kecilkan semua  

Teks -- Lukas 23:2-56 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
23:2 Di situ mereka mulai menuduh Dia, katanya: "Telah kedapatan oleh kami, bahwa orang ini menyesatkan bangsa kami, dan melarang membayar pajak kepada Kaisar, dan tentang diri-Nya Ia mengatakan, bahwa Ia adalah Kristus, yaitu Raja." 23:3 Pilatus bertanya kepada-Nya: "Engkaukah raja orang Yahudi?" Jawab Yesus: "Engkau sendiri mengatakannya." 23:4 Kata Pilatus kepada imam-imam kepala dan seluruh orang banyak itu: "Aku tidak mendapati kesalahan apapun pada orang ini." 23:5 Tetapi mereka makin kuat mendesak, katanya: "Ia menghasut rakyat dengan ajaran-Nya di seluruh Yudea, Ia mulai di Galilea dan sudah sampai ke sini." 23:6 Ketika Pilatus mendengar itu ia bertanya, apakah orang itu seorang Galilea. 23:7 Dan ketika ia tahu, bahwa Yesus seorang dari wilayah Herodes, ia mengirim Dia menghadap Herodes, yang pada waktu itu ada juga di Yerusalem.
Yesus di hadapan Herodes
23:8 Ketika Herodes melihat Yesus, ia sangat girang. Sebab sudah lama ia ingin melihat-Nya, karena ia sering mendengar tentang Dia, lagipula ia mengharapkan melihat bagaimana Yesus mengadakan suatu tanda. 23:9 Ia mengajukan banyak pertanyaan kepada Yesus, tetapi Yesus tidak memberi jawaban apapun. 23:10 Sementara itu imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat maju ke depan dan melontarkan tuduhan-tuduhan yang berat terhadap Dia. 23:11 Maka mulailah Herodes dan pasukannya menista dan mengolok-olokkan Dia, ia mengenakan jubah kebesaran kepada-Nya lalu mengirim Dia kembali kepada Pilatus. 23:12 Dan pada hari itu juga bersahabatlah Herodes dan Pilatus; sebelum itu mereka bermusuhan.
Yesus kembali di hadapan Pilatus
23:13 Lalu Pilatus mengumpulkan imam-imam kepala dan pemimpin-pemimpin serta rakyat, 23:14 dan berkata kepada mereka: "Kamu telah membawa orang ini kepadaku sebagai seorang yang menyesatkan rakyat. Kamu lihat sendiri bahwa aku telah memeriksa-Nya, dan dari kesalahan-kesalahan yang kamu tuduhkan kepada-Nya tidak ada yang kudapati pada-Nya. 23:15 Dan Herodes juga tidak, sebab ia mengirimkan Dia kembali kepada kami. Sesungguhnya tidak ada suatu apapun yang dilakukan-Nya yang setimpal dengan hukuman mati. 23:16 Jadi aku akan menghajar Dia, lalu melepaskan-Nya." 23:17 (Sebab ia wajib melepaskan seorang bagi mereka pada hari raya itu.) 23:18 Tetapi mereka berteriak bersama-sama: "Enyahkanlah Dia, lepaskanlah Barabas bagi kami!" 23:19 Barabas ini dimasukkan ke dalam penjara berhubung dengan suatu pemberontakan yang telah terjadi di dalam kota dan karena pembunuhan. 23:20 Sekali lagi Pilatus berbicara dengan suara keras kepada mereka, karena ia ingin melepaskan Yesus. 23:21 Tetapi mereka berteriak membalasnya, katanya: "Salibkanlah Dia! Salibkanlah Dia!" 23:22 Kata Pilatus untuk ketiga kalinya kepada mereka: "Kejahatan apa yang sebenarnya telah dilakukan orang ini? Tidak ada suatu kesalahanpun yang kudapati pada-Nya, yang setimpal dengan hukuman mati. Jadi aku akan menghajar Dia, lalu melepaskan-Nya." 23:23 Tetapi dengan berteriak mereka mendesak dan menuntut, supaya Ia disalibkan, dan akhirnya mereka menang dengan teriak mereka. 23:24 Lalu Pilatus memutuskan, supaya tuntutan mereka dikabulkan. 23:25 Dan ia melepaskan orang yang dimasukkan ke dalam penjara karena pemberontakan dan pembunuhan itu sesuai dengan tuntutan mereka, tetapi Yesus diserahkannya kepada mereka untuk diperlakukan semau-maunya.
Yesus dibawa untuk disalibkan
23:26 Ketika mereka membawa Yesus, mereka menahan seorang yang bernama Simon dari Kirene, yang baru datang dari luar kota, lalu diletakkan salib itu di atas bahunya, supaya dipikulnya sambil mengikuti Yesus. 23:27 Sejumlah besar orang mengikuti Dia; di antaranya banyak perempuan yang menangisi dan meratapi Dia. 23:28 Yesus berpaling kepada mereka dan berkata: "Hai puteri-puteri Yerusalem, janganlah kamu menangisi Aku, melainkan tangisilah dirimu sendiri dan anak-anakmu! 23:29 Sebab lihat, akan tiba masanya orang berkata: Berbahagialah perempuan mandul dan yang rahimnya tidak pernah melahirkan, dan yang susunya tidak pernah menyusui. 23:30 Maka orang akan mulai berkata kepada gunung-gunung: Runtuhlah menimpa kami! dan kepada bukit-bukit: Timbunilah kami! 23:31 Sebab jikalau orang berbuat demikian dengan kayu hidup, apakah yang akan terjadi dengan kayu kering?" 23:32 Dan ada juga digiring dua orang lain, yaitu dua penjahat untuk dihukum mati bersama-sama dengan Dia.
Yesus disalibkan
23:33 Ketika mereka sampai di tempat yang bernama Tengkorak, mereka menyalibkan Yesus di situ dan juga kedua orang penjahat itu, yang seorang di sebelah kanan-Nya dan yang lain di sebelah kiri-Nya. 23:34 Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya. 23:35 Orang banyak berdiri di situ dan melihat semuanya. Pemimpin-pemimpin mengejek Dia, katanya: "Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang Ia menyelamatkan diri-Nya sendiri, jika Ia adalah Mesias, orang yang dipilih Allah." 23:36 Juga prajurit-prajurit mengolok-olokkan Dia; mereka mengunjukkan anggur asam kepada-Nya 23:37 dan berkata: "Jika Engkau adalah raja orang Yahudi, selamatkanlah diri-Mu!" 23:38 Ada juga tulisan di atas kepala-Nya: "Inilah raja orang Yahudi". 23:39 Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!" 23:40 Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama? 23:41 Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah." 23:42 Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja." 23:43 Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."
Yesus mati
23:44 Ketika itu hari sudah kira-kira jam dua belas, lalu kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga, 23:45 sebab matahari tidak bersinar. Dan tabir Bait Suci terbelah dua. 23:46 Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku." Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya. 23:47 Ketika kepala pasukan melihat apa yang terjadi, ia memuliakan Allah, katanya: "Sungguh, orang ini adalah orang benar!" 23:48 Dan sesudah seluruh orang banyak, yang datang berkerumun di situ untuk tontonan itu, melihat apa yang terjadi itu, pulanglah mereka sambil memukul-mukul diri. 23:49 Semua orang yang mengenal Yesus dari dekat, termasuk perempuan-perempuan yang mengikuti Dia dari Galilea, berdiri jauh-jauh dan melihat semuanya itu.
Yesus dikuburkan
23:50 Adalah seorang yang bernama Yusuf. Ia anggota Majelis Besar, dan seorang yang baik lagi benar. 23:51 Ia tidak setuju dengan putusan dan tindakan Majelis itu. Ia berasal dari Arimatea, sebuah kota Yahudi dan ia menanti-nantikan Kerajaan Allah. 23:52 Ia pergi menghadap Pilatus dan meminta mayat Yesus. 23:53 Dan sesudah ia menurunkan mayat itu, ia mengapaninya dengan kain lenan, lalu membaringkannya di dalam kubur yang digali di dalam bukit batu, di mana belum pernah dibaringkan mayat. 23:54 Hari itu adalah hari persiapan dan sabat hampir mulai. 23:55 Dan perempuan-perempuan yang datang bersama-sama dengan Yesus dari Galilea, ikut serta dan mereka melihat kubur itu dan bagaimana mayat-Nya dibaringkan.
Kebangkitan Yesus
23:56 Dan setelah pulang, mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. (#23-#56b) Dan pada hari Sabat mereka beristirahat menurut hukum Taurat,
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Arimatea a city located 9 km. north of Jerusalem where Samuel lived
 · bahasa Latin the language of ancient Italy and the Roman empire
 · Barabas a man
 · Firdaus a beautiful garden where those who have departed this life live happily forever, safe from evil
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Herodes son of Antipater; king over Judea when Christ was born,a son of Herod the Great,a grandson of Herod the Great and son of Aristobulus and Berenice
 · Kaisar a title held by Roman emperors
 · Kirene an inhabitant of Cyrene.
 · orang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · orang-orang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · Pilatus the Roman governor of Judea who allowed Jesus to be crucified
 · seorang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · Simon a son of Jonas and brother of Andrew; an apostle of Jesus Christ,a man who was one of the apostles of Christ and also called 'the Zealot',a brother of Jesus,a man who was a well-know victim of leprosy who had been healed by Jesus (NIV note),a man from Cyrene who was forced to carry the cross of Jesus,a Pharisee man in whose house Jesus' feet were washed with tears and anointed,the father of Judas Iscariot,a man who was a sorcerer in Samaria and who wanted to buy the gifts of the Spirit,a man who was a tanner at Joppa and with whom Peter was staying when Cornelius sent for him
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yesus Barabas a man
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah
 · Yunus a son of Amittai; the prophet God sent to Nineveh,the prophet who was swallowed by the great fish; son of Amittai
 · Yusuf the husband of Mary and foster-father of Jesus,a Jewish man from Arimathea in whose grave the body of Jesus was laid,two different men listed as ancestors of Jesus,a man nominated with Matthias to take the place of Judas Iscariot as apostle,a son of Jacob and Rachel; the father of Ephraim and Manasseh and ruler of Egypt,a brother of Jesus; a son of Mary,a man who was a companion of Paul,son of Jacob and Rachel; patriarch of the tribes of Ephraim and Manasseh,a tribe, actually two tribes named after Joseph's sons, Ephraim and Manasseh,father of Igal, of Issachar, who helped spy out Canaan,son of Asaph the Levite; worship leader under Asaph and King David,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Binnui,priest and head of the house of Shebaniah under High Priest Joiakim in the time of Nehemiah


Topik/Tema Kamus: Pilatus | Lukas, Injil | Yesus Kristus | Yesus | Herodes | Antipas | Yusuf | Kubur, Penguburan | Firdaus | Raja | Ejekan, Pengejek | Sifat Atau Keadaan Kemanusiaan Kristus | Simon | Adil, Keadilan | Jawab, Jawaban Doa | Nubuat Tentang Kristus | Galilea | Bapa | Matahari | Tobat, Pertobatan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Luk 23:3 - ENGKAUKAH RAJA ORANG YAHUDI? Nas : Luk 23:3 Lihat cat. --> Mat 27:2 [atau ref. Mat 27:2]

Nas : Luk 23:3

Lihat cat. --> Mat 27:2

[atau ref. Mat 27:2]

Full Life: Luk 23:8-11 - YESUS DI HADAPAN HERODES. Nas : Luk 23:8-11 Inilah Herodes yang memenggal kepala Yohanes Pembaptis. Karena hati Herodes begitu keras, Yesus menolak untuk berbicara kepadanya...

Nas : Luk 23:8-11

Inilah Herodes yang memenggal kepala Yohanes Pembaptis. Karena hati Herodes begitu keras, Yesus menolak untuk berbicara kepadanya. Dalam keadaan marah, Herodes dan orang-orangnya mengolok-olok pernyataan Yesus bahwa Ialah raja orang Yahudi.

