kecilkan semua  

Teks -- Yoel 2:23-32 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:23 Hai bani Sion, bersorak-soraklah dan bersukacitalah karena TUHAN, Allahmu! Sebab telah diberikan-Nya kepadamu hujan pada awal musim dengan adilnya, dan diturunkan-Nya kepadamu hujan, hujan pada awal dan hujan pada akhir musim seperti dahulu. 2:24 Tempat-tempat pengirikan menjadi penuh dengan gandum, dan tempat pemerasan kelimpahan anggur dan minyak. 2:25 Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu. 2:26 Maka kamu akan makan banyak-banyak dan menjadi kenyang, dan kamu akan memuji-muji nama TUHAN, Allahmu, yang telah memperlakukan kamu dengan ajaib; dan umat-Ku tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya. 2:27 Kamu akan mengetahui bahwa Aku ini ada di antara orang Israel, dan bahwa Aku ini, TUHAN, adalah Allahmu dan tidak ada yang lain; dan umat-Ku tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya."
Hari TUHAN
2:28 "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. 2:29 Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu. 2:30 Aku akan mengadakan mujizat-mujizat di langit dan di bumi: darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. 2:31 Matahari akan berubah menjadi gelap gulita dan bulan menjadi darah sebelum datangnya hari TUHAN yang hebat dan dahsyat itu. 2:32 Dan barangsiapa yang berseru kepada nama TUHAN akan diselamatkan, sebab di gunung Sion dan di Yerusalem akan ada keselamatan, seperti yang telah difirmankan TUHAN; dan setiap orang yang dipanggil TUHAN akan termasuk orang-orang yang terlepas."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sion one of the hills on which Jerusalem was built; the temple area; the city of Jerusalem; God's people,a town and citidel; an ancient part of Jerusalem
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Yoel | Roh | Anugerah Roh Kudus Yang Ajaib | Sukacita | Matahari | Kristus, Allah | Minyak | Nabi | Nubuat | Irik, Mengirik | Sembah, Persembahan Curahan | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Orang-orang Kudus | Air Anggur | Penghakiman | Hukuman, Penghukuman | Api | Belalang | Hujan | Darah | Ilham Roh Kudus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yl 2:26 - UMAT-KU TIDAK AKAN MENJADI MALU LAGI. Nas : Yoel 2:26 Janji ini tergantung pada kerendahan hati dan kesetiaan umat Allah kepada-Nya. Jikalau mereka menjadi sombong dan kembali kepada ja...

Nas : Yoel 2:26

Janji ini tergantung pada kerendahan hati dan kesetiaan umat Allah kepada-Nya. Jikalau mereka menjadi sombong dan kembali kepada jalan-jalan dosa, berkat-berkat Allah akan ditahan dan hukuman-Nya akan menyusul.

Full Life: Yl 2:28-29 - MENCURAHKAN ROH-KU. Nas : Yoel 2:28-29 Yoel menubuatkan suatu hari ketika Allah akan mencurahkan Roh-Nya atas "barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan" (ayat Yoel 2...

Nas : Yoel 2:28-29

Yoel menubuatkan suatu hari ketika Allah akan mencurahkan Roh-Nya atas "barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan" (ayat Yoel 2:32). Pencurahan ini akan menghasilkan aliran Roh nubuat kharismatik di antara umat Allah. Petrus mengutip ayat ini pada hari Pentakosta, serta menjelaskan bahwa pencurahan Roh pada hari itu adalah awal penggenapan nubuat Yoel (Kis 2:14-21). Nubuat ini merupakan janji berkesinambungan bagi setiap orang yang menerima Kristus sebagai Tuhan, karena semua orang percaya dapat dan harus dipenuhi dengan Roh Kudus (bd. Kis 2:38-39; Kis 10:44-48; 11:15-18;

lihat art. BAPTISAN DALAM ROH KUDUS).

Keterangan selanjutnya tentang Roh Kudus dapat dilihat dalam

lihat art. ROH KUDUS DI DALAM PERJANJIAN LAMA, dan

lihat art. AJARAN TENTANG ROH KUDUS).

Full Life: Yl 2:28 - ANAK-ANAKMU LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN AKAN BERNUBUAT. Nas : Yoel 2:28 Yoel membayangkan bahwa salah satu akibat utama dari pencurahan Roh Kudus akan menjadi pemberian dan pelepasan karunia-karunia nubu...

Nas : Yoel 2:28

Yoel membayangkan bahwa salah satu akibat utama dari pencurahan Roh Kudus akan menjadi pemberian dan pelepasan karunia-karunia nubuat. Penyataan Roh melalui karunia-karunia-Nya memberitahukan kehadiran Allah di antara umat-Nya. Rasul Paulus menyatakan bahwa jikalau gereja bernubuat, seorang tamu yang belum percaya akan terpaksa mengaku, "Sungguh, Allah ada di tengah-tengah kamu!" (1Kor 14:24-25).

Full Life: Yl 2:30-31 - MUJIZAT-MUJIZAT DI LANGIT. Nas : Yoel 2:30-31 Perwujudan sepenuhnya dari pencurahan Roh dan tawaran keselamatan kepada semua orang pada suatu hari akan disertai dengan tanda-...

Nas : Yoel 2:30-31

Perwujudan sepenuhnya dari pencurahan Roh dan tawaran keselamatan kepada semua orang pada suatu hari akan disertai dengan tanda-tanda di langit akhir zaman dan "hari Tuhan" (bd. Mat 24:29-31). Pada saat itu, musuh-musuh Allah akan mengalami murka-Nya (bd. Wahy 6:12-17). Apabila diselidiki dari sudut nubuat alkitabiah, keadaan seluruh dunia menunjukkan bahwa saat terjadinya peristiwa-peristiwa masa depan ini sudah dekat

(lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).

BIS: Yl 2:23 - Di musim ... kepadamu Di musim ... kepadamu atau: Diberinya kepadamu hujan di musim gugur sebab Ia adil.

Di musim ... kepadamu atau: Diberinya kepadamu hujan di musim gugur sebab Ia adil.

Jerusalem: Yl 2:23 - hujan pada awal musim dengan adilnya Maksudnya naskah Ibrani kurang jelas dan terjemahannya tidak pasti. Ungkapan "dengan adilnya" (harafiah: buat keadilan/kebenaran)mungkin sebuah sisipa...

