  Wafatnya Saul dan putra-putranya
    1Sam 31:1-13

Ajaran: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat, dengan mengetahui isi kitab I Samuel, dapat mengerti bahwa kesejahteraan umat Allah tergantung dari kesetiaannya melak

Tujuan

Supaya anggota jemaat, dengan mengetahui isi kitab I Samuel, dapat mengerti bahwa kesejahteraan umat Allah tergantung dari kesetiaannya melaksanakan perintah dan kehendak Allah.

Pendahuluan

Penulis : Samuel.

Isi Kitab: Kitab I Samuel terdiri dari 31 pasal. Kitab I Samuel menceritakan tentang tiga tokoh utama dari bangsa Israel: nabi Samuel, raja Saul, dan raja Daud.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Samuel

  1. Pasal 1-8 (1Sam 1:1-8:22).

    Kehidupan Samuel Samuel bekerja dengan penuh usaha membangun kehidupan baik dan ketaatan agama bangsa Israel. Kemudian Samuel memegang jabatan hakim. Ia berhasil mengalahkan bangsa Filistin dan mempersatukan bangsa Israel (pasal 5-7; 1Sam 5:1-7:17).

    Pada waktu Samuel sudah menjadi tua, bangsa Israel ingin memiliki seorang raja, karena itu ia melakukan perintah Tuhan untuk melantik seorang raja, yakni Saul (pasal 8; 1Sam 8:1-22).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Sam 1:20,26-28. Apakah arti nama Samuel? Dan apakah teladan yang baik dari Ibu Samuel?
    2. Bacalah pasal 1Sam 3:19-20; 8:15. Bagaimanakah kehidupan rohani Samuel? Berapa lamakah ia menjadi hakim atas orang Israel?
    3. Bacalah pasal 1Sam 8:19-22. Atas kehendak siapakah orang Israel meminta seorang raja?
  2. Pasal 9-15 (1Sam 9:1-15:35).

    Kehidupan raja Saul Raja Saul memulai pemerintahannya dengan berhasil, tetapi pada akhirnya menjadi tidak taat pada Firman Tuhan. Hal ini membuat Tuhan akhirnya menolak dia sebagai raja.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang mengurapi Saul? (1Sam 10:1).
    2. Bacalah pasal 1Sam 15:10-11. Apakah yang menjadi kesalahan Saul? Bagaimanakah dengan kelakuan saudara?
  3. Pasal 16-31 (1Sam 16:1-31:13).

    Kehidupan Raja Daud Setelah Saul ditolak, maka Allah memilih Daud sebagai Raja, menggantikan Saul.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Sam 16:11-13. Apakah pekerjaan Daud? Dan apakah yang terjadi setelah Daud diurapi oleh Samuel?
    2. Bacalah pasal 1Sam 17:45-50. Mengapakah Daud merasa tersinggung dan marah terhada orang Filistin?
    3. Bacalah pasal 1Sam 18:6-9. Mengapakah Saul membenci Daud? Apakah saudara sering iri hati juga?
    4. Bacalah pasal 1Sam 31:1-4. Bagaimanakah kematian Saul? Mengapakah ia melakukan hal itu?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Keberhasilan Samuel di dalam pelayanan merupakan hasil dari kesetiaan pada panggilan, suka berdoa dan tidak kompromi dengan dosa.

  2. Saul memulai pemerintahannya dengan rendah hati, sabar, tetapi diakhiri dengan kesombongan dan menolak Firman Allah. Ini adalah penyebab kegagalannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah tokoh-tokoh penting dalam I Samuel? Dan bagaimanakah sifat mereka masing-masing?
  2. Apakah sebabnya Allah menolak Saul?
  3. Apakah kesan yang saudara peroleh dari kehidupan Saul?

