kecilkan semua  

Teks -- Lukas 2:1-10 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kelahiran Yesus
2:1 Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia. 2:2 Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria. 2:3 Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri. 2:4 Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, -- karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud -- 2:5 supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung. 2:6 Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, 2:7 dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan.
Gembala-gembala
2:8 Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. 2:9 Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan. 2:10 Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Agustus the Roman emperor named Caesar Augustus who was ruling when Christ was born,an honorary title used for Roman emperors
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Betlehem a town located in either Moab or Judah
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Kaisar a title held by Roman emperors
 · Kirenius the governor of Syria at the time of Jesus' birth
 · Maria mother of Jesus and wife of Joseph,a woman from Magdala in Galilee,the mother of James and Joses,the wife of Cleophas,the sister of Lazarus and Martha in Bethany,the mother of John Mark who was a nephew of Barnabas,a Christian woman in Rome who helped Paul
 · Nazaret a town in lower Galilee about halfway between the Sea of Galilee and the Mediterranean Sea
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Aram members of the nation of Syria
 · perempuan Aram members of the nation of Syria
 · seorang Aram members of the nation of Syria
 · Siria the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah
 · Yusuf the husband of Mary and foster-father of Jesus,a Jewish man from Arimathea in whose grave the body of Jesus was laid,two different men listed as ancestors of Jesus,a man nominated with Matthias to take the place of Judas Iscariot as apostle,a son of Jacob and Rachel; the father of Ephraim and Manasseh and ruler of Egypt,a brother of Jesus; a son of Mary,a man who was a companion of Paul,son of Jacob and Rachel; patriarch of the tribes of Ephraim and Manasseh,a tribe, actually two tribes named after Joseph's sons, Ephraim and Manasseh,father of Igal, of Issachar, who helped spy out Canaan,son of Asaph the Levite; worship leader under Asaph and King David,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Binnui,priest and head of the house of Shebaniah under High Priest Joiakim in the time of Nehemiah


Topik/Tema Kamus: Maria | Yusuf | Yesus Kristus | Yesus | Upeti, Pajak | Nubuat Tentang Kristus | Pemeliharaan Allah Terhadap | Rendah, Kerendahan Hati Kristus | Malaikat | Cacah Jiwa | Agustus | Kaisar | Palungan | Orang Yang Bepergian Atau Pelancong | Raja, Kerajaan Romawi | Sukacita | Malam | Sifat Atau Keadaan Kemanusiaan Kristus | Siria, Bangsa | Siria | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Luk 2:7 - PALUNGAN. Nas : Luk 2:7 Kristus lahir dalam sebuah kandang, suatu tempat di mana ternak dipelihara. Kandang itu barangkali merupakan sebuah goa dan palungan ...

Nas : Luk 2:7

Kristus lahir dalam sebuah kandang, suatu tempat di mana ternak dipelihara. Kandang itu barangkali merupakan sebuah goa dan palungan itu suatu tempat makanan bagi ternak itu. Kelahiran sang Juruselamat, peristiwa terbesar dalam segenap sejarah, terjadi dalam keadaan yang paling sederhana. Yesus adalah Raja atas segala raja, tetapi Ia tidak dilahirkan atau hidup seperti seorang raja dalam hidup ini. Umat Allah adalah raja dan imam, tetapi di dalam hidup ini kita harus seperti Dia - rendah hati dan sederhana.

Jerusalem: Luk 1:5--2:52 - -- Mulai Luk 1:5 ini sampai bab 3 Lukas (yang barang kali menggunakan di sini sumber-sumber khusus) meniru bahasa Yunani dari Septuaginta yang berbau bah...

Mulai Luk 1:5 ini sampai bab 3 Lukas (yang barang kali menggunakan di sini sumber-sumber khusus) meniru bahasa Yunani dari Septuaginta yang berbau bahasa Semit (Ibrani). Banyak ayat dalam bagian ini mengingatkan Perjanjian Lama yang kerap disinggung. Keseluruhannya memberi kesan ketuaan. Lukas menghidupkan kembali suasana kalangan "orang miskin", bdk Mat 5:3+, di mana tokoh-tokoh yang berperan dalam kisahnya ini hidup. Dari kalangan itupun Lukas mendapat informasinya.

Jerusalem: Luk 1:26--2:40 - -- Cerita-cerita tentang kelahiran dan masa muda Yesus dan Yohanes oleh Lukas disusun begitu rupa sehingga menjadi sejalan (parallel). Kelahiran dan masa...

Cerita-cerita tentang kelahiran dan masa muda Yesus dan Yohanes oleh Lukas disusun begitu rupa sehingga menjadi sejalan (parallel). Kelahiran dan masa muda Yesus disoroti dari segi Maria, sedangkan oleh Matius disoroti dari segi Yusuf.

Jerusalem: Luk 2:1 - Kaisar Agustus Ia menjadi Kaisar Roma dari tahun 30 Seb.Mas. sampai tahun 14 Mas. Nama lengkapnya: Gaius Yulius Caesar Octavianus. Sejak Augustus, gelar "kaisar" dib...

Ia menjadi Kaisar Roma dari tahun 30 Seb.Mas. sampai tahun 14 Mas. Nama lengkapnya: Gaius Yulius Caesar Octavianus. Sejak Augustus, gelar "kaisar" diberi kepada setiap kepala pemerintahan (raja) Roma.

Jerusalem: Luk 2:2 - pendaftaran yang pertama kali Harafiah: pendaftaran pertama. Pernah diusulkan terjemahan lain sebagai berikut: Pendaftaran ini melalui yang diadakan sewaktu Kirenius menjadi menjad...

