kecilkan semua  

Teks -- 1 Raja-raja 11:1-43 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Salomo jatuh ke dalam penyembahan berhala
11:1 Adapun raja Salomo mencintai banyak perempuan asing. Di samping anak Firaun ia mencintai perempuan-perempuan Moab, Amon, Edom, Sidon dan Het, 11:2 padahal tentang bangsa-bangsa itu TUHAN telah berfirman kepada orang Israel: "Janganlah kamu bergaul dengan mereka dan merekapun janganlah bergaul dengan kamu, sebab sesungguhnya mereka akan mencondongkan hatimu kepada allah-allah mereka." Hati Salomo telah terpaut kepada mereka dengan cinta. 11:3 Ia mempunyai tujuh ratus isteri dari kaum bangsawan dan tiga ratus gundik; isteri-isterinya itu menarik hatinya dari pada TUHAN. 11:4 Sebab pada waktu Salomo sudah tua, isteri-isterinya itu mencondongkan hatinya kepada allah-allah lain, sehingga ia tidak dengan sepenuh hati berpaut kepada TUHAN, Allahnya, seperti Daud, ayahnya. 11:5 Demikianlah Salomo mengikuti Asytoret, dewi orang Sidon, dan mengikuti Milkom, dewa kejijikan sembahan orang Amon, 11:6 dan Salomo melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, dan ia tidak dengan sepenuh hati mengikuti TUHAN, seperti Daud, ayahnya. 11:7 Pada waktu itu Salomo mendirikan bukit pengorbanan bagi Kamos, dewa kejijikan sembahan orang Moab, di gunung di sebelah timur Yerusalem dan bagi Molokh, dewa kejijikan sembahan bani Amon. 11:8 Demikian juga dilakukannya bagi semua isterinya, orang-orang asing itu, yang mempersembahkan korban ukupan dan korban sembelihan kepada allah-allah mereka. 11:9 Sebab itu TUHAN menunjukkan murka-Nya kepada Salomo, sebab hatinya telah menyimpang dari pada TUHAN, Allah Israel, yang telah dua kali menampakkan diri kepadanya, 11:10 dan yang telah memerintahkan kepadanya dalam hal ini supaya jangan mengikuti allah-allah lain, akan tetapi ia tidak berpegang pada yang diperintahkan TUHAN. 11:11 Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Salomo: "Oleh karena begitu kelakuanmu, yakni engkau tidak berpegang pada perjanjian dan segala ketetapan-Ku yang telah Kuperintahkan kepadamu, maka sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari padamu dan akan memberikannya kepada hambamu. 11:12 Hanya, pada waktu hidupmu ini Aku belum mau melakukannya oleh karena Daud, ayahmu; dari tangan anakmulah Aku akan mengoyakkannya. 11:13 Namun demikian, kerajaan itu tidak seluruhnya akan Kukoyakkan dari padanya, satu suku akan Kuberikan kepada anakmu oleh karena hamba-Ku Daud dan oleh karena Yerusalem yang telah Kupilih."
Lawan-lawan Salomo
11:14 Kemudian TUHAN membangkitkan seorang lawan Salomo, yakni Hadad, orang Edom; ia dari keturunan raja Edom. 11:15 Sesudah Daud memukul kalah orang Edom, maka panglima Yoab pergi menguburkan orang-orang yang mati terbunuh, lalu menewaskan semua laki-laki di Edom; 11:16 enam bulan lamanya Yoab diam di sana dengan seluruh Israel, sampai dilenyapkannya semua laki-laki di Edom. 11:17 Tetapi Hadad melarikan diri bersama-sama dengan beberapa orang Edom dari pegawai-pegawai ayahnya, dan mengungsi ke Mesir; adapun Hadad itu masih sangat muda. 11:18 Mereka berangkat dari Midian, lalu sampai ke Paran; mereka membawa beberapa orang dari Paran, lalu mereka sampai ke Mesir kepada Firaun, raja Mesir. Ia ini memberikan rumah kepada Hadad, menentukan belanjanya dan menyerahkan sebidang tanah kepadanya. 11:19 Hadad demikian disayangi Firaun, sehingga diberikannya kepadanya seorang isteri, yakni adik isterinya sendiri, adik permaisuri Tahpenes. 11:20 Lalu adik Tahpenes itu melahirkan baginya seorang anak laki-laki, Genubat namanya, dan Tahpenes menyapih dia di istana Firaun, sehingga Genubat ada di istana Firaun di tengah-tengah anak-anak Firaun sendiri. 11:21 Ketika didengar Hadad di Mesir, bahwa Daud telah mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya dan bahwa panglima Yoab sudah mati juga, maka berkatalah Hadad kepada Firaun: "Biarkanlah aku pergi ke negeriku." 11:22 Lalu bertanyalah Firaun kepadanya: "Tetapi kekurangan apakah engkau padaku ini, maka engkau tiba-tiba berniat pergi ke negerimu?" Jawabnya: "Aku tidak kekurangan apapun, namun demikian, biarkanlah juga aku pergi." 11:23 Allah membangkitkan pula seorang lawan Salomo, yakni Rezon bin Elyada, yang telah melarikan diri dari tuannya, yakni Hadadezer, raja Zoba. 11:24 Ia mengumpulkan orang-orang, lalu menjadi kepala gerombolan. Ketika Daud hendak membunuh mereka, maka pergilah mereka ke Damsyik; mereka diam di sana dan di situlah mereka mengangkat Rezon menjadi raja. 11:25 Dialah yang menjadi lawan Israel sepanjang umur Salomo; ia mendatangkan malapetaka sama seperti Hadad. Ia muak akan orang Israel dan menjadi raja atas Aram. 11:26 Juga Yerobeam bin Nebat, seorang Efraim dari Zereda, seorang pegawai Salomo, nama ibunya Zerua, seorang janda, memberontak terhadap raja. 11:27 Inilah alasannya, mengapa ia memberontak terhadap raja: Salomo mendirikan Milo, dan ia menutup tembusan tembok kota Daud, ayahnya. 11:28 Yerobeam adalah seorang tangkas; ketika Salomo melihat, bahwa orang muda itu seorang yang rajin bekerja, maka ditempatkannyalah dia mengawasi semua pekerja wajib dari keturunan Yusuf. 11:29 Pada waktu itu, ketika Yerobeam keluar dari Yerusalem, nabi Ahia, orang Silo itu, mendatangi dia di jalan dengan berselubungkan kain baru. Dan hanya mereka berdua ada di padang. 11:30 Ahia memegang kain baru yang di badannya, lalu dikoyakkannya menjadi dua belas koyakan; 11:31 dan ia berkata kepada Yerobeam: "Ambillah bagimu sepuluh koyakan, sebab beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Sesungguhnya Aku akan mengoyakkan kerajaan itu dari tangan Salomo dan akan memberikan kepadamu sepuluh suku. 11:32 Tetapi satu suku akan tetap padanya oleh karena hamba-Ku Daud dan oleh karena Yerusalem, kota yang Kupilih itu dari segala suku Israel. 11:33 Sebabnya ialah karena ia telah meninggalkan Aku dan sujud menyembah kepada Asytoret, dewi orang Sidon, kepada Kamos, allah orang Moab dan kepada Milkom, allah bani Amon, dan ia tidak hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dengan melakukan apa yang benar di mata-Ku dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan dan peraturan-Ku, seperti Daud, ayahnya. 11:34 Bukan dari tangannya akan Kuambil seluruh kerajaan itu; Aku akan membiarkan dia tetap menjadi raja seumur hidupnya, oleh karena hamba-Ku Daud yang telah Kupilih dan yang tetap mengikuti segala perintah dan ketetapan-Ku. 11:35 Tetapi dari tangan anaknyalah Aku akan mengambil kerajaan itu dan akan memberikannya kepadamu, yakni sepuluh suku. 11:36 Dan kepada anaknya akan Kuberikan satu suku, supaya hamba-Ku Daud selalu mempunyai keturunan di hadapan-Ku di Yerusalem, kota yang Kupilih bagi-Ku supaya nama-Ku tinggal di sana. 11:37 Maka engkau ini akan Kuambil, supaya engkau memerintah atas segala yang dikehendaki hatimu dan menjadi raja atas Israel. 11:38 Dan jika engkau mendengarkan segala yang Kuperintahkan kepadamu dan hidup menurut jalan yang Kutunjukkan dan melakukan apa yang benar di mata-Ku dengan tetap mengikuti segala ketetapan dan perintah-Ku seperti yang telah dilakukan oleh hamba-Ku Daud, maka Aku akan menyertai engkau dan Aku akan membangunkan bagimu suatu keluarga yang teguh seperti yang Kubangunkan bagi Daud, dan Aku akan memberikan orang Israel kepadamu. 11:39 Dan untuk itu Aku akan merendahkan keturunan Daud, tetapi bukan untuk selamanya." 11:40 Lalu Salomo berikhtiar membunuh Yerobeam, tetapi Yerobeam bangkit dan melarikan diri ke Mesir, kepada Sisak, raja Mesir, dan di Mesirlah ia tinggal sampai Salomo mati.
Salomo mati
11:41 Selebihnya dari riwayat Salomo dan segala yang dilakukannya dan hikmatnya, bukankah semuanya itu tertulis dalam kitab riwayat Salomo? 11:42 Lamanya Salomo memerintah di Yerusalem atas seluruh Israel ialah empat puluh tahun. 11:43 Kemudian Salomo mendapat perhentian bersama-sama dengan nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud, ayahnya. Maka Rehabeam, anaknya, menjadi raja menggantikan dia.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ahia great grandson of Eli; brother of Ahimelech,son of Shisha; secretary of King Solomon,prophet from Shiloh in Jeroboam's time,a man of Issachar; father of Baasha who killed Jeroboam,son of Jerahmeel of Judah,son of Ehud son of Gera of Benjamin,a man from Beth-Pelet; one of David's military elite,a Levite guard of the Temple treasure under David
 · Amon a son of Manasseh; the father of Josiah and an ancestor of Jesus,governor of the Town of Samaria under King Ahab,son and successor of King Manasseh,a man who, with his sons, were servants of Solomon
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Aram-Zoba a region in central Syria (ZD)
 · Asytoret a goddess
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · bani Edom resident(s) of the region of Edom
 · bani Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Damsyik a city-state in Syria, located near Mt. Hermon at the edge of the Syrian desert (OS),a town near Mt. Hermon at the edge of the Syrian desert (OS)
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Elyada father of Rezon, king of Damascus in Solomon's time,son of David born in Jerusalem,a Benjamite commander under Jehoshaphat
 · Firaun the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who ruled Egypt in Abraham's time,the title of the king who ruled Egypt in Joseph's time,the title of the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who refused to let Israel leave Egypt,the title of the king of Egypt whose daughter Solomon married,the title of the king who ruled Egypt in the time of Isaiah,the title Egypt's ruler just before Moses' time
 · Genubat son of Edomite prince Hadad and princess Tahpenes of Egypt
 · Hadad eighth and last king of Edom
 · Hadadezer son of Rehob; King of Zobah defeated by David
 · Hadar eighth and last king of Edom
 · Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · istana Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · Kamos a pagan god; the national god of Moab
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kota Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Midian resident(s) of the region of Midian
 · Milkom a pagan god, the national deity of the Ammonites (IBD)


