kecilkan semua  

Teks -- 1 Korintus 12:1-31 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh
12:1 Sekarang tentang karunia-karunia Roh. Aku mau, saudara-saudara, supaya kamu mengetahui kebenarannya. 12:2 Kamu tahu, bahwa pada waktu kamu masih belum mengenal Allah, kamu tanpa berpikir ditarik kepada berhala-berhala yang bisu. 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus. 12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. 12:5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. 12:6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. 12:7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama. 12:8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. 12:9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. 12:10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. 12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.
Banyak anggota, tetapi satu tubuh
12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. 12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. 12:14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota. 12:15 Andaikata kaki berkata: "Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh? 12:16 Dan andaikata telinga berkata: "Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh", jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh? 12:17 Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman? 12:18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya. 12:19 Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh? 12:20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh. 12:21 Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: "Aku tidak membutuhkan engkau." Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: "Aku tidak membutuhkan engkau." 12:22 Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan. 12:23 Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus. 12:24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus, 12:25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan. 12:26 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita. 12:27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya. 12:28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh. 12:29 Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, 12:30 atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh? 12:31 Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yunani the language used by the people of Greece


Topik/Tema Kamus: Lidah | Gembala, Surat-Surat ~G/Pastoral) | Bahasa Roh | Penting, Mementingkan Diri Sendiri | Roh Kudus | Anugerah Roh Kudus Yang Ajaib | Tritunggal | Pekerja Gereja | Bahasa yang Ajaib (Bahasa Roh) | Pecah, Berpecahan (Perselisihan) | Roh Kudus Adalah Allah | Orang Kudus Disamakan Dengan | Kaki | Roh Kudus Adalah Pribadi | Satu, Persatuan Dengan Kristus | Sakit | Jemaat | Rasul | Belas Kasihan Dan Simpati | Nabi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Kor 12:1 - TENTANG KARUNIA-KARUNIA ROH. Nas : 1Kor 12:1 Dalam pasal 1Kor 12:1-14:40 Paulus menulis tentang karunia-karunia Roh Kudus yang dianugerahkan kepada tubuh Kristus. Karunia ini a...

Nas : 1Kor 12:1

Dalam pasal 1Kor 12:1-14:40 Paulus menulis tentang karunia-karunia Roh Kudus yang dianugerahkan kepada tubuh Kristus. Karunia ini adalah bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan dan pelayanan jemaat yang mula-mula. Allah berkehendak agar karunia ini akan terus bekerja sampai Kristus datang kembali

(lihat cat. --> 1Kor 1:7).

[atau ref. 1Kor 1:7]

Maksud Allah dalam pemberian karunia rohani ini adalah sebagai berikut:

  1. 1) Untuk menyatakan kasih karunia, kuasa, dan kasih Roh Kudus di antara umat-Nya dalam pertemuan umum, rumah, keluarga, dan kehidupan pribadi mereka (ayat 1Kor 12:4-7; 14:25; Rom 15:18-19; Ef 4:8);
  2. 2) Untuk menolong supaya pemberitaan Injil menjadi efektif, dengan cara memberikan peneguhan adikodrati kepada berita itu (Mr 16:15-20; Kis 14:8-18; 16:16-18; 19:11-20; 28:1-10);
  3. 3) Untuk memenuhi kebutuhan manusia dan untuk menguatkan dan membangun kerohanian jemaat (ayat 1Kor 12:7,14-30; 14:3,12,26) dan juga orang percaya secara pribadi (1Kor 14:4) yaitu, untuk menyempurnakan orang percaya dalam "kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas" (1Tim 1:5; bd. 1Kor 13:1-13).
  4. 4) Untuk berperang dengan efektif dalam peperangan rohani melawan Iblis dan kuasa-kuasa kejahatan (Yes 61:1; Kis 8:5-7; 26:18; Ef 6:11-12). Ayat-ayat yang berkenaan dengan karunia rohani meliputi Rom 12:3-8; 1Kor 1:7; 12:1-14:40; Ef 4:4-16; 1Pet 4:10-11.

Full Life: 1Kor 12:1-6 - KARUNIA-KARUNIA ROHANI. Nas : 1Kor 12:1-6 Istilah yang dipakai oleh Alkitab untuk karunia rohani menyatakan sifatnya. 1) "Karunia-karunia rohani" (Yun. _pneumatika_, ...

Nas : 1Kor 12:1-6

Istilah yang dipakai oleh Alkitab untuk karunia rohani menyatakan sifatnya.

  1. 1) "Karunia-karunia rohani" (Yun. _pneumatika_, berasal dari kata _pneuma_, artinya "Roh") menunjuk kepada manifestasi adikodrati yang datang sebagai karunia dari Roh Kudus yang bekerja melalui orang percaya demi kebaikan bersama (ayat 1Kor 12:1,7; 14:1).
  2. 2) "Karunia-karunia" (Yun. _charismata_, berasal dari kata _charis_, artinya "kasih karunia") menunjukkan bahwa karunia rohani mencakup baik motivasi batin dan kuasa untuk menyelenggarakan pelayanan (yaitu, pemberian kesanggupan), yang diterima dari Roh Kudus; karunia semacam itu memberi kekuatan rohani kepada tubuh Kristus dan mereka yang memerlukan pertolongan rohani (ayat 1Kor 12:4; Ef 4:11; 1Pet 4:10;

    lihat cat. --> Rom 12:6;

    [atau ref. Rom 12:6]

    lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).

  3. 3) "Pelayanan" atau "pelayanan-pelayanan" (Yun. _diakoniai_, berasal dari kata _diakonia_, artinya "pelayanan") menekankan bahwa ada berbagai cara pelayanan dan bahwa karunia tertentu meliputi penerimaan kesanggupan dan kuasa untuk menolong orang lain (ayat 1Kor 12:4-5,27-31; Ef 4:7,11-13). Paulus menunjukkan bahwa segi pelayanan karunia itu mencerminkan pelayanan yang bersifat "hamba" dari kehidupan Tuhan Yesus. Demikianlah, pekerjaan karunia-karunia didefinisikan berkenaan dengan kehadiran dan pekerjaan Kristus di antara kita (bd. ayat 1Kor 12:3; 1:4).
  4. 4) "Pekerjaan" atau "pengaruh-pengaruh" (Yun. _energemata_, berasal dari kata _energes_, artinya "aktif atau penuh tenaga") menandakan bahwa karunia rohani itu adalah pekerjaan langsung dari kuasa Allah Bapa dan membuahkan hasil-hasil tertentu (ayat 1Kor 12:6,10).
  5. 5) "Manifestasi Roh" (Yun. _phanerosis_, berasal dari kata _phaneros_, artinya "terwujud") menekankan bahwa karunia rohani itu menjadi manifestasi langsung dari pekerjaan dan kehadiran Roh Kudus di dalam perhimpunan jemaat (ayat 1Kor 12:7-11).

Full Life: 1Kor 12:3 - YESUS ADALAH TUHAN. Nas : 1Kor 12:3 Paulus memulai pembicaraan tentang karunia rohani dengan kebenaran bahwa karunia dan manifestasi Roh Kudus akan memuliakan Yesus se...

Nas : 1Kor 12:3

Paulus memulai pembicaraan tentang karunia rohani dengan kebenaran bahwa karunia dan manifestasi Roh Kudus akan memuliakan Yesus sebagai Tuhan atas gereja. Kriteria tertinggi kegiatan Roh ialah adanya manifestasi yang terus berkembang mengenai pribadi, kehadiran, kuasa, kasih, dan kebenaran Tuhan Yesus Kristus. Dalam manifestasi karunia rohani, Kristus sendiri melayani oleh Roh itu melalui umat-Nya (lih. ayat 1Kor 12:12-27; Mat 25:40).

Full Life: 1Kor 12:7 - PENYATAAN ROH. Nas : 1Kor 12:7 Untuk ulasan mengenai karunia-karunia rohani sebagai penyataan Roh, serta uraian tentang berbagai karunia yang didaftarkan di sini,...

Nas : 1Kor 12:7

Untuk ulasan mengenai karunia-karunia rohani sebagai penyataan Roh, serta uraian tentang berbagai karunia yang didaftarkan di sini,

lihat art. KARUNIA ROHANI BAGI ORANG PERCAYA).

Full Life: 1Kor 12:12 - DEMIKIAN PULA KRISTUS. Nas : 1Kor 12:12 Lihat cat. --> 1Kor 12:1 [atau ref. 1Kor 12:1] tentang karunia rohani dan tubuh Kristus.

Nas : 1Kor 12:12

Lihat cat. --> 1Kor 12:1

[atau ref. 1Kor 12:1]

tentang karunia rohani dan tubuh Kristus.