Harafiah: pendaftaran pertama. Pernah diusulkan terjemahan lain sebagai berikut: Pendaftaran ini melalui yang diadakan sewaktu Kirenius menjadi menjadi wali negeri Siria. Tetapi terjemahan ini sukar dipertahankan ini sukar dipertahankan mengingat tata bahasa Yunani. Keadaan historis sebenarnya sangat kabur dan tidak diketahui dengan baik. Kebanyakan penyelidik menempatkan pendaftaran yang diadakan Kirenius dalam tahun 6 Mas. Tetapi ini hanya berdasarkan keterangan yang disampaikan oleh Yosefus dan tepatnya keterangan ini sangat diragukan, bdkKis 5:37+. Keterangan yang paling dapat diterima adalah: Pendaftaran penduduk (yang diadakan sehubungan dengan pajak yang mau ditarik) yang disebutkan Lukas ini diadakan dalam tahun 8-6 seb. Mas., sebagai bagian pendaftaran yang diadakan di seluruh wilayah kekuasaan Roma; di Palestina pendaftaran itu diurus oleh Kirenius yang secara khusus ditugaskan untuk mengadakannya di situ. Adalah mungkin bahwa Kirenius menjadi wali negeri Siria antara tahun 4-1 seb. Mas. Kalau demikian maka Lukas dengan menyebutkan Kirenius hanya mau memberikan penanggalan secara umum saja. Sudah pasti Yesus lahir sebelum Herodes Agung mati (th. 4 seb, Mas.) jadi sekitar tahun 8-6 seb.tarikh Kristen yang ditentukan oleh Dionisius Exiguus (si Kerdil) dalam abad VI. Hanya Dionisius menghitung sedikit salah; lihat Luk 3:1+.

Jerusalem: Luk 2:7 - anaknya yang sulung Dalam bahasa Yunani yang dipakai Kitab Suci, ungkapan "anak sulung" tidak perlu berarti masih ada anak lain yang menyusul, istilah itu hanya mengemuka...

Dalam bahasa Yunani yang dipakai Kitab Suci, ungkapan "anak sulung" tidak perlu berarti masih ada anak lain yang menyusul, istilah itu hanya mengemukakan bahwa anak pertama (entahlah ada yang lain-lain) mempunyai kedudukan dan hak-hak istimewa

Jerusalem: Luk 2:7 - di rumah penginapan Kata Yunani yang dipakai yang di pakai di sini (Kataluma) agaknya tidak berarti "rumah penginapan umum" (Yunaninya: pandokheion, Luk 10:34), tetapi "r...

Kata Yunani yang dipakai yang di pakai di sini (Kataluma) agaknya tidak berarti "rumah penginapan umum" (Yunaninya: pandokheion, Luk 10:34), tetapi "ruangan bangsal", 1Sa 1:18; 1Sa 9:22; Luk 22:11 dsj, ialah tempat tinggal pamili Yusuf. Kalau Yusuf bertempat tinggal di Betlehem lebih mudah dimengerti mengapa ia kembali ke situ untuk mendaftarkan diri dan membawa isterinya yang hamil. Palungan itu tempat makanan binatang, agaknya tertambat pada dinding rumah yang sederhana itu. Karena rumah terlalu sesak tidak ada tempat lain untuk membaringkan bayi yang baru lahir itu. Legende yang saleh menghias palungan itu dengan dua ekor binatang, bdk Hab 3:2; Yes 1:3.

Ende: Luk 2:1 - Seluruh isi dunia Dengan "dunia" dimaksudkan kekaisaran Roma, jang melingkupi seluruh dunia jang tekenal dewasa itu.

Dengan "dunia" dimaksudkan kekaisaran Roma, jang melingkupi seluruh dunia jang tekenal dewasa itu.

Ende: Luk 2:5 - Tunangannja Sebenarnja Josep sudah "menerima isterinja Maria" (Mat 1:20) dan hidup serumah tangga dengannja, dan sebab itu menurut hukum ia benar suaminja, tetapi...

Sebenarnja Josep sudah "menerima isterinja Maria" (Mat 1:20) dan hidup serumah tangga dengannja, dan sebab itu menurut hukum ia benar suaminja, tetapi Lukas tentu memilih istilah "tunangan" disini untuk menekankan, bahwa Maria tetap perawan.

Ende: Luk 2:7 - Puteranja jang sulung "Jang Sulung" bukan berarti seolah-olah Jesus kemudian beradik. Pada orang Jahudi "jang sulung" adalah gelar kehormatan, jang diberikan kepada tiap-ti...

"Jang Sulung" bukan berarti seolah-olah Jesus kemudian beradik. Pada orang Jahudi "jang sulung" adalah gelar kehormatan, jang diberikan kepada tiap-tiap anak laki-laki jang lahir pertama dan tetap tinggal padanja, biarpun tidak ada adik-adik jang berikut. Ia dihormati dalam hukum, sebab hanja ialah jang harus dipersembahkan kepada Allah dan ia dihormati didalam keluarga setjara istimewa, sebab iapun jang akan menggantikan bapaknja sebagai kepala rumah-tangga.

Ende: Luk 2:10 - Seluruh kaum Itu dalam bahasa Jahudi berarti "kaum terpilih", "kaum Israel". Tetapi disini dalam mulut Malaekat tentu dimaksudkan seluruh umat manusia. Bdl. Ajat L...

Itu dalam bahasa Jahudi berarti "kaum terpilih", "kaum Israel". Tetapi disini dalam mulut Malaekat tentu dimaksudkan seluruh umat manusia. Bdl. Ajat Luk 2:14.

