kecilkan semua  

Teks -- 1 Korintus 12:1-11 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh
12:1 Sekarang tentang karunia-karunia Roh. Aku mau, saudara-saudara, supaya kamu mengetahui kebenarannya. 12:2 Kamu tahu, bahwa pada waktu kamu masih belum mengenal Allah, kamu tanpa berpikir ditarik kepada berhala-berhala yang bisu. 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus. 12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. 12:5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. 12:6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. 12:7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama. 12:8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. 12:9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. 12:10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. 12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Kor 12:1 - TENTANG KARUNIA-KARUNIA ROH. Nas : 1Kor 12:1 Dalam pasal 1Kor 12:1-14:40 Paulus menulis tentang karunia-karunia Roh Kudus yang dianugerahkan kepada tubuh Kristus. Karunia ini a...

Nas : 1Kor 12:1

Dalam pasal 1Kor 12:1-14:40 Paulus menulis tentang karunia-karunia Roh Kudus yang dianugerahkan kepada tubuh Kristus. Karunia ini adalah bagian yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan dan pelayanan jemaat yang mula-mula. Allah berkehendak agar karunia ini akan terus bekerja sampai Kristus datang kembali

(lihat cat. --> 1Kor 1:7).

[atau ref. 1Kor 1:7]

Maksud Allah dalam pemberian karunia rohani ini adalah sebagai berikut:

  1. 1) Untuk menyatakan kasih karunia, kuasa, dan kasih Roh Kudus di antara umat-Nya dalam pertemuan umum, rumah, keluarga, dan kehidupan pribadi mereka (ayat 1Kor 12:4-7; 14:25; Rom 15:18-19; Ef 4:8);
  2. 2) Untuk menolong supaya pemberitaan Injil menjadi efektif, dengan cara memberikan peneguhan adikodrati kepada berita itu (Mr 16:15-20; Kis 14:8-18; 16:16-18; 19:11-20; 28:1-10);
  3. 3) Untuk memenuhi kebutuhan manusia dan untuk menguatkan dan membangun kerohanian jemaat (ayat 1Kor 12:7,14-30; 14:3,12,26) dan juga orang percaya secara pribadi (1Kor 14:4) yaitu, untuk menyempurnakan orang percaya dalam "kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhlas" (1Tim 1:5; bd. 1Kor 13:1-13).
  4. 4) Untuk berperang dengan efektif dalam peperangan rohani melawan Iblis dan kuasa-kuasa kejahatan (Yes 61:1; Kis 8:5-7; 26:18; Ef 6:11-12). Ayat-ayat yang berkenaan dengan karunia rohani meliputi Rom 12:3-8; 1Kor 1:7; 12:1-14:40; Ef 4:4-16; 1Pet 4:10-11.

Full Life: 1Kor 12:1-6 - KARUNIA-KARUNIA ROHANI. Nas : 1Kor 12:1-6 Istilah yang dipakai oleh Alkitab untuk karunia rohani menyatakan sifatnya. 1) "Karunia-karunia rohani" (Yun. _pneumatika_, ...

Nas : 1Kor 12:1-6

Istilah yang dipakai oleh Alkitab untuk karunia rohani menyatakan sifatnya.

  1. 1) "Karunia-karunia rohani" (Yun. _pneumatika_, berasal dari kata _pneuma_, artinya "Roh") menunjuk kepada manifestasi adikodrati yang datang sebagai karunia dari Roh Kudus yang bekerja melalui orang percaya demi kebaikan bersama (ayat 1Kor 12:1,7; 14:1).
  2. 2) "Karunia-karunia" (Yun. _charismata_, berasal dari kata _charis_, artinya "kasih karunia") menunjukkan bahwa karunia rohani mencakup baik motivasi batin dan kuasa untuk menyelenggarakan pelayanan (yaitu, pemberian kesanggupan), yang diterima dari Roh Kudus; karunia semacam itu memberi kekuatan rohani kepada tubuh Kristus dan mereka yang memerlukan pertolongan rohani (ayat 1Kor 12:4; Ef 4:11; 1Pet 4:10;

    lihat cat. --> Rom 12:6;

    [atau ref. Rom 12:6]

    lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA).

  3. 3) "Pelayanan" atau "pelayanan-pelayanan" (Yun. _diakoniai_, berasal dari kata _diakonia_, artinya "pelayanan") menekankan bahwa ada berbagai cara pelayanan dan bahwa karunia tertentu meliputi penerimaan kesanggupan dan kuasa untuk menolong orang lain (ayat 1Kor 12:4-5,27-31; Ef 4:7,11-13). Paulus menunjukkan bahwa segi pelayanan karunia itu mencerminkan pelayanan yang bersifat "hamba" dari kehidupan Tuhan Yesus. Demikianlah, pekerjaan karunia-karunia didefinisikan berkenaan dengan kehadiran dan pekerjaan Kristus di antara kita (bd. ayat 1Kor 12:3; 1:4).
  4. 4) "Pekerjaan" atau "pengaruh-pengaruh" (Yun. _energemata_, berasal dari kata _energes_, artinya "aktif atau penuh tenaga") menandakan bahwa karunia rohani itu adalah pekerjaan langsung dari kuasa Allah Bapa dan membuahkan hasil-hasil tertentu (ayat 1Kor 12:6,10).
  5. 5) "Manifestasi Roh" (Yun. _phanerosis_, berasal dari kata _phaneros_, artinya "terwujud") menekankan bahwa karunia rohani itu menjadi manifestasi langsung dari pekerjaan dan kehadiran Roh Kudus di dalam perhimpunan jemaat (ayat 1Kor 12:7-11).

Full Life: 1Kor 12:3 - YESUS ADALAH TUHAN. Nas : 1Kor 12:3 Paulus memulai pembicaraan tentang karunia rohani dengan kebenaran bahwa karunia dan manifestasi Roh Kudus akan memuliakan Yesus se...

Nas : 1Kor 12:3

Paulus memulai pembicaraan tentang karunia rohani dengan kebenaran bahwa karunia dan manifestasi Roh Kudus akan memuliakan Yesus sebagai Tuhan atas gereja. Kriteria tertinggi kegiatan Roh ialah adanya manifestasi yang terus berkembang mengenai pribadi, kehadiran, kuasa, kasih, dan kebenaran Tuhan Yesus Kristus. Dalam manifestasi karunia rohani, Kristus sendiri melayani oleh Roh itu melalui umat-Nya (lih. ayat 1Kor 12:12-27; Mat 25:40).

Full Life: 1Kor 12:7 - PENYATAAN ROH. Nas : 1Kor 12:7 Untuk ulasan mengenai karunia-karunia rohani sebagai penyataan Roh, serta uraian tentang berbagai karunia yang didaftarkan di sini,...

Nas : 1Kor 12:7

Untuk ulasan mengenai karunia-karunia rohani sebagai penyataan Roh, serta uraian tentang berbagai karunia yang didaftarkan di sini,

lihat art. KARUNIA ROHANI BAGI ORANG PERCAYA).

Jerusalem: 1Kor 12:1--14:40 - -- Ketiga bab ini, 12-14, membahas penggunaan baik dari karunia-karunia Roh Kudus (karismata). Karunia-karunia itu dianugerahkan kepada jemaat sebagai ta...

Ketiga bab ini, 12-14, membahas penggunaan baik dari karunia-karunia Roh Kudus (karismata). Karunia-karunia itu dianugerahkan kepada jemaat sebagai tanda bukti kelihatan dari kehadiran Roh Kudus. Karunia-karunia itu juga dimaksudkan untuk menanggapi keadaan jemaat yang masih baru, yang mentalitas kafirnya dahulu belum juga diresapi kepercayaan Kristen. Orang-orang Korintus mengutamakan karunia-karunia yang paling mengherankan lalu digunakan dalam suasana yang tidak keruan. Dalam hal itu mereka meniru upacara-upacara kafir. Paulus turun tangan dengan menandaskan, bahwa karunia-karunia itu dianugerahkan buat pembinaan jemaat, sehingga tidak boleh menimbulkan persaingan (bab 12). Kemudian Paulus menjelaskan bahwa ada urutan nilai dalam karunia-karunia itu sekedar memberi sumbangannya bagi pembinaan jemaat.

