kecilkan semua  

Teks -- Matius 16:13-20 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pengakuan Petrus
16:13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" 16:14 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." 16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" 16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" 16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. 16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga." 16:20 Lalu Yesus melarang murid-murid-Nya supaya jangan memberitahukan kepada siapapun bahwa Ia Mesias.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · alam maut the place of departed spirits (NIV notes); the unseen world (YC)
 · dunia orang mati the place of the dead
 · Elia a prophet from the 9th century B.C.,a prophet from Tishbe in Gilead to Israel in King Ahab's time,son of Jeroham of Benjamin,a priest of the Harim clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Elam clan who put away his heathen wife
 · Filipi a town 40 km north of the Sea of Galilee, frequently called Caesarea Philippi,a town in Macedonia 350 km north of Athens
 · Kaisarea a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · Kaisarea Filipi a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · kerajaan maut the place of departed spirits (NIV notes); the unseen world (YC)
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Yeremia a prophet of Judah in 627 B.C., who wrote the book of Jeremiah,a man of Libnah; father of Hamutal, mother of Jehoahaz, king of Judah,head of an important clan in eastern Manasseh in the time of Jotham,a Benjamite man who defected to David at Ziklag,the fifth of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness,the tenth of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness,a man from Anathoth of Benjamin; son of Hilkiah the priest; a major prophet in the time of the exile,an influential priest who returned from exile with Zerubbabel, who later signed the covenant to obey the law, and who helped dedicate Nehemiah's wall,one of Saul's Gadite officers who defected to David in the wilderness
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai


Topik/Tema Kamus: Petrus | Yesus Kristus | Yesus | Surga | Bahagia, Yang Berbahagia | Anak ...; Gelar untuk Yesus | Iman | Galilea | Tata Tertib Jemaat | Jemaat | Rasul | Pintu Gerbang | Batu | Sifat Atau Keadaan Kemanusiaan Kristus | Yeremia | Darah | Kaisarea Filipi | Elia | Perkawinan | Gereja | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mat 16:18 - PETRUS ... BATU KARANG ... JEMAAT. Nas : Mat 16:18 Dengan kata-kata ini Kristus berjanji untuk mendirikan gereja-Nya berlandaskan kebenaran dari pengakuan Petrus dan murid lain bahwa...

Nas : Mat 16:18

Dengan kata-kata ini Kristus berjanji untuk mendirikan gereja-Nya berlandaskan kebenaran dari pengakuan Petrus dan murid lain bahwa Yesus adalah Kristus, Anak Allah yang hidup (ayat Mat 16:16; bd. Kis 2:14-26). Di dalam ayat ini Yesus mengadakan permainan kata-kata. Ia menyebut murid-Nya itu "Petrus" (Yun. _Petros_, yang artinya sebuah batu kecil), namun Ia melanjutkan dengan mengatakan "di atas batu karang ini (Yun. _petra_, yaitu batu karang yang sangat besar atau tebing batu) Aku akan mendirikan jemaat-Ku," maksudnya: Ia akan mendirikan gereja (jemaat-Nya) di atas pengakuan Petrus yang kokoh.

  1. 1) Yesus Kristus sendirilah yang menjadi Batu Karang itu, yaitu landasan utama dan pertama dari gereja (1Kor 3:11). Di dalam surat kirimannya yang pertama, Petrus mengatakan bahwa Yesus adalah "batu yang hidup ... batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang mahal ... batu yang telah dibuang oleh tukang-tukang bangunan" (1Pet 2:4,6-7). Pada saat yang bersamaan, Petrus dan semua orang percaya lainnya merupakan batu-batu hidup yang digunakan dalam mendirikan rumah rohani yang sedang dibangun oleh Allah (1Pet 2:5).
  2. 2) Tidak pernah dalam Alkitab dinyatakan bahwa Petrus sendiri yang akan merupakan tokoh yang paling berwenang dan tak mungkin salah di atas semua rasul yang lain (bd. Kis 15:1-41; Gal 2:11). Juga, tidak pernah disebutkan dalam Alkitab bahwa Petrus hendaknya mempunyai pengganti-pengganti yang tak mungkin berbuat kesalahan, yang akan mewakili Kristus dan berperan sebagai kepala gereja yang resmi. Untuk suatu pembahasan mengenai doktrin gereja sebagaimana dilihat di sini dan lain tempat di Alkitab

    lihat art. GEREJA.

Full Life: Mat 16:18 - ALAM MAUT TIDAK AKAN MENGUASAINYA. Nas : Mat 16:18 "Alam maut", dimaksudkan di sini adalah Iblis dan semua usaha jahat dunia untuk membinasakan gereja Yesus Kristus. 1) Bagian a...

Nas : Mat 16:18

"Alam maut", dimaksudkan di sini adalah Iblis dan semua usaha jahat dunia untuk membinasakan gereja Yesus Kristus.

  1. 1) Bagian ayat ini tidak berarti bahwa seorang percaya, gereja lokal, atau persekutuan gereja, atau denominasi tertentu tidak akan pernah terjerumus ke dalam kedursilaan, ajaran sesat atau kemurtadan. Yesus sendiri sudah menubuatkan bahwa banyak orang akan meninggalkan iman, dan Ia mengingatkan gereja-gereja yang sedang meninggalkan iman PB agar berbalik dari dosa mereka, kalau tidak mereka akan disingkirkan dari kerajaan-Nya (Mat 24:10-11; Wahy 2:5,12-19; 3:1-6,14-16;

    lihat cat. --> 1Tim 4:1;

    [atau ref. 1Tim 4:1]

    lihat art. KEMURTADAN PRIBADI).

    Janji dalam ayat Mat 16:18 tidak berlaku atas mereka yang menyangkal imannya atau jemaat yang suam-suam kuku.
  2. 2) Yang dimaksudkan oleh Kristus ialah bahwa sekalipun Iblis berusaha sekuat-kuatnya untuk menghancurkan gereja, terjadinya kemurtadan antara orang percaya, gereja menjadi suam-suam kuku, dan guru palsu menyusup ke dalam Kerajaan Allah, gereja tidak akan dibinasakan. Dengan kasih karunia-Nya, kebijaksanaan, dan kuasa-Nya yang mahabesar, Allah senantiasa akan memiliki sekelompok sisa orang percaya dan gereja sepanjang sejarah penebusan, yang tetap setia kepada Injil Kristus yang asli dan rasul-rasul, dan yang mengalami persekutuan-Nya, ke-Tuhanan Kristus serta kuasa Roh Kudus. Sebagai umat Allah yang sejati, kelompok sisa ini akan menunjukkan kuasa Kerajaan dari Roh Kudus melawan Iblis, dosa, penyakit, dunia, dan kuasa-kuasa kegelapan. Gereja semacam inilah yang tidak akan pernah dapat dibinasakan oleh Iblis dan seluruh bala tentaranya.

Full Life: Mat 16:19 - KUNCI KERAJAAN SORGA. Nas : Mat 16:19 Yang dimaksudkan dengan "kunci" dalam ayat ini adalah kekuasaan yang diberikan Allah kepada Petrus dan gereja. Dengan kunci ini mer...