Ref. Silang FULL: Luk 2:1 - Kaisar Agustus // seluruh dunia · Kaisar Agustus: Luk 3:1; Mat 22:17 · seluruh dunia: Mat 24:14; Mat 24:14

· Kaisar Agustus: Luk 3:1; Mat 22:17

· seluruh dunia: Mat 24:14; [Lihat FULL. Mat 24:14]

Ref. Silang FULL: Luk 2:2 - di Siria · di Siria: Mat 4:24; Kis 15:23,41; 21:3; Gal 1:21

Ref. Silang FULL: Luk 2:4 - bernama Betlehem · bernama Betlehem: Yoh 7:42; Yoh 7:42

· bernama Betlehem: Yoh 7:42; [Lihat FULL. Yoh 7:42]

Ref. Silang FULL: Luk 2:5 - Maria, tunangannya · Maria, tunangannya: Luk 1:27

· Maria, tunangannya: Luk 1:27

Ref. Silang FULL: Luk 2:9 - seorang malaikat · seorang malaikat: Kis 5:19; Kis 5:19

· seorang malaikat: Kis 5:19; [Lihat FULL. Kis 5:19]

Ref. Silang FULL: Luk 2:10 - Jangan takut · Jangan takut: Mat 14:27; Mat 14:27

· Jangan takut: Mat 14:27; [Lihat FULL. Mat 14:27]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Luk 1:5--2:52 - -- II. Pemberitaan Tentang Juruselamat (1:5-2:52) Dua pasal pertama Injil ini berkaitan dengan berbagai keadaan di sekitar kelahiran Yesus menunjukkan d...

II. Pemberitaan Tentang Juruselamat (1:5-2:52)

Dua pasal pertama Injil ini berkaitan dengan berbagai keadaan di sekitar kelahiran Yesus menunjukkan dengan jelas bahwa kedatangan Juruselamat merupakan intervensi langsung Allah di dalam masalah manusia.

Wycliffe: Luk 2:1 - Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah // Perintah // Kaisar Agustus // Di seluruh dunia // Mendaftarkan 1. Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah. Lukas merupakan satu-satunya penulis Injil yang menyesuaikan bahannya dengan masa pemerintahan seorang ...

1. Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah. Lukas merupakan satu-satunya penulis Injil yang menyesuaikan bahannya dengan masa pemerintahan seorang raja (lihat juga 3:1). Perintah (Yunani dogma). Suatu perintah kerajaan. Kaisar Agustus. Kaisar Roma yang pertama, memerintah dari tahun 27 sM hingga 14 M. Di seluruh dunia. Ungkapan ini berarti seluruh wilayah kerajaan, bukan seluruh dunia yang dikenal. Mendaftarkan. Agustus telah memerintahkan pengadaan sensus yang akan merupakan dasar untuk menetapkan pajak. Perintah ini dikeluarkan sekitar tahun 8 sM, tetapi mungkin baru diberlakukan beberapa tahun kemudian.

Wycliffe: Luk 2:2 - Kirenius menjadi wali negeri di Siria 2. Kirenius menjadi wali negeri di Siria. P. Sulpicius Quirinius dijadikan wali negeri Siria pada tahun 6 M, dan mengadakan sensus di Yudea pada waktu...

2. Kirenius menjadi wali negeri di Siria. P. Sulpicius Quirinius dijadikan wali negeri Siria pada tahun 6 M, dan mengadakan sensus di Yudea pada waktu itu. Terdapat bukti yang dapat dipercaya bahwa dia menjadi wali negeri selama dua masa bakti, dan bahwa masa baktinya yang pertama adalah dari tahun 4 sM hingga 1 M. Sensus yang dijalankan sebelumnya mungkin berakhir ketika dia mulai bertugas.

Wycliffe: Luk 2:3 - Di kotanya sendiri 3. Di kotanya sendiri. Di Yudea setiap orang pulang ke kota asalnya, di mana tersimpan catatan-catatan tentang keluarganya.

3. Di kotanya sendiri. Di Yudea setiap orang pulang ke kota asalnya, di mana tersimpan catatan-catatan tentang keluarganya.

Wycliffe: Luk 2:4 - Galilea // Nazaret // Yudea // Betlehem 4. Galilea merupakan wilayah di sekitar Danau Genezaret, atau Danau Galilea. Penduduknya yang bukan Yahudi cukup banyak, dan sejak zaman para nabi sud...

4. Galilea merupakan wilayah di sekitar Danau Genezaret, atau Danau Galilea. Penduduknya yang bukan Yahudi cukup banyak, dan sejak zaman para nabi sudah dikenal sebagai "daerah seberang Sungai Yordan wilayah bangsa-bangsa lain" (Yes. 8:23). Nazaret. Sebuah kota di perbukitan Galilea, terletak pada jalur dagang yang membentang sepanjang dataran pantai melintasi Damsyik dan wilayah Timur. Yudea. Sebuah propinsi yang terletak di sebelah selatan Samaria dan di sebelah utara Edom dan padang gurun, dibatasi oleh Laut Tengah di bagian barat dan oleh Sungai Yordan serta Laut Mati di sebelah timur. Betlehem. Tempat asal keluarga Daud.

Wycliffe: Luk 2:5 - Tunangannya 5. Tunangannya. Lihat tafsiran 1:27.

5. Tunangannya. Lihat tafsiran 1:27.

Wycliffe: Luk 2:7 - Anaknya yang sulung // Palungan 7. Anaknya yang sulung. Ini mungkin berarti Maria kemudian melahirkan beberapa anak lagi (bdg. Mrk. 6:3). Palungan. Tempat memberi makan ternak. Yusuf...

