kecilkan semua  

Teks -- Imamat 25:1-40 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Tahun Sabat dan tahun Yobel
25:1 TUHAN berfirman kepada Musa di gunung Sinai: 25:2 "Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila kamu telah masuk ke negeri yang akan Kuberikan kepadamu, maka tanah itu harus mendapat perhentian sebagai sabat bagi TUHAN. 25:3 Enam tahun lamanya engkau harus menaburi ladangmu, dan enam tahun lamanya engkau harus merantingi kebun anggurmu dan mengumpulkan hasil tanah itu, 25:4 tetapi pada tahun yang ketujuh haruslah ada bagi tanah itu suatu sabat, masa perhentian penuh, suatu sabat bagi TUHAN. Ladangmu janganlah kautaburi dan kebun anggurmu janganlah kaurantingi. 25:5 Dan apa yang tumbuh sendiri dari penuaianmu itu, janganlah kautuai dan buah anggur dari pokok anggurmu yang tidak dirantingi, janganlah kaupetik. Tahun itu harus menjadi tahun perhentian penuh bagi tanah itu. 25:6 Hasil tanah selama sabat itu haruslah menjadi makanan bagimu, yakni bagimu sendiri, bagi budakmu laki-laki, bagi budakmu perempuan, bagi orang upahan dan bagi orang asing di antaramu, yang semuanya tinggal padamu. 25:7 Juga bagi ternakmu, dan bagi binatang liar yang ada di tanahmu, segala hasil tanah itu menjadi makanannya. 25:8 Selanjutnya engkau harus menghitung tujuh tahun sabat, yakni tujuh kali tujuh tahun; sehingga masa tujuh tahun sabat itu sama dengan empat puluh sembilan tahun. 25:9 Lalu engkau harus memperdengarkan bunyi sangkakala di mana-mana dalam bulan yang ketujuh pada tanggal sepuluh bulan itu; pada hari raya Pendamaian kamu harus memperdengarkan bunyi sangkakala itu di mana-mana di seluruh negerimu. 25:10 Kamu harus menguduskan tahun yang kelima puluh, dan memaklumkan kebebasan di negeri itu bagi segenap penduduknya. Itu harus menjadi tahun Yobel bagimu, dan kamu harus masing-masing pulang ke tanah miliknya dan kepada kaumnya. 25:11 Tahun yang kelima puluh itu harus menjadi tahun Yobel bagimu, jangan kamu menabur, dan apa yang tumbuh sendiri dalam tahun itu jangan kamu tuai, dan pokok anggur yang tidak dirantingi jangan kamu petik buahnya. 25:12 Karena tahun itu adalah tahun Yobel, haruslah itu kudus bagimu; hasil tahun itu yang hendak kamu makan harus diambil dari ladang. 25:13 Dalam tahun Yobel itu kamu harus masing-masing pulang ke tanah miliknya. 25:14 Apabila kamu menjual sesuatu kepada sesamamu atau membeli dari padanya, janganlah kamu merugikan satu sama lain. 25:15 Apabila engkau membeli dari sesamamu haruslah menurut jumlah tahun sesudah tahun Yobel, dan apabila ia menjual kepadamu haruslah menurut jumlah tahun panen. 25:16 Makin besar jumlah tahun itu, makin besarlah pembeliannya, dan makin kecil jumlah tahun itu, makin kecillah pembeliannya, karena jumlah panenlah yang dijualnya kepadamu. 25:17 Janganlah kamu merugikan satu sama lain, tetapi engkau harus takut akan Allahmu, sebab Akulah TUHAN, Allahmu. 25:18 Demikianlah kamu harus melakukan ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-Ku serta melakukannya, maka kamu akan diam di tanahmu dengan aman tenteram. 25:19 Tanah itu akan memberi hasilnya, dan kamu akan makan sampai kenyang dan diam di sana dengan aman tenteram. 25:20 Apabila kamu bertanya: Apakah yang akan kami makan dalam tahun yang ketujuh itu, bukankah kami tidak boleh menabur dan tidak boleh mengumpulkan hasil tanah kami? 25:21 Maka Aku akan memerintahkan berkat-Ku kepadamu dalam tahun yang keenam, supaya diberinya hasil untuk tiga tahun. 25:22 Dalam tahun yang kedelapan kamu akan menabur, tetapi kamu akan makan dari hasil yang lama sampai kepada tahun yang kesembilan, sampai masuk hasilnya, kamu akan memakan yang lama."
Penebusan tanah
25:23 "Tanah jangan dijual mutlak, karena Akulah pemilik tanah itu, sedang kamu adalah orang asing dan pendatang bagi-Ku. 25:24 Di seluruh tanah milikmu haruslah kamu memberi hak menebus tanah. 25:25 Apabila saudaramu jatuh miskin, sehingga harus menjual sebagian dari miliknya, maka seorang kaumnya yang berhak menebus, yakni kaumnya yang terdekat harus datang dan menebus yang telah dijual saudaranya itu. 25:26 Apabila seseorang tidak mempunyai penebus, tetapi kemudian ia mampu, sehingga didapatnya yang perlu untuk menebus miliknya itu, 25:27 maka ia harus memasukkan tahun-tahun sesudah penjualannya itu dalam perhitungan, dan kelebihannya haruslah dikembalikannya kepada orang yang membeli dari padanya, supaya ia boleh pulang ke tanah miliknya. 25:28 Tetapi jikalau ia tidak mampu untuk mengembalikannya kepadanya, maka yang telah dijualnya itu tetap di tangan orang yang membelinya sampai kepada tahun Yobel; dalam tahun Yobel tanah itu akan bebas, dan orang itu boleh pulang ke tanah miliknya."
Penebusan rumah
25:29 "Apabila seseorang menjual rumah tempat tinggal di suatu kota yang berpagar tembok, maka hak menebus hanya berlaku selama setahun mulai dari hari penjualannya; hak menebus berlaku hanya satu tahun. 25:30 Tetapi jikalau rumah itu tidak ditebus dalam jangka waktu setahun itu, rumah itu secara mutlak menjadi milik si pembeli turun temurun; dalam tahun Yobel rumah itu tidaklah bebas. 25:31 Tetapi rumah-rumah di desa-desa yang tidak dikelilingi pagar tembok haruslah dianggap sama dengan ladang-ladang di negeri itu, atasnya harus ada hak menebus dan dalam tahun Yobel rumah itu harus bebas. 25:32 Mengenai rumah-rumah di kota-kota orang Lewi, hak menebus rumah-rumah itu ada pada orang-orang Lewi untuk selama-lamanya. 25:33 Sekalipun dari antara orang Lewi yang melakukan penebusan, tetapi rumah yang terjual di kota miliknya itu haruslah bebas dalam tahun Yobel, karena segala rumah di kota-kota orang Lewi adalah milik mereka masing-masing di tengah-tengah orang Israel. 25:34 Dan padang penggembalaan sekitar kota-kota mereka janganlah dijual, karena itu milik mereka untuk selama-lamanya."
Perlakuan terhadap orang miskin
25:35 "Apabila saudaramu jatuh miskin, sehingga tidak sanggup bertahan di antaramu, maka engkau harus menyokong dia sebagai orang asing dan pendatang, supaya ia dapat hidup di antaramu. 25:36 Janganlah engkau mengambil bunga uang atau riba dari padanya, melainkan engkau harus takut akan Allahmu, supaya saudaramu dapat hidup di antaramu. 25:37 Janganlah engkau memberi uangmu kepadanya dengan meminta bunga, juga makananmu janganlah kauberikan dengan meminta riba. 25:38 Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa kamu keluar dari tanah Mesir, untuk memberikan kepadamu tanah Kanaan, supaya Aku menjadi Allahmu. 25:39 Apabila saudaramu jatuh miskin di antaramu, sehingga menyerahkan dirinya kepadamu, maka janganlah memperbudak dia. 25:40 Sebagai orang upahan dan sebagai pendatang ia harus tinggal di antaramu; sampai kepada tahun Yobel ia harus bekerja padamu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Fenisia the region ofeast Mediterranean coastal land from Arvad (modern Lebanon) south to Gaza,the coast land from Mt. Carmel north to the Orontes River
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum orang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · orang Lewi member of the tribe of Levi
 · orang-orang dari bani Lewi members of the tribe of Levi
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · orang-orang Lewi members of the tribe of Levi
 · Orang-orang suku Lewi members of the tribe of Levi
 · para orang Lewi members of the tribe of Levi
 · perempuan Kanaan residents of the region of Canaan
 · perempuan-perempuan Kanaan residents of the region of Canaan
 · salah seorang Lewi members of the tribe of Levi
 · semua orang Lewi members of the tribe of Levi
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan


Topik/Tema Kamus: Hukum Dan Pembinaan Hukum | Kodeks Imamat Atau Tulisan Imamat | Imamat, Kitab | Kekudusan, Kodeks Kekudusan | Hukum Musa | Yobel | Raya, Perayaan Yobel | Merdeka, Kemerdekaan Kristen | Raya, Perayaan Tahun Sabat | Tahun Sabat | Tani, Pertanian | Tanah Palestina | Orang Berutang | Rumah | Hamba | Tuai, Menuai | Orang Miskin | Kebun Anggur | Benih | Riba Atau Bunga Uang | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Im 25:8-34 - MASA ... EMPAT PULUH SEMBILAN TAHUN. Nas : Im 25:8-34 Tiga ciri khas menandai Tahun Yobel (sebuah tahun yang tiba setiap 50 tahun). 1) Semua budak Israel harus dibebaskan. 2)...

