kecilkan semua  

Teks -- Yohanes 15:9-17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Perintah supaya saling mengasihi
15:9 "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. 15:10 Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. 15:11 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. 15:12 Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. 15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. 15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu. 15:17 Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Hagelberg , Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yoh 15:9-10 - TINGGAL DI DALAM KASIH-KU. Nas : Yoh 15:9-10 Orang percaya harus tetap hidup dalam suasana kasih Kristus. Yesus mengatakan bahwa hal ini terjadi dengan menaati perintah-perin...

Nas : Yoh 15:9-10

Orang percaya harus tetap hidup dalam suasana kasih Kristus. Yesus mengatakan bahwa hal ini terjadi dengan menaati perintah-perintah-Nya.

Full Life: Yoh 15:16 - PERGI DAN MENGHASILKAN BUAH. Nas : Yoh 15:16 Semua orang Kristen dipilih "dari dunia" (ayat Yoh 15:19) untuk "berbuah" (ayat Yoh 15:2,4-5,8). Berbuah ini menunjuk kepada (...

Nas : Yoh 15:16

Semua orang Kristen dipilih "dari dunia" (ayat Yoh 15:19) untuk "berbuah" (ayat Yoh 15:2,4-5,8). Berbuah ini menunjuk kepada

  1. (1) kebajikan-kebajikan rohani, seperti buah Roh yang disebutkan dalam Gal 5:22-23 -- kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri (bd. Ef 5:9; Kol 1:6; Ibr 12:11; Yak 3:18); dan
  2. (2) berusaha membawa orang kepada Kristus (Yoh 4:36; 12:24).

Jerusalem: Yoh 13:2--17:26 - -- Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang...

Cerita tentang Yesus membasuh kaki murid-muridNya dan wejangan yang menyertainya, Yoh 13:2-20, merupakan pendahuluan bagi wejangan-wejangan besar yang diucapkan Yesus dalam bab 13-17. Sebagaimana disajikan oleh Yohanes wejangan-wejangan itu mempersatukan berbagai wejangan yang disampaikan Yesus pada waktu yang berbeda-beda.Bab 16 adalah majemuk sekali dan agaknya hanya dalam bentuk lain menyajikan sekali lagi apa yang dikatakan Yesus dalam bab 14. Wejangan-wejangan itu oleh Yohanes ditempatkan di sini, yakni pada saat Yesus beralih dari hidup di dunia ke hidup sorgawiNya, dengan maksud menyingkapkan makna hidup Yesus yang terdalam.

Ende: Yoh 15:9 - Dalam tjintaKu Disini ungkapan ini berarti: dalam tjinta Jesus kepada mereka. Mereka tidak boleh mendjauhkan diri dari Jesus atau malah mentjeraikan diri dari padaNj...

Disini ungkapan ini berarti: dalam tjinta Jesus kepada mereka. Mereka tidak boleh mendjauhkan diri dari Jesus atau malah mentjeraikan diri dari padaNja.

Ende: Yoh 15:16 - Menghasilkan buah-buah Dalam hubungan ini Jesus tentu memaksudkan buah-buah kekudusan jang diperoleh dengan memenuhi segala perintah.

Dalam hubungan ini Jesus tentu memaksudkan buah-buah kekudusan jang diperoleh dengan memenuhi segala perintah.

Ref. Silang FULL: Yoh 15:9 - mengasihi Aku · mengasihi Aku: Yoh 17:23,24,26

· mengasihi Aku: Yoh 17:23,24,26

Ref. Silang FULL: Yoh 15:10 - menuruti perintah-Ku · menuruti perintah-Ku: Yoh 14:15; Yoh 14:15

· menuruti perintah-Ku: Yoh 14:15; [Lihat FULL. Yoh 14:15]

Ref. Silang FULL: Yoh 15:11 - menjadi penuh · menjadi penuh: Yoh 3:29; Yoh 3:29

· menjadi penuh: Yoh 3:29; [Lihat FULL. Yoh 3:29]

Ref. Silang FULL: Yoh 15:12 - mengasihi kamu · mengasihi kamu: Yoh 15:17; Yoh 13:34; Yoh 13:34

· mengasihi kamu: Yoh 15:17; Yoh 13:34; [Lihat FULL. Yoh 13:34]

Ref. Silang FULL: Yoh 15:13 - untuk sahabat-sahabatnya · untuk sahabat-sahabatnya: Kej 44:33; Yoh 10:11; Rom 5:7,8

· untuk sahabat-sahabatnya: Kej 44:33; Yoh 10:11; Rom 5:7,8

Ref. Silang FULL: Yoh 15:14 - adalah sahabat-Ku // yang Kuperintahkan · adalah sahabat-Ku: Ayub 16:20; Ams 18:24; Luk 12:4 · yang Kuperintahkan: Mat 12:50

· adalah sahabat-Ku: Ayub 16:20; Ams 18:24; Luk 12:4

· yang Kuperintahkan: Mat 12:50

Ref. Silang FULL: Yoh 15:15 - kepada kamu · kepada kamu: Yoh 8:26

· kepada kamu: Yoh 8:26

Ref. Silang FULL: Yoh 15:16 - menetapkan kamu // menghasilkan buah // dalam nama-Ku · menetapkan kamu: Yoh 15:19; Yoh 13:18 · menghasilkan buah: Yoh 15:5 · dalam nama-Ku: Mat 7:7; Mat 7:7

· menetapkan kamu: Yoh 15:19; Yoh 13:18

· menghasilkan buah: Yoh 15:5

· dalam nama-Ku: Mat 7:7; [Lihat FULL. Mat 7:7]

Ref. Silang FULL: Yoh 15:17 - yang lain · yang lain: Yoh 15:12

· yang lain: Yoh 15:12

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Hagelberg: Yoh 15:9 - -- 15:9 "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Memang kiasan tentang pengusaha, ...

15:9 "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.

Memang kiasan tentang pengusaha, pokok anggur, dan ranting terbatas, dan tidak dapat dipakai untuk menceritakan pentingnya dan sempurnanya kasih Bapa dan kasih Tuhan Yesus.1073 Kasih Tuhan Yesus bagi murid-murid-Nya adalah sempurna: kasih itu sama dengan kasih Bapa pada Tuhan Yesus. Kasih Bapa bagi Tuhan Yesus telah menjadi pola buat kasih Tuhan Yesus bagi kita.

Mereka dihimbau untuk tidak melupakan kasih itu. Mereka dihimbau untuk mengalami dan menikmati kasih itu. Kasih itu adalah fondasi hidup orang Kristen.1074 Kehidupan Kristen yang tidak tinggal di dalam kasih Kristus, yang tidak memegang kesadaran penuh mengenai kasih Kristus, menjadi seperti bangunan tanpa fondasi, yaitu bangunan yang mudah roboh.

Perintah untuk tinggal di dalam kasih Kristus menolong kita untuk memahami perintah "tinggallah di dalam Aku". Kita perlu merenungkan kasih itu siang dan malam, dan memfokuskan hati dan pikiran kita pada Kristus.

Hagelberg: Yoh 15:9-16 - -- b. Penjelasannya (15:9-16) Setelah mereka mendengar apa yang dikatakan dalam ayat 1-8, mereka ingin mengerti lebih banyak mengenai ungkapan "tinggal d...

b. Penjelasannya (15:9-16)

Setelah mereka mendengar apa yang dikatakan dalam ayat 1-8, mereka ingin mengerti lebih banyak mengenai ungkapan "tinggal di dalam Aku". Memang ungkapan itu bersifat umum, dan mereka memerlukan pengertian yang lebih spesifik dan tertentu. Arti kiasan pokok dan ranting anggur dijelaskan dalam bagian ini. Tuhan Yesus tidak lagi memakai kiasan dalam bagian ini. Dia berbicara terus-terang mengenai kehidupan kita yang terkait erat dengan Dia, yang menikmati kasih-Nya dan yang menuruti Firman-Nya.

