kecilkan semua  

Teks -- Kolose 3:18-25 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Hubungan antara anggota-anggota rumah tangga
3:18 Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan. 3:19 Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia. 3:20 Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan. 3:21 Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya. 3:22 Hai hamba-hamba, taatilah tuanmu yang di dunia ini dalam segala hal, jangan hanya di hadapan mereka saja untuk menyenangkan mereka, melainkan dengan tulus hati karena takut akan Tuhan. 3:23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. 3:24 Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya. 3:25 Barangsiapa berbuat kesalahan, ia akan menanggung kesalahannya itu, karena Tuhan tidak memandang orang.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Topik/Tema Kamus: Budak | Hamba | Istri | Suami | Pahala Orang-Orang Kudus | Takut Akan Allah | Tuan | Orang Tua | Hati | Adil, Keadilan Allah | Anak Yang Baik | Marah Kemarahan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kol 3:18-19 - HAI ISTERI-ISTERI, TUNDUKLAH KEPADA SUAMIMU. Nas : Kol 3:18-19 Lihat cat. --> Ef 5:21; lihat cat. --> Ef 5:22; lihat cat. --> Ef 5:23; lihat cat. --> 1Tim 2:13...

Nas : Kol 3:18-19

Lihat cat. --> Ef 5:21;

lihat cat. --> Ef 5:22;

lihat cat. --> Ef 5:23;

lihat cat. --> 1Tim 2:13

lihat cat. --> 1Tim 2:15

[atau ref. Ef 5:21-23; 1Tim 2:13-15]

mengenai tanggung jawab istri dan suami dalam hubungan keluarga.

Full Life: Kol 3:20 - HAI ANAK-ANAK, TAATILAH ORANG-TUAMU. Nas : Kol 3:20 Lihat cat. --> Ef 6:1 [atau ref. Ef 6:1] mengenai tanggung jawab anak-anak dalam hubungan keluarga.

Nas : Kol 3:20

Lihat cat. --> Ef 6:1

[atau ref. Ef 6:1]

mengenai tanggung jawab anak-anak dalam hubungan keluarga.

Full Life: Kol 3:21 - HAI BAPA-BAPA, JANGANLAH SAKITI HATI ANAKMU. Nas : Kol 3:21 Untuk pembahasan ayat ini, termasuk lima belas langkah tentang bagaimana orang-tua dapat memimpin anak mereka kepada Kristus, ...

Nas : Kol 3:21

Untuk pembahasan ayat ini, termasuk lima belas langkah tentang bagaimana orang-tua dapat memimpin anak mereka kepada Kristus,

lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK.

Full Life: Kol 3:22 - HAI HAMBA-HAMBA, TAATILAH TUANMU YANG DI DUNIA INI. Nas : Kol 3:22 Paulus menasihatkan para hamba bagaimana hidup secara Kristen dalam situasi mereka yang menyedihkan itu. Ia tidak pernah menyatakan ...

Nas : Kol 3:22

Paulus menasihatkan para hamba bagaimana hidup secara Kristen dalam situasi mereka yang menyedihkan itu. Ia tidak pernah menyatakan bahwa hubungan hamba-tuan itu ditakdirkan oleh Tuhan atau harus dilestarikan. Sebaliknya, ia menaburkan benih bagi pembasmiannya di Filem 1:10,12,14-17,21, dan pada waktu ini berusaha mengaturnya untuk kepentingan baik tuan maupun hamba (Ef 6:5-9; 1Tim 6:1-2; Tit 2:9-10; bd. 1Pet 2:18-19).

Full Life: Kol 3:23 - PERBUATLAH ... SEPERTI UNTUK TUHAN. Nas : Kol 3:23 Paulus menasihatkan orang Kristen untuk menganggap semua pekerjaan sebagai suatu pelayanan kepada Tuhan. Kita harus bekerja seakan-a...

Nas : Kol 3:23

Paulus menasihatkan orang Kristen untuk menganggap semua pekerjaan sebagai suatu pelayanan kepada Tuhan. Kita harus bekerja seakan-akan Kristus adalah majikan kita, dengan mengetahui bahwa semua pekerjaan yang diperbuat "untuk Tuhan" kelak akan mendapat upahnya (ayat Kol 3:24; bd. Ef 6:6-8).

Full Life: Kol 3:25 - BARANGSIAPA BERBUAT KESALAHAN. Nas : Kol 3:25 Paulus ingin sekali agar kasih, keadilan, dan kejujuran dinyatakan satu sama lain dalam hubungan keluarga, gereja, dan pekerjaan (ay...