Full Life: 1Kor 12:13 - DALAM SATU ROH KITA SEMUA ... TELAH DIBAPTIS. Nas : 1Kor 12:13 Baptisan "dalam satu Roh" tidak menunjuk kepada baptisan air ataupun baptisan orang percaya dalam Roh Kudus, seperti yang terjadi ...

Nas : 1Kor 12:13

Baptisan "dalam satu Roh" tidak menunjuk kepada baptisan air ataupun baptisan orang percaya dalam Roh Kudus, seperti yang terjadi pada hari Pentakosta (lih. Mr 1:8;

lihat cat. --> Kis 2:4).

[atau ref. Kis 2:4]

Sebaliknya, itu menunjuk kepada tindakan Roh membaptis orang percaya ke dalam tubuh Kristus, yang menyatukan mereka ke dalam tubuh itu dan menjadikan mereka satu secara rohani dengan orang percaya lainnya. Ini suatu perubahan rohani (yaitu, pembaharuan/kelahiran kembali) yang terjadi pada waktu pertobatan dan menempatkan orang percaya itu "dalam Kristus"

(lihat art. PEMBAHARUAN).

Full Life: 1Kor 12:25 - ANGGOTA-ANGGOTA YANG BERBEDA ITU SALING MEMPERHATIKAN. Nas : 1Kor 12:25 Karunia-karunia rohani tidak harus menjadi dasar untuk menghormati seorang atau menganggap seorang percaya lebih penting daripada ...

Nas : 1Kor 12:25

Karunia-karunia rohani tidak harus menjadi dasar untuk menghormati seorang atau menganggap seorang percaya lebih penting daripada orang percaya yang lain (ayat 1Kor 12:22-24). Sebaliknya, setiap orang ditempatkan dalam tubuh Kristus menurut kehendak Allah (ayat 1Kor 12:18), dan semua anggota itu penting untuk kesehatan rohani dan fungsi yang tepat dari tubuh itu. Karunia rohani harus digunakan, bukan dalam kesombongan atau demi kemuliaan pribadi, tetapi dengan kerinduan yang tulus untuk menolong orang lain dan dengan hati yang betul-betul saling memperdulikan (lih. pasal 1Kor 13:1-13).

Full Life: 1Kor 12:28 - ALLAH TELAH MENETAPKAN BEBERAPA ORANG DALAM JEMAAT. Nas : 1Kor 12:28 Di sini Paulus memberikan sebagian daftar dari karunia rohani (lih. Rom 12:6-8 dan Ef 4:11-13 untuk daftar karunia pelayanan yang ...

Nas : 1Kor 12:28

Di sini Paulus memberikan sebagian daftar dari karunia rohani (lih. Rom 12:6-8 dan Ef 4:11-13 untuk daftar karunia pelayanan yang lain).

Lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA,

untuk definisi tentang rasul, nabi, pemberita Injil, gembala dan pengajar; juga

lihat cat. --> Yoh 6:2

[atau ref. Yoh 6:2]

untuk definisi "mukjizat-mukjizat";

lihat cat. --> Rom 12:7,

lihat cat. --> Rom 12:8

[atau ref. Rom 12:7-8]

untuk catatan tetang karunia "menolong orang lain" ("menunjukkan kemurahan") dan karunia "administrasi" ("kepemimpinan").

Full Life: 1Kor 12:29-30 - ADAKAH MEREKA SEMUA ... BERKATA-KATA DALAM BAHASA ROH? Nas : 1Kor 12:29-30 Dalam pertanyaan retoris Paulus ini tersirat suatu jawaban negatif. Konteks dari pasal 1Kor 12:1-31 menunjukkan bahwa Paulus se...

Nas : 1Kor 12:29-30

Dalam pertanyaan retoris Paulus ini tersirat suatu jawaban negatif. Konteks dari pasal 1Kor 12:1-31 menunjukkan bahwa Paulus sedang menunjuk kepada penggunaan karunia berkata-kata dalam bahasa roh dan pasangannya, yaitu karunia menafsirkan bahasa roh, dalam kebaktian ibadah. Dia tidak berusaha membatasi pemakaian bahasa roh dalam doa dan pujian yang ditujukan kepada Allah secara pribadi (bd. 1Kor 14:5). Kebanyakan orang percaya yang telah dibaptis dalam Roh Kudus merasa mudah untuk berdoa dalam bahasa roh waktu mereka menyerahkan diri kepada Roh. Pada hari Pentakosta (Kis 2:4), di Kaisarea (Kis 10:44-46) dan di Efesus (Kis 19:2-6), semua orang yang dipenuhi dengan Roh Kudus berkata-kata dalam bahasa roh sebagai suatu tanda bahwa mereka telah menerima kepenuhan Roh itu

(lihat art. BERKATA-KATA DENGAN BAHASA ROH).

Jerusalem: 1Kor 12:1--14:40 - -- Ketiga bab ini, 12-14, membahas penggunaan baik dari karunia-karunia Roh Kudus (karismata). Karunia-karunia itu dianugerahkan kepada jemaat sebagai ta...

Ketiga bab ini, 12-14, membahas penggunaan baik dari karunia-karunia Roh Kudus (karismata). Karunia-karunia itu dianugerahkan kepada jemaat sebagai tanda bukti kelihatan dari kehadiran Roh Kudus. Karunia-karunia itu juga dimaksudkan untuk menanggapi keadaan jemaat yang masih baru, yang mentalitas kafirnya dahulu belum juga diresapi kepercayaan Kristen. Orang-orang Korintus mengutamakan karunia-karunia yang paling mengherankan lalu digunakan dalam suasana yang tidak keruan. Dalam hal itu mereka meniru upacara-upacara kafir. Paulus turun tangan dengan menandaskan, bahwa karunia-karunia itu dianugerahkan buat pembinaan jemaat, sehingga tidak boleh menimbulkan persaingan (bab 12). Kemudian Paulus menjelaskan bahwa ada urutan nilai dalam karunia-karunia itu sekedar memberi sumbangannya bagi pembinaan jemaat.

Jerusalem: 1Kor 12:2 - berhala-berhala yang bisu Disinggunglah berbagai gejala tak keruan, keributan dan tindakan berlebihan yang menyertai sementara upacara ibadah kafir. Gejala-gejala itu dianggap ...

Disinggunglah berbagai gejala tak keruan, keributan dan tindakan berlebihan yang menyertai sementara upacara ibadah kafir. Gejala-gejala itu dianggap tanda bukti ibadah itu sejati. Sebaliknya dalam perkumpulan-perkumpulan jemaat Kristen isi wejangan dan khotbah dan bukan ciri ekstatisnya yang menjadi tanda kebenarannya.

Jerusalem: 1Kor 12:4-6 - -- Perhatikanlah bagaimana ketiga diri ilahi disebut asal-usul segala karunia, bdk 2Ko 13:13+.

Perhatikanlah bagaimana ketiga diri ilahi disebut asal-usul segala karunia, bdk 2Ko 13:13+.

Jerusalem: 1Kor 12:8 - berkata-kata dengan hikmat Ini kiranya tidak lain dari kemampuan untuk menjelaskan kebenaran-kebenaran paling tinggi dari agama Kristen mengenai kehidupan ilahi dan kehidupan Al...

Ini kiranya tidak lain dari kemampuan untuk menjelaskan kebenaran-kebenaran paling tinggi dari agama Kristen mengenai kehidupan ilahi dan kehidupan Allah di dalam diri kita, ialah "ajaran sempurna" yang disebutkan dalam Ibr 6:1. Lihat juga 1Ko 2:6-16

Jerusalem: 1Kor 12:8 - berkata-kata dengan pengetahuan Ialah kemampuan untuk menjelaskan "asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus", Ibr 6:1.

Ialah kemampuan untuk menjelaskan "asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus", Ibr 6:1.

Jerusalem: 1Kor 12:9 - iman Ialah tingkat iman yang luar biasa, bdk 1Ko 13:2.

Ialah tingkat iman yang luar biasa, bdk 1Ko 13:2.

Jerusalem: 1Kor 12:10 - karunia untuk membedakan Ialah kemampuan untuk menentukan manakah asal-usul (Allah, atau kodrat, atau Yang Jahat) gejala-gejala karismatis

Ialah kemampuan untuk menentukan manakah asal-usul (Allah, atau kodrat, atau Yang Jahat) gejala-gejala karismatis

Jerusalem: 1Kor 12:10 - karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh Karunia "glossolalia" ini ialah: karunia untuk memuji dengan mengucapkan bunyi-bunyi yang tidak dapat dimengerti dan dengan terbawa oleh Roh Kudus dal...

