kecilkan semua  

Teks -- 1 Raja-raja 15:1-34 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Abiam, raja Yehuda
15:1 Dalam tahun kedelapan belas zaman raja Yerobeam bin Nebat menjadi rajalah Abiam atas Yehuda. 15:2 Tiga tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama ibunya ialah Maakha, anak Abisalom. 15:3 Abiam hidup dalam segala dosa yang telah dilakukan ayahnya sebelumnya, dan ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, moyangnya. 15:4 Tetapi oleh karena Daud maka TUHAN, Allahnya, memberikan keturunan kepadanya di Yerusalem dengan mengangkat anaknya menggantikan dia dan dengan membiarkan Yerusalem berdiri, 15:5 karena Daud telah melakukan apa yang benar di mata TUHAN dan tidak menyimpang dari segala yang diperintahkan-Nya kepadanya seumur hidupnya, kecuali dalam perkara Uria, orang Het itu. 15:6 Dan ada perang antara Rehabeam dan Yerobeam, seumur hidupnya. 15:7 Selebihnya dari riwayat Abiam dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda? Dan ada perang antara Abiam dan Yerobeam. 15:8 Kemudian Abiam mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud. Maka Asa, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
Asa, raja Yehuda
15:9 Dalam tahun kedua puluh zaman Yerobeam, raja Israel, Asa menjadi raja atas Yehuda. 15:10 Empat puluh satu tahun lamanya ia memerintah di Yerusalem. Nama neneknya yang perempuan ialah Maakha, anak Abisalom. 15:11 Asa melakukan apa yang benar di mata TUHAN seperti Daud, bapa leluhurnya. 15:12 Ia menyingkirkan pelacuran bakti dari negeri itu dan menjauhkan segala berhala yang dibuat oleh nenek moyangnya. 15:13 Bahkan ia memecat Maakha, neneknya, dari pangkat ibu suri, karena neneknya itu membuat patung Asyera yang keji. Asa merobohkan patung yang keji itu dan membakarnya di lembah Kidron. 15:14 Sekalipun bukit-bukit pengorbanan tidak dijauhkan, namun Asa berpaut kepada TUHAN dengan segenap hatinya sepanjang umurnya. 15:15 Ia membawa persembahan-persembahan kudus ayahnya dan persembahan-persembahan kudusnya sendiri ke rumah TUHAN, yakni emas dan perak serta barang-barang lain. 15:16 Dan ada perang antara Asa dan Baesa, raja Israel, sepanjang umur mereka. 15:17 Baesa, raja Israel, maju berperang melawan Yehuda, dan ia memperkuat Rama, dengan maksud mencegah lalu lintas kepada Asa, raja Yehuda. 15:18 Tetapi Asa mengambil segala emas dan perak yang masih tinggal dalam perbendaharaan rumah TUHAN dan dalam perbendaharaan rumah raja dan menyerahkannya kepada pegawainya. Kemudian raja Asa mengutus mereka kepada Benhadad bin Tabrimon bin Hezion, raja Aram yang diam di Damsyik, dengan membawa pesan: 15:19 "Ada perjanjian antara aku dan engkau, antara ayahku dan ayahmu. Di sini kukirim kepadamu suatu bingkisan, yakni emas dan perak. Marilah, batalkanlah perjanjianmu dengan Baesa, raja Israel, supaya ia undur dari padaku." 15:20 Lalu Benhadad mendengarkan permintaan raja Asa; ia menyuruh panglima-panglimanya menyerang kota-kota Israel dan ia mengalahkan Iyon, Dan, Abel-Bet-Maakha dan seluruh Kinerot serta seluruh tanah Naftali. 15:21 Segera sesudah Baesa mendengar hal itu, ia berhenti memperkuat Rama dan ia menetap di Tirza. 15:22 Tetapi raja Asa mengerahkan segenap orang Yehuda, seorangpun tiada yang terkecuali; mereka harus mengangkat batu dan kayu yang dipergunakan Baesa untuk memperkuat Rama. Raja Asa mempergunakannya untuk memperkuat Geba-Benyamin dan Mizpa. 15:23 Selebihnya dari seluruh riwayat Asa dan segala kepahlawanannya dan segala yang dilakukannya dan kota-kota yang diperkuatnya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Yehuda? Tetapi pada masa tuanya ia menderita sakit pada kedua kakinya. 15:24 Kemudian Asa mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di samping nenek moyangnya di kota Daud, bapa leluhurnya. Maka Yosafat, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
Nadab, raja Israel
15:25 Nadab, anak Yerobeam, menjadi raja atas Israel dalam tahun kedua zaman Asa, raja Yehuda. Ia memerintah atas Israel dua tahun lamanya. 15:26 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, serta hidup menurut tingkah laku ayahnya dan menurut dosa ayahnya, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula. 15:27 Dan Baesa bin Ahia, dari kaum Isakhar, mengadakan persepakatan melawan dia. Baesa menewaskan dia di Gibeton yang termasuk wilayah orang Filistin, sedang Nadab dan seluruh Israel mengepung Gibeton itu. 15:28 Baesa membunuh dia dalam tahun ketiga zaman Asa, raja Yehuda, dan menjadi raja menggantikan dia. 15:29 Segera sesudah ia menjadi raja, ia membunuh seluruh keluarga Yerobeam; tidak ada yang bernafas yang ditinggalkannya hidup dari pada Yerobeam, sampai dipunahkannya semuanya, sesuai dengan firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya Ahia, orang Silo itu, 15:30 oleh karena dosa-dosa yang telah dilakukan Yerobeam, yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula, oleh sebab sakit hati yang ditimbulkannya pada TUHAN, Allah Israel. 15:31 Selebihnya dari riwayat Nadab dan segala yang dilakukannya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab sejarah raja-raja Israel? 15:32 Dan ada perang antara Asa dan Baesa, raja Israel, sepanjang umur mereka.
Baesa, raja Israel
15:33 Dalam tahun ketiga zaman Asa, raja Yehuda, Baesa bin Ahia menjadi raja atas seluruh Israel di Tirza. Ia memerintah dua puluh empat tahun lamanya. 15:34 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN serta hidup menurut tingkah laku Yerobeam dan menurut dosanya yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abisalom the father of Maacah, the mother of King Abijam of Judah
 · Ahia great grandson of Eli; brother of Ahimelech,son of Shisha; secretary of King Solomon,prophet from Shiloh in Jeroboam's time,a man of Issachar; father of Baasha who killed Jeroboam,son of Jerahmeel of Judah,son of Ehud son of Gera of Benjamin,a man from Beth-Pelet; one of David's military elite,a Levite guard of the Temple treasure under David
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Asa a son of Abijah; the father of Jehoshaphat; an ancestor of Jesus.,son of Abijam and king of Judah,son of Elkanah; a Levite whose descendants returned from exile
 · Baesa the third king of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · bani Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Damsyik a city-state in Syria, located near Mt. Hermon at the edge of the Syrian desert (OS),a town near Mt. Hermon at the edge of the Syrian desert (OS)
 · Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Filistea the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · Gaba a town of Benjamin assigned to the Kohathite Levites
 · Geba a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Geba-Benyamin a town of Benjamin assigned to the Kohathite Levites
 · Gibea- a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeat a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeon a town of Benjamin pioneered by Jeiel of Benjamin
 · Gibeton a Philistine town in Dan, given to the Kohathite (OS)
 · Habel the second son of Adam and Eve; the brother of Cain,an English name representing two different Hebrew names,as representing the Hebrew name 'Hebel' or 'Habel',the second son of Adam,as representing the Hebrew name 'Abel',a town in northern Israel near Dan (OS)
 · Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · Hezion grandfather of Ben-Hadad the king of Syria
 · Isakhar the tribe of Israel that came from his Jacob's son Issachar,son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Issachar,the tribe of Issachar in Israel,son of Obed-Edom
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · istana Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · Iyon a town in the north of Israel, 10 km north of Abel-Beth-Maacah


