kecilkan semua  

Teks -- Yesaya 36:1-22 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yerusalem dikepung oleh Sanherib
36:1 Maka dalam tahun keempat belas zaman raja Hizkia majulah Sanherib, raja Asyur, menyerang segala kota berkubu negeri Yehuda, lalu merebutnya. 36:2 Raja Asyur mengutus juru minuman agung dari Lakhis ke Yerusalem kepada raja Hizkia disertai suatu tentara yang besar. Ia mengambil tempat dekat saluran kolam atas di jalan raya pada Padang Tukang Penatu. 36:3 Keluarlah mendapatkan dia Elyakim bin Hilkia, kepala istana, dan Sebna, panitera negara, serta Yoab bin Asaf, bendahara negara. 36:4 Lalu berkatalah juru minuman agung kepada mereka: "Baiklah katakan kepada Hizkia: Beginilah kata raja agung, raja Asyur: Kepercayaan macam apakah yang kaupegang ini? 36:5 Kaukira bahwa hanya ucapan bibir saja dapat merupakan rencana dan kekuatan untuk perang! Sekarang, kepada siapa engkau berharap, maka engkau memberontak terhadap aku? 36:6 Sesungguhnya, engkau berharap kepada tongkat bambu yang patah terkulai itu, yaitu Mesir, yang akan menusuk dan menembus tangan orang yang bertopang kepadanya. Begitulah keadaan Firaun, raja Mesir, bagi semua orang yang berharap kepadanya. 36:7 Dan apabila engkau berkata kepadaku: Kami berharap kepada TUHAN, Allah kami, -- bukankah Dia itu yang bukit-bukit pengorbanan-Nya dan mezbah-mezbah-Nya telah dijauhkan oleh Hizkia sambil berkata kepada Yehuda dan Yerusalem: Di depan mezbah inilah kamu harus sujud menyembah! 36:8 Maka sekarang, baiklah bertaruh dengan tuanku, raja Asyur: Aku akan memberikan dua ribu ekor kuda kepadamu, jika engkau sanggup memberikan dari pihakmu orang-orang yang mengendarainya. 36:9 Bagaimanakah mungkin engkau memukul mundur satu orang perwira tuanku yang paling kecil? Padahal engkau berharap kepada Mesir dalam hal kereta dan orang-orang berkuda! 36:10 Sekarangpun, adakah di luar kehendak TUHAN aku maju melawan negeri ini untuk memusnahkannya? TUHAN telah berfirman kepadaku: Majulah menyerang negeri itu dan musnahkanlah itu!" 36:11 Lalu berkatalah Elyakim, Sebna dan Yoah kepada juru minuman agung: "Silakan berbicara dalam bahasa Aram kepada hamba-hambamu ini, sebab kami mengerti; tetapi janganlah berbicara dengan kami dalam bahasa Yehuda sambil didengar oleh rakyat yang ada di atas tembok." 36:12 Tetapi juru minuman agung berkata: "Adakah tuanku mengutus aku untuk mengucapkan perkataan-perkataan ini hanya kepada tuanmu dan kepadamu saja? Bukankah juga kepada orang-orang yang duduk di atas tembok, yang memakan tahinya dan meminum air kencingnya bersama-sama dengan kamu?" 36:13 Kemudian berdirilah juru minuman agung dan berserulah ia dengan suara nyaring dalam bahasa Yehuda. Ia berkata: "Dengarlah perkataan raja agung, raja Asyur! 36:14 Beginilah kata raja: Janganlah Hizkia memperdayakan kamu, sebab ia tidak sanggup melepaskan kamu! 36:15 Janganlah Hizkia mengajak kamu berharap kepada TUHAN dengan mengatakan: Tentulah TUHAN akan melepaskan kita; kota ini tidak akan diserahkan ke dalam tangan raja Asyur. 36:16 Janganlah dengarkan Hizkia, sebab beginilah kata raja Asyur: Adakanlah perjanjian penyerahan dengan aku dan datanglah ke luar kepadaku, maka setiap orang dari padamu akan makan dari pohon anggurnya dan dari pohon aranya serta minum dari sumurnya, 36:17 sampai aku datang dan membawa kamu ke suatu negeri seperti negerimu, suatu negeri yang bergandum dan berair anggur, suatu negeri yang beroti dan berkebun anggur. 36:18 Jangan sampai Hizkia membujuk kamu dengan mengatakan: TUHAN akan melepaskan kita! Apakah pernah para allah bangsa-bangsa melepaskan negerinya masing-masing dari tangan raja Asyur? 36:19 Di manakah para allah negeri Hamat dan Arpad? Di manakah para allah negeri Sefarwaim? Apakah mereka telah melepaskan Samaria dari tanganku? 36:20 Siapakah di antara semua allah negeri-negeri ini yang telah melepaskan negeri mereka dari tanganku, sehingga TUHAN sanggup melepaskan Yerusalem dari tanganku?" 36:21 Tetapi orang berdiam diri dan tidak menjawab dia sepatah katapun, sebab ada perintah raja, bunyinya: "Jangan kamu menjawab dia!" 36:22 Kemudian pergilah Elyakim bin Hilkia, kepala istana, dan Sebna, panitera negara, dan Yoah bin Asaf, bendahara negara, menghadap Hizkia, dengan pakaian yang dikoyakkan, lalu memberitahukan kepada raja perkataan juru minuman agung.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Arpad a town of Syria 40 km north of Aleppo & 100 km east of the Great Sea
 · Asaf father of Joah, Hezekiah's recorder,son of Berechiah the Levite; music minister under David,father of Zichri; a Levite ancestor of some returnees,an official over the (Persian) king's forest in Judah
 · Asyur a member of the nation of Assyria
 · bahasa Ibrani an ancient Jewish language used in the Old Testament
 · Elyakim son of Abiud the son of Zerubbabel over 20generations from David; an ancestor of Jesus,son of Melea, only 4 generations from David; an ancester of Jesus,son of Hilkiah; head of Hezekiah's household,son of Josiah; made king of Judah by Pharaoh Neco,a priest who helped celebrate the completion of the wall
 · Firaun the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who ruled Egypt in Abraham's time,the title of the king who ruled Egypt in Joseph's time,the title of the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who refused to let Israel leave Egypt,the title of the king of Egypt whose daughter Solomon married,the title of the king who ruled Egypt in the time of Isaiah,the title Egypt's ruler just before Moses' time
 · Hamat a town on the west shore of Lake Galilee
 · Hilkia father of Eliakim who was head of King Hezekiah's household,a high priest; son of Shalum /Meshulam,son of Amzi of Levi; forefather of returned exiles,son of Hosah; a Levite gatekeeper,priest leader of some who returned from exile with Zerubbabel,a man of Anathoth; father of the prophet Jeremiah
 · Hizkia son of Neariah, a descendant of Jeconiah
 · Lakhis a town of Judah 23 km west of Hebron & 40 km north of Beersheba (SMM)
 · Mesir descendants of Mizraim
 · orang Asyur a member of the nation of Assyria
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · Sanherib king of Assyria; enemy of King Hezekiah of Judah
 · Sefarwaim a town in a region 200 to 400 miles north of Damascus
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yoab son of Asaph; record keeper of King Hezekiah,son of Zimmah one of the Levites of Gershon whom, along with his son Eden, King Hezekiah assigned to supervise the cleansing of the temple,son of Obed-Edom; a Levite gatekeeper whose descendants returned from exile,son of Joahaz; record keeper of King Josiah
 · Yoah son of Asaph; record keeper of King Hezekiah,son of Zimmah one of the Levites of Gershon whom, along with his son Eden, King Hezekiah assigned to supervise the cleansing of the temple,son of Obed-Edom; a Levite gatekeeper whose descendants returned from exile,son of Joahaz; record keeper of King Josiah


Topik/Tema Kamus: Hizkia | Sanherib | Pejabat | Yesaya | Percaya Kepercayaan | Asaf | Kota | Mesir | Waktu Atau Masa | Asyur | Air Anggur | Pisau | Arpad | Gihon | Ibrani | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yes 36:1 - RAJA HIZKIA. Nas : Yes 36:1 Dengan pasal Yes 36:1-39:8 (sejajar dengan pasal 2Raj 18:1-20:21), Yesaya berpindah dari nubuat kepada sejarah Raja Hizkia. Hizkia a...

Nas : Yes 36:1

Dengan pasal Yes 36:1-39:8 (sejajar dengan pasal 2Raj 18:1-20:21), Yesaya berpindah dari nubuat kepada sejarah Raja Hizkia. Hizkia adalah seorang raja saleh dari Yehuda yang percaya akan Tuhan dan melayani-Nya

(lihat cat. --> 2Raj 18:5).