Hagelberg: Yoh 15:9 - -- 15:9 "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Memang kiasan tentang pengusaha, ...

15:9 "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu.

Memang kiasan tentang pengusaha, pokok anggur, dan ranting terbatas, dan tidak dapat dipakai untuk menceritakan pentingnya dan sempurnanya kasih Bapa dan kasih Tuhan Yesus.1073 Kasih Tuhan Yesus bagi murid-murid-Nya adalah sempurna: kasih itu sama dengan kasih Bapa pada Tuhan Yesus. Kasih Bapa bagi Tuhan Yesus telah menjadi pola buat kasih Tuhan Yesus bagi kita.

Mereka dihimbau untuk tidak melupakan kasih itu. Mereka dihimbau untuk mengalami dan menikmati kasih itu. Kasih itu adalah fondasi hidup orang Kristen.1074 Kehidupan Kristen yang tidak tinggal di dalam kasih Kristus, yang tidak memegang kesadaran penuh mengenai kasih Kristus, menjadi seperti bangunan tanpa fondasi, yaitu bangunan yang mudah roboh.

Perintah untuk tinggal di dalam kasih Kristus menolong kita untuk memahami perintah "tinggallah di dalam Aku". Kita perlu merenungkan kasih itu siang dan malam, dan memfokuskan hati dan pikiran kita pada Kristus.

Hagelberg: Yoh 15:1-16 - -- 1. Pokok anggur dan ranting (15:1-16) Setelah Tuhan Yesus menginjili perempuan itu di sumur Yakob, murid-murid-Nya mengajak Dia makan, tetapi Dia menj...

1. Pokok anggur dan ranting (15:1-16)

Setelah Tuhan Yesus menginjili perempuan itu di sumur Yakob, murid-murid-Nya mengajak Dia makan, tetapi Dia menjawab, "Pada-Ku ada makanan yang tidak kamu kenal." Saat itu mereka belum mengerti mengenai pentingnya kehidupan yang "berbuah" bagi Allah Bapa. Percakapan ini dalam pasal 15 menjadi kesempatan yang baik untuk menguraikan hubungan yang erat antara murid dan Tuhan Yesus, suatu hubungan yang memungkinkan "buah" yang berkenan.

Dalam pasal 8:31-32, Tuhan Yesus berkata kepada orang-orang yang percaya kepada-Nya, "Jikalau kamu tetap1053 dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu." Pada waktu itu situasi tidak memungkinkan penjelasan lebih lanjut, tetapi di sini, pada saat-saat terakhir sebelum Dia dikhianati, Dia menjelaskan lebih dalam apa artinya "kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu".

Dalam pasal 14 pentingnya kasih dan ketaatan diuraikan lebih dalam. Pasal 14:23 menceritakan suatu hasil dari kasih dan ketaatan: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia." Tuhan Yesus sungguh menghendaki supaya murid-murid-Nya memahami hal ini sebelum Dia harus berpisah dari mereka, maka Dia kembangkan tema ini, dengan memakai suatu kiasan panjang mengenai pokok anggur dan rantingnya, yang menguraikan persekutan yang dinikmati oleh orang yang mengasihi dan menaati Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 15:1--16:33 - -- C. Pesan Perpisahan: bagian kedua (15:1-16:33)

C. Pesan Perpisahan: bagian kedua (15:1-16:33)

Hagelberg: Yoh 13:1--20:31 - -- IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31) Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah b...

IV. PENYATAAN YESUS DALAM SALIB-NYA DAN KEMULIAAN-NYA (13:1-20:31)

Usaha untuk memberi tanda dan firman supaya orang banyak percaya kepada-Nya telah berakhir. Dia meninggalkan orang banyak, dan Dia memperhatikan murid-murid-Nya. Tema kematian-Nya semakin jelas dalam perkataan-Nya kepada mereka.

Hagelberg: Yoh 15:10 - -- 15:10 Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Pe...

15:10 Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya.

Perintah untuk tetap tinggal di dalam kasih Kristus sudah diberikan kepada kita. Dalam ayat 7 Tuhan Yesus berkata, "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu...." Ayat 10 ini mengembangkan ungkapan "dan firman-Ku tinggal di dalam kamu".

Ayat ini menjelaskan cara bagaimana orang dapat tinggal di dalam kasih Kristus: turuti perintah-Nya. Seperti apa yang sudah diucapkan di dalam pasal 14:21-24, ketaatan adalah satu-satunya cara untuk tinggal di dalam Kristus, atau tinggal di dalam kasih-Nya. Ketaatan yang Dia ketengahkan di sini bukanlah ketaatan pada suatu daftar peraturan saja. Ketaatan yang dituntut di sini adalah ketaatan yang bulat, yaitu suatu penyerahan yang total, seperti persekutuan dan ketaatan Tuhan Yesus pada Allah Bapa.1075

Ketaatan Kristus pada kehendak Allah Bapa adalah tema yang sangat penting dalam Injil Yohanes, yang diulang berkali-kali (lihat pasal 4:34; 5:19-23; 6:38; 8:29, 55; 10:17-18; 12:27-28; dan 14:31).1076

Ketaatan Tuhan Yesus pada perintah Bapa menjadi pola buat ketaatan kita pada perintah Tuhan Yesus. Jika kita menuruti perintah-Nya maka pengalaman Tuhan Yesus di dalam kasih Bapa-Nya menjadi pola pengalaman kita di dalam kasih Kristus.

Hagelberg: Yoh 15:10 - -- 15:10 Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Pe...

15:10 Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya.

Perintah untuk tetap tinggal di dalam kasih Kristus sudah diberikan kepada kita. Dalam ayat 7 Tuhan Yesus berkata, "Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu...." Ayat 10 ini mengembangkan ungkapan "dan firman-Ku tinggal di dalam kamu".

Ayat ini menjelaskan cara bagaimana orang dapat tinggal di dalam kasih Kristus: turuti perintah-Nya. Seperti apa yang sudah diucapkan di dalam pasal 14:21-24, ketaatan adalah satu-satunya cara untuk tinggal di dalam Kristus, atau tinggal di dalam kasih-Nya. Ketaatan yang Dia ketengahkan di sini bukanlah ketaatan pada suatu daftar peraturan saja. Ketaatan yang dituntut di sini adalah ketaatan yang bulat, yaitu suatu penyerahan yang total, seperti persekutuan dan ketaatan Tuhan Yesus pada Allah Bapa.1075

Ketaatan Kristus pada kehendak Allah Bapa adalah tema yang sangat penting dalam Injil Yohanes, yang diulang berkali-kali (lihat pasal 4:34; 5:19-23; 6:38; 8:29, 55; 10:17-18; 12:27-28; dan 14:31).1076

Ketaatan Tuhan Yesus pada perintah Bapa menjadi pola buat ketaatan kita pada perintah Tuhan Yesus. Jika kita menuruti perintah-Nya maka pengalaman Tuhan Yesus di dalam kasih Bapa-Nya menjadi pola pengalaman kita di dalam kasih Kristus.

Hagelberg: Yoh 15:11 - -- 15:11 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. Mungkin kita dapat membaca tuntutan pada ket...

15:11 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.

