Teks -- Kejadian 1:2-9 (TB)
Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus
kecilkan semuaTafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)
Full Life: Kej 1:2 - BUMI BELUM BERBENTUK DAN KOSONG.
Nas : Kej 1:2
Ayat ini menggambarkan baik proses yang dipakai Allah dalam mencipta
maupun peranan Roh Kudus dalam penciptaan
(lihat art. ...
Nas : Kej 1:2
Ayat ini menggambarkan baik proses yang dipakai Allah dalam mencipta maupun peranan Roh Kudus dalam penciptaan
(lihat art. PENCIPTAAN).
Full Life: Kej 1:3 - JADILAH TERANG.
Nas : Kej 1:3
Kata Ibrani untuk "terang" ialah _'or_ yang menunjuk kepada
gelombang-gelombang energi terang yang mula-mula mendatangi bumi. Allah
k...
Nas : Kej 1:3
Kata Ibrani untuk "terang" ialah _'or_ yang menunjuk kepada gelombang-gelombang energi terang yang mula-mula mendatangi bumi. Allah kemudian menempatkan "benda-benda penerang" (Ibr. _ma'or_ secara harfiah, pembawa terang, ayat Kej 1:14) di cakrawala sebagai pembangkit dan pemantul cahaya secara tetap dari gelombang-gelombang cahaya. Maksud utama dari benda-benda penerang itu ialah menjadi tanda-tanda musim, hari, dan tahun (ayat Kej 1:5,14). Untuk ulasan mengenai peranan sabda atau ucapan Allah dalam penciptaan
lihat art. PENCIPTAAN.
Full Life: Kej 1:5 - JADILAH PETANG DAN JADILAH PAGI, ITULAH HARI PERTAMA.
Nas : Kej 1:5
Sebutan ini diulang enam kali dalam pasal ini
(Kej 1:5,8,13,19,23,31). Kata Ibrani untuk hari adalah _yom_. Biasanya
kata ini artinya...
Nas : Kej 1:5
Sebutan ini diulang enam kali dalam pasal ini (Kej 1:5,8,13,19,23,31). Kata Ibrani untuk hari adalah _yom_. Biasanya kata ini artinya suatu hari sepanjang 24 jam (bd. Kej 7:17; Mat 17:1), atau bagian siang dari suatu hari ("hari" sebagai lawan dari "malam"). Tetapi kata ini bisa juga dipakai untuk jangka waktu yang tidak tentu (mis: "musim panen," Ams 25:13). Banyak orang percaya bahwa hari-hari penciptaan merupakan hari dalam arti 24 jam karena digambarkan sebagai terdiri atas "petang" dan "pagi" (ayat Kej 1:5; bd. Kel 20:11). Yang lain percaya bahwa "petang" dan "pagi" hanya berarti bahwa suatu petang mengakhiri tahap penciptaan tersebut dan keesokan paginya merupakan awal yang baru lagi.
BIS -> Kej 1:2
BIS: Kej 1:2 - -- Dalam bahasa Ibrani boleh juga diterjemahkan tetapi Roh Allah atau dan angin dari Allah atau dan angin besar.
Dalam bahasa Ibrani boleh juga diterjemahkan tetapi Roh Allah atau dan angin dari Allah atau dan angin besar.
Jerusalem: Kej 1:1--2:4 - -- Menurut para ahli Kitab Suci kisah penciptaan ini berasal dari kalangan Para Imam. Ia lebih abstrak dan teologis dari pada kisah berikutnya, Kej 2:4-2...
Menurut para ahli Kitab Suci kisah penciptaan ini berasal dari kalangan Para Imam. Ia lebih abstrak dan teologis dari pada kisah berikutnya, Kej 2:4-25. Pengarang kisah pertama ini bermaksud mengelompokkan semua makhluk dengan cara yang ditinjau dari segi logika dapat memuaskan dan yang mencakup segala sesuatu yang dijadikan Allah. Dengan berpegangan pada suatu bagan yang rapih tersusun pengarang mengisahkan karya penciptaan dalam rangka satu minggu. Karya Allah berakhir dengan beristirahat, sebagaimana orang beristirahat pada hari Sabat. Semua makhluk mulai berada atas kehendak Allah. Mula-mula diciptakan apa yang rendah martabatnya, lalu yang lain-lain sampai dengan makhluk yang paling mulia, yaitu manusia, gambaran Allah dan raja alam semesta. Kisah penciptaan ini disusun berdasarkan ilmu pengetahuan yang amat primitip. Karenanya tidak berguna sama sekali berusaha menyesuaikan kisah ini dengan ilmu pengetahuan modern. Tetapi dalam bentuk yang sesuai dengan zaman penyusunannya kisah ini menyajikan ajaran berupa wahyu mengenai Allah yang esa dan transenden, Allah yang ada sebelum dunia dan yang menciptakan segala sesuatu. Dan inilah ajaran yang berlaku bagi segala zaman.
Jerusalem: Kej 1:2 - belum berbentuk dan kosong Ini menterjemahkan dua kata Ibrani, tohu dan bohu, yang berarti: tidak berisi dan kosong. Ungkapan tsb, seperti juga halnya dengan istilah "gelap guli...
Ini menterjemahkan dua kata Ibrani, tohu dan bohu, yang berarti: tidak berisi dan kosong. Ungkapan tsb, seperti juga halnya dengan istilah "gelap gulita menutupi samudera raya", "Roh Allah" dan "air", adalah bahasa kiasan yang mempunyai arti negatip. Dengan istilah itu pengarang sudah mulai merintis jalan menuju pengertian bahwa penciptaan bermula dengan tidak adanya apa-apa
Jerusalem: Kej 1:2 - Roh Kata Ibrani ruah berarti baik angin (ribut) maupun roh. Yang dimaksudkan di sini bukannya Roh Allah yang berperan dalam karya penciptaan. Sebab pencip...
Kata Ibrani ruah berarti baik angin (ribut) maupun roh. Yang dimaksudkan di sini bukannya Roh Allah yang berperan dalam karya penciptaan. Sebab penciptaan itu adalah hasil "firman Allah", Kej 1:3 dst dan "dijadikan" oleh Allah, Kej 1:7,16,25,26.
Jerusalem: Kej 1:4 - gelap Allah menciptakan terang. Tetapi gelap, ialah kebalikan dari terang, tidak diciptakanNya. Terang disebut sebagai ciptaan pertama, oleh karena seluruh ...
Allah menciptakan terang. Tetapi gelap, ialah kebalikan dari terang, tidak diciptakanNya. Terang disebut sebagai ciptaan pertama, oleh karena seluruh kisah ini disusun menurut urutan siang dan malam yang silih berganti.
Jerusalem: Kej 1:6 - cakrawala Cakrawala dipikirkan sebagai semacam kubah kokoh yang menahan air yang ada di atasnya. Melalui tingkap-tingkap di cakrawala itu turunlah air yang meny...
Cakrawala dipikirkan sebagai semacam kubah kokoh yang menahan air yang ada di atasnya. Melalui tingkap-tingkap di cakrawala itu turunlah air yang menyebabkan air bah, Kej 7:11.
Jerusalem: Kej 1:7 - Allah menjadikan Selain menciptakan dengan firmanNya (Berfirmanlah Allah), Allah menciptakan juga dengan "menjadikan", ialah sebuah perbuatan. Begitu Allah menjadikan ...
Selain menciptakan dengan firmanNya (Berfirmanlah Allah), Allah menciptakan juga dengan "menjadikan", ialah sebuah perbuatan. Begitu Allah menjadikan bintang-bintang, Kej 1:16, bintang-bintang melata, Kej 1:25, dan manusia, Kej 1:26. Istilah itu diambil alih dari sebuah tradisi kuno yang serupa dengan tradisi yang menjadi sumber bagi kisah penciptaan yang kedua, Kej 2:4-25. Sebab dalam Kej 2:4-25 Allah juga "menjadikan" dan "membentuk" bumi dan langit, manusia dan semua binatang. Tradisi kuno itu oleh pengarang digabung dengan pikirannya sendiri tentang penciptaan, yang lebih halus dan rohaniah.
Dalam terjemahan Yunani terbaca: menjadi satu kumpulan.
Ende: Kej 1:2 - -- Dahulu kala, djuga di Israel, dunia ini dilukiskan bagaikan tjakram jang
terapung-apung diatas samudera purba, membentang dibawah tjakrawala, jakni
le...
Dahulu kala, djuga di Israel, dunia ini dilukiskan bagaikan tjakram jang terapung-apung diatas samudera purba, membentang dibawah tjakrawala, jakni lengkungan besar dari bahan amat keras, tempat peredaran matahari, bulan, serta bintang-bintang. Djuga diatas tjakrawala ini terdapat air, jang kadang-kadang masuk melalui lubang-lubang: air hudjan jang turun diatas bumi. (ajat 6-7) (Kej 1:6-7). Dalam melukiskan alam-semesta pengarang sutji tentu sadja menggunakan gambaran ini djuga.
Ende: Kej 1:2 - Ruh Allah daja jang berasal dari Tuhan. Daja ini bersifat rohani, tetapi digambarkan sebagai nafas, pun pula angin jang membawa kehidupan dan kesuburan.
daja jang berasal dari Tuhan. Daja ini bersifat rohani, tetapi digambarkan sebagai nafas, pun pula angin jang membawa kehidupan dan kesuburan.
Ende: Kej 1:4 - -- Pengarang menekankan, bahwa apa jang ditjiptakan oleh Tuhan adalah baik. Djadi
kalau didunia ini terdapat banjak hal jang "tidak baik", bukan Tuhanlah...
Pengarang menekankan, bahwa apa jang ditjiptakan oleh Tuhan adalah baik. Djadi kalau didunia ini terdapat banjak hal jang "tidak baik", bukan Tuhanlah sebab-musababnja.
Ende: Kej 1:5 - -- Pengarang menjusun perintjian semua machluk menurut skema tjiptaan sendiri,
ialah jang menentukan pelaksanaan Karja Tuhan dalam enam hari. Namun ia ti...
Pengarang menjusun perintjian semua machluk menurut skema tjiptaan sendiri, ialah jang menentukan pelaksanaan Karja Tuhan dalam enam hari. Namun ia tidak bermaksud mengatakan, bahwa memang sesungguhnja dunia seisinja, tertjiptakan dalam djangka waktu ini pun menurut tuntutan ini. Pemerintjian ini hanjalah digunakan untuk mendjelaskan: a) bahwa segala-sesuatu - tanpa ada ketjualinja - adalah tertjipta oleh Tuhan; b) bahwa Tuhan dengan amat bidjaksanaNja telah menjusun dan mengatur unsur-unsur jang mula-mula masih serba chaotis, kalang-kabut. Skema terdiri atas dua bagian besar:
1) Tuhan mentjiptakan ruang-alam jang besar-besar, dengan memisahkannja dari keadaan chaotis semula, dan memberinja tempat-tempat tersendiri: terang dan gelap; air diatas dan air dibawah bumi; air dan daratan (hari pertama s/d ketiga).
2) Tuhan mengisi ruang-ruang ini dengan machluk-machluk: bintang-bintang, ikan-ikan dan burung-burung, binatang-binatang daratan, achirnja manusia (hari keempat s/d keenam). Dari susunan ini ternjata maksud pengarang memberi gambaran pentjiptaan jang bukannja historis-palaeontologis melainkan logis-skematis.