Nas : Im 25:8-34

Tiga ciri khas menandai Tahun Yobel (sebuah tahun yang tiba setiap 50 tahun).

  1. 1) Semua budak Israel harus dibebaskan.
  2. 2) Semua harta warisan yang dijual harus dikembalikan kepada keluarga yang semula.
  3. 3) Tanah tidak boleh digarap. Maksud Allah dengan menetapkan tahun ini ialah menjamin keadilan dan menjaga agar golongan kaya tidak mengumpulkan kekayaan dan tanah dengan mengorbankan golongan lemah.

Full Life: Im 25:23 - TANAH. Nas : Im 25:23 Allah mengatakan kepada orang Israel bahwa mereka bukan pemilik sesungguhnya dari tanah, karena tanah itu adalah milik-Nya; mereka h...

Nas : Im 25:23

Allah mengatakan kepada orang Israel bahwa mereka bukan pemilik sesungguhnya dari tanah, karena tanah itu adalah milik-Nya; mereka hanya merupakan pengurusnya saja. Demikian pula, harta milik orang percaya PB adalah milik Tuhan. Kita ditugaskan sebagai pengurus yang wajib mengatur semua milik kita dengan benar bagi Allah, diri kita sendiri, dan sesama manusia (bd. Mat 25:14-27; Luk 16:10-12; 1Kor 4:1-7).

Full Life: Im 25:36 - JANGANLAH ENGKAU MENGAMBIL BUNGA. Nas : Im 25:36 Lihat cat. --> Kel 22:25. [atau ref. Kel 22:25]

Nas : Im 25:36

Lihat cat. --> Kel 22:25.

[atau ref. Kel 22:25]

Jerusalem: Im 17:1--27:34 - -- Bab Ima 17:1-27:34 kitab Imamat ini lazimnya diberi judul: "Hukum Kekudusan". Bagian ini memang berasal dari tradisi Para Imam, tetapi bagian inti tam...

Bab Ima 17:1-27:34 kitab Imamat ini lazimnya diberi judul: "Hukum Kekudusan". Bagian ini memang berasal dari tradisi Para Imam, tetapi bagian inti tampaknya terbentuk pada akhir zaman para raja dan memuat adat kebiasaan yang ditepati dalam bait Allah di Yerusalem. Dalam "Hukum Kekudusan" itu tampaklah dengan jelas sejumlah besar dengan ajaran nabi Yehezkiel. Ini berarti bahwa ajaran nabi itu tidak lain kecuali suatu perkembangan dari apa yang sudah ada sebelum masa pembuangan Israel ke Babel. Adapun kekudusan ialah sebuah sifat hakiki Allah Israel, bdk Ima 11:44-45; 19:2; 20:7,26; 21:8; 22:23 dst. Arti pertama kata "Kudus" ialah: yang terpisah yang transenden dan tidak terhampiri, sehingga menimbulkan rasa takut keagamaan, Kel 33:20+. Kekudusan Allah itu meliputi juga segala sesuatu yang berhubungan dengan Allah atau diserahkan kepadaNya, yaitu: tempat, Kel 19:12+, masa dan waktu, Kel 16:23; Ima 23:4+, tabut perjanjian, 2Sa 6:7+, manusia, Kel 19:6+, khususnya para imam, Ima 21:6, benda-benda, Kel 30:29; Bil 18:9, dll. Mengingat hubungannya dengan ibadat maka "kudus" berdekatan dengan "tahir". Sejauh itu "Hukum Kekudusan" dapat juga disebut "Hukum Ketahiran". Akan tetapi sifat moril Allahnya Israel merohanikan pandangan primitip itu. "Kudus" tidak hanya berarti: dipisahkan dari apa yang profan (teruntuk bagi keperluan manusia), tetapi terutama: dipisahkan dari dosa: ketahiran lahiriah bergabung dengan kesucian hati manusia, bdk penglihatan nabi Yesaya, Yes 6:3+.

Jerusalem: Im 25:1-7 - -- Peraturan-peraturan mengenai tahun-tahun suci milik atas tanah Suci: tanahpun harus menepati hukum Sabat, lih Kel 20:8+. Tahun Sabat, Ima 25:1-7, suda...

Peraturan-peraturan mengenai tahun-tahun suci milik atas tanah Suci: tanahpun harus menepati hukum Sabat, lih Kel 20:8+. Tahun Sabat, Ima 25:1-7, sudah disebut dalam Kitab Perjanjian, Kel 23:10-11. Di sini peraturan-peraturannya diperincikan lebih jauh. Pada masa sesudah pembuangan Tahun Sabat itu ternyata dirayakan, Neh 10:31 dan 1Ma 6:49-35; Ula 15:1-11 menambah peraturan yang mewajibkan bahwa segala hutang harus dihapus. Para budak berbangsa Ibrani harus dibebaskan pada tahun ketujuh perbudakannya, tetapi pembebasan itu tidak terikat pada Tahun Sabat, Kel 21:2; Ula 15:12-18. Peraturan itu hampir tidak pernah ditepati, bdk Yer 34:8-16. Dengan maksud meringankan peraturan itu maka ditetapkan bahwa hanya lima puluh tahun sekali perlu ditepati, yaitu pada "Tahun Yobel", Ima 25:8-17. Nama "Tahun Yobel" itu diambil dari kebiasaan mengumumkan pembukaan tahun itu dengan membunyikan sangkakala yang disebut "yobel". (Tahun Yobel disinggung dalam Yes 61:1-2). Pada Tahun Yobel tanah dibiarkan menganggur dan diumumkan pelepasan baik manusia maupun barang, sehingga setiap orang mendapat kembali milik warisannya dan pulang kepada kaumnya sendiri, Ima 25:10. Maksud peraturan itu ialah menjamin keseimbangan masyarakat yang tersusun berdasarkan keluarga dan milik warisan. Hanya dalam kenyataannya peraturan itu hanya menjadi suatu usaha pada zaman belakangan untuk membuat Tahun Sabat lebih berhasil. Tetapi rupanya peraturan Tahun Yobelpun tidak pernah dilaksanakan. Adapun Tahun Suci yang dirayakan Gereja Katolik memindahkan Tahun Yobel Yahudi ke tingkat rohani. Tahun Suci itu memberi kaum beriman kesempatan berkala buat membereskan hutangnya dengan Allah.

Jerusalem: Im 25:14 - janganlah kamu merugikan Maksud hukum ini rangkap dua: ia menjamin keadilan dalam jual beli dan mencegah pernyerobotan tanah, sebagaimana dicela dalam Yes 5:8 dan Mik 2:2.

Maksud hukum ini rangkap dua: ia menjamin keadilan dalam jual beli dan mencegah pernyerobotan tanah, sebagaimana dicela dalam Yes 5:8 dan Mik 2:2.

Jerusalem: Im 25:21 - untuk tiga tahun Yaitu tahun panen terakhir, Tahun Sabat dan tahun berikutnya sampai panen baru masuk di musim rontok.

Yaitu tahun panen terakhir, Tahun Sabat dan tahun berikutnya sampai panen baru masuk di musim rontok.

Jerusalem: Im 25:23-34 - -- Peraturan ini mau menggabungkan hukum tentang Tahun Yobel dengan lembaga tua yang disebut go'el (kaumnya yang terdekat, Ima 25:25). bdk Bil 35:19+.

Peraturan ini mau menggabungkan hukum tentang Tahun Yobel dengan lembaga tua yang disebut go'el (kaumnya yang terdekat, Ima 25:25). bdk Bil 35:19+.

Jerusalem: Im 25:30 - tidaklah bebas Hukum Tahun Yobel hanya sebagiannya berlaku untuk milik di kota.

Hukum Tahun Yobel hanya sebagiannya berlaku untuk milik di kota.

Jerusalem: Im 25:32 - untuk selama-lamanya Hukum ini menjamin bahwa kota-kota kaum Lewi tetap kota yang kudus. Hanya kaum Lewi sajalah yang dapat memperoleh milik tetap di situ.

Hukum ini menjamin bahwa kota-kota kaum Lewi tetap kota yang kudus. Hanya kaum Lewi sajalah yang dapat memperoleh milik tetap di situ.

Jerusalem: Im 25:33 - Sekalipun ... Yobel Naskah Ibrani tidak jelas dan nampaknya rusak. Rupanya aturan ini mengenai orang Lewi yang menjual rumah kepada orang Lewi lain. Penjualan itu diangga...

Naskah Ibrani tidak jelas dan nampaknya rusak. Rupanya aturan ini mengenai orang Lewi yang menjual rumah kepada orang Lewi lain. Penjualan itu dianggap sah.