Mungkin kita dapat membaca tuntutan pada ketaatan yang total, dan merasa bahwa tuntutan itu terlalu berat, tetapi Tuhan Yesus tidak setuju. Dia mengerti bahwa ketaatan pada perintah-Nya membawa sukacita, karena kehendak-Nya bagi kita adalah baik.

Hagelberg: Yoh 15:11 - -- 15:11 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. Mungkin kita dapat membaca tuntutan pada ket...

15:11 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.

Mungkin kita dapat membaca tuntutan pada ketaatan yang total, dan merasa bahwa tuntutan itu terlalu berat, tetapi Tuhan Yesus tidak setuju. Dia mengerti bahwa ketaatan pada perintah-Nya membawa sukacita, karena kehendak-Nya bagi kita adalah baik.

Hagelberg: Yoh 15:12 - -- 15:12 Inilah perintah-Ku,1077 yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Perintah-perintah yang harus ditaati diringkaskan ...

15:12 Inilah perintah-Ku,1077 yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.

Perintah-perintah yang harus ditaati diringkaskan menjadi satu perintah: supaya kita saling mengasihi. Jika kita saling mengasihi seperti itu, pastilah segala perintah yang lain juga kita taati. Perintah ini disebut "perintah baru" dalam pasal 13:34. Standar kasih kita kepada saudara-saudara seiman adalah kasih Kristus kepada kita.

Hagelberg: Yoh 15:12 - -- 15:12 Inilah perintah-Ku,1077 yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Perintah-perintah yang harus ditaati diringkaskan ...

15:12 Inilah perintah-Ku,1077 yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.

Perintah-perintah yang harus ditaati diringkaskan menjadi satu perintah: supaya kita saling mengasihi. Jika kita saling mengasihi seperti itu, pastilah segala perintah yang lain juga kita taati. Perintah ini disebut "perintah baru" dalam pasal 13:34. Standar kasih kita kepada saudara-saudara seiman adalah kasih Kristus kepada kita.

Hagelberg: Yoh 15:13 - -- 15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.1078 Ungkapan "seperti Aku telah meng...

15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.1078

Ungkapan "seperti Aku telah mengasihi kamu" dalam ayat 12 dikembangkan dalam ayat ini, sehingga besarnya kasih yang Dia punya menjadi nyata. Namun mungkin waktu itu murid-murid Tuhan Yesus belum dapat mengerti bahwa tidak lama lagi Tuhan Yesus sendiri menjadi seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabat-Nya. 1 Yohanes 3:16 meringkas dua ayat ini dengan kata, "Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita."

Hagelberg: Yoh 15:13 - -- 15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.1078 Ungkapan "seperti Aku telah meng...

15:13 Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.1078

Ungkapan "seperti Aku telah mengasihi kamu" dalam ayat 12 dikembangkan dalam ayat ini, sehingga besarnya kasih yang Dia punya menjadi nyata. Namun mungkin waktu itu murid-murid Tuhan Yesus belum dapat mengerti bahwa tidak lama lagi Tuhan Yesus sendiri menjadi seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabat-Nya. 1 Yohanes 3:16 meringkas dua ayat ini dengan kata, "Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita."

Hagelberg: Yoh 15:14 - -- 15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau1079 kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Dalam 2 Tawarikh 20:7; Yesaya 41:8; dan Yakobus 2:23 Abraham d...

15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau1079 kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Dalam 2 Tawarikh 20:7; Yesaya 41:8; dan Yakobus 2:23 Abraham disebut sebagai sahabat (atau "kekasih") Allah. Mereka, dan juga kita, memperoleh kesempatan untuk ikut Abraham dalam status sahabat Tuhan Yesus, jikalau mereka taat. Seorang sahabat Kristus adalah seseorang yang taat. Orang itu tinggal di dalam Dia, dan firman-Nya tinggal di dalam orang itu. Dalam ayat ini Dia memakai sebuah istilah yang baru, sahabat-Ku, untuk menceritakan suatu status yang telah merupakan tema pokok bagian ini.

Dalam pasal 1-12, julukan "orang selamat" ditawarkan kepada barangsiapa percaya kepada Tuhan Yesus. Dalam bagian ini julukan sahabat-Ku ditawarkan kepada barangsiapa yang percaya dan berbuat apa yang Kuperintahkan kepadanya. Perbedaan ini penting. Sebaiknya tawaran yang pertama tidak dicampurkan dengan syarat tawaran kedua. Kita perlu membedakan antara dua tawaran ini dan syaratnya masing-masing.

Hagelberg: Yoh 15:14 - -- 15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau1079 kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Dalam 2 Tawarikh 20:7; Yesaya 41:8; dan Yakobus 2:23 Abraham d...

15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau1079 kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

Dalam 2 Tawarikh 20:7; Yesaya 41:8; dan Yakobus 2:23 Abraham disebut sebagai sahabat (atau "kekasih") Allah. Mereka, dan juga kita, memperoleh kesempatan untuk ikut Abraham dalam status sahabat Tuhan Yesus, jikalau mereka taat. Seorang sahabat Kristus adalah seseorang yang taat. Orang itu tinggal di dalam Dia, dan firman-Nya tinggal di dalam orang itu. Dalam ayat ini Dia memakai sebuah istilah yang baru, sahabat-Ku, untuk menceritakan suatu status yang telah merupakan tema pokok bagian ini.

Dalam pasal 1-12, julukan "orang selamat" ditawarkan kepada barangsiapa percaya kepada Tuhan Yesus. Dalam bagian ini julukan sahabat-Ku ditawarkan kepada barangsiapa yang percaya dan berbuat apa yang Kuperintahkan kepadanya. Perbedaan ini penting. Sebaiknya tawaran yang pertama tidak dicampurkan dengan syarat tawaran kedua. Kita perlu membedakan antara dua tawaran ini dan syaratnya masing-masing.

Hagelberg: Yoh 15:15 - -- 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba,1080 sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku te...

15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba,1080 sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Kita diajak menjadi sahabat Allah! Allah yang telah menebus kita rindu melibatkan kita dalam apa yang diperbuat-Nya. Dia hendak bersekutu dengan kita sebagai sahabat. Tidak memuaskan hati Allah jika Dia hanya memiliki kita sebagai budak yang harus tunduk. Namun ayat yang sebelumnya mengatakan dengan jelas bahwa ada syarat menjadi sahabat Allah, yaitu kita harus berbuat apa yang Dia perintahkan kepada kita.

Menurut budaya dan hukum zaman itu, seorang hamba atau "budak" adalah sebuah alat yang dipakai untuk memperoleh suatu hasil. Dia tidak memiliki hak asasi manusia.1081 Seorang tuan yang memiliki budak-budak tidak berbicara kepada mereka supaya mereka ikut terbeban mengenai urusan-urusan tuan itu.

Dalam Roma 6:16-22 Rasul Paulus memakai ungkapan "budak kebenaran" dan "budak Allah", tetapi konteks itu jauh dari konteks ini. Dalam Surat Roma Rasul Paulus menjelaskan bahwa manusia harus mengabdi pada seorang tuan, yaitu kepada Allah, ataupun kepada dosa, dan tidak ada pilihan yang lain. Dalam konteks Yohanes pasal 15 kiasan tentang perbudakan digunakan dengan cara yang lain. Rasul Paulus membandingkan perbudakan pada dosa dengan perbudakan pada Allah, tetapi Tuhan Yesus membandingkan perbudakan dengan persahabatan. Paulus menghimbau supaya penyerahan kita total, sehingga kita menjadi seperti seorang budak di depan Allah, sedangkan Tuhan Yesus menceritakan kebaikan Allah, yang siap mengangkat kita pada status sahabat, asalkan penyerahan kita memungkinkan status tersebut!