Intisari: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) Bagaimana bangsa Israel mendapat seorang raja KISAH TENTANG TIGA ORANGPada mulanya 1 dan 2 Samuel merupakan satu kitab. Namun demikian, karena kitab

Bagaimana bangsa Israel mendapat seorang raja

KISAH TENTANG TIGA ORANG
Pada mulanya 1 dan 2 Samuel merupakan satu kitab. Namun demikian, karena kitab kedua melulu bercerita mengenai raja Daud, maka yang pertama mengisahkan ketiga orang tokoh yang hidupnya saling berkaitan satu sama lain yaitu Samuel, Saul dan Daud. Riwayat yang diceritakan tidak utuh; siapapun yang mengumpulkan seluruh kisah itu tentu mengambilnya dari beberapa sumber. Hal itu tidak menjadi masalah asal kita ingat bahwa bagi para penulis kuno arti suatu kejadian lebih penting daripada ketepatan waktu. Kitab Samuel bukan hanya semata-mata sebagai sejarah, tetapi merupakan cerita tentang bagaimana Allah menangani umat-Nya. Dalam pada itu riwayat yang diceritakan sungguh-sungguh terjadi. Bahkan, pahlawan bangsa seperti Daud digambarkan sebagai orang yang bermasalah dan seorang manusia biasa.

"KAMI MENGINGINKAN SEORANG RAJA"
Kitab Hakim-hakim menyimpulkan bahwa anarki merajalela di Israel pada masa itu, karena "Israel tidak mempunyai raja" (Hak 21:25). Samuel, hakim terakhir, walauoun terkenal tetapi pengaruhnya hanya setempat dan terbatas. Umat Israel memerlukan seorang pemimpin bangsa. Oleh karena itu, permohonan mereka untuk mendapat seorang raja bukanlah semata-mata sebagai suatu kecaman terhadap kepemimpinan Samuel, tetapi menunjukkan betapa manusiawinya pengharapan mereka. Pada kenyataannya hanya Allah yang dapat memimpin mereka untuk memperoleh kemenangan; kekalahan-kekalahan mereka tidak disebabkan karena mereka tidak mempunyai seorang raja, tetapi oleh karena mereka telah melupakan perjanjian dengan Allah (1Sa 10:18,19; 12:6-15). Mereka telah mengikuti cara-cara penyembahan orang kafir. Gagasan mengenai pembentukan kerajaan itu sendiri tidak salah, tetapi mereka menginginkan seorang raja seperti bangsa-bangsa kafir yang ada di sekitar mereka. Samuel memperingatkan mereka bahwa raja-raja mempunyai potensi untuk kebaikan dan kejahatan, seperti yang akan mereka lihat sendiri di kemudian hari.

BANGSA FILISTIN
Oleh karena bangsa Israel tidak membinasakan orang Filistin ketika mereka menduduki Kanaan, maka negara tetangga Israel ini terus menerus menjadi ancaman bagi keamanan mereka. Kita membaca mengenai bangsa Amori, Amalek dan Amon, tetapi kebanyakan mengenai bangsa Filistin. Bangsa-bangsa ini tinggal di lima kota pantai yaitu Asdod, Gat, Ekron, Gaza dan Askelon, dan mereka mengurung Israel (1Sa 13:19-21). Saul dan Yonatan memulai suatu revolusi, tetapi raja Daudlah yang akhirnya menumpas bangsa Filistin dan yang lainnya secara tuntas.

Pesan

1. Samuel, seorang hamba Tuhan
o Samuel adalah jawaban dari doa, dan dedikasi ibunya yang saleh memberikan kepadanya permulaan kehidupan yang terbaik. Ini mungkin berarti bahwa ia harus hidup sebagai seorang Nazir, walaupun biasanya hal ini berarti disumpah sementara dan tidak seumur hidup. 1Sa 1:10,11,27,28; 2:26; Bil 6:1-21.
o Pada waktu suara Tuhan tidak terdengar di Israel. Samuel menonjol sebagai seorang yang kepadanya Tuhan menampakkan diri dan yang mempunyai karunia sebagai peramal -- ia dapat melihat apa yang tidak tampak oleh orang lain. 1Sa 3:1-10, 19-21; 9:9.
o Samuel ternyata seorang hamba Allah yang jujur dan dapat dipercaya. Ia tidak mau melakukan sesuatu yang dapat menguntungkan dirinya, tidak seperti anak-anaknya. Reaksinya terhadap kemunduran Saul menunjukkan bahwa ia lebih mementingkan Allah. 1Sa 9:6; 12:3-5; 15:11,35.