Jerusalem: 1Kor 12:2 - berhala-berhala yang bisu Disinggunglah berbagai gejala tak keruan, keributan dan tindakan berlebihan yang menyertai sementara upacara ibadah kafir. Gejala-gejala itu dianggap ...

Disinggunglah berbagai gejala tak keruan, keributan dan tindakan berlebihan yang menyertai sementara upacara ibadah kafir. Gejala-gejala itu dianggap tanda bukti ibadah itu sejati. Sebaliknya dalam perkumpulan-perkumpulan jemaat Kristen isi wejangan dan khotbah dan bukan ciri ekstatisnya yang menjadi tanda kebenarannya.

Jerusalem: 1Kor 12:4-6 - -- Perhatikanlah bagaimana ketiga diri ilahi disebut asal-usul segala karunia, bdk 2Ko 13:13+.

Perhatikanlah bagaimana ketiga diri ilahi disebut asal-usul segala karunia, bdk 2Ko 13:13+.

Jerusalem: 1Kor 12:8 - berkata-kata dengan hikmat Ini kiranya tidak lain dari kemampuan untuk menjelaskan kebenaran-kebenaran paling tinggi dari agama Kristen mengenai kehidupan ilahi dan kehidupan Al...

Ini kiranya tidak lain dari kemampuan untuk menjelaskan kebenaran-kebenaran paling tinggi dari agama Kristen mengenai kehidupan ilahi dan kehidupan Allah di dalam diri kita, ialah "ajaran sempurna" yang disebutkan dalam Ibr 6:1. Lihat juga 1Ko 2:6-16

Jerusalem: 1Kor 12:8 - berkata-kata dengan pengetahuan Ialah kemampuan untuk menjelaskan "asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus", Ibr 6:1.

Ialah kemampuan untuk menjelaskan "asas-asas pertama dari ajaran tentang Kristus", Ibr 6:1.

Jerusalem: 1Kor 12:9 - iman Ialah tingkat iman yang luar biasa, bdk 1Ko 13:2.

Ialah tingkat iman yang luar biasa, bdk 1Ko 13:2.

Jerusalem: 1Kor 12:10 - karunia untuk membedakan Ialah kemampuan untuk menentukan manakah asal-usul (Allah, atau kodrat, atau Yang Jahat) gejala-gejala karismatis

Ialah kemampuan untuk menentukan manakah asal-usul (Allah, atau kodrat, atau Yang Jahat) gejala-gejala karismatis

Jerusalem: 1Kor 12:10 - karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh Karunia "glossolalia" ini ialah: karunia untuk memuji dengan mengucapkan bunyi-bunyi yang tidak dapat dimengerti dan dengan terbawa oleh Roh Kudus dal...

Karunia "glossolalia" ini ialah: karunia untuk memuji dengan mengucapkan bunyi-bunyi yang tidak dapat dimengerti dan dengan terbawa oleh Roh Kudus dalam keadaan yang kurang lebih ekstatis. Paulus menyebut karunia itu dengan dua ungkapan, yaitu: berkata-kata dengan bahasa roh (1Ko 14:5,6,18,23,39) atau berkata-kata dengan bahas roh (1Ko 14:2,4,9,13,14,19,26,27). Terjemahan Indonesia ini tidak membedakan kedua ungkapan itu. Karunia ini pada awal mula sudah ditemukan pada jemaat Kristen, yaitu waktu untuk pertama kalinya dituruni Roh Kudus yang a.l. menyebabkan glossolalia. Lih. Kis 2:3-4; 10:44-46 dan 1Ko 11:15; 16:6.

Ende: 1Kor 12:1 - Kurnia-kurnia Roh Kurnia-kurnia Roh jang dibitjarakan dalam bab ini dan kedua bab jang berikut adalah pernjataan kuasa Roh Kudus setjara adjaib dalam atau pada anggota-...

Kurnia-kurnia Roh jang dibitjarakan dalam bab ini dan kedua bab jang berikut adalah pernjataan kuasa Roh Kudus setjara adjaib dalam atau pada anggota-anggota umat, bukan untuk kepentingan-kepentingan mereka pribadi, melainkan semata-mata untuk membangun dan meneguhkan iman seluruh umat, ataupun untuk mejakinkan orang jang belum bertobat.

Pengertian tentang nilai dan maksud beberapa kurnia, chususnja tentang kurnia bernubuat dan kurnia bahasa gaib, rupanja kurang djelas sehingga mengenai hal ini pula umat mengadjukan pertanjaan-pertanjaan kepada Paulus.

Ende: 1Kor 12:2 - -- Orang Korintus sedjak ketjilnja terpesona oleh matjam-matjam kegaiban jang sering mengiringi perajaan ibadat orang penjembah berhala didalam kuil-kuil...

Orang Korintus sedjak ketjilnja terpesona oleh matjam-matjam kegaiban jang sering mengiringi perajaan ibadat orang penjembah berhala didalam kuil-kuil. Orang menimbulkan matjam-matjam daja gaib dalam dirinja, jang lalu dinjatakan dengan gerakan-gerakan badan dan utjapan-utjapan gandjil, sampai kegila-gilaan. Tidak mengherankan kalau orang-orang jang baru bertobat sekedar menjamakan kurnia-kurnia Roh Kudus tertentu dengan daja gaib orang-orang kafir itu. Bdl. misalnja sikap Simon, tukang sihir itu, dalam Kis 8:18-19.

Ende: 1Kor 12:3 - Terkutuklah Jesus Seruan ini barangkali kedengaran dari mulut penentang-penentang Indjil, baik Jahudi maupun orang-orang kafir. Maksud Paulus disini tentulah memperinga...

Seruan ini barangkali kedengaran dari mulut penentang-penentang Indjil, baik Jahudi maupun orang-orang kafir. Maksud Paulus disini tentulah memperingatkan umat, bahwa mereka harus tahu membedakan antara daja gaib jang datang dari roh-roh djahat, dan pernjataan Roh Kudus sedjati. Kalau ungkapan-ungkapannja dan udjudnja bertentangan dengan Indjil, tentulah datang dari roh-roh djahat.

Ende: 1Kor 12:8 - Perkataan kebidjaksanaan Diduga bahwa mereka jang diberi kurnia ini, mendapat pengertian djelas dan dalam-dalam tentang rahasia agama, guna memberikan keterangan kepada umat.

Diduga bahwa mereka jang diberi kurnia ini, mendapat pengertian djelas dan dalam-dalam tentang rahasia agama, guna memberikan keterangan kepada umat.

Ende: 1Kor 12:8 - Perkataan pengetahuan Pengetahuan barangkali dalam arti 1Ko 8:1.

Pengetahuan barangkali dalam arti 1Ko 8:1.

Ende: 1Kor 12:9 - Kepertjajaan Inilah tentu sadja kepertjajaan jang dimaksudkan Jesus dalam Mat 17:19-21; 21:21 dan Luk 17:6.

Inilah tentu sadja kepertjajaan jang dimaksudkan Jesus dalam Mat 17:19-21; 21:21 dan Luk 17:6.

Ende: 1Kor 12:10 - Kurnia bernubuat Terdjemahan sebenarnja kurang tepat. Maksudnja berbitjara sebagai nabi, tetapi jang dinamakan "nabi" didalam geredja purba, ialah mereka jang atas dor...

Terdjemahan sebenarnja kurang tepat. Maksudnja berbitjara sebagai nabi, tetapi jang dinamakan "nabi" didalam geredja purba, ialah mereka jang atas dorongan Roh Kudus mengadjar dalam perkumpulan-perkumpulan umat, dan dengan ilham Roh Kudus memberi peringatan-peringatan dan nasehat-nasehat, kadang-kadang djuga menjatakan hal-hal jang tersembunji. Menilik ajat 28 (1Ko 12:28), "nabi" merupakan suatu pangkat jang tetap djuga, sedjadjar dengan "rasul" dan "pengadjar".