Nas : Kol 3:25

Paulus ingin sekali agar kasih, keadilan, dan kejujuran dinyatakan satu sama lain dalam hubungan keluarga, gereja, dan pekerjaan (ayat Kol 3:12-25). Paulus prihatin tentang pernyataan perasaan kasih, keadilan dan kejujuran terhadap sesama. Jikalau dihadapi secara sungguh-sungguh, maka ayat-ayat ini akan menghapuskan banyak perlakuan yang tanpa kasih dan tidak adil terhadap orang lain di dalam rumah tangga dan gereja kita. Khususnya, kita belajar bahwa:

  1. 1) Penganiayaan terhadap orang lain oleh orang Kristen adalah suatu perkara serius yang akan mempengaruhi kemuliaan kita yang akan datang di sorga (bd. 2Kor 5:10).
    1. (a) Mereka yang memperlakukan orang lain dengan kasih dan kebaikan akan menerima pahala dari Tuhan (ayat Kol 3:24; Ef 6:8).
    2. (b) Siapa saja yang menganiaya dan berbuat salah terhadap orang percaya lainnya "akan menanggung kesalahannya." Orang yang bersalah akan memikul kesalahan itu ke kursi pengadilan dan menanggung akibat-akibatnya tanpa sikap memihak (Ul 10:17; 2Taw 19:7; Kis 10:34; Rom 2:11).
  2. 2) Prinsip pertanggungjawaban kelak yang akan diberikan kepada Tuhan seharusnya membantu mendorong kasih, kebaikan hati, dan kemurahan kita terhadap semua orang. Biarlah semua orang percaya mengingat bahwa Allah akan menganggap anak-anak-Nya bertanggung jawab atas cara perlakuan mereka satu sama lain (Gal 6:7;

    lihat cat. --> Mat 22:37;

    lihat cat. --> Mat 22:39;

    lihat cat. --> Yoh 13:34;

    [atau ref. Mat 22:37,39; Yoh 13:34]

    lihat art. PENGADILAN ORANG PERCAYA).

Jerusalem: Kol 3:18-25 - -- Dalam bagian ini termuat beberapa perintah sederhana yang lazim di dunia Yunani Romawi. Tata susila umum itu oleh Paulus dikristenkan dengan ungkapan ...

Dalam bagian ini termuat beberapa perintah sederhana yang lazim di dunia Yunani Romawi. Tata susila umum itu oleh Paulus dikristenkan dengan ungkapan "di dalam Tuhan", Kol 3:18,20 dan dengan di sana-sini menyisipkan "Tuhan". Ungkapan "di dalam Tuhan" di sini hanya berarti "secara Kristen". Dalam Efe 5:21 dst ciri Kristen perintah-perintah itu lebih menonjol.

Jerusalem: Kol 3:22 - akan Tuhan Tuhan Kristus adalah satu-satunya "Majikan" (dalam bahasa Yunani kata yang sama berarti Tuhan/tuan dan tuan/majikan) baik para majikan maupun para ham...

Tuhan Kristus adalah satu-satunya "Majikan" (dalam bahasa Yunani kata yang sama berarti Tuhan/tuan dan tuan/majikan) baik para majikan maupun para hamba.

Jerusalem: Kol 3:24 - menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah Harafiah: menerima upah warisan/bagian (artinya: upah ialah warisan). Kenyataan bahwa juga hamba/budak mendapat "warisan", bdk Mat 21:35-38; Luk 15:19...

Harafiah: menerima upah warisan/bagian (artinya: upah ialah warisan). Kenyataan bahwa juga hamba/budak mendapat "warisan", bdk Mat 21:35-38; Luk 15:19; Gal 4:1-2, adalah bukti tata penyelamatan batu "di dalam Kristus", yang sangat mengesankan; bdk Rom 8:15-17; Gal 4:3-7; File 16.

Ende: Kol 3:18 - Seperti lajak dalam Tuhan Apa jang sudah masuk tatasusila kodrat dan umum, diangkat oleh Indjil ketingkatan atas kodrat, jang djauh lebih luhur tjita-tjita dan pahalanja, dan d...

Apa jang sudah masuk tatasusila kodrat dan umum, diangkat oleh Indjil ketingkatan atas kodrat, jang djauh lebih luhur tjita-tjita dan pahalanja, dan djustru sebab itu dituntut ketaatan jang rela dan sempurna. Tjatatan ini kurang lebih mengenai seluruh fasal ini.

Ende: Kol 3:22 - Madjikan Aslinja: "tuanmu menurut daging". Tentang pendirian Paulus terhadap perbudakan lihatlah 1Ko 7:12 dan tjatatan disitu.

Aslinja: "tuanmu menurut daging".

Tentang pendirian Paulus terhadap perbudakan lihatlah 1Ko 7:12 dan tjatatan disitu.

Ref. Silang FULL: Kol 3:18 - kepada suamimu · kepada suamimu: Ef 5:22; Ef 5:22

· kepada suamimu: Ef 5:22; [Lihat FULL. Ef 5:22]

Ref. Silang FULL: Kol 3:24 - menerima bagian // sebagai upah · menerima bagian: Kis 20:32; Kis 20:32 · sebagai upah: Mat 16:27; Mat 16:27

· menerima bagian: Kis 20:32; [Lihat FULL. Kis 20:32]

· sebagai upah: Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27]

Ref. Silang FULL: Kol 3:25 - memandang orang · memandang orang: Kis 10:34; Kis 10:34

· memandang orang: Kis 10:34; [Lihat FULL. Kis 10:34]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Kol 3:5--4:6 - -- IV. Ketuhanan Kristus Dalam Kehidupan Kristen (3:5-4:6) Di dalam pola tulisan Paulus (bdg. Rm. 12:1; Ef. 4:1), sekarang terjadi peralihan dari modus ...