2. Saul, raja yang gagal
o Saul adalah seorang raja yang memulai pemerintahannya dengan baik dan penuh pengharapan yang besar. Dia diurapi sebagai tanda bahwa Allah telah memilihnya dan ia pun rendah hati, berjiwa besar dan penuh kuasa roh serta dapat mengambil keputusan besar pada saat-saat kritis. 1Sa 10:1, 10:22; 11:6, 12, 13.
o Namun demikian, kita dapat melihat kemundurannya yang berangsur-angsur pada saat ia mulai menangani berbagai masalah seorang diri, mengucapkan sumpah dengan gegabah dan tidak taat kepada perintah-perintah Allah. Anaknya, Yonatan, mempermalukannya dengan kebangsawanannya yang sederhana. Sebaliknya, Saul menjadi cemburu, getir dan tertekan dan ia menghabiskan waktu dan tenaganya untuk memburu Daud.
o Dalam keputusasaannya mencari bimbingan, ia jatuh ke dalam spiritualisme yang sebelumnya dilarang olehnya dan akhirnya ia menjadi salah satu kasus bunuh diri yang langka dalam Alkitab. 1Sa 13:8-14; 14:24; 15:9-29; 16:14; 18:8-12; 28:6, 7; 31:4.

3. Daud, pilihan Tuhan
o Sebagai orang yang dipilih Allah untuk menggantikan Saul, Daud adalah seorang yang lurus hati dan yang kesetiaannya besar. Tidak mengherankan jika Yonatan tertarik untuk bersahabat dengannya. Daud yang dalam pekerjaannya diurapi oleh Roh secara istimewa dapat membentuk rakyat jelata menjadi suatu kekuatan tempur yang efektif atau melawan seorang raksasa seorang diri. Ia menunggu saat Allah akan menuntut balas baginya, dan ia dengan setia memohon pimpinan-Nya dan percaya bahwa Allah akan meluputkannya dari bahaya. Ia seorang pemimpin besar yang akan menjadi seorang raja Israel yang terbesar. 1Sa 16:7,13,18; 17:26,34-37, 45-51; 18:1-4; 22:5-15; 23:2,4,9-12; 24:12; 30:6-8, 23-25.
o Daud juga tidak terlepas dari sifat-sifat manusiawi. Ia juga dapat menjadi marah dan tergoda untuk melakukan tindakan yang gegabah dan ia juga dapat berdusta. Perlakuan Allah kepadanya sama dengan apa yang dilakukan kepada kita, yaitu dengan penuh kasih. 1Sa 25:32-34; 27:10-12.

Penerapan

1. Allah menjawab doa
Kitab ini menceritakan bahwa Allah menjawab doa yang sungguh-sungguh, baik doa pribadi orang yang berada dalam kesusahan maupun doa syafaat para pemimpin untuk bangsa mereka. Berdoa merupakan pelayanan yang harus kita lakukan atas nama orang lain. Dalam menjawab doa, Allah memberikan dan melakukan apa yang secara manusiawi tidak mungkin dilakukan.

2. Allah memelihara milik-Nya
Tanpa memandang ketidaktaatan umat-Nya, Allah berjanji untuk melaksanakan misi penyelamatan-Nya dan membela kehormatan-Nya. Jika perlu, Dia dapat melakukannya tanpa bantuan manusia sama sekali. Pada kesempatan lain Dia memberikan kepada umat-Nya pemimpin-pemimpin yang akan membawa mereka pada kemenangan. Jika kita berada dalam kehendak Allah, keberhasilan tidak tergantung pada kekuatan atau keahlian manusia. Dia dapat mengambil yang terlemah dan memakai mereka bagi kemuliaan-Nya jika mereka mempercayai Dia.