Karunia "glossolalia" ini ialah: karunia untuk memuji dengan mengucapkan bunyi-bunyi yang tidak dapat dimengerti dan dengan terbawa oleh Roh Kudus dalam keadaan yang kurang lebih ekstatis. Paulus menyebut karunia itu dengan dua ungkapan, yaitu: berkata-kata dengan bahasa roh (1Ko 14:5,6,18,23,39) atau berkata-kata dengan bahas roh (1Ko 14:2,4,9,13,14,19,26,27). Terjemahan Indonesia ini tidak membedakan kedua ungkapan itu. Karunia ini pada awal mula sudah ditemukan pada jemaat Kristen, yaitu waktu untuk pertama kalinya dituruni Roh Kudus yang a.l. menyebabkan glossolalia. Lih. Kis 2:3-4; 10:44-46 dan 1Ko 11:15; 16:6.

Jerusalem: 1Kor 12:12-30 - -- Meskipun menggunakan perbandingan yang lazim dalam dunia yang berkebudayaan Yunani-Romawi antara sebuah masyarakat dengan tubuh yang terdiri atas berb...

Meskipun menggunakan perbandingan yang lazim dalam dunia yang berkebudayaan Yunani-Romawi antara sebuah masyarakat dengan tubuh yang terdiri atas berbagai anggota, namun Paulus tidak mengambil gagasannya tentang Tubuh Kristus dari perbandingan itu. Gagasan ini sebenarnya berasal dari pengalaman Paulus sendiri waktu mulai percaya, bdk Kis 9:4 dst; Gal 1:15 dst, ialah dari kepercayaan kepada Yesus yang dibangkitkan dengan tubuhNya yang dihidupkan oleh Roh Kudus, Rom 1:4+, sebagai yang pertama dari dunia baru, 1Ko 15:23; orang Kristen bahkan dalam tubuhnya, Rom 8:11+, dipersatukan dengan tubuh Yesus itu melalui upacara baptisan, 1Ko 12:13; bdk Rom 6:4+, dan Ekaristi, 1Ko 10:16 dst. Dengan jalan itu orang Kristen menjadi "anggota" tubuh Yesus yang bangkit itu, 1Ko 6:15, dan bersama denganNya menjadi "Tubuh Kristus" yang kita menyebutkannya sebagai "Tubuh Mistik", 1Ko 12:27; bdk Rom 12:4 dst. Pikiran yang sangat realistis ini mulai tampil dalam 1 Korintus, kemudian dalam "surat-surat dari penjara" (Efesus, Kolose) diperkembangkan lebih jauh. Memanglah perdamaian manusia yang menjadi anggota tubuh Kristus, Efe 5:30, selalu dikerjakan melalui tubuh Kristus yang disalibkan "menurut daging" tetapi dihidupkan "menurut Roh", Efe 2:14-18; Kol 1:22. Hanya persatuan Tubuh yang mengumpulkan semua orang Kristen dalam Roh yang sama, Efe 4:4; Kol 3:15, serta penyamaan dengan Gereja, Efe 1:22 dst; Efe 5:23; Kol 1:18,24, dalam surat-surat dari penjara itu lebih ditekankan. Dengan jalan itu gagasan "tubuh Kristus" dijadikan lebih bersifat pribadi, Efe 4:12 dst; Kol 2:19, dan selanjutnya Kristus ditonjolkan sebagai "kepala", Efe 1:22; 4:15 dst; Efe 5:23; Kol 1:18; 2:19 (bandingkan dengan 1Ko 12:21); dalam hal ini Paulus kiranya terpengaruh oleh pikirannya tentang Kristus sebagai "Kepala semua pemerintah dan penguasa", Kol 2:10. Akhirnya "tubuh Kristus" bahkan sampai merangkum, entahlah bagaimana, seluruh jagat raya yang dipersatukan di bawah kekuasaan Kyrios, Tuhan Kristus, Efe 1:23+, bdk Yoh 2:21+.

Jerusalem: 1Kor 12:12 - demikian pula Kristus Seperti tubuh manusia membuat anggota-anggotanya yang banyak menjadi satu, demikianpun Kristus sebagai asas pemersatu GerejaNya membuat semua orang Kr...

Seperti tubuh manusia membuat anggota-anggotanya yang banyak menjadi satu, demikianpun Kristus sebagai asas pemersatu GerejaNya membuat semua orang Kristen menjadi satu sebagai TubuhNya.

Jerusalem: 1Kor 12:28 - pengajar Ialah orang yang dalam setiap jemaat bertugas secara teratur dan lazim mengajar agama

Ialah orang yang dalam setiap jemaat bertugas secara teratur dan lazim mengajar agama

Jerusalem: 1Kor 12:28 - untuk melayani Ialah karunia (panggilan) untuk merelakan diri bagi karya amal dalam jemaat

Ialah karunia (panggilan) untuk merelakan diri bagi karya amal dalam jemaat

Jerusalem: 1Kor 12:28 - untuk memimpin Ialah tugas membimbing dan memimpin umat.

Ialah tugas membimbing dan memimpin umat.

Ende: 1Kor 12:1 - Kurnia-kurnia Roh Kurnia-kurnia Roh jang dibitjarakan dalam bab ini dan kedua bab jang berikut adalah pernjataan kuasa Roh Kudus setjara adjaib dalam atau pada anggota-...

Kurnia-kurnia Roh jang dibitjarakan dalam bab ini dan kedua bab jang berikut adalah pernjataan kuasa Roh Kudus setjara adjaib dalam atau pada anggota-anggota umat, bukan untuk kepentingan-kepentingan mereka pribadi, melainkan semata-mata untuk membangun dan meneguhkan iman seluruh umat, ataupun untuk mejakinkan orang jang belum bertobat.

Pengertian tentang nilai dan maksud beberapa kurnia, chususnja tentang kurnia bernubuat dan kurnia bahasa gaib, rupanja kurang djelas sehingga mengenai hal ini pula umat mengadjukan pertanjaan-pertanjaan kepada Paulus.

Ende: 1Kor 12:2 - -- Orang Korintus sedjak ketjilnja terpesona oleh matjam-matjam kegaiban jang sering mengiringi perajaan ibadat orang penjembah berhala didalam kuil-kuil...

Orang Korintus sedjak ketjilnja terpesona oleh matjam-matjam kegaiban jang sering mengiringi perajaan ibadat orang penjembah berhala didalam kuil-kuil. Orang menimbulkan matjam-matjam daja gaib dalam dirinja, jang lalu dinjatakan dengan gerakan-gerakan badan dan utjapan-utjapan gandjil, sampai kegila-gilaan. Tidak mengherankan kalau orang-orang jang baru bertobat sekedar menjamakan kurnia-kurnia Roh Kudus tertentu dengan daja gaib orang-orang kafir itu. Bdl. misalnja sikap Simon, tukang sihir itu, dalam Kis 8:18-19.

Ende: 1Kor 12:3 - Terkutuklah Jesus Seruan ini barangkali kedengaran dari mulut penentang-penentang Indjil, baik Jahudi maupun orang-orang kafir. Maksud Paulus disini tentulah memperinga...

Seruan ini barangkali kedengaran dari mulut penentang-penentang Indjil, baik Jahudi maupun orang-orang kafir. Maksud Paulus disini tentulah memperingatkan umat, bahwa mereka harus tahu membedakan antara daja gaib jang datang dari roh-roh djahat, dan pernjataan Roh Kudus sedjati. Kalau ungkapan-ungkapannja dan udjudnja bertentangan dengan Indjil, tentulah datang dari roh-roh djahat.

Ende: 1Kor 12:8 - Perkataan kebidjaksanaan Diduga bahwa mereka jang diberi kurnia ini, mendapat pengertian djelas dan dalam-dalam tentang rahasia agama, guna memberikan keterangan kepada umat.

Diduga bahwa mereka jang diberi kurnia ini, mendapat pengertian djelas dan dalam-dalam tentang rahasia agama, guna memberikan keterangan kepada umat.

Ende: 1Kor 12:8 - Perkataan pengetahuan Pengetahuan barangkali dalam arti 1Ko 8:1.

Pengetahuan barangkali dalam arti 1Ko 8:1.

Ende: 1Kor 12:9 - Kepertjajaan Inilah tentu sadja kepertjajaan jang dimaksudkan Jesus dalam Mat 17:19-21; 21:21 dan Luk 17:6.

Inilah tentu sadja kepertjajaan jang dimaksudkan Jesus dalam Mat 17:19-21; 21:21 dan Luk 17:6.

Ende: 1Kor 12:10 - Kurnia bernubuat Terdjemahan sebenarnja kurang tepat. Maksudnja berbitjara sebagai nabi, tetapi jang dinamakan "nabi" didalam geredja purba, ialah mereka jang atas dor...

Terdjemahan sebenarnja kurang tepat. Maksudnja berbitjara sebagai nabi, tetapi jang dinamakan "nabi" didalam geredja purba, ialah mereka jang atas dorongan Roh Kudus mengadjar dalam perkumpulan-perkumpulan umat, dan dengan ilham Roh Kudus memberi peringatan-peringatan dan nasehat-nasehat, kadang-kadang djuga menjatakan hal-hal jang tersembunji. Menilik ajat 28 (1Ko 12:28), "nabi" merupakan suatu pangkat jang tetap djuga, sedjadjar dengan "rasul" dan "pengadjar".

