kecilkan semua  

Teks -- Amsal 13:1-23 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
13:1 Anak yang bijak mendengarkan didikan ayahnya, tetapi seorang pencemooh tidak mendengarkan hardikan. 13:2 Dari buah mulutnya seseorang akan makan yang baik, tetapi nafsu seorang pengkhianat ialah melakukan kelaliman. 13:3 Siapa menjaga mulutnya, memelihara nyawanya, siapa yang lebar bibir, akan ditimpa kebinasaan. 13:4 Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan. 13:5 Orang benar benci kepada dusta, tetapi orang fasik memalukan dan memburukkan diri. 13:6 Kebenaran menjaga orang yang saleh jalannya, tetapi kefasikan mencelakakan orang berdosa. 13:7 Ada orang yang berlagak kaya, tetapi tidak mempunyai apa-apa, ada pula yang berpura-pura miskin, tetapi hartanya banyak. 13:8 Kekayaan adalah tebusan nyawa seseorang, tetapi orang miskin tidak akan mendengar ancaman. 13:9 Terang orang benar bercahaya gemilang, sedangkan pelita orang fasik padam. 13:10 Keangkuhan hanya menimbulkan pertengkaran, tetapi mereka yang mendengarkan nasihat mempunyai hikmat. 13:11 Harta yang cepat diperoleh akan berkurang, tetapi siapa mengumpulkan sedikit demi sedikit, menjadi kaya. 13:12 Harapan yang tertunda menyedihkan hati, tetapi keinginan yang terpenuhi adalah pohon kehidupan. 13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan. 13:14 Ajaran orang bijak adalah sumber kehidupan, sehingga orang terhindar dari jerat-jerat maut. 13:15 Akal budi yang baik mendatangkan karunia, tetapi jalan pengkhianat-pengkhianat mencelakakan mereka. 13:16 Orang cerdik bertindak dengan pengetahuan, tetapi orang bebal membeberkan kebodohan. 13:17 Utusan orang fasik menjerumuskan orang ke dalam celaka, tetapi duta yang setia mendatangkan kesembuhan. 13:18 Kemiskinan dan cemooh menimpa orang yang mengabaikan didikan, tetapi siapa mengindahkan teguran, ia dihormati. 13:19 Keinginan yang terlaksana menyenangkan hati, menghindari kejahatan adalah kekejian bagi orang bebal. 13:20 Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang. 13:21 Orang berdosa dikejar oleh malapetaka, tetapi Ia membalas orang benar dengan kebahagiaan. 13:22 Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya, tetapi kekayaan orang berdosa disimpan bagi orang benar. 13:23 Huma orang miskin menghasilkan banyak makanan, tetapi ada yang lenyap karena tidak ada keadilan.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ams 13:3 - SIAPA MENJAGA MULUTNYA, MEMELIHARA NYAWANYA. Nas : Ams 13:3 Perkataan yang sembarangan dan lidah yang tak terkendali dapat merusak pengaruh kita untuk kebenaran, menyebabkan kita berdosa (Peng...

Nas : Ams 13:3

Perkataan yang sembarangan dan lidah yang tak terkendali dapat merusak pengaruh kita untuk kebenaran, menyebabkan kita berdosa (Pengkh 5:6) dan mempengaruhi hubungan kita dengan Allah (Pengkh 5:7). Seorang yang sempurna akan menguasai perkataannya dengan saksama (Ams 8:6-8; Yak 3:2). Kita harus memohon pertolongan dari Allah dalam mengendalikan lidah kita (lih. Mazm 141:3; bd. Ams 10:14,19; 18:7; 2Tim 3:3; Yak 3:2-13).

Full Life: Ams 13:5 - ORANG BENAR BENCI KEPADA DUSTA. Nas : Ams 13:5 Seorang yang benar akan lebih suka menderita siksaan karena mengatakan yang benar daripada mengelak penderitaan dengan berdusta (Dan...

Nas : Ams 13:5

Seorang yang benar akan lebih suka menderita siksaan karena mengatakan yang benar daripada mengelak penderitaan dengan berdusta (Dan 3:16-18). Orang semacam itu tahu bahwa menyerah kepada kebiasaan untuk berdusta adalah berdosa terhadap Tuhan (Ams 12:22); mereka yang melakukan hal itu tidak dapat masuk kerajaan Allah (Yoh 8:44;

lihat cat. --> Wahy 22:15).

[atau ref. Wahy 22:15]

Full Life: Ams 13:10 - KEANGKUHAN HANYA MENIMBULKAN PERTENGKARAN. Nas : Ams 13:10 Sering kali orang berselisih dan bertengkar mempertahankan pendapatnya sendiri karena kesombongan. Dengan melakukan hal itu mereka ...

Nas : Ams 13:10

Sering kali orang berselisih dan bertengkar mempertahankan pendapatnya sendiri karena kesombongan. Dengan melakukan hal itu mereka mungkin ingin dianggap terbesar (Luk 22:24), memberontak terhadap yang berkuasa (Bil 12:2) atau kepada kebenaran alkitabiah (2Tim 4:3-4), atau terdorong oleh roh pemisah (1Kor 3:3-4). Apabila terjadi perselisihan, kita perlu bertanya pada diri sendiri apakah kesombongan terlibat dalamnya ataukah karena kita sungguh-sungguh ingin mempertahankan kebenaran (Gal 2:4-5; 1Tes 2:2; Yud 1:3).

Full Life: Ams 13:23 - ADA YANG LENYAP KARENA TIDAK ADA KEADILAN. Nas : Ams 13:23 Ada orang yang miskin dan tetap miskin karena mereka menjadi korban ketidakadilan masyarakat (bd. Mazm 35:10; lih. Yak 5:1-6).

Nas : Ams 13:23

Ada orang yang miskin dan tetap miskin karena mereka menjadi korban ketidakadilan masyarakat (bd. Mazm 35:10; lih. Yak 5:1-6).

Jerusalem: Ams 13:1 - mendengarkan Kata ini ditambahkan oleh penterjemah. Terjemahan (harafiah) lain: anak hikmatlah didikan ayah

Kata ini ditambahkan oleh penterjemah. Terjemahan (harafiah) lain: anak hikmatlah didikan ayah

Jerusalem: Ams 13:1 - pencemooh Bdk Maz 1:1+; Ams 21:24.