[atau ref. 2Raj 18:5]

"Tahun keempat belas" pemerintahannya ialah 701 SM, ketika Sanherib, raja Asyur, menyerbu Yehuda dengan tujuan merebut Yerusalem.

Full Life: Yes 36:4-10 - JURU MINUMAN AGUNG Nas : Yes 36:4-10 (versi Inggris NIV -- panglima mandala). Panglima mandala bala tentara Sanherib berusaha untuk melemahkan keyakinan umat itu kepa...

Nas : Yes 36:4-10

(versi Inggris NIV -- panglima mandala). Panglima mandala bala tentara Sanherib berusaha untuk melemahkan keyakinan umat itu kepada Tuhan dengan intimidasi, kebohongan, dan argumentasi bahwa Allah Yehuda tidak akan cukup kuat untuk melepaskan mereka (bd. 2Raj 19:6-13).

Full Life: Yes 36:20 - MELEPASKAN YERUSALEM DARI TANGANKU? Nas : Yes 36:20 Panglima mandala itu dengan nada ejekan mengatakan bahwa Allah Yehuda tidak cukup kuat untuk melepaskan Yerusalem dari pasukannya. ...

Nas : Yes 36:20

Panglima mandala itu dengan nada ejekan mengatakan bahwa Allah Yehuda tidak cukup kuat untuk melepaskan Yerusalem dari pasukannya. Ia mengatakan secara tak langsung bahwa diperlukan mukjizat untuk itu dan ini bukan saatnya untuk mengharapkan mukjizat. Iblis masih menggunakan cara-cara seperti ini dengan anak-anak Allah; ia mengatakan kepada mereka bahwa pada saat mereka sangat kekurangan, janganlah mereka menantikan atau mengharapkan suatu mukjizat dari Allah. Akan tetapi, perhatikan bahwa Allah mengadakan mukjizat untuk Yehuda dan mengalahkan panglima itu dan tentaranya (Yes 37:36-38).

Jerusalem: Yes 36:1--39:8 - -- Bagian kitab Yesaya ini sejalan dengan 2Ra 18:13-20:19 dengan beberapa perbedaan kecil. Lihat catatan-catatan pada 2Raja. Bab Yes 36:1-39:8 Yesaya dia...

Bagian kitab Yesaya ini sejalan dengan 2Ra 18:13-20:19 dengan beberapa perbedaan kecil. Lihat catatan-catatan pada 2Raja. Bab Yes 36:1-39:8 Yesaya diambil dari 2Raja dan ditempatkan pada akhir bagian pertama kitab Yesaya. Begitu dilengkapi tradisi-tradisi mengenai nabi itu. Dalam bab Yes 36:1-37:38 Yesaya menyusun bagian ini mempersatukan dua sumbernya: Yes 36:1-37:9,37:1-39:1-8 dan bab Yes 38:1-39:8 berasal dari kalangan para pendukung nabi, bahkan barangkali diangkat dari sebuah Riwayat Hidup nabi Yesaya. Tetapi ada sebuah kisah sejalan, yakni Yes 37:9-36, yang menonjolkan takwa raja Hizkia dan pertolongan yang diberi Yesaya: nabi juga menyampaikan beberapa firman Allah. Kalau firman-firman itu benar-benar disampaikan oleh nabi Yesaya, maka harus dikatakan bahwa firman-firman aseli disadur oleh murid-murid nabi. Dari kalangan murid-murid itu kiranya berasallah kisah ini yang ditutup dengan berita tentang suatu keajaiban, Yes 37:36.

Ende: Yes 36:1--39:8 - -- Pasal2 ini terdapat djuga di 2Ra 18:13-20, ketjuali Yes 38:9-20. Hanja ada perbedaan2 ketjil sadja. Kiranja bagian ini diambil alih dari kitab Radja2 ...

Pasal2 ini terdapat djuga di 2Ra 18:13-20, ketjuali Yes 38:9-20. Hanja ada perbedaan2 ketjil sadja. Kiranja bagian ini diambil alih dari kitab Radja2 dan ditambahkan pada Kitab Jesaja untuk menegaskan, bahwa nubuat2nja terlaksana djuga. Keterangan2 jang perlu terdapat dalam tjatatan2 Kitab radja2.

Endetn: Yes 36:5 - anda diperbaiki menurut 2Ra 18:20, beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "aku".

diperbaiki menurut 2Ra 18:20, beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "aku".

Endetn: Yes 36:12 - dahinja, kentjingnja lih. 2Ra 18:27.

lih. 2Ra 18:27.

Endetn: Yes 36:19 - -- "(Dimana gerangan... dst."). Lih. 2Ra 18:34.

"(Dimana gerangan... dst."). Lih. 2Ra 18:34.

Ref. Silang FULL: Yes 36:1 - raja Hizkia // majulah Sanherib // lalu merebutnya · raja Hizkia: 2Raj 18:9; 2Raj 18:9 · majulah Sanherib: 2Taw 32:1; 2Taw 32:1 · lalu merebutnya: Mazm 109:11; Mazm 109:11

· raja Hizkia: 2Raj 18:9; [Lihat FULL. 2Raj 18:9]

· majulah Sanherib: 2Taw 32:1; [Lihat FULL. 2Taw 32:1]

· lalu merebutnya: Mazm 109:11; [Lihat FULL. Mazm 109:11]

Ref. Silang FULL: Yes 36:2 - dari Lakhis // Tukang Penatu · dari Lakhis: Yos 10:3; Yos 10:3 · Tukang Penatu: Yes 7:3; Yes 7:3

· dari Lakhis: Yos 10:3; [Lihat FULL. Yos 10:3]

· Tukang Penatu: Yes 7:3; [Lihat FULL. Yes 7:3]

Ref. Silang FULL: Yes 36:3 - dia Elyakim // Hilkia, kepala // dan Sebna // panitera // Yoab // Asaf, bendahara · dia Elyakim: Yes 22:20-21; 37:2 · Hilkia, kepala: Kej 41:40; Kej 41:40 · dan Sebna: 2Raj 18:18; 2Raj 18:18 · panitera: 2...

· dia Elyakim: Yes 22:20-21; 37:2

· Hilkia, kepala: Kej 41:40; [Lihat FULL. Kej 41:40]

· dan Sebna: 2Raj 18:18; [Lihat FULL. 2Raj 18:18]

· panitera: 2Sam 8:17; [Lihat FULL. 2Sam 8:17]

· Yoab: Yes 36:11

· Asaf, bendahara: 2Sam 8:16; [Lihat FULL. 2Sam 8:16]

Ref. Silang FULL: Yes 36:5 - engkau memberontak · engkau memberontak: 2Raj 18:7; 2Raj 18:7

· engkau memberontak: 2Raj 18:7; [Lihat FULL. 2Raj 18:7]

Ref. Silang FULL: Yes 36:6 - engkau berharap // tongkat bambu // yaitu Mesir // yaitu Mesir · engkau berharap: 2Raj 17:4; 2Raj 17:4; Yes 8:12; Yes 8:12 · tongkat bambu: Yes 42:3; 58:5; Yeh 29:6-7 · yaitu Mesir: Yes 30:2,5...

· engkau berharap: 2Raj 17:4; [Lihat FULL. 2Raj 17:4]; Yes 8:12; [Lihat FULL. Yes 8:12]

· tongkat bambu: Yes 42:3; 58:5; Yeh 29:6-7

· yaitu Mesir: Yes 30:2,5; [Lihat FULL. Yes 30:2]; [Lihat FULL. Yes 30:5]

· yaitu Mesir: Yeh 17:17

Ref. Silang FULL: Yes 36:7 - Kami berharap // telah dijauhkan // depan mezbah · Kami berharap: Mazm 22:9; Mat 27:43 · telah dijauhkan: 2Raj 18:4; 2Raj 18:4 · depan mezbah: Ul 12:2-5; 2Taw 31:1; 2Taw 31:1

· Kami berharap: Mazm 22:9; Mat 27:43

· telah dijauhkan: 2Raj 18:4; [Lihat FULL. 2Raj 18:4]

· depan mezbah: Ul 12:2-5; 2Taw 31:1; [Lihat FULL. 2Taw 31:1]

Ref. Silang FULL: Yes 36:8 - ekor kuda · ekor kuda: Mazm 20:8; Mazm 20:8; Yes 30:16; Yes 30:16

· ekor kuda: Mazm 20:8; [Lihat FULL. Mazm 20:8]; Yes 30:16; [Lihat FULL. Yes 30:16]

Ref. Silang FULL: Yes 36:9 - kepada Mesir // hal kereta // orang-orang berkuda · kepada Mesir: Yes 31:3; Yes 31:3 · hal kereta: Yes 37:24 · orang-orang berkuda: Mazm 20:8; Mazm 20:8; Yes 30:2-5