Ende: 1Kor 12:10 - Membedakan roh-roh jaitu apakah pernjataan-pernjataan adjaib benar-benar berasal dari Roh Kudus atau tidak.

jaitu apakah pernjataan-pernjataan adjaib benar-benar berasal dari Roh Kudus atau tidak.

Ende: 1Kor 12:10 - Bahasa gaib Terdjemahan istilah asli jang kabur maknanja sukar dalam tiap-tiap bahasa. Terdjemahan lurus kira-kira "tuturan lidah". Maksudnja barangkali" tuturan ...

Terdjemahan istilah asli jang kabur maknanja sukar dalam tiap-tiap bahasa. Terdjemahan lurus kira-kira "tuturan lidah". Maksudnja barangkali" tuturan jang diutjapkan oleh lidah sadja tanpa berpikir. Kenjataannja ialah: seorang tampil ke muka memuliakan Allah dengan suara berlaku, penuh keterharuan, tetapi tidak djelas bentuk kata-kata dan kalimat-kalimatnja, maupun artinja sehingga tidak dapat dipahami oleh seorangpun, kalau tidak ditafsirkan oleh seorang jang diberi "kurnia penafsiran". Kurnia bahasa gaib ini terlalu digemari dan dinilai orang Korintus, hal mana tidak dibenarkan Paulus, malah sangat diketjamnja.

Ende: 1Kor 12:12-26 - -- Mengenai seluruh uraian fasal ini hendaklah diperhatikan keterangan jang berikut: Paulus membandingkan umat (seluruh umat Kristus atau "Geredja") deng...

Mengenai seluruh uraian fasal ini hendaklah diperhatikan keterangan jang berikut: Paulus membandingkan umat (seluruh umat Kristus atau "Geredja") dengan tubuh manusia, sebagai perpaduan banjak anggota mendjadi kesatuan jang bulat utuh dan berdjiwa satu, ialah Roh Kudus. Tetapi dalam ajat 12 (1Ko12:12) ganti istilah "umat Kristus" Paulus menamakan umat sendiri "Kristus". Hal itu mengandung makna jang penting dan dalam. Didepan mata batin rasul terbajanglah seluruh umat Kristus, bagaikan tubuh Kristus didalam kemuliaanNja surgawi. Tubuh Kristus sedjak kebangkitanNja bersifat roh, dalam arti tidak terikat lagi pada hukum alami dan misalnja tidak dibatasi oleh ruangan dan waktu. Tubuh Kristus jang mulai dan bersifat roh itu dapat merangkum seluruh umat disegala tempat dan segala waktu. Malahan tubuh mulia ini barulah mendapat kelengkapannja jang sempurna dalam kesatuannja dengan seluruh umatnja itu.

Kesatuan ini biasanja disebut "Tubuh Mistik Kristus". Istilah ini djangan ditanggap sebagai suatu kiasan atau gambaran chajal sadja, melainkan jang tepat merupakan suatu kenjataan jang benar-benar ada dan hidup, hanja tidak kelihatan pada mata djasmani. Kristus jang dengan sendirinja berdjiwa Roh Allah, dalam kesatuan dengan umatNja memberi Roh Allah itu kepada seluruh tubuh dan sekalian anggota masing-masing, sehingga seluruh tubuh (umat bersama-sama dengan Kristus) berdjiwa satu jang sama, ialah Roh Allah atau Roh Kudus.

Untuk mengerti baik ungkapan-ungkapan jang mungkin terasa aneh dan kabur, baiklah kalau diperhatikan, bahwa Paulus dalam uraian bab ini tidak tegas membedakan antara gambaran (kiasan) dan apa jang digambarkan. Jang satu melebur sadja dalam jang lain. Bila Paulus berkata tentang tubuh manusia, pandangan mata batinnja tetap berlekat pada apa jang dikiaskannja, ialah umat Kristus dan anggota-anggota tertentu. Demikian misalnja ia menggambarkan anggota tubuh manusia sebagai berpribadi, jaitu sebagai manusia jang berpikir dan berkata.

Dalam seluruh uraian pula, terbajang didepan mata Rasul, sebagai pokok uraian, kenjataan bahwa ada perselisihan, perpetjahan dan kurang tjinta-kasih didalam umat. Sebab itu seluruh uraian mengandung peringatan-peringatan dan nasehat-nasehat, pun teguran-teguran seperti jang berikut. Anggota-anggota jang merasa kurang diindahkan, kurang diberi kurnia jang njata, atau tidak mempunjai suatu djabatan, djangan merasa malu atau ketjil hati sebab itu, seolah-olah mereka kurang dipenuhi Roh Kudus. Mereka djangan iri hati atau tjemburu, sebab kurnia-kurnia jang diberikan untuk kepentingan orang lain (seluruh umat), ataupun suatu kedudukan tinggi dalam urusan umat, sedikitpun tidak mengenai martabat dan kemuliaan hakiki sebagai anggota tubuh Kristus, anak Allah dan waris surga. Sebaliknja mereka jang diberi kurnia-kurnia atau suatu djabatan dalam umat djangan sombong dan angkuh hati terhadap saudara-saudaranja jang kurang dikurniai dan rupa-rupanja lemah. Jang nampaknja kurang kehormatan lahiriah dalam lingkungan umat, harus setjara istimewa ditjintai dan dihormati oleh seluruh umat, sebagaimana Allah sendiri memberi tjontoh (ajat 24) 1Ko 12:24. Lagi pula demi kesatuan dalam Kristus tak boleh dibiarkan timbul perselisihan, perpetjahan atau pembedaan didalam umat. Segala anggota harus dengan tulus-ichlas saling tjinta-mentjintai dan tolong-menolong, tanpa membeda-bedakan.

Ende: 1Kor 12:27-30 - -- Jang agak samar-samar tergambar dalam ajat-ajat 12-26 (1Ko 12:12-26), kini dikatakan setjara langsung dan tegas. Paulus menekankan bahwa susunan lahir...

Jang agak samar-samar tergambar dalam ajat-ajat 12-26 (1Ko 12:12-26), kini dikatakan setjara langsung dan tegas. Paulus menekankan bahwa susunan lahiriah umat diatur oleh Allah sendiri, sebab itu tiap-tiap anggota harus takluk dan mentjukupkan diri dengan peraturan Allah itu.

Ende: 1Kor 12:31 - -- Ajat terachir ini merupakan peralihan kepada bab berikut.

Ajat terachir ini merupakan peralihan kepada bab berikut.

Ende: 1Kor 12:31 - Djalan jang paling agung "Djalan" disini, seperti umumnja dalam bahasa Paulus, berarti tjara hidup menurut tjita-tjita agama.

"Djalan" disini, seperti umumnja dalam bahasa Paulus, berarti tjara hidup menurut tjita-tjita agama.

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:1 - tentang karunia-karunia // kamu mengetahui · tentang karunia-karunia: Rom 1:11; 1Kor 1:7; 14:1,37 · kamu mengetahui: Rom 11:25; Rom 11:25

· tentang karunia-karunia: Rom 1:11; 1Kor 1:7; 14:1,37

· kamu mengetahui: Rom 11:25; [Lihat FULL. Rom 11:25]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:2 - mengenal Allah // kepada berhala-berhala · mengenal Allah: Ef 2:2; Ef 2:2 · kepada berhala-berhala: Mazm 115:5; Yer 10:5; Hab 2:18,19

· mengenal Allah: Ef 2:2; [Lihat FULL. Ef 2:2]

· kepada berhala-berhala: Mazm 115:5; Yer 10:5; Hab 2:18,19

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:3 - Terkutuklah Yesus // adalah Tuhan // Roh Kudus · Terkutuklah Yesus: Rom 9:3; 1Kor 16:22 · adalah Tuhan: Yoh 13:13; Yoh 13:13 · Roh Kudus: 1Yoh 4:2,3

· Terkutuklah Yesus: Rom 9:3; 1Kor 16:22

· adalah Tuhan: Yoh 13:13; [Lihat FULL. Yoh 13:13]

· Roh Kudus: 1Yoh 4:2,3

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:4 - satu Roh · satu Roh: 1Kor 12:8-11; Rom 12:4-8; Ef 4:11; Ibr 2:4

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:6 - tetapi Allah // semua orang · tetapi Allah: Ef 4:6 · semua orang: Fili 2:13; Fili 2:13

· tetapi Allah: Ef 4:6

· semua orang: Fili 2:13; [Lihat FULL. Fili 2:13]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:7 - kepentingan bersama · kepentingan bersama: 1Kor 14:12; Ef 4:12

· kepentingan bersama: 1Kor 14:12; Ef 4:12

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:8 - dengan hikmat // dengan pengetahuan · dengan hikmat: 1Kor 2:6 · dengan pengetahuan: 2Kor 8:7; 2Kor 8:7

· dengan hikmat: 1Kor 2:6

· dengan pengetahuan: 2Kor 8:7; [Lihat FULL. 2Kor 8:7]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:9 - memberikan iman // untuk menyembuhkan · memberikan iman: Mat 17:19,20; 1Kor 13:2 · untuk menyembuhkan: 1Kor 12:28,30; Mat 10:1

· memberikan iman: Mat 17:19,20; 1Kor 13:2

· untuk menyembuhkan: 1Kor 12:28,30; Mat 10:1

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:10 - memberikan kuasa // untuk bernubuat // bermacam-macam roh // bahasa roh · memberikan kuasa: 1Kor 12:28-30; Gal 3:5 · untuk bernubuat: Ef 4:11; Ef 4:11 · bermacam-macam roh: 1Yoh 4:1 · bahasa roh...