Topik/Tema Kamus: Salomo | Yerobeam | Kebijaksanaan, Kitab | Raja-raja, Kitab-kitab | Elia | Firaun | Rehabeam | Hadad | Ahia | Perkawinan | Sekutu, Persekutuan Dan Pergaulan | Agape | Orang Amon | Orang Edom | Benyamin | Raja Mesir | Sembah, Penyembahan Berhala | Mesir | Orang Sidon | Mundur, Kemunduran | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Raj 11:1 - SALOMO MENCINTAI BANYAK PEREMPUAN ASING. Nas : 1Raj 11:1 Pasal 1Raj 11:1-43 menguraikan kemerosotan rohani Salomo dan berbagai akibatnya. 1) Salomo mulai sebagai orang yang mengasihi ...

Nas : 1Raj 11:1

Pasal 1Raj 11:1-43 menguraikan kemerosotan rohani Salomo dan berbagai akibatnya.

  1. 1) Salomo mulai sebagai orang yang mengasihi Tuhan, berjalan menurut ketetapan-ketetapan Allah dan membangun bait-Nya (1Raj 3:3; 6:1). Ia mengalami kasih, kasih karunia, dan keselamatan Allah; kepadanya diberikan pengertian rohani yang khusus (1Raj 3:10-14; 2Sam 12:24), dan ia menulis sebagian Alkitab di bawah ilham Roh Kudus

    (lihat cat. --> 1Raj 4:29-34).

    [atau ref. 1Raj 4:29-34]

  2. 2) Sekalipun demikian, hati Salomo mengeras akibat tipu daya dosa dan berbalik dari Tuhan untuk menyembah dewa-dewa lain; ia membangkitkan murka Tuhan dan oleh karena itu dihukum oleh Allah (ayat 1Raj 11:1-13; Ul 29:14-21; 30:15-20; Ibr 3:12-14).
  3. 3) Kesalahan Salomo yang fatal ialah berusaha mencari kuasa, keberhasilam, kekayaan, pemuasan nafsu dengan jalan berkompromi dengan dan bertoleransi terhadap penyembahan berhala dan dosa. Salomo mencari
    1. (a) persekutuan-persekutuan yang tidak kudus dengan bangsa-bangsa asing (Tirus, 1Raj 9:10-14; Mesir, 1Raj 3:1; 10:28-29; dan bangsa-bangsa lainnya, 1Raj 9:25-10:13),
    2. (b) banyak istri dan gundik untuk memeteraikan persekutuan-persekutuan itu (ayat 1Raj 11:1-8;

      lihat cat. --> 1Raj 11:2 selanjutnya;

      lihat cat. --> Kej 29:28), dan

      [atau ref. 1Raj 11:2; Kej 29:28]

    3. (c) lebih banyak kekayaan dan kemuliaan (1Raj 10:14-19; bd. 1Tim 6:9).
  4. 4) Bacalah Ul 17:14-20 mengenai perintah-perintah Allah bagi raja-raja tentang bersekutu dengan orang asing, memperoleh kuda-kuda dari Mesir, beristri banyak, dan mengumpulkan banyak perak dan emas. Alkitab sama sekali tidak mengatakan bahwa Salomo pernah bertobat dari dosa-dosanya itu

    (lihat cat. --> 1Raj 11:43).

    [atau ref. 1Raj 11:43]

Full Life: 1Raj 11:2 - JANGANLAH KAMU BERGAUL DENGAN MEREKA Nas : 1Raj 11:2 (versi Inggris NIV -- jangan saling menikah dengan mereka). Dengan mempunyai banyak istri Salomo bukan saja mengabaikan perintah Al...

Nas : 1Raj 11:2

(versi Inggris NIV -- jangan saling menikah dengan mereka). Dengan mempunyai banyak istri Salomo bukan saja mengabaikan perintah Allah bagi para raja untuk tidak mengambil banyak istri (bd. Ul 17:17), tetapi juga melanggar perintah Allah untuk tidak menikahi istri-istri asing dari bangsa Kanaan (Kel 34:12-16; Yos 23:12-13). Jelaslah, Salomo gagal untuk merenungkan dengan cermat perintah Allah "untuk belajar takut akan Tuhan, Allahnya, dengan berpegang pada segala isi hukum dan ketetapan ini untuk dilakukannya" (Ul 17:19).

Full Life: 1Raj 11:4 - SEPENUH HATI BERPAUT KEPADA TUHAN ... SEPERTI DAUD, AYAHNYA. Nas : 1Raj 11:4 Daud "sepenuh hati berpaut" kepada Allah bukan dalam pengertian bahwa ia tidak pernah gagal dengan menyedihkan, tetapi bahwa dia ti...

Nas : 1Raj 11:4

Daud "sepenuh hati berpaut" kepada Allah bukan dalam pengertian bahwa ia tidak pernah gagal dengan menyedihkan, tetapi bahwa dia tidak pernah mencondongkan hatinya kepada penyembahan berhala. Ketika ia berzinah dengan Batsyeba dan berusaha menutup perbuatan itu, Daud berdosa secara menyedihkan hingga ia menghina Allah dan firman-Nya (2Sam 12:9-10); namun, Daud tidak pernah menyembah atau mengandalkan dewa-dewa lain, sebagaimana dilakukan oleh banyak raja Israel (bd. 1Raj 15:5).

