kecilkan semua  

Teks -- 1 Korintus 11:4-34 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
11:4 Tiap-tiap laki-laki yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang bertudung, menghina kepalanya. 11:5 Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya. 11:6 Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya. 11:7 Sebab laki-laki tidak perlu menudungi kepalanya: ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Tetapi perempuan menyinarkan kemuliaan laki-laki. 11:8 Sebab laki-laki tidak berasal dari perempuan, tetapi perempuan berasal dari laki-laki. 11:9 Dan laki-laki tidak diciptakan karena perempuan, tetapi perempuan diciptakan karena laki-laki. 11:10 Sebab itu, perempuan harus memakai tanda wibawa di kepalanya oleh karena para malaikat. 11:11 Namun demikian, dalam Tuhan tidak ada perempuan tanpa laki-laki dan tidak ada laki-laki tanpa perempuan. 11:12 Sebab sama seperti perempuan berasal dari laki-laki, demikian pula laki-laki dilahirkan oleh perempuan; dan segala sesuatu berasal dari Allah. 11:13 Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung? 11:14 Bukankah alam sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang, 11:15 tetapi bahwa adalah kehormatan bagi perempuan, jika ia berambut panjang? Sebab rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung. 11:16 Tetapi jika ada orang yang mau membantah, kami maupun Jemaat-jemaat Allah tidak mempunyai kebiasaan yang demikian.
Kebiasaan-kebiasaan yang salah dalam perjamuan malam
11:17 Dalam peraturan-peraturan yang berikut aku tidak dapat memuji kamu, sebab pertemuan-pertemuanmu tidak mendatangkan kebaikan, tetapi mendatangkan keburukan. 11:18 Sebab pertama-tama aku mendengar, bahwa apabila kamu berkumpul sebagai Jemaat, ada perpecahan di antara kamu, dan hal itu sedikit banyak aku percaya. 11:19 Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji. 11:20 Apabila kamu berkumpul, kamu bukanlah berkumpul untuk makan perjamuan Tuhan. 11:21 Sebab pada perjamuan itu tiap-tiap orang memakan dahulu makanannya sendiri, sehingga yang seorang lapar dan yang lain mabuk. 11:22 Apakah kamu tidak mempunyai rumah sendiri untuk makan dan minum? Atau maukah kamu menghinakan Jemaat Allah dan memalukan orang-orang yang tidak mempunyai apa-apa? Apakah yang kukatakan kepada kamu? Memuji kamu? Dalam hal ini aku tidak memuji. 11:23 Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam waktu Ia diserahkan, mengambil roti 11:24 dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!" 11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!" 11:26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang. 11:27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan. 11:28 Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu. 11:29 Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya. 11:30 Sebab itu banyak di antara kamu yang lemah dan sakit, dan tidak sedikit yang meninggal. 11:31 Kalau kita menguji diri kita sendiri, hukuman tidak menimpa kita. 11:32 Tetapi kalau kita menerima hukuman dari Tuhan, kita dididik, supaya kita tidak akan dihukum bersama-sama dengan dunia. 11:33 Karena itu, saudara-saudaraku, jika kamu berkumpul untuk makan, nantikanlah olehmu seorang akan yang lain. 11:34 Kalau ada orang yang lapar, baiklah ia makan dahulu di rumahnya, supaya jangan kamu berkumpul untuk dihukum. Hal-hal yang lain akan kuatur, kalau aku datang.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Kor 11:6 - HARUSLAH IA MENUDUNGI KEPALANYA. Nas : 1Kor 11:6 Pada zaman Paulus, wanita menudungi kepalanya untuk menunjukkan kesopanan dan sikap tunduk kepada suaminya dan demi menyatakan mart...

Nas : 1Kor 11:6

Pada zaman Paulus, wanita menudungi kepalanya untuk menunjukkan kesopanan dan sikap tunduk kepada suaminya dan demi menyatakan martabatnya. Tudung itu mengandung arti bahwa ia harus dihormati dan dihargai sebagai seorang wanita. Tanpa tudung, ia tidak memiliki martabat; kaum pria tidak menghormati wanita yang tidak memakai tudung karena mereka seolah-olah memamerkan dirinya di depan umum secara memalukan. Demikianlah, tudung itu berfungsi sebagai suatu tanda harga diri dan kemuliaan kewanitaannya sebagaimana Allah telah menciptakannya.

Prinsip di balik pemakaian tudung ini sampai sekarang pun masih diperlukan. Seorang wanita Kristen harus berdandan dengan sopan dan dengan hati-hati, mengenakan pakaian yang pantas dan bermartabat sehingga ia dapat pergi ke mana saja dengan aman dan hormat. Ketika seorang wanita berdandan dengan sopan dan pantas bagi kemuliaan Allah, dia mempertinggi tingkat martabat dan kelayakannya sendiri yang telah dikaruniakan oleh Allah.

Full Life: 1Kor 11:10 - TANDA WIBAWA DI KEPALANYA. Nas : 1Kor 11:10 Sekali lagi Paulus menekankan bahwa seorang wanita harus bertudung di depan umum, yaitu memakai lambang "wibawa" di kepalanya ...

Nas : 1Kor 11:10

Sekali lagi Paulus menekankan bahwa seorang wanita harus bertudung di depan umum, yaitu memakai lambang "wibawa" di kepalanya

(lihat cat. --> 1Kor 11:3;

lihat cat. --> 1Kor 11:6).

[atau ref. 1Kor 11:3,6]

Frasa "karena para malaikat" bisa menunjuk kepada kenyataan bahwa para malaikat sangat memperhatikan tatatertib yang rapi dan akan terkejut melihat perilaku yang tidak selaras dengan kehendak Allah (bd. 1Kor 4:9).

Full Life: 1Kor 11:14 - JIKA IA BERAMBUT PANJANG. Nas : 1Kor 11:14 Allah menginginkan agar perbedaan jasmani antara pria dan wanita diperhatikan. 1) Paulus menggunakan rambut sebagai suatu con...

Nas : 1Kor 11:14

Allah menginginkan agar perbedaan jasmani antara pria dan wanita diperhatikan.

  1. 1) Paulus menggunakan rambut sebagai suatu contoh, dengan menyatakan bahwa panjangnya rambut laki-laki dan perempuan harus diatur sedemikian untuk membedakan satu dengan yang lain. Rambut seorang wanita harus panjang dibandingkan dengan rambut laki-laki, untuk melambangkan bahwa ia menerima martabat dan kelayakan kewanitaannya sebagaimana Allah menciptakannya (lih. ayat 1Kor 11:6). Rambut seorang laki-laki, berbeda dengan rambut perempuan, haruslah pendek.
  2. 2) Pada zaman PB, rambut panjang dianggap memalukan dan dihindari oleh laki-laki Yahudi dan juga oleh mereka yang tinggal di Korintus pada abad pertama. Gambar yang melukiskan Yesus dengan rambut panjang hanya didasarkan pada imajinasi para pelukis dari Abad Pertengahan, bukan pada bukti alkitabiah atau sejarah (beribu-ribu lukisan dan ukiran dari zaman PB membuktikan hal ini). Rasul Paulus tidak akan menulis, "jika seorang laki-laki berambut panjang, itu merupakan kehinaan baginya", jikalau Kristus berambut panjang seperti wanita zaman itu. Karena itu, pernyataan Paulus itu bertentangan, bukan dengan kebiasaan Yesus, tetapi dengan khayalan para pelukis (bd. Kel 20:4).

Full Life: 1Kor 11:20 - PERJAMUAN TUHAN. Nas : 1Kor 11:20 Perjamuan Tuhan dipaparkan dalam empat bagian di Alkitab: Mat 26:26-29; Mr 14:22-25; Luk 22:15-20; 1Kor 11:23-25. Maknanya menyang...

Nas : 1Kor 11:20

Perjamuan Tuhan dipaparkan dalam empat bagian di Alkitab: Mat 26:26-29; Mr 14:22-25; Luk 22:15-20; 1Kor 11:23-25. Maknanya menyangkut masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang.

  1. 1) Makna masa lalu.
    1. (a) Merupakan peringatan (Yun. _anamnesis_; ayat 1Kor 11:24-26; Luk 22:19) akan kematian Kristus bagi penebusan orang percaya dari dosa dan hukuman. Melalui Perjamuan Tuhan sekali lagi kita diperhadapkan dengan kematian Kristus yang menyelamatkan dan makna penebusannya bagi kehidupan kita. Kematian Kristus menjadi motivasi yang paling tinggi bagi kita terhadap kejatuhan ke dalam dosa dan menjauhkan diri dari segala jenis kejahatan (1Tes 5:22).
    2. (b) Merupakan suatu ucapan syukur (Yun. _eucharistia_) atas berkat-berkat dan keselamatan Allah yang disediakan oleh pengorbanan Kristus di salib (ayat 1Kor 11:24; Mat 26:27; Mr 14:23; Luk 22:19).
  2. 2) Makna masa kini.
    1. (a) Merupakan suatu persekutuan (Yun. _koinonia_) dengan Kristus dan keikutsertaan dalam keuntungan kematian-Nya sebagai korban, serta persekutuan dengan anggota lain dari tubuh Kristus (1Kor 10:16-17). Dalam perjamuan ini bersama Tuhan yang telah bangkit ini, sebagai tuan rumah Ia hadir dalam satu cara yang khusus (bd. Mat 18:20; Luk 24:35).
    2. (b) Merupakan suatu pengakuan dan pengumuman perjanjian yang baru (Yun. _kaine diatheke_) yang dengannya orang percaya mengakui kembali ketuhanan Kristus dan penyerahan kita untuk melakukan kehendak-Nya, tinggal setia, melawan dosa, dan untuk menyatukan diri kita dengan misi-Nya (ayat 1Kor 11:25; Mat 26:28; Mr 14:24; Luk 22:20;

      lihat art. PERJANJIAN LAMA DAN PERJANJIAN BARU).

  3. 3) Makna masa yang akan datang.
    1. (a) Merupakan suatu jaminan akan Kerajaan Allah dan perjamuan Mesias pada masa depan ketika semua orang percaya akan bersama-sama dengan Tuhan (Mat 8:11: 22:1-14; Mr 14:25; Luk 13:29; 22:17-18,30).
    2. (b) Merupakan tindakan mengharapkan kedatangan Kristus yang sudah dekat bagi umat-Nya (ayat 1Kor 11:26) dan menghidupkan doa, "Datanglah Kerajaan-Mu" (Mat 6:10; bd. Wahy 22:20). Pada saat Perjamuan Tuhan semua makna di atas akan penuh arti hanya jikalau kita datang ke hadapan Tuhan dengan iman yang benar, doa yang tulus dan penyerahan diri kepada Firman Allah dan kehendak-Nya.