· kepada Mesir: Yes 31:3; [Lihat FULL. Yes 31:3]

· hal kereta: Yes 37:24

· orang-orang berkuda: Mazm 20:8; [Lihat FULL. Mazm 20:8]; Yes 30:2-5

Ref. Silang FULL: Yes 36:10 - telah berfirman · telah berfirman: 1Raj 13:18; 1Raj 13:18; Yes 10:5-7

· telah berfirman: 1Raj 13:18; [Lihat FULL. 1Raj 13:18]; Yes 10:5-7

Ref. Silang FULL: Yes 36:11 - dan Yoah // bahasa Aram · dan Yoah: Yes 36:3 · bahasa Aram: Ezr 4:7; Ezr 4:7

· dan Yoah: Yes 36:3

· bahasa Aram: Ezr 4:7; [Lihat FULL. Ezr 4:7]

Ref. Silang FULL: Yes 36:12 - air kencingnya · air kencingnya: 2Raj 6:25; Yeh 4:12

· air kencingnya: 2Raj 6:25; Yeh 4:12

Ref. Silang FULL: Yes 36:13 - bahasa Yehuda // raja Asyur · bahasa Yehuda: 2Taw 32:18; 2Taw 32:18 · raja Asyur: Yes 37:4

· bahasa Yehuda: 2Taw 32:18; [Lihat FULL. 2Taw 32:18]

· raja Asyur: Yes 37:4

Ref. Silang FULL: Yes 36:14 - Hizkia memperdayakan · Hizkia memperdayakan: 2Taw 32:15; 2Taw 32:15

· Hizkia memperdayakan: 2Taw 32:15; [Lihat FULL. 2Taw 32:15]

Ref. Silang FULL: Yes 36:15 - akan melepaskan // raja Asyur · akan melepaskan: Mazm 3:3,8; Mazm 3:3; Mazm 3:8 · raja Asyur: Yes 37:10

· akan melepaskan: Mazm 3:3,8; [Lihat FULL. Mazm 3:3]; [Lihat FULL. Mazm 3:8]

· raja Asyur: Yes 37:10

Ref. Silang FULL: Yes 36:16 - pohon aranya // dari sumurnya · pohon aranya: 1Raj 4:25; 1Raj 4:25 · dari sumurnya: Ams 5:15

· pohon aranya: 1Raj 4:25; [Lihat FULL. 1Raj 4:25]

· dari sumurnya: Ams 5:15

Ref. Silang FULL: Yes 36:17 - seperti negerimu // berair anggur · seperti negerimu: 2Raj 15:29; 2Raj 15:29 · berair anggur: Kej 27:28; Kej 27:28; Ul 28:51; Ul 28:51

· seperti negerimu: 2Raj 15:29; [Lihat FULL. 2Raj 15:29]

· berair anggur: Kej 27:28; [Lihat FULL. Kej 27:28]; Ul 28:51; [Lihat FULL. Ul 28:51]

Ref. Silang FULL: Yes 36:19 - dan Arpad // negeri Sefarwaim // melepaskan Samaria · dan Arpad: 2Raj 18:34; 2Raj 18:34 · negeri Sefarwaim: 2Raj 17:24; 2Raj 17:24 · melepaskan Samaria: 2Raj 15:29; 2Raj 15:29

· dan Arpad: 2Raj 18:34; [Lihat FULL. 2Raj 18:34]

· negeri Sefarwaim: 2Raj 17:24; [Lihat FULL. 2Raj 17:24]

· melepaskan Samaria: 2Raj 15:29; [Lihat FULL. 2Raj 15:29]

Ref. Silang FULL: Yes 36:20 - semua allah // dari tanganku · semua allah: 1Raj 20:23; 1Raj 20:23 · dari tanganku: Kel 5:2; 2Taw 25:15; Yes 10:8-11; 37:10-13,18-20; 40:18; Dan 3:15

· semua allah: 1Raj 20:23; [Lihat FULL. 1Raj 20:23]

· dari tanganku: Kel 5:2; 2Taw 25:15; Yes 10:8-11; 37:10-13,18-20; 40:18; Dan 3:15

Ref. Silang FULL: Yes 36:21 - menjawab dia · menjawab dia: Ams 9:7-8; Ams 26:4; Ams 26:4

· menjawab dia: Ams 9:7-8; Ams 26:4; [Lihat FULL. Ams 26:4]

Ref. Silang FULL: Yes 36:22 - pergilah Elyakim // Asaf, bendahara // yang dikoyakkan · pergilah Elyakim: 2Raj 18:18; 2Raj 18:18 · Asaf, bendahara: 2Sam 8:16; 2Sam 8:16 · yang dikoyakkan: Kej 37:29; Kej 37:29; 2Taw ...

· pergilah Elyakim: 2Raj 18:18; [Lihat FULL. 2Raj 18:18]

· Asaf, bendahara: 2Sam 8:16; [Lihat FULL. 2Sam 8:16]

· yang dikoyakkan: Kej 37:29; [Lihat FULL. Kej 37:29]; 2Taw 34:19; [Lihat FULL. 2Taw 34:19]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Yes 36:1 - Tahun keempat belas // Segala kota berkubu 1. Tahun keempat belas. Kelihatannya yang dimaksud disini ialah masa pemerintahan kedua dari Hizkia, yaitu rentang waktu tambahan selama lima belas ta...

1. Tahun keempat belas. Kelihatannya yang dimaksud disini ialah masa pemerintahan kedua dari Hizkia, yaitu rentang waktu tambahan selama lima belas tahun (lebih ?), yang ditambahkan kepada sang raja ketika ia mengidap penyakit mematikan yang diceritakan dalam Yesaya 38. Hizkia menderita penyakit itu tahun 714 SM, atau sebelas tahun sesudah kematian ayahnya, Ahas. Sanherib mulai memerintah tahun 705 SM dan menggunakan sebagian besar waktunya untuk menumpas pemberontakan di banyak wilayah kerajaannya. Segala kota berkubu. Sanherib sendiri mencatat ada empat puluh enam kota seperti itu.

Wycliffe: Yes 36:2 - Juru minuman agung 2. Juru minuman agung (Rabshakeh, ini bukan nama diri), gelar untuk satu jabatan tinggi di istana raja (aslinya adalah, pembawa minuman raja, karena n...

2. Juru minuman agung (Rabshakeh, ini bukan nama diri), gelar untuk satu jabatan tinggi di istana raja (aslinya adalah, pembawa minuman raja, karena nama itu berarti "kepala juru tuang anggur"). Perhatikan bahwa tantangan itu diucapkan di tempat yang sama, ketika dua puluh tiga tahun sebelumnya Yesaya berkonfrontasi dengan Ahas (bdg. Yes. 7).

Wycliffe: Yes 36:3 - Elyakim // Sebna 3. Elyakim dan Sebna (bdg. 22:15-25).

3. Elyakim dan Sebna (bdg. 22:15-25).

Wycliffe: Yes 36:7 - -- 7. Dengan lihai sekali orang Asyur menghasut para penyembah berhala di antara orang-orang Yehuda, yang kecewa karena pembaharuan Hizkia.

7. Dengan lihai sekali orang Asyur menghasut para penyembah berhala di antara orang-orang Yehuda, yang kecewa karena pembaharuan Hizkia.

Wycliffe: Yes 36:8 - Baiklah bertaruh 8. Baiklah bertaruh. Dia mengejek ketidakmampuan bangsa Yehuda dalam berkuda atau mengendarai kereta perang. Mereka tidak memiliki orang-orang terlati...

8. Baiklah bertaruh. Dia mengejek ketidakmampuan bangsa Yehuda dalam berkuda atau mengendarai kereta perang. Mereka tidak memiliki orang-orang terlatih untuk mengurusi dua ribu ekor kuda, seandainya orang Asyur memberi mereka sejumlah itu.

Wycliffe: Yes 36:10 - -- 10. Keangkuhan Sanherib dalam bentuk hujatan dengan menyatakan bahwa kekuasaan TUHAN mengandung unsur kebenaran yang mengganggu (bdg. 10:5, 6).

10. Keangkuhan Sanherib dalam bentuk hujatan dengan menyatakan bahwa kekuasaan TUHAN mengandung unsur kebenaran yang mengganggu (bdg. 10:5, 6).

Wycliffe: Yes 36:11 - -- 11. Pada zaman sekuno ini bahasa Aram - bahasa Siria - telah menjadi bahasa pengantar di Timur Dekat (menggantikan bahasa asli juru minuman agung, yai...