Maksudnya naskah Ibrani kurang jelas dan terjemahannya tidak pasti. Ungkapan "dengan adilnya" (harafiah: buat keadilan/kebenaran)mungkin sebuah sisipan. Kepada umat yang bertobat Allah akan memberikan hujan "dengan adilnya", artinya: sesuai dengan kesetiaan Tuhan terhadap umat oleh karena perjanjian. Tetapi ungkapan itu juga dapat diartikan sbb: dengan ukuran tepat, atau: mengingat keadilan, sebagai tanda bukti bahwa umat kembali direlai oleh Tuhan. Terjemahan Latin Vulgata menghubungkan ayat ini dengan Mesias, lalu menterjemahkan ungkapan "dengan adilnya" sebagai: buat Guru Keadilan/kebenaran, bdk Hos 10:12 dan Yer 23:6; 33:15. Dalam naskah-naskah Qumran tokoh utama "Jemaat Perjanjian" itu diberi gelar: Guru keadilan kebenaran

Jerusalem: Yl 2:23 - seperti dahulu Terjemahan ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: Pada awal (tahun?).

Terjemahan ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: Pada awal (tahun?).

Jerusalem: Yl 2:25 - belalang pindahan... Bdk Yoe 1:4+.

Bdk Yoe 1:4+.

Jerusalem: Yl 2:28-32 - -- Nubuat ini (dalam naskah Ibrani: Yoe 3:1-5) mengenai akhir zaman. Hari Tuhan, menurut Yoe 2:30-31. Pada hari itu roh ilahi akan di curahkan, bdk Yeh 3...

Nubuat ini (dalam naskah Ibrani: Yoe 3:1-5) mengenai akhir zaman. Hari Tuhan, menurut Yoe 2:30-31. Pada hari itu roh ilahi akan di curahkan, bdk Yeh 36:27+. Menurut wejangan Petrus yang termaktub dalam Kis 2:16-21+, nubuat itu mulai digenapi pada hari raya Pentakosta.

Jerusalem: Yl 2:28 - semua manusia Roh ilahi dianugerahkan kepada sekalian orang dengan tidak membeda-bedakan golongan. Itulah yang diinginkan Musa, Bil 11:29. Roh itu adalah baik karun...

Roh ilahi dianugerahkan kepada sekalian orang dengan tidak membeda-bedakan golongan. Itulah yang diinginkan Musa, Bil 11:29. Roh itu adalah baik karunia kenabian di sertai mimpi penglihatan, bdk Bil 12:6, maupun pembaharuan batiniah, bdk Yeh 11:19-20; 36:26-27.

Jerusalem: Yl 2:30 - mujizat-mujizat mujizat-mujizat itu ialah pertanda penghakiman terakhir, Hari Tuhan bdk Yoe 1:15; 2:1-2; Ams 8:9+.

mujizat-mujizat itu ialah pertanda penghakiman terakhir, Hari Tuhan bdk Yoe 1:15; 2:1-2; Ams 8:9+.

Jerusalem: Yl 2:32 - keselamatan Artinya: orang-orang yang selamat.

Artinya: orang-orang yang selamat.

Ende: Yl 2:18-27 - -- Bagian ini melukiskan tjara Jahwe mendjawab atas pertobatan umatNja (Yoe 2:12-17)

Bagian ini melukiskan tjara Jahwe mendjawab atas pertobatan umatNja (Yoe 2:12-17)

Ende: Yl 2:23 - tanda pengadjar Ajat ini sukar untuk diartikan. Kami artikan: hudjan jang diberi Jahwe mendjadi tanda, bahwa Allah itu "djudjur", jaitu dengan menerima pertobatan uma...

Ajat ini sukar untuk diartikan. Kami artikan: hudjan jang diberi Jahwe mendjadi tanda, bahwa Allah itu "djudjur", jaitu dengan menerima pertobatan umatNja.

Ende: Yl 2:28--3:21 - -- Bagian ini merupakan bagian jang paling penting dalam Kitab Joel. Dilukiskan masa depan; dan harapan Israil akan keselamatan kelak kentara sekali sert...

Bagian ini merupakan bagian jang paling penting dalam Kitab Joel. Dilukiskan masa depan; dan harapan Israil akan keselamatan kelak kentara sekali serta dikuatkan oleh nubuat ini. Digambarkan baik kebahagiaan djasmani maupun chususnja kebahagiaan rohani umat terpilih; dan hal itu mengandung djuga kebinasaan segala musuh umat itu, jang karenanja djuga mendjadi musuh Jahwe sendiri.

Ende: Yl 2:28-32 - -- Sesudah pemulihan djasmani dari bentjana alam (Yoe 2:18-27: ajat 27(Yoe 2:27) diuraikan lebih oleh bagian ini), maka pada masa kemudian Jahwe akan mem...

Sesudah pemulihan djasmani dari bentjana alam (Yoe 2:18-27: ajat 27(Yoe 2:27) diuraikan lebih oleh bagian ini), maka pada masa kemudian Jahwe akan memberi anugerah rohani jang ber-limpah2.Roh Allah, jang ditjurahkan, ialah daja ilahi, jang dikurniakan kepada manusia pula, malahan kepada segenap umat (Joel membilang semua golongan masjarakat), sehingga manusiapun dapat mengerdjakan jang adjaib. Semua mendjadi serupa dengan nabi, jang djuga dirasuki roh Allah itu. Menurut perdjandjian Baru nubuat itu dipenuhi pada hari raya Pentakosta oleh turunnja Roh Kudus sendiri atas Geredja Kristen jang muda.

Dalam alam pula akan terdjadi keadjaiban (Yoe 2:3-4), jang mendahului kedatangan hari Jahwe, hari pengadilan. Hari itu merupakan keselamatan bagi orang2 pilihan Jahwe jang setia. Gedjala2 alamiah jang dilukiskan disini biasa terdapat dalam sastera nabi2, bila suatu penampakan Jahwe hendak digambarkan. Karenanja orang tidak boleh menafsirkannja sebagai hal2 jang terdjadi tepat seperti dilukiskan. Gambaran itu gunanja ialah: menandaskan hebatnja tindakan Allah (setjara rohani) pada hari pengadilan, baik akan keselamatan maupun akan hukuman. Karena itu bagian nubuat inipun menurut Perdjandjian Baru terpenuhi oleh turunannja Roh Kudus, meskipun tidak ada gedjala alamiah sebagaimana jang dilukiskan Joel.