Full Life: 1Kor 11:21 - YANG LAIN MABUK. Nas : 1Kor 11:21 "Yang seorang lapar dan yang lain mabuk" dapat diterjemahkan "Yang seorang lapar, yang lain kekenyangan". Terjemahan ini lebih dit...

Nas : 1Kor 11:21

"Yang seorang lapar dan yang lain mabuk" dapat diterjemahkan "Yang seorang lapar, yang lain kekenyangan". Terjemahan ini lebih diterima karena alasan berikut.

  1. 1) Kata "mabuk" (Yun. _methuo_) mengandung dua pengertian. Itu dapat berarti
    1. (a) menjadi mabuk atau
    2. (b) diisi atau dipuaskan tanpa menunjuk kepada keadaan mabuk

      (lihat cat. --> Yoh 2:10,

      [atau ref. Yoh 2:10]

      mengenai penggunaan kata ini dalam hubungannya dengan perkawinan di Kana).
  2. 2) Konteks dari ayat ini dengan jelas berkaitan dengan makanan secara umum. Pada waktu jemaat Korintus berhimpun bersama-sama untuk perjamuan persekutuan sebelum makan Perjamuan Tuhan (bd. 2Pet 2:13; Yud 1:12), beberapa orang berkumpul dalam kelompok kecil dan makan makanan mereka secara terpisah-pisah (ayat 1Kor 11:18-19). Anggota yang miskin yang tidak mampu menyumbang makanan diabaikan dan dibiarkan lapar. Di sini Paulus tidak menunjuk kepada keadaan mabuk; sebab jika demikian, pastilah ia akan menghakiminya dengan keras sebagaimana yang dilakukannya pada bagian lain dari surat ini (bd. 1Kor 6:10). Ia menganggap kemabukan bukan saja sebagai suatu persoalan kurang memperdulikan orang lain, tetapi juga suatu keadaan yang sangat serius sehingga dapat memisahkan seseorang dari kerajaan Allah (1Kor 6:10; Gal 5:21).

Full Life: 1Kor 11:24-25 - TUBUHKU ... DARAHKU. Nas : 1Kor 11:24-25 Kata-kata ini menunjuk kepada tubuh Kristus yang diserahkan dalam kematian-Nya dan darah-Nya yang dicurahkan sebagai korban di ...

Nas : 1Kor 11:24-25

Kata-kata ini menunjuk kepada tubuh Kristus yang diserahkan dalam kematian-Nya dan darah-Nya yang dicurahkan sebagai korban di kayu salib. Ketika Kristus berkata tentang roti, "Inilah tubuhKu", Dia bermaksud bahwa roti itu melambangkan tubuh-Nya. "Cawan" itu melambangkan darah Kristus yang dicurahkan untuk mengesahkan "perjanjian baru". Makan roti dan minum cawan itu berarti mengumumkan dan menerima keuntungan dari korban kematian Kristus (ayat 1Kor 11:26).

Full Life: 1Kor 11:27 - DENGAN CARA YANG TIDAK LAYAK MAKAN ... MINUM. Nas : 1Kor 11:27 Makan dengan cara yang tidak layak berarti tindakan ikut serta di meja Tuhan dengan sikap hati yang acuh tak acuh, mementingkan di...

Nas : 1Kor 11:27

Makan dengan cara yang tidak layak berarti tindakan ikut serta di meja Tuhan dengan sikap hati yang acuh tak acuh, mementingkan diri sendiri dan tidak hormat, tanpa maksud dan keinginan apa pun untuk meninggalkan dosa yang disadari dan kemudian menerima perjanjian kasih karunia dengan segenap janji dan tuntutannya. Mereka yang ikut serta dalam cara yang sedemikian tidak layak itu berdosa besar terhadap Tuhan. Mereka bersalah dalam hal menyalibkan Kristus kembali dan dengan segera akan berada di bawah hukuman dan pembalasan (ayat 1Kor 11:29-32). "Berdosa melawan tubuh dan darah Tuhan" berarti bertanggung jawab atas kematian-Nya.

Full Life: 1Kor 11:32 - DIDIDIK. Nas : 1Kor 11:32 Tujuan dari hukuman Tuhan (bd. ayat 1Kor 11:30) ialah agar kita tidak akan menerima hukuman kekal bersama dunia. Tujuan yang penuh...

Nas : 1Kor 11:32

Tujuan dari hukuman Tuhan (bd. ayat 1Kor 11:30) ialah agar kita tidak akan menerima hukuman kekal bersama dunia. Tujuan yang penuh dengan rahmat ini berfaedah bagi semua orang yang bertobat dan menguji dirinya dengan benar (ayat 1Kor 11:31).

Jerusalem: 1Kor 11:4 - menghina kepalanya Agaknya "menghina kepalanya" ialah menghina Kristus yang adalah kepala. Dengan menudungi kepalanya seorang laki-laki menyembunyikan dirinya terhadap K...

Agaknya "menghina kepalanya" ialah menghina Kristus yang adalah kepala. Dengan menudungi kepalanya seorang laki-laki menyembunyikan dirinya terhadap Kristus, pada hal dengan muka tidak berselubung mesti mencerminkan kemuliaan Tuhan, 2Ko 3:18. Dalam bagian ini, 1Ko 11:1-6, (juga dalam bahasa Yunani) Paulus bermain dengan dua arti dari kata "kepala" (kephale): kepala sebagai bagian tubuh dan kepala dengan arti: pemimpin, penguasa. Jalan pikiran Paulus ini sangat terpengaruh oleh adat-kebiasaan yang lazim baginya, sehingga kesimpulan-kesimpulannya tidak terlalu meyakinkan.

Jerusalem: 1Kor 11:10 - tanda wibawa Harafiah: wibawa. Tetapi yang dimaksudkan ialah sebuah tanda (barangkali selubung) wibawa suaminya

Harafiah: wibawa. Tetapi yang dimaksudkan ialah sebuah tanda (barangkali selubung) wibawa suaminya

Jerusalem: 1Kor 11:10 - oleh karena para malaikat Menurut tradisi Yahudi, Ula 23:15 (Qumran) kehadiran malaikat-malaikat yang tidak kelihatan menjaga tata tertib dan kesopanan.

Menurut tradisi Yahudi, Ula 23:15 (Qumran) kehadiran malaikat-malaikat yang tidak kelihatan menjaga tata tertib dan kesopanan.

Jerusalem: 1Kor 11:21 - makanannya sendiri Ini diperlawankan dengan "perjamuan Tuhan" (Kis 11:20) yang menuntut perayaan bersama dan tidak mengizinkan orang mengadakan perjamuan sendiri-sendiri...

Ini diperlawankan dengan "perjamuan Tuhan" (Kis 11:20) yang menuntut perayaan bersama dan tidak mengizinkan orang mengadakan perjamuan sendiri-sendiri berdasarkan egoisme belaka.

Jerusalem: 1Kor 11:23 - aku terima dari Tuhan Bukan melalui suatu wahyu khusus, tetapi melalui tradisi yang berasal dari Tuhan.

Bukan melalui suatu wahyu khusus, tetapi melalui tradisi yang berasal dari Tuhan.

Jerusalem: 1Kor 11:24-25 - -- Teks Paulus ini berdekatan dengan Luk 22:19-20.

Teks Paulus ini berdekatan dengan Luk 22:19-20.

Jerusalem: 1Kor 11:24 - yang diserahkan bagi kamu Var: yang dihancurkan bagi kamu.

Var: yang dihancurkan bagi kamu.

Jerusalem: 1Kor 11:29 - makan dan minum Sejumlah naskah menambah: dengan cara yang tidak layak

Sejumlah naskah menambah: dengan cara yang tidak layak

Jerusalem: 1Kor 11:29 - tubuh Tuhan Var: tubuh itu.

Var: tubuh itu.

Jerusalem: 1Kor 11:30 - -- Karena kurang hormat terhadap "tubuh dan darah Tuhan" orang-orang Korintus tertimpa penyakit dan bahkan kematian.

Karena kurang hormat terhadap "tubuh dan darah Tuhan" orang-orang Korintus tertimpa penyakit dan bahkan kematian.

Jerusalem: 1Kor 11:32 - hukuman dari Tuhan Kata Yunani juga dapat diterjemahkan sebagai: penghakiman dari Tuhan. Pencobaan-pencobaan yang mendatangi orang-orang Kristen (1Ko 11:30) merupakan "p...

Kata Yunani juga dapat diterjemahkan sebagai: penghakiman dari Tuhan. Pencobaan-pencobaan yang mendatangi orang-orang Kristen (1Ko 11:30) merupakan "penghakiman" dari Tuhan dan pendahuluan bagi penghakiman terakhir. Hanya hukuman-penghakiman itu bermaksud mentobatkan orang, sehingga terluput dari hukuman-penghakiman terakhir (1Ko 11:32). Hukuman itu tidak perlu menimpa orang jikalau lebih dahulu orang memeriksa dirinya dan diperbaiki oleh jemaat, khususnya waktu berkumpul untuk mengadakan perjamuan Tuhan.

Ende: 1Kor 11:4-16 - -- Pada orang Jahudi, Junani dan Roma terasa tidak wadjar seorang wanita memperlihatkan diri dimuka umum tanpa bertudung kepala. Tudung itu bukan tudung ...

Pada orang Jahudi, Junani dan Roma terasa tidak wadjar seorang wanita memperlihatkan diri dimuka umum tanpa bertudung kepala. Tudung itu bukan tudung lingkup jang menutup wadjah, melainkan hanja rambut sampai dipertengahan dahi. Dewasa itu wanita menanggalkan tudung dalam perkumpulan ibadat didalam kuil-kuil. Wanita serani rupanja mulai meniru adat itu. Itu mendjadi satu persoalan dalam umat, jang diadjukan kepada Paulus. Baru dalam ajat 16 (1Ko 11:16) Paulus memberi djawaban jang tegas. Uraian sebelumnja bukan dimaksudkan sebagai bukti-bukti tepat, melainkan Paulus hanja hendak mengutarakan, djuga dengan sindiran-sindiran, bahwa tidak patut wanita berlaku begitu "bebas" dalam perkumpulan-perkumpulan, mau menjamai kaum pria dll. Memang "dalam Tuhan" mereka sama deradjat dan martabatnja, tetapi ketertiban hidup bersama-sama menundjukkan itu dengan menudungi kepalanja. Demikian pendirian Paulus.