11. Pada zaman sekuno ini bahasa Aram - bahasa Siria - telah menjadi bahasa pengantar di Timur Dekat (menggantikan bahasa asli juru minuman agung, yaitu bahasa Akad, yang merupakan bahasa pengantar pada milenium sebelumnya). Tetapi, orang Yahudi pada umumnya, yang tidak terlatih untuk perniagaan luar negeri, tidak mengerti hal itu.

Wycliffe: Yes 36:17 - -- 17. Kebijaksanaan Asyur masih tetap mendeportasikan penduduk yang memberontak, sama seperti yang sudah dilakukan terhadap kesepuluh suku dalam tahun 7...

17. Kebijaksanaan Asyur masih tetap mendeportasikan penduduk yang memberontak, sama seperti yang sudah dilakukan terhadap kesepuluh suku dalam tahun 721 SM. Perhatikan bahwa ini adalah tawaran untuk mendapatkan kenyamanan ekonomi dengan mengorbankan kemerdekaan, suatu tawaran yang diberikan oleh rekan atau sekutu Asyur bahkan pada masa kini.

Wycliffe: Yes 36:18-20 - Apakah pernah para allah melepaskan negerinya 18-20. Apakah pernah para allah melepaskan negerinya. Raja Asyur menganggap penaklukan para penguasa Siria Utara ini sebagai kemenangan atas para dewa...

18-20. Apakah pernah para allah melepaskan negerinya. Raja Asyur menganggap penaklukan para penguasa Siria Utara ini sebagai kemenangan atas para dewa bangsa-bangsa ini. Dia pasti berpikir tidak mungkin ada allah yang lebih besar atau lebih kuat daripada bangsa yang mengabdi kepadanya. Jadi, dapat ditafsirkan bahwa kekalahan Israel adalah kekalahan Allah Israel.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yes 36:1-10 - Pesan Sanherib yang Lancang Nabi Yesaya, dalam pasal ini dan tiga pasal berikutnya, menjadi seorang ahli sejarah. Sebab sejarah Kitab Suci, seperti juga nubuatan Kitab Suci,...

Matthew Henry: Yes 36:11-22 - Pesan Sahherib yang Lancang Pesan Sahherib yang Lancang (36:11-22) Dari sini kita bisa memetik pelajaran-pelajaran ini: 1. Bahwa, sewaktu para penguasa dan penas...

SH: Yes 36:1-22 - Keangkuhan. (Jumat, 24 September 2004) Keangkuhan. Alkitab berulangkali menceritakan tentang musuh-musuh Israel yang bersikap sombong terhadap mereka (umat pilihan Allah), se...

SH: Yes 36:1-22 - Allah tak berkuasa? (Kamis, 3 Desember 1998) Allah tak berkuasa? Pesan yang diungkapkan raja Asyur kepada bangsa Israel melalui juru minuman agungnya, sungguh memalukan! Bayangkan, karena perbuat...

SH: Yes 36:22--37:20 - Prinsip menghadapi masalah. (Sabtu, 25 September 2004) Prinsip menghadapi masalah. Cara Allah menolong anak-anak-Nya keluar dari berbagai masalah pasti unik dan berbeda-beda. Meski berbeda, dari ...

Utley: Yes 36:1-3 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 36:1-31 Maka dalam tahun keempat belas zaman raja Hizkia majulah Sanherib, raja Asyur, menyerang segala kota berkubu negeri...

Utley: Yes 36:4-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 36:4-104 Lalu berkatalah juru minuman agung kepada mereka: "Baiklah katakan kepada Hizkia: Beginilah kata raja agung, raja ...

Utley: Yes 36:11-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 36:11-1211 Lalu berkatalah Elyakim, Sebna dan Yoah kepada juru minuman agung: "Silakan berbicara dalam bahasa Aram kepada h...

Utley: Yes 36:13-20 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 36:13-2013 Kemudian berdirilah juru minuman agung dan berserulah ia dengan suara nyaring dalam bahasa Yehuda. Ia berkata: "...

Utley: Yes 36:21-22 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 36:21-2221 Tetapi orang berdiam diri dan tidak menjawab dia sepatah katapun, sebab ada perintah raja, bunyinya: "Jangan kam...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yesaya Tema : Hukuman dan Keselamatan Tanggal Penulisan: + 700-680 SM Latar Belakang Latar belakang sejarah bagi pel...

Full Life: Yesaya (Garis Besar) Garis Besar I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran (Yes 1:1-35:10) A. Latar Belakang Nubuat Yesaya ...

Matthew Henry: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Nabi adalah sebuah gelar yang kedengarannya sangat hebat bagi orang-orang yang memahaminya, walaupun di mata dunia, banyak orang yang dimuliakan...

Jerusalem: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PARA NABI PENGANTAR Dalam Alkitab Ibrani kitab-kitab Yesaya, Yeremia, Yehezkiel dan kedua belas nabi lainnya merupakan suatu kelompok yang disebut &qu...

Ende: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Ende: Yesaya (Pendahuluan Kitab) JESAJA Pendahuluan Dalam terdjemahan ini kitab Jesaja djelas dibagi atas tiga bagian besar, jakni pasal 13-9, 40-55, 56-66. Bahkan bagian2 itu dipisah...

Wycliffe: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN YESAYA Tanggal dan Kepenulisan. Yesaya bin Amos rupanya adalah orang sangat terhormat di Yerusalem yang mempunyai kebebasan untuk masuk k...

Wycliffe: Yesaya (Garis Besar) GARIS BESAR YESAYA (Bagian-bagian pokok garis besar ini mengikuti analisis sangat bagus dari B. F. Copass dalam The Prince of the Prophets.) JIL...

BIS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) YESAYA PENGANTAR Buku ini disebut menurut nama seorang nabi besar yang hidup di Yerusalem dalam bagian kedua abad kedelapan sebelum Masehi. Seluruhn

YESAYA

PENGANTAR

Buku ini disebut menurut nama seorang nabi besar yang hidup di Yerusalem dalam bagian kedua abad kedelapan sebelum Masehi. Seluruhnya dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. 1. Pasal 1-39 (Yes 1:1-39:8) berasal dari zaman ketika Yehuda, kerajaan selatan, diancam oleh Asyur, negara tetangga yang sangat kuat. Yesaya menyadari bahwa yang sesungguhnya mengancam kehidupan Yehuda bukanlah kekuatan Asyur, tetapi dosa bangsa Yehuda sendiri, karena bangsa itu tidak taat dan kurang percaya kepada Allah. Baik dengan kata-kata, maupun dengan perbuatan, Nabi Yesaya mendorong rakyat serta para pemimpin mereka untuk hidup menurut kehendak Allah dan berlaku adil. Ia mengingatkan bahwa umat Allah akan celaka dan binasa kalau tidak mau mendengarkan TUHAN. Yesaya juga meramalkan perdamaian dunia dan kedatangan seorang keturunan Daud yang akan menjadi raja yang diidam- idamkan.
  2. 2. Pasal 40-55 (Yes 40:1-55:13) berasal dari masa pembuangan orang-orang Yehuda di Babel. Mereka dalam keadaan hancur tanpa harapan. Yesaya memberitakan bahwa tak lama lagi Allah membebaskan umat-Nya dan membawa mereka pulang ke Yerusalem, untuk memulai suatu hidup baru. Tema penting bagian ini ialah bahwa Allah itu TUHAN yang menguasai sejarah, dan bahwa Ia merencanakan untuk mengutus umat-Nya ke segala bangsa yang akan diberkati melalui Israel. Ayat-ayat tentang "Hamba TUHAN" merupakan salah satu bagian yang paling terkenal dari Perjanjian Lama.
  3. 3. Pasal 56-66 (Yes 56:1-66:24) sebagian besar ditujukan kepada bangsa yang sudah kembali di Yerusalem. Mereka perlu diyakinkan lagi bahwa Allah akan memenuhi janji-janji-Nya kepada bangsa itu. Perhatian khusus diberikan kepada cara hidup yang benar dan keadilan; juga kepada cara merayakan hari Sabat, mempersembahkan kurban dan doa. Ayat-ayat penting ialah Yes 61:1-2 yang dipakai Yesus untuk menyatakan panggilan-Nya ketika Ia memulai tugas- Nya di dunia.