Topik/Tema Kamus: Raja-raja, Kitab-kitab | Raja | Kebijaksanaan, Kitab | Elia | Asa | Baesa | Abiam | Nadab | Abia | Ben-Hadad | Rama | Aram (Siria) | Galilea | Emas | Janji, Perjanjian Persetujuan | Perang | Ahia | Asyera | Sembah, Penyembahan Berhala | Istana | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Raj 15:3 - TIDAK DENGAN SEPENUH HATI BERPAUT KEPADA TUHAN. Nas : 1Raj 15:3 Hati yang tidak berpaut biasa mengacu kepada seorang penyembah berhala. Dikatakan bahwa hati Daud sepenuhnya berpaut kepada Tuhan k...

Nas : 1Raj 15:3

Hati yang tidak berpaut biasa mengacu kepada seorang penyembah berhala. Dikatakan bahwa hati Daud sepenuhnya berpaut kepada Tuhan karena ia tidak pernah menyembah berhala; memiliki hati yang sepenuhnya berpaut tidak berarti memiliki kesempurnaan moral (bd. ayat 1Raj 15:5;

lihat cat. --> 1Raj 11:4).

[atau ref. 1Raj 11:4]

Full Life: 1Raj 15:9 - ASA. Nas : 1Raj 15:9 Asa merupakan seorang raja baik yang pemerintahannya ditandai oleh kesetiaan kepada Allah. Akan tetapi, ia gagal mempercayai Allah ...

Nas : 1Raj 15:9

Asa merupakan seorang raja baik yang pemerintahannya ditandai oleh kesetiaan kepada Allah. Akan tetapi, ia gagal mempercayai Allah sepenuhnya pada tahun-tahun terakhir (lih. pasal 2Taw 16:1-14). Masa pemerintahannya itu penting karena ia menuntun bangsa itu meninggalkan semua kebiasaan fasik dan berbalik dari semua perbuatan jahat orang Kanaan. Kebangkitan rohani yang sejati senantiasa mencakup hal meninggalkan perbuatan yang tidak menyenangkan hati Allah dan melanggar firman-Nya (lih. pasal 2Taw 14:1-16:14 untuk keterangan selanjutnya mengenai masa pemerintahan Asa).

Full Life: 1Raj 15:24 - YOSAFAT. Nas : 1Raj 15:24 Yosafat menjadi raja baik yang berusaha untuk mengajarkan firman Allah kepada umat-Nya dan berusaha untuk tetap setia kepada Tuhan...

Nas : 1Raj 15:24

Yosafat menjadi raja baik yang berusaha untuk mengajarkan firman Allah kepada umat-Nya dan berusaha untuk tetap setia kepada Tuhan (untuk rincian masa pemerintahannya lih. 1Raj 22:41-50; 2Taw 17:1-21:1).

Jerusalem: 1Raj 15:6 - -- Ayat ini mengulang 1Ra 14:30 dan tidak terdapat dalam naskah-naskah terpenting dari terjemahan Yunani.

Ayat ini mengulang 1Ra 14:30 dan tidak terdapat dalam naskah-naskah terpenting dari terjemahan Yunani.

Jerusalem: 1Raj 15:13 - ibu suri Dalam kerajaan Yehuda sama seperti dalam kerajaan lain di kawasan timur permaisuri mendapat kedudukan kehormatan dan mempunyai beberapa hak istimewa, ...

Dalam kerajaan Yehuda sama seperti dalam kerajaan lain di kawasan timur permaisuri mendapat kedudukan kehormatan dan mempunyai beberapa hak istimewa, bdk 1Ra 2:19. Ia diberi gelar "Hag-gebirah", bdk 1Ra 11:19. Nama ibu suri biasanya (ada kekecualian) disebut pada awal kisah tentang masa pemerintahan tiap-tiap raja. Malaikat memegang kedudukan itu juga selama pemerintahan anak cucunya yang masih muda naik takhta

Jerusalem: 1Raj 15:13 - patung Asyera yang keji Harafiah: kekejian bagi Asyera. Maksudnya kurang jelas dan terjemahan dikira-kirakan saja.

Harafiah: kekejian bagi Asyera. Maksudnya kurang jelas dan terjemahan dikira-kirakan saja.

Jerusalem: 1Raj 15:18 - Benhadad Ialah Benhadad I. Mengenai penggantinya bdk 1Ra 20:1+. Raja Asalah yang memulai politik persekutuan dengan kerajaan-kerajaan lain. Politik itu terus d...

Ialah Benhadad I. Mengenai penggantinya bdk 1Ra 20:1+. Raja Asalah yang memulai politik persekutuan dengan kerajaan-kerajaan lain. Politik itu terus dikecam oleh nabi-nabi besar, bdk Yer 7:4-9; 8:6-8, dll

Jerusalem: 1Raj 15:20 - Kinerot Ialah daerah di sebelah barat danau Kinerot (Tiberias).

Ialah daerah di sebelah barat danau Kinerot (Tiberias).

Jerusalem: 1Raj 15:32 - -- Ayat ini mengulang 1Ra 15:16 dan tidak terdapat dalam terjemahan Yunani.

Ayat ini mengulang 1Ra 15:16 dan tidak terdapat dalam terjemahan Yunani.

Jerusalem: 1Raj 15:33 - seluruh Israel Dalam terjemahan Yunani terbaca: Israel.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: Israel.

Ende: 1Raj 15:10 - -- Nama ibu Asa sama dengan nama ibu Abiam (1Ra 15:2). Soal itu dipetjahkan entah dengan berkata, bahwa Asa bukan putera Abiam (1Ra 15:8) tetapi adiknja,...

Nama ibu Asa sama dengan nama ibu Abiam (1Ra 15:2). Soal itu dipetjahkan entah dengan berkata, bahwa Asa bukan putera Abiam (1Ra 15:8) tetapi adiknja, entah dengan mengira "ibu" disini berarti: nenek.

Ende: 1Raj 15:13 - Jamtuan adalah terdjemahan untuk suatu gelar chusus untuk Ibu Suri jang agak berkuasa.

adalah terdjemahan untuk suatu gelar chusus untuk Ibu Suri jang agak berkuasa.

Endetn: 1Raj 15:6 - -- Ajat ini, jang tidak terdapat dalam terdjemahan Junani, berbunji: "Seumur hidupnja ada peperangan antara Rehabe'am dan Jerobe'am" (=1Ra 14:30).

Ajat ini, jang tidak terdapat dalam terdjemahan Junani, berbunji: "Seumur hidupnja ada peperangan antara Rehabe'am dan Jerobe'am" (=1Ra 14:30).

Endetn: 1Raj 15:15 - sumbangan baktinja sendiri diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.) dan 2Ta 15:18. Tertulis: "sumbangan2 bakti emas".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.) dan 2Ta 15:18. Tertulis: "sumbangan2 bakti emas".

