kecilkan semua  

Teks -- Markus 13:24-32 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kedatangan Anak Manusia Perumpamaan tentang pohon ara
13:24 "Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya 13:25 dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang. 13:26 Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. 13:27 Dan pada waktu itupun Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dan akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung bumi sampai ke ujung langit. 13:28 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat. 13:29 Demikian juga, jika kamu lihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu. 13:30 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi. 13:31 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. 13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mrk 13:24 - MATAHARI MENJADI GELAP. Nas : Mr 13:24 Lihat cat. --> Mat 24:29. [atau ref. Mat 24:29]

Nas : Mr 13:24

Lihat cat. --> Mat 24:29.

[atau ref. Mat 24:29]

Full Life: Mrk 13:26 - MELIHAT ANAK MANUSIA DATANG. Nas : Mr 13:26 Lihat cat. --> Mat 24:30. [atau ref. Mat 24:30]

Nas : Mr 13:26

Lihat cat. --> Mat 24:30.

[atau ref. Mat 24:30]

Full Life: Mrk 13:27 - ORANG-ORANG PILIHAN-NYA. Nas : Mr 13:27 Lihat cat. --> Mat 24:31. [atau ref. Mat 24:31]

Nas : Mr 13:27

Lihat cat. --> Mat 24:31.

[atau ref. Mat 24:31]

Full Life: Mrk 13:28 - POHON ARA. Nas : Mr 13:28 Lihat cat. --> Mat 24:32. [atau ref. Mat 24:32]

Nas : Mr 13:28

Lihat cat. --> Mat 24:32.

[atau ref. Mat 24:32]

Full Life: Mrk 13:29 - LIHAT HAL-HAL ITU. Nas : Mr 13:29 Lihat cat. --> Mat 24:33. [atau ref. Mat 24:33]

Nas : Mr 13:29

Lihat cat. --> Mat 24:33.

[atau ref. Mat 24:33]

Full Life: Mrk 13:30 - ANGKATAN INI. Nas : Mr 13:30 Lihat cat. --> Mat 24:34. [atau ref. Mat 24:34]

Nas : Mr 13:30

Lihat cat. --> Mat 24:34.

[atau ref. Mat 24:34]

Full Life: Mrk 13:32 - TENTANG HARI ATAU SAAT ITU TIDAK SEORANGPUN TAHU. Nas : Mr 13:32 Lihat cat. --> Mat 24:36. [atau ref. Mat 24:36]

Nas : Mr 13:32

Lihat cat. --> Mat 24:36.

[atau ref. Mat 24:36]

BIS: Mrk 13:29 - waktunya sudah dekat sekali waktunya sudah dekat sekali: atau Dia sudah dekat, sudah hampir datang.

waktunya sudah dekat sekali: atau Dia sudah dekat, sudah hampir datang.

Jerusalem: Mrk 13:1-37 - -- Wejangan Yesus seperti tercantum dalam Markus ini lebih baik memperlihatkan pengarahan semula dari pada wejangan yang termaktub dalam Matius. Pada nub...

Wejangan Yesus seperti tercantum dalam Markus ini lebih baik memperlihatkan pengarahan semula dari pada wejangan yang termaktub dalam Matius. Pada nubuat tentang kemusnahan Bait Allah dan Yerusalem Matius menambah nubuat mengenai kesudahan dunia, Mat 24:1+. Wejangan yang tercantum dalam Mar 13:1-37 hanya mengenai kemusnahan Yerusalem. Banyak ahli berpendapat bahwa wejangan itu sebuah "Apokalips" Yahudi yang diinspirasikan oleh Kitab Daniel, Mar 13:7-8, Mar 13:14-20, Mar 13:24-27 dan yang diperlengkapi dengan beberapa perkataan Yesus, Mar 13:5-6, Mar 13:9-13, Mar 13:21-23, Mar 13:28-37. Baik perkataan Yesus maupun Apokalips Yahudi itu hanya menubuatkan kemelut yang mendahului zaman Mesias dan sudah mendekat dan juga pembebasan umat terpilih. Ini semua terlaksana dengan dimusnahkannya Yerusalem serta kebangkitan dan kedatangan Yesus dalam Gereja.

Jerusalem: Mrk 13:24-27 - -- Peristiwa-peristiwa dahsyat di jagad ini adalah gambar-gambar yang lazim dipakai para nabi (bdk referensi-referensi di sini dan referensi pada Mat 24:...