Jerusalem: Im 25:39-41 - -- Peraturan ini mau menyesuaikan hukum Tahun Yobel dengan hukum Kitab Perjanjian, Kel 21:2-6 mengenai pembebasan budak pada akhir tahun keenam perbudaka...

Peraturan ini mau menyesuaikan hukum Tahun Yobel dengan hukum Kitab Perjanjian, Kel 21:2-6 mengenai pembebasan budak pada akhir tahun keenam perbudakannya. Tetapi hukum baru itu tidak mempunyai banyak nilai nyata. Sebab mungkin sekali budak yang diberi pada awal kurun Yobel sudah mati sebelum Tahun Yobel tiba. Kalau masih hidup ia sudah terlalu tua untuk mulai bekerja sebagai orang merdeka. Tetapi keadaan budak berbangsa Ibrani lebih baik dari pada keadaan budak lain, Ima 25:45-46.

Ende: Im 17:1--26:46 - -- Bagian ini lazimnja disebut "Taurat Kesutjian" dan merupakan sekumpulan undang dan hukum jang bermaksud melindungi kesutjian Umat Jahwe jang kudus, da...

Bagian ini lazimnja disebut "Taurat Kesutjian" dan merupakan sekumpulan undang dan hukum jang bermaksud melindungi kesutjian Umat Jahwe jang kudus, dari pelbagai segi. Bagian ini djauh lebih mendalam adjarannja daripada pasal 1-16 jang lebih memperhatikan segi lahiriah dan rituil sadja. Kekudusan Tuhan Israil menuntut dari umatNja kesutjian jang tidak terdiri atas ketahiran lahiriah dan rituil semata-mata, tetapi djuga dan terutama atas kesutjian moril dan batiniah. Pasal #TB Ima 1-16 memperbintjangkan segala sesuatu jang menghalang umat berhadapan Allah dalam ibadah; pasal #TB Ima 17-26 mengutarakan apa jang dituntut dari orang jang hendak menghubungi Jahwe.

Ende: Im 25:23 - -- Allah adalah pemilik tanah, sehingga manusia tidak dapat mendjualnja.

Allah adalah pemilik tanah, sehingga manusia tidak dapat mendjualnja.

Ende: Im 25:25 - -- Undang ini bermaksud menghindarkan, supaja milik djangan sampai hilang dari keluarga-pamili tertentu. Setidak-tidaknja dalam tahun pelepasan semua kem...

Undang ini bermaksud menghindarkan, supaja milik djangan sampai hilang dari keluarga-pamili tertentu. Setidak-tidaknja dalam tahun pelepasan semua kembali kepada pemilik.

Ende: Im 25:26 - menghitung jakni dari saat tanah didjual hingga tahun pelepasan jang berikut (bdk. Ima 25:15-17).

jakni dari saat tanah didjual hingga tahun pelepasan jang berikut (bdk. Ima 25:15-17).

Ende: Im 25:33 - salah seorang jaitu jang bukan Levita. Maksud undang ini ialah kota-kota Levita jang sutji harus tetap kota Levita. Karena itu kaum Levita diketjualikan dari undang...

jaitu jang bukan Levita. Maksud undang ini ialah kota-kota Levita jang sutji harus tetap kota Levita. Karena itu kaum Levita diketjualikan dari undang aj. 29-30(Ima 25:29-30).

Endetn: Im 25:14 - engkau diperbaiki menurut terdjemahan-terdjemahan kuno. Naskah Hibrani pakai djamak.

diperbaiki menurut terdjemahan-terdjemahan kuno. Naskah Hibrani pakai djamak.

Endetn: Im 25:30 - -- Ditinggalkan "tidak". Tertulis: "jang tidak bertembok".

Ditinggalkan "tidak". Tertulis: "jang tidak bertembok".

Endetn: Im 25:33 - -- Ditinggalkan satu huruf (dan). Bdk. terdjemahan Junani.

Ditinggalkan satu huruf (dan). Bdk. terdjemahan Junani.

Endetn: Im 25:35 - (seperti) ditambahkan menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.).

ditambahkan menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.).

Ref. Silang FULL: Im 25:1 - gunung Sinai · gunung Sinai: Kel 19:11

· gunung Sinai: Kel 19:11

Ref. Silang FULL: Im 25:3 - hasil tanah · hasil tanah: Kel 23:10

· hasil tanah: Kel 23:10

Ref. Silang FULL: Im 25:4 - masa perhentian // kebun anggurmu · masa perhentian: Im 25:5,6,20; Im 26:35; 2Taw 36:21 · kebun anggurmu: Yes 36:16; 37:30

· masa perhentian: Im 25:5,6,20; Im 26:35; 2Taw 36:21

· kebun anggurmu: Yes 36:16; 37:30

Ref. Silang FULL: Im 25:5 - tumbuh sendiri // buah anggur // tidak dirantingi · tumbuh sendiri: 2Raj 19:29 · buah anggur: Kej 40:10; Bil 6:3; 13:20; Ul 23:24; Neh 13:15; Yes 5:2 · tidak dirantingi: Im 25:4,1...

· tumbuh sendiri: 2Raj 19:29

· buah anggur: Kej 40:10; Bil 6:3; 13:20; Ul 23:24; Neh 13:15; Yes 5:2

· tidak dirantingi: Im 25:4,11

Ref. Silang FULL: Im 25:6 - selama sabat · selama sabat: Im 25:4; Im 25:4

· selama sabat: Im 25:4; [Lihat FULL. Im 25:4]

Ref. Silang FULL: Im 25:7 - binatang liar · binatang liar: Kel 23:11

· binatang liar: Kel 23:11

Ref. Silang FULL: Im 25:9 - bunyi sangkakala // dalam bulan // raya Pendamaian · bunyi sangkakala: Im 23:24; Bil 10:8; Yos 6:4; Hak 3:27; 7:16; 1Sam 13:3; Yes 27:13; Za 9:14 · dalam bulan: Im 16:29; Im 16:29 ·...

· bunyi sangkakala: Im 23:24; Bil 10:8; Yos 6:4; Hak 3:27; 7:16; 1Sam 13:3; Yes 27:13; Za 9:14

· dalam bulan: Im 16:29; [Lihat FULL. Im 16:29]

· raya Pendamaian: Kel 30:10; [Lihat FULL. Kel 30:10]

Ref. Silang FULL: Im 25:10 - memaklumkan kebebasan // tahun Yobel // ke tanah · memaklumkan kebebasan: Yes 61:1; Yer 34:8,15,17; Luk 4:19; Luk 4:19 · tahun Yobel: Im 25:11,28,50; Im 27:17,21; Bil 36:4; Yeh 46:17 &m...

· memaklumkan kebebasan: Yes 61:1; Yer 34:8,15,17; Luk 4:19; [Lihat FULL. Luk 4:19]

· tahun Yobel: Im 25:11,28,50; Im 27:17,21; Bil 36:4; Yeh 46:17

· ke tanah: Im 25:27

Ref. Silang FULL: Im 25:11 - tahun Yobel // pokok anggur · tahun Yobel: Im 25:10; Im 25:10 · pokok anggur: Im 25:5; Im 25:5

· tahun Yobel: Im 25:10; [Lihat FULL. Im 25:10]

· pokok anggur: Im 25:5; [Lihat FULL. Im 25:5]

Ref. Silang FULL: Im 25:13 - tahun Yobel · tahun Yobel: Im 25:10

· tahun Yobel: Im 25:10

Ref. Silang FULL: Im 25:14 - sama lain · sama lain: Im 19:13; Im 19:13; 1Sam 12:3,4; 1Kor 6:8

· sama lain: Im 19:13; [Lihat FULL. Im 19:13]; 1Sam 12:3,4; 1Kor 6:8

Ref. Silang FULL: Im 25:15 - jumlah tahun · jumlah tahun: Im 25:27; Im 27:18,23

· jumlah tahun: Im 25:27; Im 27:18,23

Ref. Silang FULL: Im 25:16 - kecillah pembeliannya · kecillah pembeliannya: Im 25:27,51,52

· kecillah pembeliannya: Im 25:27,51,52

Ref. Silang FULL: Im 25:17 - sama lain // akan Allahmu // Tuhan, Allahmu · sama lain: Im 19:13; Im 19:13; Ayub 31:16; Ams 22:22; Yer 7:5,6; 21:12; 22:3,15; Za 7:9-10; 1Tes 4:6 · akan Allahmu: Im 19:14; Im 19:1...

· sama lain: Im 19:13; [Lihat FULL. Im 19:13]; Ayub 31:16; Ams 22:22; Yer 7:5,6; 21:12; 22:3,15; Za 7:9-10; 1Tes 4:6

· akan Allahmu: Im 19:14; [Lihat FULL. Im 19:14]

· Tuhan, Allahmu: Im 19:32; [Lihat FULL. Im 19:32]

Ref. Silang FULL: Im 25:18 - pada peraturan-Ku // aman tenteram · pada peraturan-Ku: Kej 26:5; Kej 26:5 · aman tenteram: Im 25:19; Im 26:4,5; Ul 12:10; 33:28; Ayub 5:22; Mazm 4:9; Yer 23:6; 30:10; 32:...

