kecilkan semua  

Teks -- 1 Tawarikh 1:1-54 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Daftar keturunan Adam sampai Abraham
1:1 Adam, Set, Enos, 1:2 Kenan, Mahalaleel, Yared, 1:3 Henokh, Metusalah, Lamekh, 1:4 Nuh, Sem, Ham dan Yafet. 1:5 Keturunan Yafet ialah Gomer, Magog, Madai, Yawan, Tubal, Mesekh dan Tiras. 1:6 Keturunan Gomer ialah Askenas, Difat dan Togarma. 1:7 Keturunan Yawan ialah Elisa, Tarsis, orang Kitim dan orang Rodanim. 1:8 Keturunan Ham ialah Kush, Misraim, Put dan Kanaan. 1:9 Keturunan Kush ialah Seba, Hawila, Sabta, Raema dan Sabtekha; keturunan Raema ialah Syeba dan Dedan. 1:10 Kush memperanakkan Nimrod; dialah orang yang mula-mula sekali berkuasa di bumi. 1:11 Misraim memperanakkan orang Ludim, orang Anamim, orang Lehabim, orang Naftuhim, 1:12 orang Patrusim, orang Kasluhim -- dari mereka inilah berasal orang Filistin -- dan orang Kaftorim. 1:13 Kanaan memperanakkan Sidon, anak sulungnya dan Het, 1:14 serta orang Yebusi, orang Amori, orang Girgasi, 1:15 orang Hewi, orang Arki, orang Sini, 1:16 orang Arwadi, orang Semari dan orang Hamati. 1:17 Keturunan Sem ialah Elam, Asyur, Arpakhsad, Lud, Aram, Us, Hul, Geter dan Mesekh. 1:18 Arpakhsad memperanakkan Selah, dan Selah memperanakkan Eber. 1:19 Bagi Eber lahir dua anak laki-laki; nama yang seorang ialah Peleg, sebab dalam zamannya penduduk bumi terbagi, dan nama adiknya ialah Yoktan. 1:20 Yoktan memperanakkan Almodad, Selef, Hazar-Mawet, Yerah, 1:21 Hadoram, Uzal, Dikla, 1:22 Ebal, Abimael, Syeba, 1:23 Ofir, Hawila dan Yobab; itulah semuanya anak-anak Yoktan. 1:24 Sem, Arpakhsad, Selah, 1:25 Eber, Peleg, Rehu, 1:26 Serug, Nahor, Terah, 1:27 Abram, itulah Abraham.
Keturunan Abraham
1:28 Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael. 1:29 Inilah keturunan mereka: anak sulung Ismael ialah Nebayot, lalu Kedar, Adbeel, Mibsam, 1:30 Misyma, Duma, Masa, Hadad, Tema, 1:31 Yetur, Nafish dan Kedma; mereka itulah anak-anak Ismael. 1:32 Keturunan Ketura, gundik Abraham: perempuan itu melahirkan Zimran, Yoksan, Medan, Midian, Isybak dan Suah. Anak-anak Yoksan ialah Syeba dan Dedan. 1:33 Anak-anak Midian ialah: Efa, Efer, Hanokh, Abida dan Eldaa. Itulah semuanya keturunan Ketura.
Keturunan Esau
1:34 Abraham memperanakkan Ishak. Anak-anak Ishak ialah Esau dan Israel. 1:35 Anak-anak Esau ialah Elifas, Rehuel, Yeush, Yaelam dan Korah. 1:36 Anak-anak Elifas ialah Teman, Omar, Zefi, Gaetam, Kenas, Timna dan Amalek. 1:37 Anak-anak Rehuel ialah Nahat, Zerah, Syama dan Miza. 1:38 Anak-anak Seir ialah Lotan, Syobal, Zibeon, Ana, Disyon, Ezer dan Disyan. 1:39 Anak-anak Lotan ialah Hori dan Homam; adik perempuan Lotan ialah Timna. 1:40 Anak-anak Syobal ialah Alyan, Manahat, Ebal, Syefi dan Onam; anak-anak Zibeon ialah Aya dan Ana. 1:41 Keturunan Ana ialah Disyon; anak-anak Disyon ialah Hamran, Esyban, Yitran dan Keran. 1:42 Anak-anak Ezer ialah Bilhan, Zaawan dan Yaakan. Anak-anak Disyan ialah Us dan Aran.