Ende: 1Kor 12:10 - Membedakan roh-roh jaitu apakah pernjataan-pernjataan adjaib benar-benar berasal dari Roh Kudus atau tidak.

jaitu apakah pernjataan-pernjataan adjaib benar-benar berasal dari Roh Kudus atau tidak.

Ende: 1Kor 12:10 - Bahasa gaib Terdjemahan istilah asli jang kabur maknanja sukar dalam tiap-tiap bahasa. Terdjemahan lurus kira-kira "tuturan lidah". Maksudnja barangkali" tuturan ...

Terdjemahan istilah asli jang kabur maknanja sukar dalam tiap-tiap bahasa. Terdjemahan lurus kira-kira "tuturan lidah". Maksudnja barangkali" tuturan jang diutjapkan oleh lidah sadja tanpa berpikir. Kenjataannja ialah: seorang tampil ke muka memuliakan Allah dengan suara berlaku, penuh keterharuan, tetapi tidak djelas bentuk kata-kata dan kalimat-kalimatnja, maupun artinja sehingga tidak dapat dipahami oleh seorangpun, kalau tidak ditafsirkan oleh seorang jang diberi "kurnia penafsiran". Kurnia bahasa gaib ini terlalu digemari dan dinilai orang Korintus, hal mana tidak dibenarkan Paulus, malah sangat diketjamnja.

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:1 - tentang karunia-karunia // kamu mengetahui · tentang karunia-karunia: Rom 1:11; 1Kor 1:7; 14:1,37 · kamu mengetahui: Rom 11:25; Rom 11:25

· tentang karunia-karunia: Rom 1:11; 1Kor 1:7; 14:1,37

· kamu mengetahui: Rom 11:25; [Lihat FULL. Rom 11:25]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:2 - mengenal Allah // kepada berhala-berhala · mengenal Allah: Ef 2:2; Ef 2:2 · kepada berhala-berhala: Mazm 115:5; Yer 10:5; Hab 2:18,19

· mengenal Allah: Ef 2:2; [Lihat FULL. Ef 2:2]

· kepada berhala-berhala: Mazm 115:5; Yer 10:5; Hab 2:18,19

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:3 - Terkutuklah Yesus // adalah Tuhan // Roh Kudus · Terkutuklah Yesus: Rom 9:3; 1Kor 16:22 · adalah Tuhan: Yoh 13:13; Yoh 13:13 · Roh Kudus: 1Yoh 4:2,3

· Terkutuklah Yesus: Rom 9:3; 1Kor 16:22

· adalah Tuhan: Yoh 13:13; [Lihat FULL. Yoh 13:13]

· Roh Kudus: 1Yoh 4:2,3

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:4 - satu Roh · satu Roh: 1Kor 12:8-11; Rom 12:4-8; Ef 4:11; Ibr 2:4

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:6 - tetapi Allah // semua orang · tetapi Allah: Ef 4:6 · semua orang: Fili 2:13; Fili 2:13

· tetapi Allah: Ef 4:6

· semua orang: Fili 2:13; [Lihat FULL. Fili 2:13]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:7 - kepentingan bersama · kepentingan bersama: 1Kor 14:12; Ef 4:12

· kepentingan bersama: 1Kor 14:12; Ef 4:12

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:8 - dengan hikmat // dengan pengetahuan · dengan hikmat: 1Kor 2:6 · dengan pengetahuan: 2Kor 8:7; 2Kor 8:7

· dengan hikmat: 1Kor 2:6

· dengan pengetahuan: 2Kor 8:7; [Lihat FULL. 2Kor 8:7]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:9 - memberikan iman // untuk menyembuhkan · memberikan iman: Mat 17:19,20; 1Kor 13:2 · untuk menyembuhkan: 1Kor 12:28,30; Mat 10:1

· memberikan iman: Mat 17:19,20; 1Kor 13:2

· untuk menyembuhkan: 1Kor 12:28,30; Mat 10:1

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:10 - memberikan kuasa // untuk bernubuat // bermacam-macam roh // bahasa roh · memberikan kuasa: 1Kor 12:28-30; Gal 3:5 · untuk bernubuat: Ef 4:11; Ef 4:11 · bermacam-macam roh: 1Yoh 4:1 · bahasa roh...

· memberikan kuasa: 1Kor 12:28-30; Gal 3:5

· untuk bernubuat: Ef 4:11; [Lihat FULL. Ef 4:11]

· bermacam-macam roh: 1Yoh 4:1

· bahasa roh: Mr 16:17; [Lihat FULL. Mr 16:17]

Ref. Silang FULL: 1Kor 12:11 - oleh Roh · oleh Roh: 1Kor 12:4; 1Kor 12:4

· oleh Roh: 1Kor 12:4; [Lihat FULL. 1Kor 12:4]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Kor 12:1--14:40 - -- E. Nasihat tentang Karunia-karunia Roh (12:1-14:40). Dengan kata peri de ("Sekarang tentang") yang terkenal itu Paulus mengacu kepada pertanyaan lain...

E. Nasihat tentang Karunia-karunia Roh (12:1-14:40).

Dengan kata peri de ("Sekarang tentang") yang terkenal itu Paulus mengacu kepada pertanyaan lainnya yang dikemukakan oleh jemaat di Korintus. Sekalipun demikian, pokok yang baru ini, yaitu karunia Roh, terkait dengan bagian sebelumnya oleh hubungan bersama dengan ibadah umum. Penting untuk membedakan karunia Roh dengan buah-buah Roh dan jabatan rohani. Buah-buah Roh adalah ciri-ciri watak Kristen. Setiap orang percaya berkewajiban mengembangkan semua buah Roh itu (bdg. Gal. 5:22, 23). Jabatan-jabatan rohani merupakan kedudukan di dalam gereja untuk menyelenggarakan urusan-urusannya, entah itu pengawasan rohani atas domba-domba Allah (para penatua) atau pengawasan rohani di dalam hal-hal yang bersifat sementara (para diaken: I Tim. 3:1-13). Hanya beberapa orang percaya tertentu saja yang memegang jabatan rohani. Karunia Roh adalah berbagai kemampuan yang diberikan oleh Tuhan yang berkaitan dengan pelayanan di gereja lokal, baik yang resmi maupun yang tidak resmi. Setiap orang percaya memiliki karunia Roh, tetapi tidak semua orang percaya memiliki karunia yang sama (bdg. I Kor. 12:4-11). Jemaat di Korintus, yang pasti bukan jemaat yang mati, berada dalam bahaya menyalahgunakan hak-hak istimewanya dengan cara menekankan secara berlebihan karunia-karunia spektakuler tertentu. Sang rasul pertama-tama mengemukakan soal kesatuan dan keragaman dari semua karunia yang ada (12:1-31a), kemudian coal keutamaan kasih di atas usaha mencari karunia (12:31b-13:13), dan akhirnya soal penilaian serta pengaturan penggunaan karunia bernubuat dan karunia berbahasa roh (14:1-40).

Wycliffe: 1Kor 12:1-3 - -- 1) Keabsahan dari Ucapan (12:1-3). Paulus memberikan kepada gereja suatu nasihat pembukaan untuk membantu mereka dalam menentukan ucapan rohani yang ...

1) Keabsahan dari Ucapan (12:1-3).

Paulus memberikan kepada gereja suatu nasihat pembukaan untuk membantu mereka dalam menentukan ucapan rohani yang sejati. Latar belakang kafir dari jemaat Korintus tidak dapat membantu mereka di dalam hal ini.

Wycliffe: 1Kor 12:1 - Karunia-karunia Roh // karunia // karunia. 2, 3. Karena itu, // tidak seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah dapat berkata, "Terkutuklah Yesus!" // tidak ada seorang pun yang dapat mengaku, "Yesus adalah Tuhan," selain // Roh Kudus 1. Karunia-karunia Roh (harfiah, hal-hal yang rohani) tidak mengacu kepada manusia rohani (bdg. F. W. Grosheide, Commentary on the First Epistle to th...