Ende: 1Kor 11:4 - Berbitjara sebagai nabi tampil mengadjar dalam perkumpulan resmi menurut ilham Roh kudus. Lih. 1Ko 12:10 dan bab 14 (1Ko 14).

tampil mengadjar dalam perkumpulan resmi menurut ilham Roh kudus. Lih. 1Ko 12:10 dan bab 14 (1Ko 14).

Ende: 1Kor 11:5 - Menghina jaitu memberi malu sebab kurang sopan.

jaitu memberi malu sebab kurang sopan.

Ende: 1Kor 11:7-9 - Seri kemuliaan prija Adam ditjiptakan Allah langsung menurut rupaNja jang mulia, tetapi Eva tidak langsung, melainkan melalui prija. Sebab itu ia bergantung pada prija dan...

Adam ditjiptakan Allah langsung menurut rupaNja jang mulia, tetapi Eva tidak langsung, melainkan melalui prija. Sebab itu ia bergantung pada prija dan patut sopan dan takluk kepadanja. Demikian tafsiran Paulus tentang Kej 1:27.

Ende: 1Kor 11:10 - Tanda ketaklukan Aslinja: harus ada suatu "kuasa" diatas kepalanja.

Aslinja: harus ada suatu "kuasa" diatas kepalanja.

Ende: 1Kor 11:10 - Karena Malaekat jaitu agaknja supaja mereka djangan malu melihat wanita kurang sopan.

jaitu agaknja supaja mereka djangan malu melihat wanita kurang sopan.

Ende: 1Kor 11:11-12 - -- Maksud kedua ajat ini, ialah: dilapangan rohani-ataskodrati, sebagai anggota tubuh Kristus, prija dan wanita sama deradjat dan martabatnja, sama berga...

Maksud kedua ajat ini, ialah: dilapangan rohani-ataskodrati, sebagai anggota tubuh Kristus, prija dan wanita sama deradjat dan martabatnja, sama bergantung seorang dari seorang dan saling membutuhkan.

Ende: 1Kor 11:19 - -- Bdl. Mat 18:7.

Bdl. Mat 18:7.

Ende: 1Kor 11:20 - Perdjamuan Tuhan Pusat dan hakekat perdjamuan ini "Pemetjahan roti", jaitu perajaan Ekaristi dengan Santapannja jang Mahakudus. Tetapi dalam Geredja purba perajaan itu...

Pusat dan hakekat perdjamuan ini "Pemetjahan roti", jaitu perajaan Ekaristi dengan Santapannja jang Mahakudus. Tetapi dalam Geredja purba perajaan itu sering didahului suatu perdjamuan biasa, sebagai peringatan akan perdjamuan Jesus, bersama dengan murid-muridNja pada malam terachir, sebelum Jesus mengadakan Sakramen Ekaristi jang Mahakudus. Perdjamuan pendahuluan itu dimaksudkan sebagai suatu pelambang tjinta persaudaraan dan suatu kesempatan untuk mengamalkan tjinta-kasih itu. Untuk perdjamuan itu, masing-masing hadirin membawa makanan sekedar kemampuannja. Makanan itu dikumpulkan lalu dibagikan rata-rata dan semua saudara duduk makan bertjampuran, tanpa membeda-bedakan kedudukan masing-masing dalam hidup kemasjarakatan. Tetapi nampaknja jang luhur dan berudjud murni itu sudah mulai merosot didalam umat Korintus.

Ende: 1Kor 11:20 - Mabuk Bunji kata itu disini berlebih-lebihan, maksudnja: "puas sekali".

Bunji kata itu disini berlebih-lebihan, maksudnja: "puas sekali".

Ende: 1Kor 11:24 - Bagi kamu Aslinja: "jang bagi kamu". Agaknja harus dilengkapi: "jang diserahkan (atau "dikurbankan") bagi kamu". Bdl. Luk 22:19.

Aslinja: "jang bagi kamu". Agaknja harus dilengkapi: "jang diserahkan (atau "dikurbankan") bagi kamu". Bdl. Luk 22:19.

Ende: 1Kor 11:25 - Perdjandjian Baru dalam darahKu jaitu hubungan resmi jang baru dengan Allah, jang diadakan dan dimeteraikan dengan tertumpahnja Darah Jesus. Bdl. Mat 26:28; Mar 14:24; Luk 22:20.

jaitu hubungan resmi jang baru dengan Allah, jang diadakan dan dimeteraikan dengan tertumpahnja Darah Jesus. Bdl. Mat 26:28; Mar 14:24; Luk 22:20.

Ende: 1Kor 11:26 - Memaklumkan Kurban Misa menggambarkan, dan setjara mistik melandjutkan kurban Jesus disalib. Siapa turut mempersembahkan Kurban Misa, dengan sendirinja menjatakan...

Kurban Misa menggambarkan, dan setjara mistik melandjutkan kurban Jesus disalib. Siapa turut mempersembahkan Kurban Misa, dengan sendirinja menjatakan kepertjajaannja akan Kurban Jesus disalib dan demikian turut "memaklumkan".

Ende: 1Kor 11:27 - Tidak dengan lajak Paulus disini chususnja ingat akan perkosaan tjinta-kasih persaudaraan pada perdjamuan bersama jang mendahului "Pemetjahan Roti".

Paulus disini chususnja ingat akan perkosaan tjinta-kasih persaudaraan pada perdjamuan bersama jang mendahului "Pemetjahan Roti".

Ende: 1Kor 11:29 - Tidak membedakan jaitu tidak membedakannja dari makanan biasa.

jaitu tidak membedakannja dari makanan biasa.

Ende: 1Kor 11:30 - Sakit "lemah", "meninggal". Itu dapat ditafsirkan dalam arti rohani-ataskodrati, tetapi menilik ajat 32 (1Ko 11:32) lebih baik agaknja kalau ditanggap sebag...

"lemah", "meninggal". Itu dapat ditafsirkan dalam arti rohani-ataskodrati, tetapi menilik ajat 32 (1Ko 11:32) lebih baik agaknja kalau ditanggap sebagai hukuman djasmani.

Ende: 1Kor 11:31 - Mengadili diri mengudji diri sampai insjaf akan kesalahannja dan bertobat.

mengudji diri sampai insjaf akan kesalahannja dan bertobat.

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:4 - atau bernubuat · atau bernubuat: Kis 11:27; Kis 11:27

· atau bernubuat: Kis 11:27; [Lihat FULL. Kis 11:27]

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:5 - atau bernubuat // dicukur rambutnya · atau bernubuat: Kis 21:9; Kis 21:9 · dicukur rambutnya: Ul 21:12

· atau bernubuat: Kis 21:9; [Lihat FULL. Kis 21:9]

· dicukur rambutnya: Ul 21:12

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:7 - menyinarkan gambaran · menyinarkan gambaran: Kej 1:26; 5:1; 9:6; Yak 3:9

· menyinarkan gambaran: Kej 1:26; 5:1; 9:6; Yak 3:9

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:8 - dari laki-laki · dari laki-laki: Kej 2:21-23; 1Tim 2:13

· dari laki-laki: Kej 2:21-23; 1Tim 2:13

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:9 - karena laki-laki · karena laki-laki: Kej 2:18

· karena laki-laki: Kej 2:18

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:12 - dari Allah · dari Allah: Rom 11:36; Rom 11:36

· dari Allah: Rom 11:36; [Lihat FULL. Rom 11:36]

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:16 - Jemaat-jemaat Allah · Jemaat-jemaat Allah: 1Kor 7:17; 1Kor 7:17; 1Kor 10:32; 1Kor 10:32

· Jemaat-jemaat Allah: 1Kor 7:17; [Lihat FULL. 1Kor 7:17]; 1Kor 10:32; [Lihat FULL. 1Kor 10:32]

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:17 - memuji kamu · memuji kamu: 1Kor 11:2,22

· memuji kamu: 1Kor 11:2,22

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:18 - ada perpecahan · ada perpecahan: 1Kor 1:10-12; 3:3

· ada perpecahan: 1Kor 1:10-12; 3:3

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:19 - tahan uji · tahan uji: 1Yoh 2:19

· tahan uji: 1Yoh 2:19

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:21 - makanannya sendiri · makanannya sendiri: 2Pet 2:13; Yud 1:12

· makanannya sendiri: 2Pet 2:13; Yud 1:12

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:22 - Jemaat Allah // mempunyai apa-apa // Memuji kamu · Jemaat Allah: 1Kor 10:32; 1Kor 10:32 · mempunyai apa-apa: Yak 2:6 · Memuji kamu: 1Kor 11:2,17

· Jemaat Allah: 1Kor 10:32; [Lihat FULL. 1Kor 10:32]

· mempunyai apa-apa: Yak 2:6

· Memuji kamu: 1Kor 11:2,17

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:23 - kuteruskan kepadamu // dari Tuhan · kuteruskan kepadamu: 1Kor 11:2; 1Kor 11:2 · dari Tuhan: Gal 1:12

· kuteruskan kepadamu: 1Kor 11:2; [Lihat FULL. 1Kor 11:2]

· dari Tuhan: Gal 1:12

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:24 - Inilah tubuh-Ku · Inilah tubuh-Ku: 1Kor 10:16

· Inilah tubuh-Ku: 1Kor 10:16

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:25 - perjanjian baru // oleh darah-Ku · perjanjian baru: Luk 22:20; Luk 22:20 · oleh darah-Ku: 1Kor 10:16

· perjanjian baru: Luk 22:20; [Lihat FULL. Luk 22:20]

· oleh darah-Ku: 1Kor 10:16

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:26 - Ia datang · Ia datang: 1Kor 1:7; 1Kor 1:7

· Ia datang: 1Kor 1:7; [Lihat FULL. 1Kor 1:7]

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:27 - darah Tuhan · darah Tuhan: Ibr 10:29

· darah Tuhan: Ibr 10:29

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:28 - menguji dirinya · menguji dirinya: 2Kor 13:5

· menguji dirinya: 2Kor 13:5

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:30 - yang meninggal · yang meninggal: Mat 9:24; Mat 9:24

· yang meninggal: Mat 9:24; [Lihat FULL. Mat 9:24]

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:31 - sendiri, hukuman · sendiri, hukuman: Mazm 32:5; 1Yoh 1:9

· sendiri, hukuman: Mazm 32:5; 1Yoh 1:9

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:32 - kita dididik // dengan dunia · kita dididik: Mazm 94:12; 118:18; Ams 3:11,12; Ibr 12:7-10; Wahy 3:19 · dengan dunia: Yoh 15:18,19

· kita dididik: Mazm 94:12; 118:18; Ams 3:11,12; Ibr 12:7-10; Wahy 3:19

· dengan dunia: Yoh 15:18,19

Ref. Silang FULL: 1Kor 11:34 - yang lapar // di rumahnya // aku datang · yang lapar: 1Kor 11:21 · di rumahnya: 1Kor 11:22 · aku datang: 1Kor 4:19; 1Kor 4:19

· yang lapar: 1Kor 11:21

· di rumahnya: 1Kor 11:22

· aku datang: 1Kor 4:19; [Lihat FULL. 1Kor 4:19]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Kor 11:2-16 - -- C. Nasehat Tentang Tudung Kepala Perempuan Ketika Kebaktian Umum (11:2-16) Di dalam pasal 11 hingga 14 Paulus mengalihkan perhatiannya dan membahas m...