· memberikan kuasa: 1Kor 12:28-30; Gal 3:5

· untuk bernubuat: Ef 4:11; [Lihat FULL. Ef 4:11]

· bermacam-macam roh: 1Yoh 4:1

· bahasa roh: Mr 16:17; [Lihat FULL. Mr 16:17]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:11 - oleh Roh · oleh Roh: 1Kor 12:4; 1Kor 12:4

· oleh Roh: 1Kor 12:4; [Lihat FULL. 1Kor 12:4]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:12 - satu tubuh // pula Kristus · satu tubuh: Rom 12:5; Rom 12:5 · pula Kristus: 1Kor 12:27

· satu tubuh: Rom 12:5; [Lihat FULL. Rom 12:5]

· pula Kristus: 1Kor 12:27

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:13 - satu Roh // orang merdeka // telah dibaptis // diberi minum · satu Roh: Ef 2:18 · orang merdeka: Gal 3:28; Kol 3:11 · telah dibaptis: Mr 1:8; Mr 1:8 · diberi minum: Yoh 7:37-39

· satu Roh: Ef 2:18

· orang merdeka: Gal 3:28; Kol 3:11

· telah dibaptis: Mr 1:8; [Lihat FULL. Mr 1:8]

· diberi minum: Yoh 7:37-39

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:14 - banyak anggota · banyak anggota: 1Kor 12:12,20

· banyak anggota: 1Kor 12:12,20

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:18 - telah memberikan // yang dikehendaki-Nya · telah memberikan: 1Kor 12:28 · yang dikehendaki-Nya: 1Kor 12:11

· telah memberikan: 1Kor 12:28

· yang dikehendaki-Nya: 1Kor 12:11

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:20 - satu tubuh · satu tubuh: 1Kor 12:12,14; Rom 12:5; Rom 12:5

· satu tubuh: 1Kor 12:12,14; Rom 12:5; [Lihat FULL. Rom 12:5]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:27 - tubuh Kristus // adalah anggotanya · tubuh Kristus: Ef 1:23; 4:12; Kol 1:18,24 · adalah anggotanya: Rom 12:5; Rom 12:5

· tubuh Kristus: Ef 1:23; 4:12; Kol 1:18,24

· adalah anggotanya: Rom 12:5; [Lihat FULL. Rom 12:5]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:28 - dalam Jemaat // sebagai rasul // sebagai nabi // untuk menyembuhkan // untuk memimpin // bahasa roh · dalam Jemaat: 1Kor 10:32; 1Kor 10:32 · sebagai rasul: Ef 4:11; Ef 4:11 · sebagai nabi: Ef 4:11; Ef 4:11 · untuk menyembu...

· dalam Jemaat: 1Kor 10:32; [Lihat FULL. 1Kor 10:32]

· sebagai rasul: Ef 4:11; [Lihat FULL. Ef 4:11]

· sebagai nabi: Ef 4:11; [Lihat FULL. Ef 4:11]

· untuk menyembuhkan: 1Kor 12:9

· untuk memimpin: Rom 12:6-8

· bahasa roh: 1Kor 12:10; Mr 16:17; [Lihat FULL. Mr 16:17]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:30 - bahasa roh · bahasa roh: 1Kor 12:10

· bahasa roh: 1Kor 12:10

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:31 - Jadi berusahalah · Jadi berusahalah: 1Kor 14:1,39

· Jadi berusahalah: 1Kor 14:1,39

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Kor 12:1-11 - Mengenai Karunia Rohani Di pasal ini, Rasul Paulus, I. Membahas masalah karunia-karunia rohani, yang dicurahkan atas jemaat Korintus dengan begitu berlimpah. Pau...

Matthew Henry: 1Kor 12:12-26 - Paulus Menganjurkan Supaya Bersatu Paulus Menganjurkan Supaya Bersatu (1 Korintus 12:12-26) Di sini Rasul Paulus memperjelas kebenaran dari apa yang telah dinyatakannya di atas. Di...

Matthew Henry: 1Kor 12:27-31 - Mengenai Karunia Rohani Mengenai Karunia Rohani (1 Korintus 12:27-31) I. Di sini Rasul Paulus menyimpulkan penjelasannya, dan menerapkan kiasan itu pada jemaat Kris...

SH: 1Kor 12:1-13 - Dari mana asal percaya? (Jumat, 5 September 1997) Dari mana asal percaya? Kadang kita dengar komentar angkuh warga gereja tertentu bahwa gereja lainnya tidak ada Roh Kudus. Benarkah pernyataan terseb...

SH: 1Kor 12:1-11 - Satu Roh, satu Tuhan (Senin, 22 September 2003) Satu Roh, satu Tuhan Surat 1 Korintus berisi banyak kritikan dari Rasul Paulus atas praktik-praktik kehidupan mereka. Paulus menganggap bahwa ha...

SH: 1Kor 12:1-11 - Karunia-karunia rohani (Sabtu, 24 Oktober 2009) Karunia-karunia rohani Harus kita akui bahwa pemahaman dan praktik tentang karunia-karunia Roh sering menimbulkan pertikaian pendapat bahkan ket...

SH: 1Kor 12:1-11 - Berbagai jenis pelayanan (Sabtu, 31 Oktober 2009) Berbagai jenis pelayanan Tahukah Anda ada jenis burung yang terbang ribuan kilometer dari tempat yang sedang musim dingin ke tempat yang cuacany...

SH: 1Kor 12:1-11 - Karunia Roh untuk kepentingan bersama (Sabtu, 11 Mei 2013) Karunia Roh untuk kepentingan bersama Mengutamakan kepentingan bersama versus mengutamakan kepentingan diri sering bergulat dalam diri kita. Kadang k...

SH: 1Kor 12:1-11 - Karunia Rohani (Jumat, 26 April 2019) Karunia Rohani Setiap orang memiliki kelebihan serta kekurangan. Jika kita membandingkan—apalagi mempertandingkan—d...

SH: 1Kor 12:6 - Karunia mengadakan Mukjizat (Sabtu, 7 November 2009) Karunia mengadakan Mukjizat Sadarkah bahwa sikap atau tafsiran kita tentang suatu kejadian bisa jadi dipengaruhi oleh peradaban di mana kita hid...

SH: 1Kor 12:8 - Karunia Bahasa Roh (Sabtu, 21 November 2009) Karunia Bahasa Roh Mana lebih baik bagi hidup di dunia ini menurut Anda, hanya ada satu bahasa yang dipahami dan dipakai oleh semua orang di sem...

SH: 1Kor 12:9 - Karunia menyembuhkan (Sabtu, 14 November 2009) Karunia menyembuhkan Saya takjub saat mempelajari karunia menyembuhkan. Kenapa? Sebab dari begitu banyak kepercayaan di dunia ini, iman Kristenl...

SH: 1Kor 12:10 - Karunia mengadakan Mukjizat (Sabtu, 7 November 2009) Karunia mengadakan Mukjizat Sadarkah bahwa sikap atau tafsiran kita tentang suatu kejadian bisa jadi dipengaruhi oleh peradaban di mana kita hid...

SH: 1Kor 12:10 - Karunia Bahasa Roh (Sabtu, 21 November 2009) Karunia Bahasa Roh Mana lebih baik bagi hidup di dunia ini menurut Anda, hanya ada satu bahasa yang dipahami dan dipakai oleh semua orang di sem...

SH: 1Kor 12:12-31 - Keragaman dalam satu tubuh (Selasa, 23 September 2003) Keragaman dalam satu tubuh "Bhineka Tunggal Ika." Semboyan ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia terdiri dari beragam agama, bahasa dan suku ba...