Isi

  1.  Peringatan dan janji
    Yes 1:1-12:6
  2.  Hukuman untuk bangsa-bangsa
    Yes 13:1-23:18
  3.  Pengadilan Allah terhadap dunia
    Yes 24:1-27:13
  4.  Peringatan lebih lanjut dan janji
    Yes 28:1-35:10
  5.  Raja Hizkia dari Yehuda dan orang-orang Asyur
    Yes 36:1-39:8
  6.  Pesan penuh janji dan harapan
    Yes 40:1-55:13
  7.  Peringatan dan janji
    Yes 56:1-66:24

Ajaran: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal Kitab Yesaya, anggota jemaat mengerti dan percaya bahwa anugerah Allah hanya dapat diperoleh di dalam Tuhan Yesus Kris

Tujuan

Supaya dengan mengenal Kitab Yesaya, anggota jemaat mengerti dan percaya bahwa anugerah Allah hanya dapat diperoleh di dalam Tuhan Yesus Kristus, yang menjelma menjadi "hamba" yang menderita dan mati sebagai korban dosa manusia.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yesaya.

Isi Kitab: Kitab Yesaya terbagi atas 66 pasal. Isi Kitab ini dibagi ke dalam dua bagian utama. Bagian pertama adalah nubuatan tentang hukuman yang akan jatuh atas bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain. Bagian kedua adalah penghiburan tentang anugerah Allah yang ada di dalam Yesus Kristus, di mana kelahiran, penderitaan dan kemenangan Yesus dinubuatkan dengan jelas.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yesaya

  1. Pasal 1-35 (Yes 1:1-35:10).

    Israel, Umat Allah yang tidak setia

    Pasal-pasal ini menjelaskan tentang beberapa hal penting berikut ini.

    1. Dosa bangsa ini (Yes 1:1-31; 3:1-26; 5:1-30).
    2. Keadaan masa depanny (Yes 2:1-22; 4:1-6; 9:1-21; 11:1-16; 12:1-6; 25:1-35:10).
    3. Panggilan nabi Yesaya (Yes 6:1-13).
    4. Raja-raja bangsa ini yang tidak percaya (Yes 7:1-25).
    5. Hukuman Allah atas bangsa-bangsa yang memusuhi-Nya.
      1. (1) Babel (pasal Yes 13:1-22; 14:1-32; 21:1-17).
      2. (2) Asyur (Yes 14:24-27).
      3. (3) Filistin (Yes 14:28-32).
      4. (4) Moab (pasal 15-16; Yes 15:1-16:14).
      5. (5) Damsyik (pasal 17; Yes 17:1-14).
      6. (6) Etiopia (pasal 18; Yes 18:1-7).
      7. (7) Mesir (pasal 19-20; Yes 19:1-20:6).
      8. (8) Arabia (Yes 21:13-17).
      9. (9) Tirus (pasal 23; Yes 23:1-18). (10) Edom (Yes 34:5-15). (11) Bangsa-bangsa di dunia (pasal 24-25; Yes 24:1-25:12).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yes 1:1-9. Sebagai gambaran dosa bangsa ini.
    2. Bacalah pasal Yes 1:10-20.
    3. Bacalah pasal Yes 2:1-5. Sebagai gambaran masa depan umat Allah.
  2. Pasal 36-39 (Yes 36:1-39:8).

    Hizkia, hamba Allah yang penakut

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yes 37:1-7. Ia sangat takut kepada raja Asyur.
    2. Bacalah pasal Yes 38:1-3. Ia sangat takut kepada kematian.
    3. Bacalah pasal Yes 39:1-8. Hizkia sangat takut kepada Babel, sehingga i memperlihatkan semua apa yang ada dalam kerajaannya.
  3. Pasal 40-66 (Yes 40:1-66:24).

    Nubuatan tentang Yesus Kristus, hamba Allah yang setia

    Dalam pasal-pasal ini, ada 3 bagian besar, yaitu:

    1. Pemberitaan tentang kemuliaan Allah dalam memberika penyelamatan dan penghiburan kepada bangsa Israe (pasal 40-48; Yes 40:1-48:22).
    2. Pemberitaan tentang kedatangan seorang penyelamat bangs Israel dan penyelamat bangsa lain. Dan juga pemberitaa tentang penderitaan yang akan dialami oleh penyelama (pasal 49-53; Yes 49:1-53:12).
    3. Pemberitaan keselamatan dan keadaan masa depan dala pemerintahan raja (Penyelamat) yang keka (pasal 54-66; Yes 54:1-66:24).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yes 40:1-11. Apakah yang terjadi dengan bangsa Israel?
    2. Perhatikanlah pasal 52 (Yes 52:1-15). Apakah yang terjadi dengan Penyelamat?
    3. Bacalah pasal Yes 66:22-24. Apakah yang terjadi pada masa depan?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Yesaya mengajarkan tentang kekudusan Allah, karena Allah juga menuntut hidup yang kudus dari umat-Nya.

  2. Kitab Yesaya mengajarkan bahwa kelahiran dan penderitaan dari Tuhan Yesus sudah menjadi rencana Allah.

  3. Kitab Yesaya menegaskan bahwa Yesus Kristus adalah perwujudan daripada Allah yang perkasa, Penasehat yang Ajaib, Bapa yang kekal, dan Raja Damai.

  4. Kitab Yesaya mengajarkan bahwa dunia akan mengalami masa penghukuman atau kehancuran.

  5. Kitab Yesaya menegaskan bahwa Kristus Yesus merupakan korban dari dosa- dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Yesaya?
  2. Apakah isi Kitab Yesaya?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Kitab Yesaya?

Intisari: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Keselamatan dan penghakiman PESANNYA"Yesaya" berarti "Tuhan adalah keselamatan" dan dia adalah nabi keselamatan. Namun, keselamatan dan penghakiman s

Keselamatan dan penghakiman

PESANNYA
"Yesaya" berarti "Tuhan adalah keselamatan" dan dia adalah nabi keselamatan. Namun, keselamatan dan penghakiman selalu bersama-sama dalam Alkitab; jika Anda tidak mau diselamatkan, maka Anda akan dihakimi. Oleh karena itu, Yesaya menggabungkan kedua tema ini: penghakiman (Yes 1:1-35:10) dan keselamatan (Yes 40:1-66:24). Kedua tema utama ini dipadukan dengan adanya bagian bersejarah tentang Raja Hizkia (Yes 36:1-39:8).

WAKTU
Yesaya menerima visinya pada masa pemerintahan empat orang raja yaitu Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia (Yes 1:1). Raja Uzia wafat pada tahun 740 sebelum Masehi (lihat Yes 6:1), dan Hizkia pada tahun 687 sebelum Masehi, dengan demikian visi-visi Yesaya mencakup kurun waktu setengah abad.

NUBUATAN
Yesaya adalah seorang nabi, bukan semata-mata seorang pengkhotbah dan Kitab Yesaya merupakan buku nubuatan, bukan hanya buku sejarah. Yesaya tidak hanya mampu menganalisis keadaan, tetapi juga mempunyai banyak visi. Nubuatan mengatakan bahwa ada Allah yang mengetahui hari depan dan yang mengungkapkan sebagian rencana-Nya kepada para nabi.

LATAR BELAKANG
Waktu Yesaya mulai bekerja, Israel sedang berada di ambang kehancuran. Dalam tahun 722 sebelum Masehi kerajaan utara dengan kesepuluh sukunya dikalahkan oleh bangsa Asyur (2Ra 17). Tetapi kerajaan selatan, Yehuda, sedang menuju nasib yang sama. Secara sosial, politis mereka sudah rusak, demikian juga iman percaya mereka. Kerajaan utama telah dihukum dan musnah. Tetapi, Yehuda berbeda. Negeri itu harus dihakimi, tetapi oleh karena adanya perjanjian abadi dengan Allah, maka Yehuda juga akan diselamatkan. Pada suatu saat, dari Yehuda akan datang seorang Hamba Tuhan, Sang Juruselamat yang akan menyelamatkan bukan hanya Yehuda, tetapi seluruh dunia.

CARA PENULISAN DAN KESATUAN
Menurut pasal Yes 1:1, penulisnya ialah Yesaya. Namun demikian, seringkali orang beranggapan bahwa ketiga bagian kitab Yesaya (Yes 1:1-35:10; Yes 36:1-39:8; Yes 40:1-46:13) ditulis oleh penulis yang berbeda-beda. Alasan ini didasarkan pada bentuk penulisan yang jelas berbeda antara pasal Yes 1:1-35:10 dengan bagian lain, juga munculnya nama-nama Bel dan Nebo, dewa-dewa Babel dan bahkan nama Koresy, penakluk dari kerajaan Babel dan nubuatan Yesaya mengenai kembalinya bangsa Yehuda dari pembuangan jauh sebelum pembuangan itu sendiri terjadi. Tetapi kitab itu sendiri menekankan mengenai kemampuan Allah untuk mengungkapkan hari depan (misalnya Yes 41:21-27; 42:8,9; 44:6-8; 48:3). Tidak ada bukti tertulis bahwa terdapat dua atau lebih kitab Yesaya dan tidak ada bukti tentang penulis-penulis lainnya. Perjanjian Baru mengutip dari berbagai bagian dari kitab ini dan mengacunya ke Yesaya.