1. Karunia-karunia Roh (harfiah, hal-hal yang rohani) tidak mengacu kepada manusia rohani (bdg. F. W. Grosheide, Commentary on the First Epistle to the Corinthians, hlm. 278, sekalipun Grossheide sendiri tidak menganut pandangan ini; juga bukan mengacu pada hal-hal rohani (George Campbell Morgan, The Corinthian Letters of Paul, hlm. 145, 146). Kata karunia di dalam ayat 4, maupun kata-kata Paulus di dalam 14:1 (jenis netral harus diperhatikan), mendukung pencantuman kata, karunia. 2, 3. Karena itu, mengingat kebutuhan mereka akan pengajaran, mereka harus mengerti bahwa tidak seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah dapat berkata, "Terkutuklah Yesus!" (kriteria negatif); dan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat mengaku, "Yesus adalah Tuhan," selain oleh Roh Kudus. (kriteria positif). Sang rasul, tentu saja, mengacu kepada ucapan yang muncul dari dalam hati (bdg. Mat. 26:22, 25).

Wycliffe: 1Kor 12:1 - Bahasa manusia dan bahasa malaikat // Kasih // Gong yang berkumandang 1. Bahasa manusia dan bahasa malaikat. Mungkin yang dimaksudkan adalah karunia berbahasa roh. Kasih yaitu kasih yang juga mencakup kemurahan hati! Gon...

1. Bahasa manusia dan bahasa malaikat. Mungkin yang dimaksudkan adalah karunia berbahasa roh. Kasih yaitu kasih yang juga mencakup kemurahan hati! Gong yang berkumandang (MNT, nyaring bunyinya). Yang dimaksudkan Paulus ialah bahwa kekuatan dari sebuah pernyataan tidak ditentukan oleh artikulasi, peristilahan maupun gaya penyampaian: tetapi ditentukan oleh ketulusan hati.

Wycliffe: 1Kor 12:2 - nubuat, pengetahuan // iman // Kasih // iman, // Tidak berguna 2. Paulus kemudian melanjutkan pembahasan dari bahasa roh kepada nubuat, pengetahuan dan iman (bdg. 12:8-10). Kasih lebih besar daripada iman, sebab t...

2. Paulus kemudian melanjutkan pembahasan dari bahasa roh kepada nubuat, pengetahuan dan iman (bdg. 12:8-10). Kasih lebih besar daripada iman, sebab tujuan lebih penting daripada Cara (bdg. Luk 9:54). Tidak berguna. "Bukan outheis, orang yang tidak ada artinya, melainkan orang yang mutlak tidak berguna" (A. T. Robertson. op.cit, IV: 177).

Wycliffe: 1Kor 12:3 - Untuk dibakar, // tidak ada faedahnya 3. Pembahasan berpindah dari karunia kepada tindakan yang rupanya merupakan ungkapan kasih, yang satu tindakan kedermawanan yang luar biasa, dan yang ...

3. Pembahasan berpindah dari karunia kepada tindakan yang rupanya merupakan ungkapan kasih, yang satu tindakan kedermawanan yang luar biasa, dan yang lainnya adalah tindakan mati sebagai martir. Untuk dibakar, beberapa naskah yang baik menerjemahkan anak kalimat ini dengan, agar aku dapat memuliakan. Tetapi secara keseluruhan tampaknya terjemahan ini menggambarkan bacaan aslinya. Mungkin ada acuan tidak langsung di sini pada seorang tokoh Indian, Zarmano-chegas, yang membakar dirinya di hadapan umum di atas tumpukan kayu bakar dan tulisan pada monumennya di Athena berbunyi. "Zarmano-chegas, orang Indian dari Bargosa, sesuai dengan adat istiadat bangsa Indian, telah menjadikan dirinya abadi dan berbaring di sini" (Barclay, op.cit, hlm. 132). Tindakan menonjolkan diri semacam itu adalah sekadar egoisme. Sikap mementingkan diri sendiri dapat ditunjukkan dengan tindakan-tindakan yang besar. Hal semacam ini tidak ada faedahnya.

Wycliffe: 1Kor 12:4-11 - -- 2) Kesatuan Karunia-karunia Roh (12:4-11). Sesudah menyimpang sejenak Paulus memperhatikan terlebih dahulu kesatuan dari semua karunia, kesatuan sumb...

2) Kesatuan Karunia-karunia Roh (12:4-11).

Sesudah menyimpang sejenak Paulus memperhatikan terlebih dahulu kesatuan dari semua karunia, kesatuan sumber dan tujuan.

Wycliffe: 1Kor 12:4-6 - Rupa-rupa karunia // karunia; // rupa-rupa pelayanan // berbagai-bagai perbuatan ajaib. 7. Diberikan kepada tiap-tiap orang 4-6. Rupa-rupa karunia. Bahasa Yunaninya, charismaton, berkaitan dengan kata charis, "kasih karunia," pernah diterjemahkan sebagai karunia kasih karun...

4-6. Rupa-rupa karunia. Bahasa Yunaninya, charismaton, berkaitan dengan kata charis, "kasih karunia," pernah diterjemahkan sebagai karunia kasih karunia yang tidak terlalu salah. Di sini kata tersebut dipergunakan dalam arti teknisnya untuk karunia-karunia rohani. Dipandang (1) dari sudut Roh, itu merupakan karunia; (2) dari sudut Tuhan, rupa-rupa pelayanan kepada sidang jemaat; (3) dari sudut Bapa, itu adalah berbagai-bagai perbuatan ajaib. 7. Diberikan kepada tiap-tiap orang membedakan karunia dengan jabatan (bdg. I Ptr. 4:10).

Wycliffe: 1Kor 12:4-7 - Kasih itu sabar; kasih itu murah hati // Tidak cemburu // Tidak memegahkan diri // Sombong 4-7. Sebuah penggambaran tentang sifat kasih dengan ciri-cirinya yang mulia menyusul di sini. Orang nyaris dapat mengatakan bahwa di dalam bagian ini ...

4-7. Sebuah penggambaran tentang sifat kasih dengan ciri-cirinya yang mulia menyusul di sini. Orang nyaris dapat mengatakan bahwa di dalam bagian ini kasih dipersonifikasi sebab gambaran yang disajikan sesungguhnya merupakan gambaran kehidupan dan watak Yesus Kristus. Sekalipun demikian. gambaran ini dihubungkan langsung dengan jemaat di Korintus. Pelaksanaan kebenaran-kebenaran yang dikemukakan di dalam pasal ini, sebagaimana akan dilihat di dalam pernyataan-pernyataan berikut, tentu sudah memecahkan semua persoalan yang mereka hadapi. Kasih itu sabar; kasih itu murah hati mungkin merupakan pernyataan yang merangkum bagian ini, dengan delapan ciri berikutnya menyangkut panjang sabar dan empat ciri selanjutnya menyangkut kemurahan hati. Tidak cemburu (MNT. tidak kenal cemburu) berhubungan dengan sikap saudara-saudara seiman yang beranggapan bahwa karunia mereka kurang berarti (12:14-17). Kasih tentu akan memecahkan persoalan mereka. Tidak memegahkan diri. Secara harfiah. bertindak sebagai pembual. Ini berkaitan dengan 12:21-26. Sombong jelas menunjuk kepada bagian pembukaan dari kitab ini (1:10-4:21).

Wycliffe: 1Kor 12:5 - tidak melakukan yang tidak sopan // Tidak mencari keuntungan diri sendiri // Tidak pemarah // Tidak menyimpan kesalahan orang lain 5. Kata-kata tidak melakukan yang tidak sopan jelas berhubungan dengan berbagai bagian di dalam kitab ini (bdg. 7:36; 11:2-16, 17-34). Tidak mencari k...