Nas : Mat 16:19

Yang dimaksudkan dengan "kunci" dalam ayat ini adalah kekuasaan yang diberikan Allah kepada Petrus dan gereja. Dengan kunci ini mereka

  1. (1) dapat menegur dosa serta melaksanakan disiplin gerejani (Mat 18:15-18);
  2. (2) berdoa dengan efektif bagi terjadinya kehendak Allah di bumi ini (Mat 18:19-20);
  3. (3) mengikat kuasa-kuasa setan serta membebaskan orang yang tertawan

    (lihat art. KUASA ATAS IBLIS DAN SETAN-SETAN);

  4. (4) memberitahukan kesalahan dosa, standar kebenaran Allah dan hukuman yang akan datang (Kis 2:23; 5:3,9);
  5. (5) memberitakan keselamatan dan pengampunan dosa bagi semua orang yang bertobat dan percaya kepada Kristus (Yoh 20:23; Kis 2:37-40; Kis 15:7-9).

Jerusalem: Mat 16:14 - salah seorang dari para nabi Yesus sendiri hanya secara tak langsung dan samar-samar menyebut diriNya seorang nabi, Mat 13:57 dsj; Luk 13:33. Tetapi oleh rakyat dengan terus teran...

Yesus sendiri hanya secara tak langsung dan samar-samar menyebut diriNya seorang nabi, Mat 13:57 dsj; Luk 13:33. Tetapi oleh rakyat dengan terus terang Yesus disebut seorang nabi, Mat 16:14 dsj; Mat 21:11,46; Mar 6:15 dsj; Luk 7:16,39; Luk 24:19; Yoh 4:19; Yoh 9:17. dan sebutan itu memang bersangkutan dengan Mesias. Roh kenabian itu sudah padam sejak nabi Maleakhi, tetapi menurut harapan Yahudi roh itu akan tampil lagi sebagai tanda zaman Mesias. Roh kenabian itu akan tampil lagi dalam diri nabi Elia, Mat 17:10-11 dsj; atau berupa pencurahan umum roh itu, Kis 2:17-18,33. Pada kenyataannya di zaman Yesus sudah tampak banyak nabi palsu, Mat 24:11,24 dsj, dll. Yohanes Pembaptis adalah seorang nabi sejati, Mat 11:9 dsj; Mat 14:5; Mat 21:26 dsj; Luk 1:76, tetapi hanya sebagai seorang perintis yang dijiwai semangat Elia, Mat 11:10 dsj, Mat 11:14; Mat 17:12 dsj. Yohanes telah menyangkal bahwa dia itu "sang Nabi", yang dinubuatkan Musa (Ula 18:15), Yoh 1:21+. Kepercayaan Kristen hanya mengakui sang Nabi itu dalam diri Yesus, Kis 3:22-26+; Yoh 6:14; Yoh 7:40. Namun demikian karunia kenabian tersebar luas dalam jemaat Kristen purba sejak Pentakosta, Kis 11:27+. Gelar Yesus sebagai nabi tidak lama kemudian hilang dari jemaat dan diganti beberapa sebutan lain yang lebih tegas mengungkapkan siapa diri Yesus Kristus.

Jerusalem: Mat 16:16 - Anak Allah yang hidup Bahwasanya Petrus (dan murid-murid lain) mengakui Yesus sebagai Mesias, diceritakan juga oleh Markus dan Lukas, tetapi Matius menambah bahwa Petrus ju...

Bahwasanya Petrus (dan murid-murid lain) mengakui Yesus sebagai Mesias, diceritakan juga oleh Markus dan Lukas, tetapi Matius menambah bahwa Petrus juga mengakuiNya sebagai Anak Allah. Bdk Mat 14:33 dibandingkan dengan Mar 6:51 dst. Bdk Mat 4:3+.

Jerusalem: Mat 16:17 - bukan manusia Harafiah: bukan daging dan darah. Ungkapan ini berarti: manusia, tetapi dengan menekankan kejasmanian dan keterbatasannya berlawanan dengan dunia roha...

Harafiah: bukan daging dan darah. Ungkapan ini berarti: manusia, tetapi dengan menekankan kejasmanian dan keterbatasannya berlawanan dengan dunia rohani, Sir 14:18; Rom 7:5+; 1Ko 15:50; Gal 1:16; Efe 6:12; Ibr 2:14; bdk Yoh 1:13.

Jerusalem: Mat 16:18 - Petrus Baik kata Yunani "petros" maupun kata Aram yang searti "kefa" (=padas)rupanya tidak dipakai sebagai nama diri sebelum Yesus menamai kepala para rasul ...

Baik kata Yunani "petros" maupun kata Aram yang searti "kefa" (=padas)rupanya tidak dipakai sebagai nama diri sebelum Yesus menamai kepala para rasul begitu. Nama itu melambangkan peranan Petrus sebagai dasar jemaat. Boleh jadi Yesus sudah merobah nama Petrus sebelum kejadian di Kaisarea Filipi ini, bdk Yoh 1:42; Mar 3:16; Luk 6:14

Jerusalem: Mat 16:18 - jemaatKu kata Aram yang diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani dengan "ekklesia" (jemaat, gereja) kerap kali ditemukan dalam Perjanjian Lama. Artinya ialah: bang...

kata Aram yang diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani dengan "ekklesia" (jemaat, gereja) kerap kali ditemukan dalam Perjanjian Lama. Artinya ialah: bangsa terpilih, khususnya waktu mengembara di padang gurun, bdk Ula 4:10 dll; Kis 7:38. Ada beberapa kelompok orang Yahudi yang menganggap diri sebagai "sisa Israel" (Yes 4:3) di zaman terakhir, misalnya jemaat kaum Eseni di Qumran. Mereka menyebut dirinya juga dengan kata Aram tersebut. Yesus mengambil alih istilah itu untuk menyebut jemaat Mesias. Perjanjian Baru dari jemaat itu akan diikat oleh Yesus dengan menumpahkan darahNya sendiri, Mat 26:28+; Efe 5:25. Dengan memakai istilah itu sejalan dengan ungkapan "Kerajaan Sorga", Mat 4:17+, Yesus mau menekankan bahwa jemaat di zaman terakhir itu sudah mulai di bumi melalui sebuah masyarakat yang tersusun dan yang kepalanya diangkat oleh Yesus sendiri. Bdk Kis 5:11+; 1Ko 1:2+

Jerusalem: Mat 16:18 - alam maut Harafiah: pintu-pintu gerbang Hades. Kata Yunani "Hades" ini menterjemahkan kata Ibrani "syeol", ialah tempat tinggal orang mati, bdk Bil 16:33. "Pint...

Harafiah: pintu-pintu gerbang Hades. Kata Yunani "Hades" ini menterjemahkan kata Ibrani "syeol", ialah tempat tinggal orang mati, bdk Bil 16:33. "Pintu gerbangnya" di sini diperorangkan sebagai lambang kekuasaan si jahat. Setelah ia menyeret manusia ke dalam kematian dosa, lalu memenjarakannya dalam maut kekal. Dengan mengikuti Pendirinya yang "turun ke alam maut", 1Pe 3:19+, lalu dibangkitkan, Kis 2:27,31. Gereja bertugas merenggut orang pilihan dari genggaman maut, baik maut sementara maupun terutama maut kekal, lalu menempatkan mereka dalam Kerajaan Sorga, bdk Kol 1:3; 1Ko 15:26; Wah 6:8; Wah 20:13.