Peristiwa-peristiwa dahsyat di jagad ini adalah gambar-gambar yang lazim dipakai para nabi (bdk referensi-referensi di sini dan referensi pada Mat 24:29-31) dalam menggambarkan turun tangan Allah yang berkuasa dalam sejarah. Di sini gambar-gambar itu melukiskan kemelut sebelum zaman Mesias yang disusul kejayaan bangsa orang-orang kudus dan kepalanya, ialah Anak Manusia. Tidak perlu peristiwa-peristiwa ajaib itu dihubungkan dengan akhir zaman dan kesudahan dunia, seperti sering dimengerti orang karena terpengaruh konteks Matius, bdk Mat 24:1+.

Ende: Mrk 13:32 - Maupun Putera tidak Dapat ditafsirkan: tidak termasuk Kabar gembira jang ditugaskan kepadaNja untuk memaklumkan. Dan memang tidak baik bagi manusia untuk mengetahuinja, s...

Dapat ditafsirkan: tidak termasuk Kabar gembira jang ditugaskan kepadaNja untuk memaklumkan. Dan memang tidak baik bagi manusia untuk mengetahuinja, supaja orang senantiasa "siap-sedia, dan bukannja baru mempersiapkan diri disaat mendjelang" "hari dan ketika" itu tiba.

Ref. Silang FULL: Mrk 13:25 - akan goncang · akan goncang: Yes 13:10; 34:4; Mat 24:29; Mat 24:29

· akan goncang: Yes 13:10; 34:4; Mat 24:29; [Lihat FULL. Mat 24:29]

Ref. Silang FULL: Mrk 13:26 - dalam awan-awan · dalam awan-awan: Wahy 1:7; Wahy 1:7

· dalam awan-awan: Wahy 1:7; [Lihat FULL. Wahy 1:7]

Ref. Silang FULL: Mrk 13:27 - ujung langit · ujung langit: Za 2:6

· ujung langit: Za 2:6

Ref. Silang FULL: Mrk 13:30 - Sesungguhnya angkatan // itu terjadi · Sesungguhnya angkatan: Luk 17:25 · itu terjadi: Mr 9:1

· Sesungguhnya angkatan: Luk 17:25

· itu terjadi: Mr 9:1

Ref. Silang FULL: Mrk 13:31 - akan berlalu · akan berlalu: Mat 5:18; Mat 5:18

· akan berlalu: Mat 5:18; [Lihat FULL. Mat 5:18]

Ref. Silang FULL: Mrk 13:32 - hanya Bapa · hanya Bapa: Kis 1:7; 1Tes 5:1,2

· hanya Bapa: Kis 1:7; 1Tes 5:1,2

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mrk 11:1--13:37 - -- VI. Pelayanan Terakhir Kristus di Yerusalem (11:1-13:37) Di dalam bagian ini Markus telah mencatat rangkaian tindakan dan ajaran terakhir sang Juruse...

VI. Pelayanan Terakhir Kristus di Yerusalem (11:1-13:37)

Di dalam bagian ini Markus telah mencatat rangkaian tindakan dan ajaran terakhir sang Juruselamat sebelum penderitaan-Nya. Semua peristiwa ini terjadi di dalam dan di sekitar Yerusalem. Di sini terjadi peristiwa "Masuk ke Yerusalem dengan Dielu-elukan" dan pembersihan Bait Suci (11:1-26), serangkaian pertentangan dengan para pemimpin Yahudi (11:27-12:44), dan percakapan apokaliptik yang panjang di Bukit Zaitun (13:1-37).

Wycliffe: Mrk 13:1-37 - -- C. Apokalips Bukit Zaitun (13:1-37). Khotbah di Bukit Zaitun terjadi pada hari Selasa sesudah percekcokan di halaman Bait Suci dengan para pemimpin Y...

C. Apokalips Bukit Zaitun (13:1-37).

Khotbah di Bukit Zaitun terjadi pada hari Selasa sesudah percekcokan di halaman Bait Suci dengan para pemimpin Yahudi berakhir. Khotbah ini dibagi-bagi menjadi bagian-bagian seperti berikut: pertanyaan para murid (13:1-4), kondisi-kondisi yang merupakan ciri khas zaman ini (13:5-13), krisis yang akan datang (13:14-23), kedatangan Kristus yang kedua kali (13:24-27), pengajaran untuk berjaga-jaga (13:28-37).