Ref. Silang FULL: Im 25:19 - memberi hasilnya // aman tenteram · memberi hasilnya: Im 26:4; Ul 11:14; 28:12; Yes 55:10 · aman tenteram: Im 25:18; Im 25:18

· memberi hasilnya: Im 26:4; Ul 11:14; 28:12; Yes 55:10

· aman tenteram: Im 25:18; [Lihat FULL. Im 25:18]

Ref. Silang FULL: Im 25:20 - yang ketujuh · yang ketujuh: Im 25:4; Im 25:4

· yang ketujuh: Im 25:4; [Lihat FULL. Im 25:4]

Ref. Silang FULL: Im 25:21 - memerintahkan berkat-Ku // tiga tahun · memerintahkan berkat-Ku: Ul 28:8,12; Mazm 133:3; 134:3; 147:13; Yeh 44:30; Hag 2:20; Mal 3:10 · tiga tahun: Kel 16:5; Kel 16:5

· memerintahkan berkat-Ku: Ul 28:8,12; Mazm 133:3; 134:3; 147:13; Yeh 44:30; Hag 2:20; Mal 3:10

· tiga tahun: Kel 16:5; [Lihat FULL. Kel 16:5]

Ref. Silang FULL: Im 25:22 - masuk hasilnya · masuk hasilnya: Im 26:10

· masuk hasilnya: Im 26:10

Ref. Silang FULL: Im 25:23 - Tanah // Akulah pemilik // orang asing · Tanah: Bil 36:7; 1Raj 21:3; Yeh 46:18 · Akulah pemilik: Kel 19:5 · orang asing: Kej 23:4; Kej 23:4; Ibr 11:13; Ibr 11:13

· Tanah: Bil 36:7; 1Raj 21:3; Yeh 46:18

· Akulah pemilik: Kel 19:5

· orang asing: Kej 23:4; [Lihat FULL. Kej 23:4]; Ibr 11:13; [Lihat FULL. Ibr 11:13]

Ref. Silang FULL: Im 25:24 - hak menebus · hak menebus: Im 25:29,48; Rut 4:7

· hak menebus: Im 25:29,48; Rut 4:7

Ref. Silang FULL: Im 25:25 - seorang kaumnya // dan menebus · seorang kaumnya: Im 25:48; Rut 2:20; Yer 32:7 · dan menebus: Im 27:13,19,31; Rut 4:4

· seorang kaumnya: Im 25:48; Rut 2:20; Yer 32:7

· dan menebus: Im 27:13,19,31; Rut 4:4

Ref. Silang FULL: Im 25:26 - ia mampu · ia mampu: Im 25:49

· ia mampu: Im 25:49

Ref. Silang FULL: Im 25:27 - memasukkan tahun-tahun // ke tanah · memasukkan tahun-tahun: Im 25:15; Im 25:15 · ke tanah: Im 25:10

· memasukkan tahun-tahun: Im 25:15; [Lihat FULL. Im 25:15]

· ke tanah: Im 25:10

Ref. Silang FULL: Im 25:28 - akan bebas // ke tanah · akan bebas: Im 27:24 · ke tanah: Im 25:10; Im 25:10

· akan bebas: Im 27:24

· ke tanah: Im 25:10; [Lihat FULL. Im 25:10]

Ref. Silang FULL: Im 25:32 - di kota-kota · di kota-kota: Bil 35:1-8; Yos 21:2

· di kota-kota: Bil 35:1-8; Yos 21:2

Ref. Silang FULL: Im 25:34 - itu milik · itu milik: Bil 35:2-5; Yeh 48:14

· itu milik: Bil 35:2-5; Yeh 48:14

Ref. Silang FULL: Im 25:35 - jatuh miskin // harus menyokong · jatuh miskin: Ul 24:14,15 · harus menyokong: Ul 15:8; Mazm 37:21,26; Ams 21:26; Luk 6:35

· jatuh miskin: Ul 24:14,15

· harus menyokong: Ul 15:8; Mazm 37:21,26; Ams 21:26; Luk 6:35

Ref. Silang FULL: Im 25:36 - mengambil bunga // akan Allahmu · mengambil bunga: Kel 22:25; Kel 22:25; Yer 15:10 · akan Allahmu: Im 19:32; Im 19:32

· mengambil bunga: Kel 22:25; [Lihat FULL. Kel 22:25]; Yer 15:10

· akan Allahmu: Im 19:32; [Lihat FULL. Im 19:32]

Ref. Silang FULL: Im 25:37 - meminta bunga · meminta bunga: Kel 22:25; Kel 22:25

· meminta bunga: Kel 22:25; [Lihat FULL. Kel 22:25]

Ref. Silang FULL: Im 25:38 - tanah Kanaan // menjadi Allahmu · tanah Kanaan: Kej 10:19; Kej 10:19 · menjadi Allahmu: Kej 17:7; Kej 17:7

· tanah Kanaan: Kej 10:19; [Lihat FULL. Kej 10:19]

· menjadi Allahmu: Kej 17:7; [Lihat FULL. Kej 17:7]

Ref. Silang FULL: Im 25:39 - janganlah memperbudak · janganlah memperbudak: 1Raj 5:13; 9:22; Yer 34:14

· janganlah memperbudak: 1Raj 5:13; 9:22; Yer 34:14

Ref. Silang FULL: Im 25:40 - orang upahan · orang upahan: Im 25:53

· orang upahan: Im 25:53

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Im 17:1--27:34 - -- II. Bagaimana Orang Memelihara Hubungan Dengan Allah (17:1-27:34) Begitu hubungan yang didambakan dengan Allah itu terjalin, hubungan tersebut harus ...

II. Bagaimana Orang Memelihara Hubungan Dengan Allah (17:1-27:34)

Begitu hubungan yang didambakan dengan Allah itu terjalin, hubungan tersebut harus dipelihara. Pasal-pasal berikut ini dengan jelas menunjukkan bagaimana setiap orang Yahudi harus hidup agar ia bisa berbeda dengan orang kafir dan diperkenan oleh Tuhan.

Wycliffe: Im 25:1-55 - -- 3) Penggunaan Tahun Secara Kudus (25:1-55). Tahun Sabat dibahas (ay. 2-7); perayaan Tahun Yobel diperintahkan (ay. 812); dan efek dari Tahun Yobel at...

3) Penggunaan Tahun Secara Kudus (25:1-55).

Tahun Sabat dibahas (ay. 2-7); perayaan Tahun Yobel diperintahkan (ay. 812); dan efek dari Tahun Yobel atas harta milik (ay. 13-34) dan atas orang-orang (ay. 35-55) disebutkan.

Wycliffe: Im 25:2 - Maka tanah itu harus mendapat perhentian sebagai sabat // bagi Tuhan. 4. Bagi tanah itu suatu sabat, masa perhentian penuh 2. Maka tanah itu harus mendapat perhentian sebagai sabat. Di 23:3 kita belajar bahwa hari sabat diadakan untuk dipelihara oleh bangsa itu. Di dalam a...

2. Maka tanah itu harus mendapat perhentian sebagai sabat. Di 23:3 kita belajar bahwa hari sabat diadakan untuk dipelihara oleh bangsa itu. Di dalam ayat ini diperintahkan agar tanah diizinkan untuk bersabat (weshãbetâ shabbõt) bagi Tuhan. 4. Bagi tanah itu suatu sabat, masa perhentian penuh. Sebagaimana hari ketujuh dinyatakan sebagai hari sabat, demikian pula tahun ketujuh juga dinyatakan sebagai tahun sabat, ketika itu penaburan maupun pengolahan tanah tidak dilakukan.

Wycliffe: Im 25:5 - Apa yang tumbuh sendiri // tidak dirantingi 5. Apa yang tumbuh sendiri. Pemilik tidak boleh menuai apa pun yang tumbuh sendiri di atas tanah miliknya sepanjang tahun sabat. Pokok anggur yang tid...

5. Apa yang tumbuh sendiri. Pemilik tidak boleh menuai apa pun yang tumbuh sendiri di atas tanah miliknya sepanjang tahun sabat. Pokok anggur yang tidak dirantingi dinamakan nazir, kata Ibrani yang sama dengan yang dipakai untuk seorang Nazir, yaitu seseorang yang membiarkan rambutnya panjang dan tidak disisir.

Wycliffe: Im 25:6 - Hasil tanah selama sabat itu haruslah menjadi makanan bagimu 6. Hasil tanah selama sabat itu haruslah menjadi makanan bagimu. Sebagai ganti dari panen yang diambil oleh pemiliknya, sepanjang tahun sabat hasil ta...

6. Hasil tanah selama sabat itu haruslah menjadi makanan bagimu. Sebagai ganti dari panen yang diambil oleh pemiliknya, sepanjang tahun sabat hasil tanah itu disediakan bagi semua orang, kaya maupun miskin (bdg. Kel. 23:11).

Wycliffe: Im 25:8-9 - tujuh tahun sabat // sangkakala // "bunyi-bunyian" 8, 9. Sesudah tujuh tahun sabat atau empat puluh sembilan tahun, Israel diperintahkan untuk meniup sangkakala (shopar) agar didengar di seluruh negeri...