Pesan

1. Kesucian
o Allah adalah "Allah Israel yang mahakudus". Yes 1:4; 5:19: 5:24; 10:20; 12:6; 17:7; 29:19
o Yesaya dipanggil oleh Allah yang kudus. Yes 6:3
o Allah memanggil Yesaya dari "Tempat yang mahakudus" dalam Rumah-Nya Yes 6:1-4
o Walaupun Yehuda akan dibinasakan, sisanya yang kudus akan diselamatkaan Yes 6:13
o Gunung Sion, tempat Yerusalem akan didirikan, harus menjadi gunung yang kudus. Yes 11:9; 27:13
o Menjadi suci berarti menjadi lain, "memisahkan diri"; ini adalah terjemahan kata "kudus" dari bahasa Ibrani dalam ayat ini. Yes 23:18
o "Jalan" yang ditempuh oleh umat Allah adalah jalan kekudusan. Dahulu salah satu panggilan untuk Kekristenan adalah "Jalan" (Kis 9:2; 19:9,23; 22:4; 24:22). Yes 35:8

2. Kebenaran
o Keadilan dan kebenaran berjalan bersama-sama. Orang yang "benar secara rohani" akan menjadi orang yang "adil dalam masyarakat" Yes 1:21
o Iman dan kebenaran juga berjalan berdampingan; iman kepada Allah membawa kita untuk bersikap benar terhadap Allah, yang akhirnya akan membuat kita menjadi adil, bijaksana terhadap orang lain. Yes 1:26
o Alkitab mengajarkan bahwa pada akhirnya kebenaran itu akan membawa kebaikan. Yes 3:10; 26:2
o Kebenaran merupakan ciri penghakiman Allah: Allah tidak terpengaruh oleh kekayaan atau kedudukan manusia. Yes 11:3,4
o Kebenaran tidak dapat "dipelajari" oleh orang yang melakukan kesalahan. Lingkungan yang baik dari seseorang tidak akan menjadikan orang itu baik. Yes 26:10
o Pemerintahan Mesias akan merupakan pemerintahan yang adil. Yes 32:1

3. Penghakiman
Menurut Yesaya ada dua macam penghakiman:
o Penghakiman manusia. Kita harus berlaku adil, terbuka, jujur dalam segala hal yang menyangkut penghakiman. Yes 1:17,21,26; 5:20-23; 10:1-4; 33:12-16
o Penghakiman Allah. Kita tidak dapat menghindari hal ini. Dengan cara inilah Allah membereskan hal-hal yang dipandang tidak adil dalam kehidupan. Yes 1:24-28; 2:6-21; 3:13-15; 5:18-30; 11:1-5; 28:16-29; 33:2-6

4. Hari kedatangan Tuhan
Hari kedatangan Tuhan erat hubungannya dengan penghakiman. Tetapi, Hari itu juga merupakan hari pada waktu segalanya dibereskan: damai memerintah. Kedua aspek dari Hari Kedatangan Tuhan inilah yang selalu menjadi tema Yesaya. Yes 2:6-22; 13:9-22; 22:5-14; 24:1-23; 2:1-5; 4:2-6; 11:1-16; 12:1-6; 14:1-8; 25:1-9

Penerapan

Penghakiman dan kasih Allah Bagian pertama nubuat Yesaya menyangkut penghakiman dan hal ini merupakan tema yang sering berulang dalam Alkitab. Dalam Kejadian 4 ada kisah mengenai penghakiman atas Kain, banjir dalam Kejadian 7, Sodom dan Gomora dalam Kejadian 19. Ada penghakiman atas Mesir dalam Keluaran 12 dan penghakiman atas bangsa Israel dalam Keluaran 32. Dalam Perjanjian Baru kita membaca kisah Ananias dan Safira dan mengenai raja Herodes dalam Kis 12. Elimas si tukang sihir mendapat ganjaran dalam Kis 13. Dan tentu saja ada gambaran mengenai penghakiman dalam Wahyu 20. Yesus bercerita mengenai kisah seorang kaya yang disiksa dalam neraka (Lukas 16). Namun demikian, banyak orang, bahkan orang Kristen, yang sukar menerima ide mengenai penghakiman ini. Yesaya mengemukakan dengan jelas mengenai dua aspek penghakiman yaitu: sekarang dan yang akan datang, sementara dan kekal. Pasal Yes 2 memfokuskan mengenai penghakiman akhir dan peringatan mengenai Hari itu, yaitu Hari Kedatangan Tuhan. Sebagian besar dari kita mempunyai suatu pengertian mengenai keadilan. Kita sering mengeluh, "Itu tidak adil". Penghakimanlah yang membuatnya adil. Nyatanya banyak terdapat hal yang tidak adil dewasa ini. Jika hidup ini memang berarti, maka hal itu baru dapat dirasakan setelah hidup itu berakhir. Kristus mati untuk membebaskan kita dari penghakiman semacam itu. Jika ada orang yang dihakimi maka hal ini disebabkan karena mereka menolak jalan keluar yang diberikan Allah. Tetapi umat Kristen harus tahu bahwa ada penghakiman selama hidup di dunia sekarang ini. Yesaya 3 memperingatkan Yehuda mengenai penghakiman yang akan terjadi masa itu, mengenai pengasingan dan pembuangan. Orang Kristen harus sadar akan kenyataan penghakiman selama di dunia ini (Ibrani 12:1- 29).

Tema-tema Kunci

1. Allah (pasal 6)
Pasal Yes 6 mencatat mengenai penglihatan yang diberikan kepada Yesaya untuk menunjukkan dengan jelas kepadanya siapakah Allah dan apa yang dikerjakan-Nya.
o Penglihatan (Yes 6:1-4): Apa ciri-ciri Allah seperti yang digambarkan di sini?
o Jawaban (Yes 6:5-7): Apa arti dari "mezbah pembakaran" dan dari mana asalnya (Keluaran 30:1-10)?
o Panggilan (Yes 6:8): "Siapakah yang akan Kuutus?" Allah mengutus dan mengundang para sukarelawan. Apa syarat pertama untuk menjadi misionaris? (Lihat juga Yohanes 20:21-23)?
o Kenyataan (Yes 6:9-13): Seorang utusan tidak dijamin mendapat sukses besar, tetapi ia dijamin untuk sukses dalam beberapa hal (lihat juga Yesaya 55:11). Referensi untuk ayat Yes 6:9 diambil dari Perjanjian Baru: Matius 13:1-17; Yohanes 12:23-43; Kisah 28:23-28; Roma 11:1-8.

2. Menafsirkan nubuatan (pasal 7)
Nubuatan biasanya diberikan kepada orang-orang tertentu pada suatu saat yang tertentu pula. Dalam menafsirkan suatu nubuatan kita harus mengajukan dua pertanyaan:
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi mereka?
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi kita?
Biasanya nubuatan mengacu kepada kejadian-kejadian pada saat nabi itu hidup dan masa yang akan datang. Demikian juga halnya dengan Yesaya 7:14. Baca dengan cermat Yes 7:1-25; 2Ra 15:27-16:9; 2Ta 28:1-21. Penggenapan pertama dari nubuatan itu terjadi ketika seorang wanita muda melahirkan seorang bayi dan pada saat bayi itu masih belum dapat memilih makanannya sendiri, tentara Israel dan Siria yang sedang mengepung Yehuda mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas. Penggenapan kedua terjadi pada waktu seorang perawan melahirkan bayi Kristus. Baca Matius 1:18-23.

3. Kebun anggur (pasal 5)
Umat Allah, bangsa Yahudi, membanggakan diri mereka sebagai pokok anggur Allah. Dalam masa Perjanjian Baru sebuah pokok anggur yang besar terbuat dari emas menghiasi tembok luar Rumah Allah. Pelajarilah pasal Yes 5. Apa yang dikerjakan oleh pemilik kebun anggur dalam kebun anggurnya? Oleh karena kisah ini merupakan perumpamaan, apa penafsiran Anda untuk semua yang dilakukannya? Seandainya kita adalah "kebun anggur" Allah, apa yang akan dilakukan-Nya atas kita? Mengapa pemilik kebun anggur itu melakukan segalanya seorang diri? Apa yang diharapkan Allah dari umat-Nya dewasa ini? Baca Matius 21:33-46; 20:1-16. Apa yang ditambahkan oleh pasal-pasal ini terhadap pengertian kita mengenai apa yang dilukiskan Yesaya?