Jerusalem: Mat 16:19 - kunci Kerajaan Sorga Sama seperti Alam Maut, demikianpun dunia Allah ada pintu gerbangnya. Hanya mereka yang layak, diizinkan masuk; bdk Mat 23:13 dsj; Petrus mendapat "ku...

Sama seperti Alam Maut, demikianpun dunia Allah ada pintu gerbangnya. Hanya mereka yang layak, diizinkan masuk; bdk Mat 23:13 dsj; Petrus mendapat "kunci-kuncinya". Maka Petrus bertugas membuka atau menutup pintu gerbang Gereja

Jerusalem: Mat 16:19 - kauikat...kaulepaskan Kedua kata ini merupakan istilah yang dipakai para rabi Yahudi. Pertama-tama istilah itu mengenai tata tertib jemaat: orang dapat dikucilkan sehingga ...

Kedua kata ini merupakan istilah yang dipakai para rabi Yahudi. Pertama-tama istilah itu mengenai tata tertib jemaat: orang dapat dikucilkan sehingga orang "terikat", atau diperbolehkan masuk lagi (dilepaskan dari pengucilan). Tetapi selanjutnya istilah itu juga dipakai sehubungan dengan keputusan di bidang ajaran atau hukum, lalu artinya: melarang (ajaran, tindakan), (mengikat), atau mengizinkannya (melepaskan). Petrus sebagai kepala (kunci merupakan lambang jabatan itu, bdk Yes 22:22) Keluarga Allah, mendapat kekuasaan di bidang tata tertib untuk mengizinkan orang masuk atau mengeluarkannya kalau dianggap baik; iapun membimbing jemaat dengan mengambil keputusan di bidang ajaran dan akhlak. Tindakan dan keputusan semacam itu oleh Allah di Sorga disahkan. Para ahli tafsir katolik berpendapat bahwa janji-janji Yesus kepada Petrus itu juga mengenai para penggantinya. Kesimpulan itu memang tidak langsung dapat diambil dari perkataan Kristus itu, namun kesimpulan itu dapat dibenarkan, oleh karena Yesus dengan mengangkat Petrus jelas bermaksud menjamin masa depan jemaatNya melalui sebuah lembaga, yang tidak dilenyapkan dengan kematian Petrus. Ada dua ayat lain, Luk 22:31 dst; Yoh 21:15 dst., yang menonjolkan bahwa jabatan Petrus sebagai kepala terutama mengenai bidang kepercayaan dan bahwa Petrus tidak hanya kepala jemaat di masa depan saja, tetapi juga kepala rasul-rasul lain.

Ende: Mat 16:13 - -- Wilajah ini letaknja disebelah utara tasik Genesaret. Kota Sesarea Pilipi ialah sebuah kota jang didirikan oleh Herodes Pilipus dan terletak kira-kira...

Wilajah ini letaknja disebelah utara tasik Genesaret. Kota Sesarea Pilipi ialah sebuah kota jang didirikan oleh Herodes Pilipus dan terletak kira-kira 40 km djauhnja dari tasik.

Ende: Mat 16:17 - Daging dan darah pemikiran serba manusiawi.

pemikiran serba manusiawi.

Ende: Mat 16:18 - Engkaulah Petrus Jesus memakai bahasa Aramea dan sebenarnja menjebutnja Kefa artinja bukit batu (tjadas). Sebab itu Jesus sebenarnja bersabda: Engkau bukit batu, dan d...

Jesus memakai bahasa Aramea dan sebenarnja menjebutnja Kefa artinja bukit batu (tjadas). Sebab itu Jesus sebenarnja bersabda: Engkau bukit batu, dan diatas bukit batu ini Aku akan mendirikan geredjaKu. Terdjemahan "Kefa" dalam bahasa Junani ialah "Petros", dalam bahasa Latin mendjadi Petrus. Bdl. Yoh 1:42. Paulus gemar menggunakan nama Aramea dalam bentuk Junani "Kefas". Demikian dalam Gal 1:18; 2:9; 2:14; 1Ko 3:22 dan1Ko 9:5.

Ende: Mat 16:18 - GeredjaKu Istilah "geredja", dalam bahasa Junani "ekklesia" digunakan oleh Septuaginta untuk umat Israel, sebagai umat pilihan Allah. "GeredjaKu" adalah Keradja...

Istilah "geredja", dalam bahasa Junani "ekklesia" digunakan oleh Septuaginta untuk umat Israel, sebagai umat pilihan Allah. "GeredjaKu" adalah Keradjaan Allah jang didirikan oleh Jesus sebagai Mesias, mendjadi umat Allah jang baru.

Ende: Mat 16:18 - Gapura (pintu gerbang) keradjaan maut Aslinja gapura "hades". Hades itu dibajangkan orang Junani dan Romawi sebagai tempat tinggal orang-orang mati, letaknja dipusat bumi atau dibawah bumi...

Aslinja gapura "hades". Hades itu dibajangkan orang Junani dan Romawi sebagai tempat tinggal orang-orang mati, letaknja dipusat bumi atau dibawah bumi. Radjanja ialah maut. Dalam bahasa kiasan orang Jahudi "gapura" melambangkan kekuatan suatu keradjaan. Djadi maksud Jesus disini: maut jang sifatnja membinasakan segala kehidupan, tidak akan mampu membinasakan Geredja Kristus ialah Keradjaan Allah baru.

Ada pula jang menterdjemahkan "gapura (pintu gerbang) naraka", dan menafsirkanja sebagai kekuatan keradjaan setan,

Ende: Mat 16:19 - Kuntji Menjerahkan kuntji-kuntji melambangkan menjerahkan kekuasaan penuh kepada seorang wakil.

Menjerahkan kuntji-kuntji melambangkan menjerahkan kekuasaan penuh kepada seorang wakil.

Ende: Mat 16:19 - Mengikat "melepaskan". Istilah-istilah asli dalam bahasa ketatanegaraan dan kehakiman berarti: mewadjibkan atau melarang orang dan melepaskan mereka dari ikata...

"melepaskan". Istilah-istilah asli dalam bahasa ketatanegaraan dan kehakiman berarti: mewadjibkan atau melarang orang dan melepaskan mereka dari ikatan-ikatan itu pula, mendjatuhkan hukuman atas seseorang, dan membebaskannja dari hukuman itu pula, dengan membenarkannja atau memberi ampun, dan djuga berarti menetapkan undang-undang dan membatalkannja.