8, 9. Sesudah tujuh tahun sabat atau empat puluh sembilan tahun, Israel diperintahkan untuk meniup sangkakala (shopar) agar didengar di seluruh negeri. Peniupan sangkakala harus dilaksanakan pada Hari Pendamaian, dan rupanya pada saat itulah dimulai tahun khusus tersebut. Kata yang diterjemahkan LAI dengan sangkakala secara harfiah sebenarnya ialah sangkakala untuk berseru atau sangkakala yang nyaring (American Standard Version). Kata bahasa Inggris jubile yang diterjemahkan dengan "bunyi-bunyian" di ayat 9 (TL) adalah tru'a. Di bagian lain ada kata yôbēl yang tidak jelas akar katanya (ay. 10 dst.; 27:17-23; Bil. 36:4; lih. tafsiran Yos. 6:4). Kata inilah yang kemudian menjadi terkenal melalui Vulgata Latin.

Wycliffe: Im 25:10 - Tahun yang kelima puluh 10. Tahun yang kelima puluh menimbulkan kesulitan soal dua tahun sabat yang berurutan, tahun yang keempat puluh sembilan dan tahun yang kelima puluh, ...

10. Tahun yang kelima puluh menimbulkan kesulitan soal dua tahun sabat yang berurutan, tahun yang keempat puluh sembilan dan tahun yang kelima puluh, dengan tanah tetap terbengkalai selama dua tahun. Kesulitan ini telah membuat beberapa penafsir beranggapan bahwa tahun kelima puluh ini memang sengaja disamakan dengan tahun keempat puluh sembilan. Dan tahun "yobel" tampaknya diawali pada Hari Pendamaian yang jatuh pada tanggal sepuluh bulan ketujuh dari tarikh suci Israel, Etanim atau Tisri. Namun, bulan ketujuh ini juga merupakan bulan pertama dalam tarikh sipil. Karena itu tahun dapat dianggap berawal pada bulan ketujuh. Penjelasan lainnya ialah bahwa sangkakala yang ditiup pada Hari Pendamaian merupakan tanda bahwa Tahun Yobel masih enam bulan lagi. Sekalipun demikian, kesimpulan yang dapat ditarik ialah bahwa sesungguhnya peniupan sangkakala meresmikan diawalinya tahun yang baru. Data yang diperlukan untuk menarik kesimpulan yang tegas tidak tersedia. Setidak-tidaknya tahun tersebut merupakan saat kebebasan bagi banyak orang yang untuk sesaat hidup tanpa kebebasan. Dibuat pernyataan umum bahwa setiap orang diizinkan kembali kepada keluarga dan harta miliknya, pernyataan mana dijelaskan lebih lanjut pada ayat 23-34, 39-55.

Wycliffe: Im 25:13 - Kamu harus masing-masing pulang ke tanah miliknya 13. Kamu harus masing-masing pulang ke tanah miliknya. Efek pertama dari dua efek Tahun Yobel kembali dinyatakan secara umum, dan sebagai persiapan un...

13. Kamu harus masing-masing pulang ke tanah miliknya.

Efek pertama dari dua efek Tahun Yobel kembali dinyatakan secara umum, dan sebagai persiapan untuk tahun tersebut berbagai perintah diberikan dalam ayat-ayat berikut. Dasar dari perintah-perintah tersebut ialah bahwa tanah itu sebenarnya milik Tuhan dan bukan milik perseorangan. Tuhan akan membagikan tanah itu di antara berbagai keluarga, dan mereka tidak bisa menjual tanah itu untuk selama-lamanya sebab akhirnya tanah itu harus kembali kepada keluarga yang memperolehnya dari Tuhan (bdg. ay. 23, 24).

Wycliffe: Im 25:14-16 - Merugikan // Menurut jumlah tahun 14-16. Merugikan (dari kata yãnâ) yang artinya "melakukan kesalahan atau memperlakukan dengan tidak benar" dengan mengemukakan harga yang...

14-16. Merugikan (dari kata yãnâ) yang artinya "melakukan kesalahan atau memperlakukan dengan tidak benar" dengan mengemukakan harga yang salah dari tanah. Menurut jumlah tahun. Karena tanah itu merupakan milik Tuhan, hanya yang tumbuh di atasnya saja yang dapat dijual. Oleh karena itu, waktu yang masih ada hingga Tahun Yobel berikutnya harus diperhitungkan di dalam menentukan harga penjualan sebab makin dekat jual-beli tersebut dengan Tahun Yobel, makin sedikit pula panen yang bisa dijual sebelum tanah itu kembali kepada pemiliknya.

Wycliffe: Im 25:18-19 - dengan aman tenteram // makan sampai kenyang // Apakah yang akan kami makan dalam tahun yang ketujuh itu? 18, 19. Jika orang-orang Israel menaati perintah-perintah Tuhan, mereka akan tinggal dengan aman tenteram (betah, "keamanan dan keyakinan"). Tanah itu...

18, 19. Jika orang-orang Israel menaati perintah-perintah Tuhan, mereka akan tinggal dengan aman tenteram (betah, "keamanan dan keyakinan"). Tanah itu akan cukup subur sehingga mereka dapat makan sampai kenyang (sóba, "kelimpahan"). 20-22. Apakah yang akan kami makan dalam tahun yang ketujuh itu? Karena orang Israel tentu akan kurang mempedulikan tanah yang terbengkalai itu, maka panen akan jauh menurun. Kepada mereka Allah berjanji bahwa panen tahun keenam akan demikian banyak sehingga cukup untuk sepanjang Tahun Sabat dan Tahun Yobel (21, 22).

Wycliffe: Im 25:24 - Hak menebus tanah 24. Hak menebus tanah. Ada berbagai cara melalui mana tanah dapat ditebus (dari ga'al, "membeli kembali," "tebusan." Boaz melaksanakan tugas sebagai k...

24. Hak menebus tanah. Ada berbagai cara melalui mana tanah dapat ditebus (dari ga'al, "membeli kembali," "tebusan." Boaz melaksanakan tugas sebagai kerabat penebus, go'el, ketika ia menikahi Rut. Di salib Yesus merupakan gô'èl kita).

Wycliffe: Im 25:25 - Apabila saudaramu jatuh miskin 25. Apabila saudaramu jatuh miskin. Kemiskinan merupakan satu-satunya alasan yang membuat seorang Israel akan menjual tanahnya (bdg. I Raj. 21:3). Di ...

25. Apabila saudaramu jatuh miskin. Kemiskinan merupakan satu-satunya alasan yang membuat seorang Israel akan menjual tanahnya (bdg. I Raj. 21:3). Di dalam kasus semacam itu seorang kerabat penebus bisa tampil dan membeli kembali tanah yang telah dijual itu dan mengembalikannya kepada pemilik semula.

Wycliffe: Im 25:26-27 - Tidak mempunyai penebus 26, 27. Tidak mempunyai penebus. Jika orang itu tidak memiliki kerabat untuk menebus tanahnya dan telah berhasil mengumpulkan dana yang cukup, dia sen...

26, 27. Tidak mempunyai penebus. Jika orang itu tidak memiliki kerabat untuk menebus tanahnya dan telah berhasil mengumpulkan dana yang cukup, dia sendiri bisa membeli kembali tanahnya dengan ikut memperhitungkan jumlah hasil tanah yang tersisa sampai Tahun Yobel dan membayar orang itu dengan harga yang pantas.

Wycliffe: Im 25:28 - Tidak mampu mengembalikannya 28. Tidak mampu mengembalikannya. Jika orang itu tidak memiliki kerabat penebus maupun dana yang cukup, tanah itu dengan sendirinya kembali kepadanya ...

28. Tidak mampu mengembalikannya. Jika orang itu tidak memiliki kerabat penebus maupun dana yang cukup, tanah itu dengan sendirinya kembali kepadanya pada Tahun Yobel. Pembeli tidak rugi apa-apa melalui pengaturan ini sebab dia hanya membayar hasil panen hingga Tahun Yobel saja.

Wycliffe: Im 25:29 - Apabila seseorang menjual rumah tempat tinggal 29. Apabila seseorang menjual rumah tempat tinggal. Di sebuah kota yang berpagar tembok, jika sebuah rumah dijual dan rumah tersebut menjadi milik pem...

29. Apabila seseorang menjual rumah tempat tinggal. Di sebuah kota yang berpagar tembok, jika sebuah rumah dijual dan rumah tersebut menjadi milik pembeli selama satu tahun penuh (maksudnya, tanpa ada yang menebusnya), maka rumah tersebut sepenuhnya menjadi milik pembeli (bdg. satu perkecualian dalam ay. 32). Tahun Yobel tidak mempengaruhi kepemilikan ini.

Wycliffe: Im 25:31 - Rumah-rumah di desa-desa yang tidak dikelilingi pagar tembok 31. Rumah-rumah di desa-desa yang tidak dikelilingi pagar tembok. Namun rumah di desa yang tidak berpagar tembok terkena peraturan yang sama dengan ta...

31. Rumah-rumah di desa-desa yang tidak dikelilingi pagar tembok. Namun rumah di desa yang tidak berpagar tembok terkena peraturan yang sama dengan tanah (ay. 25-28).

Wycliffe: Im 25:32-34 - Kota-kota orang Lewi 32-34. Kota-kota orang Lewi. Di dalam kasus orang Lewi, hukum-hukum yang berkenaan dengan Tahun Yobel hanya berlaku bagi rumah mereka, baik di kota ya...

32-34. Kota-kota orang Lewi. Di dalam kasus orang Lewi, hukum-hukum yang berkenaan dengan Tahun Yobel hanya berlaku bagi rumah mereka, baik di kota yang berpagar tembok maupun tidak. Tanah mereka tidak bisa dijual kapan pun.

Wycliffe: Im 25:35-55 - -- 35-55. Efek kedua dari Tahun Yobel dikemukakan pada ayat-ayat sisa dari pasal ini.

35-55. Efek kedua dari Tahun Yobel dikemukakan pada ayat-ayat sisa dari pasal ini.

Wycliffe: Im 25:35-37 - saudaramu 35-37. Yang dimaksudkan dengan saudaramu ialah sesama orang Israel. Pinjaman kepada kawan-kawan yang membutuhkan tidak boleh dibungakan. Justru orang ...

35-37. Yang dimaksudkan dengan saudaramu ialah sesama orang Israel. Pinjaman kepada kawan-kawan yang membutuhkan tidak boleh dibungakan. Justru orang yang membutuhkan pertolongan harus ditolong dengan diterima untuk tinggal di antara mereka serta menikmati hak-hak yang sama dengan orang asing atau pendatang yang sekalipun tidak bisa memiliki tanah sendiri diizinkan untuk mengumpulkan harta dan hidup dengan nyaman sebagai orang bebas,

Wycliffe: Im 25:38 - Akulah Tuhan, Allahmu 38. Akulah Tuhan, Allahmu. Sebagai Khalik yang telah menciptakan mereka, memilih mereka dan melepaskan mereka dari perbudakan di Mesir, Allah memiliki...

38. Akulah Tuhan, Allahmu. Sebagai Khalik yang telah menciptakan mereka, memilih mereka dan melepaskan mereka dari perbudakan di Mesir, Allah memiliki wewenang untuk memberlakukan semua hukum ini atas orang Israel.

Wycliffe: Im 25:39-43 - Apabila saudaramu jatuh miskin 39-43. Apabila saudaramu jatuh miskin. Orang Israel yang harus menjual dirinya ke dalam perbudakan kepada sesama orang Israel bukan merupakan budak na...

39-43. Apabila saudaramu jatuh miskin. Orang Israel yang harus menjual dirinya ke dalam perbudakan kepada sesama orang Israel bukan merupakan budak namun merupakan pekerja upahan biasa yang harus dihadapi dengan ramah. Ketika Tahun Yobel tiba, dia harus dibebaskan terkecuali dia sudah menyangkali haknya akan kebebasan. Yang dikemukakan di dalam ayat-ayat ini tidak bertentangan dengan Keluaran 21:2-6 sebab nas ini terbatas pada pembahasan tentang efek dari Tahun Yobel atas kebebasan seseorang. Jika seorang Israel menjual dirinya ke dalam perbudakan lebih dari tujuh tahun sebelum Tahun Yobel, maka yang berlaku adalah perintah-perintah pada Keluaran 21:2. Bagaimanapun juga, enam tahun merupakan jangka waktu maksimum seseorang dapat diwajibkan bekerja sebagai budak sebelum dia berhak kembali kepada keluarga dan harta miliknya.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Im 25:1-22 - Anugerah alat produksi (Sabtu, 17 Juni 2006) Anugerah alat produksi Setelah menjadi bangsa yang menetap di Kanaan, tanah menjadi penting untuk orang Israel. Ada firman Tuhan tentang hal ini. Pe...

SH: Im 25:1-22 - Tahun Sabat dan Yobel bagi tanah? (Sabtu, 28 September 2002) Tahun Sabat dan Yobel bagi tanah? Apa yang bias mewakili sekaligus kehidupan social dan pekerjaan Anda, yang tanpanya hidup ini akan menjadi sangat su...

SH: Im 25:23-55 - Yobel bagi sesama (Minggu, 18 Juni 2006) Yobel bagi sesama Dosa membuat manusia materialis dan egois. Israel pun tidak luput dari godaan bersikap tak adil dan tak berbelas kasih kepada sesa...

SH: Im 25:23-55 - Keadilan dan ibadah social. (Minggu, 29 September 2002) Keadilan dan ibadah social. Selanjutnya adalah penerapan tahun Sabat dan tahun Yobel kepada kalangan miskin dan umat Israel. Bahkan, jika tahun Sabat ...

Topik Teologia: Im 25:18 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menaati Allah Taat kepada Allah Objek dari Ketaatan Kita Harus Taat pada ...

Topik Teologia: Im 25:25 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Pemeliharaan Garis Keturunan K...

Topik Teologia: Im 25:35 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Takut kepada Allah Respons Mereka Terhadap Takut akan Tuhan ...

Topik Teologia: Im 25:39 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Imamat (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Kekudusan Tanggal Penulisan: 1445 -- 1405 SM Latar Belakang Imamat berhubungan erat dengan kitab Keluara...

Full Life: Imamat (Garis Besar) Garis Besar I. Cara Menghampiri Allah: Pendamaian (Im 1:1-16:34) A. Melalui Korban-Korban (Im 1:1-7:...

Jerusalem: Imamat (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Imamat (Pendahuluan Kitab) LEVITIKA PENDAHULUAN Dengan menjebut kitab ini "Kitab Levitika" maka hanja tradisi kuno sadjanlah jang diteruskan, meski tradisi itu kurang tepat seka...

Wycliffe: Imamat (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN IMAMAT Judul. Imamat merupakan judul terjemahan dari bahasa Inggris Leviticus. Judul bahasa Inggris tersebut berasal dari judul dalam Vul...

Wycliffe: Imamat (Garis Besar) GARIS BESAR IMAMAT I. Bagaimana Orang Menghampiri Allah (1:1-16:34) A. Hukum-hukum tentang Kurban (1:1-7:38) 1...

BIS: Imamat (Pendahuluan Kitab) IMAMAT PENGANTAR Buku Imamat berisi peraturan-peraturan untuk ibadat dan upacara-upacara agama bangsa Israel di zaman dahulu. Juga untuk para imam y

IMAMAT

PENGANTAR

Buku Imamat berisi peraturan-peraturan untuk ibadat dan upacara-upacara agama bangsa Israel di zaman dahulu. Juga untuk para imam yang bertanggung jawab atas pelaksanaannya.

Yang menjadi pokok dalam buku ini ialah kesucian Allah, dan bagaimana manusia harus hidup dan beribadat supaya tetap mempunyai hubungan baik dengan TUHAN, Allah Israel.

Petikan yang paling terkenal dari buku ini ialah yang oleh Yesus disebut perintah utama yang kedua, "Cintailah sesamamu seperti kamu mencintai dirimu sendiri" (Im 19:18).

Isi

  1.  Peraturan tentang kurban-kurban dan persembahan-persembahan
    Im 1:1-7:38
  2.  Harun dan anak-anaknya ditahbiskan menjadi imam
    Im 8:1-10:20
  3.  Peraturan tentang kebersihan
    Im 11:1-15:33
  4.  Hari Raya Pengampunan Dosa
    Im 16:1-34
  5.  Peraturan tentang ibadat dan hidup suci
    Im 17:1-27:34

Ajaran: Imamat (Pendahuluan Kitab) Tujuan Agar dengan mengetahui isi kitab Imamat anggota jemaat mengetahui dan mengerti bahwa Allah yang Mahakuasa telah memberikan jalan yang terbaik

Tujuan

Agar dengan mengetahui isi kitab Imamat anggota jemaat mengetahui dan mengerti bahwa Allah yang Mahakuasa telah memberikan jalan yang terbaik untuk memuliakan diri-Nya melalui ibadah.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Setelah mengetahui bahwa Allah Yang Mahakuasa dan Setia merupakan pencipta, pemelihara dunia dan isinya melalui Kitab Kejadian dan mengetahui bahwa Allah selalu setia dan memperhatikan kehidupan umat-Nya melalui Kitab Keluaran, maka di dalam Kitab Imamat Ia memberikan cara-cara persekutuan antara Diri-Nya dengan umat-Nya. Kitab ini terbagi atas 27 pasal dan merupakan kitab yang ke tiga dari kitab-kitab dalam Perjanjian Lama. Isi kitab Imamat dapat dibagi menjadi dua bagian yakni:

  1. Mengenai peraturan-peraturan tentang persembahan kepad Allah. Dan,
  2. Peraturan di dalam kehidupan ibadah dalam persekutua dengan-Nya.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Imamat

  1. Pasal 1-17 (Im 1:1-17:16).

    Peraturan tentang persembahan-persembahan Pasal 1-7 (Im 1:1-7:38). Bagian ini menjelaskan tentang persembahan-persembahan, yang terdiri dari persembahan sebagai pujian dan pengabdian.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Im 1:3,10,14. Persembahan ini dilakukan secara sukarela. Apakah nam persembahan sukarela ini?
    2. Bacalah pasal Im 2:1,4,11,14. Apakah nama persembahan sebagai ucapan terima kasih ini?
    3. Bacalah pasal Im 2:1,6,12. Apakah nama persembahan yang diberikan pada saa memberikan syukur dan persembahan untuk perbaika persekutuan ini?
    4. Bacalah pasal Im 4:1-3,27-28. Apakah nama persembahan yang bertujuan memperbaik hubungan manusia dengan Allah ini?
    5. Bacalah pasal Im 5:15; 6:1-4. Apakah nama persembahan yang bertujuan memperbaik hubungan seseorang dengan Allah, dan sesama manusia ini?