Jerusalem: Ams 13:3 - nyawanya Kata Ibrani (nefesy) juga dapat berarti: kerongkongan, bdk Maz 6:4+.

Kata Ibrani (nefesy) juga dapat berarti: kerongkongan, bdk Maz 6:4+.

Jerusalem: Ams 13:6 - orang berdosa Dalam naskah Ibrani tertulis: kedosaan/kejahatan.

Dalam naskah Ibrani tertulis: kedosaan/kejahatan.

Jerusalem: Ams 13:11 - yang cepat diperoleh Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: (harta) dari kesia-siaan.

Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: (harta) dari kesia-siaan.

Jerusalem: Ams 13:17 - menjerumuskan orang Dalam naskah Ibrani tertulis: terjerumus.

Dalam naskah Ibrani tertulis: terjerumus.

Jerusalem: Ams 13:23 - Huma... Dalam terjemahan Yunani ayat ini berbunyi sbb: Orang benar hidup dalam kekayaan sepanjang banyak tahun; orang fasik tiba-tiba jatuh binasa.

Dalam terjemahan Yunani ayat ini berbunyi sbb: Orang benar hidup dalam kekayaan sepanjang banyak tahun; orang fasik tiba-tiba jatuh binasa.

Ende: Ams 13:1 - -- Maksudnja: seorang bapa menjiksa anaknja berkat kebidjaksanaannja. Sebab itu anak bidjak menerimanja. Tapi bila anak itu bodoh, lalu siksaan itu tiada...

Maksudnja: seorang bapa menjiksa anaknja berkat kebidjaksanaannja.

Sebab itu anak bidjak menerimanja. Tapi bila anak itu bodoh, lalu siksaan itu tiada gunanja. Djadi untuk kedua-duanja dibutuhkan kebidjaksanaan. Bapa bidjak tiada tjukup untuk pendidikan! Anakpun harus bidjaksana.

Ende: Ams 13:8 - -- Maknanja: seorang kaja dipaksa membajar tebusannja, pada hal si miskin tak dipaksa dan tak diganggu, oleh sebab tak sanggup membajar. Suatu keuntungan...

Maknanja: seorang kaja dipaksa membajar tebusannja, pada hal si miskin tak dipaksa dan tak diganggu, oleh sebab tak sanggup membajar. Suatu keuntungan kemiskinan!

Ende: Ams 13:9 - terang Bahasa kiasan untuk kesedjahteraan dan kebahagiaan.

Bahasa kiasan untuk kesedjahteraan dan kebahagiaan.

Ende: Ams 13:23 - -- Tanah dan ladang2 orang2 kaja menghasilkan tjukup untuk semua. Tetapi banjak orang tak menerima tjukup, oleh karena tak di-bagi2kan semestinja, akibat...

Tanah dan ladang2 orang2 kaja menghasilkan tjukup untuk semua. Tetapi banjak orang tak menerima tjukup, oleh karena tak di-bagi2kan semestinja, akibat korupsi, loba dan lain sebangsanja. Adjaran jang amat moderen bunjinja!

Ref. Silang FULL: Ams 13:1 - mendengarkan hardikan · mendengarkan hardikan: Ams 12:1; Ams 12:1; Ams 15:5

· mendengarkan hardikan: Ams 12:1; [Lihat FULL. Ams 12:1]; Ams 15:5

Ref. Silang FULL: Ams 13:2 - yang baik · yang baik: Ams 12:14; Ams 12:14

· yang baik: Ams 12:14; [Lihat FULL. Ams 12:14]

Ref. Silang FULL: Ams 13:3 - menjaga mulutnya // memelihara nyawanya // ditimpa kebinasaan · menjaga mulutnya: Mazm 12:3; Mazm 12:3; Mazm 34:14; Mazm 34:14 · memelihara nyawanya: Ams 10:6; Ams 10:6; Ams 21:23 · ditimp...

· menjaga mulutnya: Mazm 12:3; [Lihat FULL. Mazm 12:3]; Mazm 34:14; [Lihat FULL. Mazm 34:14]

· memelihara nyawanya: Ams 10:6; [Lihat FULL. Ams 10:6]; Ams 21:23

· ditimpa kebinasaan: Ayub 1:22; [Lihat FULL. Ayub 1:22]; Ams 18:7,20,21

Ref. Silang FULL: Ams 13:4 - tetapi sia-sia · tetapi sia-sia: Ams 21:25-26

· tetapi sia-sia: Ams 21:25-26

Ref. Silang FULL: Ams 13:5 - kepada dusta · kepada dusta: Mazm 119:128; Mazm 119:128

· kepada dusta: Mazm 119:128; [Lihat FULL. Mazm 119:128]

Ref. Silang FULL: Ams 13:6 - orang berdosa · orang berdosa: Ams 11:3,5; Ams 11:3; Ams 11:5; Yer 44:5

· orang berdosa: Ams 11:3,5; [Lihat FULL. Ams 11:3]; [Lihat FULL. Ams 11:5]; Yer 44:5

Ref. Silang FULL: Ams 13:7 - mempunyai apa-apa // tetapi hartanya · mempunyai apa-apa: Wahy 3:17 · tetapi hartanya: 2Kor 6:10

· mempunyai apa-apa: Wahy 3:17

· tetapi hartanya: 2Kor 6:10

Ref. Silang FULL: Ams 13:8 - mendengar ancaman · mendengar ancaman: Ams 15:16

· mendengar ancaman: Ams 15:16

Ref. Silang FULL: Ams 13:9 - fasik padam · fasik padam: Ayub 18:5; Ayub 18:5; Ams 4:18-19; Ams 4:18; Ams 4:19

· fasik padam: Ayub 18:5; [Lihat FULL. Ayub 18:5]; Ams 4:18-19; [Lihat FULL. Ams 4:18]; [Lihat FULL. Ams 4:19]

Ref. Silang FULL: Ams 13:10 - mendengarkan nasihat · mendengarkan nasihat: Hak 19:30; Hak 19:30; Ams 9:9; Ams 9:9

· mendengarkan nasihat: Hak 19:30; [Lihat FULL. Hak 19:30]; Ams 9:9; [Lihat FULL. Ams 9:9]