Wycliffe: Mrk 13:24-25 - sesudah siksaan itu, 24, 25. Nubuat sekarang berpindah kepada kedatangan kedua (ay. 24-27). Kristus secara khusus menempatkan peristiwa besar ini sesudah siksaan itu, yang...

24, 25. Nubuat sekarang berpindah kepada kedatangan kedua (ay. 24-27). Kristus secara khusus menempatkan peristiwa besar ini sesudah siksaan itu, yang jelas mengacu kepada waktu yang dilukiskan dalam 13:14-23. Hal ini memerlukan salah satu dari dua penjelasan. Entah itu berarti Kristus akan datang tidak lama sesudah tahun 70 M atau, semua penganiayaan dalam ayat 14-23 memiliki acuan ganda, yaitu mengacu pada penghancuran Yerusalem oleh Titus dan pada Masa Penganiayaan Besar pada akhir zaman. Karena penjelasan yang pertama tidak mungkin, maka penjelasan yang kedua dianggap sebagai kunci untuk memahami seluruh pasal ini. Bahasa yang dipakai untuk melukiskan semua gangguan di langit sebagian besar diambil dari Perjanjian lama (Yes. 13:10; 34:4; Yl. 2:10, 30, 31). Meskipun sebaiknya kita menghindari penafsiran yang terlalu harfiah di sini, tidak ada alasan untuk tidak memahami ungkapan-ungkapan ini sebagai mengacu kepada berbagai perubahan di angkasa yang akan langsung mendahului kedatangan Kristus. Sama sekali tidak aneh bahwa peristiwa sepenting itu akan diperkenalkan dengan cara ini.

Wycliffe: Mrk 13:26 - dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya, // Akan melihat 26. Yang dimaksudkan di sini adalah kedatangan kembali Kristus pribadi ke bumi dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya, yang dilukiskan di dalam aya...

26. Yang dimaksudkan di sini adalah kedatangan kembali Kristus pribadi ke bumi dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya, yang dilukiskan di dalam ayat-ayat seperti Kisah Para Rasul 1:11; II Tesalonika 1:7-10; 2:8: Wahyu 1:7; 19:11-16. "Bertentangan dengan latar belakang langit yang mungkin gelap, Anak Manusia diperlihatkan di dalam kemuliaan Syekina Allah ... " (G. R. Beasley-Murray, A Commentary on Mark Thirteen, hlm. 89). Kalimat yang dipergunakan di sini diambil dari Daniel 7:13. Akan melihat. Kedatangan-Nya akan bisa dilihat oleh semua orang.

Wycliffe: Mrk 13:27 - mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya // orang-orang pilihan // mengumpulkan, // (keempat penjuru bumi), // (ujung bumi sampai ke ujung langit) 27. Pada titik ini kebangkitan orang benar yang sudah mati dan transformasi orang kudus yang masih hidup akan terjadi (bdg. I Kor. 15:51-53; I Tes. 4:...

27. Pada titik ini kebangkitan orang benar yang sudah mati dan transformasi orang kudus yang masih hidup akan terjadi (bdg. I Kor. 15:51-53; I Tes. 4:13-18). Kemudian Dia akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya, orang-orang tertebus dari segala zaman, yang lalu dan yang sekarang. Mengenai orang-orang pilihan lihat tafsiran atas 13:22. Kata episynaxei, mengumpulkan, adalah bentuk kata kerja dari kata benda episynagoge "terhimpunnya," di dalam II Tesalonika 2:1. Mereka akan berkumpul di sekitar Tuhan yang turun itu dari seluruh penjuru bumi (keempat penjuru bumi), bahkan dari tempat-tempat yang paling jauh sekalipun (ujung bumi sampai ke ujung langit).

Wycliffe: Mrk 13:28-29 - Hal-hal itu 28, 29. Setelah selesai melukiskan rangkaian peristiwa masa depan, Tuhan beralih ke pembahasan tentang perlunya berjaga-jaga (ay. 28-37). Tidak ada pe...