Full Life: Luk 23:11 - MENGOLOK-OLOKKAN DIA ... JUBAH KEBESARAN. Nas : Luk 23:11 Lihat cat. --> Mat 27:28-29. [atau ref. Mat 27:28-29]

Nas : Luk 23:11

Lihat cat. --> Mat 27:28-29.

[atau ref. Mat 27:28-29]

Full Life: Luk 23:14 - KESALAHAN ... TIDAK ADA YANG KUDAPATI PADA-NYA. Nas : Luk 23:14 Yesus telah dituduh mengkhianati pemerintah Romawi. Pilatus menyimpulkan bahwa Yesus tidak bersalah dalam pemberontakan melawan pem...

Nas : Luk 23:14

Yesus telah dituduh mengkhianati pemerintah Romawi. Pilatus menyimpulkan bahwa Yesus tidak bersalah dalam pemberontakan melawan pemerintah Romawi. Yesus menyatakan bahwa Kerajaan-Nya bukanlah suatu kerajaan politik dari dunia ini, melainkan merupakan kerajaan rohani (lih. Yoh 18:36).

Full Life: Luk 23:22 - MENGHAJAR DIA. Nas : Luk 23:22 Lihat cat. --> Mat 27:26. [atau ref. Mat 27:26]

Nas : Luk 23:22

Lihat cat. --> Mat 27:26.

[atau ref. Mat 27:26]

Full Life: Luk 23:25 - YESUS DISERAHKANNYA ... UNTUK DIPERLAKUKAN SEMAU-MAUNYA. Nas : Luk 23:25 Karena kebijaksanaan politiklah Pilatus menyerahkan Yesus kepada para pemimpin Yahudi (lihat cat. --> Luk 23:1). ...

Nas : Luk 23:25

Karena kebijaksanaan politiklah Pilatus menyerahkan Yesus kepada para pemimpin Yahudi

(lihat cat. --> Luk 23:1).

[atau ref. Luk 23:1]

Full Life: Luk 23:31 - KAYU HIDUP ... KERING. Nas : Luk 23:31 Jikalau Yesus yang tidak bersalah harus mati seperti itu, bagaimanakah ajal yang kelak menimpa Yerusalem yang berdosa?

Nas : Luk 23:31

Jikalau Yesus yang tidak bersalah harus mati seperti itu, bagaimanakah ajal yang kelak menimpa Yerusalem yang berdosa?

Full Life: Luk 23:33 - TENGKORAK. Nas : Luk 23:33 Yesus disalibkan di suatu tempat di luar kota (bd. Ibr 13:12). Tempat itu disebut "Tengkorak" karena alasan-alasan yang masih diper...

Nas : Luk 23:33

Yesus disalibkan di suatu tempat di luar kota (bd. Ibr 13:12). Tempat itu disebut "Tengkorak" karena alasan-alasan yang masih diperdebatkan. Kata Yunani untuk tengkorak telah diterjemahkan dalam Alkitab berbahasa Latin dengan kata _calvaria_, dari mana kita dapat kata "Kalvari".

Full Life: Luk 23:33 - MEREKA MENYALIBKAN YESUS. Nas : Luk 23:33 Penyaliban dan kematian Yesus adalah inti dan dasar dari penebusan yang direncanakan Allah (1Kor 1:23-24). Yesus yang tidak pernah ...

Nas : Luk 23:33

Penyaliban dan kematian Yesus adalah inti dan dasar dari penebusan yang direncanakan Allah (1Kor 1:23-24). Yesus yang tidak pernah berdosa mati menggantikan manusia yang penuh dosa. Melalui penyaliban-Nya, hukuman atas dosa kita telah dilaksanakan dan pekerjaan Iblis dihancurkan (bd.

lihat cat. --> Rom 3:25).

[atau ref. Rom 3:25]

Sekarang sekalian manusia dapat berbalik kepada Allah dalam pertobatan dan iman untuk menerima pengampunan dan hidup kekal.

Full Life: Luk 23:34 - TUJUH UCAPAN TERAKHIR DARI KRISTUS. Nas : Luk 23:34 Mungkin sekali ayat Luk 23:34 merupakan yang pertama di antara tujuh ucapan terakhir Kristus di kayu salib. Tujuh ucapan itu telah ...

Nas : Luk 23:34

Mungkin sekali ayat Luk 23:34 merupakan yang pertama di antara tujuh ucapan terakhir Kristus di kayu salib. Tujuh ucapan itu telah diucapkan dalam urutan sebagai berikut:

  1. 1) Dari jam 09.00 pagi sampai tengah hari:
    1. (a) Ucapan pengampunan: "Ya Bapa, ampunilah mereka" (ayat Luk 23:34).
    2. (b) Ucapan keselamatan: "Hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus" (ayat Luk 23:43).
    3. (c) Ucapan kasih: "Ibu, inilah, anakmu! ... Inilah ibumu!" (Yoh 19:26-27).
  2. 2) Tiga jam kegelapan: dari tengah hari sampai jam 15.00 sore tidak ada ucapan yang dicatat.
  3. 3) Sekitar jam 15.00 sore:
    1. (a) Ucapan penderitaan rohani: "Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?" (Mr 15:34).
    2. (b) Ucapan penderitaan jasmani: "Aku haus!" (Yoh 19:28).
    3. (c) Ucapan kemenangan: "Sudah selesai" (Yoh 19:30).
    4. (d) Ucapan penyerahan: "Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku" (ayat Luk 23:46).

Full Life: Luk 23:35 - ORANG BANYAK BERDIRI DI SITU DAN MELIHAT. Nas : Luk 23:35 Suatu bukti yang paling meyakinkan tentang kebejatan hati manusia adalah kenyataan bahwa orang senang menyaksikan kekerasan, darah,...

Nas : Luk 23:35

Suatu bukti yang paling meyakinkan tentang kebejatan hati manusia adalah kenyataan bahwa orang senang menyaksikan kekerasan, darah, dan kematian.

  1. 1) Kita melihat hal ini di gelanggang Romawi dan Yunani, tempat para penonton bersorak-sorai sementara orang bertarung dan saling membunuh. Kita melihat hal serupa dalam diri orang yang menyaksikan Yesus mati secara mengerikan (ayat Luk 23:35-37). Juga kita melihatnya dalam sejarah penganiayaan orang percaya.
  2. 2) Kita menyaksikan hal ini dalam masyarakat modern juga, sementara berjuta-juta orang dewasa dan anak-anak mendapatkan kesenangan dan hiburan melalui televisi dan media lainnya yang menggambarkan penderitaan manusia, darah, kekerasan, dan kematian

    (lihat cat. --> Rom 1:32).

    [atau ref. Rom 1:32]

  3. 3) Yesus mati untuk mengubah sikap demikian dan menimbulkan kasih dan kepedulian. Ia ingin agar kita melihat dampak dosa atas kehidupan manusia dengan pandangan yang penuh belas kasihan dan mendengarkan rintihan umat manusia yang menderita

    (lihat cat. --> Luk 13:16).

    [atau ref. Luk 13:16]

  4. 4) Orang-tua bertanggung jawab untuk menjaga dirinya sendiri dan keluarganya dari segala pengaruh yang akan menyebabkan mereka kebal terhadap kesakitan dan keparahan keadaan manusia

    (lihat cat. --> Mat 18:6).

    [atau ref. Mat 18:6]

Full Life: Luk 23:35 - MENGEJEK DIA. Nas : Luk 23:35 Lihat cat. --> Mat 27:39. [atau ref. Mat 27:39]

Nas : Luk 23:35

Lihat cat. --> Mat 27:39.

[atau ref. Mat 27:39]

Full Life: Luk 23:43 - FIRDAUS. Nas : Luk 23:43 Istilah "Firdaus" dipakai untuk menunjukkan sorga atau kehadiran Allah (bahwa "sorga" dan "Firdaus" menunjukkan tempat yang sama te...

Nas : Luk 23:43

Istilah "Firdaus" dipakai untuk menunjukkan sorga atau kehadiran Allah (bahwa "sorga" dan "Firdaus" menunjukkan tempat yang sama telah jelas dari 2Kor 12:2,4). Perkataan Yesus mengajarkan dengan jelas bahwa setelah kematian orang yang diselamatkan akan langsung ke hadirat Yesus dalam sorga.

Full Life: Luk 23:45 - TABIR BAIT SUCI TERBELAH. Nas : Luk 23:45 Lihat cat. --> Mat 27:51. [atau ref. Mat 27:51]

Nas : Luk 23:45

Lihat cat. --> Mat 27:51.

[atau ref. Mat 27:51]

Full Life: Luk 23:46 - YA BAPA, KE DALAM TANGANMU. Nas : Luk 23:46 Yesus dengan rela menyerahkan nyawa-Nya kepada kematian. Pada detik itu dalam Roh Ia pergi kepada Bapa-Nya di sorga (lih. Mazm 31:6...

Nas : Luk 23:46

Yesus dengan rela menyerahkan nyawa-Nya kepada kematian. Pada detik itu dalam Roh Ia pergi kepada Bapa-Nya di sorga (lih. Mazm 31:6).

Full Life: Luk 23:46 - KUSERAHKAN NYAWA-KU. Nas : Luk 23:46 Lihat cat. --> Mat 27:50. [atau ref. Mat 27:50]

Nas : Luk 23:46

Lihat cat. --> Mat 27:50.

[atau ref. Mat 27:50]

BIS: Luk 23:34 - -- Dalam beberapa naskah tidak ada ayat 34.

Dalam beberapa naskah tidak ada ayat 34.

Jerusalem: Luk 22:1--23:56 - -- Dalam seluruh kisah tentang sengsara Yesus ini Lukas tidak begitu tergantung pada Markus dari pada di bagian-bagian injil lain. Sebaliknya ada banyak ...

Dalam seluruh kisah tentang sengsara Yesus ini Lukas tidak begitu tergantung pada Markus dari pada di bagian-bagian injil lain. Sebaliknya ada banyak keserupaan antara Lukas dan Yohanes, yang agaknya memakai sumber yang sama.

Jerusalem: Luk 23:1-7 - -- Cerita Lukas ini jauh lebih terperinci dan dramatis dari cerita Markus dan Matius. Demikian disiapkan cerita panjang yang disajikan Yohanes.

Cerita Lukas ini jauh lebih terperinci dan dramatis dari cerita Markus dan Matius. Demikian disiapkan cerita panjang yang disajikan Yohanes.

Jerusalem: Luk 23:8-12 - -- Hanya Lukas menyajikan cerita ini. Barangkali Lukas mendapat informasi ini dari "Menahem yang diasuh bersama dengan raja-wilayah Herodes", Kis 13:1. B...

Hanya Lukas menyajikan cerita ini. Barangkali Lukas mendapat informasi ini dari "Menahem yang diasuh bersama dengan raja-wilayah Herodes", Kis 13:1. Bukan hal yang luar biasa bahwa seorang pejabat Roma meminta nasehat pada orang lain, seperti di sini Pilatus meminta pendapat Herodes. Ada sementara ahli tafsir yang berpendapat bahwa cerita ini diciptakan oleh jemaat atas dasar Maz 2:1-2. Tetapi hal itu tidaklah mungkin. Ayat-ayat Mazmur itu terlalu kabur. Sebaliknya kejadian nyata menyebabkan jemaat mengetrapkan Maz 2:1-2 pada peristiwa itu, Kis 4:27.

Jerusalem: Luk 23:11 - jubah kebesaran Ini pakaian kebesaran Herodes mencemoohkan Yesus yang mengaku diriNya raja. Luk 23:3.

Ini pakaian kebesaran Herodes mencemoohkan Yesus yang mengaku diriNya raja. Luk 23:3.

Jerusalem: Luk 23:17 - -- Kebanyakan naskah tidak memuat ayat ini; kiranya tidak asli, bdk Mat 27:15 dsj.