IV. Ketuhanan Kristus Dalam Kehidupan Kristen (3:5-4:6)

Di dalam pola tulisan Paulus (bdg. Rm. 12:1; Ef. 4:1), sekarang terjadi peralihan dari modus menunjukkan doktrin kepada modus memerintahkan soal etika. Tentu saja tidak ada pembedaan mutlak dalam urutan doktrinetika. Jika Paulus ingin mengatakan sesuatu dengan memakai bentuk penulisan ini maka itu adalah bahwa doktrin merupakan landasan bagi etika: Apa yang diyakini seseorang banyak menentukan caranya berperilaku.

Wycliffe: Kol 3:18--4:6 - -- B. Ketetapan-ketetapan Khusus (3:18-4:6) Bagian ini memberikan ilustrasi bagaimana prinsip-prinsip dari "hidup di dalam Kristus" dapat diungkapkan da...

B. Ketetapan-ketetapan Khusus (3:18-4:6)

Bagian ini memberikan ilustrasi bagaimana prinsip-prinsip dari "hidup di dalam Kristus" dapat diungkapkan dalam kehidupan sehari-hari. Di bagian ini kita bukan hanya dapat melihat bagaimana sebuah rumah tangga Kristen berfungsi, tetapi juga bagaimana rupanya masyarakat Kristen mula-mula itu. Gereja mula-mula itu terdiri atas orang-orang kaya maupun orang miskin dalam jumlah yang lebih banyak, tuan maupun hamba (3:18-4:1). Di samping mengemukakan sifat dari rumah tangga Kristen, Paulus memberikan perhatian khusus kepada sangat pentingnya doa (4:2-4) dan hubungan antara orang Kristen dengan non-Kristen (4:4-6).

Perilaku rumah tangga merupakan pokok yang banyak dibahas di kalangan penulis Yahudi maupun non-Yahudi (mis. Salah satu kitab aprokrif Eklesiastikus, 30:1-13; 42:5 dst.). Dan tampaknya pokok ini merupakan pokok yang umum di dalam tulisan-tulisan Paulus (bdg. Ef. 5:22-33; I Tim. 6:1-8; Tit. 2:1-10). Berbeda dengan ajaran Yahudi dan duniawi, Paulus menekankan adanya hubungan hak dan tanggung jawab secara timbal balik. Ciri khas kristiani yang kedua ialah motivasi yang diminta dari pembaca. Karena kesatuan dalam Kristus tidak meniadakan keragaman fungsi dan status di dalam dunia (lih. taf. 3:11), orang Kristen, maupun yang bukan Kristen, harus memperhatikan adat-istiadat dan tatanan sosial yang baik. Sekalipun demikian, orang Kristen dimotivasi oleh hubungannya dengan Kristus dan tanggung jawabnya kepada Allah (mis. 3:18, 20, 22-25).

Wycliffe: Kol 3:18-19 - kasih 18, 19. Tunduknya istri hendaknya ditanggapi dengan kasih suaminya. Sebagaimana dikemukakan dalam Ef. 5:28, kasih di sini bukan sekadar rasa sayang, t...

18, 19. Tunduknya istri hendaknya ditanggapi dengan kasih suaminya. Sebagaimana dikemukakan dalam Ef. 5:28, kasih di sini bukan sekadar rasa sayang, tetapi suatu perhatian yang baik terhadap seluruh kesejahteraan istrinya.

Wycliffe: Kol 3:20-21 - Yang Indah di dalam Tuhan 20, 21. Seorang anak bahkan harus memperoleh pemahamannya tentang kehendak Allah dari nasihat orang tuanya. Di dalam sebuah keluarga Kristen tidak tep...

20, 21. Seorang anak bahkan harus memperoleh pemahamannya tentang kehendak Allah dari nasihat orang tuanya. Di dalam sebuah keluarga Kristen tidak tepat untuk menganggap bahwa tugas kepada orang tua bertentangan dengan tugas kepada Allah (T. K. Abbott, The Epistles to the Ephesians and to the Colossians). Yang Indah di dalam Tuhan mungkin mengacu kepada ketaatan yang dimotivasikan oleh kasih kepada Kristus; hal ini tidak membatasi tanggung jawab anak kepada orang tuanya. Walaupun bisa saja bahwa di dalam hal yang ekstrem seorang muda Kristen harus memilih kehendak Kristus yang berlawanan dengan kehendak orang tuanya yang tidak Kristen (bdg. Luk. 14:26), jalan ini hendaknya baru dilakukan sesudah dipikirkan dengan matang dan melalui suatu konseling Kristen. "Jangan terlalu berlebihan terhadap anak-anak Anda" (Phillips). Maksud dari disiplin ini ialah mengembangkan anak menjadi orang dewasa Kristen, bukan menghasilkan orang yang kaku suram. "Jangan," di sini, sebagaimana halnya dalam etika Kristen pada umumnya, harus tunduk kepada kaidah positif berupa "didikan dalam ajaran dan nasihat Tuhan" (Ef. 6:4).

Wycliffe: Kol 3:22-23 - hamba // dengan tulus hati, // untuk Tuhan, 22, 23. Para hamba harus "terus bekerja bukan hanya ketika diawasi atasannya dan memiliki motivasi ingin dipuji, tetapi hendaklah mereka bekerja denga...