C. Nasehat Tentang Tudung Kepala Perempuan Ketika Kebaktian Umum (11:2-16)

Di dalam pasal 11 hingga 14 Paulus mengalihkan perhatiannya dan membahas masalah-masalah yang berkenaan dengan ibadah umum jemaat. Bagian mengenai karunia roh (12:1-14:40) ditulis sebagai jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan jemaat (bdg. 12:1, peri de). Pasal pembukanya merupakan hasil dari laporan pribadi (11:18). Persoalan pertama yang dibahas adalah masalah tudung atau penutup kepala perempuan, dan Paulus mewajibkan kaum perempuan untuk menutup kepala mereka ketika kebaktian. Dia memandang usaha pembaharuan yang diadakan jemaat di Korintus (tampaknya ada yang hadir dalam kebaktian tanpa tudung) sebagai "tidak rohani dan bukan sebagai dandanan yang kurang pantas" (MNT, hlm. 150), jadi menunjukkan bahwa keberatannya tidak ada hubungan dengan kebiasaan masyarakat ketika itu. (Beberapa penafsir telah mengacu kepada kebiasaan masyarakat untuk mengabaikan keputusan Paulus di dalam hal ini). Yang dilihat hanya kebaktian ibadah. Sang rasul mengemukakan beberapa alasan bagi pandangannya tersebut.

Wycliffe: 1Kor 11:2-6 - -- 1) Alasan Teologis (11:2-6). Paulus pertama-tama menunjukkan bahwa di dalam tatanan Allah perempuan berada di bawah laki-laki. Tentu saja hal ini tid...

1) Alasan Teologis (11:2-6).

Paulus pertama-tama menunjukkan bahwa di dalam tatanan Allah perempuan berada di bawah laki-laki. Tentu saja hal ini tidak berarti bahwa kedua jenis kelamin ini tidak memiliki kedudukan setara (bdg. Gal. 3:28; Ef. 1:3). Tunduk tidak dengan sendirinya berarti ketidaksetujuan. Kedudukan sebagai kepala tidak sama dengan kedudukan sebagai tuan. Kunci untuk mengetahui kedudukan masing-masing jenis kelamin terdapat di dalam I Korintus 11:3. Laki-laki adalah kepala atas perempuan sebagaimana Bapa adalah kepala atas Putra. Di dalam Firman Allah terdapat empat jenis tatanan - pribadi, keluarga, gereja dan pemerintahan. Kebenaran yang berkenaan dengan masing-masing tatanan harus dibedakan dengan teliti.

Wycliffe: 1Kor 11:4 - kepalanya tidak // bertudung 4. Laki-laki juga memiliki aturan yang harus diikutinya: kepalanya tidak perlu bertudung. Laki-laki tidak boleh berkhotbah dengan topi di kepalanya!

4. Laki-laki juga memiliki aturan yang harus diikutinya: kepalanya tidak perlu bertudung. Laki-laki tidak boleh berkhotbah dengan topi di kepalanya!

Wycliffe: 1Kor 11:5 - Berdoa atau bernubuat // Kepalanya 5. Berdoa atau bernubuat tidak berarti bahwa Paulus membenarkan hal-hal ini dilakukan oleh perempuan di dalam ibadah umum. Dia hanya mengacu kepada ap...

5. Berdoa atau bernubuat tidak berarti bahwa Paulus membenarkan hal-hal ini dilakukan oleh perempuan di dalam ibadah umum. Dia hanya mengacu kepada apa yang. terjadi di Korintus yang seharusnya dilarang (bdg. 14:34, 35). Kepalanya. Kepala jasmaniah perempuan, bukan suaminya.

Wycliffe: 1Kor 11:6 - Haruslah ia juga menggunting rambutnya 6. Haruslah ia juga menggunting rambutnya. Sebuah aib bagi perempuan. Kata-kata ejekan Paulus kepada mereka yang memberontak. Dia bermaksud mengatakan...

6. Haruslah ia juga menggunting rambutnya. Sebuah aib bagi perempuan. Kata-kata ejekan Paulus kepada mereka yang memberontak. Dia bermaksud mengatakan. "Kalau begitu lengkapi saja sekalian celaan tersebut."

Wycliffe: 1Kor 11:7-12 - -- 2) Alasan-alasan Alkitabiah (11:7-12). Kenyataan penciptaan (ay. 7-9. 12, 13) dan kehadiran para malaikat ketika ibadah (ay. 10) dikemukakan.

2) Alasan-alasan Alkitabiah (11:7-12).

Kenyataan penciptaan (ay. 7-9. 12, 13) dan kehadiran para malaikat ketika ibadah (ay. 10) dikemukakan.

Wycliffe: 1Kor 11:7 - Ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah 7. Ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Ini melihat balik pada Kejadian 1:26, 27. Laki-laki memperlihatkan kewenangan Allah atas bumi (bdg. MN...

7. Ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Ini melihat balik pada Kejadian 1:26, 27. Laki-laki memperlihatkan kewenangan Allah atas bumi (bdg. MNT, hlm. 151).

Wycliffe: 1Kor 11:8-9 - dari // karena 8, 9. Dua kata. depan dari dan karena menunjukkan kedudukan perempuan. Dia berasal dari laki-laki dan maksud hidupnya adalah pada laki-laki tersebut (...

8, 9. Dua kata. depan dari dan karena menunjukkan kedudukan perempuan. Dia berasal dari laki-laki dan maksud hidupnya adalah pada laki-laki tersebut (bdg. Kej. 2:21-25). Setiap perempuan dengan memperoleh nama baru ketika upacara pernikahannya secara tidak langsung membenarkan ajaran Paulus.

Wycliffe: 1Kor 11:10 - Wibawa, // para malaikat // oleh karena para malaikat 10. Wibawa, atau kewenangan, artinya, dengan metonimia yang tidak biasa, tanda otoritas. Tudung kepala itu merupakan tanda kewenangan laki-laki. Kata ...

10. Wibawa, atau kewenangan, artinya, dengan metonimia yang tidak biasa, tanda otoritas. Tudung kepala itu merupakan tanda kewenangan laki-laki. Kata untuk para malaikat dalam ungkapan oleh karena para malaikat bukan berarti para tua-tua (bdg. Why. 2:1; 4:9). Juga bukan berarti malaikat yang jahat (bdg. Kej. 6:1-4). Kata itu mengacu pada malaikat-malaikat baik yang hadir ketika ada ibadah, sebab mereka tinggal di hadirat Allah (bdg. I Kor. 4:9; Luk. 15:7, 10; Ef. 3:10; I Tim. 5:21; Mzm. 138:1). Ketidakpatuhan golongan perempuan dengan menolak untuk mengakui kewenangan suami mereka akan menyinggung para malaikat yang, di bawah pimpinan Allah, menjaga alam semesta ciptaan-Nya (bdg. Kol. 1:16; Ef. 1:21), dan tidak mengenal ketidakpatuhan.

Wycliffe: 1Kor 11:11-12 - dalam Tuhan; // dilahirkan oleh perempuan // berasal dari Allah 11, 12. Di sini Paulus menyajikan sisi lain dari kebenaran itu. Laki-laki dan perempuan saling memerlukan dalam Tuhan; sesungguhnya, laki-laki harus s...

11, 12. Di sini Paulus menyajikan sisi lain dari kebenaran itu. Laki-laki dan perempuan saling memerlukan dalam Tuhan; sesungguhnya, laki-laki harus senantiasa ingat bahwa dia dilahirkan oleh perempuan. Dan keduanya berasal dari Allah.

Wycliffe: 1Kor 11:13-16 - -- 3) Alasan Jasmaniah (11:13-16). Ketidakpantasan, yang berlandaskan pada alam itu sendiri, mendukung pemakaian tudung kepala. Kata patut mengacu kepad...

3) Alasan Jasmaniah (11:13-16).

Ketidakpantasan, yang berlandaskan pada alam itu sendiri, mendukung pemakaian tudung kepala. Kata patut mengacu kepada suatu kebutuhan yang berlandaskan pada keselarasan hakiki dari semua yang diciptakan (bdg. Ibr. 2:10; Mat. 3:15).

Wycliffe: 1Kor 11:14-15 - alam sendiri, // rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung // untuk menjadi 14, 15. Kenyataan bahwa rambut pendek untuk laki-laki dan rambut panjang untuk perempuan merupakan gagasan ilahi dalam alam sendiri, agar laki-laki da...

14, 15. Kenyataan bahwa rambut pendek untuk laki-laki dan rambut panjang untuk perempuan merupakan gagasan ilahi dalam alam sendiri, agar laki-laki dan perempuan memperhatikan cara berdandan mereka ketika berkumpul sebagai jemaat. Kata-kata rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung tidak berarti bahwa rambut perempuan itulah yang merupakan tudung baginya sehingga tidak perlu tudung lagi, suatu pandangan yang melemahkan kekuatan dari 11:2-14. Kata untuk menjadi hendaknya diterjemahkan dengan sebagai cerminan (bdg. Ellicott, op. cit, hlm. 208).