Kebanyakan naskah tidak memuat ayat ini; kiranya tidak asli, bdk Mat 27:15 dsj.

Jerusalem: Luk 23:22 - -- Sama seperti Yohanes Lukas menekankan bahwa Pilatus ingin (Luk 23:20) melepaskan Yesus; sampai tiga kali Lukas mencatat bahwa wali negeri menyatakan Y...

Sama seperti Yohanes Lukas menekankan bahwa Pilatus ingin (Luk 23:20) melepaskan Yesus; sampai tiga kali Lukas mencatat bahwa wali negeri menyatakan Yesus tidak bersalah (Luk 23:14,15,22), bdk Yoh 18:38; Yoh 19:4,6

Jerusalem: Luk 23:22 - menghajar BDK Luk 23:16 Lukas tidak melukiskan siksaan ini, yang sama dengan "penyesalan" yang digambarkan Mat 27:27-31 dst. Dan berbeda dengan Matius dan Marku...

BDK Luk 23:16 Lukas tidak melukiskan siksaan ini, yang sama dengan "penyesalan" yang digambarkan Mat 27:27-31 dst. Dan berbeda dengan Matius dan Markus Lukas (dan Yohanes) berkata tentang suatu hukuman tersendiri yang mendahului keputusan dan yang bermaksud menghindarkan keputusan itu.

Jerusalem: Luk 23:27 - banyak perempuan Talmud memberitahukan tentang suatu adat di Yerusalem bahwa perempuan-perempuan terkemuka menyediakan minuman pembius lalu membawanya kepada orang yan...

Talmud memberitahukan tentang suatu adat di Yerusalem bahwa perempuan-perempuan terkemuka menyediakan minuman pembius lalu membawanya kepada orang yang dihukum mati.

Jerusalem: Luk 23:31 - -- Kalau orang membakar kayu hidup (ialah Yesus) yang tidak boleh dibakar, apa gerangan akan dibuat dengan kayu kering (ialah mereka yang sesungguhnya be...

Kalau orang membakar kayu hidup (ialah Yesus) yang tidak boleh dibakar, apa gerangan akan dibuat dengan kayu kering (ialah mereka yang sesungguhnya bersalah)?

Jerusalem: Luk 23:33-49 - -- Kalau cerita Lukas ini dibandingkan dengan cerita Markus dan Matius, maka jelaslah bahwa Lukas berhasil memperlunak kekejaman: orang banyak, Luk 23:27...

Kalau cerita Lukas ini dibandingkan dengan cerita Markus dan Matius, maka jelaslah bahwa Lukas berhasil memperlunak kekejaman: orang banyak, Luk 23:27,35,48, lebih ingin tahu saja daripada bermusuh dan akhirnya malah menyesal, Luk 23:48; Yesus tidak mengucapkan kata yang nampaknya kata putus harapan ini: AllahKu, AllahKu, mengapa Engkau meninggalkan Aku; sampai akhir Yesus melakukan karyaNya ialah mengampuni dosa, Luk 23:34,39-43; Yesus wafat dengan "menyerahkan nyawaNya ke dalam tangan Bapa".

Jerusalem: Luk 23:34 - -- Meskipun beberapa naskah penting tidak memuat ayat ini, namun perlu dipertahankan sebagai asli

Meskipun beberapa naskah penting tidak memuat ayat ini, namun perlu dipertahankan sebagai asli

Jerusalem: Luk 23:34 - apa yang mereka perbuat Perkataan Yesus ini mengingatkan Yes 53:12. Dalam Kis 3:17; Kis 13:27; 1Ko 2:8, juga dikatakan bahwa mereka yang membunuh Yesus tidak tahu apa yang me...

Perkataan Yesus ini mengingatkan Yes 53:12. Dalam Kis 3:17; Kis 13:27; 1Ko 2:8, juga dikatakan bahwa mereka yang membunuh Yesus tidak tahu apa yang mereka perbuat. Diaken Stefanus mengucapkan doa yang serupa, Kis 7:60, dan dengan demikian menurut teladan Yesus serta semua muridNya, 1Pe 2:23; bdk Mat 18:21-22+.

Jerusalem: Luk 23:39 - Kristus Penjahat yang baik mengatakanNya "Raja", Luk 23:42. Seluruh perkara Yesus di hadapan pengadilan Yahudi dan Romawi mengenai kedua gelar itu, yang satu ...

Penjahat yang baik mengatakanNya "Raja", Luk 23:42. Seluruh perkara Yesus di hadapan pengadilan Yahudi dan Romawi mengenai kedua gelar itu, yang satu sebuah gelar keagamaan dan yang lain sebuah gelar politik.

Jerusalem: Luk 23:42 - sebagai Raja Harafiah: ke dalam KerajaanMu, ialah untuk menegakkannya. Var: bersama dengan KerajaanMu, ialah dengan memiliki (martabat) KerajaanMu.

Harafiah: ke dalam KerajaanMu, ialah untuk menegakkannya. Var: bersama dengan KerajaanMu, ialah dengan memiliki (martabat) KerajaanMu.

Jerusalem: Luk 23:44-45 - -- Gejala-gejala dalam alam yang menyertai kematian Yesus ini lazimnya menyertai "Hari Yahwe", bdk Mat 27:51+.

Gejala-gejala dalam alam yang menyertai kematian Yesus ini lazimnya menyertai "Hari Yahwe", bdk Mat 27:51+.

Jerusalem: Luk 23:54 - dan sabat hampir mulai Boleh diterjemahkan juga: dan sabat mulai bersinar. Kalau demikian maka barangkali disinggunglah adat Yahudi bahwa pada permulaan hari Sabat, Jumat pe...

Boleh diterjemahkan juga: dan sabat mulai bersinar. Kalau demikian maka barangkali disinggunglah adat Yahudi bahwa pada permulaan hari Sabat, Jumat petang, lampu-lampu dinyalakan.

Ende: Luk 23:7 - Herodes Ini Herodes Antipas, radja Galilea. Lih. Luk 3:1; 3:19; 13:31-33.

Ini Herodes Antipas, radja Galilea. Lih. Luk 3:1; 3:19; 13:31-33.

Ende: Luk 23:11 - Mantol kebesaran Ini tentu sadja indah benar, sebab jang demikian biasa dipakai oleh putera-putera radja pada pesta-pesta. Herodes hendak memperolok-olokkan Jesus, seb...

Ini tentu sadja indah benar, sebab jang demikian biasa dipakai oleh putera-putera radja pada pesta-pesta. Herodes hendak memperolok-olokkan Jesus, sebab ia menurut perasaannja "berlagak" sebagai radja orang Jahudi.

Ende: Luk 23:22 - MelepaskanNja Lk. dan Jo. Mengemukakan, bahwa Pilatus sampai tiga kali berniat melepaskan Jesus, sebab ia tidak mendapat satu kesalahanpun padaNja. Bdl. Yoh 18:36 d...

Lk. dan Jo. Mengemukakan, bahwa Pilatus sampai tiga kali berniat melepaskan Jesus, sebab ia tidak mendapat satu kesalahanpun padaNja. Bdl. Yoh 18:36 dan Yoh 19:4 dan Yoh 19:6.

Ende: Luk 23:27 - Sedjumlah besar Lk. hendak mengesankan, bahwa bukan semua orang Jerusalem bentji atau bersikap tak-atjuh terhadap Jesus.

Lk. hendak mengesankan, bahwa bukan semua orang Jerusalem bentji atau bersikap tak-atjuh terhadap Jesus.

Ende: Luk 23:29 - -- Jesus menjapa wanita-wanita itu dengan "puteri Jerusalem". Dalam perkataan itu dan dalam sabda jang berikut, Jesus tentu ingat akan kerobohan Jerusale...

Jesus menjapa wanita-wanita itu dengan "puteri Jerusalem". Dalam perkataan itu dan dalam sabda jang berikut, Jesus tentu ingat akan kerobohan Jerusalem. Ingatlah Luk 19:44 dan Luk 21:23.

Ende: Luk 23:31 - Kaju hidup ialah jang masih berguna untuk menghasilkan buah-buah.

ialah jang masih berguna untuk menghasilkan buah-buah.

Ende: Luk 23:31 - Kaju kering ialah ibarat orang Jahudi, jang sudah rapuh agamanja dan tak mungkin membuahkan apa-apa jang masih bernilai

ialah ibarat orang Jahudi, jang sudah rapuh agamanja dan tak mungkin membuahkan apa-apa jang masih bernilai

Ende: Luk 23:33 - Tengkorak Mt. dan Mk. Menjebutnja "Golgota", jang memang berarti tengkorak. Rupanja demikian bentuk puntjak bukit itu.

Mt. dan Mk. Menjebutnja "Golgota", jang memang berarti tengkorak. Rupanja demikian bentuk puntjak bukit itu.

Ende: Luk 23:34 - -- Dalam sengsara Jesus, Lukas suka menondjolkan djuga tjinta-kasih dan murah hati Jesus, jang lebih ingat akan penderitaan orang lain dari pada Dirinja ...

Dalam sengsara Jesus, Lukas suka menondjolkan djuga tjinta-kasih dan murah hati Jesus, jang lebih ingat akan penderitaan orang lain dari pada Dirinja sendiri (27-31), memberi ampun kepada para penjiksaNja (34 ini), dan betapa halus sabdaNja kepada si "pendjahat", jang tersalib bersama denganNja, tetapi luhur hati dan bertobat. (40-43).

Ende: Luk 23:35 - Pilihan Bdl. Luk 9:35. Sama artinja dengan "Jang diurapi" dalam Luk 2:26.

Bdl. Luk 9:35. Sama artinja dengan "Jang diurapi" dalam Luk 2:26.

Ende: Luk 23:36 - Tjuka Sebenarnja anggur asam jang menjegarkan.

Sebenarnja anggur asam jang menjegarkan.

Ende: Luk 23:44 - Pukul keenam antara djam 12 dan 15; "pukul kesembilan : antara djam 15 dan 18.

antara djam 12 dan 15; "pukul kesembilan : antara djam 15 dan 18.

Ende: Luk 23:54 - Hari persediaan ialah hari mendjelang Sabat, jang berachir dengan terbenamnja matahari. Pada ketika matahari terbenam Sabat mulai.

ialah hari mendjelang Sabat, jang berachir dengan terbenamnja matahari. Pada ketika matahari terbenam Sabat mulai.