7. Anaknya yang sulung. Ini mungkin berarti Maria kemudian melahirkan beberapa anak lagi (bdg. Mrk. 6:3). Palungan. Tempat memberi makan ternak. Yusuf dan Maria mungkin berteduh di dalam kandang. Tradisi menyebutkan bahwa kandang itu adalah sebuah gua di sisi bukit belakang penginapan.

Wycliffe: Luk 2:8 - Menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam 8. Menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tanggal kelahiran Yesus yang tepat tidak diketahui: tanggal legendaris 25 Desember tidak dapat dila...

8. Menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam. Tanggal kelahiran Yesus yang tepat tidak diketahui: tanggal legendaris 25 Desember tidak dapat dilacak lebih jauh daripada abad keempat.

Wycliffe: Luk 2:9 - -- 9. Kunjungan surgawi itu disertai dengan pancaran kemuliaan ilahi yang hadir ketika Allah menampakkan diri (Kel. 16:10; 20:18; 40:34; II Taw. 7:1; Yeh...

9. Kunjungan surgawi itu disertai dengan pancaran kemuliaan ilahi yang hadir ketika Allah menampakkan diri (Kel. 16:10; 20:18; 40:34; II Taw. 7:1; Yeh. 1:27, 28).

Wycliffe: Luk 2:10 - Jangan takut // Seluruh bangsa 10. Jangan takut. Ucapan malaikat itu merupakan salam yang biasa dipakai bagi orang yang menjadi gentar melihat hal aneh semacam itu (bdg. 1:13, 30). ...

10. Jangan takut. Ucapan malaikat itu merupakan salam yang biasa dipakai bagi orang yang menjadi gentar melihat hal aneh semacam itu (bdg. 1:13, 30). Seluruh bangsa. Terjemahan American Standard Version lebih tepat, seluruh bangsa itu, yang berarti Israel.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Luk 2:1-7 - Kelahiran Yesus Di dalam pasal ini, kita memiliki catatan mengenai kelahiran dan masa kanak-kanak Yesus, Tuhan kita, setelah dalam pasal sebelumnya kita mempelaja...

Matthew Henry: Luk 2:8-20 - Penampakan Malaikat kepada Para Gembala; Kunjungan Para Gembala kepada Kristus Penampakan Malaikat kepada Para Gembala; Kunjungan Para Gembala kepada Kristus (2:8-20) Semua hina dina yang dialami Kristus diikuti oleh beberapa ...

SH: Luk 2:1-14 - Kelahiran Yesus (Kamis, 28 Desember 2006) Kelahiran Yesus Kelahiran seorang bayi biasanya disambut dengan berbagai persiapan yang menyibukkan orangtuanya. Terlebih kelahiran bayi pertama....

SH: Luk 2:1-14 - Kemuliaan Allah bagi damai sejahtera manusia. (Minggu, 28 Desember 2003) Kemuliaan Allah bagi damai sejahtera manusia. Peristiwa Natal akan tenggelam dalam keheningan malam kota kecil Betlehem, seandainya malaikat ...

SH: Luk 2:1-7 - Tiga alasan untuk meremehkan Natal. (Rabu, 25 Desember 2002) Tiga alasan untuk meremehkan Natal. Pertama, Tempat Kejadian Perkara (TKP) Natal adalah daerah pinggiran. Jauh dari tempat Kaisar Agustus me...

SH: Luk 2:1-6 - Rencana Allah dan rencana Iblis. Menjelang perayaan hari (Jumat, 14 April 2000) Rencana Allah dan rencana Iblis. Menjelang perayaan hari raya keagamaan besar seperti Paskah, Yerusalem dipenuhi dengan para peziarah yang dat...

SH: Luk 2:1-7 - Penggenapan nubuat. (Sabtu, 25 Desember 1999) Penggenapan nubuat. Perintah Kaisar Agustus mengenai pendaftaran masing-masing orang di kota asalnya menyebabkan Yusuf dan Maria meninggalkan ...

SH: Luk 2:8-20 - Menjadi pemberita karena Natal. (Kamis, 26 Desember 2002) Menjadi pemberita karena Natal. Natal perdana Allah yang low-budget dan tidak glamor ini pun terus berlanjut. Kembali Allah melakukan sesuat...

SH: Luk 2:8-20 - Yang terendah untuk yang termulia (Minggu, 26 Desember 1999) Yang terendah untuk yang termulia Mengapa Lukas perlu menuliskan kejadian yang tercatat dalam perikop ini? Jawabannya terletak pada kata kunci...

Topik Teologia: Luk 2:3 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

Topik Teologia: Luk 2:4 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Dia Lahir sebagai Bayi Mat 2:1 Luk 2:4-7,16,21 Gal 4:4

Topik Teologia: Luk 2:6 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 2:1 Luk 2:4-7 Yoh 7:42 Dia Lahir sebagai Bayi Mat 2:1 Luk 2:4-7,16,21 Gal 4:4

Topik Teologia: Luk 2:8 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

Topik Teologia: Luk 2:9 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Kemuliaan Allah sebagai Keberadaan-Nya Kel 15:11 Kel 24:17 Kel 40:34-35 Ima 9:23 Bil 14:21 ...

Topik Teologia: Luk 2:10 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Memuji Allah ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Lukas (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Yesus, Juruselamat yang Ilahi dan Manusiawi Tanggal Penulisan: Tahun 60-63 M Latar Belakang Injil Lukas...

