kecilkan semua  

Teks -- 1 Raja-raja 7:1-51 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Istana Salomo
7:1 Salomo mendirikan istananya sampai tiga belas tahun lamanya, barulah selesai seluruh istananya itu. 7:2 Ia mendirikan gedung "Hutan Libanon", seratus hasta panjangnya dan lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya, disangga oleh tiga jajar tiang kayu aras dengan ganja kayu aras di atas tiang itu. 7:3 Gedung itu ditutup dari atas dengan langit-langit kayu aras, di atas balok-balok melintang yang disangga oleh tiang-tiang itu, empat puluh lima jumlahnya, yakni lima belas sejajar. 7:4 Ada pula tiga jajar jendela berbidai, jendela berhadapan dengan jendela, tiga kali. 7:5 Dan semua pintu dan jendela segi empat bangunnya; jendela berhadapan dengan jendela, tiga kali. 7:6 Ia membuat juga Balai Saka, lima puluh hasta panjangnya dan tiga puluh hasta lebarnya, dengan di sebelah depannya sebuah balai lagi yang bertiang dan bertangga di sebelah depannya. 7:7 Dibuatnya juga Balai Singgasana, tempat ia memutuskan hukum, balai pengadilan, yang ditutupi dengan kayu aras dari lantai sampai ke balok langit-langit. 7:8 Dan gedung kediamannya sendiri, di pelataran yang lain, lebih ke sebelah dalam lagi dari balai itu, adalah sama buatannya. Dan bagi anak Firaun, yang diambil Salomo menjadi isterinya, dibuatnya juga sebuah gedung sama dengan balai itu. 7:9 Tembok dari semuanya ini dibuat dari batu yang mahal-mahal, yang sesuai dengan ukuran batu pahat digergaji dengan gergaji dari sebelah dalam dan dari sebelah luar, dari dasar sampai ke atas, dan juga dari tembok luar sampai kepada tembok pelataran besar. 7:10 Bahkan dasar gedung-gedung itu dari batu yang mahal-mahal, batu yang besar-besar, batu yang sepuluh hasta dan batu yang delapan hasta. 7:11 Di bagian atas ada batu yang mahal-mahal, berukuran batu pahat, dan kayu aras juga. 7:12 Sekeliling pelataran besar ada tembok dari tiga jajar batu pahat dan satu jajar balok kayu aras; demikian juga sekeliling pelataran dalam rumah TUHAN dan balainya.
Benda-benda logam Bait Suci
7:13 Kemudian raja Salomo menyuruh orang menjemput Hiram dari Tirus. 7:14 Dia adalah anak seorang janda dari suku Naftali, sedang ayahnya orang Tirus, tukang tembaga; ia penuh dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan untuk melakukan segala pekerjaan tembaga; ia datang kepada raja Salomo, lalu melakukan segala pekerjaan itu bagi raja. 7:15 Ia membentuk dua tiang tembaga, tinggi tiang yang satu delapan belas hasta dan dapat dililit oleh tali yang dua belas hasta panjangnya; tiang yang kedua demikian juga. 7:16 Dibuatnya juga dua ganja untuk ditaruh di kepala tiang-tiang itu, dari tembaga tuangan, tinggi ganja yang satu lima hasta dan tinggi ganja yang kedua lima hasta. 7:17 Dibuatnya pula dua jala-jala untuk ganja yang ada di kepala tiang itu -- jala-jala itu semacam kawat berpilin, semacam untaian rantai -- satu jala-jala untuk ganja yang satu dan satu jala-jala untuk ganja yang kedua. 7:18 Kemudian dibuatnya juga buah-buah delima, dua jajar berkeliling pada jala-jala yang satu, untuk menutupi ganja yang di ujung tiang itu, dan demikian pula dibuatnya pada ganja yang kedua. 7:19 Dan ganja yang di kepala tiang dekat balai depan itu berbentuk bunga bakung, tingginya empat hasta, 7:20 yakni ganja-ganja yang di atas kedua tiang itu, di sebelah atas sekali, lewat jala-jala yang meliliti perut ganja itu; dan buah-buah delima ada dua ratus berjajar berkeliling pada ganja yang satu, demikian juga pada yang kedua. 7:21 Kemudian tiang-tiang itu didirikannya dekat balai ruang besar. Ketika ia mendirikan tiang kanan, ia menamainya Yakhin; ketika ia mendirikan tiang kiri, ia menamainya Boas. 7:22 Dan setelah bentukan bunga bakung itu ditaruh di kepala tiang-tiang itu, maka siaplah pekerjaan membuat tiang-tiang itu. 7:23 Kemudian dibuatnyalah "laut" tuangan yang sepuluh hasta dari tepi ke tepi, bundar keliling, lima hasta tingginya, dan yang dapat dililit berkeliling oleh tali yang tiga puluh hasta panjangnya. 7:24 Dan di bawah tepinya ada gambar buah labu yang mengelilinginya sama sekali, sepuluh dalam sehasta, merangkum "laut" itu berkeliling; labu itu dua jajar, dituang setuangan dengan bejana itu. 7:25 "Laut" itu menumpang di atas dua belas lembu, tiga menghadap ke utara dan tiga menghadap ke barat, tiga menghadap ke selatan dan tiga menghadap ke timur; "laut" itu menumpang di atasnya, sedang segala buntut lembu itu menuju ke dalam. 7:26 Tebal "laut" itu setapak tangan dan tepinya serupa tepi piala, seperti bunga bakung yang berkembang. "Laut" itu dapat memuat dua ribu bat air. 7:27 Selanjutnya dibuatnya sepuluh kereta penopang dari tembaga, satu kereta empat hasta panjangnya, empat hasta lebarnya dan tiga hasta tingginya. 7:28 Beginilah bentuk kereta penopang itu: ada papan penutupnya dan papan itu diapit oleh bingkai. 7:29 Dan pada papan penutup yang diapit oleh bingkai itu ada singa, lembu dan kerub, dan demikian juga pada bingkai itu; di sebelah atas dan di sebelah bawah singa dan lembu itu ada karangan-karangan bunga yang tergantung. 7:30 Pada satu kereta penopang ada empat roda tembaga dengan poros tembaga; dan pada keempat penjurunya ada sangga untuk menyangga bejana pembasuhan; sangga-sangga itu dituang dan di sebelah luar setiap sangga ada karangan bunga. 