Ref. Silang FULL: Luk 23:2 - bangsa kami // kepada Kaisar // yaitu Raja · bangsa kami: Luk 23:14 · kepada Kaisar: Luk 20:22 · yaitu Raja: Yoh 19:12

· bangsa kami: Luk 23:14

· kepada Kaisar: Luk 20:22

· yaitu Raja: Yoh 19:12

Ref. Silang FULL: Luk 23:4 - orang ini · orang ini: Luk 23:14,22,41; Mat 27:23; Yoh 18:38; 1Tim 6:13; 2Kor 5:21; 2Kor 5:21

· orang ini: Luk 23:14,22,41; Mat 27:23; Yoh 18:38; 1Tim 6:13; 2Kor 5:21; [Lihat FULL. 2Kor 5:21]

Ref. Silang FULL: Luk 23:5 - di Galilea · di Galilea: Mr 1:14

· di Galilea: Mr 1:14

Ref. Silang FULL: Luk 23:6 - seorang Galilea · seorang Galilea: Luk 22:59

· seorang Galilea: Luk 22:59

Ref. Silang FULL: Luk 23:7 - menghadap Herodes · menghadap Herodes: Mat 14:1; Mat 14:1

· menghadap Herodes: Mat 14:1; [Lihat FULL. Mat 14:1]

Ref. Silang FULL: Luk 23:8 - ingin melihat-Nya · ingin melihat-Nya: Luk 9:9

· ingin melihat-Nya: Luk 9:9

Ref. Silang FULL: Luk 23:9 - jawaban apapun · jawaban apapun: Mr 14:61; Mr 14:61

· jawaban apapun: Mr 14:61; [Lihat FULL. Mr 14:61]

Ref. Silang FULL: Luk 23:11 - mengenakan jubah · mengenakan jubah: Mr 15:17-19; Yoh 19:2,3

· mengenakan jubah: Mr 15:17-19; Yoh 19:2,3

Ref. Silang FULL: Luk 23:12 - juga bersahabatlah · juga bersahabatlah: Kis 4:27

· juga bersahabatlah: Kis 4:27

Ref. Silang FULL: Luk 23:14 - tuduhkan kepada-Nya · tuduhkan kepada-Nya: Luk 23:4; Luk 23:4

· tuduhkan kepada-Nya: Luk 23:4; [Lihat FULL. Luk 23:4]

Ref. Silang FULL: Luk 23:16 - menghajar Dia · menghajar Dia: Luk 23:22; Mat 27:26; Yoh 19:1; Kis 16:37; 2Kor 11:23,24

Ref. Silang FULL: Luk 23:18 - bagi kami · bagi kami: Kis 3:13,14

· bagi kami: Kis 3:13,14

Ref. Silang FULL: Luk 23:22 - lalu melepaskan-Nya · lalu melepaskan-Nya: Luk 23:16

· lalu melepaskan-Nya: Luk 23:16

Ref. Silang FULL: Luk 23:26 - dari Kirene // mengikuti Yesus · dari Kirene: Mat 27:32; Mat 27:32 · mengikuti Yesus: Mr 15:21; Yoh 19:17

· dari Kirene: Mat 27:32; [Lihat FULL. Mat 27:32]

· mengikuti Yesus: Mr 15:21; Yoh 19:17

Ref. Silang FULL: Luk 23:27 - dan meratapi · dan meratapi: Luk 8:52

· dan meratapi: Luk 8:52

Ref. Silang FULL: Luk 23:28 - dan anak-anakmu · dan anak-anakmu: Luk 19:41-44; 21:23,24

· dan anak-anakmu: Luk 19:41-44; 21:23,24

Ref. Silang FULL: Luk 23:29 - pernah menyusui · pernah menyusui: Mat 24:19

· pernah menyusui: Mat 24:19

Ref. Silang FULL: Luk 23:30 - Timbunilah kami · Timbunilah kami: Hos 10:8; Yes 2:19; Wahy 6:16

· Timbunilah kami: Hos 10:8; Yes 2:19; Wahy 6:16

Ref. Silang FULL: Luk 23:31 - kayu kering · kayu kering: Yeh 20:47

· kayu kering: Yeh 20:47

Ref. Silang FULL: Luk 23:32 - dihukum mati · dihukum mati: Yes 53:12; Mat 27:38; Mr 15:27; Yoh 19:18

· dihukum mati: Yes 53:12; Mat 27:38; Mr 15:27; Yoh 19:18

Ref. Silang FULL: Luk 23:34 - Ya Bapa // mereka perbuat // membuang undi · Ya Bapa: Mat 11:25; Mat 11:25 · mereka perbuat: Mat 5:44; Mat 5:44 · membuang undi: Mazm 22:19

· Ya Bapa: Mat 11:25; [Lihat FULL. Mat 11:25]

· mereka perbuat: Mat 5:44; [Lihat FULL. Mat 5:44]

· membuang undi: Mazm 22:19

Ref. Silang FULL: Luk 23:35 - mengejek Dia // dipilih Allah · mengejek Dia: Mazm 22:18 · dipilih Allah: Yes 42:1

· mengejek Dia: Mazm 22:18

· dipilih Allah: Yes 42:1

Ref. Silang FULL: Luk 23:36 - mengolok-olokkan Dia // anggur asam · mengolok-olokkan Dia: Mazm 22:8 · anggur asam: Mazm 69:22; Mat 27:48

· mengolok-olokkan Dia: Mazm 22:8

· anggur asam: Mazm 69:22; Mat 27:48

Ref. Silang FULL: Luk 23:37 - orang Yahudi · orang Yahudi: Luk 4:3,9

· orang Yahudi: Luk 4:3,9

Ref. Silang FULL: Luk 23:38 - orang Yahudi · orang Yahudi: Mat 2:2; Mat 2:2

· orang Yahudi: Mat 2:2; [Lihat FULL. Mat 2:2]

Ref. Silang FULL: Luk 23:39 - dan kami · dan kami: Luk 23:35,37

· dan kami: Luk 23:35,37

Ref. Silang FULL: Luk 23:41 - yang salah · yang salah: Luk 23:4; Luk 23:4

· yang salah: Luk 23:4; [Lihat FULL. Luk 23:4]

Ref. Silang FULL: Luk 23:42 - sebagai Raja · sebagai Raja: Mat 16:27; Mat 16:27

· sebagai Raja: Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27]

Ref. Silang FULL: Luk 23:43 - dalam Firdaus · dalam Firdaus: 2Kor 12:3,4; Wahy 2:7

· dalam Firdaus: 2Kor 12:3,4; Wahy 2:7

Ref. Silang FULL: Luk 23:44 - jam tiga · jam tiga: Am 8:9

· jam tiga: Am 8:9

Ref. Silang FULL: Luk 23:45 - Bait Suci // terbelah dua · Bait Suci: Kel 26:31-33; Ibr 9:3,8 · terbelah dua: Ibr 10:19,20

· Bait Suci: Kel 26:31-33; Ibr 9:3,8

· terbelah dua: Ibr 10:19,20

Ref. Silang FULL: Luk 23:46 - suara nyaring // Kuserahkan nyawa-Ku // menyerahkan nyawa-Nya · suara nyaring: Mat 27:50 · Kuserahkan nyawa-Ku: Mazm 31:6; 1Pet 2:23 · menyerahkan nyawa-Nya: Yoh 19:30

· suara nyaring: Mat 27:50

· Kuserahkan nyawa-Ku: Mazm 31:6; 1Pet 2:23

· menyerahkan nyawa-Nya: Yoh 19:30

Ref. Silang FULL: Luk 23:47 - memuliakan Allah · memuliakan Allah: Mat 9:8; Mat 9:8

· memuliakan Allah: Mat 9:8; [Lihat FULL. Mat 9:8]

Ref. Silang FULL: Luk 23:48 - memukul-mukul diri · memukul-mukul diri: Luk 18:13

· memukul-mukul diri: Luk 18:13

Ref. Silang FULL: Luk 23:49 - dari Galilea // berdiri jauh-jauh · dari Galilea: Luk 8:2 · berdiri jauh-jauh: Mazm 38:12

· dari Galilea: Luk 8:2

· berdiri jauh-jauh: Mazm 38:12

Ref. Silang FULL: Luk 23:51 - Kerajaan Allah · Kerajaan Allah: Luk 2:25,38

· Kerajaan Allah: Luk 2:25,38

Ref. Silang FULL: Luk 23:54 - hari persiapan · hari persiapan: Mat 27:62

· hari persiapan: Mat 27:62

Ref. Silang FULL: Luk 23:55 - dari Galilea · dari Galilea: Luk 23:49

· dari Galilea: Luk 23:49

Ref. Silang FULL: Luk 23:56 - minyak mur // hukum Taurat · minyak mur: Mr 16:1; Luk 24:1 · hukum Taurat: Kel 12:16; 20:10

· minyak mur: Mr 16:1; Luk 24:1

· hukum Taurat: Kel 12:16; 20:10

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Luk 18:31--23:56 - -- VI. Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56) Di sini Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-h...

VI. Penderitaan Sang Juruselamat (18:31-23:56)

Di sini Lukas memulai kisah yang sama dengan dua Injil Sinoptik lainnya, dan mulai menceritakan hari-hari terakhir kehidupan Yesus. Seluruh bagian ini harus dipandang dari sudut kematian Kristus, sekalipun tidak seluruh isinya terkait langsung dengan peristiwa tersebut. Kesengsaraan Kristus merupakan tema yang tersembunyi dari semua perumpamaan, mukjizat dan perdebatan di dalam bagian ini.

Wycliffe: Luk 23:2 - Mereka mulai menuduh Dia 2. Mereka mulai menuduh Dia. Tuduhan yang dilontarkan kepada-Nya oleh para imam dianggap untuk memberatkan Tahanan itu di hadapan pengadilan Romawi, s...

2. Mereka mulai menuduh Dia. Tuduhan yang dilontarkan kepada-Nya oleh para imam dianggap untuk memberatkan Tahanan itu di hadapan pengadilan Romawi, sebab pelanggaran terhadap hukum Musa tidak ada artinya bagi Pilatus. Kepalsuan mereka sudah ditunjukkan melalui penyajian menyeluruh kehidupan dan ajaran Kristus di sepanjang Injil ini.

Wycliffe: Luk 23:3 - Engkaukah Raja orang Yahudi? 3. Engkaukah Raja orang Yahudi? Pilatus terkejut bahwa orang yang demikian sederhana seperti Yesus bisa mengklaim diri-Nya Raja. Lukas tidak mencerita...

3. Engkaukah Raja orang Yahudi? Pilatus terkejut bahwa orang yang demikian sederhana seperti Yesus bisa mengklaim diri-Nya Raja. Lukas tidak menceritakan seluruh proses persidangan, tetapi hanya keputusannya.

Wycliffe: Luk 23:4 - Aku tidak mendapat kesalahan apapun pada orang ini 4. Aku tidak mendapat kesalahan apapun pada orang ini. Pilatus tidak mengeluarkan suatu pernyataan tentang ketidakberdosaan Tahanan itu, dia hanya men...

4. Aku tidak mendapat kesalahan apapun pada orang ini. Pilatus tidak mengeluarkan suatu pernyataan tentang ketidakberdosaan Tahanan itu, dia hanya mengatakan bahwa Yesus tidak melakukan suatu tindakan yang melanggar hukum.

Wycliffe: Luk 23:5 - Galilea 5. Galilea selalu merupakan pusat keributan dan pemberontakan.

5. Galilea selalu merupakan pusat keributan dan pemberontakan.

Wycliffe: Luk 23:7 - Wilayah Herodes // Yang pada waktu itu ada juga di Yerusalem 7. Wilayah Herodes. Pilatus tidak mempunyai kekuasaan langsung atas Galilea, karena sudah dijadikan bagian dari wilayah kekuasaan raja boneka yang ber...

7. Wilayah Herodes. Pilatus tidak mempunyai kekuasaan langsung atas Galilea, karena sudah dijadikan bagian dari wilayah kekuasaan raja boneka yang bernama Herodes. Pilatus sangat senang memperoleh kesempatan untuk memindahkan Tahanan yang membingungkan ini ke tangan orang lain. Yang pada waktu itu ada juga di Yerusalem. Herodes sebagai orang Yahudi nominal, berkewajiban untuk merayakan Paskah.

Wycliffe: Luk 23:8 - Ketika Herodes melihat Yesus, ia sangat girang 8. Ketika Herodes melihat Yesus, ia sangat girang. Ketenaran Yesus sudah terdengar oleh Herodes, dan telah membuatnya menjadi tertarik (9:9).

8. Ketika Herodes melihat Yesus, ia sangat girang. Ketenaran Yesus sudah terdengar oleh Herodes, dan telah membuatnya menjadi tertarik (9:9).

Wycliffe: Luk 23:9 - Yesus tidak memberi jawab apapun 9. Yesus tidak memberi jawab apapun. Yesus tidak takut terhadap Herodes, Dia tidak bersedia menjawab pertanyaan yang tidak perlu. Bagi Herodes seluruh...

9. Yesus tidak memberi jawab apapun. Yesus tidak takut terhadap Herodes, Dia tidak bersedia menjawab pertanyaan yang tidak perlu. Bagi Herodes seluruh peristiwa ini merupakan sebuah lelucon besar.