Ende: Yl 2:32 - -- "orang2 jang terluput" ialah orang2 Israil dalam perantaraan. Pembuangan th. 597-586 membawa banjak orang Israil keluar negeri.Djuga dari antara orang...

"orang2 jang terluput" ialah orang2 Israil dalam perantaraan. Pembuangan th. 597-586 membawa banjak orang Israil keluar negeri.Djuga dari antara orang2 perantau ada jang diselamatkan.

Endetn: Yl 2:23 - tanda diperbaiki. Naskah Hibrani pakai kata petundjuk pokok penderita.

diperbaiki. Naskah Hibrani pakai kata petundjuk pokok penderita.

Endetn: Yl 2:23 - seperti diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "semula".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "semula".

Ref. Silang FULL: Yl 2:23 - dan bersukacitalah // dengan adilnya // kepadamu hujan // pada awal // pada akhir · dan bersukacitalah: Mazm 33:21; 97:12; 149:2; Yes 12:6; 41:16; 66:14; Hab 3:18; Za 10:7 · dengan adilnya: Yes 45:8; Yes 45:8 · ...

· dan bersukacitalah: Mazm 33:21; 97:12; 149:2; Yes 12:6; 41:16; 66:14; Hab 3:18; Za 10:7

· dengan adilnya: Yes 45:8; [Lihat FULL. Yes 45:8]

· kepadamu hujan: Ayub 36:28; [Lihat FULL. Ayub 36:28]; Yeh 34:26; [Lihat FULL. Yeh 34:26]

· pada awal: Mazm 84:7

· pada akhir: Im 26:4; [Lihat FULL. Im 26:4]; Mazm 135:7; [Lihat FULL. Mazm 135:7]; Yak 5:7

Ref. Silang FULL: Yl 2:24 - pemerasan kelimpahan // anggur · pemerasan kelimpahan: Im 26:10; Mal 3:10 · anggur: Ams 3:10; Ams 3:10; Yoel 3:18; Am 9:13

· pemerasan kelimpahan: Im 26:10; Mal 3:10

· anggur: Ams 3:10; [Lihat FULL. Ams 3:10]; Yoel 3:18; Am 9:13

Ref. Silang FULL: Yl 2:25 - hasilnya dimakan // oleh belalang // belalang pengerip, tentara-Ku · hasilnya dimakan: Ul 28:39; Ul 28:39 · oleh belalang: Kel 10:14; Kel 10:14; Am 4:9 · belalang pengerip, tentara-Ku: Yoel 1:6; Y...

· hasilnya dimakan: Ul 28:39; [Lihat FULL. Ul 28:39]

· oleh belalang: Kel 10:14; [Lihat FULL. Kel 10:14]; Am 4:9

· belalang pengerip, tentara-Ku: Yoel 1:6; [Lihat FULL. Yoel 1:6]

Ref. Silang FULL: Yl 2:26 - menjadi kenyang // akan memuji-muji // dengan ajaib // menjadi malu · menjadi kenyang: Im 26:5; Im 26:5 · akan memuji-muji: Im 23:40; Im 23:40; Yes 62:9; Yes 62:9 · dengan ajaib: Mazm 126:3; Mazm 1...

· menjadi kenyang: Im 26:5; [Lihat FULL. Im 26:5]

· akan memuji-muji: Im 23:40; [Lihat FULL. Im 23:40]; Yes 62:9; [Lihat FULL. Yes 62:9]

· dengan ajaib: Mazm 126:3; [Lihat FULL. Mazm 126:3]; Yes 25:1; [Lihat FULL. Yes 25:1]

· menjadi malu: Yes 29:22; [Lihat FULL. Yes 29:22]

Ref. Silang FULL: Yl 2:27 - akan mengetahui // ini, Tuhan // menjadi malu · akan mengetahui: Kel 6:6; Kel 6:6 · ini, Tuhan: Kel 6:1; Kel 6:1; Yes 44:8; Yes 44:8; Yoel 3:17 · menjadi malu: Yes 45:17; 54:4...

· akan mengetahui: Kel 6:6; [Lihat FULL. Kel 6:6]

· ini, Tuhan: Kel 6:1; [Lihat FULL. Kel 6:1]; Yes 44:8; [Lihat FULL. Yes 44:8]; Yoel 3:17

· menjadi malu: Yes 45:17; 54:4; Zef 3:11

Ref. Silang FULL: Yl 2:28 - mencurahkan Roh-Ku // semua manusia // akan bernubuat // mendapat mimpi · mencurahkan Roh-Ku: Yes 11:2; Yes 11:2; Yes 44:3; Yes 44:3 · semua manusia: Bil 11:17; Bil 11:17; Mr 1:8; Mr 1:8; Gal 3:14 · ...

· mencurahkan Roh-Ku: Yes 11:2; [Lihat FULL. Yes 11:2]; Yes 44:3; [Lihat FULL. Yes 44:3]

· semua manusia: Bil 11:17; [Lihat FULL. Bil 11:17]; Mr 1:8; [Lihat FULL. Mr 1:8]; Gal 3:14

· akan bernubuat: 1Sam 19:20; [Lihat FULL. 1Sam 19:20]

· mendapat mimpi: Yer 23:25

Ref. Silang FULL: Yl 2:29 - atas hamba-hambamu // pada hari-hari · atas hamba-hambamu: 1Kor 12:13; Gal 3:28 · pada hari-hari: Yeh 36:27; Yeh 36:27

· atas hamba-hambamu: 1Kor 12:13; Gal 3:28

· pada hari-hari: Yeh 36:27; [Lihat FULL. Yeh 36:27]

Ref. Silang FULL: Yl 2:30 - di langit // di bumi · di langit: Luk 21:11 · di bumi: Mr 13:24-25

· di langit: Luk 21:11

· di bumi: Mr 13:24-25

Ref. Silang FULL: Yl 2:31 - gelap gulita // hari Tuhan · gelap gulita: Yoel 2:2; Yoel 2:2; Yes 22:5; Yes 22:5; Yer 4:23; Yer 4:23; Mat 24:29; Mat 24:29 · hari Tuhan: Yoel 1:15; Yoel 1:15; Ob ...