Endetn: 1Raj 15:21 - kembali ke diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg). Tertulis: "tinggal di".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg). Tertulis: "tinggal di".

Endetn: 1Raj 15:24 - -- Ditinggalkan: "serta nenek-mojangnja".

Ditinggalkan: "serta nenek-mojangnja".

Endetn: 1Raj 15:32 - -- Ajat ini tidak terdapat dalam terdjemahan Junani. Bunjinja: "Antara 'Asa dan Ba'sja, radja Israil, ada peperangan selama umur hidup mereka" (=1Ra 15:1...

Ajat ini tidak terdapat dalam terdjemahan Junani. Bunjinja: "Antara 'Asa dan Ba'sja, radja Israil, ada peperangan selama umur hidup mereka" (=1Ra 15:16).

Endetn: 1Raj 15:33 - -- Ditinggalkan "seluruh", menurut terdjemahan Junani.

Ditinggalkan "seluruh", menurut terdjemahan Junani.

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:2 - ialah Maakha · ialah Maakha: 1Raj 15:10,13; 2Taw 11:20

· ialah Maakha: 1Raj 15:10,13; 2Taw 11:20

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:3 - hati berpaut · hati berpaut: 1Raj 8:61; 1Raj 8:61

· hati berpaut: 1Raj 8:61; [Lihat FULL. 1Raj 8:61]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:4 - memberikan keturunan · memberikan keturunan: 2Sam 21:17; 2Sam 21:17

· memberikan keturunan: 2Sam 21:17; [Lihat FULL. 2Sam 21:17]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:5 - tidak menyimpang // perkara Uria · tidak menyimpang: Ul 5:32; Ul 5:32; 1Raj 9:4; 1Raj 9:4 · perkara Uria: 2Sam 11:2-27; 12:9

· tidak menyimpang: Ul 5:32; [Lihat FULL. Ul 5:32]; 1Raj 9:4; [Lihat FULL. 1Raj 9:4]

· perkara Uria: 2Sam 11:2-27; 12:9

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:6 - ada perang · ada perang: 1Raj 15:16,32; 1Raj 12:21; 1Raj 12:21; 2Taw 16:9

· ada perang: 1Raj 15:16,32; 1Raj 12:21; [Lihat FULL. 1Raj 12:21]; 2Taw 16:9

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:10 - ialah Maakha · ialah Maakha: 1Raj 15:2; 1Raj 15:2

· ialah Maakha: 1Raj 15:2; [Lihat FULL. 1Raj 15:2]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:11 - seperti Daud · seperti Daud: 1Raj 9:4

· seperti Daud: 1Raj 9:4

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:12 - menyingkirkan pelacuran // segala berhala · menyingkirkan pelacuran: 1Raj 14:24 · segala berhala: 2Taw 15:8

· menyingkirkan pelacuran: 1Raj 14:24

· segala berhala: 2Taw 15:8

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:13 - memecat Maakha // ibu suri // Asa merobohkan · memecat Maakha: 1Raj 15:2; 1Raj 15:2 · ibu suri: 1Raj 2:19; 1Raj 2:19 · Asa merobohkan: Kel 34:13; Kel 34:13

· memecat Maakha: 1Raj 15:2; [Lihat FULL. 1Raj 15:2]

· ibu suri: 1Raj 2:19; [Lihat FULL. 1Raj 2:19]

· Asa merobohkan: Kel 34:13; [Lihat FULL. Kel 34:13]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:14 - tidak dijauhkan // Asa berpaut · tidak dijauhkan: 2Taw 14:5; 17:6 · Asa berpaut: 1Raj 8:61; 1Raj 8:61

· tidak dijauhkan: 2Taw 14:5; 17:6

· Asa berpaut: 1Raj 8:61; [Lihat FULL. 1Raj 8:61]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:15 - persembahan-persembahan kudus · persembahan-persembahan kudus: 2Sam 8:11; 2Sam 8:11

· persembahan-persembahan kudus: 2Sam 8:11; [Lihat FULL. 2Sam 8:11]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:16 - ada perang · ada perang: 1Raj 15:6; 1Raj 15:6; 1Raj 12:21; 1Raj 12:21

· ada perang: 1Raj 15:6; [Lihat FULL. 1Raj 15:6]; 1Raj 12:21; [Lihat FULL. 1Raj 12:21]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:17 - memperkuat Rama · memperkuat Rama: Yos 18:25; Yos 18:25

· memperkuat Rama: Yos 18:25; [Lihat FULL. Yos 18:25]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:18 - perbendaharaan rumah // Asa mengutus // kepada Benhadad · perbendaharaan rumah: 1Raj 14:26; 1Raj 14:26 · Asa mengutus: 2Raj 12:18; 16:8; 18:14-16; Yoel 3:5 · kepada Benhadad: 1Raj 15:18...

· perbendaharaan rumah: 1Raj 14:26; [Lihat FULL. 1Raj 14:26]

· Asa mengutus: 2Raj 12:18; 16:8; 18:14-16; Yoel 3:5

· kepada Benhadad: 1Raj 15:18-20; 1Raj 20:1; 2Raj 6:24; 13:3; Yer 49:27

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:19 - Ada perjanjian · Ada perjanjian: Kel 23:32; Kel 23:32; 1Raj 5:12; 1Raj 5:12

· Ada perjanjian: Kel 23:32; [Lihat FULL. Kel 23:32]; 1Raj 5:12; [Lihat FULL. 1Raj 5:12]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:20 - ia mengalahkan · ia mengalahkan: 1Raj 20:34

· ia mengalahkan: 1Raj 20:34

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:21 - memperkuat Rama // di Tirza · memperkuat Rama: Yos 18:25; Yos 18:25 · di Tirza: 1Raj 16:15-17

· memperkuat Rama: Yos 18:25; [Lihat FULL. Yos 18:25]

· di Tirza: 1Raj 16:15-17

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:22 - memperkuat Rama // Raja Asa // memperkuat Geba // dan Mizpa · memperkuat Rama: 1Raj 15:17 · Raja Asa: 1Raj 15:9-24; Yer 41:9 · memperkuat Geba: Yos 18:24; Yos 18:24; 2Raj 23:8 · dan ...

· memperkuat Rama: 1Raj 15:17

· Raja Asa: 1Raj 15:9-24; Yer 41:9

· memperkuat Geba: Yos 18:24; [Lihat FULL. Yos 18:24]; 2Raj 23:8

· dan Mizpa: Yos 11:3; [Lihat FULL. Yos 11:3]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:24 - Maka Yosafat · Maka Yosafat: Mat 1:8

· Maka Yosafat: Mat 1:8

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:26 - yang jahat // laku ayahnya · yang jahat: Ul 4:25; Ul 4:25 · laku ayahnya: 1Raj 12:30; 1Raj 12:30

· yang jahat: Ul 4:25; [Lihat FULL. Ul 4:25]

· laku ayahnya: 1Raj 12:30; [Lihat FULL. 1Raj 12:30]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:27 - Baesa menewaskan // di Gibeton · Baesa menewaskan: 1Raj 14:14 · di Gibeton: Yos 19:44; Yos 19:44

· Baesa menewaskan: 1Raj 14:14

· di Gibeton: Yos 19:44; [Lihat FULL. Yos 19:44]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:29 - seluruh keluarga · seluruh keluarga: 1Raj 13:34; 1Raj 13:34