22, 23. Para hamba harus "terus bekerja bukan hanya ketika diawasi atasannya dan memiliki motivasi ingin dipuji, tetapi hendaklah mereka bekerja dengan tulus hati, yaitu dengan sikap pengabdian yang tulus. Seluruh pekerjaan, bagi orang Kristen, adalah terutama untuk Tuhan, yang menghakimi dengan segenap kejujuran dan keadilan.

Wycliffe: Kol 3:24 - bagian yang ditentukan. Upah 24. "Hamba" setia Kristus menerima bagian seorang anak - bagian yang ditentukan. Upah (pembayaran yang tepat, Lightfoot) bukan hadiah berkelimpahan se...

24. "Hamba" setia Kristus menerima bagian seorang anak - bagian yang ditentukan. Upah (pembayaran yang tepat, Lightfoot) bukan hadiah berkelimpahan sebagaimana dikemukakan banyak kritikus, melainkan hadiah yang akan diberikan oleh seorang ayah ketika anaknya berkata, "Yah, tadi aku membersihkan kamarku, lho." Upah yang sesungguhnya adalah perkenan Bapa; hadiahnya hanyalah pelengkap saja - tetapi pelengkap yang sungguh tepat. Nyanyian yang berbunyi "semoga kami dapat berpesta di firdaus bersamamu" hanya tidak rohani bagi seorang Platonis. Namun motivasi memang perlu; selalu berhitung secara dagang membuat orang tidak dapat menikmati upah kristiani yang sesungguhnya (bdg. Kis. 8:18 dst.).

Wycliffe: Kol 3:25 - Menanggung // Tidak memandang orang 25. Menanggung. Maksudnya, menerima kembali, apakah di dalam hidup ini maupun di kehidupan yang akan datang. Di sini Allah dilihat sebagai penjamin ke...

25. Menanggung. Maksudnya, menerima kembali, apakah di dalam hidup ini maupun di kehidupan yang akan datang. Di sini Allah dilihat sebagai penjamin keadilan (bdg. Rm. 12:19; II Kor. 5:10). Untuk hukuman yang setimpal sebagai tolok ukur yang adil bagi penjahat, lihat C. S. Lewis, "The Humanitarian Theory of Punishment," Res Yudicate, VI, 1953-54, hlm. 224-230. Lihat juga tafsiran atas 3:6). Tidak memandang orang mengacu kepada hamba maupun tuan, dan merupakan peralihan ke bagian berikutnya (bdg. Ef. 6:9; Im. 19:15).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Kol 3:18--4:1 - Transformasi domestik. (Jumat, 23 April 2004) Transformasi domestik. Perubahan hidup yang paling sulit terjadi dalam kehidupan kita bukan terdapat di luar, tetapi di dalam rumah tangga, ...

SH: Kol 3:18-21 - Kristen dan keluarganya. (Kamis, 12 Juli 2001) Kristen dan keluarganya. Seorang hamba Tuhan setelah mengadakan refleksi terhadap dirinya sendiri berkata: “kegagalan hamba Tuhan paling fatal adal...

SH: Kol 3:22--4:4 - Etika kerja kristiani. (Jumat, 13 Juli 2001) Etika kerja kristiani. Pelanggaran terhadap Hak Azasi Manusia seringkali terjadi dari atasan kepada bawahan. Hal yang melatarbelakangi mengapa atasan...

Topik Teologia: Kol 3:18 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Pernikahan Istri Harus Menghargai dan Menghormati Suaminya ...

Topik Teologia: Kol 3:19 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Pernikahan Istri Harus Dikasihi oleh Suaminya Efe...

Topik Teologia: Kol 3:20 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Keluarga Ibu Harus Ditaati oleh Anak-anaknya Efe ...

Topik Teologia: Kol 3:21 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menaati Allah Taat kepada Allah Ciri-ciri Ketaatan Ketaatan adalait Suatu...

Topik Teologia: Kol 3:22 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mereka yang Takut akan Tuhan Taat kepada-Nya Kej 22:12 Ula 6:1-3 Ula 10:12,2...

Topik Teologia: Kol 3:23 - -- Yesus Kristus Kita adalah Hamba-hamba Allah dan Kristus Rom 1:1 Gal 1:10 Kol 3:23-24 1Te 1:9 Tuhan Maz...

Topik Teologia: Kol 3:24 - -- Yesus Kristus Kita adalah Hamba-hamba Allah dan Kristus Rom 1:1 Gal 1:10 Kol 3:23-24 1Te 1:9 Tuhan Maz...

Topik Teologia: Kol 3:25 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Tidak Memihak Ula 10:17 2Ta 19:7 Ayu 34:19 Ayu 36:5 Mat 5:45 Kis 10:34-35...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kolose (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Keunggulan Kristus Tanggal Penulisan: Sekitar 62 TM Latar Belakang Kota Kolose terletak dekat Laodikia...

Full Life: Kolose (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kol 1:1-12) A. Salam Kristen (Kol 1:1-2) B. Ucapan Syukur Karena Iman, Kasih, dan ...

Jerusalem: Kolose (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: Kolose (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA UMAT KOLOSE KATA PENGANTAR Surat ini termasuk keempat surat jang menurut tradisi jang tjukup pasti ditulis oleh Paulus dalam...