5. Kata-kata tidak melakukan yang tidak sopan jelas berhubungan dengan berbagai bagian di dalam kitab ini (bdg. 7:36; 11:2-16, 17-34). Tidak mencari keuntungan diri sendiri mungkin merupakan jawaban terhadap masalah daging yang telah dipersembahkan kepada berhala (bdg. 8:1-11:1). Tidak pemarah tentu akan memecahkan persoalan mencari keadilan pada orang yang tidak percaya (bdg. 6:1-11). Tidak menyimpan kesalahan orang lain. Atau, tidak merencanakan kejahatan.

Wycliffe: 1Kor 12:6 - Tidak bersukacita karena ketidakadilan 6. Tidak bersukacita karena ketidakadilan mengingatkan pada masalah kedursilaan dan tidak adanya tindakan disiplin untuk hal itu di dalam 5:1-13.

6. Tidak bersukacita karena ketidakadilan mengingatkan pada masalah kedursilaan dan tidak adanya tindakan disiplin untuk hal itu di dalam 5:1-13.

Wycliffe: 1Kor 12:7 - Percaya segala sesuatu, 7. Percaya segala sesuatu, bukan termasuk keadaan mudah ditipu. Yang dimaksudkan sesungguhnya adalah bahwa orang percaya itu tidak boleh serba curiga....

7. Percaya segala sesuatu, bukan termasuk keadaan mudah ditipu. Yang dimaksudkan sesungguhnya adalah bahwa orang percaya itu tidak boleh serba curiga. Tetapi, jika dosa yang diperbuat memang jelas, maka orang percaya harus menyatakannya dan mendukung tindakan hukumannya. Dari penggambaran tentang kasih ini jelas bahwa Moffatt benar ketika mengatakan. "Jadi liriknya merupakan sebuah tombak." Paulus sedang menyelidiki penyakit dosa di dalam jemaat di Korintus dengan gambaran indah tentang satu hal ini, yaitu kasih, yang pastilah dapat menyelesaikan semua persoalan yang mereka hadapi.

Wycliffe: 1Kor 12:8-10 - -- 8-10. Beberapa karunia tertentu disebutkan di sini.

8-10. Beberapa karunia tertentu disebutkan di sini.

Wycliffe: 1Kor 12:8 - Berkata-kata dengan hikmat, // itu ketika // Berkata-kata dengan pengetahuan 8. Berkata-kata dengan hikmat, yang mungkin merupakan sebuah karunia sementara seperti kerasulan, ada hubungannya dengan penyampaian hikmat rohani seb...

8. Berkata-kata dengan hikmat, yang mungkin merupakan sebuah karunia sementara seperti kerasulan, ada hubungannya dengan penyampaian hikmat rohani sebagaimana terdapat di dalam Surat-surat. Karunia ini diperlukan pada zaman mula-mula itu ketika gereja belum memiliki Perjanjian Baru. Berkata-kata dengan pengetahuan ada hubungannya dengan kebenaran yang sifatnya lebih praktis (bagian praktis dari Surat-surat); karunia ini juga merupakan karunia yang bersifat sementara.

Wycliffe: 1Kor 12:8-13 - -- 8-13. Di dalam ayat-ayat yang tersisa diuraikan mengenai keabadian kasih. Kasih, berbeda dengan karunia, bernubuat, berbahasa roh dan berkata-kata den...

8-13. Di dalam ayat-ayat yang tersisa diuraikan mengenai keabadian kasih. Kasih, berbeda dengan karunia, bernubuat, berbahasa roh dan berkata-kata dengan pengetahuan, tidak berkesudahan. dan tidak berhenti kegiatannya. Yang dimaksudkan dengan ayat 8 ialah bahwa semua karunia itu suatu saat akan lenyap.

Wycliffe: 1Kor 12:9 - Iman // Karunia untuk menyembuhkan 9. Iman. Tidak boleh dikacaukan dengan iman yang menyelamatkan, yang dimiliki oleh setiap orang Kristen. Yang dimaksudkan adalah iman yang mewujudkan ...

9. Iman. Tidak boleh dikacaukan dengan iman yang menyelamatkan, yang dimiliki oleh setiap orang Kristen. Yang dimaksudkan adalah iman yang mewujudkan diri di dalam tindakan-tindakan percaya yang luar biasa (bdg. 13:2). Iman yang dimiliki oleh George Mueller atau Hudson Taylor dapat dikatakan memenuhi syarat sebagai iman semacam ini. Karunia untuk menyembuhkan. Jangan dikacaukan dengan pekerjaan mereka yang dewasa ini dinamakan penyembuh ilahi. Karunia untuk menyembuhkan ini memberikan pemulihan hidup yang tidak mampu dilakukan oleh para penyembuh ilahi (bdg. Kis. 9:40; 20:9). Firman Allah mengajarkan kesembuhan ilahi menurut pola tertentu (bdg. Yak. 5:14, 15); Firman Allah tidak mempertimbangkan "para penyembuh ilahi."

Wycliffe: 1Kor 12:9 - sebab 9. Kata sebab mengawali penjelasan tentang mengapa karunia-karunia itu akan berakhir. Suatu masa akan datang ketika nubuat dan pengetahuan sudah lengk...

9. Kata sebab mengawali penjelasan tentang mengapa karunia-karunia itu akan berakhir. Suatu masa akan datang ketika nubuat dan pengetahuan sudah lengkap.

Wycliffe: 1Kor 12:10 - Karunia untuk bernubuat // Karunia untuk membedakan bermacam-macam roh // Karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh dan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu 10. Karunia untuk bernubuat. Karunia untuk menceritakan sebelumnya dan untuk memberitakan penyataan baru dari Allah ini juga bersifat sementara, hanya...

10. Karunia untuk bernubuat. Karunia untuk menceritakan sebelumnya dan untuk memberitakan penyataan baru dari Allah ini juga bersifat sementara, hanya diperlukan ketika kanon Alkitab belum lengkap. Sekarang ini tidak diperlukan lagi penyataan Allah lebih lanjut; tugas gereja sekarang ialah memberitakan dan mengajarkan penyataan Allah yang sudah lengkap. Karunia untuk membedakan bermacam-macam roh kini dilaksanakan Roh melalui Firman. Karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh dan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu juga bersifat sementara (lihat pembahasan berikutnya), yang ada hubungannya dengan bahasa yang dikenal dan bukan ucapan ketika mengalami ekstase, sekalipun masalah ini masih merupakan masalah yang diperdebatkan.

Wycliffe: 1Kor 12:10 - Yang sempurna 10. Yang sempurna tidak mungkin mengacu kepada penggenapan kanon Alkitab; karena kalau demikian maka berarti kita sekarang, yang hidup pada zaman kano...

10. Yang sempurna tidak mungkin mengacu kepada penggenapan kanon Alkitab; karena kalau demikian maka berarti kita sekarang, yang hidup pada zaman kanon yang sudah lengkap, seharusnya melihat lebih jelas daripada Paulus (ay. 9). Bahkan para teolog yang paling berpuas diri dan teguh keyakinannya sekalipun nyaris tidak berani mengakui hal itu. Kedatangan dari yang sempurna hanya bisa mengacu pada kedatangan Tuhan yang kedua kali. Peristiwa tersebut akan menandai akhir dari penggunaan nubuat, bahasa roh dan pengetahuan. Kalau begitu mengapa orang bisa mengatakan bahwa karunia-karunia ini bersifat sementara? Ayat yang berikut akan memberi jawabannya.

Wycliffe: 1Kor 12:11 - Seperti yang dikehendaki-Nya 11. Seperti yang dikehendaki-Nya. Roh adalah pemberi karunia yang berdaulat. Kata-kata ini merupakan kunci untuk bagian selanjutnya, yang menunjukkan ...

11. Seperti yang dikehendaki-Nya. Roh adalah pemberi karunia yang berdaulat. Kata-kata ini merupakan kunci untuk bagian selanjutnya, yang menunjukkan kepada orang-orang yang tampaknya lebih diistimewakan dalam menerima karunia bahwa tidak ada keuntungan tertentu bagi dirinya dan kepada orang-orang yang kurang diistimewakan bahwa itu bukan berarti mereka kurang penting (bdg. Godet, op.cit, II:206).