· seluruh keluarga: 1Raj 13:34; [Lihat FULL. 1Raj 13:34]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:30 - karena dosa-dosa // yang mengakibatkan · karena dosa-dosa: 1Raj 12:30; 1Raj 12:30 · yang mengakibatkan: 1Raj 16:26; 2Raj 3:3; 14:24; 15:28; 21:16

· karena dosa-dosa: 1Raj 12:30; [Lihat FULL. 1Raj 12:30]

· yang mengakibatkan: 1Raj 16:26; 2Raj 3:3; 14:24; 15:28; 21:16

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:31 - kitab sejarah · kitab sejarah: 1Raj 11:41

· kitab sejarah: 1Raj 11:41

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:32 - ada perang · ada perang: 1Raj 15:6; 1Raj 15:6

· ada perang: 1Raj 15:6; [Lihat FULL. 1Raj 15:6]

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:33 - di Tirza · di Tirza: 1Raj 14:17; 16:6,23; 2Raj 15:14; Kid 6:4

Ref. Silang FULL: 1Raj 15:34 - yang jahat · yang jahat: 1Raj 15:26

· yang jahat: 1Raj 15:26

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Raj 15:1 - Dalam tahun kedelapan belas zaman Raja Yerobeam . . . menjadi rajalah Abiam atas Yehuda 1. Dalam tahun kedelapan belas zaman Raja Yerobeam . . . menjadi rajalah Abiam atas Yehuda. Dia memerintah selama tiga tahun, 913-911 sM.

1. Dalam tahun kedelapan belas zaman Raja Yerobeam . . . menjadi rajalah Abiam atas Yehuda. Dia memerintah selama tiga tahun, 913-911 sM.

Wycliffe: 1Raj 15:2 - Nama ibunya ialah Maakha, anak Abisalom. Maakha // Abisalom 2. Nama ibunya ialah Maakha, anak Abisalom. Maakha merupakan ibu suri. Abisalom adalah bentuk panjang dari Absalom.

2. Nama ibunya ialah Maakha, anak Abisalom. Maakha merupakan ibu suri. Abisalom adalah bentuk panjang dari Absalom.

Wycliffe: 1Raj 15:3 - Abiam hidup dalam segala dosa yang telah dilakukan ayahnya sebelumnya // Ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada Tuhan 3. Abiam hidup dalam segala dosa yang telah dilakukan ayahnya sebelumnya. Kisah yang lebih lengkap mengenai pemerintahan Abiam terdapat di II Tawarikh...

3. Abiam hidup dalam segala dosa yang telah dilakukan ayahnya sebelumnya. Kisah yang lebih lengkap mengenai pemerintahan Abiam terdapat di II Tawarikh 13:1-22. Abiam, hidup mengikuti cara hidup yang jahat dan tidak saleh dari Rehabeam. Ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada Tuhan. Sebuah ungkapan yang menunjukkan bahwa Abiam secara menyedihkan kurang memiliki pengabdian dan kesetiaan kepada Allah.

Wycliffe: 1Raj 15:4 - Tetapi oleh karena Daud 4. Tetapi oleh karena Daud. Ayat 4 dan 5 menekankan kemurahan dan kesetiaan Allah. Sekalipun Abiam terus berbuat jahat, Tuhan tidak menarik kemurahan-...

4. Tetapi oleh karena Daud. Ayat 4 dan 5 menekankan kemurahan dan kesetiaan Allah. Sekalipun Abiam terus berbuat jahat, Tuhan tidak menarik kemurahan-Nya dari penduduk Yehuda.

Wycliffe: 1Raj 15:6 - Ada perang antara Rehabeam dan Yerobeam seumur hidupnya // Selebihnya dari riwayat Abiam dan segala yang dilakukannya 6. Ada perang antara Rehabeam dan Yerobeam seumur hidupnya. Peperangan terus menghantui kerajaan yang terpecah itu. 7. Selebihnya dari riwayat Abiam d...

6. Ada perang antara Rehabeam dan Yerobeam seumur hidupnya. Peperangan terus menghantui kerajaan yang terpecah itu. 7. Selebihnya dari riwayat Abiam dan segala yang dilakukannya. Gambaran yang sedikit lebih saleh tentang Abiam disajikan di II Tawarikh. Khususnya di dalam pidato yang diucapkan Abiam terhadap Yerobeam, ia kelihatannya memiliki sedikit kepercayaan kepada Yahovah. Mungkin, seperti kebanyakan orang lain, Abiam pandai berkhotbah tetapi tidak pandai melaksanakannya.

Wycliffe: 1Raj 15:9-15 - -- e) Asa dan Serangkaian Pembaharuan yang Diadakannya (15:9-15). Menyenangkan dan menyegarkan untuk melihat bahwa raja yang muda ini melepaskan diri da...

e) Asa dan Serangkaian Pembaharuan yang Diadakannya (15:9-15).

Menyenangkan dan menyegarkan untuk melihat bahwa raja yang muda ini melepaskan diri dari tradisi jahat kedua raja sebelumnya serta bertekad untuk melakukan apa yang benar di hadapan Tuhan seperti yang telah dilakukan oleh Daud moyangnya.

Wycliffe: 1Raj 15:9-10 - Dalam tahun kedua puluh zaman Yerobeam ... Asa menjadi raja atas Yehuda ... nama neneknya yang perempuan ialah Maakha 9, 10. Dalam tahun kedua puluh zaman Yerobeam ... Asa menjadi raja atas Yehuda ... nama neneknya yang perempuan ialah Maakha. Abiam dan Asa mungkin be...

9, 10. Dalam tahun kedua puluh zaman Yerobeam ... Asa menjadi raja atas Yehuda ... nama neneknya yang perempuan ialah Maakha. Abiam dan Asa mungkin bersaudara.

Wycliffe: 1Raj 15:11-15 - Asa melakukan apa yang benar 11-15. Asa melakukan apa yang benar. Setelah mengambil keputusan untuk melaksanakan kehendak Allah, pertama-tama Asa menghapuskan kebiasaan menyembah ...

11-15. Asa melakukan apa yang benar. Setelah mengambil keputusan untuk melaksanakan kehendak Allah, pertama-tama Asa menghapuskan kebiasaan menyembah berhala dan mengusir para penyembah berhala dari kerajaannya. Secara khusus, Asa mengusir pergi para pelacur bakti (14:24). Asa tidak membatasi pembaharuan tersebut hanya pada orang-orang asing saja namun hal itu juga dilakukan olehnya terhadap keluarganya sendiri. Dia bahkan mencopot Maakha dari kedudukannya sebagai ibu Suri sebab dialah yang memasukkan penyembahan berhala ke negeri itu. Raja yang muda itu kemudian merobohkan patung-patung neneknya dan membakar patung-patung itu di tepi Sungai Kidron. Sungai ini merupakan sungai musim dingin yang mengalir dengan deras yang terletak di barat Laut Yerusalem, yaitu sungai yang diseberangi oleh Kristus pada malam pergumulannya di Getsemani (Yoh. 18:1).

Wycliffe: 1Raj 15:16 - Ada perang antara Asa dan Baesa 16. Ada perang antara Asa dan Baesa. Baesa menyatakan perang terhadap tetangga-tetangganya. Tindakan Baesa yang dianggap sebagai tantangan ialah usaha...