Full Life: Lukas (Garis Besar) Garis Besar I. Pendahuluan Injil Lukas (Luk 1:1-4) II. Kedatangan Juruselamat (Luk 1:5-2:52) A. Pem...

Matthew Henry: Lukas (Pendahuluan Kitab) Kita sekarang sedang memasuki karya seorang pemberita Injil lain bernama Lukas, yang menurut beberapa orang merupakan singkatan nama Lucilius. Menurut...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) Injil karangan Lukas Ciri khas yang ada pada injil ketiga berasal dari kepribadian pengarangnya yang sangat menarik. Kepribadian Lukas itu di mana-man...

Ende: Lukas (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN LUKAS KATA PENGANTAR Tentang pribadi pengarang Lukas dari semula terkenal sebagai pengarang Indjil ketiga dan Kisah Rasu...

Wycliffe: Lukas (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN LUKAS Injil menurut Lukas merupakan kisah paling lengkap tentang kehidupan Yesus yang masih bertahan sejak zaman rasuli. Injil ini dimaks...

Wycliffe: Lukas (Garis Besar) GARIS BESAR LUKAS I. Pendahuluan 1:1-4 II. Pemberitaan Tentang Juruselamat 1:5-2:52 A. Pemberitaan kepada Zakharia 1:5-25 ...

BIS: Lukas (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk I

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk Israel dan untuk seluruh umat manusia. Dalam bukunya ini Lukas menulis bahwa Yesus telah diberi tugas oleh Roh Tuhan untuk menyiarkan Kabar Baik dari Allah kepada orang miskin. Kabar Baik ini penuh dengan perhatian terhadap orang-orang dengan berbagai-bagai kebutuhan. Nampak pula suatu nada sukacita dalam buku Lukas ini, terutama pada pasal-pasal pertama mengenai kedatangan Yesus, kemudian pada bagian penutupnya juga mengenai terangkatnya Yesus naik ke surga. Kisah tentang tumbuhnya dan tersebarnya agama Kristen setelah Yesus naik ke surga diceritakan juga oleh penulis buku ini di dalam buku Kisah Rasul-rasul.

Bagian 2 dan 6 (lihat Isi buku di bawah ini) berisi banyak unsur cerita yang hanya terdapat dalam buku Kabar Baik ini. Misalnya, cerita tentang nyanyian para malaikat serta kunjungan para gembala pada saat kelahiran Yesus, Yesus di Rumah Tuhan ketika masih anak-anak, dan juga perumpa maan tentang Orang Samaria yang baik hati dan Anak yang hilang. Buku ini sangat menekankan juga hal doa, Roh Allah, peranan wanita dalam pelayanan Yesus dan pengampunan dosa oleh Allah.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Luk 1:1-4
  2.  Kelahiran dan masa kanak-kanak dari Yohanes Pembaptis dan Yesus
    Luk 1:5-2:52
  3.  Pelayanan Yohanes Pembaptis
    Luk 3:1-20
  4.  Baptisan Yesus dan cobaan terhadap diri-Nya
    Luk 3:21-4:13
  5.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat Galilea
    Luk 4:14-9:50
  6.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Luk 9:51-19:27
  7.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Luk 19:28-23:56
  8.  Kebangkitan Yesus dari kematian, penampakan diri-Nya
    dan terangkat-Nya ke surga
    Luk 24:1-53

Ajaran: Lukas (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelah

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelahiran-Nya sampai kepada kematian-Nya. Dan mengenal akan kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia yang sejati dan suci, penuh kesederhanaan dan ketulusan hati, sebagai teladan mereka dalam hidup kekristenan.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 62 SM.

Penerima : Theofilus (artinya sahabat Allah) Dan juga kepada orang-orang yang percaya pada Yesus.

Isi Kitab: Injil Lukas terdiri atas 24 pasal. Isi Injil ini menjelaskan kasih karunia Allah bagi segala bangsa. Orang-orang yang dipandang rendah oleh dunia, tidak dipandang rendah oleh Allah, seperti kaum wanita dan juga orang-orang miskin. Di dalam Injil ini juga nampak kesucian, kesederhanaan, dan keluhuran budi Tuhan Yesus sebagai manusia sejati. Bagi orang Kristen Tuhan Yesus adalah satu-satunya teladan sempurna. Karena itu, orang Kristen dipanggil untuk hidup seperti Yesus hidup.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Lukas

  1. _Bagian Pertama_

    Pengajaran tentang Yesus Kristus sebagai anak manusia, yang dibuktikan dengan perasaan dan sikap yang diperlihatkannya terhadap orang-orang yang dianggap rendah oleh masyarakat

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Luk 7:13. Nats ini menceritakan tentang seorang janda yang kematian anaknya. Tuhan Yesus yang melihat kesedihan janda itu, merasa kasihan sehingga ia menghidupkan anak yang sudah mati itu. Hal ini membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah manusia sejati dan juga Allah sejati. Selain itu ayat ini juga mengajarkan setiap orang percaya untuk mengasihi orang lain. _Tanyakan_: pernahkah saudara mengasihi orang lain?
    2. Bacalah pasal Luk 7:37-50. Tuhan Yesus memperhatikan dan mengampuni wanita berdosa yang bertobat.
    3. Bacalah pasal Luk 10:25-37. Bagian ini menjelaskan perumpamaan Tuhan Yesus, tentang seorang Samaria yang lebih baik hati dari para imam Yahudi. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untuk mengasihi dengan tidak memandang suku bangsa, atau kaya miskin. Sudahkah saudara menolong orang lain?
    4. Bacalah pasal Luk 15:1-7. Tuhan Yesus bergaul dengan para pemungut cukai, karena mereka mau mendengarkan perkataan Tuhan Yesus dan bertobat dari perbuatan pemerasan yang mereka lakukan.
    5. Bacalah pasal Luk 16:20-21. Bagian ini membuktikan bahwa Tuhan Yesus mengasihi semua manusia, sampai kepada para pengemis. Bagaimanakah dengan kasih saudara? Apakah saudara mengasihi orang-orang yang dapat memberikan sesuatu kepada saudara saja?
    6. Bacalah pasal Luk 17:12. Bagian ini menjelaskan bahwa Tuhan Yesus mengasihi dan memperhatikan orang-orang sakit. Apakah yang saudara lakukan terhadap seorang saudara/anggota/jemaat yang sedang sakit lagi miskin?
    7. Bacalah pasal Luk 23:40-43. Tuhan Yesus memperhatikan seorang penjahat dan juga mengampuni dosanya, karena ia mau bertobat.
  2. _Bagian Kedua_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, memberikan teladan dalam kehidupan doa, khususnya berhubungan dengan peristiwa/kegiatan penting