Wycliffe: 1Kor 12:11 - Aku berkata-kata // aku merasa // aku berpikir // Aku meninggalkan // sifat kanak-kanak, // yang sempurna 11. Sangatlah penting bahwa orang memahami pikiran Paulus agar dapat melihat kekuatan dari ilustrasi yang dikemukakannya di sini. Ilustrasi ini diranc...

11. Sangatlah penting bahwa orang memahami pikiran Paulus agar dapat melihat kekuatan dari ilustrasi yang dikemukakannya di sini. Ilustrasi ini dirancang untuk menunjukkan sifat dari masa di antara kedua kedatangan Kristus. Dalam kaitan dengan karunia-karunia ini, maka masa antara tersebut dapat disamakan dengan pertumbuhan seorang dari bayi sampai dewasa. Karunia-karunia khusus yang spektakuler ini diperlukan pada tahap-tahap awal dari pertumbuhan gereja (bdg. Ef. 4:7-16) untuk tujuan pembuktian keaslian (bdg. Ibr. 2:3, 4) dan pembinaan (I Kor. 14:3) ketika belum ada Perjanjian Baru yang menuntun. Semua karunia tersebut merupakan "bahasa bayi" dari gereja. Sebagaimana banyak dibuktikan oleh sejarah, seiring dengan adanya Firman dan kedewasaan yang bertambah. karunia-karunia tersebut tidak diperlukan lagi. Aku berkata-kata (harfiah, aku berbicara atau biasa berbicara) mungkin secara khusus mengacu kepada bahasa roh, aku merasa (bisa juga, memiliki pengertian) mengacu kepada nubuat. dan aku berpikir mengacu kepada pengetahuan. Sekalipun demikian. kita tidak mungkin terlalu dogmatis di dalam hal ini. Aku meninggalkan (harfiah, sudah meninggalkan, bentuk waktu perfect menekankan hasil dari tindakan) sifat kanak-kanak, mengarah pada datangnya yang sempurna itu (ay. 10).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Kor 12:1-11 - Satu Roh, satu Tuhan. (Senin, 22 September 2003) Satu Roh, satu Tuhan. Surat 1 Korintus berisi banyak kritikan dari Rasul Paulus atas praktik-praktik kehidupan mereka. Paulus menganggap bah...

SH: 1Kor 12:1-13 - Dari mana asal percaya? (Jumat, 5 September 1997) Dari mana asal percaya? Kadang kita dengar komentar angkuh warga gereja tertentu bahwa gereja lainnya tidak ada Roh Kudus. Benarkah pernyataan tersebu...

Topik Teologia: 1Kor 12:2 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Gelar-gelar Deskriptif untuk Para Pendosa Para Pendosa adalah Penyembah Berhala 2Ra 2...

Topik Teologia: 1Kor 12:3 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Roh Kudus Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Pelayanan Roh Roh Me...

Topik Teologia: 1Kor 12:4 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru Mat 3...

Topik Teologia: 1Kor 12:5 - -- Allah yang Berpribadi Allah sebagai Tritunggal Ketritunggalan Allah Tritunggal dalam Pengajaran Perjanjian Baru Mat 3...

Topik Teologia: 1Kor 12:6 - -- Allah yang Berpribadi Allah itu Imanen Kej 2:7 Kel 29:45-46 Ula 4:7 Ula 4:39 Ayu 33:4 Ayu 34:14-15 Maz 33:13-15 Maz 104:29-30 Maz 1...

Topik Teologia: 1Kor 12:7 - -- Roh Kudus Roh yang Memberi Karunia 1Ko 12:7-11 Kuasa Kej 1:2 Yes 11:2 Zak 4:6 Rom 15:13 Rom 15:19 1Ko ...

Topik Teologia: 1Kor 12:8 - -- Roh Kudus Pribadi Roh Kudus Roh Melimpahkan Karunia 1Ko 12:4-11 Roh Kudus dalam Diri Orang-orang Percaya Kesela...

Topik Teologia: 1Kor 12:9 - -- Roh Kudus Roh yang Memberi Karunia 1Ko 12:7-11 Roh Melimpahkan Karunia 1Ko 12:4-11 Roh Kudus dalam...

Topik Teologia: 1Kor 12:10 - -- Roh Kudus Roh yang Memberi Karunia 1Ko 12:7-11 Roh Melimpahkan Karunia 1Ko 12:4-11 Roh Kudus dalam Dir...

Topik Teologia: 1Kor 12:11 - -- Roh Kudus Pribadi Roh Kudus Kuasa Kej 1:2 Yes 11:2 Zak 4:6 Rom 15:13 Rom 15:19 1Ko 12:4-7,11 2Ko 3:17-18 1Pe 3:18 ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Masalah-Masalah Jemaat dan Pemecahannya Tanggal Penulisan: Tahun 55/56 Latar Belakang Korintus, sebuah...

Full Life: 1 Korintus (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (1Kor 1:1-9) I. Pembahasan Masalah-Masalah yang Telah Diberitahukan kepada Paulus (1Kor 1:10-6:20) ...

Jerusalem: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PERTAMA RASUL PAULUS KEPADA UMAT KORINTUS KATA PENGANTAR Kota Korintus jang termasjhur dalam sedjarah Junani kuno, musna dari bumi dalam perang ...

Wycliffe: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 KORINTUS Kota Korintus. Korintus merupakan sebuah pusat perdagangan kaya yang terletak pada sebuah tanah genting sempit yang menghubung...

Wycliffe: 1 Korintus (Garis Besar) GARIS BESAR 1 KORINTUS I. Pendahuluan (1:1-9). A. Salam (1:1-3) B. Ucapan Syukur (1:4-9). II. Aneka Perpecahan di ...

BIS: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS YANG PERTAMA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS PENGANTAR Surat Paulus Yang Pertama Kepada Jemaat di Korintus ditulis untuk membahas persoalan-p

SURAT PAULUS YANG PERTAMA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS

PENGANTAR

Surat Paulus Yang Pertama Kepada Jemaat di Korintus ditulis untuk membahas persoalan-persoalan yang timbul di dalam jemaat yang telah didirikan oleh Paulus di Korintus itu. Persoalan-persoalan tersebut adalah mengenai kehidupan dan kepercayaan Kristen. Pada waktu itu Korintus adalah sebuah kota Yunani, ibukota provinsi Akhaya yang termasuk wilayah pemerintahan Roma. Kota ini, yang penduduknya terdiri dari banyak macam bangsa, terkenal karena kemajuannya dalam perdagangan, kebudayaannya yang tinggi, tetapi juga karena keadaan susilanya yang rendah dan karena adanya bermacam-macam agama di situ.

Yang terutama menjadi pikiran Rasul Paulus ialah persoalan tentang perpecahan dan kebejatan di dalam jemaat, dan tentang persoalan-persoalan seks dan perkawinan, persoalan hati nurani, tata tertib dalam jemaat, karunia-karunia Roh Allah, dan tentang bangkitnya orang mati. Dengan pandangan yang dalam, Paulus menunjukkan bagaimana Kabar Baik dari Allah itu menyoroti persoalan-persoalan tersebut.

Pasal 13 (1Kor 13:1-13) melukiskan ciri-ciri kasih yang sejati. Pasal ini mungkin merupakan pasal yang paling terkenal di antara semua pasal lainnya di buku ini.

Isi

  1.  Pendahuluan
    1Kor 1:1-9
  2.  Keretakan dalam gereja
    1Kor 1:10-4:21
  3.  Soal seks dan kehidupan keluarga
    1Kor 5:1-7:40
  4.  Orang Kristen dan orang yang tidak menyembah Allah
    1Kor 8:1-11:1
  5.  Kehidupan jemaat dan ibadah
    1Kor 11:2-14:40
  6.  Perihal bangkitnya Kristus dan orang-orang Kristen dari kematian
    1Kor 15:1-58
  7.  Sumbangan untuk orang-orang Kristen di Yudea
    1Kor 16:1-4
  8.  Hal-hal pribadi dan penutup
    1Kor 16:5-24

Ajaran: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus, dan melakukannya di dalam kehidupan mereka. Pendahuluan Pen

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus, dan melakukannya di dalam kehidupan mereka.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 56 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen di kota Korintus. (Dan juga orang-orang Kristen di seluruh dunia).