Dia telah memberitahukan kepada mereka segala sesuatu yang telah Dia dengar dari Bapa-Nya. Namun pasal 16:12 berkata, "masih banyak hal yang harus" dikatakan kepada mereka, "tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya." Pasal 16:13 menjalaskan bahwa "apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran". Mereka masih perlu diajar, bukan karena ajaran Tuhan Yesus kurang lengkap, tetapi karena saat itu mereka "belum dapat menanggungnya."

Hagelberg: Yoh 15:15 - -- 15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba,1080 sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku te...

15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba,1080 sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

Kita diajak menjadi sahabat Allah! Allah yang telah menebus kita rindu melibatkan kita dalam apa yang diperbuat-Nya. Dia hendak bersekutu dengan kita sebagai sahabat. Tidak memuaskan hati Allah jika Dia hanya memiliki kita sebagai budak yang harus tunduk. Namun ayat yang sebelumnya mengatakan dengan jelas bahwa ada syarat menjadi sahabat Allah, yaitu kita harus berbuat apa yang Dia perintahkan kepada kita.

Menurut budaya dan hukum zaman itu, seorang hamba atau "budak" adalah sebuah alat yang dipakai untuk memperoleh suatu hasil. Dia tidak memiliki hak asasi manusia.1081 Seorang tuan yang memiliki budak-budak tidak berbicara kepada mereka supaya mereka ikut terbeban mengenai urusan-urusan tuan itu.

Dalam Roma 6:16-22 Rasul Paulus memakai ungkapan "budak kebenaran" dan "budak Allah", tetapi konteks itu jauh dari konteks ini. Dalam Surat Roma Rasul Paulus menjelaskan bahwa manusia harus mengabdi pada seorang tuan, yaitu kepada Allah, ataupun kepada dosa, dan tidak ada pilihan yang lain. Dalam konteks Yohanes pasal 15 kiasan tentang perbudakan digunakan dengan cara yang lain. Rasul Paulus membandingkan perbudakan pada dosa dengan perbudakan pada Allah, tetapi Tuhan Yesus membandingkan perbudakan dengan persahabatan. Paulus menghimbau supaya penyerahan kita total, sehingga kita menjadi seperti seorang budak di depan Allah, sedangkan Tuhan Yesus menceritakan kebaikan Allah, yang siap mengangkat kita pada status sahabat, asalkan penyerahan kita memungkinkan status tersebut!

Dia telah memberitahukan kepada mereka segala sesuatu yang telah Dia dengar dari Bapa-Nya. Namun pasal 16:12 berkata, "masih banyak hal yang harus" dikatakan kepada mereka, "tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya." Pasal 16:13 menjalaskan bahwa "apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran". Mereka masih perlu diajar, bukan karena ajaran Tuhan Yesus kurang lengkap, tetapi karena saat itu mereka "belum dapat menanggungnya."

Hagelberg: Yoh 15:16 - -- 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu ...

15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap,1082 supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Ajaran pemilihan Allah sudah diceritakan dalam Injil Yohanes.1083 Mungkin ajaran tersebut dikemukakan dalam konteks ini supaya mereka tidak menjadi sombong, sebagai sahabat Tuhan Yesus.

Menurut Carson1084 ayat ini menceritakan empat tujuan mengapa Tuhan Yesus memilih dan menetapkan mereka:

1) supaya mereka pergi

2) supaya mereka menghasilkan buah

3) supaya buah mereka tetap

4) supaya doa mereka dikabulkan oleh Allah Bapa

Pemakaian istilah pergi (dan juga istilah menetapkan1085) memberi kesan bahwa buah yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah hasil penginjilan sedunia, hasil mereka sebagai utusan ke ujung bumi. Buah yang akan menetap adalah orang-orang di seluruh dunia yang akan mereka muridkan.

Sekali lagi Tuhan Yesus mengetengahkan tema doa yang dikabulkan. Dalam ayat 7 Dia telah menjelaskan bahwa kehidupan di dalam Dia dan doa yang dikabulkan tidak dapat dipisahkan. Dalam pasal 16:23 ajaran mengenai doa dikembangkan lagi.

Hagelberg: Yoh 15:16 - -- 15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu ...

15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap,1082 supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Ajaran pemilihan Allah sudah diceritakan dalam Injil Yohanes.1083 Mungkin ajaran tersebut dikemukakan dalam konteks ini supaya mereka tidak menjadi sombong, sebagai sahabat Tuhan Yesus.

Menurut Carson1084 ayat ini menceritakan empat tujuan mengapa Tuhan Yesus memilih dan menetapkan mereka:

1) supaya mereka pergi

2) supaya mereka menghasilkan buah

3) supaya buah mereka tetap

4) supaya doa mereka dikabulkan oleh Allah Bapa

Pemakaian istilah pergi (dan juga istilah menetapkan1085) memberi kesan bahwa buah yang dimaksudkan dalam ayat ini adalah hasil penginjilan sedunia, hasil mereka sebagai utusan ke ujung bumi. Buah yang akan menetap adalah orang-orang di seluruh dunia yang akan mereka muridkan.

Sekali lagi Tuhan Yesus mengetengahkan tema doa yang dikabulkan. Dalam ayat 7 Dia telah menjelaskan bahwa kehidupan di dalam Dia dan doa yang dikabulkan tidak dapat dipisahkan. Dalam pasal 16:23 ajaran mengenai doa dikembangkan lagi.

Hagelberg: Yoh 15:17 - -- 15:17 Perintah-perintah ini1086 Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu mengasihi seorang akan yang lain." Tema kasih seorang kepada yang lain diulangi se...

15:17 Perintah-perintah ini1086 Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu mengasihi seorang akan yang lain."

Tema kasih seorang kepada yang lain diulangi sebagai peralihan pada tema kebencian dari dunia. Kasih yang nyata antara sesama dalam Kristus terlihat oleh orang luar. Tuhan Yesus menghendaki supaya kita memahami tanggapan mereka pada kasih itu.

Hagelberg: Yoh 15:17--16:4 - -- 2. Oposisi dari dunia (15:17-16:4a) Melalui kiasan pokok anggur dan ranting-ranting serta penjelasannya kita mengerti bahwa kita harus tinggal di dala...

2. Oposisi dari dunia (15:17-16:4a)

Melalui kiasan pokok anggur dan ranting-ranting serta penjelasannya kita mengerti bahwa kita harus tinggal di dalam kasih Kristus, dan bahwa dengan sikap tersebut kita menghasilkan buah. Namun jika ada sikap dan buah tersebut, ada juga perlawanan. Dunia pasti membenci hubungan yang mantap antara murid dan Tuhan Yesus.

Hagelberg: Yoh 15:17 - -- 15:17 Perintah-perintah ini1086 Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu mengasihi seorang akan yang lain." Tema kasih seorang kepada yang lain diulangi se...

15:17 Perintah-perintah ini1086 Kuperintahkan kepadamu, supaya kamu mengasihi seorang akan yang lain."

Tema kasih seorang kepada yang lain diulangi sebagai peralihan pada tema kebencian dari dunia. Kasih yang nyata antara sesama dalam Kristus terlihat oleh orang luar. Tuhan Yesus menghendaki supaya kita memahami tanggapan mereka pada kasih itu.

Wycliffe: Yoh 13:31--16:33 - -- C. Percakapan di Ruang Atas (13:31-16:33) Kata-kata Yesus yang berharga ini diucapkan dalam kaitan dengan kepergian-Nya kepada Bapa sesaat lagi dan j...