    Pendalaman

    1. Ia berdoa di saat pembaptisan (Luk 3:21).
    2. Ia berdoa sesudah mujizat-mujizat dilaksanakan (Luk 5:15-16).
    3. Ia berdoa sebelum memilih murid-murid-Nya (Luk 6:12).
    4. Ia berdoa sebelum memberikan nubuat pertama tentan penderitaan-Nya (Luk 9:18-22).
    5. Ia berdoa pada saat permuliaan-Nya di bukit (Luk 9:29).
    6. Ia berdoa di saat ketujuh puluh murid-Nya kembal (Luk 10:17-21).
    7. Ia berdoa sebelum mengajar murid-murid-Nya tentang car berdoa (Luk 11:1).
    8. Ia berdoa di Taman Getsemani menjelang penderitaan-Ny (Luk 22:39-46).
    9. Ia berdoa di atas salib (Luk 23:34,46).

    Tuhan Yesus selalu berdoa dalam setiap keadaan dan keperluan, maka apakah yang saudara lakukan pada saat-saat menghadapi keperluan/kepentingan dalam hidup?

  3. _Bagian Ketiga_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, mengasihi semua manusia di dunia

    Pendalaman

    Bacalah pasal Luk 3:6; 24:46-53. Bagian ini menjelaskan, bahwa keselamatan adalah untuk setiap manusia yang percaya pada Tuhan Yesus. Dengan demikian setiap orang yang telah diselamatkan oleh Tuhan Yesus, haruslah juga memberitakan keselamatan itu kepada orang lain. Berdasarkan pasal Luk 24:47-48, siapakah yang bertugas untuk meneruskan berita pengampunan dosa ini kepada semua manusia? Sudahkah saudara menginjili?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Lukas jelaslah kita lihat bahwa Tuhan Yesus adalah Anak Manusia sejati, yang dibuktikan melalui kehidupan-Nya sehari-hari.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Lukas?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Lukas?
  3. Buktikanlah bahwa Yesus Kristus adalah anak manusia?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dari mempelajari Injil Lukas?

Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) Yang paling manusiawi dari semua Injil SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan se

Yang paling manusiawi dari semua Injil

SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?
Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan sekerja rasul Paulus (Kol 4:14; File 24 dan 2Tim 4:11). Lukas sendiri bukanlah seorang saksi mata dari kehidupan Yesus (Luk 1:1-4). Tradisi mengatakan bahwa ia seorang bukan Yahudi, berstatus bujangan dan hidup sampai usia delapan puluh empat tahun.

MENGAPA INJIL INI DITULIS?
Lukas mempunyai beberapa tujuan:
1. Ia ingin menulis kisah kehidupan Yesus secara teratur yang berdasarkan bukti dari saksi mata yang benar (Luk 1:1-4).
2. Ia ingin mencatat permulaan dan perkembangan Kekristenan, yang dikerjakannya dalam dua bagian. Kisah para Rasul merupakan buku kedua. Lukas menunjukkan bagaimana Allah bekerja di sepanjang sejarah dan khususnya mengenai cara bagaimana para pengikut Yesus dengan cepat tersebar dari Galilea ke Roma.
3. Ia ingin menyatakan bahwa Yesus adalah Juruselamat bagi semua golongan manusia dan bukan hanya bagi sekelompok orang.
4. Ia ingin menunjukkan kepada para penguasa Romawi bahwa Kekristenan bukanlah ancaman bagi tatanan politik yang baik.

SIAPA SAJA PEMBACA INJIL LUKAS?
1. Lukas menujukan Injilnya kepada Teofilus (Luk 1:3), yang boleh jadi adalah seorang bukan Yahudi dari golongan menengah atas yang sudah bertobat dan menjadi Kristen. Namanya berarti 'dikasihi Allah', tetapi selain itu tidak ada lagi yang kita ketahui tentang dia.
2. Disamping itu Lukas berharap mendapatkan sidang pembaca yang lebih luas, yang mencakup orang-orang bukan Yahudi lainnya dan mungkin khususnya para aparat pemerintahan Romawi.