Full Life: 1Raj 11:5-7 - SALOMO MENGIKUTI ASYTORET ... MOLOKH. Nas : 1Raj 11:5-7 Pada mulanya Salomo bersikap toleran terhadap dewa-dewa palsu para istrinya, kemudian hatinya sendiri condong kepada dewa-dewa pa...

Nas : 1Raj 11:5-7

Pada mulanya Salomo bersikap toleran terhadap dewa-dewa palsu para istrinya, kemudian hatinya sendiri condong kepada dewa-dewa palsu itu (ayat 1Raj 11:2-9).

  1. 1) Di samping penyembahannya kepada Tuhan, Salomo menambahkan penyembahan kepada dewi orang Sidon yang bernama Asytoret (meliputi upacara-upacara mesum dan penyembahan bintang-bintang), dewa orang Moab, Molokh (meliputi pengorbanan anak-anak, bd. Im 18:21; 20:1-5), dan dewa orang Amon, Kamos (dewa matahari). Salomo kini tidak lagi dapat mengatakan bahwa Tuhan perjanjian merupakan Allah yang esa dan benar (bd. Ul 6:4).
  2. 2) Kemurtadan Salomo menunjukkan bahwa sekedar pengetahuan akan Allah dan firman-Nya bukanlah pertahanan yang memadai terhadap dosa dan kemurtadan. Dosa bersumber dari hati dan hanya dapat ditolak selama hati seseorang condong kepada Allah di dalam iman dan kasih (Ul 6:4-9; bd.

    lihat cat. --> 1Raj 3:9).

    [atau ref. 1Raj 3:9]

    Salomo, pengkhotbah yang memperingatkan orang lain, jatuh ke dalam dosa yang begitu menyolok sehingga secara langsung ia mengizinkan spiritisme, menganjurkan kebejatan dan kekejaman, mencemarkan Israel dan menghina Allah yang esa dan benar.

Full Life: 1Raj 11:11 - MENGOYAKKAN KERAJAAN ITU DARI PADAMU. Nas : 1Raj 11:11 Hukuman Allah atas Salomo mengakibatkan terpecahnya Israel menjadi dua kerajaan, dan hanya salah satu di antaranya diperintah oleh...

Nas : 1Raj 11:11

Hukuman Allah atas Salomo mengakibatkan terpecahnya Israel menjadi dua kerajaan, dan hanya salah satu di antaranya diperintah oleh keturunan Salomo (ayat 1Raj 11:9-13,31) -- suku Yehuda (namun mencakup suku Simeon, bd. Yos 19:1), diberikan kepada putranya Rehabeam agar keturunan Mesias terpelihara (ayat 1Raj 11:13,32). Kesepuluh suku yang lain sebentar lagi akan diberikan kepada Yerobeam (ayat 1Raj 11:31-36).

Full Life: 1Raj 11:43 - KEMUDIAN SALOMO MENDAPAT PERHENTIAN. Nas : 1Raj 11:43 Pasal yang sama yang membicarakan kemurtadan Salomo, juga membicarakan kematiannya, tanpa petunjuk apakah ia pernah bertobat dan k...

Nas : 1Raj 11:43

Pasal yang sama yang membicarakan kemurtadan Salomo, juga membicarakan kematiannya, tanpa petunjuk apakah ia pernah bertobat dan kembali kepada Allah. Penulis kitab Tawarikh mencatat peringatan Daud kepada Salomo, "Jika engkau meninggalkan Dia (Allah) maka Ia akan membuang engkau untuk selamanya" (1Taw 28:9). Kebenaran alkitabiah yang terungkap di sini ialah bahwa Salomo yang pernah hidup dalam kasih karunia, tidak tinggal tetap dalam kasih karunia itu. Firman Allah mengingatkan kita di sini: Jikalau seorang raja yang telah mengalami kasih karunia, pelayanan dan karunia yang demikian besar dapat jatuh, maka "siapa yang menyangka, bahwa ia teguh berdiri, hati-hatilah supaya ia jangan jatuh" (1Kor 10:12).

BIS: 1Raj 11:22 - Maka kembalilah ia ke tanah airnya Dalam sebuah terjemahan kuno tertulis Maka kembalilah ia ke tanah airnya; dalam naskah Ibrani tidak terdapat kata-kata ini.

Dalam sebuah terjemahan kuno tertulis Maka kembalilah ia ke tanah airnya; dalam naskah Ibrani tidak terdapat kata-kata ini.

Jerusalem: 1Raj 11:3 - isteri-isterinya itu... Bagian ayat ini tidak ada dalam terjemahan Yunani dan sebenarnya mengatakan apa yang dikatakan dalam 1Ra 11:4.

Bagian ayat ini tidak ada dalam terjemahan Yunani dan sebenarnya mengatakan apa yang dikatakan dalam 1Ra 11:4.

Jerusalem: 1Raj 11:5 - Asytoret Bdk Hak 2:13+.

Bdk Hak 2:13+.

Jerusalem: 1Raj 11:7 - Kamos Dewa Kamos atau Kemosy adalah dewa utama bangsa Moab, Bil 21:29; Yer 48:46

Dewa Kamos atau Kemosy adalah dewa utama bangsa Moab, Bil 21:29; Yer 48:46

Jerusalem: 1Raj 11:7 - Molokh Dalam terjemahan Yunani terbaca: Milkom, yaitu dewa orang Amon, Yer 49:1-3. Mengenai Molokh atau Molekh bdk Ima 18:21+. Dewa utama orang Amon memang M...

Dalam terjemahan Yunani terbaca: Milkom, yaitu dewa orang Amon, Yer 49:1-3. Mengenai Molokh atau Molekh bdk Ima 18:21+. Dewa utama orang Amon memang Milkom dan bukan Molokh.

Jerusalem: 1Raj 11:13 - yang telah Kupilih Perkawinan Salomo dengan banyak puteri kudus yang dibukanya tidak hanya teruntuk bagi isteri-isteri asing, tetapi juga untuk para pedagang asing. Teta...

Perkawinan Salomo dengan banyak puteri kudus yang dibukanya tidak hanya teruntuk bagi isteri-isteri asing, tetapi juga untuk para pedagang asing. Tetapi hubungan dengan agama-agama asing itu membahayakan kemurnian agama Tuhan. Karena itu penulis terpengaruh oleh pikiran tradisi Ulangan mencela politik Salomo itu sebagai ketidaksetiaan terhadap Tuhan. Ketidaksetiaan itu tidak dapat tidak mendatangkan hukuman atas kerajaan Salomo, 1Ra 11:9 dst. allah akan membangkitkan musuh di dalam negeri, 1Ra 11:14 dst, dan di luar negeri, 1Ra 11:26 dst. "Satu suku" yang akan tersisa bagi anak Salomo, Rehabeam, ialah suku Benyamin bersama suku Yehuda. Suku Simeon sudah melebur ke dalam suku Yehuda.

Jerusalem: 1Raj 11:19 - Tahpenes Ini bukannya nama diri, tetapi gelar permaisuri di negeri Mesir. Ke dalam bahasa Ibrani gelar Mesir itu diterjemahkan dengan gelar "Hag-gebirah", arti...

Ini bukannya nama diri, tetapi gelar permaisuri di negeri Mesir. Ke dalam bahasa Ibrani gelar Mesir itu diterjemahkan dengan gelar "Hag-gebirah", artinya l.k. Nyonya Besar, yang menjadi gelar ibu suri, bdk 1Ra 15:13+.

Jerusalem: 1Raj 11:20 - menyapih dia Dalam terjemahan Yunani terbaca: membesarkan dia.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: membesarkan dia.

Jerusalem: 1Raj 11:25 - -- Ayat ini dalam naskah Ibrani nampaknya kacau sedikit dan kurang jelas. Terjemahan dibuat sebaik-baiknya. Agaknya 1Ra 11:25 tidak mengenai Rezon, 1Ra 1...