28, 29. Setelah selesai melukiskan rangkaian peristiwa masa depan, Tuhan beralih ke pembahasan tentang perlunya berjaga-jaga (ay. 28-37). Tidak ada petunjuk bahwa yang dilambangkan dengan pohon ara di sini adalah Israel. Justru, perumpamaan ini merupakan peragaan sederhana tentang kebenaran bahwa rangkaian peristiwa itu akan terjadi membayangi mereka. Apabila semua ini mulai terjadi, kita akan mengetahui bahwa kesudahan sudah dekat. Hal-hal itu yang dimaksudkan oleh Kristus adalah peristiwa-peristiwa yang dilukiskan dalam ayat 14-25.

Wycliffe: Mrk 13:30 - angkatan ini, 30. Penjelasan yang paling masuk akal dari ungkapan, angkatan ini, ialah bahwa ungkapan tersebut mengacu kepada orang-orang yang hidup ketika Kristus ...

30. Penjelasan yang paling masuk akal dari ungkapan, angkatan ini, ialah bahwa ungkapan tersebut mengacu kepada orang-orang yang hidup ketika Kristus berbicara. Dalam masa hidup mereka semua hal ini akan terjadi pada saat penghancuran Yerusalem dalam tahun 70 M. Peristiwa ini dipergunakan oleh Kristus sebagai lukisan pendahuluan yang memberikan gambaran pendahuluan tentang akhir zaman dengan segala ciri hakikinya (bdg. Mrk. 9:1).

Wycliffe: Mrk 13:32 - Hari // saat // Anak 32. Hari dan saat dari kedatangan kembali Kristus tidak dapat diketahui oleh manusia. Sesungguhnya, waktu itu hanya diketahui oleh Allah Bapa. Pernyat...

32. Hari dan saat dari kedatangan kembali Kristus tidak dapat diketahui oleh manusia. Sesungguhnya, waktu itu hanya diketahui oleh Allah Bapa. Pernyataan bahwa Anak juga tidak mengetahui saat itu harus dipahami dengan mengingat pembatasan diri yang dilakukan oleh-Nya selama masa Dia direndahkan (bdg. Flp. 2:5-8). Dia telah mengambil kedudukan tunduk sepenuhnya kepada Bapa, dengan mempergunakan sifat-sifat ilahi-Nya hanya apabila diminta oleh Bapa (bdg. Yoh. 8:26, 28, 29).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mrk 13:24-27 - Penganiayaan terhadap Orang Yahudi Dinubuatkan Penganiayaan terhadap Orang Yahudi Dinubuatkan (13:24-27) Ayat-ayat ini tampak menunjuk kepada kedatangan Kristus yang kedua kali untuk menghakimi ...

Matthew Henry: Mrk 13:28-37 - Hal Berjaga-jaga Ditekankan Berulang-ulang Hal Berjaga-jaga Ditekankan Berulang-ulang (13:28-37) Ayat-ayat ini memberitahukan kepada kita mengenai apa yang harus kita lakukan sehubungan deng...

SH: Mrk 13:24-37 - Dia datang! (Kamis, 10 April 2003) Dia datang! Kedua kata ini bisa diucapkan dengan berbagai ekspresi dan intonasi. Baik dalam intonasi gemetar penuh ketakutan ataupun in...

Topik Teologia: Mrk 13:24 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali Peristiwa dan Oknum yang Menyertai Kedatangan Yesus Kedua Kali Fenomena Kosmik Mat 24:29 ...

Topik Teologia: Mrk 13:26 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali Aspek Teologis dari Kedatangan Yesus Kedua Kali Kelihatan Mar 13:26 Kis 1:11 Wah 1:7

Topik Teologia: Mrk 13:27 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Keselamatan Orang-orang Percaya dan Komun...

Topik Teologia: Mrk 13:32 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama-nama, Gelar-gelar Deskriptif dan Kiasan-kiasan untuk Allah Bapa Ula 1:30-31 ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Markus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Markus Tema : Yesus, Sang Putra-Hamba Tanggal Penulisan: 55-65 M Latar Belakang Di antara keempat Injil, Injil Marku...

Full Life: Markus (Garis Besar) Garis Besar I. Persiapan untuk Pelayanan Yesus (Mr 1:1-13) A. Pelayanan Yohanes Pembaptis (Mr 1:2-8)...