CIRI-CIRI KHUSUS.
1. Cara Lukas bercerita tak ada bandingannya. Kemampuannya menyusun kata-kata tampak dalam gaya bahasa Yunaninya yang sangat baik.
2. Lukas juga lebih tertarik dengan kehidupan manusiawi Yesus dan lebih banyak bercerita mengenai awal hidup dan masa kanak-kanak Yesus dibanding dengan Injil-injil lainnya.
3. Dalam hal-hal lain, Injil Lukas juga lebih lengkap mencatat lebih banyak perumpamaan, kisah tentang banyak orang, serta kebangkitan Yesus dibanding dengan Injil lainnya.
4. Lukas lebih menunjukkan perhatiannya kepada pribadi-pribadi, khususnya anak-anak dan orang-orang yang tersingkir dari masyarakat, daripada para penulis Injil lainnya.
5. Lukas juga mempunyai perhatian khusus lainnya, sebagai contoh tentang: doa, Roh Kudus dan tema sukacita.

Pesan

1. Kabar baIk tentang keselamatan.
Berita dari Lukas ialah bahwa Allah telah datang untuk menyelamatkan manusia
dari dosa dan keadaan mereka.
o Allah adalah Juruselamat. Luk 1:47
o Kristus dilahirkan untuk menyelamatkan. Luk 2:11, 30; 3:6
o Dia datang untuk menyelamatkan yang hilang. Luk 19:9, 10
o Keselamatan datang oleh iman. Luk 7:50;8:12
o Keselamatan berarti kehilangan nyawa sekarang. Luk 9:24
o Keselamatan dimungkinkan karena Kristus tidak menyelamatkan diri-Nya sendiri. Luk 23:35-43
o Keselamatan tersedia saat ini. Luk 4:21; 19:9

2. Kabar baik tentang Kerajaan Allah.
Bagian pusat Injil Lukas (Luk 9:51-19:44) banyak
berbicara mengenai Kerajaan Allah yang menjadi pusat dari khotbah Yesus. Luk 4:43; 8:1
o Kerajaan Allah itu kekal. Luk 1:33
o Kerajaan Allah milik orang yang miskin. Luk 6:20
o Murid-murid-Nya harus memberitakan
o Kerajaan Allah. Luk 9:2, 11
o Kepentingan Kerajaan Allah harus didahulukan. Luk 9:60-62; 12:31
o Umat harus berdoa untuk Kerajaan Allah. Luk 11:2
o Kerajaan Allah adalah anugerah dari Allah. Luk 12:32; 22:29
o Kerajaan Allah seperti... Luk 13:18-30
o Orang kaya sukar untuk masuk. Luk 18:18-30
o Kerajaan Allah sudah dekat sekarang. Luk 10:9, 11; 11:20; 17:20, 21
o Tetapi, Kerajaan Allah juga akan datang. Luk 24:31
3. Kabar baik terlIhat dalam diri Yesus.
Kabar baik bukanlah suatu dongeng atau cerita anak-anak tetapi didukung oleh
peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Yesus.
o Sejarah itu penting. Luk 1:1-4
o Allah telah merencanakannya sejak dahulu kala. Luk 3:23-38
o Allah bekerja di dalam kehidupan Yesus.
Banyak saksi mata melihatnya:
- pada saat kelahiran-Nya. Luk 2:30
- pada saat Yesus dibaptis. Luk 3:22
- dalam mukjizat-mukjizat yang dilakukan-Nya. Luk 4:36; 7:16
- dalam kematian-Nya. 23:39-49
- dalam kebangkitan-Nya. Luk 24:1-49 Yesus masih bekerja melalui murid-murid-Nya. Luk 24:48
Yesus sedang bekerja di seluruh dunia. Yerusalem hanyalah permulaan saja. Luk 24:47

Penerapan

Berita Injil Lukas dapat diterapkan kepada dua golongan utama:
1. Kepada mereka yang tidak percaya kepada Yesus.
Percaya kepada Yesus berarti:
o mempercayai kesaksian sejarah
o mengenaI pengampunan Allah
o mampu untuk hidup baru
o ikut ambil bagian dalam Kerajaan Allah
o tidak menuntut segala yang terbaik atau terhormat
o dituntut untuk rendah hati dan mau mengorbankan segalanya bagi Yesus
o mendapat anugerah besar pada masa yang akan datang
2. Kepada mereka yang percaya sungguh-sungguh kepada Yesus. Iman kepada Yesus
berarti Anda harus:

o bersukacita dan bersyukur dalam kehidupan
o meneladani kasih Yesus kepada semua orang
o ikut ambil bagian dalam penyebaran kabar baik tentang Kerajaan Allah.
o "mematikan" diri sendiri setiap hari
o berdoa seperti yang diajarkan Yesus
o menjadikan Kerajaan Allah prioritas Anda yang jelas
o percaya bahwa Allah mengendalikan dunia

Tema-tema Kunci

Inilah sebagian dari ajaran-ajaran penting dalam Injil Lukas: 1. Doa. Lukas sering berbicara tentang kehidupan doa Yesus: Luk 3:21; 5:16; 6:12; 9:18-22, 29; 10:17-21; 11:1; 22:39-46; 23:34, 46. Ia juga mencatat perumpamaan-perumpamaan Yesus tentang doa: Luk 11:5-13; 18:1-8. Apa yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat tersebut tentang kapan Anda harus berdoa, bagaimana berdoa dan apa yang didoakan?

2. Roh Kudus. Lukas menekankan pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan Yesus. Tulislah saat-saat dalam kehidupan Yesus ketika Roh Kudus disebut: contoh Luk 1:35; 4:1, 14, 18; 10:21, 22; 24:49. Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat ini mengenai Roh Kudus?

3. Pujian dan sukacita. Injil Lukas diawali dengan sejumlah lagu pujian: Luk 1:46-55, 68-79; 2:14; dan Luk 2:29- 32. Sebutkan bagian-bagian lain dalam Injil yang berbicara tentang sukacita. 4. Pengampunan. Pada dasarnya kabar baik berisi berita tentang pengampunan dosa. Mengapa pengajaran Yesus mengenai pengampunan menimbulkan perubahan secara besar-besaran? Pelajarilah dengan saksama apa yang Yesus katakan mengenai pengampunan dalam: Luk 5:17-25; 6:37; 7:36-50; 11:4; 17:3-4; 23:34; 24:47.