YESAYA (2)

Keselamatan dan Hamba

Bagian Kitab Yesaya ini bertema keselamatan. Utusan Tuhan membawa penghiburan kepada umat-Nya. Penghakiman (Yes 1:1-39:8) tidak dapat dihilangkan dari setiap tulisan yang berhubungan dengan penyelamatan, tetapi pasal-pasal ini, Yes 40:1-66:24, membicarakan mengenai Allah yang siap untuk menyelamatkan, berapa pun harganya.

UNTUK SIAPA BERITA INI DITULIS? Pesan Yesaya terutama ditulis untuk bangsa Yehuda yang berada dalam pengasingan di Babel. Pengasingan ini merupakan konsekuensi dari Yesaya bagian pertama, "Penghakiman". Tetapi, sekarang Yesaya mendapat kata baru yaitu "keselamatan". Bangsa Yehuda di Babel tidak boleh putus asa: Allah akan menghampiri mereka dan mereka akan diselamatkan. Tentu saja pasal-pasal ini juga ditulis untuk kita juga. Babel merupakan suatu kota yang nyata, tetapi seringkali kata itu dipakai sebagai gambaran mengenai kerajaan Setan. Bangsa Yahudi berada dalam belenggu dosa, demikian juga halnya dengan kita; mereka perlu diselamatkan, begitu pula kita. Pesan ini ditulis buat mereka, juga untuk kita.

HAMBA TUHAN Empat pasal Yesaya disebut Nyanyian Hamba Tuhan: Yes 42:1-4; 49:1-6; 50:4-9; 52:13-53:12. Kata "hamba" dan panggilan "Hamba Tuhan" muncul dalam pasal Yes 41:8-53:12, dan pada kenyataannya kata "hamba" sangat sering ditemukan dalam seluruh kitab Yesaya. Hamba Allah digambarkaan dalam tiga cara: 1. Semua keturunan Abraham 2. Hanya keturunan Abraham yang setia 3. Seseorang yang tak bernama yang dalam Perjanjian Baru disebut Yesus

Perhatikan dengan saksama ayat-ayat Yes 49:1-6; 52:13-53:12. Kedua "nyanyian" ini merupakan gambaran seorang hamba yang bukan mewakili Israel, melainkan merupakan seorang oknum.

KERENDAHAN HATI ALLAH Pasal Yes 63:1-65:25 merupakan kesaksian yang luar biasa mengenai kerendahan hati Allah. Dalam pasal Yes 63 Yesaya menengok fakta sejarah untuk melihat apa yang telah dilakukan Allah bagi umat-Nya di masa lampau. Dalam pasal Yes 64 Yesaya memohon kepada Allah untuk menunjukkan bahwa Dia masih mempunyai kuasa yang sama. Bahkan Yesaya seakan-akan mempertanyakan keadilan Allah: "Ya Tuhan, janganlah murka amat sangat; janganlah mengingat-ingat dosa untuk seterusnya" (Yes 64:9). Pasal Yes 65:1-5 merupakan jawaban Allah. Dia memberi petunjuk kepada mereka yang tidak menanyakan-Nya; berkenan ditemukan oleh orang yang tidak mencari Dia; Dia menjawab mereka yang tidak memanggil nama- Nya; Dia menawarkan anugerah kepada orang-orang yang sungguh-sungguh telah berdosa.

Pesan

1. Penghibur ditawarkan kepada umat Allah
o Allah berbicara kepada Yesaya: suatu tugas baru diberikan: "Hiburkanlah umatku" Yes 40:1,2
o Dua suara yang berseru-seru: mereka mempersiapkan jalan, Yes 40:3,6
o Yesaya berkata. Suaranya hanya suara pengkhotbah yang putus asa. Tetapi "firman Allah tetap selama-lamanya". Yes 40:6-8
o Ada suara lain yang berseru-seru dan meminta supaya berita kelepasan itu diberitakan sekarang. Dia melihat Allah datang! Yes 40:9-11

2. Iman berarti iman kepada satu Allah saja
o Umat Allah dan apa yang dilakukan Allah. Tetapi ini tidak cukup untuk memberi kelepasan. Umat Allah harus memilih, Allah yang satu itu ataukah ilah-ilah yang lain. Yes 44:1-23
o Israel bangsa yang terpilih. Harus menjadi bangsa "yang lurus" ("Jeshurun" berarti "Yang lurus") Yes 44:1-5
o Allah Israel: Raja, Penyelamat, Allah yang Mahakuasa, Yang Pertama, Yang Terakhir, Satu-satunya, Batu Karang. Yes 44:6-8
o Pilihan lain: ilah-ilah yang tidak dapat memberi anugerah apa-apa, bahkan kepada pencipta mereka sendiri! Yes 44:9-20
o Saat pengambilan keputusan: "Kembalilah kepadaku". Masa lalu dapat diampuni, disapu bagaikan awan. Yes 44:21-23

3. Iman adalah iman pada kebesaran perbuatan Allah
o Hamba yang menderita. Allah yang diungkapkan kepada kita dalam Alkitab tidak bisa semata-mata mengampuni dosa. Dosa harus dilunasi, oleh si pendosa atau oleh Sang Penebus. Gereja Kristen selalu mengartikan ini sebagai Kristus. Yes 52:13-53:12
o Penderitaan dan kemuliaan. Pasal ini dimulai dengan kemuliaan; pada suatu hari Hamba Tuhan akan sangat ditinggikan (Filipi 2:1-11). Tetapi penderitaan dialami terlebih dahulu. Seperti terjadi pada Hamba Tuhan, maka demikian pula halnya dengan para hamba Tuhan sekarang ini. Yes 52:13-15
o Penderitaan. Masa kecil Hamba Tuhan tidaklah mudah (sebagai tunas dari tanah kering), hidup dan kematian-Nya pun tidak mudah. Tetapi, semua itu terjadi demi kita: kelemahan kita, kesusahan kita, pemberontakan kita, kejahatan kita. Yes 53:1-9
o Penjelasan. Penderitaan Hamba Tuhan ini bukan suatu yang kebetulan, bukan merupakan kegagalan keadilan: "Tuhan berkehendak meremukkan dia" Yes 53:10-11
o Kemuliaan. Kemudian Allah Bapa memanggil kembali Hamba-Nya yang "membagi-bagikan barang rampasan" dan kita kembali kepada akhir dari Nyanyian Hamba Tuhan: "Ia akan ditinggikan, disanjung dan dimuliakan". Yes 52:13, 53:12

Penerapan

Sifat Allah
Yesaya merupakan kitab misionaris. Allah telah memilih suatu bangsa untuk menjadi saksi-Nya. Tetapi kesaksian tentang Allah harus datang dari mereka yang mempunyai hubungan yang benar dengan Allah, hidup sesuai dengan kehendak Allah. "Kebenaran" merupakan kata yang sering dipakai oleh Yesaya untuk menggambarkan apa yang Allah kehendaki dari para saksi-Nya. Allah menuntut kesalehan dari umat-Nya. Allah itu "kudus", istimewa oleh karena itu umat-Nya pun harus istimewa. Masalah kita ialah bahwa kita tidak layak. Kita tidak melakukan apa yang benar. Keadaan ini diikuti oleh dua kemungkinan. Jika kita tidak dapat menghasilkan suatu kebenaran yang dituntut oleh Allah, dan jika Allah tidak melakukan apa-apa untuk membuat kita benar, maka hukuman tidak dapat dihindari. Dan ini merupakan berita buruk, sebab menurut Allah "perbuatan kita yang saleh" adalah seperti "kain kotor" (Yesaya 64:6). Sifat Allah juga terlihat jelas dengan adanya pemberitaan bahwa Allah mau membereskan masalah kita. Hamba Tuhan datang dan Dia menderita oleh karena pemberontakan kita, kejahatan kita (Yes 53:5). Kemudian Yesaya memberi gambaran jelas tentang Allah yang kudus, yang menuntut hal yang tidak mungkin yaitu kesalehan kita, dan kemudian Dia sendiri membuka jalan keselamatan bagi kita. Dan semua ini semata-mata karena anugerah Allah. Ada satu hal lagi yang perlu disebutkan, yaitu bahwa Allah itu tidak ada bandingan-Nya: "Dengan siapa engkau dapat membandingkan Aku? (Yes 40:18-25; 44:7; 46:5,9). Firman yang maha penting dewasa ini adalah Firman Allah sendiri: "Aku, Akulah Tuhan dan tidak ada Juruselamat selain daripada-Ku" (Yes 43:11).