C. Percakapan di Ruang Atas (13:31-16:33)

Kata-kata Yesus yang berharga ini diucapkan dalam kaitan dengan kepergian-Nya kepada Bapa sesaat lagi dan juga mengingat keadaan yang akan dialami para pengikut Tuhan tanpa kehadiran diri-Nya (16:4). Terdapat tiga alur ajaran utama yang bisa ditangkap: (1) perintah-perintah menyangkut tugas yang harus dilaksanakan oleh para murid, yaitu bersaksi dan menghasilkan buah dengan diikat dan diliputi oleh kasih; (2) peringatan-peringatan tentang perlawanan dari dunia dan Iblis yang akan mereka hadapi; dan yang terutama ialah (3) suatu paparan tentang perlengkapan dari Tuhan yang akan mengokong kehidupan para murid dan menjadikan mereka berkemenangan pada hari-hari yang akan datang. Kadang-kadang pengajaran Tuhan diganggu oleh pertanyaan para murid, suatu petunjuk bahwa mereka kekurangan pengertian dalam banyak hal.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yoh 15:9-17 - Kasih Kristus terhadap Murid-murid-Nya Kasih Kristus terhadap Murid-murid-Nya (15:9-17) Kristus, yang adalah kasih itu sendiri, di sini berbicara mengenai kasih, kasih dengan empat sisi,...

SH: Yoh 15:1-17 - Yesus dan kita. (Senin, 18 Maret 2002) Yesus dan kita. Dalam perumpamaan ini, ada dua hal penting yang berkaitan dengan sudut pandang Perjanjian Lama yang perlu kita ketahui. Pertama, ...

SH: Yoh 15:9-17 - Sekali lagi, mengasihi (Minggu, 9 Maret 2008) Sekali lagi, mengasihi Entah ada berapa milyar murid Yesus yang kini hidup di bumi ini. Satu hal menarik yang segera menonjol ketika kita memperh...

SH: Yoh 15:9-17 - Kasih menghasilkan buah (Minggu, 2 April 2006) Kasih menghasilkan buah Pada perikop ini, panggilan gereja untuk menghasilkan buah (ayat 16b) diungkapkan Yesus dengan cara yang berbeda.Setelah men...

SH: Yoh 15:9-17 - Kasih terbesar. (Sabtu, 06 Maret 1999) Kasih terbesar. "Penyakit" yang sebenarnya paling dihindari setiap orang ialah ketika ia tidak dikasihi. Manusia yang tidak dikasihi tidak aka...

Topik Teologia: Yoh 15:9 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Memiliki Sifat-sifat Allah Kasih ...

Topik Teologia: Yoh 15:10 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Anak Allah Yes 9:5 Mat 4:3 Mat 8:29 Luk 1:35 Yoh 1:34 Yoh 1:49 Yoh 5:18 ...

Topik Teologia: Yoh 15:11 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Buah Roh Sukacita Gal 5:22 Yoh 15:11 Yoh 16:24 Rom 14:17 Rom 15:13...

Topik Teologia: Yoh 15:12 - -- Keselamatan Keselamatan Secara Umum Keselamatan adalah Didasarkan Atas Kasih Allah Ula 7:7-8 Maz 6:5 Yoh 3:16 Yoh 14:21-24 Yoh ...

Topik Teologia: Yoh 15:13 - -- Keselamatan Keselamatan Secara Umum Keselamatan adalah Didasarkan Atas Kasih Allah Ula 7:7-8 Maz 6:5 Yoh 3:16 Yoh 14:21-24 Yoh ...

Topik Teologia: Yoh 15:14 - -- Keselamatan Ketekunan Peringatan untuk Bertekun 1Ta 16:11 Ayu 17:9 Yeh 18:24 Hos 12:7 Mik 6:8 Mat 10:22 Mar 4:3-8 Luk 22:31-32 ...

Topik Teologia: Yoh 15:15 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Misi Yesus Yesus Datang untuk Meny...

Topik Teologia: Yoh 15:16 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap S...

Topik Teologia: Yoh 15:17 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Orang Lain Pada Umumnya atau Terh...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yohanes Tema : Yesus, Putra Allah Tanggal Penulisan: 80-95 M Latar Belakang Injil Yohanes adalah unik di antara keem...

Full Life: Yohanes (Garis Besar) Garis Besar Prolog tentang Logos (Yoh 1:1-18) I. Memperkenalkan Kristus kepada Israel (Yoh 1:19-51) A. Oleh Yohan...

Matthew Henry: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Kita tidak sedang membahas kapan dan di mana Injil ini dituliskan. Kita yakin Injil ini diberikan melalui inspirasi Allah kepada Yohanes, saudara Yako...

Jerusalem: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INJIL YOHANES PENGANTAR INJIL YOHANES DAN SURAT-SURAT YOHANES Injil Yohanes Kata Penutup pertama, Yoh 20:31, menyatakan termasuk jenis sastra Injil Yo...

Ende: Yohanes (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN JOANES KATA PENGANTAR Karangan Indjil ini biasa disebut "Indjil keempat". Menurut riwajat lisan (tradisi) jang sangat pa...

Hagelberg: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN Prakata Pendahuluan Injil Yohanes dapat diumpamakan sebagai sebuah kolam yang begitu dangkal sehingga seorang anak dapat main di dalam...

Hagelberg: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR I. KATA PENGANTAR (1:1-18) II. PENYATAAN YESUS DENGAN KATA DAN PERBUATAN (1:19-10:42) A. Pengantar pada Pelayanan Y...

Hagelberg: Yohanes DAFTAR PUSTAKA Daftar Kepustakaan Barrett, C. K., The Gospel According to St. John, an Introduction with Commentary and Notes on the Greek Text, The W...

Wycliffe: Yohanes (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN YOHANES Sifat dari kitab ini. Sekalipun bahasa dan susunannya sederhana, kitab ini merupakan suatu paparan yang mendalam mengenai diri Kr...

Wycliffe: Yohanes (Garis Besar) GARIS BESAR YOHANES I. Prolog 1:1.18 A. Pra-eksistensi Logos 1:1, 2 B. Logos Kosmis 1:3-5 C. Logos yang Berinkarnas...

BIS: Yohanes (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES PENGANTAR Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang ab

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH YOHANES

PENGANTAR

Dalam Kabar Baik yang disampaikan oleh Yohanes ini, Yesus dikemukakan sebagai Sabda Allah yang abadi yang telah menjadi manusia dan tinggal di antara kita. Seperti yang dikatakan dalam buku ini, Kabar Baik ini ditulis dengan maksud supaya para pembacanya dapat percaya bahwa Yesuslah Raja Penyelamat yang dijanjikan -- Ia Anak Allah sendiri. Juga supaya melalui percaya kepada-Nya mereka memperoleh hidup (Yoh 20:31).

Setelah pendahuluan yang mengemukakan bahwa Sabda Allah yang abadi itu adalah Yesus, bagian pertama buku ini mengisahkan berbagai keajaiban yang dibuat oleh-Nya. Keajaiban-keajaiban itu menunjukkan bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan, Ia Anak Allah. Masing-masing kisah mengenai keajaiban disertai oleh percakapan-percakapan antara Tuhan Yesus dengan orang-orang. Dari percakapan-percakapan itu jelaslah apa yang diungkapkan oleh keajaiban-keajaiban itu. Di dalam bagian ini dikemukakan bahwa ada orang yang percaya kepada Yesus dan menjadi pengikut-Nya, tetapi ada pula yang menentang Dia dan tidak mau percaya kepada-Nya. Pasal 13-17 (Yoh 13:1-17:26) mencatat secara panjang lebar bagaimana akrabnya Yesus dengan pengikut-pengikut-Nya pada malam ketika Ia hendak ditangkap, dan bagaimana Ia mempersiapkan serta menguatkan hati mereka pada malam itu. Pasal-pasal terakhir menguraikan tentang bagaimana Yesus ditangkap dan diadili, bagaimana Ia disalibkan, mati dan bangkit kembali, dan bagaimana Ia memperlihatkan diri-Nya kepada para pengikut-Nya setelah Ia hidup kembali.