Ref. Silang FULL: Ams 13:11 - akan berkurang · akan berkurang: Ams 10:2; Ams 10:2

· akan berkurang: Ams 10:2; [Lihat FULL. Ams 10:2]

Ref. Silang FULL: Ams 13:12 - pohon kehidupan · pohon kehidupan: Ams 10:11; Ams 10:11

· pohon kehidupan: Ams 10:11; [Lihat FULL. Ams 10:11]

Ref. Silang FULL: Ams 13:13 - akan menanggung // siapa taat // menerima balasan · akan menanggung: Bil 15:31; Bil 15:31 · siapa taat: Kel 9:20 · menerima balasan: Ams 16:20

· akan menanggung: Bil 15:31; [Lihat FULL. Bil 15:31]

· siapa taat: Kel 9:20

· menerima balasan: Ams 16:20

Ref. Silang FULL: Ams 13:14 - sumber kehidupan // jerat-jerat maut · sumber kehidupan: Ams 10:11; Ams 10:11 · jerat-jerat maut: Ams 14:27

· sumber kehidupan: Ams 10:11; [Lihat FULL. Ams 10:11]

· jerat-jerat maut: Ams 14:27

Ref. Silang FULL: Ams 13:16 - bebal membeberkan // kebodohan · bebal membeberkan: Pengkh 10:3 · kebodohan: Est 5:11; Mazm 38:6; Mazm 38:6

· bebal membeberkan: Pengkh 10:3

· kebodohan: Est 5:11; Mazm 38:6; [Lihat FULL. Mazm 38:6]

Ref. Silang FULL: Ams 13:17 - dalam celaka // mendatangkan kesembuhan · dalam celaka: Ams 10:26; Ams 10:26 · mendatangkan kesembuhan: Ams 25:13

· dalam celaka: Ams 10:26; [Lihat FULL. Ams 10:26]

· mendatangkan kesembuhan: Ams 25:13

Ref. Silang FULL: Ams 13:18 - dan cemooh // ia dihormati · dan cemooh: Ams 1:7; Ams 1:7; Ams 12:1; Ams 12:1 · ia dihormati: Mazm 141:5; Ams 25:12; Pengkh 7:5

· dan cemooh: Ams 1:7; [Lihat FULL. Ams 1:7]; Ams 12:1; [Lihat FULL. Ams 12:1]

· ia dihormati: Mazm 141:5; Ams 25:12; Pengkh 7:5

Ref. Silang FULL: Ams 13:19 - menyenangkan hati · menyenangkan hati: Ams 10:11; Ams 10:11

· menyenangkan hati: Ams 10:11; [Lihat FULL. Ams 10:11]

Ref. Silang FULL: Ams 13:20 - menjadi malang · menjadi malang: 2Taw 10:8

· menjadi malang: 2Taw 10:8

Ref. Silang FULL: Ams 13:21 - Orang berdosa // orang benar // dengan kebahagiaan · Orang berdosa: 2Sam 3:39; Yer 40:3; 50:7; Yeh 14:13; 18:4 · orang benar: Mazm 32:10 · dengan kebahagiaan: Mazm 25:13

· Orang berdosa: 2Sam 3:39; Yer 40:3; 50:7; Yeh 14:13; 18:4

· orang benar: Mazm 32:10

· dengan kebahagiaan: Mazm 25:13

Ref. Silang FULL: Ams 13:22 - orang benar · orang benar: Est 8:2; Est 8:2; Ayub 27:17; Ayub 27:17; Pengkh 2:26

· orang benar: Est 8:2; [Lihat FULL. Est 8:2]; Ayub 27:17; [Lihat FULL. Ayub 27:17]; Pengkh 2:26

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Ams 10:1--22:16 - -- II. Beberapa Macam Amsal Salomo (10:1-22:16) Kami berpendapat bahwa dalam Kitab Amsal, Firman Allah yang diilhamkan itu diberikan dalam bentuk sastra...

II. Beberapa Macam Amsal Salomo (10:1-22:16)

Kami berpendapat bahwa dalam Kitab Amsal, Firman Allah yang diilhamkan itu diberikan dalam bentuk sastra Yang khusus. Kalau Daud memakai sarana puisi, maka Salomo memakai sarana sastra Hikmat, yang cara mengajarnya sebagian besar dengan menggunakan kontras. Pada bagian pokok yang pertama (I), kontrasnya ditegaskan di seluruh nas-nas panjang - misalnya, perempuan jahat ditampilkan berlawanan dengan hikmat. Dalam Bagian II, kontrasnya dinyatakan dalam unit-unit satu ayat pendek. Sebagian besar dari ayat-ayat pada bagian ini memakai kata "tetapi" di tengah-tengahnya.

Paparannya menjadi lebih sulit karena masing-masing amsal berdiri sendiri. Tidak ada konteks langsung yang memandu kita. Beberapa penafsir menyimpulkan bahwa amsal-amsal tersebut tidak mengikuti perencanaan (struktur), sebaliknya merupakan koleksi campuran (Greenstone). Toy menyebut amsal-amsal itu "aforisme lepas." Delitzsch menyatakan adanya pengelompokan berdasarkan gagasan, bukan berdasarkan rencana komprehensif, melainkan berdasarkan "penyingkapan progresif' yang "terus-menerus mengalir." Ada kesatuan dalam bagian ini, bukan kesatuan bahasa atau kesatuan pokok pembicaraan, melainkan kesatuan penyusunan. Sebuah amsal diberitahukan, kemudian diulang di tempat-tempat lain dengan tambahan variasi-variasi pada maknanya. Hal pertama mungkin memberikan kontras antara bagian a dengan b; yang kedua a dengan c. Bahkan mungkin ada yang ketiga, yang membandingkan a dengan d. Dengan menggabungkan tiga hal itu, kita mendapatkan satu definisi lebih lengkap dari gagasan yang dinyatakan pada bagian a. Kita pasti merasa lebih mudah jika gagasan-gagasan ini dikelompok-kelompokkan. Orang-orang pada zaman kuno jelas menganggap lebih menarik jika gagasan-gagasan ini dipisahkan dan agak disembunyikan. Juga, sebagaimana telah kita lihat, ada kesatuan yang jelas berdasarkan kosakata moral yang dipakai. Karena itu, ada banyak amsal mengenai orang benar, orang bijaksana, orang jujur sebagai lawan dari orang kejam, orang bebal, orang murtad. Telaah yang memadai tentang sebuah ayat mungkin memerlukan telaah konkordansi atas seluruh kitab ini - tetapi lebih baik, bukan sekadar telaah konkordansi secara mekanis tetapi benar-benar merenungkan dengan mendalam keseluruhan pandangan sang penulis. Sebab melalui pengulangan, kontras, kosakata khusus, dan pertimbangan yang berbeda-beda terhadap tema itu, Allah melalui. penulis ini mengajar kita bahwa kebenaran memuliakan seseorang, tetapi dosa selalu mendatangkan celaan. Sekali lagi, kita harus menandaskan bahwa kitab ini bukanlah Poor Richard's Almanac, yang berisi peribahasa-peribahasa umum yang singkat dan tajam mengenai masalah hidup; ini adalah kumpulan amsal ilahi yang menunjukkan jalan kekudusan.