Wycliffe: 1Kor 11:16 - Tidak mempunyai kebiasaan yang demikian, // kami maupun jemaat-jemaat Allah, 16. Tidak mempunyai kebiasaan yang demikian, maksudnya: tidak ada kebiasaan perempuan beribadah tanpa memakai tudung. Beberapa orang mengatakan bahwa ...

16. Tidak mempunyai kebiasaan yang demikian, maksudnya: tidak ada kebiasaan perempuan beribadah tanpa memakai tudung. Beberapa orang mengatakan bahwa pemakaian tudung ini merupakan kebiasaan khas orang Korintus, tetapi kata-kata Paulus, kami maupun jemaat-jemaat Allah, membantah pandangan ini. Pihak yang lain lagi bersikukuh bahwa kebiasaan ini tidak perlu diberlakukan dewasa ini (bdg. Morris, op. cit, hlm. 156; Barclay, op. cit, hlm. 110). Tetapi, harus diperhatikan bahwa setiap alasan yang diberikan untuk penggunaan tudung itu berasal dari fakta-fakta permanen, yang tetap ada sepanjang sistem pengaturan bumi ini ada (bdg. Godet, op. cit,II:133) Paulus memang menggunakan hal ini, sebab sejarah gereja mula-mula memberikan kesaksian bahwa di Roma, Antiokhia dan Afrika kebiasaan ini menjadi norma. Kata terakhir: Pada hakikatnya, yang penting bukanlah topi atau tudungnya, tetapi sikap yang dicerminkan oleh kedua benda tersebut. Keberadaan keduanya adalah hal yang ideal.

Wycliffe: 1Kor 11:17-34 - -- D. Nasihat Tentang Perjamuan Kudus (11:17-34). Perjamuan Kudus, satu-satunya upacara ibadah yang diberi petunjuk khusus oleh Kristus, sekarang mendap...

D. Nasihat Tentang Perjamuan Kudus (11:17-34).

Perjamuan Kudus, satu-satunya upacara ibadah yang diberi petunjuk khusus oleh Kristus, sekarang mendapat perhatian Paulus. Bagian ini berhubungan dengan bagian sebelumnya karena pokok pembahasannya sama, yaitu mengenai ibadah umum. Mungkin berguna kalau kita merekonstruksi situasi ketika itu untuk bisa menyadari bahwa di dalam gereja mula-mula perjamuan biasanya didahului oleh suatu perjamuan kasih yang dinamakan Agape atau Pesta Kasih (bdg. Yud. 12). Keadaan tidak teratur pada saat Agape menimbulkan kejengkelan sang rasul (ay. 17-22). tinjauan tentang pengajaran yang pernah disampaikan (ay. 23-26), dan penerapan kebenaran secara keras terhadap sidang jemaat di Korintus (ay. 27-34).

Wycliffe: 1Kor 11:17-22 - -- 1) Kejengkelan Paulus (11:17-22). Perjamuan kasih terutama bersifat religius bukan sosial, tetapi berbagai penyalahgunaan telah menjadikannya sebagai...

1) Kejengkelan Paulus (11:17-22).

Perjamuan kasih terutama bersifat religius bukan sosial, tetapi berbagai penyalahgunaan telah menjadikannya sebagai sebuah sandiwara humor yang memalukan.

Wycliffe: 1Kor 11:17 - Dalam peraturan-peraturan yang berikut, // mendatangkan keburukan, 17. Dalam peraturan-peraturan yang berikut, mengacu kepada pengarahan selanjutnya. Pertemuan-pertemuan yang mereka adakan tersebut mendatangkan keburu...

17. Dalam peraturan-peraturan yang berikut, mengacu kepada pengarahan selanjutnya. Pertemuan-pertemuan yang mereka adakan tersebut mendatangkan keburukan, sebab pertemuan-pertemuan itu membangkitkan hukuman sebagai akibat dari keadaan yang tidak teratur (bdg. ay. 29).

Wycliffe: 1Kor 11:18 - Perpecahan 18. Perpecahan. Terjemahan yang lebih tepat adalah berbagai golongan. Hal ini tampaknya muncul sebab golongan kaya, bertentangan dengan kebiasaan, den...

18. Perpecahan. Terjemahan yang lebih tepat adalah berbagai golongan. Hal ini tampaknya muncul sebab golongan kaya, bertentangan dengan kebiasaan, dengan rakus melahap konsumsi mereka yang lebih berlimpah sebelum golongan yang miskin tiba, sehingga mereka tidak perlu berbagi makanan mereka selaku lambang lahiriah dari kesatuan tubuh.

Wycliffe: 1Kor 11:19 - Perpecahan // siapakah di antara kamu yang tahan uji 19. Perpecahan. Golongan, berbagai kelompok yang memiliki pandangannya sendiri, adalah yang ditekankan dan dimaksudkan dengan kata tersebut. Adanya be...

19. Perpecahan. Golongan, berbagai kelompok yang memiliki pandangannya sendiri, adalah yang ditekankan dan dimaksudkan dengan kata tersebut. Adanya berbagai golongan ini, kata Paulus dengan agak menahan diri, bertujuan untuk mengetahui siapakah di antara kamu yang tahan uji (bdg. 9:27; 11:28).

Wycliffe: 1Kor 11:20 - Tuhan 20. Itu memang perjamuan, tetapi bukan perjamuan Tuhan (kata sifat berfungsi menekankan): maksudnya: itu bukan Perjamuan Kudus yang sungguh-sungguh.

20. Itu memang perjamuan, tetapi bukan perjamuan Tuhan (kata sifat berfungsi menekankan): maksudnya: itu bukan Perjamuan Kudus yang sungguh-sungguh.

Wycliffe: 1Kor 11:21-22 - Apakah kamu tidak mempunyai rumah sendiri untuk makan dan minum? 21, 22. Pertanyaan penuh kemarahan, Apakah kamu tidak mempunyai rumah sendiri untuk makan dan minum? dialamatkan kepada orang-orang yang menganggap pe...

21, 22. Pertanyaan penuh kemarahan, Apakah kamu tidak mempunyai rumah sendiri untuk makan dan minum? dialamatkan kepada orang-orang yang menganggap persekutuan itu hanya sebagai jamuan makan sosial biasa dim bukan perjamuan kasih yang rohani.

Wycliffe: 1Kor 11:23-26 - -- 2) Tinjauan tentang Pengajaran yang Pernah Disampaikan (11:23-26) Sang rasul membenarkan tegurannya dengan meninjau makna yang nyata dan sesungguhnya...

2) Tinjauan tentang Pengajaran yang Pernah Disampaikan (11:23-26)

Sang rasul membenarkan tegurannya dengan meninjau makna yang nyata dan sesungguhnya dari peraturan tersebut dengan merunut balik pengajaran itu sampai ke Tuhan Yesus sendiri.

Wycliffe: 1Kor 11:23 - telah terima dari Tuhan 23. Paulus tidak dapat memuji mereka, sebab perilaku mereka tidak selaras dengan yang ia telah terima dari Tuhan. Dia tidak menjelaskan apakah ia mene...

23. Paulus tidak dapat memuji mereka, sebab perilaku mereka tidak selaras dengan yang ia telah terima dari Tuhan. Dia tidak menjelaskan apakah ia menerima pengajaran mengenai hal itu langsung dari Tuhan atau dari sumber yang lain. Bisa saja ia menerimanya dari sumber lain.

Wycliffe: 1Kor 11:24 - inilah tubuh-Ku, // inilah // Bagi kamu // Peringatan // akan Aku // perbuatlah 24. Roti dibagikan terlebih dahulu, sebab melambangkan inkarnasi. Setelah itu baru disajikan anggur melambangkan kematian yang mengakhiri perjanjian y...

24. Roti dibagikan terlebih dahulu, sebab melambangkan inkarnasi. Setelah itu baru disajikan anggur melambangkan kematian yang mengakhiri perjanjian yang lama dan meresmikan yang baru. Satu hal jelas: di dalam kata-kata, inilah tubuh-Ku, rasul Paulus tidak mengajarkan pandangan yang mengatakan bahwa roti dalam perjamuan kudus sungguh-sungguh menjadi tubuh Kristus. Roti itu jelas sama sekali tidak menjadi tubuh Tuhan pada saat Dia mengatakan hal itu, demikian juga cawan itu bukan perjanjian baru secara harfiah (ay. 25). Kata inilah memiliki arti umum "melambangkan," (bdg. ay. 7; Yoh. 8:12; 10:9; I Kor. 10:4). Bagi kamu menekankan aspek pengorbanan. Peringatan bukan hanya sekadar mengingat saja; kata ini mengandung gagasan aktif memikirkan. Dan frasa akan Aku lebih luas daripada akan kematian-Ku. Orang yang melakukan tindakan merupakan objek untuk dipikirkan. Bentuk imperatif masa kini perbuatlah mengandung petunjuk bahwa kehadiran yang sering di dalam Perjamuan Kudus merupakan suatu perintah ilahi (bdg. Kis. 20:7).

Wycliffe: 1Kor 11:25 - Perjanjian baru // Oleh darah-Ku // menjadi peringatan akan Aku 25. Perjanjian baru mengingatkan pendengar kepada perjanjian Musa yang lama yang hanya dapat menghukum. Kata Yunani diatheke yang adalah lawan synthek...

25. Perjanjian baru mengingatkan pendengar kepada perjanjian Musa yang lama yang hanya dapat menghukum. Kata Yunani diatheke yang adalah lawan syntheke, kata dalam Perjanjian Lama yang pada umumnya diartikan sebagai "perjanjian," menekankan inisiatif Allah di dalamnya. Perjanjian yang baru menyediakan pengampunan dosa secara efektif. Oleh darah-Ku menunjuk kepada suasana dan dasar dari berkat-berkat perjanjian. Terjemahan gagasan Barclay ialah, "Cawan ini adalah perjanjian baru dan harganya adalah darah-Ku" (op.cit, hlm. 114). Pengulangan ungkapan menjadi peringatan akan Aku dirancang untuk jemaat di Korintus yang hidup tidak teratur: mereka perlu diingatkan bahwa yang dipentingkan di dalam perjamuan kudus tersebut adalah persekutuan dengan Kristus dan bukan dengan makanan.