7:31 Dan mulut kereta penopang itu ada di sebelah dalam sangga-sangga itu, menonjol ke atas satu hasta; mulutnya itu bundar, buatannya sebagai tumpuan, dan dalamnya satu setengah hasta; juga pada mulutnya itu ada ukiran, tetapi papan-papan penutupnya empat persegi, jadi tidak bundar. 7:32 Keempat roda itu ada di bawah papan penutup, dan tangan-tangan roda itu ada pada kereta penopang itu; dan tinggi satu roda ialah satu setengah hasta. 7:33 Dan buatan roda itu seperti buatan roda kereta; tetapi tangan-tangannya, lingkarnya, jari-jarinya dan napnya, semuanya tuangan. 7:34 Keempat sangga pada keempat sudut setiap kereta penopang adalah seiras dengan kereta itu. 7:35 Dan di sebelah atas kereta penopang itu ada leher bundar berkeliling, setengah hasta tingginya; di sebelah atas kereta itu ada pula topang-topang dan papan penutup yang seiras dengan dia. 7:36 Maka pada muka topang-topangnya itu dan pada papan-papan penutupnya diukirkannyalah kerub, singa dan pohon korma, masing-masing menurut tempat yang ada, dan karangan bunga sekeliling. 7:37 Demikianlah dikerjakannya kesepuluh kereta penopang itu; tuangannya sama, ukurannya sama dan potongannya sama semuanya. 7:38 Lagipula dibuatnya sepuluh bejana pembasuhan dari tembaga: setiap bejana dapat memuat empat puluh bat air, setiap bejana empat hasta besarnya dan ada satu bejana di atas setiap kereta dari kesepuluh kereta penopang itu. 7:39 Lima kereta penopang ditaruhnya pada sisi kanan rumah itu dan lima pada sisi kirinya; tetapi "laut" itu ditaruhnya pada sisi kanan rumah itu, arah tenggara. 7:40 Dan Hiram membuat juga kuali-kuali, penyodok-penyodok dan bokor-bokor penyiraman. Demikianlah Hiram menyelesaikan segala pekerjaan yang harus dilakukannya bagi raja Salomo di rumah TUHAN, 7:41 yakni kedua tiang dengan kedua bulatan ganja yang di kepala tiang itu, dan kedua jala-jala yang menutup kedua bulatan ganja itu; 7:42 keempat ratus buah delima untuk kedua jala-jala itu, dua jajar buah delima untuk satu jala-jala guna menutupi kedua bulatan ganja yang di atas tiang itu; 7:43 kesepuluh kereta penopang dan kesepuluh bejana pembasuhan yang di atas kereta itu; 7:44 "laut" yang satu itu dan kedua belas lembu yang di bawah "laut" itu; 7:45 kuali-kuali, penyodok-penyodok dan bokor-bokor penyiraman; segala perlengkapan yang dibuat Hiram bagi raja Salomo di rumah TUHAN itu adalah dari tembaga yang diupam. 7:46 Raja menuang semuanya itu di Lembah Yordan di dalam tanah liat antara Sukot dan Sartan. 7:47 Dan Salomo membiarkan segala perlengkapan itu tidak ditimbang karena jumlahnya yang amat besar; berat tembaga itu tidaklah terhitung. 7:48 Salomo membuat juga segala perlengkapan yang ada di rumah TUHAN, yakni mezbah emas dan meja emas tempat menaruh roti sajian; 7:49 kandil-kandil dari emas murni, lima di sebelah kanan dan lima di sebelah kiri, di depan ruang belakang; kembang-kembangnya, lampu-lampunya dan sepit-sepitnya, dari emas; 7:50 pasu-pasunya, pisau-pisaunya, bokor-bokor penyiramannya, cawan-cawannya dan perbaraan-perbaraannya, dari emas murni; engsel-engsel untuk pintu ruang dalam, yakni tempat maha kudus, dan engsel-engsel untuk pintu ruang besar Bait Suci, dari emas. 7:51 Maka genaplah segala pekerjaan yang dilakukan Salomo di rumah TUHAN itu. Kemudian Salomo memasukkan barang-barang kudus Daud, ayahnya, dan menaruh perak, emas dan barang-barang itu dalam perbendaharaan rumah TUHAN.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Boas son of Salma of Judah,one of 2 principal pillars in Solomon's temple
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Firaun the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who ruled Egypt in Abraham's time,the title of the king who ruled Egypt in Joseph's time,the title of the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who refused to let Israel leave Egypt,the title of the king of Egypt whose daughter Solomon married,the title of the king who ruled Egypt in the time of Isaiah,the title Egypt's ruler just before Moses' time
 · Hiram son of Bela son of Benjamin,king of Tyre in David and Solomon's time,son of a man of Tyre and a woman of Naphtali
 · Libanon a mountain range and the adjoining regions (IBD)
 · Naftali region/territority and the tribe of Israel,the son of Jacob and Bilhah,the tribe of people descended from Naphtali,the territory of the people of Naphtali
 · orang Tirus a resident of the town of Tyre
 · Salma the tenth son of David; the father of Rehoboam; an ancestor of Jesus; the third king of Israel.,son of David and Bath-Sheba; successor of King David
 · Salomo the tenth son of David; the father of Rehoboam; an ancestor of Jesus; the third king of Israel.,son of David and Bath-Sheba; successor of King David
 · Siryon a high mountain
 · Sukot a place where the Israelites camped as they left Egypt,a town of Gad in the Jordan Valley opposite Shechem
 · Tirus a Phoenician town (also known as Sumur - ABL) 70 km NNE of Byblos/Gebal, 25 km south of Arvad and 170 km NNE of Tyre.
 · Yakhin son of Simeon,a pillar of Solomon's temple,a priest leader of one of the first clans to return from exile,chief of a division of priests serving in David's sanctuary
 · Yordan the river that flows from Lake Galilee to the Dead Sea,a river that begins at Mt. Hermon, flows south through Lake Galilee and on to its end at the Dead Sea 175 km away (by air)
 · Zereda a town of Gad on the Jordan east bank about 7 km south of Succoth,a town of Ephraim 19 km NW of Bethel & 17 km ESE of Aphek