Ref. Silang FULL: Mat 16:14 - Yohanes Pembaptis // para nabi · Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; Mat 3:1 · para nabi: Mr 6:15; Yoh 1:21

· Yohanes Pembaptis: Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

· para nabi: Mr 6:15; Yoh 1:21

Ref. Silang FULL: Mat 16:16 - Anak Allah · Anak Allah: Mat 4:3; Mat 4:3; Mazm 42:3; Yer 10:10; Kis 14:15; 2Kor 6:16; 1Tes 1:9; 1Tim 3:15; Ibr 10:31; 12:22

Ref. Silang FULL: Mat 16:17 - bukan manusia // di sorga · bukan manusia: 1Kor 15:50; Ef 6:12; Ibr 2:14 · di sorga: Mat 13:11; Mat 13:11

· bukan manusia: 1Kor 15:50; Ef 6:12; Ibr 2:14

· di sorga: Mat 13:11; [Lihat FULL. Mat 13:11]

Ref. Silang FULL: Mat 16:18 - adalah Petrus // mendirikan jemaat-Ku · adalah Petrus: Yoh 1:42 · mendirikan jemaat-Ku: Ef 2:20; Ef 2:20

· adalah Petrus: Yoh 1:42

· mendirikan jemaat-Ku: Ef 2:20; [Lihat FULL. Ef 2:20]

Ref. Silang FULL: Mat 16:19 - Kuberikan kunci // di sorga · Kuberikan kunci: Yes 22:22; Wahy 3:7 · di sorga: Mat 18:18; Yoh 20:23

· Kuberikan kunci: Yes 22:22; Wahy 3:7

· di sorga: Mat 18:18; Yoh 20:23

Ref. Silang FULL: Mat 16:20 - kepada siapapun · kepada siapapun: Mr 8:30; Mr 8:30

· kepada siapapun: Mr 8:30; [Lihat FULL. Mr 8:30]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mat 4:12--25:46 - -- III. Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46) Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan...

III. Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46)

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1). Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1). Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4). Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Wycliffe: Mat 16:5--17:23 - -- 15) Kepergian Yesus ke Wilayah Kaisarea, Filipi (16:5-17:23). Penyingkiran yang keempat ini kembali membawa Yesus ke lingkungan bukan Yahudi, menjauh...

15) Kepergian Yesus ke Wilayah Kaisarea, Filipi (16:5-17:23).

Penyingkiran yang keempat ini kembali membawa Yesus ke lingkungan bukan Yahudi, menjauh dari ketegangan karena perlawanan terus-menerus (bdg. Betsaida Yulias, 14:13; Fenisia, 15:21; Dekapolis, 15:29, Mrk. 7:31). Dalam periode ini, yang mungkin selama beberapa bulan, terjadilah pengakuan penting oleh Petrus, pemberitaan terinci Kristus tentang penderitaan-Nya yang akan datang, dan Pemuliaan diri-Nya.

Wycliffe: Mat 16:13-20 - -- 13-20. Pengakuan Petrus.

13-20. Pengakuan Petrus.

Wycliffe: Mat 16:13 - Di daerah Kaisarea Filipi // Kaisarea Filipi 13. Di daerah Kaisarea Filipi. Desa-desa yang terpencil (Mrk. 8:27). Tidak dikatakan bahwa Yesus masuk ke dalam kota. Kaisarea Filipi. Sekitar dua pul...

13. Di daerah Kaisarea Filipi. Desa-desa yang terpencil (Mrk. 8:27). Tidak dikatakan bahwa Yesus masuk ke dalam kota. Kaisarea Filipi. Sekitar dua puluh lima mil di sebelah utara Danau Galilea.

Wycliffe: Mat 16:14 - Yohanes Pembaptis // Elia // Yeremia 14. Keragaman pandangan orang tentang Yesus menunjukkan bahwa sekalipun banyak di antara mereka mengaitkan Dia dengan nubuat mengenai Mesias, tidak ad...

14. Keragaman pandangan orang tentang Yesus menunjukkan bahwa sekalipun banyak di antara mereka mengaitkan Dia dengan nubuat mengenai Mesias, tidak ada yang memahami Dia dengan tepat. Yohanes Pembaptis adalah pendahulu yang dinubuatkan (3:1-3; 14:1, 2). Elia dinubuatkan akan datang mendahului "hari Tuhan" (Mal. 4:5, 6). Yeremia diharapkan oleh beberapa kalangan untuk muncul dan memuliakan Tabut Perjanjian yang diperkirakan telah disembunyikan olehnya (2 Mak. 2:1-8).

Wycliffe: Mat 16:15-16 - Engkau adalah Mesias Anak Allah yang hidup // Anak Allah. 17 // manusia; // berbahagia 15, 16. Setelah membuat Dua Belas Murid itu membuang pengertian yang salah, Yesus menanyakan pandangan pribadi mereka. Engkau adalah Mesias Anak Allah...

15, 16. Setelah membuat Dua Belas Murid itu membuang pengertian yang salah, Yesus menanyakan pandangan pribadi mereka. Engkau adalah Mesias Anak Allah yang hidup. Pasti semua setuju, tetapi Petrus tampil untuk memberikan jawaban yang tegas. Pernyataan serupa telah diutarakan sebelumnya, beberapa di antaranya jauh lebih dahulu lagi (Yoh. 1:41, 49), tetapi banyak pendapat yang salah tentang sifat dan tujuan kedatangan Mesias masih harus disingkirkan. Jadi pernyataan Petrus bukan merupakan hasil dari antusiasme yang muncul dengan cepat, melainkan hasil dari perenungan yang cermat dan iman yang mendalam. Pendapat yang populer mengenai seorang pemimpin politik dikalahkan oleh konsep mengenai Mesias sebagai Anak Allah. 17. Pengetahuan rohani semacam itu bukan hasil pikiran manusia sendiri (manusia; bandingkan ungkapan ini dalam Gal. 1:16; Ef. 6:12, Ibr. 2:14), tetapi hasil penyataan ilahi. Kebenaran rohani hanya dapat dipahami oleh orang yang kemampuan rohaninya telah dihidupkan oleh Allah (I Kor. 2:11-14). Ketajaman rohani semacam itulah yang menunjukkan keadaan rohani yang berbahagia yang dimiliki oleh Petrus.

Wycliffe: Mat 16:18 - Di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku // Petrus // batu karang // jemaat, // Alam maut tidak akan menguasainya // gerbang-gerbang neraka // Sheol 18. Di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku. Jelas ada permainan kata antara istilah Petrus (Petros, nama yang umum untuk sebongkah batu...

18. Di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku. Jelas ada permainan kata antara istilah Petrus (Petros, nama yang umum untuk sebongkah batu karang) dan batu karang (Petra, segumpal batu karang). Tubuh rohani, jemaat, yang di sini disebutkan untuk pertama kalinya dalam Alkitab, dibangun berdasarkan fakta yang dinyatakan Tuhan mengenai Kristus yang diakui oleh Petrus (I Kor. 3:11; I Ptr. 2:4) ketika orang dibuat sadar dan mengakui akan pribadi dan karya-Nya (demikian Krisostomus, Agustinus). Pandangan lain yang umum di kalangan Protestan tertentu (Alfrod, Broadus, Vincent) ialah bahwa Petrus (bersama dengan rasul lainnya; Ef. 2:20: Why. 21:14) adalah batu karang itu, tetapi tanpa keunggulan paus sebagaimana diakui oleh gereja Roma Katolik. Alam maut tidak akan menguasainya. Dunia orang mati. Di dalam terjemahan bahasa Inggris alam maut ditulis dengan gerbang-gerbang neraka atau Sheol. Yang dimaksudkan adalah pintu masuk menuju neraka, yang umumnya ialah kematian. Gereja Kristus, yang diresmikan pada hari Pentakosta, tidak akan tunduk pada kematian jasmaniah, sebab kebangkitan Tuhan merupakan jaminan kebangkitan orang percaya. Lebih khusus lagi orang percaya yang meninggal sebelum kebangkitan langsung berada bersama dengan Kristus, tidak menuju neraka (Ef. 4:8; Flp. 1:23; II Kor. 5:8).