Wycliffe: Luk 23:11 - Jubah kebesaran 11. Jubah kebesaran yang dipakaikannya kepada Yesus mungkin merupakan jubah Herodes yang tidak dipakai lagi dan dilakukan oleh Herodes untuk mengejek ...

11. Jubah kebesaran yang dipakaikannya kepada Yesus mungkin merupakan jubah Herodes yang tidak dipakai lagi dan dilakukan oleh Herodes untuk mengejek Yesus yang mengaku diri-Nya raja.

Wycliffe: Luk 23:12 - Pada hari itu juga bersahabatlah Herodes dan Pilatus 12. Pada hari itu juga bersahabatlah Herodes dan Pilatus. Tindakan Pilatus mengakui kepemimpinan Herodes telah meredakan ketegangan akibat persaingan ...

12. Pada hari itu juga bersahabatlah Herodes dan Pilatus. Tindakan Pilatus mengakui kepemimpinan Herodes telah meredakan ketegangan akibat persaingan di antara kedua pejabat ini.

Wycliffe: Luk 23:15 - Tidak ada suatu apapun yang dilakukan-Nya yang setimpal dengan hukuman mati 15. Tidak ada suatu apapun yang dilakukan-Nya yang setimpal dengan hukuman mati. Pilatus siap untuk membebaskan Yesus dalam kasus ini.

15. Tidak ada suatu apapun yang dilakukan-Nya yang setimpal dengan hukuman mati. Pilatus siap untuk membebaskan Yesus dalam kasus ini.

Wycliffe: Luk 23:16 - Menghajar Dia 16. Menghajar Dia. Pilatus mengusulkan sebuah penyesahan "untuk memberi Dia sedikit pelajaran."

16. Menghajar Dia. Pilatus mengusulkan sebuah penyesahan "untuk memberi Dia sedikit pelajaran."

Wycliffe: Luk 23:17 - Ia wajib melepaskan seorang bagi mereka 17. Ia wajib melepaskan seorang bagi mereka. Adalah kebiasaan dari gubernur Romawi untuk membebaskan satu tahanan politik pada hari Paskah sebagai had...

17. Ia wajib melepaskan seorang bagi mereka. Adalah kebiasaan dari gubernur Romawi untuk membebaskan satu tahanan politik pada hari Paskah sebagai hadiah perdamaian kepada bangsa itu (lihat Yoh. 18:39).

Wycliffe: Luk 23:18 - Lepaskanlah Barabas bagi kami. Barabas 18. Lepaskanlah Barabas bagi kami. Barabas dalam bahasa Aram artinya putra sang ayah.

18. Lepaskanlah Barabas bagi kami. Barabas dalam bahasa Aram artinya putra sang ayah.

Wycliffe: Luk 23:19 - Dimasukkan ke dalam penjara berhubung dengan suatu pemberontakan 19. Dimasukkan ke dalam penjara berhubung dengan suatu pemberontakan. Barabas adalah seorang penjahat, mungkin anggota kelompok orang Zelot Galilea ya...

19. Dimasukkan ke dalam penjara berhubung dengan suatu pemberontakan. Barabas adalah seorang penjahat, mungkin anggota kelompok orang Zelot Galilea yang tertangkap ketika mengadakan suatu pemberontakan (bdg. Yoh. 18:40).

Wycliffe: Luk 23:26 - Simon dari Kirene 26. Simon dari Kirene. Orang Yahudi dari Kirene mempunyai rumah ibadat sendiri di Yerusalem (Kis. 6:9). Simon telah menginap di luar kota dan sedang m...

26. Simon dari Kirene. Orang Yahudi dari Kirene mempunyai rumah ibadat sendiri di Yerusalem (Kis. 6:9). Simon telah menginap di luar kota dan sedang menuju ke kota untuk melaksanakan ibadah hari itu. Pengawal menangkap dan memaksa dia untuk ikut memikul salib Yesus. Biasanya seorang tahanan memikul sendiri salibnya, tetapi Tuhan kita tidak mampu melakukannya karena sudah terlalu lelah oleh berbagai ketegangan sebelumnya.

Wycliffe: Luk 23:27 - Sejumlah besar orang ... yang menangisi dan meratapi Dia 27. Sejumlah besar orang ... yang menangisi dan meratapi Dia. ,Hanya Lukas yang menceritakan peristiwa ini. Seluruh proses pengadilan sudah selesai se...

27. Sejumlah besar orang ... yang menangisi dan meratapi Dia. ,Hanya Lukas yang menceritakan peristiwa ini. Seluruh proses pengadilan sudah selesai sebelum para sahabat Kristus menyadari apa yang terjadi untuk dapat melancarkan protes.

Wycliffe: Luk 23:28 - Tangisilah dirimu sendiri dan anak-anakmu 28. Tangisilah dirimu sendiri dan anak-anakmu. Tuhan meramalkan kehancuran kota itu serta berbagai kesengsaraan yang akan menimpa penduduknya.

28. Tangisilah dirimu sendiri dan anak-anakmu. Tuhan meramalkan kehancuran kota itu serta berbagai kesengsaraan yang akan menimpa penduduknya.

Wycliffe: Luk 23:31 - Jikalau orang berbuat demikian dengan kayu hidup 31. Jikalau orang berbuat demikian dengan kayu hidup. Dia mengutip sebuah amsal yang sedang terkenal ketika itu. Penerapannya berarti bahwa jika ketid...

31. Jikalau orang berbuat demikian dengan kayu hidup. Dia mengutip sebuah amsal yang sedang terkenal ketika itu. Penerapannya berarti bahwa jika ketidakadilan semacam itu dapat dikenakan kepada orang yang tidak bersalah pada masa damai, apa yang akan menimpa penduduk kota itu pada masa perang?

Wycliffe: Luk 23:32 - Penjahat 32. Penjahat. Matius menyebut mereka berdua "penyamun" (27:44).

32. Penjahat. Matius menyebut mereka berdua "penyamun" (27:44).

Wycliffe: Luk 23:33 - Di tempat yang bernama Tengkorak 33. Di tempat yang bernama Tengkorak (Kalvari). Lokasi persisnya tempat ini tidak diketahui. Semua tanda sudah dimusnahkan bersama dengan kota itu, se...

33. Di tempat yang bernama Tengkorak (Kalvari). Lokasi persisnya tempat ini tidak diketahui. Semua tanda sudah dimusnahkan bersama dengan kota itu, sehingga pengindentifikasian menjadi mustahil. Tempat pelaksanaan hukuman adalah di luar tembok kota, dekat jalan raya yang banyak dilalui orang. Pendapat dewasa ini terpecah di antara yang beranggapan bahwa tempat itu adalah di Gereja Makam Kudus, atau di Kalvari Gordon, di utara Gerbang Damaskus. Kalvari (Latin) atau Golgota (Aram) berarti "tengkorak." Bukit tersebut rupanya dinamakan demikian karena bentuk tanahnya yang mirip sebuah tengkorak, atau mungkin karena tulang-tulang berserakan di situ. Alternatif kedua berkemungkinan lebih kecil mengingat keberatan orang Yahudi apabila mayat-mayat tidak dikubur.

Wycliffe: Luk 23:34 - Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya 34. Seperti halnya satu atau dua ayat sebelumnya (22:19, 43) ayat ini tidak terdapat di dalam beberapa naskah terbaik. Sebagaimana teks-teks lain yang...

34. Seperti halnya satu atau dua ayat sebelumnya (22:19, 43) ayat ini tidak terdapat di dalam beberapa naskah terbaik. Sebagaimana teks-teks lain yang diperselisihkan, kata-katanya pasti merupakan ucapan asli Tuhan Yesus. Lebih sulit untuk menjelaskan mengapa ayat ini tidak dicantumkan ketimbang menjelaskan mengapa ayat ini dicantumkan. Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya. Pakaian dari tahanan yang dihukum mati menjadi milik pasukan yang mengawal pelaksanaan hukuman tersebut. Serban, sandal. ikat pinggang mantel dan jubah berarti ada lima barang yang diundikan. Barang ke lima, yaitu jubah, harus dibagi menjadi empat bagian apabila harus dibagi dengan adil tetapi jika demikian maka jubah itu tidak bisa dipakai lagi, sehingga satu-satunya jalan ialah mengundi seluruh jubah itu.

Wycliffe: Luk 23:36 - Mengunjukkan anggur asam kepada-Nya // dengan 36. Mengunjukkan anggur asam kepada-Nya. Para prajurit meminum anggur asam yang murah harganya, yang rasanya mirip dengan cuka yang terbuat dari anggu...

36. Mengunjukkan anggur asam kepada-Nya. Para prajurit meminum anggur asam yang murah harganya, yang rasanya mirip dengan cuka yang terbuat dari anggur.

Wycliffe: Luk 23:38 - Ada juga tulisan di atas kepala-Nya // Inilah // Raja orang Yahudi 38. Ada juga tulisan di atas kepala-Nya. Kejahatan Yang dilakukan oleh terhukum dituliskan pada sebuah papan yang digantungkan di leher atau dipakukan...

38. Ada juga tulisan di atas kepala-Nya. Kejahatan Yang dilakukan oleh terhukum dituliskan pada sebuah papan yang digantungkan di leher atau dipakukan pada kayu salib di atas kepala-Nya. Catatan-catatan Injil mengenai apa yang tertulis berbeda-beda (bdg. Mat. 27:37; Mrk.15:26: Yoh. 19:19). dan mungkin kata-katanya agak berbeda waktu muncul dalam bahasa yang berbeda. Secara lengkap tulisan tersebut mungkin berbunyi, Inilah Yesus dari Nazaret, Raja orang Yahudi.

Wycliffe: Luk 23:39 - Bukankah Engkau adalah Kristus? 39. Bukankah Engkau adalah Kristus? Penjahat yang pertama ini sungguh sarkastis.

39. Bukankah Engkau adalah Kristus? Penjahat yang pertama ini sungguh sarkastis.

Wycliffe: Luk 23:42 - Yesus, ingatlah akan aku apabila Engkau datang sebagai Raja // Berkata 42. Yesus, ingatlah akan aku apabila Engkau datang sebagai Raja. Nada dari permohonan ini berbeda sama sekali dengan ucapan mengejek yang dilontarkan ...

42. Yesus, ingatlah akan aku apabila Engkau datang sebagai Raja. Nada dari permohonan ini berbeda sama sekali dengan ucapan mengejek yang dilontarkan penjahat yang pertama. Penjahat kedua ini menunjukkan keyakinan yang menakjubkan kepada Yesus: sebab dia melihat Kristus sedang sekarat di kayu salib, tetapi toh dia percaya bahwa Kristus akan datang sebagai Raja. Berkata (Yunani: elegen) ditulis dalam bentuk waktu imperfect yang berarti bahwa permohonan ini diajukan berulang-ulang.

Wycliffe: Luk 23:43 - Firdaus 43. Firdaus merupakan istilah Persia kuno untuk sebuah taman atau tempat yang indah. Istilah itu kemudian menjadi nama untuk tempat tinggal Allah (bdg...

43. Firdaus merupakan istilah Persia kuno untuk sebuah taman atau tempat yang indah. Istilah itu kemudian menjadi nama untuk tempat tinggal Allah (bdg. II Kor. 12:4).

Wycliffe: Luk 23:44 - Kegelapan 44. Kegelapan. Tertahannya sinar matahari tidak mungkin disebabkan oleh suatu gerhana, sebab mustahil ada gerhana matahari karena pada hari Paskah bul...

44. Kegelapan. Tertahannya sinar matahari tidak mungkin disebabkan oleh suatu gerhana, sebab mustahil ada gerhana matahari karena pada hari Paskah bulan sedang purnama.

Wycliffe: Luk 23:45 - Tabir Bait Suci terbelah dua 45. Tabir Bait Suci terbelah dua. Tabir yang digantungkan di bagian dalam Bait Suci, memisahkan Tempat Kudus di mana para imam melaksanakan tugas mere...