Topik/Tema Kamus: Salomo | Sejarah, Penulisan | Raja-raja, Kitab-kitab | Kebijaksanaan, Kitab | Rumah Tuhan | Elia | Hiram | Kenisah | Bejana | Istana | Bait Suci Yang Pertama | Libanon | Kuningan Atau Tembaga | Basuh, Bejana Pengasuhan Tembaga | Tirus | Kerub | Piala | Pohon Aras | Tiang | Gergaji | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

BIS: 1Raj 7:2-3 - Balai Hutan Libanon Balai Hutan Libanon adalah sebuah balai besar di istana Salomo yang dipakai untuk upacara-upacara resmi. Balai tersebut dinamakan Balai Hutan Libanon ...

Balai Hutan Libanon adalah sebuah balai besar di istana Salomo yang dipakai untuk upacara-upacara resmi. Balai tersebut dinamakan Balai Hutan Libanon mungkin karena dindingnya dilapisi kayu cemara Libanon.

BIS: 1Raj 7:21-22 - Boas Boas: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "Oleh kekuatan dari Dia (Allah)."

Boas: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "Oleh kekuatan dari Dia (Allah)."

Jerusalem: 1Raj 7:1-12 - -- Berita tentang istana Salomo ini hanya menjadi terperinci sedikit kalau mengenai bagian-bagian istana yang dipakai untuk keperluan umum. Gedung-gedung...

Berita tentang istana Salomo ini hanya menjadi terperinci sedikit kalau mengenai bagian-bagian istana yang dipakai untuk keperluan umum. Gedung-gedung itu terletak di pojok selatan pelataran bait Allah.

Jerusalem: 1Raj 7:2 - "Hutan Libanon" Ialah sebuah ruangan besar bertiang-tiang dari kayu aras. Ia adalah gardu pasukan pengawal raja, 1Ra 10:17,21, dan dipakai untuk pawai masuknya raja s...

Ialah sebuah ruangan besar bertiang-tiang dari kayu aras. Ia adalah gardu pasukan pengawal raja, 1Ra 10:17,21, dan dipakai untuk pawai masuknya raja secara meriah. Padanya ada semacam ruang tunggu, 1Ra 7:6, dan melalui ruang itu orang masuk ke bagian istana yang khusus teruntuk bagi raja sekeluarga, 1Ra 7:8, dan juga ke balai penghadapan, 1Ra 7:7.

Jerusalem: 1Raj 7:6 - dengan di sebelah depannya... Terjemahan ini tidak pasti. Naskah Ibrani agak rusak.

Terjemahan ini tidak pasti. Naskah Ibrani agak rusak.

Jerusalem: 1Raj 7:7 - sampai ke balok langit-langit Ini menurut terjemahan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: sampai ke lantai.

Ini menurut terjemahan Siria. Dalam naskah Ibrani tertulis: sampai ke lantai.

Jerusalem: 1Raj 7:15 - dua tiang Kedua tiang itu berdiri pada pintu masuk Ulam bait Allah, sebelah-menyebelah.

Kedua tiang itu berdiri pada pintu masuk Ulam bait Allah, sebelah-menyebelah.

Jerusalem: 1Raj 7:17-20 - -- Ayat-ayat ini agak kacau balau dalam naskah Ibrani, sehingga terjemahannya tidaklah pasti.

Ayat-ayat ini agak kacau balau dalam naskah Ibrani, sehingga terjemahannya tidaklah pasti.

Jerusalem: 1Raj 7:21 - Yakhin... Boas Arti sebenarnya kedua nama itu tidak diketahui. Mungkin: "ia kokoh kuat" dan "dengan kekuatan".

Arti sebenarnya kedua nama itu tidak diketahui. Mungkin: "ia kokoh kuat" dan "dengan kekuatan".

Jerusalem: 1Raj 7:23 - "laut" Ialah sebuah bejana besar yang berisikan air pembasuhan guna keperluan ibadat.

Ialah sebuah bejana besar yang berisikan air pembasuhan guna keperluan ibadat.

Jerusalem: 1Raj 7:27-39 - -- Dalam bagian ini naskah agak rusak dan beberapa kata tidak diketahui artinya, sehingga seluruh bagian ini sukar dimengerti.

Dalam bagian ini naskah agak rusak dan beberapa kata tidak diketahui artinya, sehingga seluruh bagian ini sukar dimengerti.

Jerusalem: 1Raj 7:40 - kuali-kuali Terjemahan ini (sesuai dengan terjemahan-terjemahan kuno) tidaklah pasti.

Terjemahan ini (sesuai dengan terjemahan-terjemahan kuno) tidaklah pasti.

Jerusalem: 1Raj 7:46 - Sukot dan Sartan Kota-kota itu terletak di tepi timur sungai Yordan dan barangkali sama dengan Tell Akhsa dan Tell es-Saiyeh sekarang.

Kota-kota itu terletak di tepi timur sungai Yordan dan barangkali sama dengan Tell Akhsa dan Tell es-Saiyeh sekarang.

Jerusalem: 1Raj 7:48 - mezbah emas Ialah mezbah pembakaran ukupan, 1Ra 6:20-21.

Ialah mezbah pembakaran ukupan, 1Ra 6:20-21.

Ende: 1Raj 7:2 - Hutan Libanon dinamakan begitu karenanja banjaknja tiang, hingga merupakan hutan. Dipergunakan sebagai ruangan pengawal dan untuk arakan masuk radja.

dinamakan begitu karenanja banjaknja tiang, hingga merupakan hutan. Dipergunakan sebagai ruangan pengawal dan untuk arakan masuk radja.

Ende: 1Raj 7:3 - -- Maksudnja tidak terang. Apa jang disini diterdjemahkan dengan "papan2", kadang diartikan sebagai "bilik", hingga Hutan Libanon itu terdiri atas tiga t...

Maksudnja tidak terang. Apa jang disini diterdjemahkan dengan "papan2", kadang diartikan sebagai "bilik", hingga Hutan Libanon itu terdiri atas tiga tingkat.

Ende: 1Raj 7:6 - -- Haluan itu merupakan sematjam pendahuluan untuk Hutan Libanon.

Haluan itu merupakan sematjam pendahuluan untuk Hutan Libanon.

Ende: 1Raj 7:12 - -- Lihat keterangan 1Ra 6:36.

Lihat keterangan 1Ra 6:36.

Ende: 1Raj 7:17-22 - -- Naskah Hibrani disini sangat sukar untuk diartikan dan diterdjemahkan. Perbaikan2pun merupakan kiraan sadja.

Naskah Hibrani disini sangat sukar untuk diartikan dan diterdjemahkan. Perbaikan2pun merupakan kiraan sadja.

Ende: 1Raj 7:21 - -- Turus2 besar itu ditaruh tersendiri didepan Bait Allah dan mengapit pintu masuk.

Turus2 besar itu ditaruh tersendiri didepan Bait Allah dan mengapit pintu masuk.

Ende: 1Raj 7:26 - dua ribu bat ialah k.l 45.000, malah lebih sampai 90.000 liter. Waduk ini dibutuhkan untuk pembasuhan keigamaan jang pernah dalam ibadah.

ialah k.l 45.000, malah lebih sampai 90.000 liter. Waduk ini dibutuhkan untuk pembasuhan keigamaan jang pernah dalam ibadah.

Ende: 1Raj 7:27-37 - -- Penggambaran kereta2 itu sangat gelap. Banjak kata tidak diketahui maknanja dan lain2 kata rusak rupanja dan agaknja dua penggambaran disini bertjampu...

Penggambaran kereta2 itu sangat gelap. Banjak kata tidak diketahui maknanja dan lain2 kata rusak rupanja dan agaknja dua penggambaran disini bertjampur. Kereta2 sebangsa itu pernah terdapat kembali dipulau Cyprus dan di Megido.

Ende: 1Raj 7:38 - empat pulau bat ialah l.k. 900 liter.

ialah l.k. 900 liter.