Wycliffe: Kolose (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN KOLOSE Alasan Penulisan: Kolose abad pertama merupakan sebuah pusat dagang kuno yang makin memudar kejayaannya, terletak sekitar seratus ...

Wycliffe: Kolose (Garis Besar) GARIS BESAR KOLOSE I. Pendahuluan (1:1, 2) II. Sifat dari Ketuhanan Kristus (1:3-2:7) A. Ucapan Syukur Atas Iman Jemaat di Kolo...

BIS: Kolose (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI KOLOSE PENGANTAR Kolose adalah sebuah kota di Asia Kecil, sebelah timur kota Efesus. Bukan Paulus yang mendirikan jema

SURAT PAULUS KEPADA JEMAAT DI KOLOSE

PENGANTAR

Kolose adalah sebuah kota di Asia Kecil, sebelah timur kota Efesus. Bukan Paulus yang mendirikan jemaat di Kolose ini, tetapi ketika ia mengutus pekerja-pekerja dari Efesus, ibukota sebuah provinsi Roma di Asia Kecil, ia merasa bertanggung jawab juga atas jemaat di Kolose itu. Paulus sudah menerima berita bahwa di dalam jemaat itu ada guru-guru yang mengajar ajaran-ajaran yang salah. Guru-guru itu berkeras bahwa untuk mengenal Allah dan diselamatkan dengan sempurna, orang harus menyembah "roh-roh yang menguasai dan memerintah semesta alam". Di samping itu, kata guru-guru itu, orang haruslah pula taat menjalankan peraturan- peraturan sunat, pantangan dan lain sebagainya.

Surat Paulus Kepada Jemaat di Kolose ini ditulis untuk mengemukakan ajaran Kristen yang benar dan menentang ajaran-ajaran salah yang diajarkan oleh guru-guru palsu itu. Inti sari surat ini ialah bahwa Yesus Kristus sanggup memberi keselamatan yang sempurna dan bahwa ajaran-ajaran yang lainnya itu hanya menjauhkan orang dari Kristus. Melalui Kristus, Allah menciptakan dunia ini, dan melalui Kristus pula Allah menyelamatkannya. Hanyalah melalui bersatu dengan Kristus, dunia mempunyai harapan untuk diselamatkan. Selanjutnya Paulus menguraikan hubungan antara ajaran yang agung itu dengan kehidupan orang Kristen.

Perlu dikemukakan di sini bahwa Tikhikus -- yang membawa surat ini ke Kolose untuk Paulus -- ditemani oleh Onesimus, hamba yang disuruh oleh Paulus untuk kembali kepada tuannya, yaitu Filemon, seorang anggota jemaat di Kolose.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Kol 1:1-8
  2.  Sifat dan peranan Kristus
    Kol 1:9-2:19
  3.  Hidup baru yang dialami orang-orang Kristen
    Kol 2:20-4:6
  4.  Penutup
    Kol 4:7-18

Ajaran: Kolose (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti tentang keunggulan agama Kristen (Injil) dari semua ajaran-ajaran yang dibuat oleh manusia, seperti alira

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti tentang keunggulan agama Kristen (Injil) dari semua ajaran-ajaran yang dibuat oleh manusia, seperti aliran kepercayaan, filsafat, dan agama-agama lainnya.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Jemaat Kristen di kota Kolose (Dan juga semua jemaat Kristen di seluruh dunia). Di kota Kolose ada 3 ajaran palsu:

  1. Ajaran palsu tentang sunat (Kol 2:11) dan tentan peraturan ibadah (Kol 2:16). Ajaran-ajaran in sebenarnya bukanlah dasar bagi keselamatan.
  2. Ajaran palsu tentang kehidupan keagamaan, yang palsu (dibuat ole manusia dan bukan dari Allah -- Kol 2:8,21-23).
  3. Ajaran palsu tentang kebatinan orang Timur (Kol 2:18,23).

Isi Kitab: Kitab Kolose terbagi atas 4 pasal. Di dalamnya kita dapat melihat dengan jelas keunggulan Tuhan Yesus dari agama-agama lain di dunia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kolose

  1. Pasal 1 (Kol 1:1-14).

    Salam dari Paulus kepada orang Kristen di Kolose dan seluruh dunia

    Dalam bagian ini, Rasul Paulus memberikan salam dan doa agar orang-orang Kristen membuahkan perbuatan baik, sabar dan tekun dalam menanggung sesuatu, karena Allah telah melepaskan orang Kristen dari kuasa kegelapan, yaitu pengampunan dosa melalui Tuhan Yesus Kristus.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kol 1:9-14. _Tanyakan_: Apakah isi doa Rasul Paulus? Dan bagaimana isi doa saudara? (lihat ayat 9-10; Kol 1:9-10). Mengapakah orang Kristen harus mengucap syukur? (ayat 12; Kol 1:12). Di dalam siapakah orang Kristen mendapat pengampunan? (ayat 13; Kol 1:13).