Wycliffe: 1Kor 11:26 - Sebab // memberitakan kematian Tuhan // Ia datang 26. Sebab menunjukkan alasan mengapa perjamuan kudus itu perlu diulang-ulang terus. Upacara tersebut merupakan khotbah yang dilakonkan, sebab ketika i...

26. Sebab menunjukkan alasan mengapa perjamuan kudus itu perlu diulang-ulang terus. Upacara tersebut merupakan khotbah yang dilakonkan, sebab ketika itu mereka memberitakan kematian Tuhan. Perjamuan kudus memandang ke belakang dan juga ke depan sebab harus dilaksanakan hingga Ia datang (bdg. Mat. 26:29).

Wycliffe: 1Kor 11:27-34 - -- 3) Penerapan Kepada Jemaat di Korintus (11:27-34). Paulus sekarang menerapkan ajaran tersebut kepada orang-orang percaya yang hidup tidak teratur itu...

3) Penerapan Kepada Jemaat di Korintus (11:27-34).

Paulus sekarang menerapkan ajaran tersebut kepada orang-orang percaya yang hidup tidak teratur itu.

Wycliffe: 1Kor 11:27 - Jadi // Yang tidak layak // cara // terhadap tubuh dan darah Tuhan // Berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan. 28. Karena itu 27. Jadi mengawali penerapan tersebut yang merupakan akibat dari pengajaran yang diberikan. Yang tidak layak bukan mengacu kepada orang yang ikut ambi...

27. Jadi mengawali penerapan tersebut yang merupakan akibat dari pengajaran yang diberikan. Yang tidak layak bukan mengacu kepada orang yang ikut ambil bagian, tetapi kepada cara ia ikut ambil bagian. Semua terhadap tubuh dan darah Tuhan orang senantiasa tidak layak. Berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan. 28. Karena itu mengawali penyajian alternatif yang benar, mawas diri. mempersiapkan diri.

Wycliffe: 1Kor 11:29 - Karena // mendatangkan hukuman atas dirinya sendiri // mengakui // tubuh, 29. Karena. Alasan mengapa mawas diri, atau pengakuan dosa, harus mendahului tindakan ikut ambil bagian dalam Perjamuan ialah karena jika tidak melaku...

29. Karena. Alasan mengapa mawas diri, atau pengakuan dosa, harus mendahului tindakan ikut ambil bagian dalam Perjamuan ialah karena jika tidak melakukan hal tersebut maka si orang percaya mendatangkan hukuman atas dirinya sendiri. Tanpa mengakui berarti tidak "mengambil sikap yang tepat" (ICC, hlm. 252; kata kerja ini dijumpai dua kali di dalam ayat 31 ). Maksudnya, orang percaya itu tidak mengetahui kesatuan dari tubuh, yaitu Gereja (bdg. 10:16, 17; 11:20, 21).

Wycliffe: 1Kor 11:30 - Sebab itu, // meninggal 30. Sebab itu, hukuman sudah menimpa beberapa orang - menyalahgunakan meja perjamuan Tuhan. Banyak orang telah melakukan dosa ini sampai mati dan tela...

30. Sebab itu, hukuman sudah menimpa beberapa orang - menyalahgunakan meja perjamuan Tuhan. Banyak orang telah melakukan dosa ini sampai mati dan telah meninggal (kata Yunaninya adalah kaimao, yang arti sebenarnya adalah tertidur, sebuah kata yang ketika mengacu kepada kematian selalu dipakai untuk mengacu kepada kematian orang percaya; bdg. Yoh. 11:11, 12; Kis. 7:60; I Kor. 15:6, 18, 20, 51; Tes 4:13, 14, 15; II Ptr. 3:4). Orang-orang percaya ini bukan kehilangan keselamatan mereka, tetapi kehilangan hak istimewa untuk melayani Dia di bumi ini.

Wycliffe: 1Kor 11:31 - menguji diri sendiri 31. Cara untuk mencegahnya adalah dengan menguji diri sendiri dengan benar.

31. Cara untuk mencegahnya adalah dengan menguji diri sendiri dengan benar.

Wycliffe: 1Kor 11:32 - keluarga, kita dididik, // dihukum bersama-sama dengan dunia 32. Sekalipun demikian, hukuman Allah sekalipun tidak bersifat abadi; hukuman tersebut dimaksudkan sebagai tindakan disiplin di dalam keluarga, kita d...

32. Sekalipun demikian, hukuman Allah sekalipun tidak bersifat abadi; hukuman tersebut dimaksudkan sebagai tindakan disiplin di dalam keluarga, kita dididik, agar tidak ikut dihukum bersama-sama dengan dunia. Di sini Paulus menggunakan istilah katakrino yang kuat, yang artinya adalah dihukum selamanya.

Wycliffe: 1Kor 11:33 - Karena itu 33. Karena itu. Kata-kata penutup menyusul, yakni suatu permintaan kepada orang-orang Korintus untuk mengingat kesatuan tubuh itu sewaktu mereka meray...

33. Karena itu. Kata-kata penutup menyusul, yakni suatu permintaan kepada orang-orang Korintus untuk mengingat kesatuan tubuh itu sewaktu mereka merayakan Perjamuan Kudus.

Wycliffe: 1Kor 11:34 - Hal // hal yang lain // akan kuatur kalau aku datang 34. Hal-hal yang lain yang berkenaan dengan rincian tentang Perjamuan Kudus, kata Paulus, akan kuatur kalau aku datang.

34. Hal-hal yang lain yang berkenaan dengan rincian tentang Perjamuan Kudus, kata Paulus, akan kuatur kalau aku datang.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 1Kor 11:1-16 - Petunjuk mengenai Pakaian; Kaum Perempuan Harus Tunduk Dalam pasal ini Rasul Paulus mempersalahkan, dan berusaha meluruskan, beberapa perilaku yang sangat tidak senonoh dan ketidaktertiban di dalam jem...

Matthew Henry: 1Kor 11:17-22 - Penajisan terhadap Perjamuan Tuhan Penajisan terhadap Perjamuan Tuhan (1 Korintus 11:17-22) Dalam perikop di atas, Rasul Paulus menegur mereka dengan keras atas kekacauan yang jauh...

Matthew Henry: 1Kor 11:23-34 - Maksud dan Tujuan Perjamuan Tuhan Maksud dan Tujuan Perjamuan Tuhan (1 Korintus 11:23-34) Untuk meluruskan segala kerusakan dan kekacauan ini, Rasul Paulus di sini memperlihatkan s...

SH: 1Kor 11:2-16 - Kebebasan. (Sabtu, 20 September 2003) Kebebasan. "Wanita dijajah pria sejak dulu ...." Syair lagu ini menggambarkan bahwa perempuan hidup dalam bayang-bayang kekuasaan laki-...

SH: 1Kor 11:2-16 - Sukacita pelayan Kristus. (Rabu, 3 September 1997) Sukacita pelayan Kristus. Bagaikan petani yang bersukacita melihat tanamannya mengeluarkan hasil, demikian pun Paulus. Paulus bersukacita karena menge...

SH: 1Kor 11:17-34 - Perjamuan Kudus. (Minggu, 21 September 2003) Perjamuan Kudus. Perjamuan Kudus memiliki muatan kasih yang begitu dalam dari Kristus kepada umat manusia. Namun kenyataannya di jemaat ...

SH: 1Kor 11:17-34 - Paulus mencela jemaat Korintus. (Kamis, 4 September 1997) Paulus mencela jemaat Korintus. Dua hal dicela Paulus. Pertama, jemaat Korintus tidak bersekutu ketika berkumpul sebab ada perpecahan di antara mereka...

Utley: 1Kor 11:2-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 11:2-162 Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran y...

Utley: 1Kor 11:17-22 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 11:17-2217 Dalam peraturan-peraturan yang berikut aku tidak dapat memuji kamu, sebab pertemuan- pertemuanmu tidak mendatan...

Utley: 1Kor 11:23-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 11:23-2623 Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam wakt...

Utley: 1Kor 11:27-32 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 11:27-3227 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan ...

Utley: 1Kor 11:33-34 - --NASKAH NASB (UPDATED): 1Kor 11:33-3433 Karena itu, saudara-saudaraku, jika kamu berkumpul untuk makan, nantikanlah olehmu seorang akan yang lain. 34 K...

Topik Teologia: 1Kor 11:4 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Berdoa kepada Allah Sikap Tubuh dalam Berdoa K...

Topik Teologia: 1Kor 11:5 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Jemaat yang Mula-mula Wanita-wanita adalah Pekerja-pekerja Dal...

Topik Teologia: 1Kor 11:7 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Manusia Sendiri Kej 1:26-27 Kej 5:1-3 Kej 9:6 1Ko 11:7 Yak 3:9 Umat Manusia:...

Topik Teologia: 1Kor 11:11 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Ciptaan Allah Wanita Saling Bergantung dengan Pria dan Bergantung kepada Allah 1Ko 11:11-12...

Topik Teologia: 1Kor 11:12 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Urutan Ciptaan Ciptaan Alam Semesta dan Segala Sesuatu Maz 89:11 Ma...

Topik Teologia: 1Kor 11:20 - -- Gereja Penyalahgunaan Perjamuan Kudus 1Ko 11:20-22 Orang Kristen Berusaha Melakukan Perjamuan Tuhan Secara Benar ...

Topik Teologia: 1Kor 11:22 - -- Gereja Gereja Allah Kis 20:28 1Ko 1:2 1Ko 10:32 1Ko 11:22 1Ko 15:9 2Ko 1:1 Gal 1:13 Penyalahgunaan Perjamuan Kudus ...

Topik Teologia: 1Kor 11:23 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Tuhan Maz 110:1 Mal 3:1 Mat 7:21 Mat 24:42 Mar 2:28 Luk 6:46 Yoh 6:68 Yo...

Topik Teologia: 1Kor 11:24 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Menerima Permohonan Doa, Pujian dan Penyembahan ...

Topik Teologia: 1Kor 11:26 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Tuhan Maz 110:1 Mal 3:1 Mat 7:21 Mat 24:42 Mar 2:28 Luk 6:46 Yoh 6:68 Yo...

Topik Teologia: 1Kor 11:27 - -- Dosa Konsekuensi Dosa Dosa Menyebabkan Kesalahan Moral Kel 32:33-34 Ima 5:17 Bil 32:23 Maz 5:11 Maz 19:13 Maz 38:5 Ams 10:9 Yer...