Endetn: 1Raj 7:2 - mal2 diperbaiki menurut terdjemahan Syriah dan Targum. Tertulis: "balok2".

diperbaiki menurut terdjemahan Syriah dan Targum. Tertulis: "balok2".

Endetn: 1Raj 7:6 - -- Bagian terachir ajat ini rusak dan tidak dapat dipulihkan lagi.

Bagian terachir ajat ini rusak dan tidak dapat dipulihkan lagi.

Endetn: 1Raj 7:7 - ke-balok2 diperbaiki menurut terdjemahan Syriah dan Latin (Vlg.). Tertulis: "lantai".

diperbaiki menurut terdjemahan Syriah dan Latin (Vlg.). Tertulis: "lantai".

Endetn: 1Raj 7:15 - Demikian djuga diambil dari terdjemahan Junani, jang disini memuat kalimat: "(melingkari) turun2 itu. Tebalnja empat djari. Ia hampa. Demikian djuga..."

diambil dari terdjemahan Junani, jang disini memuat kalimat: "(melingkari) turun2 itu. Tebalnja empat djari. Ia hampa. Demikian djuga..."

Endetn: 1Raj 7:17-19 - -- Perbaikan2 dalam ajat ini dapat bersandar sedikit pada terdjemahan2 kuno tetapi terdjemahan2 inipun agak gelap. Achirnja semua perbaikan hanjalah kira...

Perbaikan2 dalam ajat ini dapat bersandar sedikit pada terdjemahan2 kuno tetapi terdjemahan2 inipun agak gelap. Achirnja semua perbaikan hanjalah kiraan sadja.

Endetn: 1Raj 7:22 - -- Ditinggalkan satu kalimat jang mengulangi sebagian dari aj. 1Ra 7:19.

Ditinggalkan satu kalimat jang mengulangi sebagian dari aj. 1Ra 7:19.

Endetn: 1Raj 7:29 - Diatas diperbaiki bersandarkan terdjemahan Junani. Tanda batja dipindahkan djuga.

diperbaiki bersandarkan terdjemahan Junani. Tanda batja dipindahkan djuga.

Endetn: 1Raj 7:30 - -- Kata2 Hibrani tidak dapat diartikan.

Kata2 Hibrani tidak dapat diartikan.

Endetn: 1Raj 7:31 - djorokan2 itu diperbaiki menurut kiraan.

diperbaiki menurut kiraan.

Endetn: 1Raj 7:36 - -- Dua kata Hibrani ditinggalkan, jang tak dapat diartikan.

Dua kata Hibrani ditinggalkan, jang tak dapat diartikan.

Endetn: 1Raj 7:40 - periuk diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis: "kantjah".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis: "kantjah".

Endetn: 1Raj 7:42 - -- Sebagian dari ajat, jang mengulangi 1Ra 7:41b, ditinggalkan.

Sebagian dari ajat, jang mengulangi 1Ra 7:41b, ditinggalkan.

Endetn: 1Raj 7:46 - -- (dituang)nja, diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "radja". "arungan Adama", diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "dalam atjuan(?) tanah".

(dituang)nja, diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "radja". "arungan Adama", diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "dalam atjuan(?) tanah".

Endetn: 1Raj 7:47 - -- Ditinggalkan "Dan Sulaiman menaruh semua perabotan itu", jang mengulangi aj. 1Ra 7:48a.

Ditinggalkan "Dan Sulaiman menaruh semua perabotan itu", jang mengulangi aj. 1Ra 7:48a.

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:1 - seluruh istananya · seluruh istananya: 2Sam 7:2

· seluruh istananya: 2Sam 7:2

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:2 - mendirikan gedung // Hutan Libanon · mendirikan gedung: 2Sam 7:2; 2Sam 7:2 · Hutan Libanon: 1Raj 10:17; 2Taw 9:16; Yes 22:8; 37:24; Yer 22:6,23

· mendirikan gedung: 2Sam 7:2; [Lihat FULL. 2Sam 7:2]

· Hutan Libanon: 1Raj 10:17; 2Taw 9:16; Yes 22:8; 37:24; Yer 22:6,23

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:7 - memutuskan hukum // balok langit-langit · memutuskan hukum: 1Sam 7:15; Mazm 122:5; Ams 20:8 · balok langit-langit: 1Raj 6:15

· memutuskan hukum: 1Sam 7:15; Mazm 122:5; Ams 20:8

· balok langit-langit: 1Raj 6:15

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:8 - menjadi isterinya · menjadi isterinya: 1Raj 3:1; 1Raj 3:1

· menjadi isterinya: 1Raj 3:1; [Lihat FULL. 1Raj 3:1]

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:12 - tiga jajar · tiga jajar: 1Raj 6:36; 1Raj 6:36

· tiga jajar: 1Raj 6:36; [Lihat FULL. 1Raj 6:36]

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:13 - menjemput Hiram · menjemput Hiram: 1Raj 7:45; 2Taw 2:13; 4:16

· menjemput Hiram: 1Raj 7:45; 2Taw 2:13; 4:16

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:14 - dengan keahlian // melakukan segala · dengan keahlian: Kel 31:2-5; Kel 35:31; Kel 35:31 · melakukan segala: 2Taw 4:11,16

· dengan keahlian: Kel 31:2-5; Kel 35:31; [Lihat FULL. Kel 35:31]

· melakukan segala: 2Taw 4:11,16

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:15 - dua tiang · dua tiang: 2Raj 11:14; 23:3; 25:17; 2Taw 3:15; 23:13; 34:31; Yer 27:19; 52:17,21; Yeh 40:49

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:16 - dua ganja · dua ganja: 1Raj 7:20,42; 2Raj 25:17; Yer 52:22

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:20 - buah-buah delima · buah-buah delima: 1Raj 7:18; 2Taw 3:16; 4:13

· buah-buah delima: 1Raj 7:18; 2Taw 3:16; 4:13

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:21 - menamainya Boas · menamainya Boas: 2Taw 3:17

· menamainya Boas: 2Taw 3:17

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:22 - membuat tiang-tiang · membuat tiang-tiang: 2Raj 25:17

· membuat tiang-tiang: 2Raj 25:17

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:23 - laut // oleh tali · laut: 1Raj 7:47; 2Raj 25:13; 1Taw 18:8; 2Taw 4:18; Yer 52:17; Wahy 4:6 · oleh tali: Yer 31:39; Za 2:1

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:25 - belas lembu · belas lembu: Yer 52:20

· belas lembu: Yer 52:20

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:27 - kereta penopang · kereta penopang: 2Raj 16:17

· kereta penopang: 2Raj 16:17

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:30 - kereta penopang · kereta penopang: 2Raj 16:17

· kereta penopang: 2Raj 16:17

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:38 - sepuluh bejana · sepuluh bejana: Kel 30:18; Kel 30:18