Matthew Henry: Markus (Pendahuluan Kitab) Kita telah mendengar bukti yang diberikan oleh saksi pertama mengenai ajaran dan mujizat Yesus Tuhan kita. Sekarang di sini hadir saksi lain lagi yang...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) Injil Karangan Markus Rangka Mrk adalah paling tidak sistematik. Pembukaan injil merangkum pewartaan oleh Yohanes Pembaptis, baptisan Yesus dan pencob...

Ende: Markus (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MARKUS KATA PENGANTAR Tentang Pengarang Jang dari semula terkenal sebagai pengarang "Indjil kedua", ialah Markus, jang d...

Wycliffe: Markus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MARKUS Penulis. Sekalipun penulis Injil ini tidak disebutkan, tersedia bukti yang cukup untuk secara positif menentukan siapa penulis itu...

Wycliffe: Markus (Garis Besar) GARIS BESAR MARKUS I. Judul 1:1 II. Persiapan Pelayanan Kristus 1:2-13 A. Pendahulu-Nya 1:2-8 B. Baptisan-Nya 1:9-11 ...

BIS: Markus (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, A

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, Anak Allah". Dalam Kabar Baik itu Yesus ditampilkan sebagai seorang yang banyak bertindak dan yang berwibawa. Kewibawaan-Nya nyata dalam cara Ia mengajar, dalam kuasa-Nya terhadap roh-roh jahat, dan dalam mengampuni dosa. Yesus menampilkan diri-Nya sebagai Anak Manusia yang memberikan nyawa-Nya supaya manusia dibebaskan dari dosa.

Cerita tentang Yesus dalam buku ini disampaikan secara hidup dan terus terang. Perbuatan-perbuatan-Nya lebih banyak ditekankan daripada perkataan dan ajaran-Nya. Setelah kata-kata pendahuluan yang singkat mengenai Yohanes Pembaptis dan mengenai baptisan Yesus serta cobaan terhadap diri-Nya, buku Markus ini langsung menceritakan pelayanan Yesus, khususnya tentang penyembuhan-penyembuhan yang dilakukan-Nya dan tentang pengajaran-Nya. Pasal-pasal terakhir memuat cerita tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada minggu terakhir dalam hidup Tuhan Yesus di dunia ini, terutama tentang penyaliban diri-Nya dan kebangkitan-Nya dari kematian.

Kedua bagian akhir dari buku Markus, yang dimasukkan dalam tanda kurung besar, umumnya dianggap bukan tulisan penulis buku Markus, melainkan seorang yang lain.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Mr 1:1-13
  2.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat di Galilea
    Mr 1:14-9:50
  3.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mr 10:1-52
  4.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mr 11:1-15:47
  5.  Kebangkitan Yesus
    Mr 16:1-8
  6.  Penampakan dan terangkatnya Yesus ke surga
    Mr 16:9-20

Ajaran: Markus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Markus.

Tahun : Sekitar tahun 50 Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen dari bangsa bukan Yahudi. (Dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Injil Markus terdiri dari 16 pasal. Injil Markus menunjukkan bagaimana Yesus Kristus, sebagai hamba yang setia, sibuk dengan pelayanan-Nya. Dalam Injil ini Tuhan Yesus dilukiskan sebagai hamba yang setia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Markus

  1. Pasal 1-10 (Mr 1:1-10:52).

    Hamba yang setia ini melaksanakan tugas pelayanannya

    1. Bacalah pasal Mr 1:35. Nats ini menceritakan bagaimana Hamba itu memulai pelayanan/tugas-Ny dengan berdoa. Hal ini juga mengajarkan agar setiap orang percay selalu memulai tugas dan pekerjaannya dengan memohon pimpinan Tuha atau berdoa. _Tanyakan_: Apakah saudara sering berdoa/sudahkah anda berdoa?
    2. Bacalah pasal Mr 10:45. Nats ini menyatakan bahwa Hamba itu datang bukanlah untuk dilayani tetapi untuk melayani dengan menyerahkan nyawa-Nya menjadi tebusa dosa manusia. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untu memberikan pelayanan kepada Allah, yaitu dengan memberitakan Injil da melayani di dalam gereja.
  2. Pasal 11-15 (Mr 11:1-15:47).