Isi Kitab: Kitab I Korintus terbagi atas 16 pasal. Di dalamnya kita dapat melihat ajaran tentang cara-cara kehidupan anggota gereja.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus

  1. Pasal 1-4 (1Kor 1:1-4:21).

    Pengajaran tentang kenyataan bahwa setiap orang Kristen hanyalah milik Tuhan Yesus

    Dalam bagian ini Rasul Paulus menegur orang-orang Kristen karena adanya perpecahan dan iri hati atau pertengkaran.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Kor 1:10. _Tanyakan_: Apakah sebabnya terjadi perpecahan di antara jemaat Korintus? Dan apakah yang dikatakan Rasul Paulus tentang perpecahan itu?
    2. Bacalah pasal 1Kor 3:3. _Tanyakan_: Apakah yang menunjukkan seseorang masih hidup secara duniawi?
    3. Bacalah pasal 1Kor 4:6. _Tanyakan_: Apakah yang dikatakan Rasul Paulus tentang kesombongan?
  2. Pasal 5-6 (1Kor 5:1-6:20).

    Pengajaran tentang kehidupan moral di dalam jemaat

    Di dalam bagian ini, Rasul Paulus menjelaskan persoalan yang timbul dalam jemaat karena percabulan dan mencari keadilan pada orang-orang yang tidak beriman.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Kor 5:11-13. _Tanyakan_: Apakah yang diperintahkan Allah kepada orang Kristen?
    2. Bacalah pasal 1Kor 6:6-11. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah?
    3. Bacalah pasal 1Kor 6:12-20. _Tanyakan_: Mengapakah Rasul Paulus melarang percabulan? Siapakah yang empunya tubuh orang Kristen?
  3. Pasal 7-16 (1Kor 7:1-16:24).

    Pengajaran tentang kemerdekaan orang Kristen dan kehidupan dalam ibadah

    Di bagian ini, Rasul Paulus menjawab pertanyaan dari jemaat tentang kemerdekaan orang Kristen, sikap dalam kebaktian dan mengenai karunia-karunia Roh, juga tentang kebangkitan orang-orang percaya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Kor 7:8-13. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah tentang pernikahan? Mengapakah orang Kristen tidak boleh bercerai?
    2. Bacalah pasal 1Kor 8:8-9. _Tanyakan_: "Apakah makanan membawa seseorang lebih dekat kepada Allah?"
    3. Bacalah pasal 1Kor 15:12-19. _Tanyakan_: Mengapakah pengakuan akan kebangkitan orang percaya itu penting?
    4. Bacalah pasal 1Kor 15:57-58. _Tanyakan_: Apakah jerih payah dalam melayani Tuhan Yesus itu sia-sia?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab I Korintus, Allah mengajarkan arti kehidupan menjadi murid Tuhan Yesus dan bagaimana kehidupan sebagai orang-orang yang sudah diselamatkan (orang Kristen).

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab I Korintus?
  2. Apakah tujuan Kitab I Korintus?
  3. Apakah arti kebangkitan orang percaya dalam iman Kristen?
  4. Bagaimanakah seharusnya kehidupan orang yang sudah diselamatkan?

Intisari: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Surat kepada gereja yang terpecah belah BAGAIMANA GEREJA DI KORINTUS DIMULAI.Paulus pertama kali mengunjungi Korintus pada perjalanan misionarisnya y

Surat kepada gereja yang terpecah belah

BAGAIMANA GEREJA DI KORINTUS DIMULAI.
Paulus pertama kali mengunjungi Korintus pada perjalanan misionarisnya yang kedua (Kis. 18:1). Sejumlah orang Yahudi, termasuk Krispus yang menjadi kepala rumah ibadat, dan banyak orang bukan Yahudi menjadi Kristen. Paulus memulai sebuah sekolah Alkitab untuk mereka, yang letaknya strategis dan mencolok karena berdampingan dengan rumah ibadat (Kis. 18:1-18). Ia tinggal di sana selama delapan belas bulan dan digantikan oleh Apolos sebagai guru Alkitab.

BAGAIMANA BERITA TENTANG GEREJA DI KORINTUS SAMPAI KEPADA PAULUS.
Paulus sedang berada di suatu tempat di Asia (1 Kor. 16:19), mungkin di Efesus (16:8), pada akhir masa perjalanan misionarisnya yang kedua, ketika Stefanus dan dua orang kawannya datang dengan membawa sepucuk surat dari jemaat di Korintus (16:17 dan 7:1).

SEBUAH GEREJA YANG TERPECAH BELAH.
1. Mereka terpecah karena soal kepemimpinan (1:12).
2. Mereka terpecah karena standar moral (5:1-8).
3. Mereka terpecah karena kasus pendakwa dan terdakwa (6:1-8).
4. Mereka terpecah karena kasus orang Kristen yang lemah dan yang kuat (8:7-12).
5. Mereka terpecah antara yang kaya dan yang miskin (11:17-22).
6. Bahkan karunia Roh menjadikan mereka terpecah belah (12:12-26 ).

EMPAT PUCUK SURAT UNTUK JEMAAT KORINTUS?
Rupanya Paulus menulis empat pucuk surat kepada jemaat di Korintus: kita hanya memiliki surat kedua dan yang terakhir.
1. Surat pertama disebut dalam 5:9; "Dalam suratku telah kutuliskan kepadamu". Akan tetapi tidak ada lagi yang dapat kita ketahui mengenai surat itu.
2. Suratnya yang kedua adalah Surat I Korintus kita ini.
3. Surat yang ketiga tampaknya disebut-sebut dalam I I Korintus 2:3, 4 dan seringkali disebut "surat yang sangat menyedihkan". Surat ini boleh jadi I Korintus, tetapi surat itu tidak benar-benar cocok dengan apa yang disebut oleh Paulus sebagai "surat yang sangat menyedihkan".
4. Surat yang keempat adalah Surat 11 Korintus.

PERTANYAAN-PERTANYAAN ANDA TERJAWAB.
I Korintus sangat besar nilainya, karena surat itu menjawab banyak pertanyaan yang banyak ditanyakan dewasa ini:
o Bagaimana sikap yang benar terhadap para pemimpin kita?
o Di mana letak pendidikan dalam kehidupan Kristen?
o Bagaimana tentang disiplin gerejawi?
o Bolehkah Kristen membawa Kristen lain ke pengadilan?
o Bagaimana seharusnya sikap kita terhadap agama-agama lain?
o Apa yang dimaksud dengan kebebasan?
o Bolehkah wanita berdoa di gereja?
o Apa karunia-karunia Roh itu?
o Karunia Roh mana yang paling penting?
o Apa yang terjadi setelah kematian?
Mempelajari surat ini dengan saksama akan mengungkapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas dan banyak pertanyaan lainnya.

Pesan

Surat ini disusun bagaikan elips dengan dua "titik pusat",bukannya satu.

1. Skandal gereja yang terpecah (pasal 1-4) Gereja terpecah ke dalam empat
golongan dengan "nama" yang berbeda-beda:

o Saya golongan Paulus
o Saya golongan Petrus
o Saya golongan Apolos
o Saya golongan Kristus

Bagian mengenai kelemahan dalam pasal 1 mungkin ditujukan kepada apa yang
dikatakan oleh para pengritik tentang Paulus (lihat 2Kor 10:10)
dan bagian tentang hikmat dalam pasal yang sama mungkin ditujukan kepada Apolos
dan pendidikannya (Kis. Kis 18:24). Paulus menggunakan lima sebutan
yang mencolok bagi dirinya dan para pemimpin gereja lainnya untuk menunjukkan
bagaimana seharusnya sikap kita:
o Sebagai pelayan (diakonia). 1Ko 3:5
o Sebagai kawan sekerja. 1Ko 3:9
o Sebagai ahli bangunan. 1Ko 3:10
o Sebagai hamba, pembantu. 1Ko 4:1
o Sebagai orang yang dipercaya. 1Ko 4:1

2. Kebingungan mengenai kebebasan (pasal 8-10)

o Orang Kristen 'yang kuat' berpendapat bahwa mereka bebas memakan makanan dalam
rumah-rumah berhala di Korintus, sekalipun orang Kristen 'yang lemah'
dibingungkan dan dilemahkan oleh perbuatan mereka.
o Wanita-wanita 'yang bebas' merasa boleh menanggalkan kerudung walaupun
sebagian pria Kristen tradisional berpikir bahwa mereka terlalu maju.