Wycliffe: Mat 16:19 - Kunci Kerajaan Surga. Kunci // Kepadamu // kerajaan // yang kau ikat di dunia ini 19. Kunci Kerajaan Surga. Kunci melambangkan kekuasaan untuk membuka. Kepadamu menghubungkan janji ini hanya dengan Petrus pribadi. Yang dimaksudkan i...

19. Kunci Kerajaan Surga. Kunci melambangkan kekuasaan untuk membuka. Kepadamu menghubungkan janji ini hanya dengan Petrus pribadi. Yang dimaksudkan ialah pilihan Petrus, sebagai yang pertama di antara sesama. untuk secara resmi membuka kerajaan itu (sejak hari Pentakosta, termasuk seluruh pengakuan iman Kristen; (bdg. 3:52) bagi orang Yahudi (Kis. 2:14 dst.) dan orang bukan Yahudi (Kis. 10:1-11:18; 15:7, 14). Sekalipun demikian, beberapa orang menafsirkan bagian ini secara eskatologis, sebagai berlaku untuk pemerintahan atas bumi oleh orang-orang kudus pada zaman Kerajaan Seribu Tahun (A. J. Mclain, The Greatness of the Kingdom, hlm. 329 dan hlm. berikutnya). Apa yang kau ikat di dunia ini. Bagian tanggung jawab ini kemudian diberikan kepada semua murid (18:18). yang akhirnya memperoleh kuasa untuk melaksanakan tugas itu (Yoh. 20:22, 23). Apabila Yohanes 20:23 menjelaskan tentang mengikat dan melepaskan, yaitu berarti mengampuni dan mempertahankan dosa. maka Kisah Para Rasul 10:43 merupakan contoh pelaksanaannya. Melalui pemberitaan Injil, diberitakan pula bahwa dengan menerima Injil akan ada kelepasan dari kesalahan dan hukuman karena dosa, sedangkan menolak Injil membuat orang berdosa terikat untuk dihukum.

Wycliffe: Mat 16:20 - Jangan memberitahukan kepada siapa pun bahwa Ia Mesias 20. Jangan memberitahukan kepada siapa pun bahwa Ia Mesias. Sampai sejauh itu masyarakat hanya tertarik secara politis terhadap pernyataan semacam itu

20. Jangan memberitahukan kepada siapa pun bahwa Ia Mesias. Sampai sejauh itu masyarakat hanya tertarik secara politis terhadap pernyataan semacam itu

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mat 16:13-20 - Percakapan Kristus dengan Murid-murid-Nya Percakapan Kristus dengan Murid-murid-Nya (16:13-20) Di sini diceritakan tentang percakapan pribadi Kristus dengan murid-murid-Nya perihal diri-Nya...

SH: Mat 16:13-28 - Iman: kata dan perbuatan. (Jumat, 11 Februari 2005) Iman: kata dan perbuatan. Pengakuan iman yang benar bersumber dari Allah. Akan tetapi, pengakuan iman saja tidak cukup. Pengakuan iman itu h...

SH: Mat 16:13-20 - Arti sebuah pengakuan. (Kamis, 15 Februari 2001) Arti sebuah pengakuan. Seorang ayah bertanya kepada anaknya yang masih berusia tujuh tahun: "Kata orang, siapakah ayah?" Setelah berpikir sejenak, an...

SH: Mat 16:13-28 - Antara pendapat dan sikap. (Minggu, 15 Maret 1998) Antara pendapat dan sikap. Selama perjalanan pelayanan yang Yesus lakukan, pasti muncul dan berkembang berbagai pendapat dan sikap tentang diri dan aj...

Topik Teologia: Mat 16:13 - -- Yesus Kristus Yesus Menyebut Diri-Nya Seorang Manusia Mat 8:20 Mat 16:13 Mat 16:27-28 Mat 25:31 Mat 26:64-67 Yoh 8:40 A...

Topik Teologia: Mat 16:16 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Hidup Yos 3:10 1Sa 17:26 Maz 84:3 Yes 37:4 Yes 37:17 Yer 10:10 Dan ...

Topik Teologia: Mat 16:17 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Tempat Kediaman Allah Allah Berdiam di Surga Ula 4:36 Ula 4:39 Ula 26:15 1Sa 2:10...

Topik Teologia: Mat 16:18 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Gereja Mat 16:18 Luk 2:28-33 Kis ...

Topik Teologia: Mat 16:19 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Beriman kepada Allah Percaya kepada Allah dan Percayailah Dia Teladan karena Iman ...

Topik Teologia: Mat 16:20 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Kristus Mat 1:16 Mat 16:20 Mar 14:61 Luk 2:11 Luk 9:20 Luk 23:2 Luk 23:35,39 Yoh 1:41...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Matius (Pendahuluan Kitab) Penulis : Matius Tema : Yesus, Raja Mesianis Tanggal Penulisan: Tahun 60-an TM Latar Belakang Injil ini dengan tepat sekali di...

Full Life: Matius (Garis Besar) Garis Besar I. Memperkenalkan Mesias (Mat 1:1-4:11) A. Silsilah Yahudi Yesus (Mat 1:1-17) B....

Matthew Henry: Matius (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita terdapat, I. Perjanjian (wasiat) Baru Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita; demikian yang diberikan pada bagian kedua dari...

Jerusalem: Matius (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Ende: Matius (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MATEUS KATA PENGANTAR Tentang pengarang Indjil ini Karangan Indjil ini sedjak semula terkenal sebagai jang pertama, dan ...

Wycliffe: Matius (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MATIUS Penulis. Banyak sekali kesaksian sejarah awal yang menganggap Injil ini ditulis oleh Matius, sang pemungut cukai, yang juga disebu...

Wycliffe: Matius (Garis Besar) GARIS BESAR MATIUS I. Kelahiran dan Masa Kecil Yesus Kristus 1:1-2:23 A. Silsilah Kristus 1:1-17 B. Kelahiran Kristus...

BIS: Matius (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS PENGANTAR Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS

PENGANTAR

Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan oleh Allah. Melalui Yesus itulah Allah menepati apa yang telah dijanjikan-Nya di dalam Perjanjian Lama kepada umat-Nya. Sekalipun Yesus lahir dari orang Yahudi dan hidup sebagai orang Yahudi, namun Kabar Baik itu bukanlah hanya untuk bangsa Yahudi saja melainkan untuk seluruh dunia.