  2. Pasal 1 (Kol 1:15-29).

    Pengajaran tentang keunggulan Kristus

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa Yesus Kristus lebih unggul dari segala sesuatu, karena segala sesuatu ada dari Dia. Melalui Yesus Kristus, manusia yang sudah jauh dari Allah kini menjadi dekat, karena telah diperdamaikan-Nya.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kol 1:15-23. _Tanyakan_: Sebutkanlah keunggulan Kristus dalam ayat ini! Siapakah yang dimusuhi kalau manusia berbuat jahat? (ayat 21; Kol 1:21). Siapakah yang menguduskan orang Kristen? (ayat 22; Kol 1:22). Apakah yang dikatakan Rasul Paulus setelah menguraikan keunggulan Kristus? (ayat 23; Kol 1:23).

  3. Pasal 2 (Kol 2:1-23).

    Pengajaran tentang keunggulan agama Kristen

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa, keunggulan agama Kristen adalah karena di dalamnya kita dapat mengenal rahasia Allah, yaitu Yesus Kristus, karena di dalam Kristus ada penebusan dosa dan kepastian keselamatan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kol 2:11-14. _Tanyakan_: Apakah arti sunat yang benar?
    2. Bacalah pasal Kol 2:18,21-23. _Tanyakan_: Apakah perintah Tuhan tentang makanan, hari-hari perayaan, dan bulan baru? Bagaimanakah sikap saudara? Apakah saudara masih mau hidup di bawah Hukum Taurat?
  4. Pasal 3-4 (Kol 3:1-4:18).

    Pengajaran tentang keunggulan panggilan Kristen

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa panggilan Kristen adalah untuk menjadikan setiap orang menjadi manusia baru. Baru dalam arti kehidupan sehari-hari dan baru dalam hubungan dengan Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kol 3:5,8-9,12-17; 3:18-4:6. _Tanyakan_: Apa yang harus dimatikan menurut ayat (Kol 3:5)? Berdasarkan ayat 8-9 (Kol 3:8-9), apakah yang harus dibuang? Berdasarkan ayat 12-17 (Kol 3:12-17), apakah yang haru dikenakan orang Kristen? Berdasarkan ayat 18-4:6 (Kol 3:18-4:6), bagaimanakah sika seorang istri terhadap suami, dan suami terhadap istrinya?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kolose dapatlah diketahui dengan jelas bahwa Kekristenan melebihi segala sesuatu di dunia ini, sebab Kristus adalah pencipta segala sesuatu dan pendamai manusia dengan Allah.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah keunggulan Tuhan Yesus?
  2. Siapakah penulis Kitab Kolose?
  3. Mengapakah Kekristenan lebih unggul dari agama lain?

Intisari: Kolose (Pendahuluan Kitab) Kedewasaan dan perbudakan DUA PUCUK SURAT DAN EMPAT ORANG.Ketika Tikhikus dikirim oleh Paulus ke Kolose, ia membawa tiga hal bersamanya: surat untuk

Kedewasaan dan perbudakan

DUA PUCUK SURAT DAN EMPAT ORANG.
Ketika Tikhikus dikirim oleh Paulus ke Kolose, ia membawa tiga hal bersamanya: surat untuk orang Kolose; Onesimus, seorang budak yang melarikan diri dari majikannya, Filemon yang tinggal di Kolose; dan sepucuk surat kepada Filemon dari Paulus.

GEREJA DI KOLOSE.
Kota Kolose terletak di pedalaman kira-kira 100 mil dari pelabuhan Efesus. Gereja di Kolose mungkin dimulai sebagai akibat khotbah Paulus di Efesus. Lukas menuliskan bahwa pada masa itu 'semua yang tinggal di propinsi Asia telah mendengar firman Tuhan' (Kis 19:10). Namun demikian, Paulus sendiri tidak pernah pergi ke sana (Kol 2:1). Kemungkinan terbesar gereja itu di mulai karena Epafras (Kol 1:7) yang rupanya datang dari Kolose (Kol 4:12).

Epafras ada bersama dengan Paulus pada waktu Paulus menulis surat-surat ini, sehingga ia mendapat informasi tentang keadaan di gereja Kolose darinya.

WAKTU PENULISAN.
Dua surat ini ditulis dari penjara (Kol 4:10 dan (File 1), tetapi waktu penulisan tergantung pada tempat Paulus dipenjarakan. Efesus, salah satu kemungkinan. Letak kota itu cukup dekat sehingga masuk akal untuk dapat ditempuh oleh pelarian seperti Onesimus. Paulus tampaknya menyatakan bahwa ia pernah di penjara di Efesus (1Kor 15:32). Roma merupakan kemungkinan lain, tetapi mungkinkah seorang budak melarikan diri ke Roma, langsung masuk ke mulut singa. Pula, melawan anggapan bahwa surat ini ditulis di Roma, adalah fakta bahwa ketika ia sedang berada dalam penjara, ia berharap untuk dilepaskan dan pergi ke barat, ke Spanyol, bukan ke timur, yaitu ke Kolose (File 1:22). Jika surat-surat ini ditulis di Efesus, maka tahun penulisan adalah 55-6 M, pada waktu perjalanan penginjilan Paulus yang ketiga (Kis 19); jika ditulis di Roma, maka waktu penulisan ialah sekitar tahun 63 M.