16. Ada perang antara Asa dan Baesa. Baesa menyatakan perang terhadap tetangga-tetangganya. Tindakan Baesa yang dianggap sebagai tantangan ialah usahanya untuk memperkokoh Rama, sebuah benteng pertahanan yang terletak sekitar empat atau lima mil di utara Yerusalem.

Wycliffe: 1Raj 15:18 - Tetapi Asa mengambil segala emas dan perak yang masih tinggal dalam perbendaharaan Rumah Tuhan // Benhadad 18. Tetapi Asa mengambil segala emas dan perak yang masih tinggal dalam perbendaharaan Rumah Tuhan. Dengan harta tersebut, Asa berusaha merayu Raja Be...

18. Tetapi Asa mengambil segala emas dan perak yang masih tinggal dalam perbendaharaan Rumah Tuhan. Dengan harta tersebut, Asa berusaha merayu Raja Benhadad dari Siria. Raja Benhadad I rupanya naik takhta pada tahun 890 sM. Belakangan, Raja Ahab maju berperang melawan Benhadad ini.

Wycliffe: 1Raj 15:20 - Benhadad mendengarkan permintaan Raja Asa; ia menyuruh panglima-panglimanya menyerang kota-kota Israel 20. Benhadad mendengarkan permintaan Raja Asa; ia menyuruh panglima-panglimanya menyerang kota-kota Israel. Kota-kota yang disebutkan sebagai berhasil...

20. Benhadad mendengarkan permintaan Raja Asa; ia menyuruh panglima-panglimanya menyerang kota-kota Israel. Kota-kota yang disebutkan sebagai berhasil diduduki oleh Benhadad merupakan kota-kota yang terletak di sekitar Danau Galilea.

Wycliffe: 1Raj 15:21 - Segera sesudah Baesa mendengar hal itu, ia berhenti memperkuat Rama 21. Segera sesudah Baesa mendengar hal itu, ia berhenti memperkuat Rama. Karena ketakutan mendengar datangnya pasukan Siria yang perkasa untuk membant...

21. Segera sesudah Baesa mendengar hal itu, ia berhenti memperkuat Rama. Karena ketakutan mendengar datangnya pasukan Siria yang perkasa untuk membantu Asa, Raja Baesa kemudian mundur ke Tirza, ibu kotanya sendiri.

Wycliffe: 1Raj 15:22 - Raja Asa ... memperkuat Geba-Benyamin dan Mizpa 22. Raja Asa ... memperkuat Geba-Benyamin dan Mizpa. Geba-Benyamin teridentifikasi sebagai Yeba, yang letaknya dekat Mikmas. Asa merampas harta yang t...

22. Raja Asa ... memperkuat Geba-Benyamin dan Mizpa. Geba-Benyamin teridentifikasi sebagai Yeba, yang letaknya dekat Mikmas. Asa merampas harta yang telah dikumpulkan oleh Baesa, yang rupanya untuk membuat pertahanan terhadapnya, dan memakai harta rampasan itu untuk mendirikan benteng pertahanan yang baru bagi dirinya sendiri.

Wycliffe: 1Raj 15:23-24 - -- g) Kematian Asa (15:23, 24). Kemudian Asa mendapatkan perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya dan ia dikuburkan . . . Maka Yosafat, anaknya, m...

g) Kematian Asa (15:23, 24).

Kemudian Asa mendapatkan perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya dan ia dikuburkan . . . Maka Yosafat, anaknya, menjadi raja menggantikan dia. Asa yang saleh kemudian digantikan oleh putranya yang juga saleh, Yosafat (873-848 sM) yang telah memerintah bersama-sama dengan ayahnya selama tiga tahun.

Wycliffe: 1Raj 15:25 - Nadab ... menjadi raja atas Israel 25. Nadab ... menjadi raja atas Israel. Di sini sejarawan yang menulis kitab ini mengambil sebuah peristiwa yang terjadi di utara. Nadab (910-909 sM),...

25. Nadab ... menjadi raja atas Israel. Di sini sejarawan yang menulis kitab ini mengambil sebuah peristiwa yang terjadi di utara. Nadab (910-909 sM), putra yang fasik dari Yerobeam Bin Nebat, naik takhta. Harus diingat bahwa jika di Israel utara sudah terjadi pergantian dinasti sebanyak sekitar delapan kali maka di selatan yang berkuasa hanya satu dinasti saja yaitu dinasti Daud.

Wycliffe: 1Raj 15:26 - Ia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan 26. Ia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan. Masa pemerintahan Nadab sangat singkat, orang menghitungnya di antara setahun dan setahun setengah.

26. Ia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan. Masa pemerintahan Nadab sangat singkat, orang menghitungnya di antara setahun dan setahun setengah.

Wycliffe: 1Raj 15:27 - Dan Baesa Bin Ahia dari kaum Isakhar, mengadakan persepakatan melawan dia 27. Dan Baesa Bin Ahia dari kaum Isakhar, mengadakan persepakatan melawan dia. Dinasti keturunan Yerobeam akan berakhir secara memalukan, sedangkan di...

27. Dan Baesa Bin Ahia dari kaum Isakhar, mengadakan persepakatan melawan dia. Dinasti keturunan Yerobeam akan berakhir secara memalukan, sedangkan dinasti keturunan Baesa yang tampaknya juga akan bertahan untuk waktu yang singkat saja, sedang tampil ke depan.

Wycliffe: 1Raj 15:29 - Segera sesudah ia menjadi raja, ia membunuh seluruh keluarga Yerobeam ... sesuai dengan Firman Tuhan yang diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya Ahia 29. Segera sesudah ia menjadi raja, ia membunuh seluruh keluarga Yerobeam ... sesuai dengan Firman Tuhan yang diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-N...

29. Segera sesudah ia menjadi raja, ia membunuh seluruh keluarga Yerobeam ... sesuai dengan Firman Tuhan yang diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya Ahia. Secara tidak tanggung-tanggung dan tanpa belas kasihan, Baesa membantai keluarga Nadab. Hukuman Allah dengan demikian terlaksana secara cepat sekali terhadap dinasti jahat kerajaan Israel. Sekalipun demikian, Baesa sama sekali tidak menggubris ketetapan dan hukum Allah dan hidup sama jahatnya dengan para pendahulunya. Pertentangan sipil tetap berlangsung di antara kedua kerajaan tersebut (ay. 32).

Wycliffe: 1Raj 15:34 - Ia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan serta hidup menurut tingkah laku Yerobeam 34. Ia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan serta hidup menurut tingkah laku Yerobeam. Sekalipun Baesa telah memusnahkan keluarga Yerobeam, sayang s...

34. Ia melakukan apa yang jahat di mata Tuhan serta hidup menurut tingkah laku Yerobeam. Sekalipun Baesa telah memusnahkan keluarga Yerobeam, sayang sekali ia tidak memusnahkan juga dosa-dosa Yerobeam, baik dari kerajaan Israel pada umumnya maupun dari kehidupannya sendiri pada khususnya.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Raj 15:1-24 - Setia tetapi kurang bijak. (Senin, 16 Agustus 2004) Setia tetapi kurang bijak. Anak Tuhan dipanggil untuk hidup setia kepada Tuhan. Akan tetapi, tidak cukup hanya setia. Anak Tuhan juga perlu ...

SH: 1Raj 15:1-8 - Janji Tuhan YA dan AMIN. (Kamis, 24 Februari 2000) Janji Tuhan YA dan AMIN. Abiam adalah generasi ke empat dari keturunan raja Daud. Karena dibesarkan dan dididik dalam keluarga penyembah berha...