Pasal 8-10 (Im 8:1-10:20). Bagian ini menjelaskan tentang orang-orang khusus yang ditunjuk sebagai imam-imam yang melayani persembahan-persembahan tersebut.

Pendalaman

  1. Bacalah pasal Im 7:35-36; 8:1,12-13. Keturunan siapakah yang boleh menjadi Imam Israel?
  2. Bacalah pasal Im 10:8-11. Apakah larangan bagi para Imam?

Pasal 11-17 (Im 11:1-17:16). Bagian ini menjelaskan tentang cara-cara menguduskan tubuh.

Pendalaman

  1. Bacalah pasal Im 11:44-45. Apakah tantangan yang Allah berikan kepada umat-Nya?
  2. Bagaimanakah saudara memandang tantangan itu, dari seg kehidupan rohani saudara?
  1. Pasal 18-27 (Im 18:1-27:34).

    Peraturan tentang kehidupan dan ibadah

    Pasal 18-22 (Im 18:1-22:33). Bagian ini menjelaskan kudusnya perkawinan, kudusnya hidup, kudusnya umat Tuhan dan kudusnya para imam dan ibadah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Im 18:1-6. Perkawinan itu kudus, karena itu tidak boleh dicemarka oleh dosa ketidaksetiaan. Apakah kehendak Tuhan dalam pernikahan di antar manusia?
    2. Bacalah pasal Im 19:1-5, 12-16, 32-33. Apakah yang Tuhan inginkan dari umat-Nya?
    3. Bacalah pasal Im 20:1-7,26. Apakah yang Allah kehendaki dari umat-Nya?
    4. Bacalah pasal Im 21:1,6,8. Apakah yang Allah kehendaki dari para imam? Mengapa demikian?
    5. Bacalah pasal Im 22:1-2, 31-33. Mengapa ibadah kepada Allah itu merupakan suatu yang kudus?

Pasal 23-24 (Im 23:1-24:23). Pada pasal-pasal ini dijelaskan tentang ibadah-ibadah yang harus dilakukan tiap hari. Dan juga tentang perlengkapan ibadahnya.

Pendalaman

  1. Bacalah pasal Im 23:1-8. Ada berapa hari rayakah di dalamnya?
  2. Bacalah pasal Im 24:1,5. Apakah perlengkapan ibadah pada waktu itu?

Pasal 25-27 (Im 25:1-27:34). Pada pasal-pasal ini dijelaskan tentang apa yang dimaksud dengan Tahun Sabat dan Tahun Yobel. Dan juga tentang berkat dari Allah dan Nazar kepada Allah.

Pendalaman

  1. Bacalah pasal Im 25:1-4,10-13. Apakah yang dimaksud dengan Tahun Sabat dan Tahu Yobel?
  2. Bacalah pasal Im 26:1-4. Apa yang harus dilakukan seseorang supaya diberkat Tuhan?
  3. Bacalah pasal Im 26:14-16. Apakah sebabnya seseorang mendapat hukuman dari Allah?
  4. Bacalah pasal Im 27:28. Mengapa Nazar seseorang harus ditepati? Pernahkah saudara bernazar kepada Allah tentang sesuatu?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Allah melalui Kitab Imamat memberi jalan kepada umat-Nya untuk mengetahui kehendak-Nya.

  2. Allah melalui Kitab Imamat mengajarkan kepada umat-Nya untuk memberikan persembahan, sebagai tanda ketaatan dan pengucapan syukur atas pemeliharaan- Nya.

  3. Allah yang Mahakudus melalui Kitab Imamat mengajarkan kepada umat-Nya untuk hidup di dalam kekudusan sebab Ia sebagai sesembahan adalah kudus.

  4. Allah yang memilih umat-Nya melalui Kitab Imamat mengajarkan kepada umat-Nya untuk beribadah atau berhubungan dengan-Nya sesuai dengan apa yang dikehendaki-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Imamat?
  2. Apakah isi Kitab Imamat?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar mempelajari Kitab Imamat?

Intisari: Imamat (Pendahuluan Kitab) Peraturan mengenai kehidupan dan penyembahan MENGAPA IMAMAT?Sebagian besar isinya menyangkut imam-imam bangsa Lewi, tetapi pengulangan kata-kata, "Be

Peraturan mengenai kehidupan dan penyembahan

MENGAPA IMAMAT?
Sebagian besar isinya menyangkut imam-imam bangsa Lewi, tetapi pengulangan kata-kata, "Berbicaralah kepada orang Israel..." menunjukkan bahwa kitab itu juga diperuntukkan bagi semua orang. Kitab itu harus dianggap sebagai bagian dari Pentateukh, lima kitab pertama dari Alkitab. Keluaran menceritakan bagaimana Allah membebaskan bangsa Israel dari Mesir dan membuat perjanjian dengan mereka. Imamat menerangkan bagaimana kehidupan dan penyembahan bangsa perjanjian itu diatur.

SIAPA PENULISNYA?
Tak ada nama penulis disebut dalam Imamat. Sebagian besar bahan tulisan diberikan oleh Allah kepada Musa di Sinai, tetapi kita tidak dapat mengatakan kapan atau oleh siapa semua bahan tulisan itu pada akhirnya disatukan dan disusun.

MENGENAI APA?
Imamat terutama terdiri dari hukum-hukum dan peraturan-peraturan, tetapi terdapat kerangka cerita dan ilustrasi yang menunjukkan bahwa semua peraturan ini cocok dengan sejarah yang sebenarnya. Secara umum kitab itu terbagi atas dua bagian, pasal-pasal mengenai Hari Penebusan Dosa terdapat di bagian tengah. Bagian pertama adalah mengenai pemulihan hubungan dengan Allah -- peraturan mengenai korban dan penyucian. Bagian akhir adalah tentang hidup sebagai umat Allah.

HUKUM
Sebagian besar hukum dalam Imamat adalah mengenai upacara keagamaan, tetapi terdapat juga hukum mengenai kebersihan dan sikap moral yang serupa dengan Sepuluh Perintah. Tidak terdapat perbedaan yang nyata antara hukum-hukum yang berbeda-beda itu; semuanya mencerminkan maksud Allah terhadap bangsa Israel dan semuanya harus dipatuhi. Dalam Perjanjian Baru pengorbanan Kristus membawa penyucian yang menyeluruh, oleh karena itu hukum-hukum mengenai korban dan upacara penyucian tidak lagi berlaku. Kendati demikian, semua hukum itu sangat berguna untuk menjelaskan apa arti kematian Kristus bagi kita.

KORBAN
Ada enam korban yang digambarkan dalam Imamat, yang digolongkan ke dalam tiga jenis.
1. KORBAN PERSEMBAHAN. Bertujuan untuk memuliakan Allah dan mempersembahkan diri kepada-Nya.
o korban bakaran: binatang utuh dibakar
o korban sajian: termasuk di dalamnya persembahan bukan binatang
2. KORBAN KESELAMATAN. Tujuannya ialah untuk menjaga hubungan dengan Allah.
o korban perdamaian: sebagian korban dibakar, sisanya dimakan dalam o suatu acara makan bersama
3. KORBAN PENYUCIAN. Tujuannya untuk menghapus dosa dan memperbarui hubungan dengan Allah.
o korban penghapus dosa: untuk dosa-dosa terhadap Allah
o korban penebus salah: di mana ada ganti rugi yang harus dibayar
o korban pentahbisan: bagi para imam

PESAN

1. Allah hadir di tengah-tengah umat-Nya
Ima 1:1-6:7; 18:1-22:16
o Dalam penyembahan: semua persembahan dan upacara berlangsung "di hadapan Allah"
o Dalam kehidupan sehari-hari: Allah selalu hadir dan segala sesuatu harus dilakukan dalam terang kehadiran-Nya

2. Allah itu kudus, karenanya umat-Nya pun harus kudus
Ima 11:44, 45; 19:2; 20:7,8,24-26
Karakter umat harus mencerminkan karakter Allah. Sepanjang menyangkut umat Allah, yang dimaksud dengan kekudusan ialah menjauhkan segala kenajisan, mempersembahkan korban dan mematuhi semua peraturan.