Ayat ini dalam naskah Ibrani nampaknya kacau sedikit dan kurang jelas. Terjemahan dibuat sebaik-baiknya. Agaknya 1Ra 11:25 tidak mengenai Rezon, 1Ra 11:23-24, tetapi Hadad, 1Ra 11:14-22. menurut terjemahan Yunani dalam 1Ra 11:25 (yang ditempatkan sesudah 1Ra 11:22) ia menjadi raja atas Edom dan tidak atas Aram, seperti dikatakan naskah Ibrani. Catatan dalam 1Ra 11:23-24 (yang berupa sisipan) berkata tentang kerajaan Aram yang dahulu ditaklukkan Daud, 2Sa 8:6, tetapi sekarang ditegakkan kembali. Selanjutnya Aram menjadi musuh Israel yang terus mengganggu.

Jerusalem: 1Raj 11:30 - dua belas koyakan Ini sebuah nubuat berupa perbuatan, yang tidak hanya sebuah lambang, tetapi juga berdaya mewujudkan apa yang diibaratkan, Yer 18:1+. Sepuluh koyakan y...

Ini sebuah nubuat berupa perbuatan, yang tidak hanya sebuah lambang, tetapi juga berdaya mewujudkan apa yang diibaratkan, Yer 18:1+. Sepuluh koyakan yang diserahkan kepada Yerobeam ialah kesepuluh suku Israel di bagian utama negeri, bdk 2Sa 19:43. Kedua koyakan yang tersisa ialah suku yang diserahkan kepada pengganti Salomo, yaitu suku Yehuda (dan Benyamin), 1Ra 11:32, yang ke dalamnya suku Simeon sudah melebur, Yos 19:1+.

Jerusalem: 1Raj 11:33 - ia tidak hidup Begitulah menurut terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: mereka tidak hidup.

Begitulah menurut terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: mereka tidak hidup.

Jerusalem: 1Raj 11:36 - keturunan Harafiah: pelita, bdk 2Sa 21:17+.

Harafiah: pelita, bdk 2Sa 21:17+.

Jerusalem: 1Raj 11:41 - kitab riwayat Salomo Kitab yang sudah hilang itu rupanya menjadi salah satu sumber bagi 1Ra 3:11.

Kitab yang sudah hilang itu rupanya menjadi salah satu sumber bagi 1Ra 3:11.

Ende: 1Raj 11:1-8 - -- Ajat2 ini menerangkan, mengapa pemerintahan Sulaiman jang mulia itu sedikit banjak gagal, seperti nanti ditjeriterakan. Sebabnja ialah: Sulaiman tidak...

Ajat2 ini menerangkan, mengapa pemerintahan Sulaiman jang mulia itu sedikit banjak gagal, seperti nanti ditjeriterakan. Sebabnja ialah: Sulaiman tidak setia pada Jahwe; terbudjuk oleh isterinja jang kafir.

Ende: 1Raj 11:5 - 'Asjtoret ini ialah dewi Sidon 'Asjtarte. Tetapi dewi kesuburan ini di-mana2 dihormati di Kena'an dan sekitarnja. 'Asjtoret itu tidak sama dengan Asjera atau a...

ini ialah dewi Sidon 'Asjtarte. Tetapi dewi kesuburan ini di-mana2 dihormati di Kena'an dan sekitarnja. 'Asjtoret itu tidak sama dengan Asjera atau asjera2.

Ende: 1Raj 11:7 - -- Molek adalah sama dengan dewa Milkom (1Ra 11:5).

Molek adalah sama dengan dewa Milkom (1Ra 11:5).

Ende: 1Raj 11:13 - satu suku ialah suku Benjamin, jang bersama dengan Juda mendjadi keradjaan putera Sulaiman Rehabe'am.

ialah suku Benjamin, jang bersama dengan Juda mendjadi keradjaan putera Sulaiman Rehabe'am.

Ende: 1Raj 11:19 - tuan Tahpenes Rupa2nja kata Hibrani mentjerminkan gelar Permaisuri Mesir, bukan namanja.

Rupa2nja kata Hibrani mentjerminkan gelar Permaisuri Mesir, bukan namanja.

Ende: 1Raj 11:24 - Ketika Dawud mau membunuh mereka jaitu Rezon dan Hadad'ezer, hal mana mendjadi alasan pelarian Rezon.

jaitu Rezon dan Hadad'ezer, hal mana mendjadi alasan pelarian Rezon.

Ende: 1Raj 11:32 - -- Suku jang satu itu ialah Binjamin, jang diperlukan untuk melindungi Juda dan Jerusjalem.

Suku jang satu itu ialah Binjamin, jang diperlukan untuk melindungi Juda dan Jerusjalem.

Ende: 1Raj 11:39 - -- Disini muntjul pengharapan Israil akan masa depan dan akan seorang radja keturunan Dawud, jang akan memulihkan kedudukan wangsa itu. Itu terlaksana da...

Disini muntjul pengharapan Israil akan masa depan dan akan seorang radja keturunan Dawud, jang akan memulihkan kedudukan wangsa itu.

Itu terlaksana dalam al-Masih.

Endetn: 1Raj 11:3 - -- Ditinggalkan, menurut terdjemahan Junani, "dan mereka mentjondongkan hatinja" (lih. aj. 1Ra 4).

Ditinggalkan, menurut terdjemahan Junani, "dan mereka mentjondongkan hatinja" (lih. aj. 1Ra 4).

Endetn: 1Raj 11:7 - dewa (2x), diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "kenadjisan".

(2x), diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "kenadjisan".

Endetn: 1Raj 11:25 - -- 1Ra 11:25b dipindahkan ke ajat. 1Ra 11:22.

1Ra 11:25b dipindahkan ke ajat. 1Ra 11:22.

Endetn: 1Raj 11:34 - -- Ditinggalkan: "seluruh".

Ditinggalkan: "seluruh".

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:1 - banyak perempuan // Moab, Amon · banyak perempuan: 1Raj 11:3; 1Raj 11:3; Kel 34:16; Kel 34:16 · Moab, Amon: 1Raj 14:21,31

· banyak perempuan: 1Raj 11:3; [Lihat FULL. 1Raj 11:3]; Kel 34:16; [Lihat FULL. Kel 34:16]

· Moab, Amon: 1Raj 14:21,31

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:2 - kamu bergaul · kamu bergaul: Kel 34:16; Kel 34:16; 1Raj 16:31

· kamu bergaul: Kel 34:16; [Lihat FULL. Kel 34:16]; 1Raj 16:31

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:3 - ratus gundik // itu menarik · ratus gundik: Kej 22:24; Kej 22:24; Est 2:14; Est 2:14 · itu menarik: 1Raj 11:1; Ul 17:17; Neh 13:26; Ams 31:3

· ratus gundik: Kej 22:24; [Lihat FULL. Kej 22:24]; Est 2:14; [Lihat FULL. Est 2:14]

· itu menarik: 1Raj 11:1; Ul 17:17; Neh 13:26; Ams 31:3

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:4 - kepada allah-allah // hati berpaut · kepada allah-allah: Kel 34:16; Kel 34:16 · hati berpaut: 1Raj 8:61; 1Raj 8:61; 1Taw 29:19; 1Taw 29:19

· kepada allah-allah: Kel 34:16; [Lihat FULL. Kel 34:16]

· hati berpaut: 1Raj 8:61; [Lihat FULL. 1Raj 8:61]; 1Taw 29:19; [Lihat FULL. 1Taw 29:19]

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:5 - mengikuti Asytoret // mengikuti Milkom · mengikuti Asytoret: Hak 2:13; Hak 2:13 · mengikuti Milkom: 1Raj 11:7; Im 18:21; Im 18:21; Yes 57:9; Zef 1:5

· mengikuti Asytoret: Hak 2:13; [Lihat FULL. Hak 2:13]

· mengikuti Milkom: 1Raj 11:7; Im 18:21; [Lihat FULL. Im 18:21]; Yes 57:9; Zef 1:5

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:6 - yang jahat · yang jahat: Ul 4:25; Ul 4:25

· yang jahat: Ul 4:25; [Lihat FULL. Ul 4:25]

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:7 - bagi Kamos // sebelah timur // bagi Molokh · bagi Kamos: Bil 21:29; Bil 21:29 · sebelah timur: 2Raj 23:13 · bagi Molokh: Im 18:21; Im 18:21; Im 20:2-5; Kis 7:43