Cerita tentang wanita yang tertangkap basah sedang berbuat zinah (\\/BIS Yoh

  1. 8:1-11\\), dimasukkan antara tanda kurung besar karena banyak naskah dan

terjemahan-terjemahan zaman dahulu tidak memuat cerita itu, sedangkan yang lain-lainnya memuatnya di berbagai tempat.

Dalam bukunya ini Yohanes menitikberatkan pemberian, yaitu hidup sejati dan kekal, yang diberikan Allah melalui Kristus. Pemberian itu sudah mulai di dunia, dan dapat dialami oleh orang-orang yang menerima Yesus sebagai jalan kepada Allah, sebagai yang menyatakan Allah, dan sebagai pemberi hidup. Ciri khas Yohanes ialah kiasan-kiasan yang diambilnya dari hal-hal sehari-hari untuk menunjukkan kebenaran-kebenaran rohani, misalnya: air, roti, terang, gembala dan dombanya, pohon anggur dan buahnya.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Yoh 1:1-18
  2.  Yohanes Pembaptis dan orang-orang yang pertama-tama menjadi pengikut
    Yesus
    Yoh 1:19-51
  3.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat
    Yoh 2:1-12:50
  4.  Hari-hari terakhir di Yerusalem dan dekat Yerusalem
    Yoh 13:1-19:42
  5.  Kebangkitan Yesus dan penampakan diri-Nya
    Yoh 20:1-31
  6.  Penutup: suatu penampakan diri lagi di Galilea
    Yoh 21:1-25

Ajaran: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan manusia.

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Yohanes, orang-orang Kristen mengerti bahwa Allah mengambil rupa manusia untuk menyelamatkan manusia. Dengan demikian diharapkan agar iman mereka semakin dikuatkan dalam mengikuti Yesus, sebagai Tuhan dan Juruselamatnya.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Yohanes.

Tahun : Sekitar tahun 91 sesudah Masehi.

Penerima : Setiap orang percaya.

Isi Kitab: Kitab Injil Yohanes ini terdiri atas 21 pasal. Di dalam Kitab ini Tuhan Yesus disaksikan sebagai Firman yang menjadi manusia, Anak Allah. Karena itu, Injil Yohanes ini langsung menantang setiap pembaca untuk segera mengambil keputusan sendiri, yakni _percaya_ kepada Tuhan Yesus untuk mendapat keselamatan, tetapi jika _menolak_ Tuhan Yesus pasti akan mendapat kebinasaan.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Yohanes

Untuk mengerti keseluruhan Kitab ini, perlu dimengerti tiga kata penting berikut ini.

  1. Tanda Pengajaran tentang "tanda-tanda" ajaib yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, sebagai bukti bahwa Ia adalah Allah yang menjadi manusia

    Dalam Injil Yohanes, ada tujuh tanda penting yang dibuat oleh Tuhan Yesus, sebagai bukti bahwa Ia adalah Allah yang menjadi manusia.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 2:1-11. Mujizat air diubah menjadi anggur.
    2. Bacalah pasal Yoh 4:46-54. Tanda mujizat kedua, Tuhan Yesus menyembuhkan ana pegawai yang sakit.
    3. Bacalah pasal Yoh 5:1-47. Tanda mujizat ketiga, Tuhan Yesus menyembuhkan oran sakit di Bethesda.
    4. Bacalah pasal Yoh 6:1-14. Mujizat keempat, Tuhan Yesus memberikan makanan kepad 5010 orang dengan lima potong roti kecil dan dua ekor ikan.
    5. Bacalah pasal Yoh 6:15-21. Tuhan Yesus berjalan di atas air. Ini menunjukkan bahw Ia berkuasa atas alam raya.
    6. Bacalah pasal Yoh 9:1-14. Tuhan Yesus menyembuhkan orang buta.
    7. Bacalah pasal Yoh 11:1-57. Tuhan Yesus membangkitkan Lazarus dari kematian.

Kesemua tanda ajaib ini hanya bisa dilakukan oleh Allah, karena itu tanda-tanda tersebut membuktikan bahwa Yesus adalah Allah yang menjadi manusia. Jadi jika seorang menolak Tuhan Yesus, itu berarti ia menolak Allah. Demikian juga, jika seseorang menerima Tuhan Yesus, ia menjadi anggota keluarga Allah (bacaan Yoh 1:12).

  1. Percaya Pengajaran tentang "percaya" kepada pengakuan Tuhan Yesus tentang dirinya sendiri

    Pada dasarnya berita yang dibawa oleh Tuhan Yesus ialah berita tentang diri-Nya sendiri. Dalam Injil Yohanes ini, Tuhan Yesus memberikan tujuh perumpamaan tentang diri-Nya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 6:53,41,48; 14:6. Dalam nats-nats ini Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya adalah sumber kehidupan. Ini berarti seseorang hanya dapat memiliki hidup yang kekal dan berarti kalau ia datang kepada Tuhan Yesus.
    2. Bacalah pasal Yoh 8:12. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Terang Dunia. Ini berarti Tuhan Yesus sajalah yang dapat memberikan penerangan dalam kehidupan manusia yang berdosa.
    3. Bacalah pasal Yoh 10:7,9. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Pintu. Ini berarti hanya melalui Tuhan Yesus sajalah seseorang dapat memasuki Sorga.
    4. Bacalah pasal Yoh 10:11,14. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Gembala. Ini berarti bahwa Tuhan Yesus sajalah yang dapat memelihara dan menjaga kehidupan seseorang.
    5. Bacalah pasal Yoh 11:25. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Kebangkitan. Ini berarti di dalam diri-Nya tidak ada kematian, atau seseorang yang tidak menginginkan kematian, hanya dapat memperolehnya di dalam Tuhan Yesus.
    6. Bacalah pasal Yoh 14:6. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Jalan, Kebenaran dan Hidup. Ini berarti seseorang yang ingin beribadah kepada Allah, hanya dapat memperoleh kalau orang itu pergi dan datang kepada Tuhan Yesus saja.
    7. Bacalah pasal Yoh 15:1-8. Tuhan Yesus menyatakan diri-Nya sebagai Pokok Anggur yang benar. Ini berarti seseorang (orang percaya) dapat memberikan perbuatan dan kehidupan yang benar di hadapan Allah kalau ia tetap hidup dengan menggantungkan diri kepada Tuhan Yesus.
  2. Hidup Pengajaran tentang "hidup" bagi setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus

    Memilih Tuhan Yesus Kristus dan dimiliki oleh-Nya, berarti memiliki Allah dan hidup yang benar.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yoh 1:14. Dimanakah hidup ini berada?
    2. Bacalah pasal Yoh 3:36. Apakah yang didapat orang yang percaya? Dan apakah yang didapat orang yang tidak percaya?
    3. Bacalah pasal Yoh 5:24. Kemanakah orang yang percaya berpindah?
    4. Bacalah pasal Yoh 6:40. Apa yang menjadi kehendak Allah?
    5. Bacalah pasal Yoh 11:25-26. Apakah akibatnya percaya kepada Tuhan Yesus?