· gelap gulita: Yoel 2:2; [Lihat FULL. Yoel 2:2]; Yes 22:5; [Lihat FULL. Yes 22:5]; Yer 4:23; [Lihat FULL. Yer 4:23]; Mat 24:29; [Lihat FULL. Mat 24:29]

· hari Tuhan: Yoel 1:15; [Lihat FULL. Yoel 1:15]; Ob 1:15; Mal 3:2; 4:1,5

Ref. Silang FULL: Yl 2:32 - nama Tuhan // akan diselamatkan // gunung Sion // ada keselamatan // yang dipanggil // yang terlepas · nama Tuhan: Kej 4:26; Kej 4:26; Mazm 105:1; Mazm 105:1 · akan diselamatkan: Mazm 106:8; Mazm 106:8; Kis 2:17-21%&; Rom 10:13%& ·...

· nama Tuhan: Kej 4:26; [Lihat FULL. Kej 4:26]; Mazm 105:1; [Lihat FULL. Mazm 105:1]

· akan diselamatkan: Mazm 106:8; [Lihat FULL. Mazm 106:8]; Kis 2:17-21%&; Rom 10:13%&

· gunung Sion: Yes 46:13; [Lihat FULL. Yes 46:13]

· ada keselamatan: Ob 1:17

· yang dipanggil: Yes 1:9; [Lihat FULL. Yes 1:9]; Yes 11:11; Mi 4:7; 7:18; Rom 9:27; [Lihat FULL. Rom 9:27]

· yang terlepas: Kis 2:39

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Yl 2:18-27 - -- A. Berkat-berkat pada Masa Depan yang Dekat. 2:18-27 Ini adalah titik balik kitab ini. Jelas bangsa itu menanggapi ajakan sang nabi. Perkumpulan raya...

A. Berkat-berkat pada Masa Depan yang Dekat. 2:18-27

Ini adalah titik balik kitab ini. Jelas bangsa itu menanggapi ajakan sang nabi. Perkumpulan raya diadakan, bangsa itu bertobat, dan Tuhan mengampuni mereka. Hasilnya, Tuhan kini berjanji untuk mengusir belalang-belalang dan memulihkan kesejahteraan negeri itu. Sekarang semua akan mengetahui bahwa Allah sendiri berdiam bersama umat-Nya.

Wycliffe: Yl 2:23 - Bersukacitalah karena Tuhan // Hujan pada awal musim dengan adilnya // Hujan pada awal dan hujan pada akhir musim 23. Bersukacitalah karena Tuhan. Di tengah sorak-sorai sukacita, mereka harus ingat bahwa belas kasihan Allahlah yang memungkinkan ini. Hujan pada awa...

23. Bersukacitalah karena Tuhan. Di tengah sorak-sorai sukacita, mereka harus ingat bahwa belas kasihan Allahlah yang memungkinkan ini. Hujan pada awal musim dengan adilnya (hammoreh lise dãqâ). Tidak diragukan bahwa kata moreh pada anak kalimat terakhir ayat ini berarti hujan pada awal musim. Namun Targum, Vulgata dan para penulis Yahudi, yang diikuti oleh Keil, Pusey dan lain-lain, menerjemahkannya `Pengajar keadilan' - Sang Mesias. Pemimpin komunitas Qumran memakai judul ini. Namun, konteksnya tidak memungkinkan terjemahan ini, yang disebut Calvin sebagai `eksposisi aneh.' Hujan pada awal dan hujan pada akhir musim. Hujan pada bulan September Oktober dan Maret April perlu untuk, kesuburan tanah di Palestina.

Wycliffe: Yl 2:24-25 - -- 24, 25. Sekali lagi langit akan dibuka, kekeringan akan berakhir, dan belalang-belalang akan lenyap, panen akan kembali, dan kehadiran Tuhan akan terw...

24, 25. Sekali lagi langit akan dibuka, kekeringan akan berakhir, dan belalang-belalang akan lenyap, panen akan kembali, dan kehadiran Tuhan akan terwujud.

Wycliffe: Yl 2:26 - Nama Tuhan 26. Hasil dari pemulihan yang berkelimpahan itu: Orang-orang Yahudi akan mengakui Tuhan sebagai Allah mereka dan memuji Dia atas campur tangan ilahi-N...

26. Hasil dari pemulihan yang berkelimpahan itu: Orang-orang Yahudi akan mengakui Tuhan sebagai Allah mereka dan memuji Dia atas campur tangan ilahi-Nya. Nama Tuhan. Sama dengan oknum Tuhan (bdg. Am. 2:7; Mi. 5:4). ]

Wycliffe: Yl 2:27 - Aku ini, Tuhan, adalah Allahmu // Tidak ada yang lain 27. Aku ini, Tuhan, adalah Allahmu. Setiap pemimpin agama sejak zaman Musa menandaskan bahwa Tuhan adalah Allah Israel (lih. Kel. 20:2; Ul. 5:6), teta...

27. Aku ini, Tuhan, adalah Allahmu. Setiap pemimpin agama sejak zaman Musa menandaskan bahwa Tuhan adalah Allah Israel (lih. Kel. 20:2; Ul. 5:6), tetapi bangsa itu terlalu sering lupa akan hal tersebut dan karena itu tetap "mengejar ilah-ilah lain" (Hos. 2:6, 9). Untuk mengembalikan akal sehat mereka, Tuhan harus menurunkan penghukuman atas mereka berulang kali. Namun pukulan yang dialami pada saat itu akan menyembuhkan mereka selamanya, mereka akan mengenali Dia sebagai Allah mereka satu-satunya. Tidak ada yang lain. Ilah-ilah yang pada masa lampau membujuk bangsa itu untuk pergi ternyata tidak berharga. Mereka tidak memiliki kuasa untuk melindungi atau menolong. Mereka justru menambah beban, bukan mengangkat beban (lih. Hos. 2:7; Yes. 1:29-31; 45:5, 6, 18).