SH: 1Kor 12:12-20 - Berbeda tetapi satu (Sabtu, 30 Mei 2009) Berbeda tetapi satu Bagaimana kesan dan perasaan Anda tentang gereja? Bangga akan kenyataannya? Kagum akan anugerah Tuhan yang tercermin di ...

SH: 1Kor 12:12-31 - Kesederajatan anggota tubuh Kristus (Senin, 13 Mei 2013) Kesederajatan anggota tubuh Kristus Hampir dapat dipastikan, tak satu pun orang menganggap salah satu bagian tubuhnya boleh dibuang karena dianggap t...

SH: 1Kor 12:12-31 - Bekerja Sama (Sabtu, 27 April 2019) Bekerja Sama Gereja terdiri atas banyak anggota dan mempunyai karunia berbeda. Oleh sebab itu, gereja rentan mengalami perpecahan. Apalagi jika masin...

SH: 1Kor 12:14-31 - Saling diperlukan dan saling memerlukan. (Sabtu, 6 September 1997) Saling diperlukan dan saling memerlukan. Paulus menggambarkan jemaat seperti tubuh. Suatu gambaran yang pas! Satu tubuh namun banyak anggota. Tiap an...

Utley: 1Kor 12:1-3 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 12:1-31 Sekarang tentang karunia-karunia Roh. Aku mau, saudara-saudara, supaya kamu mengetahui kebenarannya. 2 Kamu tahu, ...

Utley: 1Kor 12:4-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 12:4-114 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. 5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. 6 Dan ada berbagai-baga...

Utley: 1Kor 12:12-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 12:12-1312 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, mer...

Utley: 1Kor 12:14-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 12:14-1814 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota. 15 Andaikata kaki berkata: "Kare...

Utley: 1Kor 12:19-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 12:19-2519 Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh? 20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh...

Utley: 1Kor 12:26 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 12:2626 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota ...

Utley: 1Kor 12:27-31 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 12:27-31a27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya. 28 Dan Allah telah menetapkan bebera...

Utley: 1Kor 12:31 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 12:31b-1Kor 13:31Kor 12:31 Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi. 1 Sekalipun aku dapat berkata-kata de...

Topik Teologia: 1Kor 12:2 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Gelar-gelar Deskriptif untuk Para Pendosa Para Pendosa adalah Penyembah Berhala 2Ra 2...

Topik Teologia: 1Kor 12:3 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Pelayanan Roh Roh Me...

Topik Teologia: 1Kor 12:4 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru Mat 3...

Topik Teologia: 1Kor 12:5 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru Mat 3...

Topik Teologia: 1Kor 12:6 - -- Allah yang Berpribadi Allah itu Imanen Kej 2:7 Kel 29:45-46 Ula 4:7 Ula 4:39 Ayu 33:4 Ayu 34:14-15 Maz 33:13-15 Maz 104:29-30 Maz 1...

Topik Teologia: 1Kor 12:7 - -- Roh Kudus Roh yang Memberi Karunia 1Ko 12:7-11 Kuasa Kej 1:2 Yes 11:2 Zak 4:6 Rom 15:13 Rom 15:19 1Ko ...

Topik Teologia: 1Kor 12:8 - -- Roh Kudus Pribadi Roh Kudus Roh Melimpahkan Karunia 1Ko 12:4-11 Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Kesela...

Topik Teologia: 1Kor 12:9 - -- Roh Kudus Roh yang Memberi Karunia 1Ko 12:7-11 Roh Melimpahkan Karunia 1Ko 12:4-11 Roh Kudus dalam...

Topik Teologia: 1Kor 12:10 - -- Roh Kudus Roh yang Memberi Karunia 1Ko 12:7-11 Roh Melimpahkan Karunia 1Ko 12:4-11 Roh Kudus dalam Dir...

Topik Teologia: 1Kor 12:11 - -- Roh Kudus Pribadi Roh Kudus Kuasa Kej 1:2 Yes 11:2 Zak 4:6 Rom 15:13 Rom 15:19 1Ko 12:4-7,11 2Ko 3:17-18 1Pe 3:18 ...

Topik Teologia: 1Kor 12:12 - -- Roh Kudus Menyatukan Seluruh Orang Percaya dengan Tubuh Kristus Rom 6:1-10 1Ko 12:12-13 Gal 3:26-27 Efe 4:3-4 Kol 2:11-12 1Pe 3...

Topik Teologia: 1Kor 12:13 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Gereja Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Pengudusan Roh Kudus Mengerjakan Pengudusan di dalam D...

Topik Teologia: 1Kor 12:14 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Karunia-karunia Roh Tujuan dari Karunia-karunia Karunia-karunia adala...

Topik Teologia: 1Kor 12:24 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Hikmat Ams 8:12 1Ko 12:3,24,30 Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Or...

Topik Teologia: 1Kor 12:26 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Karunia-karunia Roh Tujuan dari Karunia-karunia Karunia-karunia adala...

Topik Teologia: 1Kor 12:27 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Kristus Mat 1:16 Mat 16:20 Mar 14:61 Luk 2:11 Luk 9:20 Luk 23:2 Luk 23:3...

Topik Teologia: 1Kor 12:28 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Gereja Mat 16:18 Luk 2:28-33 Kis ...

Topik Teologia: 1Kor 12:29 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Mujizat-mujizat sebagai Pemelihara...

Topik Teologia: 1Kor 12:30 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Hikmat Ams 8:12 1Ko 12:3,24,30 Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-...

TFTWMS: 1Kor 12:1-3 - Berkata-kata Oleh Roh "BERKATA-KATA OLEH ROH" (1 Korintus 12:1-3) 1 Sekarang tentang karunia-karunia Roh. Aku mau, saudara-saudara, supaya kamu mengetahui kebena...

TFTWMS: 1Kor 12:4-11 - Rupa-rupa Karunia "RUPA-RUPA KARUNIA" (1 Korintus 12:4-11) 4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. 5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. 6 Dan ...

TFTWMS: 1Kor 12:12-13 - Satu Tubuh "SATU TUBUH" (1 Korintus 12:12, 13) 12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun ...

TFTWMS: 1Kor 12:14-26 - Banyak Anggota, Tapi Satu Tubuh "BANYAK ANGGOTA, TAPI SATU TUBUH" (1 Korintus 12:14-26) Setelah menggambarkan pelbagai karunia rohani dan menyatakan mereka sebagai "p...

TFTWMS: 1Kor 12:27-31 - Berusahalah Untuk Memperoleh Karunia-karunia Yang Paling Utama "BERUSAHALAH UNTUK MEMPEROLEH KARUNIA-KARUNIA YANG PALING UTAMA" (1 Korintus 12:27-31) 27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-m...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Masalah-Masalah Jemaat dan Pemecahannya Tanggal Penulisan: Tahun 55/56 Latar Belakang Korintus, sebuah...

Full Life: 1 Korintus (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (1Kor 1:1-9) I. Pembahasan Masalah-Masalah yang Telah Diberitahukan kepada Paulus (1Kor 1:10-6:20) ...

Matthew Henry: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Korintus adalah sebuah kota Yunani yang terpenting di bagian wilayah khusus Yunani yang disebut Akhaya. Kota ini terletak di atas sebuah daratan me...

Jerusalem: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PERTAMA RASUL PAULUS KEPADA UMAT KORINTUS KATA PENGANTAR Kota Korintus jang termasjhur dalam sedjarah Junani kuno, musna dari bumi dalam perang ...

TFTWMS: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) PASAL 12 KESATUAN DAN KARUNIA-KARUNIA ROHANI Dua persoalan di pasal 11, mengenakan tudung kepala dan perpecahan sewaktu makan hidangan bersama, terma...

TFTWMS: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) PENERAPAN(1 KORINTUS 12) "Lihatlah Gereja Kristus Lewat" Seorang pengkhotbah berkisah tentang mengunjungi seorang wanita tua di apartemen ...

TFTWMS: 1 Korintus (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Penggunaan tudung kepala seperti yang dibahas di 11:3-16 mungkin tidak diterapkan secara khusus kepada perhimpunan itu. 2 Dalam ...

BIS: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS YANG PERTAMA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS PENGANTAR Surat Paulus Yang Pertama Kepada Jemaat di Korintus ditulis untuk membahas persoalan-p

SURAT PAULUS YANG PERTAMA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS

PENGANTAR

Surat Paulus Yang Pertama Kepada Jemaat di Korintus ditulis untuk membahas persoalan-persoalan yang timbul di dalam jemaat yang telah didirikan oleh Paulus di Korintus itu. Persoalan-persoalan tersebut adalah mengenai kehidupan dan kepercayaan Kristen. Pada waktu itu Korintus adalah sebuah kota Yunani, ibukota provinsi Akhaya yang termasuk wilayah pemerintahan Roma. Kota ini, yang penduduknya terdiri dari banyak macam bangsa, terkenal karena kemajuannya dalam perdagangan, kebudayaannya yang tinggi, tetapi juga karena keadaan susilanya yang rendah dan karena adanya bermacam-macam agama di situ.