    Hamba yang setia memberikan dirinya mengalami penderitaan dan kematian dalam melaksanakan tugasnya

    Nats ini menjelaskan bagaimana Hamba itu melayani dengan penuh kesetiaan, walaupun harus mengalami penderitaan bahkan sampai kematian.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mr 14:32-41. (Khususnya ayat 36). Ayat ini menceritakan bagaimana Hamba yang setia itu berdoa dan memohonkan keinginan-Nya, tetapi akhirnya Ia mengatakan agar kehendak yang mengutus-Nya saja yang jadi. Ini mengajarkan kepada setiap orang yang percaya, agar dalam doanya selalu meminta kehendak Allah saja yang jadi. _Tanyakan_: Bagaimanakah doa saudara kepada Allah?
    2. Tuhan Yesus setia melayani kehendak Bapa, bahkan sampai mati di kayu salib dan bangkit dari kematian. Teladan apakah yang harus ada pada kita sebagai murid-murid-Nya?
  3. Pasal 16 (Mr 16:1-20). Hamba yang setia dipermuliakan Nats ini menceritakan tentang Hamba yang setia itu memperoleh kemuliaan melalui kebangkitan-Nya dari kematian.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Mr 16:1-19. Nats ini menjelaskan tentang Hamba yang setia itu membuktikan kebangkitan-Nya. Ini mengajarkan kepada orang percaya bahwa Yesus Kristus benar-benar bangkit dari kematian-Nya.

    _Tanyakan_: Kepada siapakah Tuhan Yesus menampakkan diri setelah kebangkitan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Markus dibuktikan bahwa Yesus Kristus adalah Hamba Allah yang memberikan diri-Nya sebagai korban atas dosa-dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Markus?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Markus?
  3. Untuk apakah Yesus Kristus datang ke dunia ini?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Injil Markus?

Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) Buku pegangan guru Kristen SIAPAKAH YOHANES MARKUS?1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis

Buku pegangan guru Kristen

SIAPAKAH YOHANES MARKUS?
1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).
2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis 12:12). Jemaat berkumpul di rumahnya.
3. Dia pergi bersama Paulus dan kemenakannya pada perjalanan misi yang pertama (Kis 13:5).
4. Markus meninggalkan teman-temannya setelah beberapa waktu berada di Siprus (tanah kelahiran Barnabas, Kis 4:36), mungkin karena ia tidak setuju atas tindakan Paulus yang mengambil alih pimpinan.
5. Dia kembali ke Yerusalem (Kis 13:13).
6. Di Yerusalem ia memperoleh banyak kesempatan untuk berbicara dengan Petrus.
7. Kemungkinan besar Petruslah yang membuat Markus percaya kepada Yesus; Petrus menyebutnya 'Markus anakku', dalam 1Petrus 5:13.
8. Secara umum diakui bahwa Markus menulis kabar baik tentang Yesus sesuai dengan apa yang didengarnya dari Petrus.
9. Ada yang berpendapat bahwa Markus adalah anak muda yang disebut-sebut dalam Markus 14:51, 52, tetapi hal ini tidak dapat dibuktikan.

WAKTU PENULISAN.
Injil Markus mungkin merupakan Injil yang paling awal ditulis, yaitu antara tahun 65 dan 70 M, sebelum Bait Allah di Yerusalem dihancurkan. Tampaknya baik Matius maupun Lukas telah memakai Injil Markus untuk penulisan Injil mereka.

MISTERI INJIL MARKUS.
Markus memperlihatkan pada kita Yesus yang mempunyai rahasia. Dalam Injil Markus kita mendapatkan Yesus tanpa publisitas...
1. Roh jahat diperintahkan-Nya untuk diam (Mar 1:25, 34; 3:12).
2. Mereka yang sudah disembuhkan oleh Yesus dilarang menceritakan pengalaman mereka (Mar 1:44; 5:43; 7:36).
3. Pengikut Yesus sendiri diperintahkan untuk tidak menceritakan ke pada orang lain bahwa Ia adalah Mesias (Mar 8:30).
4. Dan Yesus memberitahukan para pengikut-Nya secara pribadi tentang 'rahasia Kerajaan Allah' (Mar 4:10-12).