Wycliffe: Yl 2:28-32 - -- B. Pencurahan Roh Ilahi. 2:28-32. Dalam Alkitab bahasa Ibrani, ayat-ayat 28-32 termasuk dalam pasal 3. Kata: `kemudian' melihat jauh ke depan melampa...

B. Pencurahan Roh Ilahi. 2:28-32.

Dalam Alkitab bahasa Ibrani, ayat-ayat 28-32 termasuk dalam pasal 3. Kata: `kemudian' melihat jauh ke depan melampaui wabah belalang dan pertobatan serta pemulihan Israel. Karena di sini sang nabi berpindah dari masalah fisik dan materi kepada masalah spiritual dan abadi. Melalui visi profetiknya, Yoel melangkah melampaui pengalaman agama berupa wabah belalang lokal, kepada suatu pandangan sejarah yang lebih luas. Ia mempelajari masa depan dan melihat kebangunan rohani di Israel serta kelepasan dari semua musuh yang mengelilingi. Jadi visinya mengantisipasi penggenapan pertama hari Pentakosta dan realisasi akhir dalam bentuk kemenangan mutlak kerajaan Tuhan Yesus Kristus.

Wycliffe: Yl 2:28 - Aku akan mencurahkan Roh-Ku // Semua manusia // akan bernubuat ... mendapat mimpi ... mendapat penglihatan-penglihatan // Bernubuat 28. Aku akan mencurahkan Roh-Ku. Dengan sangat limpah (Calvin). Roh adalah prinsip kehidupan dalam diri manusia (bdg. Kej. 1:2; Ayb. 33:4), kuasa yang...

28. Aku akan mencurahkan Roh-Ku. Dengan sangat limpah (Calvin). Roh adalah prinsip kehidupan dalam diri manusia (bdg. Kej. 1:2; Ayb. 33:4), kuasa yang tidak kelihatan yang darinya semua tindakan lahiriah ditelusuri, dan yang memberi pahlawan-pahlawan Israel energi untuk perang (mis. Hak. 3:10; 11:29). Roh memproduksi kuasa profetik baik yang bertaraf tinggi maupun rendah (I Sam. 10:6, 10; 19:20; Yes. 61:1). Semua manusia. Bukan binatang, melainkan seluruh umat manusia akan bernubuat ... mendapat mimpi ... mendapat penglihatan-penglihatan. Dalam. manifestasi Roh yang akan datang ini, tidak akan dibuat perbedaan atas dasar jenis kelamin, umur atau pangkat; tetapi perbedaannya hanya pada metode menerima wahyu dan praktik karunia bernubuat yang berlain-lainan. Artinya, anak-anak lelaki dan perempuan, orang-orang tua, dan para pemuda, akan menerima Roh Tuhan dengan segala karunia-Nya yang beraneka ragam. Bernubuat. Mereka akan menjadi "organ-organ penyataan Ilahi" kepada semua bangsa!

Wycliffe: Yl 2:29 - Juga 29. Juga. Sesuatu yang luar biasa Pada zaman Mesias, tidak ada perbedaan antara orang yang terikat dengan yang bebas. Dalam Yehezkiel 39:29 dan Zakhar...

29. Juga. Sesuatu yang luar biasa Pada zaman Mesias, tidak ada perbedaan antara orang yang terikat dengan yang bebas. Dalam Yehezkiel 39:29 dan Zakharia 12:10, Roh dijanjikan kepada Israel, kepada keluarga raja, dan kepada penduduk Yerusalem yang diperkenan. Tetapi Yoel melangkah lebih jauh dari ini dan mencakup semua golongan, dengan roh universalisme, yang juga menjadi ciri Kitab Yunus.

Wycliffe: Yl 2:30 - Mukjizat-mukjizat // Darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap // Darah 30. Akan ada tanda-tanda ajaib sehubungan dengan datangnya penghakiman. Mukjizat-mukjizat. Fenomena-fenomena luar biasa di bumi dan di langit. Darah d...

30. Akan ada tanda-tanda ajaib sehubungan dengan datangnya penghakiman. Mukjizat-mukjizat. Fenomena-fenomena luar biasa di bumi dan di langit. Darah dan api dan gumpalan-gumpalan asap. Teror-teror peperangan, pertumpahan darah, kekerasan dan tiang-tiang asap muncul dari kota-kota yang dibakar. Peperangan dalam ukuran yang belum pernah ada akan mendahului Hari Tuhan (bdg. Yes. 13:6; Zef. 1:7). Sejumlah pakar melihat hal ini sebagai "fenomena atmosfir yang abnormal," atau akibat dari suatu bencana nuklir. Darah. Warna merahnya bulan. Asap. Mungkin asap yang berbentuk awan mengisi udara sebagai akibat ledakan-ledakan gunung berapi. Api. Petir, karena badai guruh sering menyertai gempa bumi.

Wycliffe: Yl 2:31 - -- 31. Fenomena langit. Gelapnya. matahari dan lenyapnya cahaya-cahaya langit sering disebutkan dalam Alkitab sebagai tanda-tanda Hari Tuhan atau mendeka...

31. Fenomena langit. Gelapnya. matahari dan lenyapnya cahaya-cahaya langit sering disebutkan dalam Alkitab sebagai tanda-tanda Hari Tuhan atau mendekatnya penghakiman (2:2, 10; 3:15; Yes. 13:10; 34:4; Yer. 4:23; Mat. 24:29; Mrk. 13:24; Luk. 21:25; Why. 6:12).

Wycliffe: Yl 2:32 - Berseru kepada nama Tuhan // Orang-orang yang terlepas 32. Hari yang luar biasa dan menakutkan bagi bangsa-bangsa (3:2), tetapi orang-orang yang benar-benar menyembah Tuhan tidak perlu takut! Berseru kepad...