Topik Teologia: 1Kor 11:28 - -- Keselamatan Pertobatan Natur Pertobatan Pertobatan adalah Perpalingan Hati dari Dosa kepada Allah Pertobatan Disadari Me...

Topik Teologia: 1Kor 11:29 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Kesatuan Orang Percaya di Dalam Kristus Orang Percaya sebagai Tubuh...

Topik Teologia: 1Kor 11:30 - -- Gereja Orang Kristen Berusaha Melakukan Perjamuan Tuhan Secara Benar 1Ko 11:20-22,27-34 Hukuman bagi Penyalahgunaan Per...

Topik Teologia: 1Kor 11:32 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam Anugerah Sarana Pertumbuha...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Masalah-Masalah Jemaat dan Pemecahannya Tanggal Penulisan: Tahun 55/56 Latar Belakang Korintus, sebuah...

Full Life: 1 Korintus (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (1Kor 1:1-9) I. Pembahasan Masalah-Masalah yang Telah Diberitahukan kepada Paulus (1Kor 1:10-6:20) ...

Matthew Henry: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Korintus adalah sebuah kota Yunani yang terpenting di bagian wilayah khusus Yunani yang disebut Akhaya. Kota ini terletak di atas sebuah daratan me...

Jerusalem: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PERTAMA RASUL PAULUS KEPADA UMAT KORINTUS KATA PENGANTAR Kota Korintus jang termasjhur dalam sedjarah Junani kuno, musna dari bumi dalam perang ...

Wycliffe: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 KORINTUS Kota Korintus. Korintus merupakan sebuah pusat perdagangan kaya yang terletak pada sebuah tanah genting sempit yang menghubung...

Wycliffe: 1 Korintus (Garis Besar) GARIS BESAR 1 KORINTUS I. Pendahuluan (1:1-9). A. Salam (1:1-3) B. Ucapan Syukur (1:4-9). II. Aneka Perpecahan di ...

BIS: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS YANG PERTAMA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS PENGANTAR Surat Paulus Yang Pertama Kepada Jemaat di Korintus ditulis untuk membahas persoalan-p

SURAT PAULUS YANG PERTAMA KEPADA JEMAAT DI KORINTUS

PENGANTAR

Surat Paulus Yang Pertama Kepada Jemaat di Korintus ditulis untuk membahas persoalan-persoalan yang timbul di dalam jemaat yang telah didirikan oleh Paulus di Korintus itu. Persoalan-persoalan tersebut adalah mengenai kehidupan dan kepercayaan Kristen. Pada waktu itu Korintus adalah sebuah kota Yunani, ibukota provinsi Akhaya yang termasuk wilayah pemerintahan Roma. Kota ini, yang penduduknya terdiri dari banyak macam bangsa, terkenal karena kemajuannya dalam perdagangan, kebudayaannya yang tinggi, tetapi juga karena keadaan susilanya yang rendah dan karena adanya bermacam-macam agama di situ.

Yang terutama menjadi pikiran Rasul Paulus ialah persoalan tentang perpecahan dan kebejatan di dalam jemaat, dan tentang persoalan-persoalan seks dan perkawinan, persoalan hati nurani, tata tertib dalam jemaat, karunia-karunia Roh Allah, dan tentang bangkitnya orang mati. Dengan pandangan yang dalam, Paulus menunjukkan bagaimana Kabar Baik dari Allah itu menyoroti persoalan-persoalan tersebut.

Pasal 13 (1Kor 13:1-13) melukiskan ciri-ciri kasih yang sejati. Pasal ini mungkin merupakan pasal yang paling terkenal di antara semua pasal lainnya di buku ini.

Isi

  1.  Pendahuluan
    1Kor 1:1-9
  2.  Keretakan dalam gereja
    1Kor 1:10-4:21
  3.  Soal seks dan kehidupan keluarga
    1Kor 5:1-7:40
  4.  Orang Kristen dan orang yang tidak menyembah Allah
    1Kor 8:1-11:1
  5.  Kehidupan jemaat dan ibadah
    1Kor 11:2-14:40
  6.  Perihal bangkitnya Kristus dan orang-orang Kristen dari kematian
    1Kor 15:1-58
  7.  Sumbangan untuk orang-orang Kristen di Yudea
    1Kor 16:1-4
  8.  Hal-hal pribadi dan penutup
    1Kor 16:5-24

Ajaran: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus, dan melakukannya di dalam kehidupan mereka. Pendahuluan Pen

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus, dan melakukannya di dalam kehidupan mereka.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 56 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen di kota Korintus. (Dan juga orang-orang Kristen di seluruh dunia).

Isi Kitab: Kitab I Korintus terbagi atas 16 pasal. Di dalamnya kita dapat melihat ajaran tentang cara-cara kehidupan anggota gereja.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Korintus

  1. Pasal 1-4 (1Kor 1:1-4:21).

    Pengajaran tentang kenyataan bahwa setiap orang Kristen hanyalah milik Tuhan Yesus

    Dalam bagian ini Rasul Paulus menegur orang-orang Kristen karena adanya perpecahan dan iri hati atau pertengkaran.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Kor 1:10. _Tanyakan_: Apakah sebabnya terjadi perpecahan di antara jemaat Korintus? Dan apakah yang dikatakan Rasul Paulus tentang perpecahan itu?
    2. Bacalah pasal 1Kor 3:3. _Tanyakan_: Apakah yang menunjukkan seseorang masih hidup secara duniawi?
    3. Bacalah pasal 1Kor 4:6. _Tanyakan_: Apakah yang dikatakan Rasul Paulus tentang kesombongan?
  2. Pasal 5-6 (1Kor 5:1-6:20).

    Pengajaran tentang kehidupan moral di dalam jemaat

    Di dalam bagian ini, Rasul Paulus menjelaskan persoalan yang timbul dalam jemaat karena percabulan dan mencari keadilan pada orang-orang yang tidak beriman.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Kor 5:11-13. _Tanyakan_: Apakah yang diperintahkan Allah kepada orang Kristen?
    2. Bacalah pasal 1Kor 6:6-11. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah?
    3. Bacalah pasal 1Kor 6:12-20. _Tanyakan_: Mengapakah Rasul Paulus melarang percabulan? Siapakah yang empunya tubuh orang Kristen?
  3. Pasal 7-16 (1Kor 7:1-16:24).

    Pengajaran tentang kemerdekaan orang Kristen dan kehidupan dalam ibadah

    Di bagian ini, Rasul Paulus menjawab pertanyaan dari jemaat tentang kemerdekaan orang Kristen, sikap dalam kebaktian dan mengenai karunia-karunia Roh, juga tentang kebangkitan orang-orang percaya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Kor 7:8-13. _Tanyakan_: Bagaimanakah perintah Allah tentang pernikahan? Mengapakah orang Kristen tidak boleh bercerai?
    2. Bacalah pasal 1Kor 8:8-9. _Tanyakan_: "Apakah makanan membawa seseorang lebih dekat kepada Allah?"
    3. Bacalah pasal 1Kor 15:12-19. _Tanyakan_: Mengapakah pengakuan akan kebangkitan orang percaya itu penting?
    4. Bacalah pasal 1Kor 15:57-58. _Tanyakan_: Apakah jerih payah dalam melayani Tuhan Yesus itu sia-sia?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab I Korintus, Allah mengajarkan arti kehidupan menjadi murid Tuhan Yesus dan bagaimana kehidupan sebagai orang-orang yang sudah diselamatkan (orang Kristen).

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab I Korintus?
  2. Apakah tujuan Kitab I Korintus?
  3. Apakah arti kebangkitan orang percaya dalam iman Kristen?
  4. Bagaimanakah seharusnya kehidupan orang yang sudah diselamatkan?

Intisari: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) Surat kepada gereja yang terpecah belah BAGAIMANA GEREJA DI KORINTUS DIMULAI.Paulus pertama kali mengunjungi Korintus pada perjalanan misionarisnya y

Surat kepada gereja yang terpecah belah

BAGAIMANA GEREJA DI KORINTUS DIMULAI.
Paulus pertama kali mengunjungi Korintus pada perjalanan misionarisnya yang kedua (Kis. 18:1). Sejumlah orang Yahudi, termasuk Krispus yang menjadi kepala rumah ibadat, dan banyak orang bukan Yahudi menjadi Kristen. Paulus memulai sebuah sekolah Alkitab untuk mereka, yang letaknya strategis dan mencolok karena berdampingan dengan rumah ibadat (Kis. 18:1-18). Ia tinggal di sana selama delapan belas bulan dan digantikan oleh Apolos sebagai guru Alkitab.

BAGAIMANA BERITA TENTANG GEREJA DI KORINTUS SAMPAI KEPADA PAULUS.
Paulus sedang berada di suatu tempat di Asia (1 Kor. 16:19), mungkin di Efesus (16:8), pada akhir masa perjalanan misionarisnya yang kedua, ketika Stefanus dan dua orang kawannya datang dengan membawa sepucuk surat dari jemaat di Korintus (16:17 dan 7:1).

SEBUAH GEREJA YANG TERPECAH BELAH.
1. Mereka terpecah karena soal kepemimpinan (1:12).
2. Mereka terpecah karena standar moral (5:1-8).
3. Mereka terpecah karena kasus pendakwa dan terdakwa (6:1-8).
4. Mereka terpecah karena kasus orang Kristen yang lemah dan yang kuat (8:7-12).
5. Mereka terpecah antara yang kaya dan yang miskin (11:17-22).
6. Bahkan karunia Roh menjadikan mereka terpecah belah (12:12-26 ).

EMPAT PUCUK SURAT UNTUK JEMAAT KORINTUS?
Rupanya Paulus menulis empat pucuk surat kepada jemaat di Korintus: kita hanya memiliki surat kedua dan yang terakhir.
1. Surat pertama disebut dalam 5:9; "Dalam suratku telah kutuliskan kepadamu". Akan tetapi tidak ada lagi yang dapat kita ketahui mengenai surat itu.
2. Suratnya yang kedua adalah Surat I Korintus kita ini.
3. Surat yang ketiga tampaknya disebut-sebut dalam I I Korintus 2:3, 4 dan seringkali disebut "surat yang sangat menyedihkan". Surat ini boleh jadi I Korintus, tetapi surat itu tidak benar-benar cocok dengan apa yang disebut oleh Paulus sebagai "surat yang sangat menyedihkan".
4. Surat yang keempat adalah Surat 11 Korintus.