Buku Matius ini disusun secara teratur; mulai dengan kelahiran Yesus, kemudian mengenai baptisan dan godaan yang dialami-Nya, lalu mengenai karya-Nya di Galilea. Di situ Ia berkhotbah, mengajar dan menyembuhkan orang. Setelah itu buku ini mengisahkan perjalanan Yesus dari Galilea ke Yerusalem, dan apa yang terjadi dengan Yesus dalam minggu terakhir hidup-Nya di dunia ini yang memuncak pada kematian dan kebangkitan-Nya.

Salah satu hal yang dititikberatkan oleh Matius ialah bahwa Yesus adalah Guru yang besar, yang mengajar bahwa Allah memerintah sebagai Raja. Yesus juga mempunyai wibawa untuk menjelaskan arti dari Hukum Allah. Kebanyakan dari ajaran-ajaran Yesus itu dikelompokkan menurut pokok-pokoknya. Ada lima kelompok:

  1. (1) Khotbah di Bukit yang menyangkut sikap, kewajiban, hak-hak, dan tujuan hidup para anggota umat Allah (pasal 5-7 Mat 5:1-7:28);
  2. (2) petunjuk-petunjuk kepada kedua belas pengikut Yesus untuk melaksanakan tugas (pasal 10 Mat 10:1-42);
  3. (3) perumpamaan-perumpamaan tentang keadaan waktu Allah memerintah sebagai Raja (pasal 13 Mat 13:1-58);
  4. (4) ajaran mengenai makna menjadi pengikut Yesus (pasal 18 Mat 18:1-35); dan
  5. (5) ajaran tentang akhir zaman dan tentang kedatangan Anak Manusia (pasal 24-25 Mat 24:1-25:46).

Isi

  1.  Daftar asal-usul Yesus Kristus dan kelahiran-Nya
    Mat 1:1-2:23
  2.  Pekerjaan Yohanes Pembaptis
    Mat 3:1-12
  3.  Baptisan dan godaan terhadap Yesus
    Mat 3:13-4:11
  4.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat Galilea
    Mat 4:12-18:35
  5.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mat 19:1-20:34
  6.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mat 21:1-27:66
  7.  Kebangkitan Yesus dan penampakan diri-Nya
    Mat 28:1-20

Ajaran: Matius (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam Kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Matius.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen keturunan Yahudi, (dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus).

Isi Kitab: Injil Matius terdiri dari 28 pasal. Menyatakan bahwa Yesus orang Nazaret sungguhlah Mesias (Juruselamat), Raja yang dijanjikan, sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam Kitab Perjanjian Lama.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Matius

  1. Pasal 1-4 (Mat 1:1-4:1).

    Raja (Juruselamat) yang dinantikan sudah datang

    Bagian ini memaparkan keturunan Yesus, dari Abraham, Ishak, dan Yakub, dengan maksud untuk menunjukkan, bahwa Yesus Kristus adalah Juruselamat (Raja) yang diutus Allah sebagai penggenap nubuat-nubuat dalam Perjanjian Lama.

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 2:1-2, 11-12. Kalau kedatanga Tuhan Yesus disambut dengan persembahan-persembahan, apakah yang tela saudara persembahkan kepada-Nya?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 4:1-11. Berapa lamakah Tuhan Yesus berpuasa? Tuhan Yesus dicobai. Siapakah yang menang dalam pencobaan ini? Tuhan Yesus menang dalam pencobaan. Itu berart Tuhan Yesus sanggup menolong saudara dalam pencobaan kalau saudara menerima Dia sebagai Raja dalam hidup.
  2. Pasal 4-25 (Mat 4:12-25:46).

    Raja (Juruselamat) itu memberikan ajaran-ajaran

    Bagian ini berisikan ajaran-ajaran dasar yang menjadi ciri hidup kerajaan-Nya. Dan juga Yesus menunjukkan kuasa-Nya atas alam semesta, atas penyakit-penyakit melalui mujizat-mujizat yang dilakukan-Nya.

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 5:1-12. Siapakah yang memiliki kebahagiaan?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 7:24. Apakah yang menjadi dasar kehidupan yang kuat bag setiap pengikut Yesus?
    3. Buka dan bacalah pasal Mat 11:25-30. Apakah yang akan saudara dapati, kalau mau datang pada Yesu Sang Raja?
    4. Buka dan bacalah pasal Mat 16:24. Apakah yang menjadi syarat bagi pengikut Yesus?
    5. Buka dan bacalah pasal Mat 24:24-25. Tuhan Yesus menyatakan, bahwa setelah Ia kembali ke sorga, akan datan Juruselamat yang palsu, karena hanya Yesuslah Juruselamat yang asli. Saudara mau yang mana, yang asli atau yang palsu?
  3. Pasal 26-27 (Mat 26:1-27:66).

    Raja (Juruselamat) mengorbankan dirinya untuk keselamatan umat-Nya

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 26:26-28. Bagian ini menjelaskan, sebelum Raja itu mengorbankan diri-Nya, I terlebih dahulu mengajak murid-murid-Nya untuk mengadakan perjamua suci. Hal ini merupakan lambang daripada pengorbanan-Nya di kay salib. Dan Ia mengamanatkan agar perjamuan yang serupa dilakukan ole murid-murid-Nya, setelah kenaikan-Nya kesorga. Perjamuan ini disebu Perjamuan Kudus. Ini berarti setiap orang yang percaya pada Yesus harus mengikuti upacara Perjamuan Kudus tersebut. _Tanyakan_: Apakah arti Perjamuan Kudus?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 27:54. Apakah pengakuan dari komandan prajurit Roma tentang Yesus? Bagaimanakah pendapat saudara, siapakah Yesus?
  4. Pasal 28 (Mat 28:1-20).

    Raja (Juruselamat) itu memperlihatkan kemenangannya atas segala kuasa di dunia dan di sorga

    Bagian ini menjelaskan, bagaimana Raja yang mengorbankan diri-Nya itu berkuasa atas segala kuasa kematian karena Dialah yang mempunyai segala kuasa baik di sorga maupun di dunia.

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 28:1-10. Bagian ini menjelaskan bahwa Yesus bangkit persis seperti apa yan telah Ia katakan tentang diri-Nya. Siapakah yang menggulingkan bat penutup kuburan, dan memberitakan tentang kebangkitan Yesus? Jad berita kebangkitan Yesus, diterima pertama kali dari manusia atau dar malaikat Allah? Kalau begitu siapakah yang lebih saudara percayai?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 28:11-15. Berita bohong tentang Yesus tidak bangkit dari kematian itu, dibua oleh manusia. Jadi siapa yang percaya kepada berita itu, berart percaya kepada berita bohong dari manusia dan menjadi pengiku pembohong.
    3. Buka dan bacalah pasal Mat 28:16-20. Menurut ayat 18 (Mat 28:18) apakah yang diberikan kepada Yesus? Menurut ayat 19 (Mat 28:19) Raja yang naik ke sorga memberikan Amanat Agung aga murid-murid-Nya pergi ke seluruh dunia, untuk menjadika semua bangsa murid-murid-Nya. Amanat Agung ini berlak untuk semua orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Apakah saudara sudah pernah bersaksi tentang Yesus Kristu kepada orang lain? Pada ayat 20, (Mat 28:20) janji apakah yang diberikan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Matius, jelaslah bahwa Yesus Kristus adalah Raja yang kekal, Juruselamat dan Penebus dosa yang dijanjikan dalam Perjanjian Lama. Yesus Kristus adalah Raja dari segala raja, karena Dialah yang mempunyai segala kuasa, baik di sorga maupun di atas bumi.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Injil Matius?
  2. Apakah isi singkat Injil Matius?
  3. Bagaimanakah Yesus membuktikan, bahwa Ia adalah raja da Juruselamat yang dijanjikan dalam Perjanjian Lama?

Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) MENGAPA INJIL INI DITULIS.Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:1. Untuk menunjukkan hubungan antara Yesus dengan P

MENGAPA INJIL INI DITULIS.
Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:
1. Untuk menunjukkan hubungan antara Yesus dengan Perjanjian Lama.
2. Untuk mencatat ajaran Kristus yang diberikan secara luas pada para murid-Nya.
3. Untuk menjelaskan sikap apa yang diharapkan Kristus dari murid-murid-Nya.
4. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh sejumlah anggota gereja, misalnya mengenai kehidupan masa muda Yesus dan kedatangan-Nya kembali.
5. Untuk menjelaskan tentang cara mengelola Gereja.

PENULISNYA.
Tidak ada pernyataan dalam Injil ini bahwa Matiuslah penulisnya, tetapi tradisi mula-mula menegaskan demikian. Sedikit saja yang kita ketahui tentang Matius, karena ia hanya disebut dalam Mat 9:9 dan Mat 10:3, yaitu bahwa ia seorang pemungut cukai yang dipanggil secara pribadi oleh Yesus. Namanya berarti "anugerah dari Tuhan". Dalam Injil lain ia dipanggil Lewi (Mar 2:14).

PEMBACA INJIL MATIUS.
Hal-hal yang diperhatikan dalam Injil Matius memberi petunjuk bahwa sebagian besar pembacanya adalah orang Yahudi. Sebagian besar dari mereka mungkin sudah menjadi Kristen, tetapi Matius boleh jadi menulis Injil ini untuk meyakinkan orang Yahudi lainnya bahwa Yesus adalah Mesias yang sudah lama dinanti-nantikan oleh bangsa Yahudi.

Namun demikian, ia sama sekali tidak mengabaikan orang-orang bukan Yahudi dan mungkin juga ia menulis dengan tujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan mereka tentang kepercayaan mereka yang bersumber dari kepercayaan Yahudi.

KAPAN INJIL INI DITULIS?
Kita tidak dapat memastikan kapan Injil Matius ditulis. Mungkin Injil ini ditulis setelah Markus menulis Injilnya, karena isinya mirip dengan Injil Markus. Tetapi, Injil ini juga bukan yang terakhir, karena masalah-masalah sehubungan dengan orang-orang Kristen Yahudi yang diperhatikannya berangsur berkurang. Diperkirakan waktunya adalah antara tahun 50 dan 90.

CIRI-CIRI KHUSUS.
1. Injil Matius sangat teratur. Bagian-bagian tentang ajaran Yesus disisipkan di antara penjelasan-penjelasan tentang kegiatan-kegiatan-Nya.
2. Karena ingin menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias Yahudi, ia sering mengutip dari Perjanjian Lama. Ada 65 ayat dalam Matius yang mengacu ke Perjanjian Lama.
3. Matius bicara tentang Kerajaan Surga (33 kali) cocok dengan latar belakangnya sebagai orang Yahudi, sementara Injil-Injil lain bicara tentang Kerajaan Allah.
4. Dari keempat Injil, hanya Matius sendiri yang berbicara mengenai gereja. Ia menulis sebagai seorang gembala yang menangani berbagai masalah dan pertanyaan.

Pesan

1. Yesus adalah Mesias.
o Dia berasal dari keturunan Yahudi Mat 1:1-17
o Dia menggenapi nubuatan Perjanjian Lama, misalnya Mat 1:23; 2:6, 18, 23; 4:15, 16 dll.
o Dia datang untuk menyelamatkan manusia dari dosa. Mat 1:21
o Dia pertama-tama datang kepada bangsa Israel. Mat 15:24
o Dia melukiskan sikap-Nya terhadap Perjanjian Lama. Mat 5:17-48
o Dia menantang pemimpin-pemimpin agama yang menyesatkan umat Allah. Mat 16:5-12; 23:1-36.
o Dia kelak akan bertindak sebagai hakim. Mat 25:31-46

2. Yesus berbicara mengenai suatu kerajaan.
o Dia menjelaskan apa sebenarnya Kerajaan Allah itu: bukan suatu tempat, tetapi
Allah secara aktif memerintah dunia ini. Mat 9:35
o Dia sendiri adalah Raja. Mat 2:2, 16:28
o Dia memberitahukan persyaratan revolusioner untuk dapat masuk ke dalamnya.
Mat 5:3,10,20; 7:21; 19:14,23,24
o Kerajaan-Nya sudah hadir saat ini. Mat 12:28
o Kerajaan-Nya yang sempurna masih akan datang. Mat 16:28
o Pertumbuhan Kerajaan-Nya itu pasti, walaupun tersembunyi. Mat 3:1-23
o Kerajaan Allah layak mendapat prioritas utama manusia. Mat 6:33; 13:44-46

3. Yesus menggarisbawahi hukum Taurat.
o Dia memperkuat hukum Taurat. Mat 5:17-48
o Dia merangkum hukum Taurat. Mat 22:37-40
o Dia menafsirkan hukum Taurat. Mat 23:23

4. Yesus mengutus gereja-Nya.
o Menjadi suatu masyarakat yang bermoral tinggi. Mat 5:20
o Menjadi suatu masyarakat yang berdisiplin. Mat 18:15-18
o Menjadi suatu masyarakat yang bersedia mengampuni. Mat 18:21-22
o Menjadi suatu masyarakat yang berdoa. Mat 18:19-20
o Menjadi suatu masyarakat yang bersaksi. Mat 28:19-20

Penerapan

Berita dalam Injil Matius dapat diterapkan pada dua golongan kelompok utama:

1. Kepada orang yang belum percaya.
o Orang Yahudi yang belum percaya: Injil ini menunjukkan bahwa Yesus adalah
Mesias yang telah lama mereka nantikan. Kedatangan-Nya sudah dipersiapkan
dengan saksama di sepanjang sejarah dan kini keselamatan tersedia melalui Dia.
o Bangsa bukan Yahudi yang belum percaya: pembebasan dari dosa dan segala
akibatnya juga berlaku bagi orang bukan Yahudi.

Yesus adalah Juruselamat seluruh umat manusia. Dia menyambut siapa saja yang
menyatakan iman mereka kepada-Nya.