32. Hari yang luar biasa dan menakutkan bagi bangsa-bangsa (3:2), tetapi orang-orang yang benar-benar menyembah Tuhan tidak perlu takut! Berseru kepada nama Tuhan. Bukan dengan pengulangan kata-kata yang tanpa perasaan dan bersifat seremonial, tetapi dengan pemujaan yang rohani dan benar-benar dari hati. Orang yang berseru kepada Tuhan adalah orang yang menyembah Dia. Cara meloloskan diri adalah dengan menjadi anggota Israel sejati, bukan Israel menurut daging, tetapi Israel menurut Roh. Keanggotaan ini dibuktikan dengan pengabdian sepenuh hati yang sungguh-sungguh kepada Tuhan. Orang-orang yang terlepas (Ibr., pelêtâ) AV menerjemahkannya dengan remnant, `sisa.' Orang-orang yang tersisa di Yerusalem meliputi semua yang percaya atau yang akan percaya dari semua bangsa, suku dan golongan, dan bahasa! Rasul Petrus mengutip 2:28-32 setelah pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta sebagai sudah digenapi pada peristiwa tersebut. Sekalipun demikian, pencurahan Roh Kudus pada Hari Pentakosta itu hanya permulaan. Itu akan berlanjut sampai semua manusia diperlengkapi dengan pencerahan Ilahi.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Yl 2:18-27 - Anugerah karena pertobatan. (Sabtu, 20 November 2004) Anugerah karena pertobatan. Kedaulatan, kasih, dan keadilan Allah tidak pernah bertentangan dalam diri-Nya, ketiganya berjalan seiring dan i...

SH: Yl 2:18-27 - Alam kembali bersemi. (Minggu, 17 Juni 2001) Alam kembali bersemi. Kebergantungan antar makhluk ciptaan membuktikan kebergantungan ciptaan kepada Sang Pencipta. Dialah yang berdaulat atas segala...

SH: Yl 2:28--3:8 - Pencurahan Roh dan pembalasan, hak Tuhan. (Minggu, 21 November 2004) Pencurahan Roh dan pembalasan, hak Tuhan. Kasih Allah berlanjut dengan memberikan Roh Tuhan. Roh Tuhan itu dicurahkan bagi setiap manusia mu...

SH: Yl 2:28-32 - Di balik karya kebangkitan Kristen. (Senin, 18 Juni 2001) Di balik karya kebangkitan Kristen. Mendengar dan menyaksikan kebangkitan Kristen di beberapa bagian dunia ini, menyadarkan kita bahwa ada kuasa di b...

Topik Teologia: Yl 2:27 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Esa Kel 15:11 Ula 4:35,39 Ula 6:4 Ula 32:39 2Sa 7:22 1Ra 8:60 Maz 86:10 Yes 42:8 Yes...

Topik Teologia: Yl 2:28 - -- Roh Kudus Roh-Ku Kej 6:3 Yes 30:1 Yes 42:1 Yes 44:3 Yes 59:21 Yeh 36:27 Yoe 2:28-29 Hag 2:6 Zak 4:6 Mat 12:18 Roh K...

Topik Teologia: Yl 2:29 - -- Roh Kudus Roh-Ku Kej 6:3 Yes 30:1 Yes 42:1 Yes 44:3 Yes 59:21 Yeh 36:27 Yoe 2:28-29 Hag 2:6 Zak 4:6 Mat 12:18 Roh K...

Topik Teologia: Yl 2:32 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Gagasan tentang Nama Ilahi Umat Meresponi Nama Ilahi itu Mere...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yoel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yoel Tema : Hari Tuhan yang Besar dan Mengagumkan Tanggal Penulisan: 835-830 SM (?) Latar Belakang Yoel, yang namany...

Full Life: Yoel (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Yoel 1:1) I. Malapetaka Yehuda yang Sekarang (Yoel 1:2-20) A. Bencana Belalang yang Meng...

Jerusalem: Yoel (Pendahuluan Kitab) YOEL Kitab Yoel mudah saja dapat dibagi atas dua bagian. Dalam bagian pertama dikisahkan bagaimana sekawanan belalang menimpa Yudea dan menjadi alasan...

Ende: Yoel (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Yoel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Wycliffe: Yoel (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN YOEL Nama dan Sejarah Pribadi Penulis. Penulis disebut `Yoel anak Petuel' (1:1). Dalam bahasa Ibrani nama Yô'ēl (LXX; lõ...

Wycliffe: Yoel (Garis Besar) GARIS BESAR YOEL Ayat Judul: Penulis Nubuat. 1:1 I. Wabah belalang sebagai pertanda Hari Tuhan. 1:2-2:17. A. Malapetaka tiga rangka...

BIS: Yoel (Pendahuluan Kitab) YOEL PENGANTAR Tentang Nabi Yoel sedikit sekali keterangan yang terkumpul, sehingga tidak jelas dalam tahun berapa ia hidup. Tetapi nampaknya buku i

YOEL

PENGANTAR

Tentang Nabi Yoel sedikit sekali keterangan yang terkumpul, sehingga tidak jelas dalam tahun berapa ia hidup. Tetapi nampaknya buku ini ditulis di antara abad kelima dan keempat Sebelum Masehi, pada masa kekuasaan kerajaan Persia. Nabi Yoel menceritakan tentang datangnya kawanan belalang yang merusakkan segala tumbuhan dan musim kemarau yang hebat sekali di Palestina. Malapetaka itu diartikan Nabi Yoel sebagai pertanda datangnya Hari TUHAN, yaitu saat TUHAN menghukum siapa saja yang melawan kehendak-Nya. Nabi Yoel menyampaikan pesan Allah kepada bangsa Israel supaya bertobat, dan juga janji Allah untuk memberkati umat-Nya dan memulihkan kemakmuran-Nya. Satu hal yang penting ialah janji bahwa Allah akan memberikan roh-Nya kepada setiap orang, baik wanita maupun pria, tua maupun muda. (Yoel 2:28-32; Kisah 2:17-21).

Isi

  1.  Bencana belalang
    Yoel 1:1-2:17
  2.  Janji TUHAN untuk memulihkan kemakmuran umat-Nya
    Yoel 2:18-27
  3.  Hari TUHAN
    Yoel 2:28-3:21

Ajaran: Yoel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Yoel anggota jemaat mengerti tentang hari penghukuman yang dahsyat atas bangsa-bangsa di dunia dan bahwa All

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Yoel anggota jemaat mengerti tentang hari penghukuman yang dahsyat atas bangsa-bangsa di dunia dan bahwa Allah memberi perlindungan (keselamatan) pada orang-orang yang percaya.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yoel.