45. Tabir Bait Suci terbelah dua. Tabir yang digantungkan di bagian dalam Bait Suci, memisahkan Tempat Kudus di mana para imam melaksanakan tugas mereka, dan Tempat Maha Kudus di mana Allah hadir. Tabir tersebut dibuat dari rajutan yang tebal sehingga mustahil dikoyakkan oleh tenaga manusia. Peristiwa ini jelas bersifat adikodrati.

Wycliffe: Luk 23:46 - Kuserahkan nyawa-Ku 46. Kuserahkan nyawa-Ku. Dia menyerahkan nyawa-Nya kepada Bapa. Kematian-Nya adalah suatu penyerahan yang sadar dan sukarela.

46. Kuserahkan nyawa-Ku. Dia menyerahkan nyawa-Nya kepada Bapa. Kematian-Nya adalah suatu penyerahan yang sadar dan sukarela.

Wycliffe: Luk 23:47 - Kepala pasukan // orang benar 47. Kepala pasukan. Lihat tafsiran atas 7:2. Orang ini, seorang bukan Yahudi, sudah terbiasa menyaksikan berbagai jenis dan kondisi manusia. dan dia m...

47. Kepala pasukan. Lihat tafsiran atas 7:2. Orang ini, seorang bukan Yahudi, sudah terbiasa menyaksikan berbagai jenis dan kondisi manusia. dan dia mengakui bahwa Yesus adalah orang benar.

Wycliffe: Luk 23:50 - Yusuf, ... anggota Majelis Besar 50. Yusuf, ... anggota Majelis Besar. Yusuf dari Arimatea adalah anggota Sanhedrin yang tidak menyetujui hukuman mati bagi Yesus. Dia adalah seorang m...

50. Yusuf, ... anggota Majelis Besar. Yusuf dari Arimatea adalah anggota Sanhedrin yang tidak menyetujui hukuman mati bagi Yesus. Dia adalah seorang murid, dan mungkin ia tidak ada ketika sidang dilaksanakan: andaikata dia hadir pastilah dia sudah memberikan suara tidak setuju (ay. 51a).

Wycliffe: Luk 23:52 - Ia pergi menghadap Pilatus 52. Ia pergi menghadap Pilatus. Meminta mayat seorang penjahat yang dihukum mati akan langsung membuat Yusuf dicurigai. Dia menunjukkan keberaniannya ...

52. Ia pergi menghadap Pilatus. Meminta mayat seorang penjahat yang dihukum mati akan langsung membuat Yusuf dicurigai. Dia menunjukkan keberaniannya dengan mengajukan permohonan itu.

Wycliffe: Luk 23:53 - Mengapaninya dengan kain lenan 53. Mengapaninya dengan kain lenan. Kata kerja ini artinya dibungkus dengan ketat, dibungkus dengan cara dibalutkan. Kata ini hanya dipakai dalam Mat....

53. Mengapaninya dengan kain lenan. Kata kerja ini artinya dibungkus dengan ketat, dibungkus dengan cara dibalutkan. Kata ini hanya dipakai dalam Mat. 27:59; Yoh. 20:7 dan di sini. Kesimpulannya ialah bahwa tubuh Yesus itu tidak digeletakkan begitu saja di atas secarik kain lenan. tetapi bahwa Yusuf dengan para pembantunya, membungkus tubuh itu secara cermat seperti pembalut dengan rapi, dan menaruh mayat tersebut di kubur miliknya.

Wycliffe: Luk 23:54 - Hari itu adalah hari persiapan 54. Hari itu adalah hari persiapan. Menurut tradisi umum, Yesus meninggal pada hari Jumat siang, sebab persiapan untuk hari Sabat dimulai ketika matah...

54. Hari itu adalah hari persiapan. Menurut tradisi umum, Yesus meninggal pada hari Jumat siang, sebab persiapan untuk hari Sabat dimulai ketika matahari terbenam. Karena itu tubuh-Nya cepat-cepat dibaringkan di dalam kubur, dengan harapan bahwa upacara penguburan akan disempurnakan sesudah hari Sabat berlalu.

Wycliffe: Luk 23:55 - Perempuan-perempuan ... melihat kubur itu // memang 55. Perempuan-perempuan ... melihat kubur itu. Para wanita menyaksikan penguburan tersebut dan memperhatikan bagaimana tubuh itu dibaringkan. Mereka t...

55. Perempuan-perempuan ... melihat kubur itu. Para wanita menyaksikan penguburan tersebut dan memperhatikan bagaimana tubuh itu dibaringkan. Mereka tidak mungkin bisa keliru belakangan tentang letak kubur itu atau tentang kenyataan bahwa Dia memang dikuburkan.

Wycliffe: Luk 23:56 - Mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur 56. Mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. Berbagai jenis rempah-rempah dipergunakan untuk mengawetkan tubuh, dan juga merupakan tanda kasih...

56. Mereka menyediakan rempah-rempah dan minyak mur. Berbagai jenis rempah-rempah dipergunakan untuk mengawetkan tubuh, dan juga merupakan tanda kasih dan hormat kepada yang wafat itu.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Luk 23:1-12 - Kristus di Hadapan Pilatus dan Herodes; Kristus Dituduh dan Dihina Pasal ini melanjutkan dan mengakhiri kisah penderitaan dan kematian Kristus. Di sini diceritakan tentang: I. Bagaimana Ia disidangkan di hadap...

Matthew Henry: Luk 23:13-25 - Yesus Kembali di Hadapan Pilatus: Barabas Dibebaskan Yesus Kembali di Hadapan Pilatus: Barabas Dibebaskan (23:13-25) Di sini diceritakan bagaimana Yesus yang terkasih digiring oleh orang banyak dan di...

Matthew Henry: Luk 23:26-31 - Yesus Dibawa untuk Disalibkan Yesus Dibawa untuk Disalibkan (23:26-31) Di sini diceritakan tentang bagaimana Yesus yang terkasih, Anak Domba Allah itu, digiring untuk dikorbanka...

Matthew Henry: Luk 23:32-43 - Yesus Disalibkan Yesus Disalibkan (23:32-43) Dalam perikop ini diceritakan tentang: I. Beberapa penggalan kisah mengenai penderitaan Kristus yang juga terdapat ...

Matthew Henry: Luk 23:44-49 - Yesus Mati Yesus Mati (23:44-49) Ada tiga hal yang diceritakan dalam ayat-ayat di atas, yaitu: I. Proses kematian Kristus dipermuliakan melalui kejadian-k...

Matthew Henry: Luk 23:50-56 - Yesus Dikuburkan Yesus Dikuburkan (23:50-56) Di sini diceritakan mengenai penguburan Kristus, sebab Dia tidak hanya harus mati, tetapi juga harus diletakkan dalam d...

SH: Luk 23:1-12 - Ikut bertanggung jawab (Selasa, 3 April 2007) Ikut bertanggung jawab Betapa korupnya sistem pengadilan itu. Tak ada sedikit pun kesempatan untuk memperoleh keadilan yang sesungguhnya. Apalagi...

SH: Luk 23:1-12 - Di hadapan Pilatus. (Rabu, 7 April 2004) Di hadapan Pilatus. Mahkamah Sanhedrin memutuskan untuk menghukum mati Yesus. Tetapi mereka tidak memiliki kekuatan hukum untuk melakukannya...

SH: Luk 23:1-12 - Sikap Kristen terhadap ketidakadilan. Ketidakadilan dalam (Rabu, 19 April 2000) Sikap Kristen terhadap ketidakadilan. Ketidakadilan dalam pengadilan dunia dapat dipakai Tuhan untuk menggenapi rencana- rencana-Nya. Pilatus ...

SH: Luk 23:13-25 - Mengorbankan Yesus (Rabu, 4 April 2007) Mengorbankan Yesus Mengirimkan Yesus kepada Herodes ternyata tidak menyelesaikan masalah Pilatus, karena Herodes pun kemudian mengirimkan Yesus k...

SH: Luk 23:13-32 - Pengadilan rakyat. (Kamis, 8 April 2004) Pengadilan rakyat. Pilatus menyadari bahwa Yesus berasal dari Galilea. Kebetulan pada saat itu Herodes sedang berada di Yerusalem (ayat 7). ...

SH: Luk 23:13-32 - Asal bukan Yesus. Seringkali kita berpendapat bahwa puncak (Kamis, 20 April 2000) Asal bukan Yesus. Seringkali kita berpendapat bahwa puncak pemberontakan manusia terhadap Allah terjadi pada waktu Yesus tergantung di kayu sa...

SH: Luk 23:26-32 - Tangisi dirimu! (Kamis, 5 April 2007) Tangisi dirimu! Penjahat yang dijatuhi hukuman mati harus membawa sendiri salib yang berat itu ke tempat eksekusi. Begitulah Yesus seharusnya. Se...

SH: Luk 23:33-49 - Jumat Agung (Jumat, 6 April 2007) Jumat Agung Detik-detik kematian Yesus terus berjalan, makin mendekati waktunya. Dalam kesakitan yang Dia derita, Yesus masih memohon pengampunan...

SH: Luk 23:33-49 - Yesus disalib. (Jumat, 9 April 2004) Yesus disalib. Perjalanan ke penyaliban dilukiskan Lukas dengan jelas sekali (ayat 26-32). Perjalanan Yesus ke tempat penyaliban terhenti ...

SH: Luk 23:33-49 - Kematian Kristus dan kebutuhan manusia. Kematian Yesus (Jumat, 21 April 2000) Kematian Kristus dan kebutuhan manusia. Kematian Yesus bukanlah kematian yang sia-sia, yang dicari-cari atau pun konyol. Sebaliknya kematian-N...

SH: Luk 23:50-56 - Beranikah? (Sabtu, 7 April 2007) Beranikah? Selesai sudah! Yesus telah menghembuskan napas-Nya yang terakhir. Menurut peraturan Roma, orang yang mati disalib tidak perlu dik...

SH: Luk 23:50-56 - Yesus benar-benar mati. (Sabtu, 10 April 2004) Yesus benar-benar mati. Narasi berikut secara jelas melukiskan dan menginformasikan kepada kita bahwa Yesus tidak pingsan atau mati suri tet...

SH: Luk 23:50-56 - Tindakan sederhana mempunyai makna besar. Yusuf dari (Sabtu, 22 April 2000) Tindakan sederhana mempunyai makna besar. Yusuf dari Arimatea jarang disebut-sebut dalam Alkitab. Perannya baru nampak pada waktu penguburan Y...

SH: Luk 23:56--24:12 - Ia telah bangkit! (Minggu, 8 April 2007) Ia telah bangkit! Kebangkitan Kristus adalah fondasi bagi iman Kristen kita. Paulus mengatakan, "Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, mak...

SH: Luk 23:56--24:12 - Yesus bangkit! (Minggu, 11 April 2004) Yesus bangkit! Pagi-pagi benar pada hari Minggu perempuan-perempuan dengan rempah-rempah bergegas ke kuburan (ayat 1). Siapa mereka? Na...

SH: Luk 23:56--24:12 - Makna fakta kebangkitan. Peristiwa kebangkitan Yesus dari (Minggu, 23 April 2000) Makna fakta kebangkitan. Peristiwa kebangkitan Yesus dari antara orang mati adalah peristiwa yang sampai sekarang masih menjadi misteri. Tak s...

Topik Teologia: Luk 23:9 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

Topik Teologia: Luk 23:18 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

Topik Teologia: Luk 23:28 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Pandangan Yesus Atas Perjanjian Lama Kristus Memakai Perjanjian Lama Secara Otoritatif Yesus Me...

Topik Teologia: Luk 23:33 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Tubuh Manusia Yesus Memiliki Keterbatasan Jasmaniah Dia Merasakan Luk...