Lalu, bagaimana kita menafsirkan maksud rahasia ini? Masalah yang dihadapi Yesus ialah bahwa orang Yahudi mempunyai pemahaman yang salah mengenai Mesias. Karena Yesus menentang pemahaman mereka yang salah, maka kita:

1. Tidak menerima pemahaman tersebut, karena pendapat umum tentang Mesias bersifat politis dan manusiawi, bukannya spiritual dan Ilahi.
2. Tidak menolak, karena Yesus benar-benar adalah Mesias; banyak mukjizat dilakukan-Nya (paling tidak ada 17 mukjizat yang dicatat oleh Markus) merupakan bukti kebenaran ini.
3. Tetapi, merumuskan kembali pemahaman tersebut, karena Yesus harus menunjukkan kepada mereka bahwa Ia adalah Mesias yang melayani, menyelamatkan dan menderita, yang sepenuhnya manusia tetapi juga sepenuhnya Allah.

CIRI-CIRI KHUSUS.
Ini adalah Injil terpendek, padat dan ringkas. Markus mengetengahkan hal-hal penting yang dapat dipakai sebagai bahan acuan langsung. Kata 'segera' ditulis lebih dari empat puluh kali dan rupanya untuk memacu kita dari satu kisah menarik ke kisah menarik berikutnya.

Pesan

1. Yesus: Anak Allah. Markus mulai dengan kata-kata: 'Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.' Mar 1:1

2. Yesus: Anak Manusia. o Markus juga menunjukkan kepada kita kemanusiaan Yesus: o Ia berdukacita. Mar 3:5 o Ia berbelas kasihan terhadap orang banyak. Mar 6:34 o Ia takut dan gentar. Mar 14:33 o Markus memakai sebutan 'Anak Manusia' empat belas kali; sebutan yang paling disukainya untuk Yesus.

3. Kata-kata yang benar-benar diucapkan Yesus. Markus mencatat bagi kita apa yang diingat

Petrus tentang beberapa kata dari bahasa Aram yang dikatakan Yesus:

o 'Talita kum!', Hai anak, bangunlah!' Mar 5:41 o 'Efata!', 'Terbukalah!' Mar 7:34 o 'Eloi, Eloi, lama sabakhtani?', 'Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?' Mar 15:34

4. Kebaikan Yesus. Markus mencatat apa yang diingat oleh Petrus mengenai kebaikan Yesus yang istimewa kepadanya dan kesadaran Petrus bahwa ia tidak layak menerima semua itu. Petrus membuat Markus tidak menulis ucapan Yesus tentang Petrus sebagai batu karang, karena Petrus ingat saat ia tidak bersikap dianggap sebagai batu karang. (Lihat Mat 16:18, 19).

Penerapan

Markus menunjukkan kepada kita:
1. Pentingnya ajaran yang benar.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari roh-roh jahat, bahkan mereka harus takluk
kepada kuasa-Nya.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari mereka yang telah disembuhkan, walaupun
mereka sungguh bersyukur.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari para rasul, sampai mereka sungguh-sungguh
diperlengkapi.

Ajaran Kristen bukan suatu pengetahuan, tetapi kebijaksanaan Ilahi.

2. Mukjizat merupakan hal yang biasa bagi Allah.
o Markus tidak pernah merasa aneh terhadap mukjizat dan tidak pernah mencoba untuk meremehkannya.
o Mukjizat Yesus menunjuk pada sifat-Nya. Singkirkan mukjizat, maka Anda akan meragukan ketuhanan-Nya.
o Mukjizat selalu dan akan selalu mengagumkan. Berkali-kali Markus mengakhiri suatu kisah tentang mukjizat dengan pengamatannya tentang orang banyak yang menjadi'kagum', 'dipenuhi dengan rasa takjub'.
o Perhatikanlah dengan saksama sejumlah mukjizat dalam pasal 5 yang menunjukkan kuasa Yesus atas
- roh-roh jahat (1-20)
- penyakit (24-34)
- kematian (35-43)

3. Tantangan sering datang dari orang yang taat beragama.
o Para ahli Taurat Mar 2:6
o Orang-orang Farisi Mar 2:24
o Orang-orang Herodian Mar 3:6
o Para imam kepala Mar 11:18
o Orang-orang Saduki Mar 12:18

Tema-tema Kunci

1. Mukjizat Yesus. Buatlah daftar mukjizat yang dicatat dalam Injil Markus. Bandingkanlah daftar ini dengan jumlah perumpamaan yang ditulis dalam Injil Markus. Mengapa Markus sangat menekankan mukjizat Yesus? Mengapa Yesus melakukan Mukjizat? Coba temukan paling sedikit tiga alasan yang jelas.