Yang terutama menjadi pikiran Rasul Paulus ialah persoalan tentang perpecahan dan kebejatan di dalam jemaat, dan tentang persoalan-persoalan seks dan perkawinan, persoalan hati nurani, tata tertib dalam jemaat, karunia-karunia Roh Allah, dan tentang bangkitnya orang mati. Dengan pandangan yang dalam, Paulus menunjukkan bagaimana Kabar Baik dari Allah itu menyoroti persoalan-persoalan tersebut.

Pasal 13 (1Kor 13:1-13) melukiskan ciri-ciri kasih yang sejati. Pasal ini mungkin merupakan pasal yang paling terkenal di antara semua pasal lainnya di buku ini.

Isi

  1.  Pendahuluan
    1Kor 1:1-9
  2.  Keretakan dalam gereja
    1Kor 1:10-4:21
  3.  Soal seks dan kehidupan keluarga
    1Kor 5:1-7:40
  4.  Orang Kristen dan orang yang tidak menyembah Allah
    1Kor 8:1-11:1
  5.  Kehidupan jemaat dan ibadah
    1Kor 11:2-14:40
  6.  Perihal bangkitnya Kristus dan orang-orang Kristen dari kematian
    1Kor 15:1-58
  7.  Sumbangan untuk orang-orang Kristen di Yudea
    1Kor 16:1-4
  8.  Hal-hal pribadi dan penutup
    1Kor 16:5-24

Ajaran: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus, dan melakukannya di dalam kehidupan mereka. Pendahuluan Pen

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus, dan melakukannya di dalam kehidupan mereka.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 56 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen di kota Korintus. (Dan juga orang-orang Kristen di seluruh dunia).

Isi Kitab: Kitab I Korintus terbagi atas 16 pasal. Di dalamnya kita dapat melihat ajaran tentang cara-cara kehidupan anggota gereja.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus

  1. Pasal 1-4 (1Kor 1:1-4:21).

    Pengajaran tentang kenyataan bahwa setiap orang Kristen hanyalah milik Tuhan Yesus

    Dalam bagian ini Rasul Paulus menegur orang-orang Kristen karena adanya perpecahan dan iri hati atau pertengkaran.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Kor 1:10. _Tanyakan_: Apakah sebabnya terjadi perpecahan di antara jemaat Korintus? Dan apakah yang dikatakan Rasul Paulus tentang perpecahan itu?
    2. Bacalah pasal 1Kor 3:3. _Tanyakan_: Apakah yang menunjukkan seseorang masih hidup secara duniawi?
    3. Bacalah pasal 1Kor 4:6. _Tanyakan_: Apakah yang dikatakan Rasul Paulus tentang kesombongan?
  2. Pasal 5-6 (1Kor 5:1-6:20).

    Pengajaran tentang kehidupan moral di dalam jemaat

    Di dalam bagian ini, Rasul Paulus menjelaskan persoalan yang timbul dalam jemaat karena percabulan dan mencari keadilan pada orang-orang yang tidak beriman.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Kor 5:11-13. _Tanyakan_: Apakah yang diperintahkan Allah kepada orang Kristen?
    2. Bacalah pasal 1Kor 6:6-11. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah?
    3. Bacalah pasal 1Kor 6:12-20. _Tanyakan_: Mengapakah Rasul Paulus melarang percabulan? Siapakah yang empunya tubuh orang Kristen?
  3. Pasal 7-16 (1Kor 7:1-16:24).

    Pengajaran tentang kemerdekaan orang Kristen dan kehidupan dalam ibadah

    Di bagian ini, Rasul Paulus menjawab pertanyaan dari jemaat tentang kemerdekaan orang Kristen, sikap dalam kebaktian dan mengenai karunia-karunia Roh, juga tentang kebangkitan orang-orang percaya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Kor 7:8-13. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah tentang pernikahan? Mengapakah orang Kristen tidak boleh bercerai?
    2. Bacalah pasal 1Kor 8:8-9. _Tanyakan_: "Apakah makanan membawa seseorang lebih dekat kepada Allah?"
    3. Bacalah pasal 1Kor 15:12-19. _Tanyakan_: Mengapakah pengakuan akan kebangkitan orang percaya itu penting?
    4. Bacalah pasal 1Kor 15:57-58. _Tanyakan_: Apakah jerih payah dalam melayani Tuhan Yesus itu sia-sia?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab I Korintus, Allah mengajarkan arti kehidupan menjadi murid Tuhan Yesus dan bagaimana kehidupan sebagai orang-orang yang sudah diselamatkan (orang Kristen).

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab I Korintus?
  2. Apakah tujuan Kitab I Korintus?
  3. Apakah arti kebangkitan orang percaya dalam iman Kristen?
  4. Bagaimanakah seharusnya kehidupan orang yang sudah diselamatkan?

Intisari: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Surat kepada gereja yang terpecah belah BAGAIMANA GEREJA DI KORINTUS DIMULAI.Paulus pertama kali mengunjungi Korintus pada perjalanan misionarisnya y

Surat kepada gereja yang terpecah belah

BAGAIMANA GEREJA DI KORINTUS DIMULAI.
Paulus pertama kali mengunjungi Korintus pada perjalanan misionarisnya yang kedua (Kis. 18:1). Sejumlah orang Yahudi, termasuk Krispus yang menjadi kepala rumah ibadat, dan banyak orang bukan Yahudi menjadi Kristen. Paulus memulai sebuah sekolah Alkitab untuk mereka, yang letaknya strategis dan mencolok karena berdampingan dengan rumah ibadat (Kis. 18:1-18). Ia tinggal di sana selama delapan belas bulan dan digantikan oleh Apolos sebagai guru Alkitab.

BAGAIMANA BERITA TENTANG GEREJA DI KORINTUS SAMPAI KEPADA PAULUS.
Paulus sedang berada di suatu tempat di Asia (1 Kor. 16:19), mungkin di Efesus (16:8), pada akhir masa perjalanan misionarisnya yang kedua, ketika Stefanus dan dua orang kawannya datang dengan membawa sepucuk surat dari jemaat di Korintus (16:17 dan 7:1).

SEBUAH GEREJA YANG TERPECAH BELAH.
1. Mereka terpecah karena soal kepemimpinan (1:12).
2. Mereka terpecah karena standar moral (5:1-8).
3. Mereka terpecah karena kasus pendakwa dan terdakwa (6:1-8).
4. Mereka terpecah karena kasus orang Kristen yang lemah dan yang kuat (8:7-12).
5. Mereka terpecah antara yang kaya dan yang miskin (11:17-22).
6. Bahkan karunia Roh menjadikan mereka terpecah belah (12:12-26 ).

EMPAT PUCUK SURAT UNTUK JEMAAT KORINTUS?
Rupanya Paulus menulis empat pucuk surat kepada jemaat di Korintus: kita hanya memiliki surat kedua dan yang terakhir.
1. Surat pertama disebut dalam 5:9; "Dalam suratku telah kutuliskan kepadamu". Akan tetapi tidak ada lagi yang dapat kita ketahui mengenai surat itu.
2. Suratnya yang kedua adalah Surat I Korintus kita ini.
3. Surat yang ketiga tampaknya disebut-sebut dalam I I Korintus 2:3, 4 dan seringkali disebut "surat yang sangat menyedihkan". Surat ini boleh jadi I Korintus, tetapi surat itu tidak benar-benar cocok dengan apa yang disebut oleh Paulus sebagai "surat yang sangat menyedihkan".
4. Surat yang keempat adalah Surat 11 Korintus.

PERTANYAAN-PERTANYAAN ANDA TERJAWAB.
I Korintus sangat besar nilainya, karena surat itu menjawab banyak pertanyaan yang banyak ditanyakan dewasa ini:
o Bagaimana sikap yang benar terhadap para pemimpin kita?
o Di mana letak pendidikan dalam kehidupan Kristen?
o Bagaimana tentang disiplin gerejawi?
o Bolehkah Kristen membawa Kristen lain ke pengadilan?
o Bagaimana seharusnya sikap kita terhadap agama-agama lain?
o Apa yang dimaksud dengan kebebasan?
o Bolehkah wanita berdoa di gereja?
o Apa karunia-karunia Roh itu?
o Karunia Roh mana yang paling penting?
o Apa yang terjadi setelah kematian?
Mempelajari surat ini dengan saksama akan mengungkapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas dan banyak pertanyaan lainnya.

Pesan

Surat ini disusun bagaikan elips dengan dua "titik pusat",bukannya satu.