II. Penutup

Apakah TANDA-TANDA mujizat yang dibuat oleh Tuhan Yesus, dan pengakuan tentang diri-Nya, telah membuat saudara PERCAYA, bahwa Yesuslah Mesias (juruselamat) supaya oleh imanmu (percayamu) kamu beroleh HIDUP di dalam-Nya (Yohanes 20:30-31). Kalau belum, janganlah ditunda lagi, sekarang adalah waktu yang terbaik bagi anda.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Yohanes?
  2. Mujizat apakah yang pertama kali dilakukan oleh Tuhan Yesus?
  3. Berapakah pengakuan yang dinyatakan Tuhan Yesus tentang diri-Nya?
  4. Sudahkah saudara mengakui Tuhan Yesus sebagai Allah yang member kehidupan dan memelihara hidup saudara?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Inji Yohanes?

Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) Firman Allah terakhir kepada manusia INJIL YANG BERBEDA.Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan pekerjaan Yesus. Dibandingkan

Firman Allah terakhir kepada manusia

INJIL YANG BERBEDA.
Yohanes mempunyai cara pendekatan tersendiri pada kehidupan dan pekerjaan Yesus. Dibandingkan dengan Injil-injil yang lain, cara penuturan yang panjang lebar tentang apa yang dikatakan Yesus membuat sebagian orang merasa bahwa Yohanes tidak teliti. Sampai beberapa waktu yang lalu banyak ahli percaya bahwa Injil Yohanes adalah yang paling akhir (sekitar tahun 100 M.) yang paling tidak bersifat Yahudi dan bahwa ia menggunakan acuan dari yang lain; ia juga bukan seorang saksi mata dan bahwa semua kata-kata yang ditulisnya bukan benar-benar perkataan Yesus. Dengan demikian, kita diwarisi sekumpulan pemikiran yang menarik tentang Yesus yang ditulis oleh seorang Kristen pada zaman Kekristenan yang mula-mula. Arkeologi telah mengubah pandangan tersebut. Banyak ahli sekarang mengatakan bahwa Yohanes tidak bergantung pada para penulis Injil lainnya, dan bahwa ia mengenal Palestina bagian selatan dengan baik pada masa Yesus, bahwa ia juga seorang saksi mata dan bahwa ia menulis Injilnya sangat awal atau paling tidak, seawal Injil lainnya.

INJIL YOHANES?
Kita tidak dapat menerka dari Injil itu sendiri siapa penulisnya, atau paling tidak siapa yang menyediakan semua bahan tulisan itu. Penulisnya ialah' murid yang dikasihi Yesus' (Yoh 21:20-24, lihat Yoh 13:23-25). Banyak orang dan gereja mula-mula yang mengatakan bahwa penulisnya adalah Yohanes, saudara Yakobus. Walaupun namanya jelas disebut dalam Injil-injil lain, tetapi tidak disebut dalam Injil ini. Lebih dari itu, boleh jadi ia mendapat tempat di sisi Yesus pada saat Perjamuan Malam. Dengan demikian, ia tentu dapat menyampaikan hal-hal yang sangat pribadi secara terperinci tentang bagaimana Yesus berbicara dan bekerja.

MENGAPA IA MENULIS INJIL ITU?
Ia sendiri mengatakan -'supaya kamu percaya bahwa Yesus itu Kristus' (Yoh 20:30, 31). Oleh karenanya, di sini kita tidak hanya mendapatkan suatu biografi, tetapi lebih mendapatkan semacam traktat Injil yang dipersiapkan dengan saksama. Ia menceritakan kepada kita bahwa ia mempunyai bukti-bukti yang dipilihnya secara khusus. Ia hanya memasukkan tujuh mukjizat Yesus, dan biasanya dilanjutkan dengan pembicaraan yang memberi kepada kita arti yang lebih dalam tentang apa yang dikerjakan Yesus. Yohanes mengetengahkan saksi mata-saksi mata satu persatu, dan pada akhirnya pembaca harus mengambil keputusan mengenai Yesus Kristus. Oleh karena inilah maka, walaupun ia mungkin pertama-tama menulis Injilnya untuk orang bukan Yahudi (ia menjelaskan banyak istilah dan adat istiadat Yahudi), semenjak itu Injil ini telah membawa banyak orang untuk percaya kepada Kristus.

TAMBAHAN PADA TAHAP AWAL.
Dalam Injil Yohanes kita membaca salah satu kisah mengenai belas kasihan Yesus kepada seorang pendosa yang paling sering diceritakan, yaitu seorang wanita yang ditangkap karena berzinah (Yoh 7:53-8:11). Anehnya, bagian kisah tadi tidak merupakan bagian dari naskah-naskah tertua dan tidak selalu muncul pada waktu itu. Namun, banyak orang setuju bahwa kisah ini merupakan kejadian yang sungguh terjadi dalam kehidupan Yesus yang diingat, ditulis dan ditambahkan pada Injil Yohanes pada tahun-tahun pertama sesudah penulisan.

Pesan

1. Bukti
Menjadi saksi mata di persidangan merupakan tema kunci dalam Injil Yohanes.
Terdapat sejumlah kesaksian dari para saksi mata yang diketengahkan untuk
membuktikan kasus mengenai Yesus adalah Kristus dan Anak Allah.
o Perjanjian Lama: Yoh 1:45; 5:39, 46-47; 8:56, lihat Yoh 3:14; 6:32-35
o Yohanes Pembaptis: Yoh 1:6-8, 15, 19-36; 3:25-30; 5:33-36, lihat Yoh 10:40-42
o Orang banyak: Yoh 4:29, 39; 9:13-33, 38;11:27; 12:9, 17
o Para rasul: Yoh 1:41-46, 49; 15:27; 17:20; 20:24-25, 28, lihat Yoh 1:14; 19:35; 20:30-31; 21:24
o Allah Bapa: Yoh 5:31-32, 37; 8:18, 50, 54; 12:27-28
o Roh Kudus: Yoh 14:26; 15:26; 16:12-15
o Pekerjaan Yesus: Yoh 2:11, 23; 5:36; 9:3, 31-33; 10:25, 37-38; 11:4, 42, 45; 14:11; 20:30-31
o Yesus sendiri, kata-kata dan pernyataan Nya: Yoh 3:11, 32; 8:13-14, 38; 6:35, 48, 51; 8:12; 9:5; 10:7, 10, 14; 11:25; 14:6; 15:1, lihat Yoh 8:58 (Kel 3:14). Lihat
tema-tema kunci.

2. Keputusan.
o Mereka yang menolak Dia: Yoh 1:10-11; 3:11; 4:48; 5:43; 6:36, 64, 66; 12:37, 47-48; 15:19, 24.
Dan alasannya: Yoh 3:19-21; 5:44; 6:37, 44, 65; 8:43-47; 9:39-41; 12:37-43; 18:37.
o Mereka yang menanggapi Dia:
- Dengan melihat dan mendengarkan Dia Yoh 1:14; 6:40, 45; 10:3, 16, 27; 12:45, 47; 14:9; 18:37
- Dengan mempercayai Dia Yoh 1:7, 12; 2:11, 22; 3:16, 18; 5:24; 6:29, 47; 8:24; 9: 35-38; 11:25-27, 40; 13:19; 14:1, 11;16:27, 30; 17:8; 20:8, 29, 31
- Dengan datang untuk mengenal Dia Yoh 6:69; 7:17; 8:19; 10:14; 14;7, 9; 17:3, 25
yang berarti hidup di dalam terang Yoh 1:4- 5, 9; 3:19-21; 8:12; 9:39; 11:9; 12:35-36, 46
dan mempelajari kebenaran Yoh 1:14, 17; 4:23-24; 8:32; 14:6; 17:17; 18:37
- Dengan mengasihi Kristus dan sesama Yoh 13:34-35; 14:15, 21-24; 15:9-10, 12; 21:15-17
yang berarti tinggal di dalam Dia Yoh 15:1-10

Penerapan

1. Kristus adalah Firman Allah yang terakhir kepada umat manusia.
Ia menunjukkan kepada kita:
o kebenaran Allah
o kemuliaan Allah
o kasih Allah
dengan kehidupan dan kematian-Nya. Dia adalah jalan satu-satunya untuk kembali
kepada Allah.