2. Tanggapan orang banyak. Carilah ayat-ayat yang merupakan komentar Markus tentang kekaguman orang banyak ketika mereka menyaksikan mukjizat Yesus (misalnya Mar 1:27; 2:12; 4:41; 5:15; 6:50 dan seterusnya). Tulislah berbagai reaksi orang banyak dan jelaskan mengapa mereka memberikan reaksi yang berbeda-beda.

3. Sebutan istimewa bagi Yesus. Telitilah dalam Injil Markus dan catatlah sebutan-sebutan istimewa bagi Yesus yang dicatat oleh Markus. Berapa kali ia menggunakan sebutan Anak, Anak-Ku, Anak Allah, Anak Manusia? Siapa yang menggunakan sebutan Anak Manusia? Mengapa? (Pelajarilah Dan. Mar 7:13-28 dengan saksama).

4. Kuasa Yesus. Pelajarilah dengan saksama semua pasal yang menunjuk pada kuasa Yesus: Mar 1;22; 1:27; 2:10; 3:15; 6:7;11:27-33 dan Mar 13:34. Perhatikan secara khusus acuan terakhir ini: 'Sama seperti seorang yang bepergian: Ia meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya'. Ungkapan terakhir ini berarti 'memberikan kuasa kepada hamba-hambanya'.

Garis Besar Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13 Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari [2]

[1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13

Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus
Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari

[2] PULANG DAN PERGI KE GALILEA Mar 1:14-7:23

Mar 1:14-20Pengikut-pengikut Yesus yang pertama
Mar 1:21-45Mukjizat-mukjizat kesembuhan
Mar 2:1-3:6Lima peristiwa pertentangan
Mar 3:7-35Guru dan murid-murid-Nya
Mar 4:1-34Selalu dengan perumpamaan
Mar 4:35-41Siapa gerangan orang ini?
Mar 5:1-43Roh-roh jahat, penyakit dan kematian
Mar 6:1-6Akibat ketidakpercayaan
Mar 6:7-13Kuasa yang menyertai ketaatan
Mar 6:14-29Herodes membunuh Yohanes Pembaptis
Mar 6:30-44Lima roti, dua ikan, lima ribu orang
Mar 6:45-56Berjalan di atas air: mukjizat yang mendahului banyak mukjizat lain
Mar 7:1-23Yang di luar dan yang di dalam

[3] YESUS DI DAERAH UTARA Mar 7:24-9:50

Mar 7:24-30Ke pantai: Tirus dan Sidon
Mar 7:31-37Kesepuluh Kota
Mar 8:1-13Tujuh roti, beberapa ikan dan empat ribu orang
Mar 8:14-21Murid-murid yang bebal
Mar 8:22-26Di Betsaida lagi
Mar 8:27-9:1Lebih ke utara: Kaisarea Filipi
Mar 9:2-13"Kami melihat kemuliaan-Nya": pemuliaan
Mar 9:14-29Tanpa doa berarti tanpa kuasa
Mar 9:30-50Yang besar dan yang kecil

[4] PERJALANAN KE SELATAN Mar 10:1-13:37

Mar 10:1-16Pernikahan, perceraian, anak-anak
Mar 10:17-31Bahaya kemakmuran
Mar 10:32-45Apa artinya menjadi seperti Yesus
Mar 10:46-52Bartimeus Buta di Yerikho
Mar 11:1-19Yesus di Yerusalem: Bait Allah dipersiapkan untuk upacara kurban
Mar 11:20-26Kutuk terhadap pohon yang tidak berbuah
Mar 11:27-12:44Permusuhan: Imam-imam kepala, Ahli Taurat, Tua-tua, orang Farisi, orang Herodian, orang Saduki
Mar 13:1-37Nubuat: sekilas tentang tujuan akhir

[5] PUSAT SEJARAH Mar 14:1-16:8

Mar 14:1-11Di Betania: Domba kurban diurapi
Mar 14:12-25Perjamuan Tuhan
Mar 14:26-42Taman Getsemani: sekilas tentang penderitaan
Mar 14:43-15:15Ditangkap dan diadili
Mar 15:16-47'Disalibkan, mati dan dikuburkan'
Mar 16:1-8'Bangkit kembali dari antara orang mati'

[6] PENUTUP 16:9-20

Mar 16:9-20Misi ke seluruh dunia diamanatkan dan dimulai
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.21 detik
dipersembahkan oleh YLSA