Tema-tema Kunci

1. Hamba Tuhan
Bacalah dengan saksama pasal Yes 40-66 dan catatlah setiap kata yang mengacu pada "hambaku". Kemudian bagilah acuan ini ke dalam tiga kelompok: yang mengacu kepada "Yakub" atau "Israel"; bagian yang mengenai kesetiaan Yakub atau Israel, dan bagian yang mengacu kepada suatu oknum. Arti dari pengajaran Yesaya mengenai hamba digambarkan sebagai suatu segitiga dengan Israel berada di bagian paling bawah, sisa bangsa yang masih setia di tengah dan Mesias di puncak. Bagaimana hal ini dapat diaplikasikan dengan gereja? Pelajarilah "Hamba" yang terdapat dalam Perjanjian Baru seperti dalam Yohanes 13:1-20; Markus 10:32-45 dan Matius 10:24-42.

2. Keunikan Allah
Dari pasal Yes 40:1-49:26 kita menemukan hal-hal yang menunjukkan keunikan Allah. Dia bersifat unik:
o sebagai pencipta alam semesta;
o sebagai pemberi hidup kepada manusia;
o sebagai perencana hari depan;
o Allah dari perjanjian dan panggilan;
o satu-satunya Juruselamat dan Penebus.
Cocokkan pasal-pasal yang sesuai dengan pokok-pokok di atas.

3. Kebodohan pemujaan berhala
Ada tiga pasal yang membicarakan tema ini:
o Yes 40:18-24, berhala yang tidak dapat bergerak. Terbelenggu atau tertindih, tidak mempunyai ciri utama kehidupan, yaitu gerak.
o Yes 44:9-20, berhala yang tidak dapat memberikan berkat. Mereka bahkan tidak dapat memberkati para pandai besi dan tukang kayu yang menciptakan mereka!
o Yes 46:1-7, berhala yang menjadi beban. Pada waktu suatu kerajaan jatuh, maka dewa-dewa mereka diangkut ke pembuangan bersama-sama dengan rakyat mereka. Beban yang harus mereka pikul! Catatlah komentar Allah sendiri: tetapi Aku selalu menggendong kamu.
Bukan hanya ketiga pasal di atas yang membicarakan mengenai penyembahan kepada berhala. Carilah pasal-pasal lain. Apa yang diajarkan oleh Yesaya mengenai berhala? Apa hubungannya dengan agama-agama lain? Lihat Kis 19:21-41 dan Efesus 2:11-16.

4. Kedaulatan Allah Kita mudah melupakan bahwa Allah adalah Tuhan dari raja kafir Koresy sebagaimana juga Dia adalah Allah gereja. Perhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan Koresy (Yes 44:28; 45:1; 41:25; 46:11) dan lihatlah penggenapan dari nubuatan dalam 2Ko 3:6 dan Ezra 1. Tetapi mengapa harus repot-repot mencari kehendak Allah dalam hidup saya? Lihat Roma 12:1,2.

Garis Besar Intisari: Yesaya (Pendahuluan Kitab) [1] PENGHAKIMAN Yes 1:1-5:30 Yes 1:1-31Penghukuman; Yehuda bangsa pemberontak Yes 2:1-22Hari Kedatangan Tuhan: penghakiman yang akan datang Yes

[1] PENGHAKIMAN Yes 1:1-5:30

Yes 1:1-31Penghukuman; Yehuda bangsa pemberontak
Yes 2:1-22Hari Kedatangan Tuhan: penghakiman yang akan datang
Yes 3:1-26Yerusalem dan Yehuda: penghakiman pada saat itu
Yes 4:1-6Hari penghakiman: cabangnya
Yes 5:1-30Yehuda: Kebun anggur yang tidak berguna karena tidak berbuah

[2] VISI DAN PENGUTUSAN Yes 6:1-13

[3] IMMANUEL Yes 7:1-12:6

Yes 7:1-25Tanda-tanda Immanuel
Yes 8:1-22Tanda-tanda anak Yesaya sendiri
Yes 9:1-7Tanda Raja Damai
Yes 9:8-10:19Penghakiman: Israel dan Asyur
Yes 10:20-34Sisanya akan selamat
Yes 11:1-16Tunas, cabang dan panji-panji
Yes 12:1-6Nyanyian keselamatan

[4] MUSUH-MUSUH NEGERI Yes 13:1-24:23

Yes 13:1-14:23Melawan Babel I
Yes 14:24-27Melawan Asyur
Yes 14:28-32Melawan Filistin
Yes 15:1-16:14Melawan Moab
Yes 17:1-14Melawan Damsyik
Yes 18:1-7Melawan Etiopia
Yes 19:1-20:6Melawan Mesir
Yes 21:1-10Melawan Babel II
Yes 21:11-12Melawan Edom
Yes 21:13-17Melawan Arabia
Yes 22:1-25Melawan Yerusalem
Yes 23:1-18Melawan Tirus
Yes 24:1-23Sebuah nubuatan

[5] NYANYIAN KESELAMATAN Yes 25:1-27:13

[6] MUSUH ANAK-ANAK ALLAH Yes 28:1-31:9

Yes 28:1-29Nubuatan terhadap kerajaan utara
Yes 29:1-24Nubuatan terhadap kerajaan selatan
Yes 30:1-33Nubuatan terhadap bangsa yang keras kepala
Yes 31:1-9Nubuatan terhadap para oportunistis politik

[7] RAJA YANG MEMBAWA KEADILAN Yes 32:1-33:10

Yes 33:11-24 Raja yang ditinggikan
Yes 32:1-8 Raja dan kerajaannya
Yes 32:9-20Penghakiman, keadilan dan kebenaran
Yes 34:1-17Penghakiman dan bangsa bangsa
Yes 35:1-10Kerajaan damai

[8] SUMBANGAN BERSEJARAH Yes 36:1-39:8

Yes 36:1-22Ancaman Sanherib
Yes 37:1-20Reaksi Raja Hizkia
Yes 37:21-38Sanherib dikalahkan
Yes 38:9-20Nyanyian syukur raja Hizkia
Yes 39:1-8Utusan dari Babel

[1] PENGANTAR Yes 40:1-11

[2] ALLAH YANG TIDAK ADA BANDINGANNYA Yes 40:12-48:22

Yes 40:12-31Allah: dan kebodohan pemujaan patung I
Yes 41:1-24Allah: penolong bangsa Israel
Yes 41:25-29Allah: Tuhan hal-hal yang akan datang
Yes 42:1-9Hamba Tuhan!
Yes 42:10-17Nyanyian pujian bagi Allah
Yes 42:18-25Hamba yang buta dan bisu
Yes 43:1-13Allah: penyelamat Israel
Yes 43:14-28Hamba yang tidak berterima kasih
Yes 44:1-5Allah: Tuhan dan pemberi kehidupan
Yes 44:6-23Allah: dan kebodohan pemujaan patung II
Yes 44:24-45:7Koresy, hamba yang tidak mengenal Tuhan
Yes 45:8-13Allah: penjunan yang ahli
Yes 45:14-25Allah: Tuhan yang besar
Yes 46:1-13Allah: dan kebodohan pemujaan patung III
Yes 47:1-15Ratapan bagi Babel
Yes 48:1-22Israel yang tegar hati, Allah yang penyabar

[3] PENDERITAAN DAN KESELAMATAN Yes 49:1-55:13

Yes 49:1-6Hamba Tuhan II
Yes 49:7-26Keselamatan: Israel dipulihkan
Yes 50:1-3Israel: dipisahkan tetapi tidak pernah diceraikan
Yes 50:4-11Hamba Tuhan III
Yes 51:1-16Keselamatan dan kebenaran
Yes 51:17-23Keselamatan dan murka Allah
Yes 52:1-12Keselamatan dan pengampunan
Yes 52:13-53:12Hamba Tuhan IV
Yes 54:1-17Keselamatan: sekilas kemuliaan
Yes 55:1-13Keselamatan: undangan bagi yang dahaga

[4] MENGGUGAH SUARA HATI Yes 56:1-59:21

Yes 56:1-8Mengapa memisahkan orang asing?
Yes 56:9-57:13Mengapa tidak mengecualikan bangsa Israel?
Yes 57:14-21Panggilan untuk pertobatan
Yes 58:1-14Panggilan untuk berpuasa dengan benar
Yes 59:1-21Dosa, keselamatan dan Roh Allah

[5] KESELAMATAN SUDAH DATANG! Yes 60:1-63:6

Yes 60:1-22Nubuatan Yerusalem baru
Yes 61:1-11Nubuatan mengenai kemenangan
Yes 62:1-12Nubuatan mengenai Juruselamat
Yes 63:1-6Keselamatan dan penghakiman

[6] KERENDAHAN HATI ALLAH Yes 63:7-65:16

Yes 63:7-10Mengenang kembali: siapakah Allah?
Yes 63:11-64:12Gugatan: di manakah Dia sekarang?
Yes 65:1-16Jawaban: Aku selalu berada di sini

[7] SURGA DAN DUNIA YANG BARU Yes 65:17-66:24

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 2.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA