kecilkan semua  

Teks -- Markus 9:38-50 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Seorang yang bukan murid Yesus mengusir setan
9:38 Kata Yohanes kepada Yesus: "Guru, kami lihat seorang yang bukan pengikut kita mengusir setan demi nama-Mu, lalu kami cegah orang itu, karena ia bukan pengikut kita." 9:39 Tetapi kata Yesus: "Jangan kamu cegah dia! Sebab tidak seorangpun yang telah mengadakan mujizat demi nama-Ku, dapat seketika itu juga mengumpat Aku. 9:40 Barangsiapa tidak melawan kita, ia ada di pihak kita. 9:41 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa memberi kamu minum secangkir air oleh karena kamu adalah pengikut Kristus, ia tidak akan kehilangan upahnya."
Siapa yang menyesatkan orang Tentang garam
9:42 "Barangsiapa menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil yang percaya ini, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya lalu ia dibuang ke dalam laut. 9:43 Dan jika tanganmu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung dari pada dengan utuh kedua tanganmu dibuang ke dalam neraka, ke dalam api yang tak terpadamkan; 9:44 (di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.) 9:45 Dan jika kakimu menyesatkan engkau, penggallah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam hidup dengan timpang, dari pada dengan utuh kedua kakimu dicampakkan ke dalam neraka; 9:46 (di tempat itu ulatnya tidak akan mati, dan apinya tidak akan padam.) 9:47 Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka, 9:48 di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam. 9:49 Karena setiap orang akan digarami dengan api. 9:50 Garam memang baik, tetapi jika garam menjadi hambar, dengan apakah kamu mengasinkannya? Hendaklah kamu selalu mempunyai garam dalam dirimu dan selalu hidup berdamai yang seorang dengan yang lain."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter


Topik/Tema Kamus: Yesus Kristus | Yesus | Markus, Injil | Syak | Garam | Neraka | Yohanes | Hukum Terhadap Orang | Sejahtera | Sangkal, Penyangkalan Diri | Mati, Kematian Kekal | Korban | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mrk 9:42 - MENYESATKAN ... ANAK-ANAK KECIL Nas : Mr 9:42 Salah satu prioritas utama bagi orang percaya ialah memberi teladan lewat cara hidup dan ajaran bagi anak-anaknya. Dengan demikian, m...

Nas : Mr 9:42

Salah satu prioritas utama bagi orang percaya ialah memberi teladan lewat cara hidup dan ajaran bagi anak-anaknya. Dengan demikian, mereka menyatakan kasih yang tulus bagi anak mereka. Orang-tua Kristen juga harus berusaha sebaik-baiknya memelihara anak mereka dari pengaruh jahat dunia ini

(lihat cat. --> Mat 18:6;

[atau ref. Mat 18:6]

lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK).

Full Life: Mrk 9:43 - NERAKA. Nas : Mr 9:43 "Neraka", tempat di mana api tidak terpadamkan, adalah begitu mengerikan sehingga bagaimanapun juga setiap pengaruh dosa harus dilawa...

Nas : Mr 9:43

"Neraka", tempat di mana api tidak terpadamkan, adalah begitu mengerikan sehingga bagaimanapun juga setiap pengaruh dosa harus dilawan dan ditolak. Dosa harus dimatikan (Kol 3:5); janganlah kita berhenti berperang melawan dosa dengan kuasa Roh (Rom 8:13; Ef 6:10).

Full Life: Mrk 9:49 - DIGARAMI DENGAN API. Nas : Mr 9:49 Setiap orang akan digarami dengan api dalam satu dari dua cara: (1) Oleh nyala api siksaan dalam kehidupan ini, yang datang kepa...

Nas : Mr 9:49

Setiap orang akan digarami dengan api dalam satu dari dua cara:

  1. (1) Oleh nyala api siksaan dalam kehidupan ini, yang datang kepada mereka yang sungguh-sungguh mengikuti Yesus Kristus (Luk 14:33-34; Yoh 15:18-21) atau
  2. (2) dengan api neraka dalam kehidupan yang akan datang, yang datang kepada orang yang menolak Yesus dalam kehidupan ini (bd. ayat Mr 9:47-48).

Full Life: Mrk 9:50 - GARAM. Nas : Mr 9:50 Lihat cat. --> Mat 5:13. [atau ref. Mat 5:13]

Nas : Mr 9:50

Lihat cat. --> Mat 5:13.

[atau ref. Mat 5:13]

Jerusalem: Mrk 9:42 - yang percaya ini Var: yang percaya kepadaKu ini.

Var: yang percaya kepadaKu ini.

Jerusalem: Mrk 9:44 - -- Kedua ayat ini tidak terdapat dalam naskah-naskah yang paling baik dan hanya merupakan ulangan dari Mar 9:48. Kedua ayat ini pasti tidak asli.

Kedua ayat ini tidak terdapat dalam naskah-naskah yang paling baik dan hanya merupakan ulangan dari Mar 9:48. Kedua ayat ini pasti tidak asli.

Jerusalem: Mrk 9:49 - digarami dengan api Api yang menggarami itu dapat dimengerti sebagai hukuman yang menghukum orang berdosa dengan memakannya habis; atau (dan ini kiranya lebih tepat): api...

Api yang menggarami itu dapat dimengerti sebagai hukuman yang menghukum orang berdosa dengan memakannya habis; atau (dan ini kiranya lebih tepat): api yang membersihkan orang yang percaya (percobaan, penghakiman Allah) untuk membuat mereka menjadi suatu persembahan yang berkenan pada Allah, bdk Ima 2:13 (sebuah tambahan yang menyinggung Imamat itu: setiap kurban harus digarami dengan garam).

Jerusalem: Mrk 9:50 - -- Ayat ini rupanya hanya ditambahkan pada Mar 9:49, oleh karena di dalamnya juga terdapat kata "garam".

Ayat ini rupanya hanya ditambahkan pada Mar 9:49, oleh karena di dalamnya juga terdapat kata "garam".

Ende: Mrk 9:43 - Kehidupan disini berarti kehidupan abadi disurga.

disini berarti kehidupan abadi disurga.

Ende: Mrk 9:43 - Naraka Kata asli "gehena". Gehena adalah nama sebuah lembah diluar kota Jerusalem, jang dianggap sangat terkutuk, sebab orang Jahudi jang murtad pernah memba...

Kata asli "gehena". Gehena adalah nama sebuah lembah diluar kota Jerusalem, jang dianggap sangat terkutuk, sebab orang Jahudi jang murtad pernah membakar disitu anak-anak ketjil untuk kurban bagi dewa Molok, dan sebab itu mendjadi lambang tempat siksaan para pendjahat sesudah mati.

Ref. Silang FULL: Mrk 9:38 - pengikut kita · pengikut kita: Bil 11:27-29

· pengikut kita: Bil 11:27-29

Ref. Silang FULL: Mrk 9:40 - pihak kita · pihak kita: Mat 12:30; Luk 11:23

· pihak kita: Mat 12:30; Luk 11:23

Ref. Silang FULL: Mrk 9:41 - kehilangan upahnya · kehilangan upahnya: Mat 10:42; Mat 10:42

· kehilangan upahnya: Mat 10:42; [Lihat FULL. Mat 10:42]

Ref. Silang FULL: Mrk 9:42 - Barangsiapa menyesatkan // pada lehernya · Barangsiapa menyesatkan: Mat 5:29; Mat 5:29 · pada lehernya: Mat 18:6; Luk 17:2

· Barangsiapa menyesatkan: Mat 5:29; [Lihat FULL. Mat 5:29]

· pada lehernya: Mat 18:6; Luk 17:2

Ref. Silang FULL: Mrk 9:43 - tanganmu menyesatkan // dalam neraka // tak terpadamkan · tanganmu menyesatkan: Mat 5:29; Mat 5:29 · dalam neraka: Mat 5:30; 18:8 · tak terpadamkan: Mat 25:41; Mat 25:41

· tanganmu menyesatkan: Mat 5:29; [Lihat FULL. Mat 5:29]

· dalam neraka: Mat 5:30; 18:8

· tak terpadamkan: Mat 25:41; [Lihat FULL. Mat 25:41]

Ref. Silang FULL: Mrk 9:45 - kakimu menyesatkan // dalam neraka · kakimu menyesatkan: Mat 5:29; Mat 5:29 · dalam neraka: Mat 18:8

· kakimu menyesatkan: Mat 5:29; [Lihat FULL. Mat 5:29]

· dalam neraka: Mat 18:8

Ref. Silang FULL: Mrk 9:47 - matamu menyesatkan // dalam neraka · matamu menyesatkan: Mat 5:29; Mat 5:29 · dalam neraka: Mat 5:29; 18:9

· matamu menyesatkan: Mat 5:29; [Lihat FULL. Mat 5:29]

· dalam neraka: Mat 5:29; 18:9

Ref. Silang FULL: Mrk 9:48 - tidak padam · tidak padam: Yes 66:24; Mat 25:41; Mat 25:41

· tidak padam: Yes 66:24; Mat 25:41; [Lihat FULL. Mat 25:41]

Ref. Silang FULL: Mrk 9:49 - akan digarami · akan digarami: Im 2:13

· akan digarami: Im 2:13

Ref. Silang FULL: Mrk 9:50 - kamu mengasinkannya // dalam dirimu // yang lain · kamu mengasinkannya: Mat 5:13; Luk 14:34,35 · dalam dirimu: Kol 4:6 · yang lain: Rom 12:18; 2Kor 13:11; 1Tes 5:13

· kamu mengasinkannya: Mat 5:13; Luk 14:34,35

· dalam dirimu: Kol 4:6

· yang lain: Rom 12:18; 2Kor 13:11; 1Tes 5:13

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mrk 6:31--9:50 - -- IV. Penyingkiran-Penyingkiran Kristus dari Galilea (6:31-9:50) Tuhan sudah menyebarkan amanatnya dengan sungguh-sungguh di Galilea sehingga dalam sel...

IV. Penyingkiran-Penyingkiran Kristus dari Galilea (6:31-9:50)

Tuhan sudah menyebarkan amanatnya dengan sungguh-sungguh di Galilea sehingga dalam seluruh perjalanan hidup mereka orang Galilea sadar akan pelayanan-Nya. Di antara banyak rakyat biasa, popularitas-Nya demikian tinggi sehingga mereka siap untuk mengangkat Dia sebagai raja mereka dengan paksa. Kejengkelan para pemimpin agama yahudi sudah hampir mencapai puncaknya. Dan Herodes sekarang menjadi gusar terhadap popularitas Kristus. Situasi menjadi semakin menjurus kepada krisis yang terlalu dini, sedangkan pelayanan Kristus belum selesai. Akibatnya Yesus menyingkir empat kali dari Galilea, satu ke pantai timur Danau itu (6:31-56), satu lagi ke wilayah Tirus dan Sidon (7:24-30), satu ke Dekapolis (7:31-8:9), dan terakhir ke Kaisarea Filipi (8:10-9:50). Sepanjang waktu ini Kristus sibuk mendidik kedua belas murid-Nya sebagai persiapan untuk menghadapi saat kematian-Nya.

Wycliffe: Mrk 8:10--9:50 - -- E. Menyingkir ke Kaisarea Filipi (8:10-9:50). Penyingkiran yang keempat dan yang terakhir dari Galilea mengarah ke utara ke wilayah Kaisarea Filipi. ...

E. Menyingkir ke Kaisarea Filipi (8:10-9:50).

Penyingkiran yang keempat dan yang terakhir dari Galilea mengarah ke utara ke wilayah Kaisarea Filipi. Datang dari Dekapolis, Yesus menyeberang ke pantai barat Danau Galilea di mana orang-orang Farisi menemui Dia dengan meminta tanda (8:10-12). Dia kemudian berlayar naik perahu ke arah timur laut ke Betsaida Yulias (8:13-21) di mana Dia menyembuhkan seorang buta (8:22-26). Dari sana perjalanan melalui darat mengantar-Nya ke daerah sekitar Kaisarea Filipi. Di sini kegiatan utama Kristus adalah kembali mengajar murid-murid-Nya mengenai pokok-pokok seperti diri-Nya, kematian-Nya dan kebangkitan-Nya, pemuridan mereka dan kedatangan-Nya dalam kemuliaan sebagaimana dilukiskan lebih dahulu di dalam peristiwa Pemuliaan-Nya di atas gunung (8:27-9:13). Di sini Dia juga menyembuhkan seorang lain yang kerasukan setan (9:14-29). Setelah itu Kristus kembali ke Galilea sambil terus mengajar Dua Belas Murid (9:30-50).

Wycliffe: Mrk 9:38 - Yohanes // nama // Kami cegah orang itu // ia bukan pengikut kita, 38. Mungkin keinginan untuk mengubah pokok pembicaraan telah membuat Yohanes berbicara. Rupanya keterangan Yesus mengenai hal-hal yang dilakukan atas ...

38. Mungkin keinginan untuk mengubah pokok pembicaraan telah membuat Yohanes berbicara. Rupanya keterangan Yesus mengenai hal-hal yang dilakukan atas nama-Nya mengingatkan Yohanes tentang seorang pengusir setan yang pernah mereka lihat juga mempergunakan nama Yesus. Kami cegah orang itu. Mereka terus melarang pembuat mukjizat tak dikenal ini (bentuk waktu imperfect). Alasan mereka, ia bukan pengikut kita, menunjukkan suatu sikap yang pada dasarnya mementingkan diri sendiri, ketidaksediaan untuk menerima orang lain yang tidak termasuk kelompok mereka. Scofield menyebut sikap semacam ini sektariarisme.

Wycliffe: Mrk 9:39 - Jangan kamu cegah dia 39. Jangan kamu cegah dia. Secara harfiah, Berhentilah melarang dia. Yesus tidak mau bercekcok mengenai hal-hal kecil. Apabila orang itu mempergunakan...

39. Jangan kamu cegah dia. Secara harfiah, Berhentilah melarang dia. Yesus tidak mau bercekcok mengenai hal-hal kecil. Apabila orang itu mempergunakan nama Kristus dalam usaha yang sungguh-sungguh untuk menolong orang lain, maka dia tidak boleh dicegah. Suatu semangat terbuka yang seharusnya merupakan ciri khas umat Allah ditunjukkan di sini. Pertimbangan Tuhan kita ada dua. Pertama, orang semacam itu tidak akan mungkin segera berbalik menentang Kristus sesudah mengadakan mukjizat dalam nama-Nya.

Wycliffe: Mrk 9:40 - melawan 40. Alasan yang kedua ialah karena orang itu tidak melawan Kristus dan murid-murid-Nya, maka sampai tingkat tertentu dia ada di pihak mereka.

40. Alasan yang kedua ialah karena orang itu tidak melawan Kristus dan murid-murid-Nya, maka sampai tingkat tertentu dia ada di pihak mereka.

Wycliffe: Mrk 9:41 - sesungguhnya // tidak akan kehilangan upahnya 41. Ayat ini menekankan lebih lanjut sikap terbuka yang ditunjukkan dalam 9:39, 40. Tidak seorang pun yang berusaha melayani Tuhan, tak peduli betapa ...

41. Ayat ini menekankan lebih lanjut sikap terbuka yang ditunjukkan dalam 9:39, 40. Tidak seorang pun yang berusaha melayani Tuhan, tak peduli betapa remehnya pelayanan itu, akan disingkirkan oleh Kristus. Pentingnya prinsip ini tampak di dalam penggunaan kata sesungguhnya (amen), dan dalam ungkapan negatif ganda yang kuat yang dapat diterjemahkan, ... tidak akan kehilangan upahnya.

Wycliffe: Mrk 9:42 - anak-anak kecil // Menyesatkan // Anak-anak kecil // Batu kilangan 42. Pikiran yang terdapat di dalam ayat ini berkaitan dengan pikiran dalam 9:37 oleh istilah anak-anak kecil. Demikian pula, ayat 42-48 berkaitan kare...

42. Pikiran yang terdapat di dalam ayat ini berkaitan dengan pikiran dalam 9:37 oleh istilah anak-anak kecil. Demikian pula, ayat 42-48 berkaitan karena berpusat di sekitar pengertian tentang berbagai penyesatan. Mungkin tindakan para murid menegur si pengusir setan yang tak dikenal itu (ay. 38) telah menyinggung Kristus. Hal ini dapat menerangkan Kristus berbicara tentang penyesatan di sini. Iman si pengusir setan yang belum berkembang harus dikembangkan lebih lanjut dan bukan dihalangi. Kritikan tajam terhadap ketidakdewasaan rohani hanya akan membuat seseorang makin menjauh dari Tuhan. Menyesatkan. Istilah Yunani skandalizō berarti menaruh sebuah perangkap atau jerat di jalan yang akan dilalui seseorang, sehingga membuat orang itu tersandung. Anak-anak kecil dapat dipahami secara harfiah sebagai mengacu kepada anak-anak kecil yang percaya, atau bisa mengacu kepada orang-orang yang kecil imannya atau yang kerohaniannya belum berkembang. Mungkin yang terakhir itulah yang dimaksudkan Kristus. Batu kilangan adalah batu besar datar yang diputar oleh seekor keledai dalam penggilingan gandum.

Wycliffe: Mrk 9:43 - tangan yang menyesatkan // Masuk ke dalam hidup // masuk ke dalam Kerajaan Allah // neraka // Neraka 43. Yesus beralih dari soal menyesatkan orang lain kepada soal menyesatkan diri sendiri. Mungkin saja seseorang menempatkan batu sandungan di jalan ya...

43. Yesus beralih dari soal menyesatkan orang lain kepada soal menyesatkan diri sendiri. Mungkin saja seseorang menempatkan batu sandungan di jalan yang akan dilewatinya sendiri. Tidak diragukan lagi bahwa perintah untuk memenggal tangan yang menyesatkan bersifat kiasan dan bersifat hiperbol. Pengertian dari ayat ini ialah bahwa segala hal yang membuat seseorang terjatuh ke dalam dosa harus langsung disingkirkan. Ayat-ayat ini tidak boleh secara harfiah sebagai memerintahkan orang untuk hidup yang ekstrem. Harus diingat bahwa tempat dari dosa adalah jiwa, bukan organ tubuh jasmaniah tertentu. Masuk ke dalam hidup. Ungkapan yang sejajar dalam 9:47 ialah masuk ke dalam Kerajaan Allah. Istilah-istilah ini merupakan lawan kata neraka dan dipahami sebagai mengacu kepada hidup orang yang diselamatkan di dalam kerajaan kekal. Neraka merupakan terjemahan dari kata Yunani geenna yang merupakan peralihan dari kata Ibrani gê hinnōm, yang artinya "lembah Hinnom." Lembah ini terletak di barat daya Yerusalem dan dikutuk karena pernah merupakan tempat penyembahan dewa Molokh. Tempat itu kemudian menjadi tempat pembuangan sampah kota, di mana api terus berkobar, dan memusnahkan sampah itu menjadi abu. Sampah dan kotoran yang dibuang di situ juga pasti banyak berulat. Di dalam pemikiran Yahudi lembah itu menjadi lambang dari tempat penghukuman kekal.

Wycliffe: Mrk 9:48 - Ulat-ulat bangkai // tidak mati 48. Bahasa ayat ini diambil dari Yesaya 66:24 dalam LXX. Ulat-ulat bangkai yang tidak mati merupakan kiasan yang diambil dari lembah Hinnom, di mana u...

48. Bahasa ayat ini diambil dari Yesaya 66:24 dalam LXX. Ulat-ulat bangkai yang tidak mati merupakan kiasan yang diambil dari lembah Hinnom, di mana ulat-ulat itu bekerja terus tanpa berhenti. Yang dilukiskan adalah penyiksaan tanpa akhir dan kehancuran yang ada di neraka.

Wycliffe: Mrk 9:49 - karena 49. Ayat ini dan ayat berikutnya termasuk ayat-ayat yang paling sulit untuk dipahami di dalam semua Injil. Pertama. harus diperhatikan bahwa anak kali...

49. Ayat ini dan ayat berikutnya termasuk ayat-ayat yang paling sulit untuk dipahami di dalam semua Injil. Pertama. harus diperhatikan bahwa anak kalimat kedua dari 9:49 mungkin merupakan tambahan kemudian, karena kurang memiliki sokongan naskah yang ada. Mungkin anak kalimat ini merupakan usaha kecil untuk menerangkan ayat yang sulit ini. Kata pembukaan karena (gar) biasanya mengaitkan pernyataan ini dengan pernyataan sebelumnya, sehingga akan berlaku sebagai penyokong atau menerangkan pernyataan yang terdahulu itu. Dengan demikian mungkin artinya ialah bahwa setiap orang yang masuk neraka akan diawetkan, seperti hanya garam mengawetkan, melalui penyiksaan abadi.

Wycliffe: Mrk 9:50 - garam, // Mempunyai garam dalam dirimu // Hidup berdamai 50. Dengan mengambil garam, yang dalam 9:49 dipakai dalam hubungan dengan neraka, Yesus selanjutnya mengatakan bahwa para pengikut-Nya harus seperti g...

50. Dengan mengambil garam, yang dalam 9:49 dipakai dalam hubungan dengan neraka, Yesus selanjutnya mengatakan bahwa para pengikut-Nya harus seperti garam, membiarkan pengaruh mereka dirasakan oleh dunia (bdg. Mat. 5:13). Mempunyai garam dalam dirimu. Kristus memerintahkan para murid untuk diresapi dengan pengaruh yang memurnikan ini. Untuk menjadi pengaruh yang baik, mereka sendiri harus memiliki kebaikan itu. Hidup berdamai. Kristus mengakhiri pembahasan itu dengan satu acuan terakhir kepada perdebatan tentang siapa yang paling besar sebagaimana tercatat dalam 9:34. Kedua perintah memakai bentuk waktu sekarang, yang artinya memerintahkan untuk dilaksanakan terus-menerus.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mrk 9:30-40 - Murid-murid Ditegur Murid-murid Ditegur (9:30-40) Di sini: I. Kristus memberitahukan penderitaan-Nya yang semakin mendekat. Ia melewati daerah Galilea lebih cepat ...

Matthew Henry: Mrk 9:41-50 - Rasa Sakit Lebih Baik daripada Dosa Rasa Sakit Lebih Baik daripada Dosa (9:41-50) Di sini kita lihat: I. Kristus menjanjikan upah bagi mereka yang berbuat baik kepada murid-m...

SH: Mrk 9:30-41 - Menjadi hamba. (Minggu, 23 Maret 2003) Menjadi hamba. Kehidupan Kristus adalah kehidupan yang taat kepada Bapa. Ia dipanggil untuk menderita, namun menuju kemuliaan. Kembali Yesus...

SH: Mrk 9:38-41 - Membela Yesus (Minggu, 8 Maret 2009) Membela Yesus Persaingan memang menjadi warna dalam dunia bisnis. Namun apakah dunia pelayanan juga mengenal persaingan? Lalu bagaimana pera...

SH: Mrk 9:42-50 - Memutilasi diri? (Senin, 9 Maret 2009) Memutilasi diri? Tuhan tidak menghendaki umat-Nya melakukan dosa. Karena itu bila ada orang yang menyebabkan orang lain berdosa, maka ia harus ...

SH: Mrk 9:42-50 - Melepas dan menerima. (Senin, 24 Maret 2003) Melepas dan menerima. Kita bukan hanya hidup di dunia, tetapi dunia itu mengikat kita. Kadang dunia memiliki kita dan kita harus terus hidup...

Topik Teologia: Mrk 9:38 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Mengusir Setan dalam N...

Topik Teologia: Mrk 9:39 - -- Yesus Kristus Nama Kristus Orang-orang Percaya Mengalami Banyak Hal di dalam Nama Yesus Orang-orang Percaya Melakukan Mujizat dan ...

Topik Teologia: Mrk 9:40 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Pengusiran Iblis Pengenyahan Iblis Para Pengikut Yesus Mengusir Iblis ...

Topik Teologia: Mrk 9:41 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mrk 9:42 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

Topik Teologia: Mrk 9:43 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Kreatif dalam Dialog Dia Memakai Ilus...

Topik Teologia: Mrk 9:45 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Kreatif dalam Dialog Dia Memakai Ilus...

Topik Teologia: Mrk 9:47 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Kreatif dalam Dialog Dia Memakai Ilus...

Topik Teologia: Mrk 9:48 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Intelektual Manusia Yesus Kreatif dalam Dialog Dia Memakai Ilus...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Markus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Markus Tema : Yesus, Sang Putra-Hamba Tanggal Penulisan: 55-65 M Latar Belakang Di antara keempat Injil, Injil Marku...

Full Life: Markus (Garis Besar) Garis Besar I. Persiapan untuk Pelayanan Yesus (Mr 1:1-13) A. Pelayanan Yohanes Pembaptis (Mr 1:2-8)...

Matthew Henry: Markus (Pendahuluan Kitab) Kita telah mendengar bukti yang diberikan oleh saksi pertama mengenai ajaran dan mujizat Yesus Tuhan kita. Sekarang di sini hadir saksi lain lagi yang...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) Injil Karangan Markus Rangka Mrk adalah paling tidak sistematik. Pembukaan injil merangkum pewartaan oleh Yohanes Pembaptis, baptisan Yesus dan pencob...

Ende: Markus (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MARKUS KATA PENGANTAR Tentang Pengarang Jang dari semula terkenal sebagai pengarang "Indjil kedua", ialah Markus, jang d...

Wycliffe: Markus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MARKUS Penulis. Sekalipun penulis Injil ini tidak disebutkan, tersedia bukti yang cukup untuk secara positif menentukan siapa penulis itu...

Wycliffe: Markus (Garis Besar) GARIS BESAR MARKUS I. Judul 1:1 II. Persiapan Pelayanan Kristus 1:2-13 A. Pendahulu-Nya 1:2-8 B. Baptisan-Nya 1:9-11 ...

BIS: Markus (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, A

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, Anak Allah". Dalam Kabar Baik itu Yesus ditampilkan sebagai seorang yang banyak bertindak dan yang berwibawa. Kewibawaan-Nya nyata dalam cara Ia mengajar, dalam kuasa-Nya terhadap roh-roh jahat, dan dalam mengampuni dosa. Yesus menampilkan diri-Nya sebagai Anak Manusia yang memberikan nyawa-Nya supaya manusia dibebaskan dari dosa.

Cerita tentang Yesus dalam buku ini disampaikan secara hidup dan terus terang. Perbuatan-perbuatan-Nya lebih banyak ditekankan daripada perkataan dan ajaran-Nya. Setelah kata-kata pendahuluan yang singkat mengenai Yohanes Pembaptis dan mengenai baptisan Yesus serta cobaan terhadap diri-Nya, buku Markus ini langsung menceritakan pelayanan Yesus, khususnya tentang penyembuhan-penyembuhan yang dilakukan-Nya dan tentang pengajaran-Nya. Pasal-pasal terakhir memuat cerita tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada minggu terakhir dalam hidup Tuhan Yesus di dunia ini, terutama tentang penyaliban diri-Nya dan kebangkitan-Nya dari kematian.

Kedua bagian akhir dari buku Markus, yang dimasukkan dalam tanda kurung besar, umumnya dianggap bukan tulisan penulis buku Markus, melainkan seorang yang lain.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Mr 1:1-13
  2.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat di Galilea
    Mr 1:14-9:50
  3.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mr 10:1-52
  4.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mr 11:1-15:47
  5.  Kebangkitan Yesus
    Mr 16:1-8
  6.  Penampakan dan terangkatnya Yesus ke surga
    Mr 16:9-20

Ajaran: Markus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Markus.

Tahun : Sekitar tahun 50 Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen dari bangsa bukan Yahudi. (Dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Injil Markus terdiri dari 16 pasal. Injil Markus menunjukkan bagaimana Yesus Kristus, sebagai hamba yang setia, sibuk dengan pelayanan-Nya. Dalam Injil ini Tuhan Yesus dilukiskan sebagai hamba yang setia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Markus

  1. Pasal 1-10 (Mr 1:1-10:52).

    Hamba yang setia ini melaksanakan tugas pelayanannya

    1. Bacalah pasal Mr 1:35. Nats ini menceritakan bagaimana Hamba itu memulai pelayanan/tugas-Ny dengan berdoa. Hal ini juga mengajarkan agar setiap orang percay selalu memulai tugas dan pekerjaannya dengan memohon pimpinan Tuha atau berdoa. _Tanyakan_: Apakah saudara sering berdoa/sudahkah anda berdoa?
    2. Bacalah pasal Mr 10:45. Nats ini menyatakan bahwa Hamba itu datang bukanlah untuk dilayani tetapi untuk melayani dengan menyerahkan nyawa-Nya menjadi tebusa dosa manusia. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untu memberikan pelayanan kepada Allah, yaitu dengan memberitakan Injil da melayani di dalam gereja.
  2. Pasal 11-15 (Mr 11:1-15:47).

    Hamba yang setia memberikan dirinya mengalami penderitaan dan kematian dalam melaksanakan tugasnya

    Nats ini menjelaskan bagaimana Hamba itu melayani dengan penuh kesetiaan, walaupun harus mengalami penderitaan bahkan sampai kematian.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mr 14:32-41. (Khususnya ayat 36). Ayat ini menceritakan bagaimana Hamba yang setia itu berdoa dan memohonkan keinginan-Nya, tetapi akhirnya Ia mengatakan agar kehendak yang mengutus-Nya saja yang jadi. Ini mengajarkan kepada setiap orang yang percaya, agar dalam doanya selalu meminta kehendak Allah saja yang jadi. _Tanyakan_: Bagaimanakah doa saudara kepada Allah?
    2. Tuhan Yesus setia melayani kehendak Bapa, bahkan sampai mati di kayu salib dan bangkit dari kematian. Teladan apakah yang harus ada pada kita sebagai murid-murid-Nya?
  3. Pasal 16 (Mr 16:1-20). Hamba yang setia dipermuliakan Nats ini menceritakan tentang Hamba yang setia itu memperoleh kemuliaan melalui kebangkitan-Nya dari kematian.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Mr 16:1-19. Nats ini menjelaskan tentang Hamba yang setia itu membuktikan kebangkitan-Nya. Ini mengajarkan kepada orang percaya bahwa Yesus Kristus benar-benar bangkit dari kematian-Nya.

    _Tanyakan_: Kepada siapakah Tuhan Yesus menampakkan diri setelah kebangkitan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Markus dibuktikan bahwa Yesus Kristus adalah Hamba Allah yang memberikan diri-Nya sebagai korban atas dosa-dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Markus?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Markus?
  3. Untuk apakah Yesus Kristus datang ke dunia ini?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Injil Markus?

Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) Buku pegangan guru Kristen SIAPAKAH YOHANES MARKUS?1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis

Buku pegangan guru Kristen

SIAPAKAH YOHANES MARKUS?
1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).
2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis 12:12). Jemaat berkumpul di rumahnya.
3. Dia pergi bersama Paulus dan kemenakannya pada perjalanan misi yang pertama (Kis 13:5).
4. Markus meninggalkan teman-temannya setelah beberapa waktu berada di Siprus (tanah kelahiran Barnabas, Kis 4:36), mungkin karena ia tidak setuju atas tindakan Paulus yang mengambil alih pimpinan.
5. Dia kembali ke Yerusalem (Kis 13:13).
6. Di Yerusalem ia memperoleh banyak kesempatan untuk berbicara dengan Petrus.
7. Kemungkinan besar Petruslah yang membuat Markus percaya kepada Yesus; Petrus menyebutnya 'Markus anakku', dalam 1Petrus 5:13.
8. Secara umum diakui bahwa Markus menulis kabar baik tentang Yesus sesuai dengan apa yang didengarnya dari Petrus.
9. Ada yang berpendapat bahwa Markus adalah anak muda yang disebut-sebut dalam Markus 14:51, 52, tetapi hal ini tidak dapat dibuktikan.