MENGAPA SURAT-SURAT INI DITULIS?
Kedua surat ini sebenarnya ditujukan kepada seluruh gereja (Kol 1:2, File 1:2). Bahkan kita dapat menyebutnya 'surat Kolose satu dan dua'! 1. Paulus menulis surat Kolose sebab ada ajaran sesat yang diajarkan dan harus diperbaikinya. Kita tidak begitu tahu ajaran apa itu, tetapi mereka mempunyai pendapat yang aneh tentang kedewasaan Kristen, mereka memikirkan adanya syarat-syarat berupa pantangan-pantangan makan, hari-hari suci dan bahkan penyembahan kepada para malaikat (Kol. 2:16-23). 2. Onesimus, rupa-rupanya adalah seorang budak yang tidak berguna yang pada akhirnya melarikan diri (mungkin karena ia telah mencuri sesuatu, File 1:18). Ia bertemu Paulus di penjara. Ia menjadi seorang Kristen, mungkin Paulus yang membawanya kepada Kristus (Flm. 10). Saat itulah, untuk pertama kali dalam kehidupannya ia benar-benar hidup baru sesuai dengan arti namanya, "Onesimus', 'Berguna'!

Ia benar-benar menjadi orang yang berguna, Paulus mengirimkannya kembali ke majikannya dengan sepucuk surat. Ia memang memerlukan surat itu: seorang budak yang melarikan diri dapat dimeteraikan dengan huruf 'P' yang berarti 'Pelarian'... ia dapat disalibkan. Apa yang diharapkan oleh Paulus adalah perdamaian kedua bersaudara itu.

Pesan

1. Ada kesalahan yang harus diperbaiki.
Jemaat Kristen di Kolose tidak mengerti tentang Keallahan Kristus, oleh
karenanya mereka tidak mengerti bahwa segala sesuatu yang mereka perlukan dapat
ditemukan di dalam Yesus.
Paulus menunjukkan kesalahan mereka:
o Secara doktrin... pasal 1 dan 2
o Secara praktis... pasal 3 dan 4

2. Kedewasaan harus dicari.
o Kedewasaan mulai dari adanya pandangan terhadap kekekalan. Kol 3:1-4
o Kedewasaan mempunyai aspek negatif dan positif:
- hal yang negatif, matikan Kol 3:5-7, tanggalkan. Kol 3:8-9
- haI yang positif, pakailah. Kol 3:10-14
o Kedewasaan mempunyai dua wasit yang dapat dipercaya:
- damai sejahtera Kristus. Kol 3:15
- perkataan Kristus. Kol 3:15-17

3. Kedewasaan berhubungan dengan dunia nyata.
Jemaat Kolose berpendapat bahwa kedewasaan adalah ketaatan pada agama. Paulus
menghubungkannya dengan hubungan-hubungan:
o Suami dan istri. Kol 3:18-19
o Anak-anak dan orang-tua. Kol 3:20-21
o Hamba dan majikan. Kol 3:22-25

4. Kekristenan berhubungan dengan akar, bukan dengan buah.

Seringkali dikatakan bahwa sebenarnya Alkitab mendorong perbudakan. Hal itu
tidak benar. Tetapi, perhatikan bagaimana Kristus menangani masalah perbudakan:
o Tidak dengan menimbulkan revolusi politik yang dapat mengakibatkan kematian
dan penderitaan banyak orang, tetapi dengan membuat perubahan secara pribadi
sehingga Filemon, pemilik budak, dan Onesimus sebagai budak, menjadi -
- pengikut Yesus
- bersaudara di dalam Kristus
- sahabat, bukan musuh
o Revolusi mengubah keadaan di luar,tetapi tidak keadaan di dalam; keselamatan
mengubah segalanya!

5. Kekristenan mengutamakan kerendahan hati, bukan kekuasaan.
Paulus adalah seorang rasul, oleh karena itu mengapa ia tidak memerintahkan saja
Filemon mengampuni Onesimus?
o Paulus harus bertindak sebagai seorang saudara (Flm. 9), sebab ia mengharapkan
bahwa Filemon juga bertindak sebagai seorang saudara.
o Keangkuhan adalah dosa yang ada di balik sebutan majikan pada seseorang dan
pada orang lain sebagai budak. Kekerasan mengakibatkan kekerasan yang makin
keras, keangkuhan mendorong timbulnya keangkuhan yang makin angkuh.

Kerendahan hati merupakan kebajikan paling rumit: pada saat Anda sadar Anda
sudah memilikinya,... Anda telah kehilangan dia!

Penerapan

Kedewasaan

1. Kedewasaan adalah tema utama dalam surat Kolose.
Perhatikan ayat kunci, Kol 1:28 'Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan (kedewasaan) di dalam Kristus'.

o Cakupannya adalah menyeluruh: setiap Kristen harus menuju kepada kedewasaan.
o Sumbernya adalah Kristus, Paulus menyatakan kepada Kristen tentang Kristus, dengan harapan agar mereka mengikuti teladan Kristus.
o Buktinya tampak dalam hubungan sosial: Kristen yang dewasa akan mempunyai hubungan yang baik dengan suami atau istri, dengan anak-anak dan dengan majikan atau karyawannya.