PERTANYAAN-PERTANYAAN ANDA TERJAWAB.
I Korintus sangat besar nilainya, karena surat itu menjawab banyak pertanyaan yang banyak ditanyakan dewasa ini:
o Bagaimana sikap yang benar terhadap para pemimpin kita?
o Di mana letak pendidikan dalam kehidupan Kristen?
o Bagaimana tentang disiplin gerejawi?
o Bolehkah Kristen membawa Kristen lain ke pengadilan?
o Bagaimana seharusnya sikap kita terhadap agama-agama lain?
o Apa yang dimaksud dengan kebebasan?
o Bolehkah wanita berdoa di gereja?
o Apa karunia-karunia Roh itu?
o Karunia Roh mana yang paling penting?
o Apa yang terjadi setelah kematian?
Mempelajari surat ini dengan saksama akan mengungkapkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas dan banyak pertanyaan lainnya.

Pesan

Surat ini disusun bagaikan elips dengan dua "titik pusat",bukannya satu.

1. Skandal gereja yang terpecah (pasal 1-4) Gereja terpecah ke dalam empat
golongan dengan "nama" yang berbeda-beda:

o Saya golongan Paulus
o Saya golongan Petrus
o Saya golongan Apolos
o Saya golongan Kristus

Bagian mengenai kelemahan dalam pasal 1 mungkin ditujukan kepada apa yang
dikatakan oleh para pengritik tentang Paulus (lihat 2Kor 10:10)
dan bagian tentang hikmat dalam pasal yang sama mungkin ditujukan kepada Apolos
dan pendidikannya (Kis. Kis 18:24). Paulus menggunakan lima sebutan
yang mencolok bagi dirinya dan para pemimpin gereja lainnya untuk menunjukkan
bagaimana seharusnya sikap kita:
o Sebagai pelayan (diakonia). 1Ko 3:5
o Sebagai kawan sekerja. 1Ko 3:9
o Sebagai ahli bangunan. 1Ko 3:10
o Sebagai hamba, pembantu. 1Ko 4:1
o Sebagai orang yang dipercaya. 1Ko 4:1

2. Kebingungan mengenai kebebasan (pasal 8-10)

o Orang Kristen 'yang kuat' berpendapat bahwa mereka bebas memakan makanan dalam
rumah-rumah berhala di Korintus, sekalipun orang Kristen 'yang lemah'
dibingungkan dan dilemahkan oleh perbuatan mereka.
o Wanita-wanita 'yang bebas' merasa boleh menanggalkan kerudung walaupun
sebagian pria Kristen tradisional berpikir bahwa mereka terlalu maju.

Paulus memarahi hal-hal tersebut. Ia mengambil contoh sederhana: haknya untuk
menerima upah bagi pekerjaannya sebagai seorang pengkhotbah.

Ia membuat tujuh argumentasi yang mendukung prinsip membayar pengkhotbah:

o Contoh dari para rasul. 1Ko 9:5
o Ilustrasi tentang seorang prajurit. 1Ko 9:7
o Ilustrasi tentang seorang tukang kebun. 1Ko 9:7
o Ilustrasi tentang seorang gembala. 1Ko 9:7
o Ajaran hukum Taurat. 1Ko 9:8
o Contoh dari para imam di Bait Allah. 1Ko 9:13
o Pengajaran dari Yesus sendiri. 1Ko 9:14

Dan setelah membuktikan haknya atas upah, ia menolak untuk dibayar
(1Ko 9:15). Maksudnya jelas: Walau aku mempunyai hak, tidak berarti
bahwa aku harus menggunakannya.

Dan inilah prinsipnya: 'Sungguhpun aku bebas terhadap semua orang, aku
menjadikan diriku hamba dari semua orang, supaya aku boleh memenangkan sebanyak
mungkin orang'. (1Ko 9:19)

Penerapan

1. Kepandaian manusia pasti bertentangan dengan hikmat Allah.

2. Orang Kristen yang mengidolakan pemimpin mereka:
o memecah belah gereja o menipu pemimpin mereka o meremehkan Allah

3. Disiplin gereja, yang kini banyak dilupakan:
o memulihkan para pemberontak o memperingatkan mereka yang tidak mantap o menjadi saksi bagi dunia o memuliakan Allah

4. Orang Kristen dibebaskan:
o bukan untuk menyenangkan diri sendiri o tetapi supaya dapat melayani Allah o dan dapat memenangkan orang lain

5. Kebangkitan merupakan hakikat kekristenan.
o kebangkitan BUKAN sebagai pilihan tambahan

Tema-tema Kunci

o Bacalah dengan saksama 1Ko 1:17 sampai 1Ko 2:13, dan
catatlah hal-hal yang berhubungan dengan hikmat, kuasa, kebodohan atau
kelemahan. Paulus menggunakan masing-masing ini dalam dua cara: sebagaimana
dilihat oleh manusia dan sebagaimana Allah melihatnya. Coba jelaskan semua
pokok ini.
o Dalam pasal 5 dan 6 Paulus mulai mengajukan tujuh pertanyaan dengan 'Tidak tahukah kamu?':
- sedikit ragi mengkhamiri seluruh adonan. 1Ko 5:6
- orang kudus akan menghakimi dunia. 1Ko 6:2
- kita akan menghakimi malaikat-malaikat. 1Ko 6:3
- orang-orang yang tidak benar tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. 1Ko 6:9
- tubuhmu adalah anggota Kristus. 1Ko 6:15
- siapa yang mengikatkan dirinya dengan pelacur, menjadi satu tubuh dengan dia. 1Ko 6:16
- tubuhmu adalah bait Roh Kudus. 1Ko 6:19

Atas dasar apa Paulus berharap agar orang Kristen di Korintus mengetahui
ketujuh prinsip ini? Jika kita tahu ketujuh prinsip ini, apa pengaruhnya atas
tingkah laku kita?
o Empat dasar injil. Dalam 1Ko 15:3-5 Paulus mempersingkat Injil menjadi empat dasar pengajaran.

1. Kristus mati untuk dosa-dosa kita sesuai dengan apa yang tertulis dalam kitab suci.
2. Ia dikuburkan.
3. Ia dibangkitkan pada hari ketiga sesuai dengan apa yang tertulis dalam kitab suci.
4. Ia menampakkan diri...

Selidikilah dalam seluruh Perjanjian Lama dan tunjukkan bahwa Kristus mati
untuk dosa-dosa kita sesuai dengan kitab suci dan bahwa Kristus dibangkitkan
pada hari ketiga sesuai dengan kitab suci.

o Pasal 15 mengenai kebangkitan. Apa konsekuensi dari kepercayaan yang tidak
mengakui adanya kebangkitan (ayat 12-19)?

Perhatikan tiga pasangan yang mencolok yang ditunjukkan oleh Paulus dalam ayat
45-49:

1. Adam pertama dan Adam terakhir.
2. Manusia pertama dan Manusia kedua.
3. Manusia dari debu dan Manusia dari surga.
Mengapa Yesus dikatakan Adam terakhir, tetapi Manusia kedua? (Pelajarilah
dengan saksama Rom 5:6-21 untuk lebih mendalami hal yang sangat
kontras antara Adam dan Kristus).

Garis Besar Intisari: 1 Korintus (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR 1Ko 1:1-9 1Ko 1:1-3Salam 1Ko 1:4-9Beberapa komentar yang mengejutkan [2] SKANDAL GEREJA YANG TERPECAH 1Ko 1:10-4:21 1Ko 1:

[1] PENGANTAR 1Ko 1:1-9

1Ko 1:1-3Salam
1Ko 1:4-9Beberapa komentar yang mengejutkan

[2] SKANDAL GEREJA YANG TERPECAH 1Ko 1:10-4:21

1Ko 1:10-31Manusia dipermuliakan: Kristus disalibkan
1Ko 2:1-3:4Hikmat rohani
1Ko 3:5-4:5Pikirkan tentang para pemimpin seperti ini
1Ko 4:6-21Kesombongan luar biasa, kemiskinan dan kuasa

[3] SKANDAL IMORALITAS 1Ko 5:1-6:20

1Ko 5:1-13Skandal seksual yang memalukan
1Ko 6:1-8Skandal peradilan
1Ko 6:9-20Kesucian bagi Bait Roh Kudus

[4] PERTANYAAN-PERTANYAAN TENTANG PERKAWINAN 1Ko 7:1-40

1Ko 7:1-9Tentang hak dan kewajiban
1Ko 7:10-24Tentang perceraian
1Ko 7:25-38Bagaimana tentang orang-orang yang melajang?
1Ko 7:39-40Ringkasan

[5] DIBEBASKAN... TETAPI SEBERAPA BEBAS? 1Ko 8:1-11:1

1Ko 8:1-13Dibebaskan dari penyembahan berhala, tetapi...
1Ko 9:1-27Bebas dari pengaruh masyarakat, tetapi...
1Ko 10:1-13Bebas karena anugerah Allah, tetapi...
1Ko 10:14-11:1Bebas untuk melayani manusia dan menyukakan Allah

[6] KEKACAUAN DALAM IBADAH DI GEREJA 1Ko 11:2-14:40

1Ko 11:2-16Rambut panjang, topi dan kerudung
1Ko 11:17-34Perjamuan Kudus: dalam gereja yang terpecah?
1Ko 12:1-31Karunia-karunia Roh
1Ko 13:1-13Karunia yang terbesar
1Ko 14:1-40Bahasa lidah dan nubuatan

[7] KEBANGKITAN 1Ko 15:1-58

1Ko 15:1-11Inilah kabar baik
1Ko 15:12-19Jika Kristus tidak bangkit...
1Ko 15:20-34Tetapi Ia telah bangkit dan kita pun akan dibangkitkan
1Ko 15:35-50Apa arti kebangkitan
1Ko 15:51-58Kemuliaan kebangkitan

[8] KESIMPULAN 1Ko 16:1-24

1Ko 16:1-9Rencana-rencana Paulus
1Ko 16:10-20Beberapa orang penting
1Ko 16:21-24Salam pribadi
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #16: Tampilan Pasal untuk mengeksplorasi pasal; Tampilan Ayat untuk menganalisa ayat; Multi Ayat/Kutipan untuk menampilkan daftar ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 1.63 detik
dipersembahkan oleh YLSA