· bagi Kamos: Bil 21:29; [Lihat FULL. Bil 21:29]

· sebelah timur: 2Raj 23:13

· bagi Molokh: Im 18:21; [Lihat FULL. Im 18:21]; Im 20:2-5; Kis 7:43

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:9 - menampakkan diri · menampakkan diri: 1Raj 3:5; 1Raj 3:5

· menampakkan diri: 1Raj 3:5; [Lihat FULL. 1Raj 3:5]

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:10 - allah-allah lain // yang diperintahkan · allah-allah lain: 1Raj 9:6; 1Raj 9:6 · yang diperintahkan: 1Raj 6:12

· allah-allah lain: 1Raj 9:6; [Lihat FULL. 1Raj 9:6]

· yang diperintahkan: 1Raj 6:12

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:11 - segala ketetapan-Ku // akan mengoyakkan · segala ketetapan-Ku: Im 18:4; Im 18:4 · akan mengoyakkan: 1Raj 11:31; 1Sam 15:27; 1Sam 15:27; 2Raj 17:21; Mat 21:43

· segala ketetapan-Ku: Im 18:4; [Lihat FULL. Im 18:4]

· akan mengoyakkan: 1Raj 11:31; 1Sam 15:27; [Lihat FULL. 1Sam 15:27]; 2Raj 17:21; Mat 21:43

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:12 - karena Daud · karena Daud: Mazm 89:34

· karena Daud: Mazm 89:34

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:13 - satu suku // oleh karena // telah Kupilih · satu suku: 1Raj 12:20 · oleh karena: 2Sam 7:15; 2Sam 7:15 · telah Kupilih: Ul 12:11

· satu suku: 1Raj 12:20

· oleh karena: 2Sam 7:15; [Lihat FULL. 2Sam 7:15]

· telah Kupilih: Ul 12:11

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:14 - seorang lawan · seorang lawan: 1Raj 5:4; 1Raj 5:4

· seorang lawan: 1Raj 5:4; [Lihat FULL. 1Raj 5:4]

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:15 - di Edom · di Edom: 1Taw 18:12

· di Edom: 1Taw 18:12

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:18 - ke Paran · ke Paran: Bil 10:12

· ke Paran: Bil 10:12

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:23 - seorang lawan // yakni Hadadezer · seorang lawan: 1Raj 5:4; 1Raj 5:4 · yakni Hadadezer: 2Sam 8:3; 2Sam 8:3

· seorang lawan: 1Raj 5:4; [Lihat FULL. 1Raj 5:4]

· yakni Hadadezer: 2Sam 8:3; [Lihat FULL. 2Sam 8:3]

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:24 - ke Damsyik · ke Damsyik: 2Sam 8:5; 2Sam 8:5

· ke Damsyik: 2Sam 8:5; [Lihat FULL. 2Sam 8:5]

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:25 - atas Aram · atas Aram: Kej 10:22; Kej 10:22; 2Sam 10:19; 2Sam 10:19

· atas Aram: Kej 10:22; [Lihat FULL. Kej 10:22]; 2Sam 10:19; [Lihat FULL. 2Sam 10:19]

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:26 - janda, memberontak · janda, memberontak: 2Taw 13:6

· janda, memberontak: 2Taw 13:6

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:27 - mendirikan Milo · mendirikan Milo: 1Raj 9:24; 1Raj 9:24

· mendirikan Milo: 1Raj 9:24; [Lihat FULL. 1Raj 9:24]

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:28 - seorang tangkas // yang rajin · seorang tangkas: Rut 2:1; Rut 2:1 · yang rajin: Kej 39:4; Kej 39:4; Ams 22:29

· seorang tangkas: Rut 2:1; [Lihat FULL. Rut 2:1]

· yang rajin: Kej 39:4; [Lihat FULL. Kej 39:4]; Ams 22:29

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:29 - nabi Ahia · nabi Ahia: 1Raj 12:15; 14:2; 2Taw 9:29; 10:15

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:30 - lalu dikoyakkannya · lalu dikoyakkannya: 1Sam 15:27

· lalu dikoyakkannya: 1Sam 15:27

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:31 - akan mengoyakkan · akan mengoyakkan: 1Raj 11:11; 1Raj 11:11; 1Sam 15:27; 1Sam 15:27

· akan mengoyakkan: 1Raj 11:11; [Lihat FULL. 1Raj 11:11]; 1Sam 15:27; [Lihat FULL. 1Sam 15:27]

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:32 - oleh karena · oleh karena: 2Sam 7:15; 2Sam 7:15

· oleh karena: 2Sam 7:15; [Lihat FULL. 2Sam 7:15]

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:33 - sujud menyembah // tidak hidup // segala ketetapan · sujud menyembah: Hak 2:13; Hak 2:13 · tidak hidup: 2Raj 21:22 · segala ketetapan: 1Raj 3:3

· sujud menyembah: Hak 2:13; [Lihat FULL. Hak 2:13]

· tidak hidup: 2Raj 21:22

· segala ketetapan: 1Raj 3:3

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:36 - satu suku // mempunyai keturunan · satu suku: 1Raj 12:17 · mempunyai keturunan: 2Sam 21:17; 2Sam 21:17

· satu suku: 1Raj 12:17

· mempunyai keturunan: 2Sam 21:17; [Lihat FULL. 2Sam 21:17]

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:37 - engkau memerintah // yang dikehendaki · engkau memerintah: 1Raj 14:7 · yang dikehendaki: 2Sam 3:21

· engkau memerintah: 1Raj 14:7

· yang dikehendaki: 2Sam 3:21

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:38 - yang benar // segala ketetapan // suatu keluarga · yang benar: Ul 12:25; Ul 12:25; 2Sam 8:15; 2Sam 8:15 · segala ketetapan: Ul 17:19; Ul 17:19 · suatu keluarga: Kel 1:21; Kel 1:2...

· yang benar: Ul 12:25; [Lihat FULL. Ul 12:25]; 2Sam 8:15; [Lihat FULL. 2Sam 8:15]

· segala ketetapan: Ul 17:19; [Lihat FULL. Ul 17:19]

· suatu keluarga: Kel 1:21; [Lihat FULL. Kel 1:21]

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:40 - melarikan diri // kepada Sisak · melarikan diri: 1Raj 12:2; 2Taw 10:2 · kepada Sisak: 2Taw 12:2

· melarikan diri: 1Raj 12:2; 2Taw 10:2

· kepada Sisak: 2Taw 12:2

Ref. Silang FULL: 1Raj 11:43 - Maka Rehabeam · Maka Rehabeam: Mat 1:7

· Maka Rehabeam: Mat 1:7

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Raj 11:1-8 - Penyelewengan dan Kemerosotan Salomo Pasal ini diawali dengan kata “adapun” yang sama menyedihkannya dengan hampir seluruh kata serupa yang kita jumpai dalam seluruh Alkitab. Sampa...

Matthew Henry: 1Raj 11:9-13 - Murka Allah terhadap Salomo Murka Allah terhadap Salomo (11:9-13) Dalam perikop ini kita mendapati, I. Murka Allah terhadap Salomo oleh karena dosanya. Perbuatannya itu...

Matthew Henry: 1Raj 11:14-25 - Seteru-seteru Salomo Seteru-seteru Salomo (11:14-25) Selama Salomo tetap dekat dengan Allah dan setia menjalankan kewajibannya, tidak ada lawan dan tidak ada malapetaka...

Matthew Henry: 1Raj 11:26-40 - Pengangkatan Yerobeam sebagai Raja Dinubuatkan Pengangkatan Yerobeam sebagai Raja Dinubuatkan (11:26-40) Dalam perikop ini, kita mendapati kali pertama nama yang keji itu disebut, yaitu Yerobeam...

Matthew Henry: 1Raj 11:41-43 - Kematian Salomo Kematian Salomo (11:41-43) Dalam perikop ini, kita mendapati penutup dari kisah Salomo, dan di dalamnya, 1. Tertulis sebuah rujukan pada seb...

SH: 1Raj 11:1-13 - Dosa dan konsekuensinya (Rabu, 16 Februari 2000) Dosa dan konsekuensinya Dalam perikop ini dosa puncak Salomo digambarkan tanpa penjabaran kejayaannya. Ia tidak hanya mempunyai banyak istri ...

SH: 1Raj 11:1-25 - Mengapa Salomo gagal? (Senin, 9 Agustus 2004) Mengapa Salomo gagal? Mengapa sampai ia melakukan hal-hal yang dibenci Tuhan? Ia gagal karena membiarkan dirinya dipengaruhi oleh istri-istrinya...

SH: 1Raj 11:1-13 - Baca Gali Alkitab 2 (Selasa, 14 Juli 2015) Baca Gali Alkitab 2 Salomo menaburkan benih-benih keterpisahan dengan Allah dan firman-Nya pada masa-masa awal pemerintahannya. Ini terjadi karena ke...

SH: 1Raj 11:1-13 - Obral Cinta (Selasa, 14 Juli 2015) Obral Cinta Banyak orang yang suka mendengar kata "Obral" atau "Sale", karena identik dengan harga yang terjangkau karena murah. Kata itu begitu ampu...

SH: 1Raj 11:1-13 - Waspadalah! (Minggu, 28 Februari 2021) Waspadalah! Mungkin ada di antara kita yang saat ini memiliki atau membutuhkan idola dalam hidupnya. Idola ini diperlukan sebagai contoh, pola, dan p...

SH: 1Raj 11:14-40 - Di luar nalar (Kamis, 17 Februari 2000) Di luar nalar Kebesaran, keagungan, dan kedamaian di dalam pemerintahan Salomo yang terkenal di seluruh bumi, tiba-tiba menjadi terusik ole...

SH: 1Raj 11:14-25 - Ketika Menghadapi Masalah (Rabu, 15 Juli 2015) Ketika Menghadapi Masalah Biasanya orang bercerita sesuai dengan kronologi peristiwa. Namun penulis 1 Raja-raja ini tampaknya tidak ingin kisah yang ...

SH: 1Raj 11:14-43 - Kekalahan Tragis? (Senin, 1 Maret 2021) Kekalahan Tragis? Siapa yang tak tahu Salomo? Raja Israel yang penuh hikmat dan kekayaan. Namun, siapa sangka, Allah menghukumnya dengan cara yang su...

SH: 1Raj 11:26-43 - Hikmat Allah dalam penghukuman-Nya (Selasa, 10 Agustus 2004) Hikmat Allah dalam penghukuman-Nya Seorang majelis di suatu gereja dijatuhkan oleh lawan bisnisnya melalui cara keji, sehingga ia harus masuk ke...

SH: 1Raj 11:26-43 - Akhir Hidup Salomo (Kamis, 16 Juli 2015) Akhir Hidup Salomo Musuh Salomo yang ketiga adalah yang paling berbahaya. Dia adalah Yerobeam bin Nebat, anak seorang janda. Ia bekerja pada Salomo d...

SH: 1Raj 11:41--12:24 - Pentingnya sentuhan pribadi bagi pembangunan keluarga (Jumat 18 Februari 2000) Pentingnya sentuhan pribadi bagi pembangunan keluarga Salomo mempunyai 700 istri dan 300 gundik. Bisa dibayangkan berapa jumlah anak yang ia dap...

Topik Teologia: 1Raj 11:9 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: 1Raj 11:10 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: 1Raj 11:11 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: 1Raj 11:13 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Tempat Penyembahan Pemenuhan Al...

Topik Teologia: 1Raj 11:19 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Kepemimpinan Wanita sebagai Penguasa Tahpenes 1Ra 11...

Topik Teologia: 1Raj 11:36 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Gagasan tentang Nama Ilahi Nama Ilahi itu Mengacu kepada Kehadiran Allah ...

Topik Teologia: 1Raj 11:38 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus

Topik Teologia: 1Raj 11:41 - -- Eskatologi Kematian Fakta Kematian Contoh-contoh Fakta Kematian Salomo 1Ra 11:41-43

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Raja-raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang 1 dan 2 Raja-R...

Full Life: 1 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Masa Pemerintahan Salomo (1Raj 1:1-11:43) A. Salomo Menggantikan Daud Sebagai Raja (1...

Matthew Henry: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Begitu banyak sejarah terkandung di dalam Kitab Raja-raja dan pemerintahan mereka, yang mengisahkan secara singkat segenap perkara yang terjadi di ...

Ende: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

BIS: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) I RAJA-RAJA PENGANTAR Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam

I RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku I Raja-raja merupakan lanjutan dari buku Samuel tentang sejarah pemerintahan raja-raja Israel. Sejarah yang dimuat dalam buku ini dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. (1) Wafatnya Raja Daud dan pengangkatan Salomo menjadi raja atas Israel dan Yehuda menggantikan Daud.
  2. (2) Pemerintahan Salomo dan hasil-hasil usahanya, khususnya dalam membangun Rumah TUHAN di Yerusalem.
  3. (3) Bangsa Israel terpecah menjadi kerajaan utara dan kerajaan selatan, dan sejarah raja-raja yang memerintah kedua kerajaan tersebut sampai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi.

Di dalam kedua buku Raja-raja, setiap raja dinilai berdasarkan kesetiaannya kepada Tuhan; dan keberhasilan bangsa adalah akibat dari kesetiaan tersebut. Sebaliknya, penyembahan berhala dan ketidaktaatan mengakibatkan bencana. Berdasarkan penilaian tersebut raja-raja kerajaan utara semuanya gagal, sedangkan raja Yehuda ada yang gagal, ada pula yang tidak.

Yang penting dalam I Raja-raja ialah nabi-nabi Tuhan. Mereka adalah juru bicara Allah yang berani-berani. Mereka memperingatkan raja dan bangsa Israel supaya tidak menyembah berhala dan tidak meremehkan perintah-perintah Allah. Yang menonjol ialah Elia, dan kisah tentang pertarungannya dengan imam-imam Baal (pasal 18 1Raj 18:1-15).

Isi

  1.  Akhir pemerintahan Daud
    1Raj 1:1-2:12
  2.  Salomo menjadi raja
    1Raj 2:13-46
  3.  Pemerintahan Salomo
    1Raj 3:1-11:43
    1. a. Tahun-tahun permulaan
      1Raj 3:1-4:34
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      1Raj 5:1-8:66
    3. c. Tahun-tahun terakhir
      1Raj 9:1-11:43
  4.  Kerajaan yang terpecah
    1Raj 12:1-22:53
    1. a. Pemberontakan suku-suku utara
      1Raj 12:1-14:20
    2. b. Raja-raja Yehuda dan Israel
      1Raj 14:21-16:34
    3. c. Nabi Elia
      1Raj 17:1-19:21
    4. d. Ahab, raja Israel
      1Raj 20:1-22:40
    5. e. Yosafat raja Yehuda dan Ahazia raja Israel
      1Raj 22:41-53

Ajaran: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah berg

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Raja-raja, orang-orang Kristen dapat mengerti bahwa kebahagiaan suatu bangsa atau umat Allah bergantung pada kesetiaannya terhadap janji Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab I dan II Raja-raja tidak jelas disebutkan dalam Kitab ini, tetapi banyak ahli mengatakan bahwa penulisnya adalah Yeremia (nabi).

Isi Kitab: Isi kedua Kitab ini sesuai dengan namanya, menceritakan tentang kehidupan raja-raja Israel.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I dan II Raja-raja

  1. Pasal 1-11 (1Raj 1:1-11:43).

    Pemerintahan Raja Salomo

    Dalam bagian ini dijelaskan, Salomo naik takhta dan memerintah. Ia menuruti pesan Daud, yaitu bertindak seperti seorang laki-laki dan tetap berhubungan dengan Tuhan. Salomo diberi hikmat oleh Tuhan karena sikapnya yang beribadah terhadap Tuhan dan menetapkan pemerintahannya yang bersifat damai dan sejahtera. Salomo juga membangun rumah Tuhan dan istana serta mentahbiskan rumah Tuhan sehingga ia diberkati secara luar biasa, yaitu kepandaian, kemasyhuran dan kekayaan yang bertambah-tambah. Tetapi Salomo terpengaruh oleh istri-istrinya dan ia menyembah berhala sehingga Tuhan marah kepadanya dan menghancurkan kerajaan itu, akhir pasal 11; 1Raj 11:41-43menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 1:32-40.
    2. Bacalah pasal 1Raj 2:1-4. Apakah nasehat-nasehat Raja Daud yang jug bermanfaat bagi saudara?
    3. Bacalah pasal 1Raj 3:3-9. Apakah yang sering saudara minta dalam doa?
    4. Bacalah pasal 1Raj 7:1,51. Tempat apa sajakah yang dibangun Salomo?
    5. Bacalah pasal 1Raj 11:1-13, 41-43. Apakah yang terjadi dengan Salomo pada akhir hidupnya Da mengapa demikian?
  2. Pasal I Raja-raja 12 sampai II Raja-raja 17 (1Raj 12:1-2Raj 17:29).

    Kerajaan yang terpecah Setelah Salomo meninggal, kerajaan Israel terpecah lagi, dan mulai diperintah oleh raja-raja yang memerintah secara jahat, oleh karena itu selalu mengalami kekacauan dan menerima hukuman dari Tuhan. Tetapi karena cinta kasih Tuhan maka manusia selalu diberi peringatan melalui nabi-nabi supaya bertobat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Raj 12:1-11. Kelompok dibawah pimpinan siapakah yang datang menghada Rehabeam? Dan apakah permintaannya? Apakah usah Rehabeam untuk menjawab permintaan Jerobeam?
    2. Bacalah pasal 1Raj 12:12-20. Nasihat siapakah yang diikuti oleh raja Rehabeam? Dan apakah akibatnya? (kerajaan terpecah menjadi dua 2Raj 12:20).
    3. Bacalah 2Raj 2:1-14. Siapakah dua orang nabi besar yang melayani di Israel? Apakah nabi Elia mati?
    4. Bacalah pasal 2Raj 17:7-23. Ini adalah kehancuran kerajaan Israel. Mengapa terjadi hal itu?
    5. Bacalah pasal 2Raj 24:18-25:7. Ini adalah kehancuran kerajaan Yehuda. Mengapakah terjadi hal ini?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Dalam keadaan jaman yang sesat, Allah selalu memberi jalan kepada umat- Nya untuk bertobat.

  2. Apabila kejahatan terjadi secara luar biasa maka Allah juga memperlihatkan keadilan-Nya dengan hukuman yang luar biasa.

  3. Allah selalu memberkati orang-orang atau bangsa yang takut akan Dia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Sebutkan apakah yang diminta raja Salomo didalam doanya!
  2. Siapakah yang mendirikan bait Allah yang pertama?
  3. Siapakah nama nabi yang bertempur melawan nabi-nabi Baal?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar Kitab I dan II Raja-raja ini?

Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Kerajaan Israel bersatu dan terpecah ISI KITABI Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritaka

Kerajaan Israel bersatu dan terpecah

ISI KITAB
I Raja-raja merupakan bagian pertama dari kisah yang pada mulanya merupakan satu kitab yang menceritakan mengenai kehidupan bangsa Israel selama empat abad sesudah kematian Daud dan pembuangan bangsa Israel ke Babel. Kitab itu menceritakan bagaimana suatu negara yang kuat dan bersatu terpecah menjadi dua; bagaimana kerajaan utara yang lebih besar yang terus menerus berpaling dari Allah akhirnya dimusnahkan; bagaimana Yehuda juga gagal untuk memelihara perjanjian dengan Allah dan bagaimana negeri itu juga dilanda bencana, yang mencapai puncaknya pada penghancuran Yerusalem dan pembuangan besar-besaran ke Babel. I Raja-raja merangkum 120 tahun pertama dari kisah yang lengkap.

SIAPA PENULISNYA?
Kitab ini mungkin ditulis oleh seorang nabi atau sejumlah nabi yang menulis di Babel selama masa pembuangan, sekitar tahun 550 SM. Bahan tulisan diambil dari berbagai sumber, seperti catatan resmi pemerintah atau kumpulan kisah-kisah tentang para nabi yang kemudian disatukan sedemikian rupa untuk memberikan tekanan pada pokok-pokok yang ingin diungkapkan oleh si penulis.

TUJUAN PENULISAN
Dalam I dan II Raja-raja penulis tidak ingin mencoba untuk memberikan suatu kisah yang lengkap dari seluruh peristiwa yang terjadi pada masa itu. Ia menceritakan dengan panjang lebar mengenai peristiwa dan tokoh-tokoh yang dianggapnya penting seperti Salomo atau Elia, tetapi tokoh lainnya hanya diceritakan secara sepintas. Raja-raja hanya menulis mengenai pentingnya peristiwa yang terjadi dalam hubungannya dengan perkembangan kehidupan rohani manusia.

PANDANGAN PENULIS
Masalah yang ditunjukkan oleh penulis ialah betapa pentingnya bagi umat Allah untuk menjaga perjanjian mereka dengan-Nya. Manusia dan bangsa-bangsa keduanya dinilai sampai seberapa jauh mereka mencari dan mengikuti kehendak Allah. Jika mereka mengasihi Allah dan patuh pada perintah-perintah-Nya, maka Allah akan memberkati mereka; jika mereka berpaling dari-Nya, maka bencara akan menimpa mereka. Dalam banyak hal sikap seorang raja dianggap sebagai gambaran dari sikap bangsa itu secara keseluruhan; dalam satu segi seorang raja merupakan wakil dari rakyatnya.

METODE PENULISAN
Kisah mengenai kedua bangsa Israel dan Yehuda mudah diikuti jika kita tahu metode penulisan yang dipakai. Kita selalu diberi kisah baru mengenai setiap negeri secara berurutan. Sebagai contoh, gambaran peristiwa yang terjadi dalam kehidupan seorang raja Israel diikuti oleh kisah raja-raja Yehuda yang naik takhta selama pemerintahannya dan seterusnya.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Rehabeam mencoba untuk tidak mengikutsertakan Allah, dan itu tidak mungkin terjadi. Sebenarnya penghakiman Allahlah yang menyebabkan ia kehilangan sepuluh suku dan bukan disebabkan oleh pemberontakan rakyatnya. Bahkan, sebelum Salomo mangkat Yerobeam telah diangkat oleh Allah untuk memerintah Israel. 1Ra 11:26-12:24
o Ahab telah menyaksikan suatu peragaan kekuasaan Allah pada waktu nabi-nabi Baal dikalahkan di Gunung Karmel. Walaupun demikian, dalam perang Siria, Ahab mencoba untuk menghindari kehendak Allah dengan jalan menyamar; tetapi ia mati seperti apa yang dikatakan Allah. 1Ra 18:1-46; 22:5-40

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Salomo kaya raya, bijaksana dan berkuasa, selama bertahun-tahun ia mengasihi dan melayani Allah, tetapi itu tidak berarti ia dapat berlaku sewenang-wenang. Pada waktu ia berdosa, Allah juga menghukumnya seperti kepada orang lain. 1Ra 3:1-11:43
o Omri adalah seorang raja yang sangat berhasil. Ia memberi Israel sebuah ibukota yang baru dan menempatkan Israel pada peta perdagangan, tetapi Kitab Raja-raja memberikan komentar bahwa ia juga berdosa terhadap Allah. 1Ra 16:15-28

3. Allah dapat dipercaya
o Tuhan memberikan sebuah kerajaan kepada Yerobeam, tetapi ia tidak percaya bahwa Allah dapat menghentikan pelarian bangsanya kembali ke Yehuda. Sebaliknya, ia melanggar perintah Allah dengan membangun sebuah patung emas. Ia mendapati bahwa Allah selalu memenuhi janji-janji-Nya, yaitu memberkati dan menghukum! 1Ra 12:25-14:20
o Apabila Tuhan memberikan suatu tugas, Dia juga akan menyediakan sarana untuk melaksanakannya. Tuhan mencukupi kebutuhan Elia sepanjang musim kering dan menunjukkan kepadanya bagaimana caranya untuk mengalahkan penyembahan kepada Baal. 1Ra 17:1-18:46

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
o Tidak taat kepada Tuhan dan menerima hukuman-Nya tidak selalu berarti bahwa kita tidak lagi dapat melayani Dia. Bangsa Yehuda menyadari hal ini setelah kerajaan itu terpecah. Tuhan telah menghukum mereka, tetapi Dia masih tetap Allah mereka dan masih berbicara kepada mereka. 1Ra 12:1-24
o Tidak satu pun dari ketujuh raja Israel pertama yang melayani Tuhan, tetapi Allah masih belum berputus asa terhadap bangsa itu. Dia masih menginginkan penyembahan mereka, dan di atas Gunung Karmel kembali Allah menunjukkan kepada mereka suatu peragaan kuasa-Nya yang besar. 1Ra 18:1-46

Penerapan

I Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba Tuhan
Elia menunjukkan kepada kita ciri-ciri seorang hamba Tuhan yang baik:
o Ia mendengarkan perkataan Allah (1Ra 17:1,2,8).
o Ia menantikan waktu Tuhan yang tepat (1Ra 18:1).
o Ia bertindak dengan berani (1Ra 18:7-40).
o Ia berbicara dengan jelas (1Ra 18:21).
o Ia mempunyai kepercayaan penuh terhadap Allah (1Ra 18:30-38).
o Ia sangat patuh kepada perintah Allah (1Ra 18:36).
o Ia gigih (1Ra 18:41-45).