Wycliffe: Ams 13:1 - Anak yang bijak 13:1. Anak yang bijak. Lihat tafsiran atas 10:1. Kata kerja "mendengarkan" harus ada juga pada separuh pertama dari kalimat itu, seperti dalam AV, LXX...

13:1. Anak yang bijak. Lihat tafsiran atas 10:1. Kata kerja "mendengarkan" harus ada juga pada separuh pertama dari kalimat itu, seperti dalam AV, LXX dan Teks Siria.

Wycliffe: Ams 13:4 - Hati si pemalas // pemalas 4. Hati si pemalas. Tentang pemalas sebagai istilah moral, lihat tafsiran atas 6:6.

4. Hati si pemalas. Tentang pemalas sebagai istilah moral, lihat tafsiran atas 6:6.

Wycliffe: Ams 13:8 - Kekayaan adalah tebusan nyawa seseorang // Orang miskin tidak akan mendengar ancaman 8. Kekayaan adalah tebusan nyawa seseorang. Pokok pikirannya di. sini adalah bahwa orang kaya yang diserang atau diculik dapat menebus dirinya sendiri...

8. Kekayaan adalah tebusan nyawa seseorang. Pokok pikirannya di. sini adalah bahwa orang kaya yang diserang atau diculik dapat menebus dirinya sendiri. Menurut hukum Ibrani seorang laki-laki dapat membeli kebebasannya dari tuntutan hukuman. Orang miskin tidak akan mendengar ancaman. Bdg. 1b, "pencemooh tidak mendengarkan hardikan." "Tidak mendengarkan hardikan " adalah ciri khas orang jahat. Mengapa dikatakan seperti itu untuk orang miskin? LXX dan teks Siria mengikuti teks Ibrani. Alkitab RSV memperbaikinya secara drastis. Kita mungkin harus membaca râsh, "miskin," sebagai rô'.sh, "seorang kepala" dan membuatnya paralel dengan ayat 89. Seorang "kepala" ("tokoh," kalau menurut kita) tidak akan mendengar ancaman; dia selalu bisa mendapatkan jalan keluar dari kesukaran.

Wycliffe: Ams 13:9 - Pelita orang fasik 9. Pelita orang fasik. Lihat juga 20:20; 24:20; Ayub 18:5; 21:17. Itu merupakan metafora populer.

9. Pelita orang fasik. Lihat juga 20:20; 24:20; Ayub 18:5; 21:17. Itu merupakan metafora populer.

Wycliffe: Ams 13:12 - Pohon kehidupan 12. Pohon kehidupan. Lihat tafsiran atas 3:18.

12. Pohon kehidupan. Lihat tafsiran atas 3:18.

Wycliffe: Ams 13:14 - Ajaran orang bijak // ajaran 14. Ajaran orang bijak. Ayat sebelumnya menyebut tentang "firman" dan "perintah." Karena itu, yang dimaksud dengan ajaran di sini adalah "hukum" (RSV,...

14. Ajaran orang bijak. Ayat sebelumnya menyebut tentang "firman" dan "perintah." Karena itu, yang dimaksud dengan ajaran di sini adalah "hukum" (RSV, Berkeley). Ayat ini sama seperti 14:27, hanya "ajaran orang bijak" diganti dengan "takut akan Tuhan." Pastilah ada maksudnya mengapa penulis Amsal mengulang gagasan yang sama dengan berbagai variasi.

Wycliffe: Ams 13:15 - Akal budi yang baik mendatangkan karunia // karunia // akal budi 15. Akal budi yang baik mendatangkan karunia. Mirip sekali dengan 3:4. Hçn, karunia dan sçkel, akal budi di sini begitu jelas merupakan ...

15. Akal budi yang baik mendatangkan karunia. Mirip sekali dengan 3:4. Hçn, karunia dan sçkel, akal budi di sini begitu jelas merupakan istilah moral, yang muncul sebagai hasil dari perintah-perintah Allah, sehingga sulit dimengerti bagaimana Delitzsch bisa menyebut sçkel sebagai "budaya yang baik." Alkitab BV menerjemahkannya, Akal budi yang baik menambah daya tarik. Alkitab RSV berbicara tentang akal sehat. Terjemahan-terjemahan tersebut tidak menangkap makna yang memberikan kontras antara kebaikan dengan pelanggaran.

Wycliffe: Ams 13:16 - Orang cerdik 16. Orang cerdik. Bandingkan 8:12. Orang bijaksana, lawan kata dari kêsil, "bajingan."

16. Orang cerdik. Bandingkan 8:12. Orang bijaksana, lawan kata dari kêsil, "bajingan."

Wycliffe: Ams 13:20 - Siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang // teman // malang 20. Siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang. Suatu permainan kata-kata. Dalam bahasa Ibrani, teman dan malang adalah kata-kata yang mirip.

20. Siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang. Suatu permainan kata-kata. Dalam bahasa Ibrani, teman dan malang adalah kata-kata yang mirip.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Ams 13:1-4 - --Wejangan-wejangan Moral, 13:1-4 (13:1) Di antara anak-anak dari orangtua yang sama, bukanlah hal baru jika sebagiannya bisa diharapkan, sementara y...

Matthew Henry: Ams 13:2 - --(13:2) Perhatikanlah: 1. Jika apa yang keluar dari dalam lubuk hati adalah baik, dan dari perbendaharaan yang baik, maka ia akan berbalik dengan ...