· sepuluh bejana: Kel 30:18; [Lihat FULL. Kel 30:18]

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:40 - dan bokor-bokor · dan bokor-bokor: Kel 27:3; Kel 27:3; Yer 52:18

· dan bokor-bokor: Kel 27:3; [Lihat FULL. Kel 27:3]; Yer 52:18

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:42 - bulatan ganja · bulatan ganja: 1Raj 7:16; 1Raj 7:16

· bulatan ganja: 1Raj 7:16; [Lihat FULL. 1Raj 7:16]

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:45 - dan bokor-bokor // dibuat Hiram · dan bokor-bokor: Kel 27:3; Kel 27:3; Yer 52:18 · dibuat Hiram: 1Raj 7:13; 1Raj 7:13

· dan bokor-bokor: Kel 27:3; [Lihat FULL. Kel 27:3]; Yer 52:18

· dibuat Hiram: 1Raj 7:13; [Lihat FULL. 1Raj 7:13]

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:46 - Lembah Yordan // antara Sukot // dan Sartan · Lembah Yordan: Kej 13:10; Kej 13:10 · antara Sukot: Kej 33:17; Kej 33:17 · dan Sartan: Yos 3:16

· Lembah Yordan: Kej 13:10; [Lihat FULL. Kej 13:10]

· antara Sukot: Kej 33:17; [Lihat FULL. Kej 33:17]

· dan Sartan: Yos 3:16

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:47 - tidak ditimbang // amat besar // berat tembaga · tidak ditimbang: 1Taw 22:3; Yer 52:20 · amat besar: Kel 36:5-7 · berat tembaga: 1Raj 7:23; 1Raj 7:23

· tidak ditimbang: 1Taw 22:3; Yer 52:20

· amat besar: Kel 36:5-7

· berat tembaga: 1Raj 7:23; [Lihat FULL. 1Raj 7:23]

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:48 - juga segala // meja emas // roti sajian · juga segala: Kel 39:32-43 · meja emas: Kel 25:23; Kel 25:23 · roti sajian: Kel 25:30; Kel 25:30

· juga segala: Kel 39:32-43

· meja emas: Kel 25:23; [Lihat FULL. Kel 25:23]

· roti sajian: Kel 25:30; [Lihat FULL. Kel 25:30]

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:49 - kandil-kandil · kandil-kandil: Kel 25:31-38; Kel 25:31 s/d 38

· kandil-kandil: Kel 25:31-38; [Lihat FULL. Kel 25:31] s/d 38

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:50 - penyiramannya, cawan-cawannya // dan perbaraan-perbaraannya · penyiramannya, cawan-cawannya: Bil 7:14; Bil 7:14 · dan perbaraan-perbaraannya: 2Raj 25:13; Yer 52:19

· penyiramannya, cawan-cawannya: Bil 7:14; [Lihat FULL. Bil 7:14]

· dan perbaraan-perbaraannya: 2Raj 25:13; Yer 52:19

Ref. Silang FULL: 1Raj 7:51 - barang-barang kudus // dan barang-barang · barang-barang kudus: 2Sam 8:11; 2Sam 8:11 · dan barang-barang: 2Raj 12:13; 24:13; Yer 27:19

· barang-barang kudus: 2Sam 8:11; [Lihat FULL. 2Sam 8:11]

· dan barang-barang: 2Raj 12:13; 24:13; Yer 27:19

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Raj 7:1-12 - Pembangunan Rumah Salomo Sama seperti dalam kisah Daud, satu pasal tentang perang dan kemenangan diikuti dengan pasal lain tentang hal yang sama, demikian pula dalam kisah ...

Matthew Henry: 1Raj 7:13-47 - Pembangunan Bait Suci Pembangunan Bait Suci (7:13-47) Dalam perikop ini kita mendapati penjelasan tentang pekerjaan tembaga di sekitar Bait Suci. Tidak ada besi di sekit...

Matthew Henry: 1Raj 7:48-51 - Pembangunan Bait Suci Pembangunan Bait Suci (7:48-51) Dalam perikop ini kita mendapati, 1. Pembuatan perkakas emas untuk Bait Suci, yang sepertinya dikerjakan ter...

SH: 1Raj 7:1-12 - Bertentangan namun berdampingan = bahaya (Sabtu, 5 Februari 2000) Bertentangan namun berdampingan = bahaya Pasal 6-7 secara keseluruhan menggambarkan kisah persiapan pembangunan dan penyelesaian Bait Allah yang...

SH: 1Raj 7:1-12 - Motivasi dan tujuan pembangunan (Minggu, 1 Agustus 2004) Motivasi dan tujuan pembangunan Anda pernah mengunjungi gedung gereja atau gedung bersejarah lainnya yang megah dan indah? Bagaimana kesan Anda?...

SH: 1Raj 7:1-12 - Menjaga Motivasi Hati (Kamis, 2 Juli 2015) Menjaga Motivasi Hati Jika sebagai orang percaya kita diperhadapkan pada pilihan: lebih mementingkan karya yang mengagungkan Tuhan ataukah mementingk...

SH: 1Raj 7:1-12 - Siapa yang Lebih Besar? (Jumat, 19 Februari 2021) Siapa yang Lebih Besar? Keinginan untuk menjadi lebih adalah ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi, keinginan itu mendorong setiap manusia untuk mel...

SH: 1Raj 7:13-26 - Bersiaplah sebelum hadir (Minggu, 6 Februari 2000) Bersiaplah sebelum hadir Bangunan fisik Bait Allah Salomo mempunyai makna penting bagi Salomo dan Israel dari segi ibadah dan kehidupan rohani. ...

SH: 1Raj 7:13-51 - Mempersembahkan keahlian (Senin, 2 Agustus 2004) Mempersembahkan keahlian Seorang rekan hamba Tuhan pernah berkomentar demikian, "Dulu, jika kita mau melayani Tuhan selalu ditekankan motivasi d...

SH: 1Raj 7:13-51 - Agar Nama Tuhan Dipuja (Jumat, 3 Juli 2015) Agar Nama Tuhan Dipuja Dalam dua renungan sebelumnya, kita telah melihat bahwa kerajaan Israel dan Bait Suci berkaitan erat. Kita juga mengetahui bah...

SH: 1Raj 7:13-51 - Ahli (Sabtu, 20 Februari 2021) Ahli Salah satu hal yang dibutuhkan oleh setiap orang agar dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik adalah memiliki keterampilan. Makin terampil s...

SH: 1Raj 7:27-51 - Semangat Salomo (Senin, 7 Februari 2000) Semangat Salomo Berdasarkan uraian yang diberikan, sulit bagi kita untuk membayangkan bentuk perkakas-perkakas itu secara detail, apalagi t...