2. Kepada orang-orang Kristen.
o Injil ini akan memperlengkapi Anda dengan ajaran dasar yang penting mengenai
kehidupan dan ucapan-ucapan Yesus.
o Injil ini akan menunjukkan kepada Anda nilai Perjanjian Lama.
o Injil ini akan menunjukkan perlunya hidup sesuai dengan hukum yang baru dan
mencapai standar moral yang tinggi.
o Injil ini juga akan memperlihatkan kepada Anda bagaimana harus hidup dengan
sesama Kristen.
o Injil ini akan mendorong Anda untuk ikut ambil bagian dalam tugas misi ke
seluruh dunia.
o Injil ini akan membangkitkan pengharapan Anda akan kedatangan Yesus kembali.

Tema-tema Kunci

Matius menekankan beberapa tema tertentu. Selidikilah berulang kali catatan-catatan berikut ini dan pakailah konkordansi agar mendapatkan referensi lain yang terkait untuk mempelajari secara lebih mendalam.

1. Allah adalah Bapa surgawi kita. Inilah sebutan bagi Allah yang paling disenangi oleh Matius: Mat 5:16,45,48; 6:1,9; 7:11,21; 10:32,33; 12:50; 16:17; 18:10,14,19.

2. Berbagai gambaran mengenai Yesus. Yesus disebut Anak Daud (Mat 1:1), Juruselamat (Mat 1:21), Raja Orang Yahudi (Mat 2:2), Orang Nazaret (Mat 2:23). Sebutan apalagi bagi Yesus yang dapat Anda temukan? 3. Kutipan-kutipan dari Perjanjian Lama. Matius sering mengatakan 'haI itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi' (Mat 2:15) atau kalimat-kalimat serupa. Carilah referensi lain dan periksalah apa yang mereka ajarkan tentang Yesus.

4. Ajaran Yesus. Lima kali Matius mengatakan 'setelah Yesus mengakhiri perkataan ini' (Mat 7:28; 11:1; 13:53; 19:1; 26:1). Setiap pernyataan itu ditulis pada akhir sekumpulan ajaran Yesus. Buatlah ringkasan dari tiap-tiap 'khotbah' itu. 5. Perumpamaan-perumpamaan Yesus. Yesus mengajar murid-murid-Nya dengan memakai perumpamaan. Tetapi ingatlah, tidak semua orang dapat mengerti makna perumpamaan-perumpamaan itu (Mat 13:10-17). Beberapa perumpamaan terdapat dalam: Mat 7:24-27; 13:3-52; 18:23-35; 20:1-16; 22:1- 14; 25:1-30. Buatlah ringkasan mengenai apa yang diajarkan dalam perumpamaan-perumpamaan di atas dan dalam perumpamaan lain.

6. Mukjizat-mukjizat yang dilakukan Yesus. Matius mencatat banyak mukjizat kesembuhan dan mukjizat-mukjizat lain yang dibuat oleh Yesus untuk menunjukkan bahwa Dia adalah Tuhan atas ciptaan. Dua puluh mukjizat dicatat dalam Injil ini: Mat 8:1-17,23-34; 9:1-8, 18-33; 12:10-13,22; 14:15-33; 15:21-39; 17:14-21; 20:29-34; 21 :18-22. Daftarkanlah semua mukjizat itu dan tulislah dalam satu kalimat tentang apa yang dinyatakan mengenai Yesus dalam tiap-tiap mukjizat.

7. Kerajaan Surga Ungkapan ini menyarikan inti yang penting dalam ajaran Yesus. Pakailah konkordansi untuk mengetahui di mana Yesus mengatakannya dan bayangkan apa yang sebenarnya ingin dikatakan oleh Yesus tentang Kerajaan Surga ini.

Garis Besar Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) [1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25 Mat 1:1-17Silsilah keluarga Yesus Mat 1:18-25Kelahiran Yesus Mat 2:1-23Kunjungan orang Majus Mat 3:1-17Pela

[1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25

Mat 1:1-17Silsilah keluarga Yesus
Mat 1:18-25Kelahiran Yesus
Mat 2:1-23Kunjungan orang Majus
Mat 3:1-17Pelayanan Yohanes Pembaptis
Mat 4:1-11Pencobaan terhadap Yesus
Mat 4:12-25Yesus mulai berkhotbah

[2] KHOTBAH DI BUKIT Mat 5:1-7:29

Mat 5:1-12Ucapan bahagia
Mat 5:13-16Garam dan terang
Mat 5:17-48Sikap Yesus terhadap hukum Taurat
Mat 6:1-7:29Yesus mendorong kehidupan agama yang benar

[3] KHOTBAH TENTANG KERAJAAN SURGA Mat 8:1-9:38

Mat 8:1-17Yesus berkhotbah melalui penyembuhan
Mat 8:18-22Yesus berbicara tentang kemuridan
Mat 8:23-9:8Yesus memperlihatkan kuasa-Nya
Mat 9:9-13Yesus memanggil Matius
Mat 9:14-17Yesus berbicara tentang puasa
Mat 9:18-38Yesus menyembuhkan lagi

[4] MISI DARI DUA BELAS RASUL Mat 10:1-42

Mat 10:1-15Tugas mereka
Mat 10:16-42Masa depan mereka

[5] TANGGAPAN ORANG BANYAK Mat 11:1-12:50

Mat 11:1-19Pertanyaan-pertanyaan Yohanes
Mat 11:20-30Ketidakacuhan orang banyak
Mat 12:1-50Pertentangan dari orang Farisi

[6] PERUMPAMAAN-PERUMPAMAAN TENTANG KERAJAAN SURGA Mat 13:1-58

[7] PENYATAAN TUHAN YESUS Mat 14:1-17:27

Mat 14:1-12Kematian Yohanes Pembaptis
Mat 14:13-36Tuhan atas semesta alam
Mat 15:1-20Sikap Yesus terhadap tradisi
Mat 15:21-16:4Mukjizat dibuat dan dijelaskan
Mat 16:5-12Peringatan terhadap para pemimpin agama
Mat 16:13-28Pengakuan Petrus
Mat 17:1-13Yesus dimuliakan
Mat 17:14-27Kembali ke dunia yang berdosa

[8] GAYA HIDUP GEREJA Mat 18:1-35

[9] JALAN MENUJU SALIB Mat 19:1-20:34

Mat 19:1-12Ajaran yang Yesus berikan
Mat 19:13-30Orang yang Yesus temui
Mat 20:1-16Perumpamaan yang Yesus ceritakan
Mat 20:17-28Penderitaan yang Yesus nubuatkan
Mat 20:29-34Penyembuhan yang Yesus lakukan

[10] SAAT DI YERUSALEM Mat 21:1-23:39

Mat 21:1-11Masuk kota dengan penuh kemenangan
Mat 21:12-27Di Bait Allah
Mat 21:28-22:46Perumpamaan dan pertanyaan
Mat 23:1-39Kecaman Yesus

[11] KEADAAN MASA DEPAN Mat 24:1-25:46

[12] PUNCAK MISI KRISTUS Mat 26:1-28:20

Mat 26:1-35Peristiwa-peristiwa sebelum Getsemani
Mat 26:36-27:31Penangkapan dan penghakiman atas Kristus
Mat 27:32-66Penyaliban
Mat 28:1-20Kebangkitan dan sesudah itu
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #22: Untuk membuka tautan pada Boks Temuan di jendela baru, gunakan klik kanan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.24 detik
dipersembahkan oleh YLSA