2. Tidak bisa tidak kita harus berespons terhadap Dia.
Buktinya adalah nyata:
o Jika kita menolak Dia, hal itu bukan disebabkan karena kita tidak dapat
percaya kepada-Nya - tetapi karena kita tidak mau!
o Jika kita menerima Dia, itu berarti penyerahan sepenuh hati dan ketaatan.

3. Kehidupan kekal dimulai di sIni dan kini. Melalui Roh Kudus Yesus menawarkan
kepada kita:

o kepuasan
o kemerdekaan dari Setan dan dosa
o kemampuan baru
o doa-doa yang dijawab
o sukacita sejati
Apa yang dimulai-Nya sekarang akan disempurnakan-Nya pada waktu Ia datang
kembali.

4. Anda harus menyaksikan iman Anda kepada orang lain.
Walaupun dunia akan membenci Anda seperti dunia telah membenci Yesus, Anda juga
harus menjadi seorang saksi dengan pertolongan Roh Kudus.

Tema-tema Kunci

1. Yesus dan Bapa.
Injil Yohanes penuh dengan hal-hal yang menyatakan bahwa Yesus adalah Anak Allah. Ia terlibat dalam penciptaan, Ia datang ke dalam dunia ini dan ketika Ia naik ke surga, Ia kembali kepada kemuliaan yang adalah hakNya. Gambarkanlah arti semua ini bagi Anda sendiri: Yoh 1:1-18; 3:13, 31, 35; 5:17-23, 26-27, 30; 6:38, 46, 57; 7:16-17, 29; 8:28-29, 38, 42; 10: 15, 29-30, 38; 11:41-42; 12:44-45, 49-50; 13:3, 31-32; 14:7-11, 20, 28, 31; 15:23-24; 16:15, 28, 32; 17:1-2, 4-5, 10-11, 21-23; 20:17.

2. Kematian Kristus bagi orang berdosa.
Lebih daripada yang diceritakan dalam Injil-injil lain, Yohanes memberitahukan kepada kita mengapa Yesus harus mati dan mengenai kasih yang mendorong-Nya untuk rela melakukan itu. Lihat Yoh 1:29, 36; 2:19-22; 3:14-17; 6:51, 53-56; 8:28; 10:11, 15, 18; 11:50-52; 12:24, 27, 32-34; 15:13.

3. Roh Kudus.
o Terdapat lebih banyak uraian mengenai Roh Kudus dalam Injil ini dibandingkan dengan Injil-injil lain. Roh Kudus digambarkan sebagai Pribadi yang akan menggantikan Yesus apabila Ia pergi kepada Bapa. Yoh 1:32-33; 3:5-6, 8, 34; 4:23-24; 6:63; 7:37-39, lihat Yoh 4:13-14; 14:16-17, 25-26; 15:26; 16:7-15; 20:22.

4. Kehidupan kekal.
Inilah yang digambarkan oleh Matius, Markus dan Lukas sebagai Kerajaan Allah. Kehidupan kekal ini dihubungkan dengan kelahiran baru atau kelahiran untuk yang kedua kalinya. Lihat Yoh 1:4, 12-13; 3:3-7, 16, 36; 4:14, 36; 5:21, 24-29; 6:27, 40, 47, 54, 57-58, 68; 10:28; 11:25; 12:25, 50; 17:2-3.

5. Jadwal Allah.
Yohanes memberikan kepada kita gambaran tentang Yesus yang mengendalikan segala sesuatu dari awal sampai akhir. Yesus tahu bahwa Ia sedang mengerjakan suatu rencana induk, oleh karenanya tidak ada sesuatu apa pun, bahkan tidak juga kematian-Nya yang mengejutkan Dia. Pelajarilah ayat-ayat berikut: Yoh 2:4; 7:6-8; 12:23; 13:1; 18:4.

Garis Besar Intisari: Yohanes (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51 Yoh 1:1-5Kristus dan penciptaan Yoh 1:6-18Allah menjadi manusia Yoh 1:19-34Anak Domba Allah Yoh 1:35-51Kristus [

[1] PENDAHULUAN Yoh 1:1-51

Yoh 1:1-5Kristus dan penciptaan
Yoh 1:6-18Allah menjadi manusia
Yoh 1:19-34Anak Domba Allah
Yoh 1:35-51Kristus

[2] UTARA DAN SELATAN Yoh 2:1-4:54

Yoh 2:1-12Sekilas pandangan pertama tentang kemuliaan
Yoh 2:13-25Tuhan atas Bait Allah
Yoh 3:1-21Nikodemus menemui Yesus pada malam hari
Yoh 3:22-36Seorang dari atas
Yoh 4:1-42Mesias dan orang yang tersingkir
Yoh 4:43-54Tanda kedua

[3] SEORANG LUMPUH DI HARI SABAT Yoh 5:1-47

[4] LIMA RIBU ORANG DIBERI MAKAN Yoh 6:1-71

[5] PADA PERAYAAN HARI RAYA PONDOK DAUN Yoh 7:1- 9:41

Yoh 7:1-52Air hidup
Yoh 7:53-8:11Perempuan yang berzinah ditangkap
Yoh 8:12-59Terang dunia
Yoh 9:1-41Pemberi penglihatan

[6] GEMBALA YANG BAIK Yoh 10:1-42

[7] PEMULIH KEHIDUPAN Yoh 11:1-57

[8] PASKAH TERAKHIR Yoh 12:1-50

Yoh 12:12-19 Raja masuk ke Yerusalem
Yoh 12:1-11Kasih Maria
Yoh 12:20-36Biji gandum
Yoh 12:37-50Kesimpulan

[9] DI RUANG ATAS Yoh 13:1-30

Yoh 13:1-20Yesus, hamba
Yoh 13:21-30Yudas, pengkhianat

[10] SIAP UNTUK PERGI Yoh 13:31-16:33

Yoh 13:31-14:14Waktu untuk meninggalkan
Yoh 14:15-31Roh Kudus dijanjikan
Yoh 15:1-17Pokok Anggur yang benar
Yoh 15:18-16:11Kesukaran di dalam dunia
Yoh 16:12-33Janji dan kebingungan

[11] YESUS BERDOA BAGI MILIK-NYA Yoh 17:1-26

Yoh 17:1-19Murid-murid-Nya
Yoh 17:20-26Gereja yang akan datang

[12] PENANGKAPAN, PENGADILAN, PENYALIBAN Yoh 18:1-19:42

Yoh 18:1-11Kekacauan di taman Getsemani
Yoh 18:12-27Menyaksikan sendiri
Yoh 18:28-19:16Gubernur dan Raja
Yoh 19:17-42Mati dan dikuburkan

[13] KEBANGKITAN Yoh 20:1-21:25

Yoh 20:1-18Maria berada di kubur Yesus
Yoh 20:19-23Minggu malam
Yoh 20:24-31'Tuhanku dan Allahku!'
Yoh 21:1-14Ikan untuk sarapan
Yoh 21:15-25Gembalakanlah domba-domba-Ku
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.34 detik
dipersembahkan oleh YLSA