Endetn -> Kej 1:9
Ref. Silang FULL: Kej 1:2 - belum berbentuk // dan kosong // samudera raya // Roh Allah // melayang-layang · belum berbentuk: Yes 23:1; 24:10; 27:10; 32:14; 34:11
· dan kosong: Yes 45:18; Yer 4:23
· samudera raya: Kej 8:2; Ayub 7:12; 26...
· belum berbentuk: Yes 23:1; 24:10; 27:10; 32:14; 34:11
· dan kosong: Yes 45:18; Yer 4:23
· samudera raya: Kej 8:2; Ayub 7:12; 26:8; 38:9; Mazm 36:7; 42:8; 104:6; 107:24; Ams 30:4
· Roh Allah: Kej 2:7; Ayub 33:4; Mazm 104:30; Yes 32:15
Ref. Silang FULL: Kej 1:3 - Berfirmanlah // Lalu terang · Berfirmanlah: Kej 1:6; Mazm 33:6,9; 148:5; Ibr 11:3
· Lalu terang: 2Kor 4:6%&; 1Yoh 1:5-7
· Berfirmanlah: Kej 1:6; Mazm 33:6,9; 148:5; Ibr 11:3
· Lalu terang: 2Kor 4:6%&; 1Yoh 1:5-7
Ref. Silang FULL: Kej 1:4 - itu baik // dari gelap · itu baik: Kej 1:10,12,18,21,25,31; Mazm 104:31; 119:68; Yer 31:35
· dari gelap: Kej 1:14; Kel 10:21-23; Ayub 26:10; 38:19; Mazm 18:29;...
· itu baik: Kej 1:10,12,18,21,25,31; Mazm 104:31; 119:68; Yer 31:35
· dari gelap: Kej 1:14; Kel 10:21-23; Ayub 26:10; 38:19; Mazm 18:29; 104:20; 105:28; Yes 42:16; 45:7
Ref. Silang FULL: Kej 1:5 - Allah menamai // itu malam // jadilah pagi · Allah menamai: Kej 1:8,10; Kej 2:19,23
· itu malam: Mazm 74:16
· jadilah pagi: Kej 1:13,19,23,31
Ref. Silang FULL: Kej 1:6 - Berfirmanlah // Jadilah cakrawala // segala air · Berfirmanlah: Kej 1:3; Kej 1:3
· Jadilah cakrawala: Kej 1:1; Kej 1:1; Yes 44:24; 2Pet 3:5
· segala air: Kej 1:9; Mazm 24:2; 136...
Ref. Silang FULL: Kej 1:7 - di atasnya // jadilah demikian · di atasnya: Kej 7:11; Ayub 26:10; 38:8-11,16; Mazm 68:34; 148:4; Ams 8:28
· jadilah demikian: Kej 1:9,11,15,24
· di atasnya: Kej 7:11; Ayub 26:10; 38:8-11,16; Mazm 68:34; 148:4; Ams 8:28
· jadilah demikian: Kej 1:9,11,15,24
Ref. Silang FULL: Kej 1:8 - Allah menamai // itu langit // jadilah pagi · Allah menamai: Kej 1:5; Kej 1:5
· itu langit: Ayub 9:8; 37:18; Mazm 19:2; 104:2; Yes 40:22; 44:24; 45:12; Yer 10:12; Za 12:1
· ...
· Allah menamai: Kej 1:5; [Lihat FULL. Kej 1:5]
· itu langit: Ayub 9:8; 37:18; Mazm 19:2; 104:2; Yes 40:22; 44:24; 45:12; Yer 10:12; Za 12:1
Ref. Silang FULL: Kej 1:9 - satu tempat // yang kering // jadilah demikian · satu tempat: Ayub 38:8-11; Mazm 33:7; 104:6-9; Ams 8:29; Yer 5:22; 2Pet 3:5
· yang kering: Mazm 95:5; Yun 1:9; Hag 2:7
· jadila...
· satu tempat: Ayub 38:8-11; Mazm 33:7; 104:6-9; Ams 8:29; Yer 5:22; 2Pet 3:5