5. Uang. Lukas lebih banyak berbicara mengenai uang dibandingkan dengan Injil-injil lainnya dan menempatkan masalah orang miskin secara khusus. Lagi-lagi pesannya sangat revolusioner. Carilah ajaran tersebut dalam ayat-ayat berikut: Luk 1:53; 4:18; 6:20; 12:13-34; 15.8-10; 16:1-15, 19-31; 18:1-14; 19:1-27; 20:19-26.

6. Wanita dan anak-anak. Catatlah mengenai beberapa wanita yang terdapat dalam Injil Lukas. Masyarakat pada zaman Yesus biasanya tidak menganggap bahwa wanita layak mendapat banyak perhatian. Tetapi, Lukas menekankan mengenai kasih Allah terhadap semua orang bahkan terhadap wanita, orang-orang yang tersingkir dan anak-anak. Pelajarilah ayat-ayat tentang anak-anak berikut ini dan buatlah ringkasan dari ajaran yang terdapat di dalamnya: Luk 8:40-56; 9:37-43, 46-48; 18:15-17.

Garis Besar Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4 [2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13 Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis Luk 1:26-

[1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4

[2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13

Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 1:26-38Pemberitahuan tentang kelahiran Yesus
Luk 1:39-56Kunjungan Maria ke rumah Elizabet
Luk 1:57-80Kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 2:1-38Kelahiran Yesus
Luk 2:39-52Masa kanak-kanak Yesus
Luk 3:1-22Khotbah Yohanes Pembaptis
Luk 3:23-38Silsilah Yesus
Luk 4:1-13Pencobaan Yesus

[3] SANG JURUSELAMAT DI GALILEA Luk 4:14-9:50

Luk 4:14-30Yesus memulai pelayanan-Nya
Luk 4:31-44Yesus menyembuhkan di Kapernaum
Luk 5:1-26Yesus melakukan mukjizat
Luk 5:27-39Panggilan dan di rumah perjamuan
Luk 6:1-11Lewi Perdebatan mengenai hari Sabat
Luk 6:12-16Yesus memilih murid-murid-Nya
Luk 6:17-49Yesus berkhotbah di depan orang banyak
Luk 7:1-17Mukjizat kesembuhan dan kebangkitan orang mati
Luk 7:18-35Pertanyaan-pertanyaan Yohanes terjawab
Luk 7:36-50Seorang pelacur menyembah Yesus
Luk 8:1-21Mengajar firman Allah
Luk 8:22-56Tiga mukjizat lagi
Luk 9:1-6Yesus mengutus murid-murid-Nya untuk misi penginjilan
Luk 9:7-9Reaksi Herodes terhadap Yesus
Luk 9:10-17Pemberian makan kepada lima ribu orang
Luk 9:18-27Yesus menanyakan pertanyaan yang penting
Luk 9:28-36Transfigurasi (perubahan rupa) Yesus
Luk 9:37-50Yesus berbicara dengan murid-murid-Nya

[4] SANG JURUSELAMAT PERGI KE YERUSALEM Luk 9:51-19:44

Luk 9:51-62Harga yang harus dibayar untuk mengikut Yesus
Luk 10:1-24Pengutusan tujuh puluh murid
Luk 10:25-37Perumpamaan tentang orang Samaria yang baik
Luk 10:38-42Maria dan Marta
Luk 11:1-13Ajaran tentang doa
Luk 11:14-36Ajaran tentang roh-roh dan tanda-tanda
Luk 11:37-54Kecaman terhadap orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat
Luk 12:1-59Mengajar orang banyak
Luk 13:1-9Kecuali jika engkau bertobat...
Luk 13:10-17Seorang wanita cacat disembuhkan
Luk 13:18-30Kerajaan Allah itu seperti...
Luk 13:31-35Yerusalem dan para nabi
Luk 14:1-24Makan malam bersama seorang Farisi
Luk 14:25-35Harga yang harus dibayar untuk menjadi seorang murid
Luk 15:1-32Tiga kisah tentang yang hilang
Luk 6:1-31Ajaran tentang uang
Luk 17:1-10Ajaran tentang pelayanan
Luk 17:11-19Penyembuhan sepuluh orang kusta
Luk 17:20-37Kedatangan Kerajaan Allah
Luk 18:1-17Ajaran mengenai keadilan dan kerendahan hati
Luk 18:18-34Yesus bertemu dengan seorang penguasa muda yang kaya-raya
Luk 18:35-43Mata seorang pengemis dicelikkan
Luk 19:1-10Yesus bertemu Zakheus
Luk 19:11-27Perumpamaan tentang uang mina
Luk 19:28-44Masuk ke Yerusalem

[5] JURUSELAMAT DI YERUSALEM Luk 9:45-24:53

Luk 19:45-21:4Yesus mengajar di Bait Allah
Luk 21:5-38Yesus berbicara mengenai akhir zaman
Luk 22:1-38Perjamuan Malam Terakhir
Luk 22:39-53Kejadian di taman Getsemani
Luk 22:54-62Penyangkalan Petrus
Luk 22:63-23:25Pengadilan atas Yesus
Luk 23:26-56Penyaliban dan penguburan
Luk 24:1-49Kebangkitan
Luk 24:50-53Kenaikan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.24 detik
dipersembahkan oleh YLSA