Matthew Henry: Ams 13:3 - --(13:3) Perhatikanlah: 1. Menjaga bibir berarti menjaga jiwa. Orang yang berhati-hati, yang berpikir dua kali sebelum berbicara satu kali, yang ji...

Matthew Henry: Ams 13:4 - --(13:4) Inilah: 1. Kesengsaraan dan kehinaan si pemalas. Lihatlah betapa bodoh dan konyolnya mereka. Mereka menginginkan keuntungan-keuntungan yan...

Matthew Henry: Ams 13:5-25 - --Wejangan-wejangan Moral, 13:5-25 (13:5) Perhatikanlah: 1. Apabila anugerah Allah bertakhta, dosa menjadi sesuatu yang menjijikkan. Adalah watak y...

Matthew Henry: Ams 13:6 - -- (13:6) Lihatlah di sini: 1. Orang-orang kudus dilindungi dari kehancuran. Orang-orang yang saleh jalannya, yang berniat jujur dalam segala tind...

Matthew Henry: Ams 13:7 - --(13:7) Pengamatan ini bisa diterapkan, I. Pada harta duniawi manusia. Dunia ini adalah suatu kebohongan besar, bukan hanya hal-hal dari dunia, me...

Matthew Henry: Ams 13:8 - --(13:8) Kita cenderung menilai kebahagiaan manusia, setidaknya di dunia ini, melalui kekayaan mereka, bahwa mereka berbahagia atau tidak bergantung ...

Matthew Henry: Ams 13:9 - --(13:9) Inilah: 1. Penghiburan bagi orang-orang yang baik semakin bertumbuh dan tetap untuk selama-lamanya: terang orang benar bercahaya gemilang,...

Matthew Henry: Ams 13:10 - --(13:10) Perhatikanlah: 1. Keangkuhan yang bodoh cepat mendatangkan perselisihan. Mau tahukah engkau dari mana datangnya sengketa dan pertengkaran...

Matthew Henry: Ams 13:11 - --(13:11) Hal ini menunjukkan bahwa kekayaan akan bertahan tergantung bagaimana ia didapat dan dipakai. 1. Apa yang didapat dengan cara yang jahat ...

Matthew Henry: Ams 13:12 - --(13:12) Perhatikanlah: 1. Tidak ada yang lebih menyedihkan selain sebuah pengharapan tinggi yang dikecewakan, meskipun bukan karena pengharapan i...

Matthew Henry: Ams 13:13 - -- (13:13) Inilah: 1. Tabiat dari orang yang sudah ditentukan untuk binasa: siapa meremehkan firman Allah, dan tidak peduli dengannya, tidak mengh...

Matthew Henry: Ams 13:14 - --(13:14) Ajaran orang bijak (kjv: hukum orang bijak – pen.) dan orang benar di sini dapat kita pahami sebagai asas-asas dan aturan-aturan yang den...

Matthew Henry: Ams 13:15 - --(13:15) Jika kita tidak hanya melihat hasil akhirnya, tetapi juga jalannya, maka kita akan mendapati bahwa agama itu mempunyai keuntungan, sebab, ...

Matthew Henry: Ams 13:16 - --(13:16) Perhatikanlah: 1. Berhikmatlah orang yang berhati-hati. Setiap orang yang cerdik dan bijaksana melakukan segala sesuatunya dengan pengeta...

Matthew Henry: Ams 13:17 - --(13:17) Di sini kita mendapati, 1. Akibat-akibat buruk dari mengkhianati sebuah kepercayaan. Utusan orang fasik, yang apabila dikirim untuk merun...

Matthew Henry: Ams 13:18 - --(13:18) Perhatikanlah: 1. Orang yang begitu sombong sehingga tidak sudi untuk dididik pasti akan direndahkan. Orang yang mengabaikan didikan baik...

Matthew Henry: Ams 13:19 - --(13:19) Ini menunjukkan kebodohan orang-orang yang menolak didikan, sebab mereka bisa berbahagia tetapi tidak mau. 1. Mereka bisa berbahagia. Dal...

Matthew Henry: Ams 13:20 - --(13:20) Perhatikanlah: 1. Orang-orang yang mau menjadi baik harus bergaul dengan kawan-kawan yang baik, yang merupakan bukti bagi mereka bahwa me...

Matthew Henry: Ams 13:21 - --(13:21) Lihatlah di sini: 1. Betapa tak terelakkannya kehancuran orang-orang berdosa itu. Murka Allah mengejar mereka, beserta segala kengerian y...

Matthew Henry: Ams 13:22 - --(13:22) Lihatlah di sini: 1. Betapa harta orang baik akan tetap ada: ia meninggalkan warisan bagi anak cucunya. Bagian dari pujian untuknya adala...

Matthew Henry: Ams 13:23 - --(13:23) Lihatlah di sini: 1. Betapa harta yang sedikit bisa bertambah karena ketekunan, sehingga orang, dengan memanfaatkan segala sesuatunya seb...

SH: Ams 13:1-11 - Gampang dapat, gampang hilang (Kamis, 18 Oktober 2007) Gampang dapat, gampang hilang "Easy come, easy go", mungkin cocok menjadi judul perenungan kita hari ini. Didikan yang didapat karena kesabaran s...

SH: Ams 13:1-25 - Sayangilah anak-anak dengan sepenuh hati. (Sabtu, 29 Juli 2000) Sayangilah anak-anak dengan sepenuh hati. Orang Yahudi terkenal sebagai orang tua yang terbaik di antara bangsa-bangsa purba. Karena itu ucapa...

SH: Ams 13:12-25 - Didikan membawa kehidupan (Jumat, 19 Oktober 2007) Didikan membawa kehidupan Perikop ini sebenarnya masih melanjutkan nasihat untuk menerima didikan yang benar dari Tuhan sendiri. Ketekunan menjad...

Topik Teologia: Ams 13:1 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Kebencian Penghinaan 2Ta 36:16 Ayu 34:7 Maz 1:1 Maz 22:7 Maz 39:9 Maz 73:8 M...

Topik Teologia: Ams 13:5 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab untuk Mencari Kebajikan dan Kualitas Pribadi Menyatakan Kebena...