SH: 1Raj 15:9-24 - Komitmen bulat mereformasi sejarah. (Jumat, 25 Februari 2000) Komitmen bulat mereformasi sejarah. Raja ketiga dalam garis kerajaan Yehuda adalah keturunan kelima dari kerajaan Israel. Ia bertolakbelakang ...

SH: 1Raj 15:25-31 - Hukuman Allah. (Selasa, 17 Agustus 2004) Hukuman Allah. Sejarah bangsa Israel dalam Alkitab menunjukkan bahwa Allah berdaulat atas sejarah. Allah membangkitkan satu bangsa untuk ...

SH: 1Raj 15:25-32 - Anugerah Allah dan tanggungjawab manusia. (Sabtu, 26 Februari 2000) Anugerah Allah dan tanggungjawab manusia. Kalau Yerobeam, pegawai Salomo, bisa menjadi raja atas 11 suku Israel, semata anugerah Allah. Siapa ...

SH: 1Raj 15:32--16:14 - Sejarah berulang. (Rabu, 18 Agustus 2004) Sejarah berulang. History repeated itself (sejarah berulang), demikian pepatah Inggris. Hal ini bisa dilihat bahkan pada sejarah dunia. Satu...

SH: 1Raj 15:33--16:7 - Dosa pemimpin menular kepada rakyatnya? (Minggu, 27 Februari 2000) Dosa pemimpin menular kepada rakyatnya? Bisa "ya" bisa juga "tidak". "Ya" kalau rakyat menganut tanpa mempertimbangkan dosa atau tidak. Terleb...

Topik Teologia: 1Raj 15:11 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menaati Allah Taat kepada Allah Teladan-teladan Ketaatan Asa Menaati Alla...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Raja-raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang 1 dan 2 Raja-R...

Full Life: 1 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Masa Pemerintahan Salomo (1Raj 1:1-11:43) A. Salomo Menggantikan Daud Sebagai Raja (1...

Ende: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

Wycliffe: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 RAJA-RAJA Judul. Kitab yang dikenal dengan I dan II Raja-Raja dinamakan demikian menurut isinya. Di dalam Septuaginta, para raja Ibrani...

Wycliffe: 1 Raja-raja (Garis Besar) GARIS BESAR 1 RAJA-RAJA I. Kerajaan Sejak Salomo Hingga Rehabeam (I Raj. 1:1-11:43) A. Salomo Naik Takhta (1:1-2:46) ...

BIS: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) I RAJA-RAJA PENGANTAR Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam

I RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam buku ini dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. (1) Wafatnya Raja Daud dan pengangkatan Salomo menjadi raja atas Israel dan Yehuda menggantikan Daud.
  2. (2) Pemerintahan Salomo dan hasil-hasil usahanya, khususnya dalam membangun Rumah TUHAN di Yerusalem.
  3. (3) Bangsa Israel terpecah menjadi kerajaan utara dan kerajaan selatan, dan sejarah raja-raja yang memerintah kedua kerajaan tersebut sampai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi.

Di dalam kedua buku Raja-raja, setiap raja dinilai berdasarkan kesetiaannya kepada Tuhan; dan keberhasilan bangsa adalah akibat dari kesetiaan tersebut. Sebaliknya, penyembahan berhala dan ketidaktaatan mengakibatkan bencana. Berdasarkan penilaian tersebut raja-raja kerajaan utara semuanya gagal, sedangkan raja Yehuda ada yang gagal, ada pula yang tidak.

Yang penting dalam I Raja-raja ialah nabi-nabi Tuhan. Mereka adalah juru bicara Allah yang berani-berani. Mereka memperingatkan raja dan bangsa Israel supaya tidak menyembah berhala dan tidak meremehkan perintah-perintah Allah. Yang menonjol ialah Elia, dan kisah tentang pertarungannya dengan imam-imam Baal (pasal 18 1Raj 18:1-15).

Isi

  1.  Akhir pemerintahan Daud
    1Raj 1:1-2:12
  2.  Salomo menjadi raja
    1Raj 2:13-46
  3.  Pemerintahan Salomo
    1Raj 3:1-11:43
    1. a. Tahun-tahun permulaan
      1Raj 3:1-4:34
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      1Raj 5:1-8:66
    3. c. Tahun-tahun terakhir
      1Raj 9:1-11:43
  4.  Kerajaan yang terpecah
    1Raj 12:1-22:53
    1. a. Pemberontakan suku-suku utara
      1Raj 12:1-14:20
    2. b. Raja-raja Yehuda dan Israel
      1Raj 14:21-16:34
    3. c. Nabi Elia
      1Raj 17:1-19:21
    4. d. Ahab, raja Israel
      1Raj 20:1-22:40
    5. e. Yosafat raja Yehuda dan Ahazia raja Israel
      1Raj 22:41-53

Ajaran: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah berg

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah bergantung pada kesetiaannya terhadap janji Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab I dan II Raja-raja tidak jelas disebutkan dalam Kitab ini, tetapi banyak ahli mengatakan bahwa penulisnya adalah Yeremia (nabi).

Isi Kitab: Isi kedua Kitab ini sesuai dengan namanya, menceritakan tentang kehidupan raja-raja Israel.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I dan II Raja-raja

  1. Pasal 1-11 (1Raj 1:1-11:43).

    Pemerintahan Raja Salomo

    Dalam bagian ini dijelaskan, Salomo naik takhta dan memerintah. Ia menuruti pesan Daud, yaitu bertindak seperti seorang laki-laki dan tetap berhubungan dengan Tuhan. Salomo diberi hikmat oleh Tuhan karena sikapnya yang beribadah terhadap Tuhan dan menetapkan pemerintahannya yang bersifat damai dan sejahtera. Salomo juga membangun rumah Tuhan dan istana serta mentahbiskan rumah Tuhan sehingga ia diberkati secara luar biasa, yaitu kepandaian, kemasyhuran dan kekayaan yang bertambah-tambah. Tetapi Salomo terpengaruh oleh istri-istrinya dan ia menyembah berhala sehingga Tuhan marah kepadanya dan menghancurkan kerajaan itu, akhir pasal 11; 1Raj 11:41-43menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 1:32-40.
    2. Bacalah pasal 1Raj 2:1-4. Apakah nasehat-nasehat Raja Daud yang jug bermanfaat bagi saudara?
    3. Bacalah pasal 1Raj 3:3-9. Apakah yang sering saudara minta dalam doa?
    4. Bacalah pasal 1Raj 7:1,51. Tempat apa sajakah yang dibangun Salomo?
    5. Bacalah pasal 1Raj 11:1-13, 41-43. Apakah yang terjadi dengan Salomo pada akhir hidupnya Da mengapa demikian?
  2. Pasal I Raja-raja 12 sampai II Raja-raja 17 (1Raj 12:1-2Raj 17:29).

    Kerajaan yang terpecah Setelah Salomo meninggal, kerajaan Israel terpecah lagi, dan mulai diperintah oleh raja-raja yang memerintah secara jahat, oleh karena itu selalu mengalami kekacauan dan menerima hukuman dari Tuhan. Tetapi karena cinta kasih Tuhan maka manusia selalu diberi peringatan melalui nabi-nabi supaya bertobat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 12:1-11. Kelompok dibawah pimpinan siapakah yang datang menghada Rehabeam? Dan apakah permintaannya? Apakah usah Rehabeam untuk menjawab permintaan Jerobeam?
    2. Bacalah pasal 1Raj 12:12-20. Nasihat siapakah yang diikuti oleh raja Rehabeam? Dan apakah akibatnya? (kerajaan terpecah menjadi dua 2Raj 12:20).
    3. Bacalah 2Raj 2:1-14. Siapakah dua orang nabi besar yang melayani di Israel? Apakah nabi Elia mati?
    4. Bacalah pasal 2Raj 17:7-23. Ini adalah kehancuran kerajaan Israel. Mengapa terjadi hal itu?
    5. Bacalah pasal 2Raj 24:18-25:7. Ini adalah kehancuran kerajaan Yehuda. Mengapakah terjadi hal ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Dalam keadaan jaman yang sesat, Allah selalu memberi jalan kepada umat- Nya untuk bertobat.

  2. Apabila kejahatan terjadi secara luar biasa maka Allah juga memperlihatkan keadilan-Nya dengan hukuman yang luar biasa.

  3. Allah selalu memberkati orang-orang atau bangsa yang takut akan Dia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Sebutkan apakah yang diminta raja Salomo didalam doanya!
  2. Siapakah yang mendirikan bait Allah yang pertama?
  3. Siapakah nama nabi yang bertempur melawan nabi-nabi Baal?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar Kitab I dan II Raja-raja ini?

Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Kerajaan Israel bersatu dan terpecah ISI KITABI Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritaka

Kerajaan Israel bersatu dan terpecah

ISI KITAB
I Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritakan mengenai kehidupan bangsa Israel selama empat abad sesudah kematian Daud dan pembuangan bangsa Israel ke Babel. Kitab itu menceritakan bagaimana suatu negara yang kuat dan bersatu terpecah menjadi dua; bagaimana kerajaan utara yang lebih besar yang terus menerus berpaling dari Allah akhirnya dimusnahkan; bagaimana Yehuda juga gagal untuk memelihara perjanjian dengan Allah dan bagaimana negeri itu juga dilanda bencana, yang mencapai puncaknya pada penghancuran Yerusalem dan pembuangan besar-besaran ke Babel. I Raja-raja merangkum 120 tahun pertama dari kisah yang lengkap.

SIAPA PENULISNYA?
Kitab ini mungkin ditulis oleh seorang nabi atau sejumlah nabi yang menulis di Babel selama masa pembuangan, sekitar tahun 550 SM. Bahan tulisan diambil dari berbagai sumber, seperti catatan resmi pemerintah atau kumpulan kisah-kisah tentang para nabi yang kemudian disatukan sedemikian rupa untuk memberikan tekanan pada pokok-pokok yang ingin diungkapkan oleh si penulis.

TUJUAN PENULISAN
Dalam I dan II Raja-raja penulis tidak ingin mencoba untuk memberikan suatu kisah yang lengkap dari seluruh peristiwa yang terjadi pada masa itu. Ia menceritakan dengan panjang lebar mengenai peristiwa dan tokoh-tokoh yang dianggapnya penting seperti Salomo atau Elia, tetapi tokoh lainnya hanya diceritakan secara sepintas. Raja-raja hanya menulis mengenai pentingnya peristiwa yang terjadi dalam hubungannya dengan perkembangan kehidupan rohani manusia.

PANDANGAN PENULIS
Masalah yang ditunjukkan oleh penulis ialah betapa pentingnya bagi umat Allah untuk menjaga perjanjian mereka dengan-Nya. Manusia dan bangsa-bangsa keduanya dinilai sampai seberapa jauh mereka mencari dan mengikuti kehendak Allah. Jika mereka mengasihi Allah dan patuh pada perintah-perintah-Nya, maka Allah akan memberkati mereka; jika mereka berpaling dari-Nya, maka bencara akan menimpa mereka. Dalam banyak hal sikap seorang raja dianggap sebagai gambaran dari sikap bangsa itu secara keseluruhan; dalam satu segi seorang raja merupakan wakil dari rakyatnya.

METODE PENULISAN
Kisah mengenai kedua bangsa Israel dan Yehuda mudah diikuti jika kita tahu metode penulisan yang dipakai. Kita selalu diberi kisah baru mengenai setiap negeri secara berurutan. Sebagai contoh, gambaran peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seorang raja Israel diikuti oleh kisah raja-raja Yehuda yang naik takhta selama pemerintahannya dan seterusnya.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Rehabeam mencoba untuk tidak mengikutsertakan Allah, dan itu tidak mungkin terjadi. Sebenarnya penghakiman Allahlah yang menyebabkan ia kehilangan sepuluh suku dan bukan disebabkan oleh pemberontakan rakyatnya. Bahkan, sebelum Salomo mangkat Yerobeam telah diangkat oleh Allah untuk memerintah Israel. 1Ra 11:26-12:24
o Ahab telah menyaksikan suatu peragaan kekuasaan Allah pada waktu nabi-nabi Baal dikalahkan di Gunung Karmel. Walaupun demikian, dalam perang Siria, Ahab mencoba untuk menghindari kehendak Allah dengan jalan menyamar; tetapi ia mati seperti apa yang dikatakan Allah. 1Ra 18:1-46; 22:5-40

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Salomo kaya raya, bijaksana dan berkuasa, selama bertahun-tahun ia mengasihi dan melayani Allah, tetapi itu tidak berarti ia dapat berlaku sewenang-wenang. Pada waktu ia berdosa, Allah juga menghukumnya seperti kepada orang lain. 1Ra 3:1-11:43
o Omri adalah seorang raja yang sangat berhasil. Ia memberi Israel sebuah ibukota yang baru dan menempatkan Israel pada peta perdagangan, tetapi Kitab Raja-raja memberikan komentar bahwa ia juga berdosa terhadap Allah. 1Ra 16:15-28

3. Allah dapat dipercaya
o Tuhan memberikan sebuah kerajaan kepada Yerobeam, tetapi ia tidak percaya bahwa Allah dapat menghentikan pelarian bangsanya kembali ke Yehuda. Sebaliknya, ia melanggar perintah Allah dengan membangun sebuah patung emas. Ia mendapati bahwa Allah selalu memenuhi janji-janji-Nya, yaitu memberkati dan menghukum! 1Ra 12:25-14:20
o Apabila Tuhan memberikan suatu tugas, Dia juga akan menyediakan sarana untuk melaksanakannya. Tuhan mencukupi kebutuhan Elia sepanjang musim kering dan menunjukkan kepadanya bagaimana caranya untuk mengalahkan penyembahan kepada Baal. 1Ra 17:1-18:46

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
o Tidak taat kepada Tuhan dan menerima hukuman-Nya tidak selalu berarti bahwa kita tidak lagi dapat melayani Dia. Bangsa Yehuda menyadari hal ini setelah kerajaan itu terpecah. Tuhan telah menghukum mereka, tetapi Dia masih tetap Allah mereka dan masih berbicara kepada mereka. 1Ra 12:1-24
o Tidak satu pun dari ketujuh raja Israel pertama yang melayani Tuhan, tetapi Allah masih belum berputus asa terhadap bangsa itu. Dia masih menginginkan penyembahan mereka, dan di atas Gunung Karmel kembali Allah menunjukkan kepada mereka suatu peragaan kuasa-Nya yang besar. 1Ra 18:1-46

Penerapan

I Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba Tuhan
Elia menunjukkan kepada kita ciri-ciri seorang hamba Tuhan yang baik:
o Ia mendengarkan perkataan Allah (1Ra 17:1,2,8).
o Ia menantikan waktu Tuhan yang tepat (1Ra 18:1).
o Ia bertindak dengan berani (1Ra 18:7-40).
o Ia berbicara dengan jelas (1Ra 18:21).
o Ia mempunyai kepercayaan penuh terhadap Allah (1Ra 18:30-38).
o Ia sangat patuh kepada perintah Allah (1Ra 18:36).
o Ia gigih (1Ra 18:41-45).