WAKTU PENULISAN.
Injil Markus mungkin merupakan Injil yang paling awal ditulis, yaitu antara tahun 65 dan 70 M, sebelum Bait Allah di Yerusalem dihancurkan. Tampaknya baik Matius maupun Lukas telah memakai Injil Markus untuk penulisan Injil mereka.

MISTERI INJIL MARKUS.
Markus memperlihatkan pada kita Yesus yang mempunyai rahasia. Dalam Injil Markus kita mendapatkan Yesus tanpa publisitas...
1. Roh jahat diperintahkan-Nya untuk diam (Mar 1:25, 34; 3:12).
2. Mereka yang sudah disembuhkan oleh Yesus dilarang menceritakan pengalaman mereka (Mar 1:44; 5:43; 7:36).
3. Pengikut Yesus sendiri diperintahkan untuk tidak menceritakan ke pada orang lain bahwa Ia adalah Mesias (Mar 8:30).
4. Dan Yesus memberitahukan para pengikut-Nya secara pribadi tentang 'rahasia Kerajaan Allah' (Mar 4:10-12).

Lalu, bagaimana kita menafsirkan maksud rahasia ini? Masalah yang dihadapi Yesus ialah bahwa orang Yahudi mempunyai pemahaman yang salah mengenai Mesias. Karena Yesus menentang pemahaman mereka yang salah, maka kita:

1. Tidak menerima pemahaman tersebut, karena pendapat umum tentang Mesias bersifat politis dan manusiawi, bukannya spiritual dan Ilahi.
2. Tidak menolak, karena Yesus benar-benar adalah Mesias; banyak mukjizat dilakukan-Nya (paling tidak ada 17 mukjizat yang dicatat oleh Markus) merupakan bukti kebenaran ini.
3. Tetapi, merumuskan kembali pemahaman tersebut, karena Yesus harus menunjukkan kepada mereka bahwa Ia adalah Mesias yang melayani, menyelamatkan dan menderita, yang sepenuhnya manusia tetapi juga sepenuhnya Allah.

CIRI-CIRI KHUSUS.
Ini adalah Injil terpendek, padat dan ringkas. Markus mengetengahkan hal-hal penting yang dapat dipakai sebagai bahan acuan langsung. Kata 'segera' ditulis lebih dari empat puluh kali dan rupanya untuk memacu kita dari satu kisah menarik ke kisah menarik berikutnya.

Pesan

1. Yesus: Anak Allah. Markus mulai dengan kata-kata: 'Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.' Mar 1:1

2. Yesus: Anak Manusia. o Markus juga menunjukkan kepada kita kemanusiaan Yesus: o Ia berdukacita. Mar 3:5 o Ia berbelas kasihan terhadap orang banyak. Mar 6:34 o Ia takut dan gentar. Mar 14:33 o Markus memakai sebutan 'Anak Manusia' empat belas kali; sebutan yang paling disukainya untuk Yesus.

3. Kata-kata yang benar-benar diucapkan Yesus. Markus mencatat bagi kita apa yang diingat

Petrus tentang beberapa kata dari bahasa Aram yang dikatakan Yesus:

o 'Talita kum!', Hai anak, bangunlah!' Mar 5:41 o 'Efata!', 'Terbukalah!' Mar 7:34 o 'Eloi, Eloi, lama sabakhtani?', 'Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?' Mar 15:34

4. Kebaikan Yesus. Markus mencatat apa yang diingat oleh Petrus mengenai kebaikan Yesus yang istimewa kepadanya dan kesadaran Petrus bahwa ia tidak layak menerima semua itu. Petrus membuat Markus tidak menulis ucapan Yesus tentang Petrus sebagai batu karang, karena Petrus ingat saat ia tidak bersikap dianggap sebagai batu karang. (Lihat Mat 16:18, 19).

Penerapan

Markus menunjukkan kepada kita:
1. Pentingnya ajaran yang benar.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari roh-roh jahat, bahkan mereka harus takluk
kepada kuasa-Nya.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari mereka yang telah disembuhkan, walaupun
mereka sungguh bersyukur.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari para rasul, sampai mereka sungguh-sungguh
diperlengkapi.

Ajaran Kristen bukan suatu pengetahuan, tetapi kebijaksanaan Ilahi.

2. Mukjizat merupakan hal yang biasa bagi Allah.
o Markus tidak pernah merasa aneh terhadap mukjizat dan tidak pernah mencoba untuk meremehkannya.
o Mukjizat Yesus menunjuk pada sifat-Nya. Singkirkan mukjizat, maka Anda akan meragukan ketuhanan-Nya.
o Mukjizat selalu dan akan selalu mengagumkan. Berkali-kali Markus mengakhiri suatu kisah tentang mukjizat dengan pengamatannya tentang orang banyak yang menjadi'kagum', 'dipenuhi dengan rasa takjub'.
o Perhatikanlah dengan saksama sejumlah mukjizat dalam pasal 5 yang menunjukkan kuasa Yesus atas
- roh-roh jahat (1-20)
- penyakit (24-34)
- kematian (35-43)

3. Tantangan sering datang dari orang yang taat beragama.
o Para ahli Taurat Mar 2:6
o Orang-orang Farisi Mar 2:24
o Orang-orang Herodian Mar 3:6
o Para imam kepala Mar 11:18
o Orang-orang Saduki Mar 12:18

Tema-tema Kunci

1. Mukjizat Yesus. Buatlah daftar mukjizat yang dicatat dalam Injil Markus. Bandingkanlah daftar ini dengan jumlah perumpamaan yang ditulis dalam Injil Markus. Mengapa Markus sangat menekankan mukjizat Yesus? Mengapa Yesus melakukan Mukjizat? Coba temukan paling sedikit tiga alasan yang jelas.

2. Tanggapan orang banyak. Carilah ayat-ayat yang merupakan komentar Markus tentang kekaguman orang banyak ketika mereka menyaksikan mukjizat Yesus (misalnya Mar 1:27; 2:12; 4:41; 5:15; 6:50 dan seterusnya). Tulislah berbagai reaksi orang banyak dan jelaskan mengapa mereka memberikan reaksi yang berbeda-beda.

3. Sebutan istimewa bagi Yesus. Telitilah dalam Injil Markus dan catatlah sebutan-sebutan istimewa bagi Yesus yang dicatat oleh Markus. Berapa kali ia menggunakan sebutan Anak, Anak-Ku, Anak Allah, Anak Manusia? Siapa yang menggunakan sebutan Anak Manusia? Mengapa? (Pelajarilah Dan. Mar 7:13-28 dengan saksama).

4. Kuasa Yesus. Pelajarilah dengan saksama semua pasal yang menunjuk pada kuasa Yesus: Mar 1;22; 1:27; 2:10; 3:15; 6:7;11:27-33 dan Mar 13:34. Perhatikan secara khusus acuan terakhir ini: 'Sama seperti seorang yang bepergian: Ia meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya'. Ungkapan terakhir ini berarti 'memberikan kuasa kepada hamba-hambanya'.

Garis Besar Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13 Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari [2]

[1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13

Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus
Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari

[2] PULANG DAN PERGI KE GALILEA Mar 1:14-7:23

Mar 1:14-20Pengikut-pengikut Yesus yang pertama
Mar 1:21-45Mukjizat-mukjizat kesembuhan
Mar 2:1-3:6Lima peristiwa pertentangan
Mar 3:7-35Guru dan murid-murid-Nya
Mar 4:1-34Selalu dengan perumpamaan
Mar 4:35-41Siapa gerangan orang ini?
Mar 5:1-43Roh-roh jahat, penyakit dan kematian
Mar 6:1-6Akibat ketidakpercayaan
Mar 6:7-13Kuasa yang menyertai ketaatan
Mar 6:14-29Herodes membunuh Yohanes Pembaptis
Mar 6:30-44Lima roti, dua ikan, lima ribu orang
Mar 6:45-56Berjalan di atas air: mukjizat yang mendahului banyak mukjizat lain
Mar 7:1-23Yang di luar dan yang di dalam

[3] YESUS DI DAERAH UTARA Mar 7:24-9:50

Mar 7:24-30Ke pantai: Tirus dan Sidon
Mar 7:31-37Kesepuluh Kota
Mar 8:1-13Tujuh roti, beberapa ikan dan empat ribu orang
Mar 8:14-21Murid-murid yang bebal
Mar 8:22-26Di Betsaida lagi
Mar 8:27-9:1Lebih ke utara: Kaisarea Filipi
Mar 9:2-13"Kami melihat kemuliaan-Nya": pemuliaan
Mar 9:14-29Tanpa doa berarti tanpa kuasa
Mar 9:30-50Yang besar dan yang kecil

[4] PERJALANAN KE SELATAN Mar 10:1-13:37

Mar 10:1-16Pernikahan, perceraian, anak-anak
Mar 10:17-31Bahaya kemakmuran
Mar 10:32-45Apa artinya menjadi seperti Yesus
Mar 10:46-52Bartimeus Buta di Yerikho
Mar 11:1-19Yesus di Yerusalem: Bait Allah dipersiapkan untuk upacara kurban
Mar 11:20-26Kutuk terhadap pohon yang tidak berbuah
Mar 11:27-12:44Permusuhan: Imam-imam kepala, Ahli Taurat, Tua-tua, orang Farisi, orang Herodian, orang Saduki
Mar 13:1-37Nubuat: sekilas tentang tujuan akhir

[5] PUSAT SEJARAH Mar 14:1-16:8

Mar 14:1-11Di Betania: Domba kurban diurapi
Mar 14:12-25Perjamuan Tuhan
Mar 14:26-42Taman Getsemani: sekilas tentang penderitaan
Mar 14:43-15:15Ditangkap dan diadili
Mar 15:16-47'Disalibkan, mati dan dikuburkan'
Mar 16:1-8'Bangkit kembali dari antara orang mati'

[6] PENUTUP 16:9-20

Mar 16:9-20Misi ke seluruh dunia diamanatkan dan dimulai
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.28 detik
dipersembahkan oleh YLSA