Topik Teologia: Ams 13:6 - -- Dosa Gagal untuk Hidup Menurut Hukum Allah Kej 18:20 Ima 16:30 1Sa 12:23 Neh 9:2 Maz 25:7 Maz 51:4-5 Ams 13:6 Yes 59:12 Rat 5:7...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Amsal (Pendahuluan Kitab) Penulis : Salomo dan Orang Lain Tema : Hikmat untuk Hidup dengan Benar Tanggal Penulisan: Sekitar 970-700 SM Latar Belakang PL...

Full Life: Amsal (Garis Besar) Garis Besar I. Prolog: Maksud dan Tema-Tema Amsal (Ams 1:1-7) II. Tiga Belas Ajaran Hikmat bagi Kaum Muda (Ams 1...

Matthew Henry: Amsal (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang kita dapati, I. Seorang penulis baru, atau lebih tepatnya seorang juru tulis, atau sebuah pena (kalau Anda mau mengataka...

Jerusalem: Amsal (Pendahuluan Kitab) KITAB AMSAL PENGANTAR Kitab Amsal adalah karya yang paling jelas memperlihatkan apa itu sastera kebijaksanaan di Israel (bdk Pengantar umum dari kitab...

Ende: Amsal (Pendahuluan Kitab) AMSAL SULAIMAN PENDAHULUAN Bagian2 tertua dari kesusasteraan Kebidjaksanaan Hibrani dengan djelasnja terdapat dalam kitab jang berdjudul "Amsal Sulaim...

Wycliffe: Amsal (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN AMSAL AJARAN DARI AMSAL. Inti dari Kitab Amsal ialah ajaran tentang prinsip moral dan prinsip etika. Keunikan kitab ini adalah bahwa seba...

Wycliffe: Amsal (Garis Besar) GARIS BESAR AMSAL I. Penghargaan Salomo terhadap hikmat, yaitu takut akan Tuhan. 1:1-9:18. A. Pendahuluan. 1:1-7 B. Perempu...

BIS: Amsal (Pendahuluan Kitab) AMSAL PENGANTAR Buku Amsal adalah suatu kumpulan ajaran tentang cara hidup yang baik. Ajaran-ajaran itu diungkapkan dalam bentuk petuah, peribahasa

AMSAL

PENGANTAR

Buku Amsal adalah suatu kumpulan ajaran tentang cara hidup yang baik. Ajaran-ajaran itu diungkapkan dalam bentuk petuah, peribahasa dan pepatah. Kebanyakan di antaranya menyangkut persoalan-persoalan yang timbul dalam hidup sehari-hari. Buku ini mulai dengan peringatan ini, "Untuk memperoleh pengetahuan, orang harus pertama-tama mempunyai rasa hormat dan takut kepada TUHAN." Selain tentang cara-cara hidup yang baik, buku ini mengajar orang untuk memakai pikiran sehat dan bersopan santun. Peribahasanya banyak dan menunjukkan betapa dalamnya pengetahuan guru- guru Israel zaman dahulu mengenai sikap dan tindakan orang bijaksana dalam keadaan-keadaan tertentu. Petuah-petuah itu menyangkut berbagai bidang, termasuk hubungan dalam keluarga, urusan dagang, sopan santun dalam pergaulan, perlunya menguasai diri. Kecuali itu, buku ini banyak juga mengemukakan sifat-sifat yang baik, seperti misalnya: rendah hati, sabar, menghargai orang miskin dan setia kepada kawan.

Isi

  1.  Hikmat diagungkan
    Ams 1:1-9:18
  2.  Petuah-petuah Salomo
    Ams 10:1-29:27
  3.  Ucapan-ucapan Agur
    Ams 30:1-33
  4.  Ucapan-ucapan Lemuel
    Ams 31:1-9
  5.  Pujian kepada istri yang berbudi
    Ams 31:10-31

Ajaran: Amsal (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota kelompok mengerti seluruh Kitab Amsal yang mengajarkan asas-asas dari kehidupan yang dijalankan dengan hikmat dan penuh rasa t

Tujuan

Supaya anggota kelompok mengerti seluruh Kitab Amsal yang mengajarkan asas-asas dari kehidupan yang dijalankan dengan hikmat dan penuh rasa takut kepada Tuhan. Pelajaran ini dapat mendorong mereka untuk melaksanakannya.

Pendahuluan

Penulis : Kitab Amsal ditulis oleh beberapa orang, tetapi penulis yang terbanyak adalah raja Salomo. Sedangkan penulis-penulis lainnya adalah Agur dan ibu raja Lemuel.

Isi Kitab: Kitab Amsal terdiri dari 31 pasal. Kitab Amsal berisikan kata-kata hikmat yang mengajarkan asas-asas dari kehidupan yang dijalankan dengan penuh rasa takut kepada Tuhan.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Amsal

  1. Pasal 1 (Ams 1:1-7).

    Tujuan Amsal-Amsal

    Amsal memberi pengetahuan akan hikmat. Amsal memberikan kepandaian. Amsal memberikan kejujuran. Amsal memberikan pengetahuan tentang takut akan Tuhan.

  2. Pasal 1-9 (Ams 1:8-9:18).

    Amsal tentang hikmat

    Bagian ini berisikan ajaran tentang pentingnya seorang muda mencari hikmat.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ams 2:1-22. Jelaskanlah cara mencari hikmat dan kepentingannya.
    2. Apakah berkatnya bagi seorang yang berhikmat? (pasal 3; Ams 3:1-35).
  3. Pasal 10-24 (Ams 10:1-24:34).

    Amsal-Amsal Salomo sebagai anjuran supaya berakal budi

    Bagian ini menjelaskan tentang tindakan orang yang berakal budi dan yang tidak berakal budi, serta segala suatu akibat dari tindakan tersebut.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ams 15:21-24. Apakah yang dikatakan tentang kesukaan orang yang tida berakal budi? Dan ke manakah jalan orang yang berakal budi?
    2. Bacalah pasal Ams 23:17-18. Apakah akibatnya jikalau seseorang takut akan Tuhan?
  4. Pasal 25-29 (Ams 25:1-29:27).

    Amsal-Amsal Salomo yang dikumpulkan pegawai raja Hizkia Bagian ini menjelaskan tentang cara mengatasi kesombongan.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Ams 27:1-2; 29:23. Apakah yang dikatakan tentang cara mengatasi kesombongan?