Isi Kitab: Kitab Yoel dibagi atas 3 pasal yang berisi tentang hari penghukuman yang dahsyat atas bangsa-bangsa di dunia yang jahat atau tidak percaya. Tetapi pada saat itu ada perlindungan atau keselamatan bagi bangsa yang bertobat dari kejahatan dan percaya kepada Allah.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yoel

  1. Pasal 1 (Yoel 1:1-20).

    Allah memberikan hukuman melalui tulah belalang

    Pendalaman

    Sebab hukuman adalah perbuatan mereka yang tidak baik (Yoel 1:6) dan tidak beribadah lagi (Yoel 1:9). Kepada siapa peringatan ini diberikan (Yoel 1:3)?

  2. Pasal 2 (Yoel 2:1-17).

    Allah menghimbau agar umat Allah mau bertobat

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yoel 2:12-14. Apakah yang diperhatikan Allah dalam pertobatan?

  3. Pasal 2-3 (Yoel 2:18-3:21).

    Allah memberkati bangsa yang bertobat

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yoel 2:30-31. Berikan pendapat saudara mengenai ayat-ayat ini.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Yoel mengajarkan bahwa bencana yang dialami manusia dapat merupaka teguran Allah.
  2. Allah menghendaki agar pertobatan dari manusia tidak ditunda-tunda.
  3. Hari Tuhan adalah hari kesukaan bagi orang yang percaya, tetapi menjad hari yang mencelakakan bagi orang yang tidak percaya.
  4. Allah senantiasa memperhatikan kehidupan umat-Nya, baik dalam kesusaha maupun dalam kemenangan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Yoel?
  2. Dengan cara apakah Allah menyatakan hukuman-Nya kepada bangsa Israel?
  3. Apakah isi Kitab Yoel?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setelah mempelajari Kita Yoel?

Intisari: Yoel (Pendahuluan Kitab) Penghakiman dan belas kasihan SIAPAKAH YOEL?Nama Yoel berarti "Yehova adalah Allah". Itulah nama anak tertua Samuel (1Sa 8:2), tetapi tidak banyak ya

Penghakiman dan belas kasihan

SIAPAKAH YOEL?
Nama Yoel berarti "Yehova adalah Allah". Itulah nama anak tertua Samuel (1Sa 8:2), tetapi tidak banyak yang kita ketahui tentang nabi Yoel selain gambaran singkat mengenai dirinya sendiri dalam Yoe 1:1. Umum berpendapat bahwa ia adalah salah satu dari sekian banyak nabi Perjanjian Lama yang terdahulu. Boleh jadi ia telah mengenal baik nabi Elia maupun Elisa di masa mudanya. Ia bernubuat di kerajaan selatan, yaitu Yehuda, mungkin dalam zaman pemerintahan Yoas (2Ra 11 dan 2Ra 12).

APA LATAR BELAKANGNYA?
Ungkapan kuncinya adalah "Hari Tuhan". Negeri ini baru saja dihancurkan oleh hama belalang, dan bagi Yoel peristiwa ini mengandung makna spiritual. Ia percaya bahwa belalang-belalang itu merupakan hukuman ilahi, yaitu reaksi Allah terhadap dosa manusia. Tetapi hukuman yang lebih besar akan segera tiba: Yehuda dikelilingi oleh bangsa-bangsa yang jahat bagaikan sekumpulan belalang. Harapan mereka satu-satunya hanya pertobatan. Kitab ini memfokuskan penghakiman yang sudah lampau (belalang), penghakiman yang sedang dihadapi (bangsa-bangsa), tersedianya belas kasihan Allah dan panggilan Allah untuk bertobat (Yoe 1:13-20; 2:12-17).

APA PESANNYA?
Walaupun demikian, Yoel adalah seorang nabi harapan. Sebenarnya ia dinamakan "nabi kebangunan rohani" (Yoe 2:18-32). Kita dapat melihat hal ini terutama dalam peristiwa Hari Pentakosta pada waktu nubuatan Yoel digenapi. Tentu saja beberapa nubuatan masih menunggu penggenapannya (Yoe 2:28,29; Kis 2:16-21). Tetapi kita juga dapat melihat dalam kitab Yoel suatu ramalan mengenai berkumpulnya kembali orang Israel di tanah leluhur mereka dan mengenai penghakiman atas bangsa-bangsa (Yoe 3:2-7; Mat 25:32).

KITAB NUBUATAN YANG SANGAT INDAH
Sebagai literatur, Yoel merupakan kitab yang indah. Tidak pernah ditemukan dalam kitab-kitab lain gambaran yang begitu terperinci mengenai kehancuran yang disebabkan oleh awan belalang yang bergulung-gulung. Dan berkat kepandaiannya, Yoel melihat kumpulan belalang ini sebagai suatu ilustrasi yang luar biasa mengenai rombongan musuh yang mengelilingi Yehuda yang akan membawa penghukuman dari Allah.

Pesan

Pesan Yoel berfokus pada "Hari Tuhan", waktu ketika Tuhan akan ikut campur tangan di dalam dunia ini, ketika Tuhan akan memerintah sebagai raja, dan umat-Nya akan dibenarkan. Sudah barang tentu tema yang sama juga terdapat dalam nubuatan nabi-nabi lainnya (Yes 2:6-22; Amo 5:18-20; Zef 1:2-8).

1. Persiapan untuk "Hari Tuhan"
o Hama belalang dimaksudkan sebagai peringatan (lihat Amo 7:1-3) (lihat Amo 7:1-3). Yoe 1:1-12; 2:1-11
o Allah menuntut agar semua orang bertobat (lihat Zef 2:1-3). Yoe 1:13-20; 2:12-17

2. Jawaban Tuhan
o Berkat untuk bangsa-bangsa. Yoe 2:18-27
o Pencurahan Roh Kudus. Yoe 2:28-32
o Penghakiman dari bangsa-bangsa di sekitarnya. Yoe 3:1-8
o Keputusan: Umat Allah dibenarkan. Yoe 3:9-21

Penerapan

1. Waktu segalanya tidak beres
"Allah berbisik pada kita ketika kita bersukacita, tetapi Ia berteriak pada kita dalam kedukaan kita." Ketika segala sesuatu tidak beres bagi kita atau bangsa kita, boleh jadi Allah sedang memanggil kita. Ia memakai bencanaa dan kedukaan untuk membuat umat-Nya kembali kepada-Nya, tetapi kita seringkali tidak menangkap suara-Nya, oleh karena kita sudah puas dengan penjelasan ilmiah dari peristiwa "alam" yang terjadi. Tugas Yoel adalah untuk menunjukkan kepada manusia bahwa Allah sedang berkata-kata kepada mereka melalui hama belalang.