SH: 1Raj 7:27-51 - Kehadiran Allah (Senin, 8 Februari 2000) Kehadiran Allah -- antara anugerah dan dinamis. Peristiwa yang paling utama dalam peristiwa pentahbisan Bait Allah adalah kehadiran TUHAN A...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Raja-raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang 1 dan 2 Raja-R...

Full Life: 1 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Masa Pemerintahan Salomo (1Raj 1:1-11:43) A. Salomo Menggantikan Daud Sebagai Raja (1...

Matthew Henry: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Begitu banyak sejarah terkandung di dalam Kitab Raja-raja dan pemerintahan mereka, yang mengisahkan secara singkat segenap perkara yang terjadi di ...

Ende: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

BIS: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) I RAJA-RAJA PENGANTAR Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam

I RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam buku ini dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. (1) Wafatnya Raja Daud dan pengangkatan Salomo menjadi raja atas Israel dan Yehuda menggantikan Daud.
  2. (2) Pemerintahan Salomo dan hasil-hasil usahanya, khususnya dalam membangun Rumah TUHAN di Yerusalem.
  3. (3) Bangsa Israel terpecah menjadi kerajaan utara dan kerajaan selatan, dan sejarah raja-raja yang memerintah kedua kerajaan tersebut sampai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi.

Di dalam kedua buku Raja-raja, setiap raja dinilai berdasarkan kesetiaannya kepada Tuhan; dan keberhasilan bangsa adalah akibat dari kesetiaan tersebut. Sebaliknya, penyembahan berhala dan ketidaktaatan mengakibatkan bencana. Berdasarkan penilaian tersebut raja-raja kerajaan utara semuanya gagal, sedangkan raja Yehuda ada yang gagal, ada pula yang tidak.

Yang penting dalam I Raja-raja ialah nabi-nabi Tuhan. Mereka adalah juru bicara Allah yang berani-berani. Mereka memperingatkan raja dan bangsa Israel supaya tidak menyembah berhala dan tidak meremehkan perintah-perintah Allah. Yang menonjol ialah Elia, dan kisah tentang pertarungannya dengan imam-imam Baal (pasal 18 1Raj 18:1-15).

Isi

  1.  Akhir pemerintahan Daud
    1Raj 1:1-2:12
  2.  Salomo menjadi raja
    1Raj 2:13-46
  3.  Pemerintahan Salomo
    1Raj 3:1-11:43
    1. a. Tahun-tahun permulaan
      1Raj 3:1-4:34
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      1Raj 5:1-8:66
    3. c. Tahun-tahun terakhir
      1Raj 9:1-11:43
  4.  Kerajaan yang terpecah
    1Raj 12:1-22:53
    1. a. Pemberontakan suku-suku utara
      1Raj 12:1-14:20
    2. b. Raja-raja Yehuda dan Israel
      1Raj 14:21-16:34
    3. c. Nabi Elia
      1Raj 17:1-19:21
    4. d. Ahab, raja Israel
      1Raj 20:1-22:40
    5. e. Yosafat raja Yehuda dan Ahazia raja Israel
      1Raj 22:41-53

Ajaran: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah berg

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah bergantung pada kesetiaannya terhadap janji Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab I dan II Raja-raja tidak jelas disebutkan dalam Kitab ini, tetapi banyak ahli mengatakan bahwa penulisnya adalah Yeremia (nabi).

Isi Kitab: Isi kedua Kitab ini sesuai dengan namanya, menceritakan tentang kehidupan raja-raja Israel.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I dan II Raja-raja

  1. Pasal 1-11 (1Raj 1:1-11:43).

    Pemerintahan Raja Salomo

    Dalam bagian ini dijelaskan, Salomo naik takhta dan memerintah. Ia menuruti pesan Daud, yaitu bertindak seperti seorang laki-laki dan tetap berhubungan dengan Tuhan. Salomo diberi hikmat oleh Tuhan karena sikapnya yang beribadah terhadap Tuhan dan menetapkan pemerintahannya yang bersifat damai dan sejahtera. Salomo juga membangun rumah Tuhan dan istana serta mentahbiskan rumah Tuhan sehingga ia diberkati secara luar biasa, yaitu kepandaian, kemasyhuran dan kekayaan yang bertambah-tambah. Tetapi Salomo terpengaruh oleh istri-istrinya dan ia menyembah berhala sehingga Tuhan marah kepadanya dan menghancurkan kerajaan itu, akhir pasal 11; 1Raj 11:41-43menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 1:32-40.
    2. Bacalah pasal 1Raj 2:1-4. Apakah nasehat-nasehat Raja Daud yang jug bermanfaat bagi saudara?
    3. Bacalah pasal 1Raj 3:3-9. Apakah yang sering saudara minta dalam doa?
    4. Bacalah pasal 1Raj 7:1,51. Tempat apa sajakah yang dibangun Salomo?
    5. Bacalah pasal 1Raj 11:1-13, 41-43. Apakah yang terjadi dengan Salomo pada akhir hidupnya Da mengapa demikian?
  2. Pasal I Raja-raja 12 sampai II Raja-raja 17 (1Raj 12:1-2Raj 17:29).

    Kerajaan yang terpecah Setelah Salomo meninggal, kerajaan Israel terpecah lagi, dan mulai diperintah oleh raja-raja yang memerintah secara jahat, oleh karena itu selalu mengalami kekacauan dan menerima hukuman dari Tuhan. Tetapi karena cinta kasih Tuhan maka manusia selalu diberi peringatan melalui nabi-nabi supaya bertobat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 12:1-11. Kelompok dibawah pimpinan siapakah yang datang menghada Rehabeam? Dan apakah permintaannya? Apakah usah Rehabeam untuk menjawab permintaan Jerobeam?
    2. Bacalah pasal 1Raj 12:12-20. Nasihat siapakah yang diikuti oleh raja Rehabeam? Dan apakah akibatnya? (kerajaan terpecah menjadi dua 2Raj 12:20).
    3. Bacalah 2Raj 2:1-14. Siapakah dua orang nabi besar yang melayani di Israel? Apakah nabi Elia mati?
    4. Bacalah pasal 2Raj 17:7-23. Ini adalah kehancuran kerajaan Israel. Mengapa terjadi hal itu?
    5. Bacalah pasal 2Raj 24:18-25:7. Ini adalah kehancuran kerajaan Yehuda. Mengapakah terjadi hal ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Dalam keadaan jaman yang sesat, Allah selalu memberi jalan kepada umat- Nya untuk bertobat.

  2. Apabila kejahatan terjadi secara luar biasa maka Allah juga memperlihatkan keadilan-Nya dengan hukuman yang luar biasa.

  3. Allah selalu memberkati orang-orang atau bangsa yang takut akan Dia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Sebutkan apakah yang diminta raja Salomo didalam doanya!
  2. Siapakah yang mendirikan bait Allah yang pertama?
  3. Siapakah nama nabi yang bertempur melawan nabi-nabi Baal?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar Kitab I dan II Raja-raja ini?

Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Kerajaan Israel bersatu dan terpecah ISI KITABI Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritaka

Kerajaan Israel bersatu dan terpecah

ISI KITAB
I Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritakan mengenai kehidupan bangsa Israel selama empat abad sesudah kematian Daud dan pembuangan bangsa Israel ke Babel. Kitab itu menceritakan bagaimana suatu negara yang kuat dan bersatu terpecah menjadi dua; bagaimana kerajaan utara yang lebih besar yang terus menerus berpaling dari Allah akhirnya dimusnahkan; bagaimana Yehuda juga gagal untuk memelihara perjanjian dengan Allah dan bagaimana negeri itu juga dilanda bencana, yang mencapai puncaknya pada penghancuran Yerusalem dan pembuangan besar-besaran ke Babel. I Raja-raja merangkum 120 tahun pertama dari kisah yang lengkap.

SIAPA PENULISNYA?
Kitab ini mungkin ditulis oleh seorang nabi atau sejumlah nabi yang menulis di Babel selama masa pembuangan, sekitar tahun 550 SM. Bahan tulisan diambil dari berbagai sumber, seperti catatan resmi pemerintah atau kumpulan kisah-kisah tentang para nabi yang kemudian disatukan sedemikian rupa untuk memberikan tekanan pada pokok-pokok yang ingin diungkapkan oleh si penulis.

TUJUAN PENULISAN
Dalam I dan II Raja-raja penulis tidak ingin mencoba untuk memberikan suatu kisah yang lengkap dari seluruh peristiwa yang terjadi pada masa itu. Ia menceritakan dengan panjang lebar mengenai peristiwa dan tokoh-tokoh yang dianggapnya penting seperti Salomo atau Elia, tetapi tokoh lainnya hanya diceritakan secara sepintas. Raja-raja hanya menulis mengenai pentingnya peristiwa yang terjadi dalam hubungannya dengan perkembangan kehidupan rohani manusia.

PANDANGAN PENULIS
Masalah yang ditunjukkan oleh penulis ialah betapa pentingnya bagi umat Allah untuk menjaga perjanjian mereka dengan-Nya. Manusia dan bangsa-bangsa keduanya dinilai sampai seberapa jauh mereka mencari dan mengikuti kehendak Allah. Jika mereka mengasihi Allah dan patuh pada perintah-perintah-Nya, maka Allah akan memberkati mereka; jika mereka berpaling dari-Nya, maka bencara akan menimpa mereka. Dalam banyak hal sikap seorang raja dianggap sebagai gambaran dari sikap bangsa itu secara keseluruhan; dalam satu segi seorang raja merupakan wakil dari rakyatnya.

METODE PENULISAN
Kisah mengenai kedua bangsa Israel dan Yehuda mudah diikuti jika kita tahu metode penulisan yang dipakai. Kita selalu diberi kisah baru mengenai setiap negeri secara berurutan. Sebagai contoh, gambaran peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seorang raja Israel diikuti oleh kisah raja-raja Yehuda yang naik takhta selama pemerintahannya dan seterusnya.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Rehabeam mencoba untuk tidak mengikutsertakan Allah, dan itu tidak mungkin terjadi. Sebenarnya penghakiman Allahlah yang menyebabkan ia kehilangan sepuluh suku dan bukan disebabkan oleh pemberontakan rakyatnya. Bahkan, sebelum Salomo mangkat Yerobeam telah diangkat oleh Allah untuk memerintah Israel. 1Ra 11:26-12:24
o Ahab telah menyaksikan suatu peragaan kekuasaan Allah pada waktu nabi-nabi Baal dikalahkan di Gunung Karmel. Walaupun demikian, dalam perang Siria, Ahab mencoba untuk menghindari kehendak Allah dengan jalan menyamar; tetapi ia mati seperti apa yang dikatakan Allah. 1Ra 18:1-46; 22:5-40

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Salomo kaya raya, bijaksana dan berkuasa, selama bertahun-tahun ia mengasihi dan melayani Allah, tetapi itu tidak berarti ia dapat berlaku sewenang-wenang. Pada waktu ia berdosa, Allah juga menghukumnya seperti kepada orang lain. 1Ra 3:1-11:43
o Omri adalah seorang raja yang sangat berhasil. Ia memberi Israel sebuah ibukota yang baru dan menempatkan Israel pada peta perdagangan, tetapi Kitab Raja-raja memberikan komentar bahwa ia juga berdosa terhadap Allah. 1Ra 16:15-28

3. Allah dapat dipercaya
o Tuhan memberikan sebuah kerajaan kepada Yerobeam, tetapi ia tidak percaya bahwa Allah dapat menghentikan pelarian bangsanya kembali ke Yehuda. Sebaliknya, ia melanggar perintah Allah dengan membangun sebuah patung emas. Ia mendapati bahwa Allah selalu memenuhi janji-janji-Nya, yaitu memberkati dan menghukum! 1Ra 12:25-14:20
o Apabila Tuhan memberikan suatu tugas, Dia juga akan menyediakan sarana untuk melaksanakannya. Tuhan mencukupi kebutuhan Elia sepanjang musim kering dan menunjukkan kepadanya bagaimana caranya untuk mengalahkan penyembahan kepada Baal. 1Ra 17:1-18:46

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
o Tidak taat kepada Tuhan dan menerima hukuman-Nya tidak selalu berarti bahwa kita tidak lagi dapat melayani Dia. Bangsa Yehuda menyadari hal ini setelah kerajaan itu terpecah. Tuhan telah menghukum mereka, tetapi Dia masih tetap Allah mereka dan masih berbicara kepada mereka. 1Ra 12:1-24
o Tidak satu pun dari ketujuh raja Israel pertama yang melayani Tuhan, tetapi Allah masih belum berputus asa terhadap bangsa itu. Dia masih menginginkan penyembahan mereka, dan di atas Gunung Karmel kembali Allah menunjukkan kepada mereka suatu peragaan kuasa-Nya yang besar. 1Ra 18:1-46

Penerapan

I Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba Tuhan
Elia menunjukkan kepada kita ciri-ciri seorang hamba Tuhan yang baik:
o Ia mendengarkan perkataan Allah (1Ra 17:1,2,8).
o Ia menantikan waktu Tuhan yang tepat (1Ra 18:1).
o Ia bertindak dengan berani (1Ra 18:7-40).
o Ia berbicara dengan jelas (1Ra 18:21).
o Ia mempunyai kepercayaan penuh terhadap Allah (1Ra 18:30-38).
o Ia sangat patuh kepada perintah Allah (1Ra 18:36).
o Ia gigih (1Ra 18:41-45).