2. Sikap dewasa adalah yang Paulus harapkan pada Filemon.
Kristen dewasa tidak berperilaku seperti orang lain. Seperti Kristus mengampuni Filemon, ia juga harus mengampuni Onesimus; tetapi hal ini mungkin akan merupakan kejutan bagi kawan-kawannya!

Tema-tema Kunci

1. Kata 'semua'.
Pemakaian kata 'semua' yang diulang berkali-kali oleh Paulus merupakan suatu peringatan tentang apa yang ditekankannya mengenai kedewasaan, Kristen yang sepenuh hati. Kata Yunani tersebut diterjemahkan dalam beberapa istilah: selalu, semua orang kudus, seluruh dunia, berkenan kepada-Nya dalam segala hal, setiap perbuatan baik, segala sesuatu. Kata ini muncul sebanyak 38 kali. Telitilah di mana kata-kata itu ditulis dan pelajarilah maknanya dalam pengertian kita tentang siapa Kristus itu, apa yang Kristus telah lakukan dan bagaimana kita harus berperilaku.

2. Peran kita dalam mencapai kedewasaan.
Paulus memakai tiga kata 'perintah yang sangat mendesak' atau untuk menjelaskan apa yang harus kita lakukan untuk menjadi dewasa:

o 'Matikanlah' Kol 3:5
o 'Buanglah' Kol 3:8-9
o 'Kenakanlah' Kol 3:12

Kata 'buanglah' dan 'kenakanlah' dipakai dalam bahasa Yunani yang berarti menanggalkan baju kotor pada malam hari dan mengenakan baju bersih pada pagi hari. Pelajarilah Kol 3:1-14 dengan saksama. Mengapa saya berdosa? Mengapa saya terus melakukan dosa? Bagaimana saya dapat berhenti berdosa?

3. Peran Kristus dalam keselamatan kita.
Untuk memungkinkan kita melakukan peran kita menjadi dewasa, Kristus telah terlebih dahulu mengawali peranannya dalam menyelamatkan kita. Carilah enam langkah dalam penyelamatan kita dalam Kol 2:13-15.

4. Pohon oak yang besar dari bijinya yang kecil.
Filemon merupakan surat pribadi yang sangat pendek, hanya 335 kata Yunani dalam naskah aslinya. Mengapa surat itu dimasukkan ke dalam Alkitab? Ya, oleh karena Tuhan menginginkannya dalam Alkitab! Tetapi, ada alasan manusiawi lainnya yang menarik. Ada kemungkinan Onesimus akan mengakhiri hidupnya bukan sebagai seorang budak, bahkan bukan pula hanya sebagai seorang bebas, tetapi sebagai seorang uskup di Efesus. Pada permulaan abad kedua seorang Kristen yang terkenal bernama Ignatius menulis surat kepada gereja di Efesus dan menyebut nama Uskup Onesimus, bahkan menuliskan juga arti namanya, 'Berguna'! Dari seorang budak pelarian menjadi uskup! Carilah dalam Alkitab dan pelajarilah kehidupan orang-orang lain yang telah dibawa oleh Tuhan dari keadaan tidak dikenal menjadi terkenal... Gideon? Daud? Petrus? Yang lainnya?

Garis Besar Intisari: Kolose (Pendahuluan Kitab) KOLOSE [1] PAULUS DAN JEMAAT KRISTEN KOLOSE Kol 1:1-14 Kol 1:1-2Salam Kol 1:3-8Apa yang telah kami dengar tentang kamu Kol 1:9-14Apa yang kami

KOLOSE

[1] PAULUS DAN JEMAAT KRISTEN KOLOSE Kol 1:1-14
Kol 1:1-2Salam
Kol 1:3-8Apa yang telah kami dengar tentang kamu
Kol 1:9-14Apa yang kami doakan untuk kamu

[2] KEAGUNGAN YESUS Kol 1:15-29
Kol 1:15-20Siapakah Yesus
Kol 1:21-23Apa yang telah Yesus lakukan
Kol 1:24-29Kristus di dalam kamu, harapan kemuliaan

[3] YESUS: CUKUP UNTUK SETIAP KEBUTUHAN Kol 2:1-23
Kol 2:1-7Dipersatukan, diperlengkapi, berdiri teguh
Kol 2:8-15Apa yang telah Kristus lakukan bagi kita
Kol 2:16-23Hidup seperti mereka yang telah mati bersama Kristus

[4] PERLENGKAPAN BARU Kol 3:1-4:6
Kol 3:1-4Hiduplah seperti mereka yang telah dibangkitkan bersama Kristus
Kol 3:5-9Menanggalkan pakaian lama
Kol 3:10-17Memakai pakaian baru
Kol 3:18-4:1Sesuaikan pakaian itu
Kol 4:2-6Berbicara kepada Allah dan manusia: berdoa dan bersaksi

[5] BEGITU BANYAK TEMAN Kol 4:7-18
Kol 4:7-9Dua orang teman akan datang kepadamu
Kol 4:10-14Enam orang tetap tinggal bersamaku
Kol 4:15-17Salam dan dorongan semangat
Kol 4:18Jangan lupakan saya... di penjara

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #19: Centang "Pencarian Tepat" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab tanpa keluarga katanya. [SEMUA]
dibuat dalam 0.39 detik
dipersembahkan oleh YLSA