2. Meluruskan yang salah
Tugas Yoel ialah memberitahu manusia apa kesalahan mereka, tetapi tugas manusia adalah meluruskan yang salah itu! Apabila Allah memberikan suatu peringatan yang jelas, maka reaksi kita satu-satunya hanyalah pertobatan.

3. Pertobatan dan pengampunan
Kedua hal di atas saling berhubungan erat dalam Alkitab. Jika kita bertobat, kita akan diampuni. Dan jika kita tidak mau bertobat, maka kita tidak dapat diampuni.

4. Pesan Yoel kepada gereja
Yoel berkhotbah kepada suatu bangsa, yaitu umat pilihan Allah. Bencana alam merupakan petunjuk akan adanya kerusakan rohani. Hal ini merupakan suatu pelajaran yang penting bagi umat pilihan Allah dewasa ini, yaitu gereja. Apakah kita menderita kelaparan rohani? Apakah kita mengalami kekalahan rohani? Apakah orang-orang yang belum percaya yang ada di sekeliling kita menertawakan gereja? Apakah kita merasa tertekan dan kehilangan semangat? Jika demikian, dosa, ketidakpercayaan, ketidaktaatanlah yang menjadi sebab semuanya itu. Kalau begitu, maka jawabannya adalah pertobatan. Dan jika umat Allah mendengar, menanggapi, bertobat dan berlaku taat, Allah akan mengampuni dan memulihkan serta memberkati kita.

Tema-tema Kunci

1. Hari Tuhan
Ungkapan "Hari Tuhan" muncul lima kali dalam kitab ini (Yoe 1:15; 2:1,11,31; 3:14. Juga lihat Yoe 3:18, "hari itu"). Terdapat banyak referensi lain kepada Perjanjian Lama: Yes 2:12-22. Yeh 13:1-7; Zef 1:14-2,3; Zak 14:1-21. Apa lima ciri utama dari Hari Tuhan?

2. Pencurahan Roh Tuhan
Yoel mengharapkan pencurahan Roh Allah secara besar-besaran. Perhatikan bahwa pencurahan itu berlaku "bagi semua orang" (Yoe 2:28) dan akan terjadi "sebelum kedatangan hari Tuhan yang dahsyat dan menakutkan" (Yoe 2:31). Pada hari Pentakosta Petrus berkata bahwa nubuatan Yoel sedang digenapi (Kis 2:1-21). Bagian nubuatan Yoel mana saja yang telah digenapi, apa yang diingini manusia di mana-mana dewasa ini, (Kis 2:38) dan bagian mana dari nubuatan Yoel yang masih akan digenapi? (Lihat juga Mar 13:3-37).

3. Penghukuman Allah
Apabila Allah ingin mendisiplin umat-Nya, Ia kadang-kadang memakai bencana kelaparan atau hama (seperti belalang pada masa Yoel), tetapi seringkali Ia juga memakai bangsa-bangsa lain. Kitab Hakim-hakim penuh dengan contoh-contoh seperti ini. Tetapi seringkali bangsa-bangsa mendapat pengertian yang salah. Mereka menjadi sombong, berbual dan karena itulah mereka pada akhirnya harus dihukum. Lihat hal ini dalam Yoe 3:1-14. Apakah kita berpendapat bahwa oleh karena Allah telah memakai kita dalam suatu hal, maka Ia akan selalu memakai kita? Hal-hal apa saja yang dapat membuat kita sombong? Bagaimana Allah menghukum kita?

4. Raja dan kerajaan-Nya
Dari permulaan sampai akhir Alkitab terdapat sejumlah pasal dan ayat yang berisi pengharapan bahwa pada suatu ketika Allah akan memerintah dunia ini. Yoe 3:17,18 merupakan bagian dari nubuatan ini. (Lihat juga Yes 9:6,7; 35:4, dan nubuatan mengenai kerajaan seribu tahun yang terdapat dalam Wah 20). Biasanya, hal ini diartikan bahwa Yesuslah yang akan menjadi penguasa itu. Kalau begitu, mengapa Yesus tidak menerima secara terang-terangan julukan Raja Orang Yahudi? Mengapa Ia tidak memperbolehkan orang banyak untuk mengungkapkan kuasa-Nya? (misalnya: Mar 1:44; 3:12; 5:43; 7:24,36). Apakah Kis 1:6 dapat menolong kita untuk mengerti rahasia ini? Bacalah Rom 8:18-22. Apa yang dimaksud dengan seluruh makhluk "ditaklukkan kepada kesia-siaan"? Bagaimana hal ini dapat diakhiri?

Garis Besar Intisari: Yoel (Pendahuluan Kitab) [1] BENCANA NASIONAL Yoe 1:1-20 Yoe 1:1-12Hama belalang Yoe 1:13-20Panggilan untuk bertobat [2] HARI TUHAN Yoe 2:1-32 Yoe 2:1-11Penghancuran

[1] BENCANA NASIONAL Yoe 1:1-20

Yoe 1:1-12Hama belalang
Yoe 1:13-20Panggilan untuk bertobat

[2] HARI TUHAN Yoe 2:1-32

Yoe 2:1-11Penghancuran yang dahsyat
Yoe 2:12-17Perlunya kembali kepada Tuhan
Yoe 2:18-27Janji kemakmuran materi
Yoe 2:28-32Janji berkat rohani

[3] NUBUATAN MASA DEPAN Yoe 3:1-21

Yoe 3:1-15Musuh-musuh Israel ditantang
Yoe 3:16,17Allah ikut campur tangan atas nama Israel
Yoe 3:18Berkat Allah atas Israel
Yoe 3:19-21Kerajaan kekal diwujudkan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.57 detik
dipersembahkan oleh YLSA