Topik Teologia: Luk 23:34 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

Topik Teologia: Luk 23:35 - -- Yesus Kristus Penggenapan Mat 27:39,41-42 Mar 15:31-32 Luk 23:35-36 Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Pekerj...

Topik Teologia: Luk 23:36 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus

Topik Teologia: Luk 23:39 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Kristus Mat 1:16 Mat 16:20 Mar 14:61 Luk 2:11 Luk 9:20 Luk 23:2 Luk 23:3...

Topik Teologia: Luk 23:40 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Memiliki Kesadaran Moral Mereka dengan Sah Merasakan Be...

Topik Teologia: Luk 23:41 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Memiliki Kesadaran Moral Mereka dengan Sah Merasakan Be...

Topik Teologia: Luk 23:42 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Yesus Mat 1:16 Mat 1:21 Mat 26:71 Mat 27:37 Luk 2:21 Luk 23:42 Yoh 1:45 Yoh 9:22 Yoh 20:31 ...

Topik Teologia: Luk 23:43 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Keselamatan Pertobatan Natur Pertobatan Pertobatan Diilustrasikan dalam Alkitab ...

Topik Teologia: Luk 23:46 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Kebapaan Allah Allah sebagai Bapa Yesus Kristus Mat 3:17 Mat 11:27 Mar 9:7 Mar 14:36 Luk 2:49 ...

Topik Teologia: Luk 23:50 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Tubuh Manusia Yesus Memiliki Keterbatasan Jasmaniah Dia Dikuburkan Lu...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Lukas (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Yesus, Juruselamat yang Ilahi dan Manusiawi Tanggal Penulisan: Tahun 60-63 M Latar Belakang Injil Lukas...

Full Life: Lukas (Garis Besar) Garis Besar I. Pendahuluan Injil Lukas (Luk 1:1-4) II. Kedatangan Juruselamat (Luk 1:5-2:52) A. Pem...

Matthew Henry: Lukas (Pendahuluan Kitab) Kita sekarang sedang memasuki karya seorang pemberita Injil lain bernama Lukas, yang menurut beberapa orang merupakan singkatan nama Lucilius. Menurut...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) Injil karangan Lukas Ciri khas yang ada pada injil ketiga berasal dari kepribadian pengarangnya yang sangat menarik. Kepribadian Lukas itu di mana-man...

Ende: Lukas (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN LUKAS KATA PENGANTAR Tentang pribadi pengarang Lukas dari semula terkenal sebagai pengarang Indjil ketiga dan Kisah Rasu...

Wycliffe: Lukas (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN LUKAS Injil menurut Lukas merupakan kisah paling lengkap tentang kehidupan Yesus yang masih bertahan sejak zaman rasuli. Injil ini dimaks...

Wycliffe: Lukas (Garis Besar) GARIS BESAR LUKAS I. Pendahuluan 1:1-4 II. Pemberitaan Tentang Juruselamat 1:5-2:52 A. Pemberitaan kepada Zakharia 1:5-25 ...

BIS: Lukas (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk I

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk Israel dan untuk seluruh umat manusia. Dalam bukunya ini Lukas menulis bahwa Yesus telah diberi tugas oleh Roh Tuhan untuk menyiarkan Kabar Baik dari Allah kepada orang miskin. Kabar Baik ini penuh dengan perhatian terhadap orang-orang dengan berbagai-bagai kebutuhan. Nampak pula suatu nada sukacita dalam buku Lukas ini, terutama pada pasal-pasal pertama mengenai kedatangan Yesus, kemudian pada bagian penutupnya juga mengenai terangkatnya Yesus naik ke surga. Kisah tentang tumbuhnya dan tersebarnya agama Kristen setelah Yesus naik ke surga diceritakan juga oleh penulis buku ini di dalam buku Kisah Rasul-rasul.

Bagian 2 dan 6 (lihat Isi buku di bawah ini) berisi banyak unsur cerita yang hanya terdapat dalam buku Kabar Baik ini. Misalnya, cerita tentang nyanyian para malaikat serta kunjungan para gembala pada saat kelahiran Yesus, Yesus di Rumah Tuhan ketika masih anak-anak, dan juga perumpa maan tentang Orang Samaria yang baik hati dan Anak yang hilang. Buku ini sangat menekankan juga hal doa, Roh Allah, peranan wanita dalam pelayanan Yesus dan pengampunan dosa oleh Allah.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Luk 1:1-4
  2.  Kelahiran dan masa kanak-kanak dari Yohanes Pembaptis dan Yesus
    Luk 1:5-2:52
  3.  Pelayanan Yohanes Pembaptis
    Luk 3:1-20
  4.  Baptisan Yesus dan cobaan terhadap diri-Nya
    Luk 3:21-4:13
  5.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat Galilea
    Luk 4:14-9:50
  6.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Luk 9:51-19:27
  7.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Luk 19:28-23:56
  8.  Kebangkitan Yesus dari kematian, penampakan diri-Nya
    dan terangkat-Nya ke surga
    Luk 24:1-53

Ajaran: Lukas (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelah

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelahiran-Nya sampai kepada kematian-Nya. Dan mengenal akan kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia yang sejati dan suci, penuh kesederhanaan dan ketulusan hati, sebagai teladan mereka dalam hidup kekristenan.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 62 SM.

Penerima : Theofilus (artinya sahabat Allah) Dan juga kepada orang-orang yang percaya pada Yesus.

Isi Kitab: Injil Lukas terdiri atas 24 pasal. Isi Injil ini menjelaskan kasih karunia Allah bagi segala bangsa. Orang-orang yang dipandang rendah oleh dunia, tidak dipandang rendah oleh Allah, seperti kaum wanita dan juga orang-orang miskin. Di dalam Injil ini juga nampak kesucian, kesederhanaan, dan keluhuran budi Tuhan Yesus sebagai manusia sejati. Bagi orang Kristen Tuhan Yesus adalah satu-satunya teladan sempurna. Karena itu, orang Kristen dipanggil untuk hidup seperti Yesus hidup.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Lukas

  1. _Bagian Pertama_

    Pengajaran tentang Yesus Kristus sebagai anak manusia, yang dibuktikan dengan perasaan dan sikap yang diperlihatkannya terhadap orang-orang yang dianggap rendah oleh masyarakat

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Luk 7:13. Nats ini menceritakan tentang seorang janda yang kematian anaknya. Tuhan Yesus yang melihat kesedihan janda itu, merasa kasihan sehingga ia menghidupkan anak yang sudah mati itu. Hal ini membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah manusia sejati dan juga Allah sejati. Selain itu ayat ini juga mengajarkan setiap orang percaya untuk mengasihi orang lain. _Tanyakan_: pernahkah saudara mengasihi orang lain?
    2. Bacalah pasal Luk 7:37-50. Tuhan Yesus memperhatikan dan mengampuni wanita berdosa yang bertobat.
    3. Bacalah pasal Luk 10:25-37. Bagian ini menjelaskan perumpamaan Tuhan Yesus, tentang seorang Samaria yang lebih baik hati dari para imam Yahudi. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untuk mengasihi dengan tidak memandang suku bangsa, atau kaya miskin. Sudahkah saudara menolong orang lain?
    4. Bacalah pasal Luk 15:1-7. Tuhan Yesus bergaul dengan para pemungut cukai, karena mereka mau mendengarkan perkataan Tuhan Yesus dan bertobat dari perbuatan pemerasan yang mereka lakukan.
    5. Bacalah pasal Luk 16:20-21. Bagian ini membuktikan bahwa Tuhan Yesus mengasihi semua manusia, sampai kepada para pengemis. Bagaimanakah dengan kasih saudara? Apakah saudara mengasihi orang-orang yang dapat memberikan sesuatu kepada saudara saja?
    6. Bacalah pasal Luk 17:12. Bagian ini menjelaskan bahwa Tuhan Yesus mengasihi dan memperhatikan orang-orang sakit. Apakah yang saudara lakukan terhadap seorang saudara/anggota/jemaat yang sedang sakit lagi miskin?
    7. Bacalah pasal Luk 23:40-43. Tuhan Yesus memperhatikan seorang penjahat dan juga mengampuni dosanya, karena ia mau bertobat.
  2. _Bagian Kedua_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, memberikan teladan dalam kehidupan doa, khususnya berhubungan dengan peristiwa/kegiatan penting

    Pendalaman

    1. Ia berdoa di saat pembaptisan (Luk 3:21).
    2. Ia berdoa sesudah mujizat-mujizat dilaksanakan (Luk 5:15-16).
    3. Ia berdoa sebelum memilih murid-murid-Nya (Luk 6:12).
    4. Ia berdoa sebelum memberikan nubuat pertama tentan penderitaan-Nya (Luk 9:18-22).
    5. Ia berdoa pada saat permuliaan-Nya di bukit (Luk 9:29).
    6. Ia berdoa di saat ketujuh puluh murid-Nya kembal (Luk 10:17-21).
    7. Ia berdoa sebelum mengajar murid-murid-Nya tentang car berdoa (Luk 11:1).
    8. Ia berdoa di Taman Getsemani menjelang penderitaan-Ny (Luk 22:39-46).
    9. Ia berdoa di atas salib (Luk 23:34,46).

    Tuhan Yesus selalu berdoa dalam setiap keadaan dan keperluan, maka apakah yang saudara lakukan pada saat-saat menghadapi keperluan/kepentingan dalam hidup?

  3. _Bagian Ketiga_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, mengasihi semua manusia di dunia

    Pendalaman

    Bacalah pasal Luk 3:6; 24:46-53. Bagian ini menjelaskan, bahwa keselamatan adalah untuk setiap manusia yang percaya pada Tuhan Yesus. Dengan demikian setiap orang yang telah diselamatkan oleh Tuhan Yesus, haruslah juga memberitakan keselamatan itu kepada orang lain. Berdasarkan pasal Luk 24:47-48, siapakah yang bertugas untuk meneruskan berita pengampunan dosa ini kepada semua manusia? Sudahkah saudara menginjili?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Lukas jelaslah kita lihat bahwa Tuhan Yesus adalah Anak Manusia sejati, yang dibuktikan melalui kehidupan-Nya sehari-hari.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Lukas?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Lukas?
  3. Buktikanlah bahwa Yesus Kristus adalah anak manusia?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dari mempelajari Injil Lukas?

Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) Yang paling manusiawi dari semua Injil SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan se

Yang paling manusiawi dari semua Injil

SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?
Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan sekerja rasul Paulus (Kol 4:14; File 24 dan 2Tim 4:11). Lukas sendiri bukanlah seorang saksi mata dari kehidupan Yesus (Luk 1:1-4). Tradisi mengatakan bahwa ia seorang bukan Yahudi, berstatus bujangan dan hidup sampai usia delapan puluh empat tahun.

MENGAPA INJIL INI DITULIS?
Lukas mempunyai beberapa tujuan:
1. Ia ingin menulis kisah kehidupan Yesus secara teratur yang berdasarkan bukti dari saksi mata yang benar (Luk 1:1-4).
2. Ia ingin mencatat permulaan dan perkembangan Kekristenan, yang dikerjakannya dalam dua bagian. Kisah para Rasul merupakan buku kedua. Lukas menunjukkan bagaimana Allah bekerja di sepanjang sejarah dan khususnya mengenai cara bagaimana para pengikut Yesus dengan cepat tersebar dari Galilea ke Roma.
3. Ia ingin menyatakan bahwa Yesus adalah Juruselamat bagi semua golongan manusia dan bukan hanya bagi sekelompok orang.
4. Ia ingin menunjukkan kepada para penguasa Romawi bahwa Kekristenan bukanlah ancaman bagi tatanan politik yang baik.