3. Dosa harus diakui
Ima 1:1-7:38; 11:1-15:33
Oleh karena Allah itu kudus, Dia tidak dapat berhubungan dengan segala yang berdosa dan najis. Dengan demikian, apabila manusia ingin mengadakan hubungan dengan Allah ia terlebih dahulu harus bersih dari segala macam kenajisan.

4. Penebusan dosa memerlukan korban
Ima 1:4; 14:29-31; 16:1-34
Dosa adalah hal yang serius; menghapusnya bukanlah hal yang mudah. Jika manusia ingin disucikan dari dosa dan menjadi layak di hadapan Allah, maka ada korban yang harus dipersembahkan. Korban ini "menciptakan penebusan" yang membebaskan si pendosa dari kematian yang layak diterimanya. Namun Imamat menjelaskan bahwa bukan korban yang memberikan pengampunan dan penyucian, melainkan karunia Allah.

5. Allah menaruh perhatian pada seluruh aspek kehidupan
Ima 18:1-22:16
Imamat tidak melulu berbicara mengenai penyembahan. Ada peraturan mengenai makanan dan minuman, sakit penyakit, pakaian, rumah, hasil panen, hubungan kekeluargaan dan kondisi kerja. Setiap aspek kehidupan harus dijalani sedemikian rupa, sehingga mencerminkan sifat-sifat Allah.

Penerapan

1. Rencana Allah bagi suatu bangsa yang kudus
Peraturan-peraturan yang Allah berikan kepada bangsa Israel menunjukkan kepada kita sifat-sifat dan kehendak Allah dan memberikan patokan-patokan yang masih berlaku sampai saat ini.
o Allah harus ditaati (Ima 17:2)
o Hanya Allah yang boleh disembah dan dilayani (Ima 17:3-9; 20:1-5)
o Kehidupan kekeluargaan harus dijaga (Ima 18:6-19:2; 20:10-21)
o Orang miskin harus dibantu (Ima 19:9, 10)
o Keadilan sangat penting dalam semua transaksi dagang (Ima 19:11-23, 33-37)
o Hindari ilmu gaib dan sihir (Ima 19:26-31; 20:6, 27)
o Pemberian Allah harus disyukuri dan dirayakan (Ima 23:1-44)
o Tidak seorang pun boleh menumpuk kekayaan dengan merugikan orang lain (Ima 25:8-55)

2. Arti korban dan penebusan
Imamat menjelaskan mengenai sarana-sarana yang diberikan Allah untuk memerangi dosa dan menolong kita untuk mengerti ajaran Perjanjian Baru tentang korban dan ganti korban. Pasal Ima 16, mengenai Hari Raya Penghapusan dosa, menjelaskan pokok-pokok berikut:
o Allah itu kudus dan tidak kompromi terhadap dosa.
o Dosa memisahkan manusia dari Allah.
o Jika ingin bersekutu dengan Allah, dosa harus disingkirkan.
o Untuk itu darah harus tertumpah. Upah dosa adalah maut.
o Korban harian saja tidaklah cukup.
o Bahkan Hari Penghapusan dosa perlu diulang setiap tahun.
o Para imam, Kemah Suci dan manusia -- semuanya perlu disucikan.
o Korban dapat menghapuskan akibat dosa.
o Persekutuan dengan Allah diperbarui, walaupun hanya sementara
o Hari Penghapusan dosa merupakan karunia Allah, suatu anugerah dan bukan hak mutlak.

Tema-tema Kunci

1. Kekudusan
Kenyataan bahwa Allah itu kudus merupakan hal yang sudah selayaknya demikian dalam Imamat dan menjadi dasar dari semua peraturan (Ima 11:44, 45; 19:2-4; 20:7, 8, 24-26). Bacalah ayat-ayat tersebut. Apa yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat tersebut mengenai arti kekudusan?

2. Keadilan
Kekudusan dan keadilan Allah berjalan bersama-sama. Allah berlaku adil terhadap umat-Nya dan mereka pun harus berlaku adil terhadap sesama. Peraturan yang diberikan dalam pasal Ima 19 menunjukkan bagaimana keadilan harus diberlakukan di Israel. Buatlah suatu daftar mengenai bagaimana kita dapat menerapkan prinsip-prinsip ini dalam dunia modern dewasa ini.

3. Perjanjian
Oleh karena bangsa Israel adalah umat yang dengannya Allah telah membuat perjanjian istimewa, maka mereka harus hidup sesuai dengan pola yang telah diatur-Nya. Tidak ada pilihan lain bagi bangsa Israel selain mematuhi semua peraturan itu, dan Imamat merupakan kitab pertama dari Alkitab yang dipelajari oleh anak-anak Israel. Bacalah pasal Ima 26 dan perhatikanlah kedelapan hal yang berhubungan dengan perjanjian itu. Bagaimana pasal ini menunjukkan bahwa persekutuan dengan Allah membawa kewajiban tersendiri?

4. Ucapan Syukur
Israel perlu menyadari, bahwa segala sesuatu yang mereka peroleh diberikan kepada mereka oleh Allah, termasuk semua hukum dan korban yang memungkinkan mereka memperbarui hubungan dengan-Nya yang telah rusak akibat dosa. Pasal Ima 23 menggambarkan upacara-upacara yang dapat dilakukan oleh bangsa Israel untuk menunjukkan rasa syukur mereka kepada Allah. Kesempatan lain apa saja untuk menunjukkan rasa syukur kepada Allah yang digambarkan dalam Imamat?

Garis Besar Intisari: Imamat (Pendahuluan Kitab) [1] PERSEMBAHAN Ima 1:1-6:23 Ima 1:1-17Korban bakaran Ima 2:1-16Korban sajian Ima 3:1-17Korban perdamaian Ima 4:1-5:13Korban penghapus dosa Ima

[1] PERSEMBAHAN Ima 1:1-6:23

Ima 1:1-17Korban bakaran
Ima 2:1-16Korban sajian
Ima 3:1-17Korban perdamaian
Ima 4:1-5:13Korban penghapus dosa
Ima 5:14-6:7Korban penebus salah
Ima 6:8-18Petunjuk-petunjuk bagi para imam
Ima 6:19-23Korban pentahbisan

[2] APA YANG PERLU DIKETAHUI OLEH PARA IMAM Ima 6:24-7:38

Ima 6:24-30Korban penghapus dosa -- bagian para imam
Ima 7:1-8Korban penebus salah -- bagian para imam
Ima 7:9-10Korban sajian -- bagian para imam
Ima 7:11-21Korban perdamaian -- peraturan cara memakan
Ima 7:22-27Larangan memakan lemak dan darah
Ima 7:28-38Korban perdamaian -- bagian para imam

[3] PENGANGKATAN PARA IMAM Ima 8:1-10-20

Ima 8:1-36Upacara pentahbisan
Ima 9:1-24Persembahan korban
Ima 10:1-7Dosa anak-anak Harun
Ima 10:8-11Larangan minum bagi para imam yang sedang bertugas
Ima 10:12-20Korban penghapus dosa

[4] KEBERSIHAN DAN KENAJISAN Ima 11:1-15:33

Ima 11:1-47Binatang yang halal dan haram
Ima 12:1-8Pentahiran sesudah melahirkan anak
Ima 13:1-46Penyakit kulit -- diagnosa dan apa yang harus dilakukan
Ima 13:47-59Kelapukan pada pakaian
Ima 14:1-32Upacara pembersihan sesudah sembuh dari penyakit kulit
Ima 14:33-57Kelapukan pada rumah
Ima 15:1-33Kenajisan lelehan manusia

[5] HARI RAYA PENGHAPUSAN DOSA Ima 16:1-34

Ima 16:1-11Penyucian imam besar
Ima 16:12-19Penyucian Kemah Suci
Ima 16:20-28Penyucian bangsa Israel
Ima 16:29-34Upacara diulangi tiap-tiap tahun

[6] HIDUP ADIL DAN SUCI Ima 17:1-22:33

Ima 17:1-9Semua persembahan diperuntukkan bagi Allah
Ima 17:10-16Darah adalah kudus
Ima 18:1-30Hubungan yang dilarang
Ima 19:1-37Peraturan kehidupan -- kasihilah sesamamu
Ima 20:1-27Peraturan kehidupan -- jadilah suci
Ima 21:1-22:16Kesucian para imam
Ima 22:17-33Persembahan yang diterima

[7] PERATURAN KEHIDUPAN BANGSA Ima 23:1-25:55

Ima 23:1-44Hari Sabat dan hari-hari raya keagamaan
Ima 24:1-9Kebaktian umum di Kemah Tuhan
Ima 24:10-23Dosa dan hukuman -- contoh
Ima 25:1-7,18-24Tahun ketujuh -- dilarang bercocok tanam
Ima 25:8-17,25-55Tahun kelima puluh -- tahun Yobel

[8] RINGKASAN DAN KESIMPULAN Ima 26:1-27:34

Ima 26:1-13Ketaatan akan membawa berkat
Ima 26:14-39Ketidaktaatan akan membawa hukuman
Ima 26:40-46Pertobatan akan membawa pengampunan
Ima 27:1-34Peraturan mengenai nazar dan persembahan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 0.62 detik
dipersembahkan oleh YLSA