2. Pelayanan Tuhan
o Tuhan tidak selalu memakai alat-alat bantu yang kita inginkan -- Ia memilih seorang janda untuk menolong Elia (1Ra 17:8-16).
o Membantu hamba Tuhan merupakan suatu pelayanan kepada-Nya dan Tuhan menganugerahi pelayanan (1Ra 17:17-24; 18:3-15).
o Tuhan memulihkan hamba-hamba-Nya pada waktu mereka terjatuh (1Ra 19:4-8).
o Satu tugas terselesaikan tidak berarti akan menghadapi hari depan yang sia-sia (1Ra 19:14-18).

3. Rumah Allah
o Dibangun berdasarkan janji Allah. (1Ra 8:15-21).
o Tempat untuk beribadah (1Ra 8:22-26).
o Tidak dapat membatasi Allah (1Ra 8:27).
o Tempat untuk berdoa (1Ra 8:28-40).
o Harus terbuka bagi semua orang dari berbagai negeri (1Ra 8:41-43).

Tema-tema Kunci

1. Kedaulatan Allah
Tema ini bergema dalam keseluruhan isi kitab yang menceritakan bagaimana Allah terlibat dalam sejarah umat manusia. Bacalah 1Ra 8:14-61; 19:9-18; 20:1-30. Apa yang diceritakan oleh pasal-pasal ini mengenai Allah dan kedaulatannya?

2. Kebenaran
Allah mengharapkan umat-Nya taat dan setia. Setelah negeri itu terpecah, I Raja-raja menggambarkan mengenai pemerintahan delapan raja Israel dan empat raja Yehuda. Buatlah daftar raja-raja ini. Berapa orang dari mereka yang melayani Tuhan? Berdasarkan atas apa penulis kitab Raja-raja membuat penilaian terhadap mereka?

3. Kelemahan
o I Raja-raja tidak pernah mencoba untuk memberikan kepada kita gambaran yang sempurna mengenai hamba-hamba Allah. Kita melihat keburukan maupun kebaikan mereka dan Allah menerima serta memakai mereka seperti apa adanya.
Pelajari 1Ra 1:1-3:1; 11:1-13; 19:1-21. Kelemahan apa saja yang dapat Anda temukan dalam diri Daud, Salomo dan Elia?
o Bacalah kisah Raja Ahab dalam 1Ra 18:1-22:40. Dalam 1Ra 21:27-29 kita membaca bahwa ia bertobat, dan oleh sebab itulah maka Allah memperingan hukuman terhadapnya. Menurut Anda mengapa I Raja-raja menggambarkan Raja Ahab sebagai orang jahat dan bukan hanya sebagai orang lemah?

Garis Besar Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11 1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua 1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo 1Ra 2:1-9Pesan-pesan Dau

[1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11

1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua
1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo
1Ra 2:1-9Pesan-pesan Daud terakhir
1Ra 2:10-11Wafatnya seorang raja yang besar

[2] SALOMO: TAHUN-TAHUN PENUH KEMASYHURAN 1Ra 2:12-10:29

1Ra 2:12-46Pemerintahan raja Salomo terbentuk
1Ra 3:1Persekutuan dengan Mesir melalui perkawinan
1Ra 3:2-28Allah menganugerahkan kebijakan dan kekayaan
1Ra 4:1-28Pembenahan perekonomian
1Ra 4:29-34Salomo si penyair
1Ra 5:1-7:51Rencana pembangunan yang megah
1Ra 8:1-66Peresmian Rumah Tuhan
1Ra 9:1-9Janji dan peringatan Tuhan
1Ra 9:10-28Hubungan dengan luar negeri dan masalah tenaga kerja
1Ra 10:1-13Kunjungan kenegaraan Ratu negeri Syeba
1Ra 10:14-29Kekayaan Raja Salomo

[3] PERTENTANGAN, PEMBERONTAKAN, PERPECAHAN 1Ra 11:1-12:24

1Ra 11:1-8Perzinahan dan imoralitas Salomo
1Ra 11:9-13Penghakiman Allah dinyatakan
1Ra 11:14-25Musuh dari luar yaitu Edom
1Ra 11:26-40Ancaman dari Yerobeam
1Ra 11:41-43Kematian Salomo
1Ra 12:1-15Yerobeam menolak untuk berunding
1Ra 12:16-24Bangsa Israel menyatakan kemerdekaannya

[4] DUA NEGERI BARU -- DUA PERMULAAN YANG BURUK 1Ra 12:25-15:24

1Ra 12:25-33Yerobeam membangun mezbahnya sendiri
1Ra 13:1-34Ia mendapat peringatan keras
1Ra 14:1-20Kematian Yerobeam dan putranya
1Ra 14:21-31Pemerintahan Rehabeam yang keji atas Yehuda
1Ra 15:1-8Abiam -- sama seperti ayahnya
1Ra 15:9-24Asa mengembalikan Yehuda pada jalan yang benar

[5] ISRAEL -- SEBUAH NEGARA BERKEMBANG 1Ra 15:25-16:34

1Ra 15:25-31Garis keturunan Yerobeam berakhir pada Nadab
1Ra 15:32-16:7Baesa membawa bangsa Israel ke dalam dosa
1Ra 16:8-14Pemerintahan Ela berakhir dengan adanya kudeta Zimri
1Ra 16:15-28Pemerintahan Omri -- makmur tetapi jahat
1Ra 16:29-34Memperkenalkan Ahab dan Izebel

[6] ELIA -- SEORANG HAMBA ALLAH 1Ra 17:1-19:21

1Ra 17:1-24Musim kering: Elia diselamatkan
1Ra 18:1-16Obaja mengatur pertemuan
1Ra 18:17-40Duel antara Elia dan nabi-nabi Baal
1Ra 18:41-46Berakhirnya musim kering
1Ra 19:1-18Bagaimana Allah menghadapi hambanya yang tertekan
1Ra 19:19-21Elia bergabung dengan Elisa

[7] AHAB -- SEORANG PENGUASA YANG LEMAH DAN SERAKAH 1Ra 20:1-21:29

1Ra 20:1-34Allah memberi kemenangan kepada Ahab
1Ra 20:35-43Seorang nabi memperingatkan Ahab
1Ra 21:1-26Ahab menipu Nabot
1Ra 21:27-29Ahab bertobat

[8] PEPERANGAN DENGAN SIRIA BERKELANJUTAN 1Ra 22:1-53

1Ra 22:1-4Ahab meminta bantuan Yehuda
1Ra 22:5-28Nabi-nabi asli dan palsu saling bertentangan
1Ra 22:29-36Mereka pergi berperang
1Ra 22:37-40Ahab terbunuh
1Ra 22:41-50Yosafat -- raja Yehuda yang baik
1Ra 22:51-53Ahazia -- raja Israel yang jahat
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.41 detik
dipersembahkan oleh YLSA