  5. Pasal 30-31 (Ams 30:1-31:31).

    Amsal Agur bin Yake dan Ibu Raja Lemuel

    Amsal ini berbicara mengenai doa dan ajaran hidup, serta tabiat seorang istri yang baik.

    Pendalaman

    1. Apakah yang menjadi perisai bagi seorang dalam hidup? Dan bagaimanakah hidup yang baik itu? (pasal Ams 30:5-9).
    2. Bagaimanakah tabiat seorang istri yang baik? (pasal Ams 31:10-31).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Amsal mengajarkan tentang kehidupan di dala kebenaran, keadilan dan kejujuran.
  2. Kitab Amsal mengajarkan arti dan tujuan dari kehidupan manusia.
  3. Kitab Amsal mengajarkan kemuliaan dari seorang istri yang bijaksana.
  4. Kitab Amsal mengajarkan akibat-akibat dari kemalasan.
  5. Kitab Amsal mengajarkan bahwa pengetahuan yang tidak diserta dengan takut akan Allah merupakan suatu hal yang tidak berguna.
  6. Kitab Amsal membuat seorang yang tidak berpengalaman di dala kehidupan dapat mempunyai pengetahuan akan arti dan tujuan kehidupan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Amsal?
  2. Apakah tujuan Kitab Amsal?
  3. Apakah permulaan dari segala pengetahuan/hikmat? (Ams 1:7).
  4. Apakah kegunaan mempelajari Kitab Amsal ini bagi seseorang?

Intisari: Amsal (Pendahuluan Kitab) Jadilah bijaksana! KITAB KEBIJAKSANAANAmsal merupakan hasil karya beberapa penulis, tiga di antaranya dikenal dengan nama -- Salomo, Agur dan Lemuel.

Jadilah bijaksana!

KITAB KEBIJAKSANAAN
Amsal merupakan hasil karya beberapa penulis, tiga di antaranya dikenal dengan nama -- Salomo, Agur dan Lemuel. Paling sedikit satu bagian dari kitab ini ditulis oleh orang yang tidak dikenal. Kitab ini kebanyakan berisi petuah-petuah Salomo (Ams 10:1-22:16; 25:1-29:27). Dia dikenal sebagai penulis 3.000 Amsal dan 1.005 lagu-lagu (1Ra 4:31-32). Kitab ini berisi hasil penelitian lengkap yang telah dikumpulkan oleh Salomo dan para penulis lainnya dari berbagai sumber, ditambah dengan pengalaman hidup mereka sendiri. Tujuan dari kitab ini jelas terangkum dalam pembukaannya (Ams 1:2-6). Penekanan yang sering diulang-ulang dalam kitab ini adalah takut akan Tuhan.

APAKAH AMSAL ITU?
Pengajaran dengan memakai Amsal merupakan salah satu cara mengajar yang paling kuno di dunia ini. Dalam pengajaran seperti itu dipakai kalimat-kalimat sederhana, yang mudah diingat dan diturunkan dari generasi ke generasi. Salomo adalah seorang yang mepunyai keahlian dalam berbagai bidang. Dia bukan hanya seorang raja, tetapi juga seorang filsuf yang mempunyai kemampuan intuisi dan pengertian yang luar biasa, dan ia juga seorang ilmuwan murni. Tetapi sayang, dalam kehidupan pribadinya, ia tidak selalu hidup sesuai dengan hikmat yang diketahuinya.

HIKMAT DARI ALLAH
Dalam Amsal, hikmat dikatakan sudah ada bersama Allah sepanjang zaman. Hikmat dipersonifikasikan sehingga seringkali dianggap pelambang Kristus (Ams 8:23-31; lihat Yoh 1:2; Ibr 1:2; Kol 2:3). Dijelaskan bahwa hikmat tersedia bagi semua orang. Orang yang bijaksana adalah mereka yang tanggap pada perintah Allah, sedangkan orang yang bodoh mengabaikannya. Hikmat sangat penting di dalam dunia kehidupan (Ams 4:7).

BENTUK
Banyak usaha dilakukan untuk menganalisis Kitab Amsal. Beberapa komentator mengemukakan tiga bagian yang ditandai dengan judul 'amsal salomo' (Ams 1:1; 10:1; 25:1). Selanjutnya ada pendapat bahwa amsal dengan kata ganti orang kedua adalah amsal yang diperuntukkan bagi Salomo yang diajarkan oleh guru-gurunya, sedangkan amsal dengan kata ganti orang ketiga adalah amsal yang dibuat oleh Salomo sendiri. Namun demikian, hal ini sukar dipastikan.

Pesan

Pesan yang terkandung dalam Amsal tidak dapat disingkat seperti yang mungkin dilakukan dengan kitab-kitab lain dalam Alkitab. Sebaiknya kita melihat isinya berdasarkan pokok bahasan yang berbeda-beda, yang dapat kita lihat di sana-sini dalam seluruh kitab. Ajaran-ajaran berikut diajarkan dengan jelas:
o Hikmat merupakan hal utama yang harus kita cari. Ams 1:20-33; 2:1-22; 3:1-35; 4:1-27; 8:1-36; 22:17-24:34
o Jalan orang bodoh -- orang yang mengabaikan kehendak Allah -- adalah jalan menuju bencana. Ams 1:7; 12:16,23; 14:9; 15:20; 17:24; 18:2,6,7; 28:26
o Kemalasan jelas akan membawa aib. Ams 6:6,9; 19:15; 13:4; 15:19; 19:24; 20:4; 21:25; 22:13; 24:30; 26:13,16
o Kawan sejati bernilai tinggi. Ams 17:7; 18:24; 27:6,17
o Kata-kata bukan pengganti perbuatan. Ams 26: 20-28
o Kestabilan masyarakat bermula dari kehidupan keluarga yang sehat. Ams 10:1; 13:1,24; 17:21,25; 19:13,18,27; 20:11; 22:6, 15; 23:13-16, 19-28; 28:7,24; 29:15,17; 30:11,17
o Kehidupan yang saleh diberkati Allah, sebaliknya kehidupan yang jahat membawa aib dan kematian. Ams 3:25; 5:4; 11:29; 14:12

Penerapan

1. Jangan menjadi orang bodoh!
Masalah hikmat dan kebodohan mewarnai seluruh isi Amsal. Penuh hikmat berarti hidup sesuai dengan standar yang ditentukan Allah, bodoh berarti hidup dengan mengabaikan Allah dan hidup hanya diri sendiri. Upah bagi kehidupan orang yang penuh hikmat adalah berkat, tetapi kehidupan orang bodoh akan berakhir dalam kematian dan kebinasaan.