SIAPA SAJA PEMBACA INJIL LUKAS?
1. Lukas menujukan Injilnya kepada Teofilus (Luk 1:3), yang boleh jadi adalah seorang bukan Yahudi dari golongan menengah atas yang sudah bertobat dan menjadi Kristen. Namanya berarti 'dikasihi Allah', tetapi selain itu tidak ada lagi yang kita ketahui tentang dia.
2. Disamping itu Lukas berharap mendapatkan sidang pembaca yang lebih luas, yang mencakup orang-orang bukan Yahudi lainnya dan mungkin khususnya para aparat pemerintahan Romawi.

CIRI-CIRI KHUSUS.
1. Cara Lukas bercerita tak ada bandingannya. Kemampuannya menyusun kata-kata tampak dalam gaya bahasa Yunaninya yang sangat baik.
2. Lukas juga lebih tertarik dengan kehidupan manusiawi Yesus dan lebih banyak bercerita mengenai awal hidup dan masa kanak-kanak Yesus dibanding dengan Injil-injil lainnya.
3. Dalam hal-hal lain, Injil Lukas juga lebih lengkap mencatat lebih banyak perumpamaan, kisah tentang banyak orang, serta kebangkitan Yesus dibanding dengan Injil lainnya.
4. Lukas lebih menunjukkan perhatiannya kepada pribadi-pribadi, khususnya anak-anak dan orang-orang yang tersingkir dari masyarakat, daripada para penulis Injil lainnya.
5. Lukas juga mempunyai perhatian khusus lainnya, sebagai contoh tentang: doa, Roh Kudus dan tema sukacita.

Pesan

1. Kabar baIk tentang keselamatan.
Berita dari Lukas ialah bahwa Allah telah datang untuk menyelamatkan manusia
dari dosa dan keadaan mereka.
o Allah adalah Juruselamat. Luk 1:47
o Kristus dilahirkan untuk menyelamatkan. Luk 2:11, 30; 3:6
o Dia datang untuk menyelamatkan yang hilang. Luk 19:9, 10
o Keselamatan datang oleh iman. Luk 7:50;8:12
o Keselamatan berarti kehilangan nyawa sekarang. Luk 9:24
o Keselamatan dimungkinkan karena Kristus tidak menyelamatkan diri-Nya sendiri. Luk 23:35-43
o Keselamatan tersedia saat ini. Luk 4:21; 19:9

2. Kabar baik tentang Kerajaan Allah.
Bagian pusat Injil Lukas (Luk 9:51-19:44) banyak
berbicara mengenai Kerajaan Allah yang menjadi pusat dari khotbah Yesus. Luk 4:43; 8:1
o Kerajaan Allah itu kekal. Luk 1:33
o Kerajaan Allah milik orang yang miskin. Luk 6:20
o Murid-murid-Nya harus memberitakan
o Kerajaan Allah. Luk 9:2, 11
o Kepentingan Kerajaan Allah harus didahulukan. Luk 9:60-62; 12:31
o Umat harus berdoa untuk Kerajaan Allah. Luk 11:2
o Kerajaan Allah adalah anugerah dari Allah. Luk 12:32; 22:29
o Kerajaan Allah seperti... Luk 13:18-30
o Orang kaya sukar untuk masuk. Luk 18:18-30
o Kerajaan Allah sudah dekat sekarang. Luk 10:9, 11; 11:20; 17:20, 21
o Tetapi, Kerajaan Allah juga akan datang. Luk 24:31
3. Kabar baik terlIhat dalam diri Yesus.
Kabar baik bukanlah suatu dongeng atau cerita anak-anak tetapi didukung oleh
peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Yesus.
o Sejarah itu penting. Luk 1:1-4
o Allah telah merencanakannya sejak dahulu kala. Luk 3:23-38
o Allah bekerja di dalam kehidupan Yesus.
Banyak saksi mata melihatnya:
- pada saat kelahiran-Nya. Luk 2:30
- pada saat Yesus dibaptis. Luk 3:22
- dalam mukjizat-mukjizat yang dilakukan-Nya. Luk 4:36; 7:16
- dalam kematian-Nya. 23:39-49
- dalam kebangkitan-Nya. Luk 24:1-49 Yesus masih bekerja melalui murid-murid-Nya. Luk 24:48
Yesus sedang bekerja di seluruh dunia. Yerusalem hanyalah permulaan saja. Luk 24:47

Penerapan

Berita Injil Lukas dapat diterapkan kepada dua golongan utama:
1. Kepada mereka yang tidak percaya kepada Yesus.
Percaya kepada Yesus berarti:
o mempercayai kesaksian sejarah
o mengenaI pengampunan Allah
o mampu untuk hidup baru
o ikut ambil bagian dalam Kerajaan Allah
o tidak menuntut segala yang terbaik atau terhormat
o dituntut untuk rendah hati dan mau mengorbankan segalanya bagi Yesus
o mendapat anugerah besar pada masa yang akan datang
2. Kepada mereka yang percaya sungguh-sungguh kepada Yesus. Iman kepada Yesus
berarti Anda harus:

o bersukacita dan bersyukur dalam kehidupan
o meneladani kasih Yesus kepada semua orang
o ikut ambil bagian dalam penyebaran kabar baik tentang Kerajaan Allah.
o "mematikan" diri sendiri setiap hari
o berdoa seperti yang diajarkan Yesus
o menjadikan Kerajaan Allah prioritas Anda yang jelas
o percaya bahwa Allah mengendalikan dunia

Tema-tema Kunci

Inilah sebagian dari ajaran-ajaran penting dalam Injil Lukas: 1. Doa. Lukas sering berbicara tentang kehidupan doa Yesus: Luk 3:21; 5:16; 6:12; 9:18-22, 29; 10:17-21; 11:1; 22:39-46; 23:34, 46. Ia juga mencatat perumpamaan-perumpamaan Yesus tentang doa: Luk 11:5-13; 18:1-8. Apa yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat tersebut tentang kapan Anda harus berdoa, bagaimana berdoa dan apa yang didoakan?

2. Roh Kudus. Lukas menekankan pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan Yesus. Tulislah saat-saat dalam kehidupan Yesus ketika Roh Kudus disebut: contoh Luk 1:35; 4:1, 14, 18; 10:21, 22; 24:49. Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat ini mengenai Roh Kudus?

3. Pujian dan sukacita. Injil Lukas diawali dengan sejumlah lagu pujian: Luk 1:46-55, 68-79; 2:14; dan Luk 2:29- 32. Sebutkan bagian-bagian lain dalam Injil yang berbicara tentang sukacita. 4. Pengampunan. Pada dasarnya kabar baik berisi berita tentang pengampunan dosa. Mengapa pengajaran Yesus mengenai pengampunan menimbulkan perubahan secara besar-besaran? Pelajarilah dengan saksama apa yang Yesus katakan mengenai pengampunan dalam: Luk 5:17-25; 6:37; 7:36-50; 11:4; 17:3-4; 23:34; 24:47.

5. Uang. Lukas lebih banyak berbicara mengenai uang dibandingkan dengan Injil-injil lainnya dan menempatkan masalah orang miskin secara khusus. Lagi-lagi pesannya sangat revolusioner. Carilah ajaran tersebut dalam ayat-ayat berikut: Luk 1:53; 4:18; 6:20; 12:13-34; 15.8-10; 16:1-15, 19-31; 18:1-14; 19:1-27; 20:19-26.

6. Wanita dan anak-anak. Catatlah mengenai beberapa wanita yang terdapat dalam Injil Lukas. Masyarakat pada zaman Yesus biasanya tidak menganggap bahwa wanita layak mendapat banyak perhatian. Tetapi, Lukas menekankan mengenai kasih Allah terhadap semua orang bahkan terhadap wanita, orang-orang yang tersingkir dan anak-anak. Pelajarilah ayat-ayat tentang anak-anak berikut ini dan buatlah ringkasan dari ajaran yang terdapat di dalamnya: Luk 8:40-56; 9:37-43, 46-48; 18:15-17.

Garis Besar Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4 [2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13 Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis Luk 1:26-

[1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4

[2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13

Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 1:26-38Pemberitahuan tentang kelahiran Yesus
Luk 1:39-56Kunjungan Maria ke rumah Elizabet
Luk 1:57-80Kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 2:1-38Kelahiran Yesus
Luk 2:39-52Masa kanak-kanak Yesus
Luk 3:1-22Khotbah Yohanes Pembaptis
Luk 3:23-38Silsilah Yesus
Luk 4:1-13Pencobaan Yesus

[3] SANG JURUSELAMAT DI GALILEA Luk 4:14-9:50

Luk 4:14-30Yesus memulai pelayanan-Nya
Luk 4:31-44Yesus menyembuhkan di Kapernaum
Luk 5:1-26Yesus melakukan mukjizat
Luk 5:27-39Panggilan dan di rumah perjamuan
Luk 6:1-11Lewi Perdebatan mengenai hari Sabat
Luk 6:12-16Yesus memilih murid-murid-Nya
Luk 6:17-49Yesus berkhotbah di depan orang banyak
Luk 7:1-17Mukjizat kesembuhan dan kebangkitan orang mati
Luk 7:18-35Pertanyaan-pertanyaan Yohanes terjawab
Luk 7:36-50Seorang pelacur menyembah Yesus
Luk 8:1-21Mengajar firman Allah
Luk 8:22-56Tiga mukjizat lagi
Luk 9:1-6Yesus mengutus murid-murid-Nya untuk misi penginjilan
Luk 9:7-9Reaksi Herodes terhadap Yesus
Luk 9:10-17Pemberian makan kepada lima ribu orang
Luk 9:18-27Yesus menanyakan pertanyaan yang penting
Luk 9:28-36Transfigurasi (perubahan rupa) Yesus
Luk 9:37-50Yesus berbicara dengan murid-murid-Nya

[4] SANG JURUSELAMAT PERGI KE YERUSALEM Luk 9:51-19:44

Luk 9:51-62Harga yang harus dibayar untuk mengikut Yesus
Luk 10:1-24Pengutusan tujuh puluh murid
Luk 10:25-37Perumpamaan tentang orang Samaria yang baik
Luk 10:38-42Maria dan Marta
Luk 11:1-13Ajaran tentang doa
Luk 11:14-36Ajaran tentang roh-roh dan tanda-tanda
Luk 11:37-54Kecaman terhadap orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat
Luk 12:1-59Mengajar orang banyak
Luk 13:1-9Kecuali jika engkau bertobat...
Luk 13:10-17Seorang wanita cacat disembuhkan
Luk 13:18-30Kerajaan Allah itu seperti...
Luk 13:31-35Yerusalem dan para nabi
Luk 14:1-24Makan malam bersama seorang Farisi
Luk 14:25-35Harga yang harus dibayar untuk menjadi seorang murid
Luk 15:1-32Tiga kisah tentang yang hilang
Luk 6:1-31Ajaran tentang uang
Luk 17:1-10Ajaran tentang pelayanan
Luk 17:11-19Penyembuhan sepuluh orang kusta
Luk 17:20-37Kedatangan Kerajaan Allah
Luk 18:1-17Ajaran mengenai keadilan dan kerendahan hati
Luk 18:18-34Yesus bertemu dengan seorang penguasa muda yang kaya-raya
Luk 18:35-43Mata seorang pengemis dicelikkan
Luk 19:1-10Yesus bertemu Zakheus
Luk 19:11-27Perumpamaan tentang uang mina
Luk 19:28-44Masuk ke Yerusalem

[5] JURUSELAMAT DI YERUSALEM Luk 9:45-24:53

Luk 19:45-21:4Yesus mengajar di Bait Allah
Luk 21:5-38Yesus berbicara mengenai akhir zaman
Luk 22:1-38Perjamuan Malam Terakhir
Luk 22:39-53Kejadian di taman Getsemani
Luk 22:54-62Penyangkalan Petrus
Luk 22:63-23:25Pengadilan atas Yesus
Luk 23:26-56Penyaliban dan penguburan
Luk 24:1-49Kebangkitan
Luk 24:50-53Kenaikan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 1.18 detik
dipersembahkan oleh YLSA