2. Pelayanan Tuhan
o Tuhan tidak selalu memakai alat-alat bantu yang kita inginkan -- Ia memilih seorang janda untuk menolong Elia (1Ra 17:8-16).
o Membantu hamba Tuhan merupakan suatu pelayanan kepada-Nya dan Tuhan menganugerahi pelayanan (1Ra 17:17-24; 18:3-15).
o Tuhan memulihkan hamba-hamba-Nya pada waktu mereka terjatuh (1Ra 19:4-8).
o Satu tugas terselesaikan tidak berarti akan menghadapi hari depan yang sia-sia (1Ra 19:14-18).

3. Rumah Allah
o Dibangun berdasarkan janji Allah. (1Ra 8:15-21).
o Tempat untuk beribadah (1Ra 8:22-26).
o Tidak dapat membatasi Allah (1Ra 8:27).
o Tempat untuk berdoa (1Ra 8:28-40).
o Harus terbuka bagi semua orang dari berbagai negeri (1Ra 8:41-43).

Tema-tema Kunci

1. Kedaulatan Allah
Tema ini bergema dalam keseluruhan isi kitab yang menceritakan bagaimana Allah terlibat dalam sejarah umat manusia. Bacalah 1Ra 8:14-61; 19:9-18; 20:1-30. Apa yang diceritakan oleh pasal-pasal ini mengenai Allah dan kedaulatannya?

2. Kebenaran
Allah mengharapkan umat-Nya taat dan setia. Setelah negeri itu terpecah, I Raja-raja menggambarkan mengenai pemerintahan delapan raja Israel dan empat raja Yehuda. Buatlah daftar raja-raja ini. Berapa orang dari mereka yang melayani Tuhan? Berdasarkan atas apa penulis kitab Raja-raja membuat penilaian terhadap mereka?

3. Kelemahan
o I Raja-raja tidak pernah mencoba untuk memberikan kepada kita gambaran yang sempurna mengenai hamba-hamba Allah. Kita melihat keburukan maupun kebaikan mereka dan Allah menerima serta memakai mereka seperti apa adanya.
Pelajari 1Ra 1:1-3:1; 11:1-13; 19:1-21. Kelemahan apa saja yang dapat Anda temukan dalam diri Daud, Salomo dan Elia?
o Bacalah kisah Raja Ahab dalam 1Ra 18:1-22:40. Dalam 1Ra 21:27-29 kita membaca bahwa ia bertobat, dan oleh sebab itulah maka Allah memperingan hukuman terhadapnya. Menurut Anda mengapa I Raja-raja menggambarkan Raja Ahab sebagai orang jahat dan bukan hanya sebagai orang lemah?

Garis Besar Intisari: 1 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11 1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua 1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo 1Ra 2:1-9Pesan-pesan Dau

[1] HARI-HARI TERAKHIR DAUD 1Ra 1:1-2:11

1Ra 1:1-4Abisag, jururawat bagi Daud yang sudah tua
1Ra 1:5-53Adonia dan Salomo
1Ra 2:1-9Pesan-pesan Daud terakhir
1Ra 2:10-11Wafatnya seorang raja yang besar

[2] SALOMO: TAHUN-TAHUN PENUH KEMASYHURAN 1Ra 2:12-10:29

1Ra 2:12-46Pemerintahan raja Salomo terbentuk
1Ra 3:1Persekutuan dengan Mesir melalui perkawinan
1Ra 3:2-28Allah menganugerahkan kebijakan dan kekayaan
1Ra 4:1-28Pembenahan perekonomian
1Ra 4:29-34Salomo si penyair
1Ra 5:1-7:51Rencana pembangunan yang megah
1Ra 8:1-66Peresmian Rumah Tuhan
1Ra 9:1-9Janji dan peringatan Tuhan
1Ra 9:10-28Hubungan dengan luar negeri dan masalah tenaga kerja
1Ra 10:1-13Kunjungan kenegaraan Ratu negeri Syeba
1Ra 10:14-29Kekayaan Raja Salomo

[3] PERTENTANGAN, PEMBERONTAKAN, PERPECAHAN 1Ra 11:1-12:24

1Ra 11:1-8Perzinahan dan imoralitas Salomo
1Ra 11:9-13Penghakiman Allah dinyatakan
1Ra 11:14-25Musuh dari luar yaitu Edom
1Ra 11:26-40Ancaman dari Yerobeam
1Ra 11:41-43Kematian Salomo
1Ra 12:1-15Yerobeam menolak untuk berunding
1Ra 12:16-24Bangsa Israel menyatakan kemerdekaannya

[4] DUA NEGERI BARU -- DUA PERMULAAN YANG BURUK 1Ra 12:25-15:24

1Ra 12:25-33Yerobeam membangun mezbahnya sendiri
1Ra 13:1-34Ia mendapat peringatan keras
1Ra 14:1-20Kematian Yerobeam dan putranya
1Ra 14:21-31Pemerintahan Rehabeam yang keji atas Yehuda
1Ra 15:1-8Abiam -- sama seperti ayahnya
1Ra 15:9-24Asa mengembalikan Yehuda pada jalan yang benar

[5] ISRAEL -- SEBUAH NEGARA BERKEMBANG 1Ra 15:25-16:34

1Ra 15:25-31Garis keturunan Yerobeam berakhir pada Nadab
1Ra 15:32-16:7Baesa membawa bangsa Israel ke dalam dosa
1Ra 16:8-14Pemerintahan Ela berakhir dengan adanya kudeta Zimri
1Ra 16:15-28Pemerintahan Omri -- makmur tetapi jahat
1Ra 16:29-34Memperkenalkan Ahab dan Izebel

[6] ELIA -- SEORANG HAMBA ALLAH 1Ra 17:1-19:21

1Ra 17:1-24Musim kering: Elia diselamatkan
1Ra 18:1-16Obaja mengatur pertemuan
1Ra 18:17-40Duel antara Elia dan nabi-nabi Baal
1Ra 18:41-46Berakhirnya musim kering
1Ra 19:1-18Bagaimana Allah menghadapi hambanya yang tertekan
1Ra 19:19-21Elia bergabung dengan Elisa

[7] AHAB -- SEORANG PENGUASA YANG LEMAH DAN SERAKAH 1Ra 20:1-21:29

1Ra 20:1-34Allah memberi kemenangan kepada Ahab
1Ra 20:35-43Seorang nabi memperingatkan Ahab
1Ra 21:1-26Ahab menipu Nabot
1Ra 21:27-29Ahab bertobat

[8] PEPERANGAN DENGAN SIRIA BERKELANJUTAN 1Ra 22:1-53

1Ra 22:1-4Ahab meminta bantuan Yehuda
1Ra 22:5-28Nabi-nabi asli dan palsu saling bertentangan
1Ra 22:29-36Mereka pergi berperang
1Ra 22:37-40Ahab terbunuh
1Ra 22:41-50Yosafat -- raja Yehuda yang baik
1Ra 22:51-53Ahazia -- raja Israel yang jahat
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.67 detik
dipersembahkan oleh YLSA