2. Hati-hati dengan kata-katamu
Amsal banyak berbicara mengenai manfaat pembicaraan. Kata-kata mempunyai potensi besar untuk hal-hal yang baik ataupun yang jahat. Orang yang bijaksana dapat mengendalikan lidahnya untuk menghindari gosip atau sanjungan yang sia-sia.

3. Menjalankan kehidupan berkeluarga secara serius
Stabilitas suatu negara ditentukan oleh kualitas kehidupan keluarga dalam negara itu. Para orang tua mempunyai tanggungjawab terhadap anak-anak mereka. Perzinahan adalah dosa.

4. Bekerja keras
'Dalam tiap jerih payah ada keuntungan' (Ams 14:23). Amsal memberikan banyak peringatan mengenai bahaya kemalasan. Tak ada lagi yang perlu dikatakan mengenai kelambanan.

Tema-tema Kunci

1. Kerja
Teks kunci: Ams 6:6-11. Si pemalas membesar-besarkan masalahnya dan tidak melakukan apa-apa (Ams 22:13; 26:13,14; 21:25,26). Perhatikan akibat dari kemalasan (Ams 10:4,5; 12:24; 13:4; 19:15).
Orang yang rajin mengumpulkan kekayaan dengan menggunakan kesempatan yang ada (Ams 10:4,5). Ia diberi tanggung jawab (Ams 12:27) dan menjadi makmur. (Bandingkan Mat 25:24-30; Yoh 9:4; Gal 6:9,10; Efe 5:16).

2. Faedah lidah
Teks kunci: Ams 10:11,13,18-21,31,32. Orang bijaksana berhati-hati dalam menggunakan kata-kata, sedangkan orang bodoh kurang dapat menenggang rasa sehingga menimbulkan sakit hati dan kerugian. (Lihat juga Ams 6:16,18,19; 10:11,19; 11:13; 12:18; 14:23; 15:1; 16:28; 17:9,22; 18:6-8; 20:19; 24:2; 25:11,15,23; 26:20,22,29:11; 31:26. Bandingkan dengan Ams Mat 7:1-1; 12:34-36;15:11,17,18; Yak 3:5-8).

3. Persahabatan
Pasal kunci: Ams 18. sedikit teman akrab lebih baik daripada banyak kenalan. Persahabatan harus dimenangkan; menjalin persahabatan memerlukan temperamen yang baik (Ams 3:29; 25:8,9, 21,22; 24:17,19; 11:12;14:21;21:10;12:26). Seorang sahabat yang baik itu setia dan takpernah meninggalkan (Ams 14:20; 19:4,6,7; 17: 17). Dia juga jujur (Ams 27:6; 29:5). Dia meyakinkan dan mendorong semangat (Ams 17:9,17). Persahabatan sejati memerlukan hikmat dan tenggang rasa (Ams 25:17; 27:14; 26:18,19). Namun demikian, hubungan persahabatan antar manusia selalu mengandung risiko (Ams 2:17; 16:28; 17:9).

4. Kekayaan dan kemiskinan
Pasal kunci: Ams 19. Kekayaan memberikan ke-ntungan-keuntungan yang nyata. Kekayaan memberikan perasaan aman (Ams 10:15; 18:11); membuka berbagai jalan (Ams 18:16); menarik banyak teman (Ams 14:20; 19:4,6). Bersama dengan itu, kekayaan cenderung membuat orang menjadi keras (Ams 18:23) dan memberikannya kekuasaan yang sewenang-wenang (Ams 22:7). Kekayaan menimbulkan percaya diri (Ams 30:8-9). Namun demikian, kekayaan dunia tidaklah kekal (Ams 23:4,5; 27:24). Kekayaan sama sekali tidak dapat membantu pada saat Hari Penghakiman datang (Ams 11:4), sedangkan kocek yang kosong membantu seseorang untuk bergantung sepenuhnya kepada Allah dan hidup dalam kebenaran (Ams 15:16; 28:6). Seorang miskin mungkin saja mempunyai kekayaan yang besar (Ams 13:7; bandingkan dengan Mat 6:19-24; 2Ko 6:10).

Garis Besar Intisari: Amsal (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Ams 1:1-7 Ams 1:1Judul Ams 1:2-6Tujuan Amsal Ams 1:7Rahasia [2] BERBAGAI SEGI HIKMAT Ams 1:8-9:18 Ams 1:8-19Kebijaksanaan d

[1] PENDAHULUAN Ams 1:1-7

Ams 1:1Judul
Ams 1:2-6Tujuan Amsal
Ams 1:7Rahasia

[2] BERBAGAI SEGI HIKMAT Ams 1:8-9:18

Ams 1:8-19Kebijaksanaan dalam memilih teman
Ams 1:20-33Tantangan terhadap hikmat
Ams 2:1-22Perlindungan yang diberikan oleh hikmat
Ams 3:1-35Kemakmuran yang diperoleh dari hikmat
Ams 4:1-27Hikmat sepanjang kehidupan
Ams 5:1-23Petuah mengenai perkawinan
Ams 6:1-35Peringatan terhadap kebodohan dan perzinahan
Ams 7:1-27Peringatan terhadap perempuan nakal
Ams 8:1-36Seruan hikmat
Ams 9:1-18Pesta hikmat dan pesta kebodohan

[3] KUMPULAN AMSAL-AMSAL SALOMO Ams 10:1-22:16

[4] PETUAH-PETUAH DARI ORANG BIJAK Ams 22:17-24:34

[5] AMSAL-AMSAL SALOMO LAINNYA Ams 25:1-29:27

[6] PERKATAAN-PERKATAAN AGUR Ams 30:1-33

[7] PERKATAAN-PERKATAAN RAJA LEMUEL Ams 31:1-9

[8] GAMBARAN SEORANG ISTRI YANG CAKAP Ams 31:10-31

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.45 detik
dipersembahkan oleh YLSA