Paulus memarahi hal-hal tersebut. Ia mengambil contoh sederhana: haknya untuk
menerima upah bagi pekerjaannya sebagai seorang pengkhotbah.

Ia membuat tujuh argumentasi yang mendukung prinsip membayar pengkhotbah:

o Contoh dari para rasul. 1Ko 9:5
o Ilustrasi tentang seorang prajurit. 1Ko 9:7
o Ilustrasi tentang seorang tukang kebun. 1Ko 9:7
o Ilustrasi tentang seorang gembala. 1Ko 9:7
o Ajaran hukum Taurat. 1Ko 9:8
o Contoh dari para imam di Bait Allah. 1Ko 9:13
o Pengajaran dari Yesus sendiri. 1Ko 9:14

Dan setelah membuktikan haknya atas upah, ia menolak untuk dibayar
(1Ko 9:15). Maksudnya jelas: Walau aku mempunyai hak, tidak berarti
bahwa aku harus menggunakannya.

Dan inilah prinsipnya: 'Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku
menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak
mungkin orang'. (1Ko 9:19)

Penerapan

1. Kepandaian manusia pasti bertentangan dengan hikmat Allah.

2. Orang Kristen yang mengidolakan pemimpin mereka:
o memecah belah gereja o menipu pemimpin mereka o meremehkan Allah

3. Disiplin gereja, yang kini banyak dilupakan:
o memulihkan para pemberontak o memperingatkan mereka yang tidak mantap o menjadi saksi bagi dunia o memuliakan Allah

4. Orang Kristen dibebaskan:
o bukan untuk menyenangkan diri sendiri o tetapi supaya dapat melayani Allah o dan dapat memenangkan orang lain

5. Kebangkitan merupakan hakikat kekristenan.
o kebangkitan BUKAN sebagai pilihan tambahan

Tema-tema Kunci

o Bacalah dengan saksama 1Ko 1:17 sampai 1Ko 2:13, dan
catatlah hal-hal yang berhubungan dengan hikmat, kuasa, kebodohan atau
kelemahan. Paulus menggunakan masing-masing ini dalam dua cara: sebagaimana
dilihat oleh manusia dan sebagaimana Allah melihatnya. Coba jelaskan semua
pokok ini.
o Dalam pasal 5 dan 6 Paulus mulai mengajukan tujuh pertanyaan dengan 'Tidak tahukah kamu?':
- sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan. 1Ko 5:6
- orang kudus akan menghakimi dunia. 1Ko 6:2
- kita akan menghakimi malaikat-malaikat. 1Ko 6:3
- orang-orang yang tidak benar tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. 1Ko 6:9
- tubuhmu adalah anggota Kristus. 1Ko 6:15
- siapa yang mengikatkan dirinya dengan pelacur, menjadi satu tubuh dengan dia. 1Ko 6:16
- tubuhmu adalah bait Roh Kudus. 1Ko 6:19

Atas dasar apa Paulus berharap agar orang Kristen di Korintus mengetahui
ketujuh prinsip ini? Jika kita tahu ketujuh prinsip ini, apa pengaruhnya atas
tingkah laku kita?
o Empat dasar injil. Dalam 1Ko 15:3-5 Paulus mempersingkat Injil menjadi empat dasar pengajaran.

1. Kristus mati untuk dosa-dosa kita sesuai dengan apa yang tertulis dalam kitab suci.
2. Ia dikuburkan.
3. Ia dibangkitkan pada hari ketiga sesuai dengan apa yang tertulis dalam kitab suci.
4. Ia menampakkan diri...

Selidikilah dalam seluruh Perjanjian Lama dan tunjukkan bahwa Kristus mati
untuk dosa-dosa kita sesuai dengan kitab suci dan bahwa Kristus dibangkitkan
pada hari ketiga sesuai dengan kitab suci.

o Pasal 15 mengenai kebangkitan. Apa konsekuensi dari kepercayaan yang tidak
mengakui adanya kebangkitan (ayat 12-19)?

Perhatikan tiga pasangan yang mencolok yang ditunjukkan oleh Paulus dalam ayat
45-49:

1. Adam pertama dan Adam terakhir.
2. Manusia pertama dan Manusia kedua.
3. Manusia dari debu dan Manusia dari surga.
Mengapa Yesus dikatakan Adam terakhir, tetapi Manusia kedua? (Pelajarilah
dengan saksama Rom 5:6-21 untuk lebih mendalami hal yang sangat
kontras antara Adam dan Kristus).

Garis Besar Intisari: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR 1Ko 1:1-9 1Ko 1:1-3Salam 1Ko 1:4-9Beberapa komentar yang mengejutkan [2] SKANDAL GEREJA YANG TERPECAH 1Ko 1:10-4:21 1Ko 1:

[1] PENGANTAR 1Ko 1:1-9

1Ko 1:1-3Salam
1Ko 1:4-9Beberapa komentar yang mengejutkan

[2] SKANDAL GEREJA YANG TERPECAH 1Ko 1:10-4:21

1Ko 1:10-31Manusia dipermuliakan: Kristus disalibkan
1Ko 2:1-3:4Hikmat rohani
1Ko 3:5-4:5Pikirkan tentang para pemimpin seperti ini
1Ko 4:6-21Kesombongan luar biasa, kemiskinan dan kuasa

[3] SKANDAL IMORALITAS 1Ko 5:1-6:20

1Ko 5:1-13Skandal seksual yang memalukan
1Ko 6:1-8Skandal peradilan
1Ko 6:9-20Kesucian bagi Bait Roh Kudus

[4] PERTANYAAN-PERTANYAAN TENTANG PERKAWINAN 1Ko 7:1-40

1Ko 7:1-9Tentang hak dan kewajiban
1Ko 7:10-24Tentang perceraian
1Ko 7:25-38Bagaimana tentang orang-orang yang melajang?
1Ko 7:39-40Ringkasan

[5] DIBEBASKAN... TETAPI SEBERAPA BEBAS? 1Ko 8:1-11:1

1Ko 8:1-13Dibebaskan dari penyembahan berhala, tetapi...
1Ko 9:1-27Bebas dari pengaruh masyarakat, tetapi...
1Ko 10:1-13Bebas karena anugerah Allah, tetapi...
1Ko 10:14-11:1Bebas untuk melayani manusia dan menyukakan Allah

[6] KEKACAUAN DALAM IBADAH DI GEREJA 1Ko 11:2-14:40

1Ko 11:2-16Rambut panjang, topi dan kerudung
1Ko 11:17-34Perjamuan Kudus: dalam gereja yang terpecah?
1Ko 12:1-31Karunia-karunia Roh
1Ko 13:1-13Karunia yang terbesar
1Ko 14:1-40Bahasa lidah dan nubuatan

[7] KEBANGKITAN 1Ko 15:1-58

1Ko 15:1-11Inilah kabar baik
1Ko 15:12-19Jika Kristus tidak bangkit...
1Ko 15:20-34Tetapi Ia telah bangkit dan kita pun akan dibangkitkan
1Ko 15:35-50Apa arti kebangkitan
1Ko 15:51-58Kemuliaan kebangkitan

[8] KESIMPULAN 1Ko 16:1-24

1Ko 16:1-9Rencana-rencana Paulus
1Ko 16:10-20Beberapa orang penting
1Ko 16:21-24Salam pribadi
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.52 detik
dipersembahkan oleh YLSA