1. Skandal gereja yang terpecah (pasal 1-4) Gereja terpecah ke dalam empat
golongan dengan "nama" yang berbeda-beda:

o Saya golongan Paulus
o Saya golongan Petrus
o Saya golongan Apolos
o Saya golongan Kristus

Bagian mengenai kelemahan dalam pasal 1 mungkin ditujukan kepada apa yang
dikatakan oleh para pengritik tentang Paulus (lihat 2Kor 10:10)
dan bagian tentang hikmat dalam pasal yang sama mungkin ditujukan kepada Apolos
dan pendidikannya (Kis. Kis 18:24). Paulus menggunakan lima sebutan
yang mencolok bagi dirinya dan para pemimpin gereja lainnya untuk menunjukkan
bagaimana seharusnya sikap kita:
o Sebagai pelayan (diakonia). 1Ko 3:5
o Sebagai kawan sekerja. 1Ko 3:9
o Sebagai ahli bangunan. 1Ko 3:10
o Sebagai hamba, pembantu. 1Ko 4:1
o Sebagai orang yang dipercaya. 1Ko 4:1

2. Kebingungan mengenai kebebasan (pasal 8-10)

o Orang Kristen 'yang kuat' berpendapat bahwa mereka bebas memakan makanan dalam
rumah-rumah berhala di Korintus, sekalipun orang Kristen 'yang lemah'
dibingungkan dan dilemahkan oleh perbuatan mereka.
o Wanita-wanita 'yang bebas' merasa boleh menanggalkan kerudung walaupun
sebagian pria Kristen tradisional berpikir bahwa mereka terlalu maju.

Paulus memarahi hal-hal tersebut. Ia mengambil contoh sederhana: haknya untuk
menerima upah bagi pekerjaannya sebagai seorang pengkhotbah.

Ia membuat tujuh argumentasi yang mendukung prinsip membayar pengkhotbah:

o Contoh dari para rasul. 1Ko 9:5
o Ilustrasi tentang seorang prajurit. 1Ko 9:7
o Ilustrasi tentang seorang tukang kebun. 1Ko 9:7
o Ilustrasi tentang seorang gembala. 1Ko 9:7
o Ajaran hukum Taurat. 1Ko 9:8
o Contoh dari para imam di Bait Allah. 1Ko 9:13
o Pengajaran dari Yesus sendiri. 1Ko 9:14

Dan setelah membuktikan haknya atas upah, ia menolak untuk dibayar
(1Ko 9:15). Maksudnya jelas: Walau aku mempunyai hak, tidak berarti
bahwa aku harus menggunakannya.

Dan inilah prinsipnya: 'Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku
menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak
mungkin orang'. (1Ko 9:19)

Penerapan

1. Kepandaian manusia pasti bertentangan dengan hikmat Allah.

2. Orang Kristen yang mengidolakan pemimpin mereka:
o memecah belah gereja o menipu pemimpin mereka o meremehkan Allah

3. Disiplin gereja, yang kini banyak dilupakan:
o memulihkan para pemberontak o memperingatkan mereka yang tidak mantap o menjadi saksi bagi dunia o memuliakan Allah

4. Orang Kristen dibebaskan:
o bukan untuk menyenangkan diri sendiri o tetapi supaya dapat melayani Allah o dan dapat memenangkan orang lain

5. Kebangkitan merupakan hakikat kekristenan.
o kebangkitan BUKAN sebagai pilihan tambahan

Tema-tema Kunci

o Bacalah dengan saksama 1Ko 1:17 sampai 1Ko 2:13, dan
catatlah hal-hal yang berhubungan dengan hikmat, kuasa, kebodohan atau
kelemahan. Paulus menggunakan masing-masing ini dalam dua cara: sebagaimana
dilihat oleh manusia dan sebagaimana Allah melihatnya. Coba jelaskan semua
pokok ini.
o Dalam pasal 5 dan 6 Paulus mulai mengajukan tujuh pertanyaan dengan 'Tidak tahukah kamu?':
- sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan. 1Ko 5:6
- orang kudus akan menghakimi dunia. 1Ko 6:2
- kita akan menghakimi malaikat-malaikat. 1Ko 6:3
- orang-orang yang tidak benar tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. 1Ko 6:9
- tubuhmu adalah anggota Kristus. 1Ko 6:15
- siapa yang mengikatkan dirinya dengan pelacur, menjadi satu tubuh dengan dia. 1Ko 6:16
- tubuhmu adalah bait Roh Kudus. 1Ko 6:19

Atas dasar apa Paulus berharap agar orang Kristen di Korintus mengetahui
ketujuh prinsip ini? Jika kita tahu ketujuh prinsip ini, apa pengaruhnya atas
tingkah laku kita?
o Empat dasar injil. Dalam 1Ko 15:3-5 Paulus mempersingkat Injil menjadi empat dasar pengajaran.

1. Kristus mati untuk dosa-dosa kita sesuai dengan apa yang tertulis dalam kitab suci.
2. Ia dikuburkan.
3. Ia dibangkitkan pada hari ketiga sesuai dengan apa yang tertulis dalam kitab suci.
4. Ia menampakkan diri...

Selidikilah dalam seluruh Perjanjian Lama dan tunjukkan bahwa Kristus mati
untuk dosa-dosa kita sesuai dengan kitab suci dan bahwa Kristus dibangkitkan
pada hari ketiga sesuai dengan kitab suci.

o Pasal 15 mengenai kebangkitan. Apa konsekuensi dari kepercayaan yang tidak
mengakui adanya kebangkitan (ayat 12-19)?

Perhatikan tiga pasangan yang mencolok yang ditunjukkan oleh Paulus dalam ayat
45-49:

1. Adam pertama dan Adam terakhir.
2. Manusia pertama dan Manusia kedua.
3. Manusia dari debu dan Manusia dari surga.
Mengapa Yesus dikatakan Adam terakhir, tetapi Manusia kedua? (Pelajarilah
dengan saksama Rom 5:6-21 untuk lebih mendalami hal yang sangat
kontras antara Adam dan Kristus).

Garis Besar Intisari: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR 1Ko 1:1-9 1Ko 1:1-3Salam 1Ko 1:4-9Beberapa komentar yang mengejutkan [2] SKANDAL GEREJA YANG TERPECAH 1Ko 1:10-4:21 1Ko 1:

[1] PENGANTAR 1Ko 1:1-9

1Ko 1:1-3Salam
1Ko 1:4-9Beberapa komentar yang mengejutkan

[2] SKANDAL GEREJA YANG TERPECAH 1Ko 1:10-4:21

1Ko 1:10-31Manusia dipermuliakan: Kristus disalibkan
1Ko 2:1-3:4Hikmat rohani
1Ko 3:5-4:5Pikirkan tentang para pemimpin seperti ini
1Ko 4:6-21Kesombongan luar biasa, kemiskinan dan kuasa

[3] SKANDAL IMORALITAS 1Ko 5:1-6:20

1Ko 5:1-13Skandal seksual yang memalukan
1Ko 6:1-8Skandal peradilan
1Ko 6:9-20Kesucian bagi Bait Roh Kudus

[4] PERTANYAAN-PERTANYAAN TENTANG PERKAWINAN 1Ko 7:1-40

1Ko 7:1-9Tentang hak dan kewajiban
1Ko 7:10-24Tentang perceraian
1Ko 7:25-38Bagaimana tentang orang-orang yang melajang?
1Ko 7:39-40Ringkasan

[5] DIBEBASKAN... TETAPI SEBERAPA BEBAS? 1Ko 8:1-11:1

1Ko 8:1-13Dibebaskan dari penyembahan berhala, tetapi...
1Ko 9:1-27Bebas dari pengaruh masyarakat, tetapi...
1Ko 10:1-13Bebas karena anugerah Allah, tetapi...
1Ko 10:14-11:1Bebas untuk melayani manusia dan menyukakan Allah

[6] KEKACAUAN DALAM IBADAH DI GEREJA 1Ko 11:2-14:40

1Ko 11:2-16Rambut panjang, topi dan kerudung
1Ko 11:17-34Perjamuan Kudus: dalam gereja yang terpecah?
1Ko 12:1-31Karunia-karunia Roh
1Ko 13:1-13Karunia yang terbesar
1Ko 14:1-40Bahasa lidah dan nubuatan

[7] KEBANGKITAN 1Ko 15:1-58

1Ko 15:1-11Inilah kabar baik
1Ko 15:12-19Jika Kristus tidak bangkit...
1Ko 15:20-34Tetapi Ia telah bangkit dan kita pun akan dibangkitkan
1Ko 15:35-50Apa arti kebangkitan
1Ko 15:51-58Kemuliaan kebangkitan

[8] KESIMPULAN 1Ko 16:1-24

1Ko 16:1-9Rencana-rencana Paulus
1Ko 16:10-20Beberapa orang penting
1Ko 16:21-24Salam pribadi
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 2.00 detik
dipersembahkan oleh YLSA