3. Kita harus benar di hadapan Allah
Allah memilih dan memakai mereka yang hatinya benar di hadapan-Nya. Dia memberi karunia, kuasa dan berkat bagi mereka yang melayani-Nya. Dia juga dapat menghakimi dan mempermalukan mereka yang tidak taat kepada-Nya. Oleh karena itu, suatu permulaan yang baik bukan merupakan jaminan untuk keberhasilan di masa datang. Kita perlu benar di hadapan-Nya, taat dan percaya, jika kita ingin mengalami berkat-Nya secara berkesinambungan.

Tema-tema Kunci

1. Doa dan pujian
Kitab ini banyak bercerita tentang doa dan pujian. Khususnya, kita melihat bagaimana orang pilihan Allah mencari pimpinan-Nya sebelum mengambil keputusan-keputusan besar. Lihat 1Sa 1:10-18; 2:1-10; 7:5,6,12; 8:6,21; 12:18,19,23; 15:11; 22:15; 23:2-4, 9-12; 30:7,8.

2. Syarat-syarat pengabdian
Ada beberapa persyaratan pokok yang tidak boleh dilupakan jika kita ingin mengenal berkat-berkat Allah. Lihat 1Sa 2:30; 7:3,4; 12:14,15,20-25; 15:22,23,26; 16:7; 26:23. Bandingkanlah dengan ketakhayulan orang Israel yang menganggap bahwa mereka dapat memanipulasi Allah untuk melakukan sesuatu bagi mereka (1Sa 4:1-11). Camkanlah bahwa mereka mempunyai reputasi, tetapi tidak mempunyai kuasa.

3. Karunia roh
Seperti halnya dalam kitab Hakim-hakim, kita melihat bahwa Allah secara khusus mengaruniakan kuasa roh kepada mereka yang melayani Dia. Apabila Roh Allah turun atas mereka, mereka dapat melakukan apa yang pada umumnya tidak dapat mereka lakukan sebelumnya. Lihat 1Sa 10:6,7,9-13; 11:6; 6:13 (Bandingkan 1Sa 19:23,24 Allah seakan-akan mengendalikannya, tetapi tidak memberikan kuasa kepada Saul). Pada saat yang sama kita mendapat bukti bahwa hal ini tidak perlu terjadi secara permanen, juga tidak berarti bahwa mereka seterusnya hidup dalam kekudusan. Tidak ada yang dapat menggantikan hubungan yang berkesinambungan dengan Allah.

Garis Besar Intisari: 1 Samuel (Pendahuluan Kitab) [1] ELI DAN SAMUEL 1Sa 1:1-7:17 1Sa 1:1-2:11Doa Hana dikabulkan 1Sa 2:12-3:21Penghakiman atas keluarga Eli 1Sa 4:1-6:21Tabut Perjanjian hilang da

[1] ELI DAN SAMUEL 1Sa 1:1-7:17

1Sa 1:1-2:11Doa Hana dikabulkan
1Sa 2:12-3:21Penghakiman atas keluarga Eli
1Sa 4:1-6:21Tabut Perjanjian hilang dan ditemukan
1Sa 7:1-17Ebenhaezer: Allah telah menolong kita

[2] SAMUEL DAN SAUL 1Sa 8:1-15:35

1Sa 8:1-22Israel meminta seorang raja
1Sa 9:1-11:15Saul dipilih dan diteguhkan
1Sa 12:1-25 Samuel menyerah
1Sa 13:1-15:35Saul gagal memenuhi persyaratan

[3] SAUL DAN DAUD 1Sa 16:1-31:13

1Sa 16:1-23Daud dipilih: Saul menolak
1Sa 17:1-18:30Daud memperoleh kemenangan: Saul cemburu
1Sa 19:1-26:25Orang pilihan Allah menjadi buronan
1Sa 27:1-12Daud mendua hati
1Sa 28:1-25Saul putus ada
1Sa 29:1-30:31Daud mengalahkan orang Amalek
1Sa 31:1-13Saul bunuh diri
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #25: Tekan Tombol pada halaman Studi Kamus untuk melihat bahan lain berbahasa inggris. [SEMUA]
dibuat dalam 0.46 detik
dipersembahkan oleh YLSA