2. Pelayanan Tuhan
o Tuhan tidak selalu memakai alat-alat bantu yang kita inginkan -- Ia memilih seorang janda untuk menolong Elia (1Ra 17:8-16).
o Membantu hamba Tuhan merupakan suatu pelayanan kepada-Nya dan Tuhan menganugerahi pelayanan (1Ra 17:17-24; 18:3-15).
o Tuhan memulihkan hamba-hamba-Nya pada waktu mereka terjatuh (1Ra 19:4-8).
o Satu tugas terselesaikan tidak berarti akan menghadapi hari depan yang sia-sia (1Ra 19:14-18).

3. Rumah Allah
o Dibangun berdasarkan janji Allah. (1Ra 8:15-21).
o Tempat untuk beribadah (1Ra 8:22-26).
o Tidak dapat membatasi Allah (1Ra 8:27).
o Tempat untuk berdoa (1Ra 8:28-40).
o Harus terbuka bagi semua orang dari berbagai negeri (1Ra 8:41-43).

Tema-tema Kunci

1. Kedaulatan Allah
Tema ini bergema dalam keseluruhan isi kitab yang menceritakan bagaimana Allah terlibat dalam sejarah umat manusia. Bacalah 1Ra 8:14-61; 19:9-18; 20:1-30. Apa yang diceritakan oleh pasal-pasal ini mengenai Allah dan kedaulatannya?

2. Kebenaran
Allah mengharapkan umat-Nya taat dan setia. Setelah negeri itu terpecah, I Raja-raja menggambarkan mengenai pemerintahan delapan raja Israel dan empat raja Yehuda. Buatlah daftar raja-raja ini. Berapa orang dari mereka yang melayani Tuhan? Berdasarkan atas apa penulis kitab Raja-raja membuat penilaian terhadap mereka?

3. Kelemahan
o I Raja-raja tidak pernah mencoba untuk memberikan kepada kita gambaran yang sempurna mengenai hamba-hamba Allah. Kita melihat keburukan maupun kebaikan mereka dan Allah menerima serta memakai mereka seperti apa adanya.
Pelajari 1Ra 1:1-3:1; 11:1-13; 19:1-21. Kelemahan apa saja yang dapat Anda temukan dalam diri Daud, Salomo dan Elia?
o Bacalah kisah Raja Ahab dalam 1Ra 18:1-22:40. Dalam 1Ra 21:27-29 kita membaca bahwa ia bertobat, dan oleh sebab itulah maka Allah memperingan hukuman terhadapnya. Menurut Anda mengapa I Raja-raja menggambarkan Raja Ahab sebagai orang jahat dan bukan hanya sebagai orang lemah?

Garis Besar Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11 1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua 1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo 1Ra 2:1-9Pesan-pesan Dau

[1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11

1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua
1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo
1Ra 2:1-9Pesan-pesan Daud terakhir
1Ra 2:10-11Wafatnya seorang raja yang besar

[2] SALOMO: TAHUN-TAHUN PENUH KEMASYHURAN 1Ra 2:12-10:29

1Ra 2:12-46Pemerintahan raja Salomo terbentuk
1Ra 3:1Persekutuan dengan Mesir melalui perkawinan
1Ra 3:2-28Allah menganugerahkan kebijakan dan kekayaan
1Ra 4:1-28Pembenahan perekonomian
1Ra 4:29-34Salomo si penyair
1Ra 5:1-7:51Rencana pembangunan yang megah
1Ra 8:1-66Peresmian Rumah Tuhan
1Ra 9:1-9Janji dan peringatan Tuhan
1Ra 9:10-28Hubungan dengan luar negeri dan masalah tenaga kerja
1Ra 10:1-13Kunjungan kenegaraan Ratu negeri Syeba
1Ra 10:14-29Kekayaan Raja Salomo

[3] PERTENTANGAN, PEMBERONTAKAN, PERPECAHAN 1Ra 11:1-12:24

1Ra 11:1-8Perzinahan dan imoralitas Salomo
1Ra 11:9-13Penghakiman Allah dinyatakan
1Ra 11:14-25Musuh dari luar yaitu Edom
1Ra 11:26-40Ancaman dari Yerobeam
1Ra 11:41-43Kematian Salomo
1Ra 12:1-15Yerobeam menolak untuk berunding
1Ra 12:16-24Bangsa Israel menyatakan kemerdekaannya

[4] DUA NEGERI BARU -- DUA PERMULAAN YANG BURUK 1Ra 12:25-15:24

1Ra 12:25-33Yerobeam membangun mezbahnya sendiri
1Ra 13:1-34Ia mendapat peringatan keras
1Ra 14:1-20Kematian Yerobeam dan putranya
1Ra 14:21-31Pemerintahan Rehabeam yang keji atas Yehuda
1Ra 15:1-8Abiam -- sama seperti ayahnya
1Ra 15:9-24Asa mengembalikan Yehuda pada jalan yang benar

[5] ISRAEL -- SEBUAH NEGARA BERKEMBANG 1Ra 15:25-16:34

1Ra 15:25-31Garis keturunan Yerobeam berakhir pada Nadab
1Ra 15:32-16:7Baesa membawa bangsa Israel ke dalam dosa
1Ra 16:8-14Pemerintahan Ela berakhir dengan adanya kudeta Zimri
1Ra 16:15-28Pemerintahan Omri -- makmur tetapi jahat
1Ra 16:29-34Memperkenalkan Ahab dan Izebel

[6] ELIA -- SEORANG HAMBA ALLAH 1Ra 17:1-19:21

1Ra 17:1-24Musim kering: Elia diselamatkan
1Ra 18:1-16Obaja mengatur pertemuan
1Ra 18:17-40Duel antara Elia dan nabi-nabi Baal
1Ra 18:41-46Berakhirnya musim kering
1Ra 19:1-18Bagaimana Allah menghadapi hambanya yang tertekan
1Ra 19:19-21Elia bergabung dengan Elisa

[7] AHAB -- SEORANG PENGUASA YANG LEMAH DAN SERAKAH 1Ra 20:1-21:29

1Ra 20:1-34Allah memberi kemenangan kepada Ahab
1Ra 20:35-43Seorang nabi memperingatkan Ahab
1Ra 21:1-26Ahab menipu Nabot
1Ra 21:27-29Ahab bertobat

[8] PEPERANGAN DENGAN SIRIA BERKELANJUTAN 1Ra 22:1-53

1Ra 22:1-4Ahab meminta bantuan Yehuda
1Ra 22:5-28Nabi-nabi asli dan palsu saling bertentangan
1Ra 22:29-36Mereka pergi berperang
1Ra 22:37-40Ahab terbunuh
1Ra 22:41-50Yosafat -- raja Yehuda yang baik
1Ra 22:51-53Ahazia -- raja Israel yang jahat
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.66 detik
dipersembahkan oleh YLSA