Raja-raja Edom
1:43 Inilah raja-raja yang memerintah di tanah Edom, sebelum seorang raja dari orang Israel memerintah: Bela bin Beor, dan kotanya bernama Dinhaba. 1:44 Setelah Bela mati, Yobab bin Zerah, dari Bozra, menjadi raja menggantikan dia. 1:45 Setelah Yobab mati, Husyam, dari negeri orang Teman, menjadi raja menggantikan dia. 1:46 Setelah Husyam mati, Hadad bin Bedad menjadi raja menggantikan dia; dialah yang memukul kalah orang Midian di daerah Moab, dan kotanya bernama Awit. 1:47 Setelah Hadad mati, Samla, dari Masyreka menjadi raja menggantikan dia. 1:48 Setelah Samla mati, Saul, dari Rehobot-Sungai, menjadi raja menggantikan dia. 1:49 Setelah Saul mati, Baal-Hanan bin Akhbor menjadi raja menggantikan dia. 1:50 Setelah Baal-Hanan mati, Hadad menjadi raja menggantikan dia, dan kotanya bernama Pahi dan isterinya bernama Mehetabeel binti Matred binti Mezahab. 1:51 Setelah Hadad mati, maka yang menjadi kepala-kepala kaum di Edom ialah kepala kaum Timna, kepala kaum Alya, kepala kaum Yetet, 1:52 kepala kaum Oholibama, kepala kaum Ela, kepala kaum Pinon, 1:53 kepala kaum Kenas, kepala kaum Teman, kepala kaum Mibzar, 1:54 kepala kaum Magdiel dan kepala kaum Iram. Itulah kepala-kepala kaum di Edom.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abida the son of Midian son of Abraham and Keturah
 · Abimael the son of Joktan of Shem
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · Abram the son of Terah of Shem
 · Adam the father of Cain, Abel, Seth and all mankind,the original man created by God,a town on the Jordan at the mouth of the Jabbok (OS)
 · Adbeel the son of Ishmael son of Abraham and Hagar
 · Akhbor the father of Baal Hanan, King of Edom,son of Micaiah/Micah of Josiah's time
 · Almodad son of Joktan of Shem
 · Amalek members of the nation of Amalek
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · Ana son of Zibeon the "Hivite"; father of Oholibamah Esau's wife; an Edomite chief, the honorary son of his grandfather Seir the Horite (ZD357,360, DC)
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak Sama son of Reuel son of Esau,son of Jesse, older brother of King David,son of Agee the Hararite; one of David's military elite,a man from Harod who was one of David's military elite,a Hararite man; one of David's military elite
 · Anak-anak Onam son of Shobal son of Seir,son of Jerahmeel of Judah, and his wife Atarah
 · anak-anak Seir a mountain and adjoining land,a man from the highlands of Seir (OS); father-in-law of Esau
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Aran son of Dishan of Seir
 · Askenas son of Gomer son of Japheth son of Noah,a people of the northern shore of the Black Sea
 · Asyur a member of the nation of Assyria
 · Awit a town; capital of Hadad, king of Edom (OS)
 · Aya a town of Manasseh
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amalek members of the nation of Amalek
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Bedad father of Hadad, an Edomite king,
 · Bela a town near the south end of the Dead Sea,son of Beor; first king of Edom,son of Benjamin son of Israel,son of Azaz; a leader in the tribe of Reuben
 · Beor the father of the prophet Balaam.,father of Bela king of Edom,father of Balaam the prophet
 · Bilhan son of Ezer of Seir,son of Jediael son of Benjamin
 · Bozra a town of Edom,a town of Moab


Topik/Tema Kamus: Suku | Silsilah | Asal Usul | Ham | Ismael | Orang Ismael | Orang Amori | Orang Midian | Ishak | Abraham | Yafet | Korah | Hawila | Libia | Orang Sidon | Yakub | Elam, Orang | Siprus | Zaawan | Homam | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 1Taw 1:1 - DAFTAR KETURUNAN. Nas : 1Taw 1:1 Pencantuman berbagai daftar keturunan dalam kitab ini mempunyai berbagai tujuan: 1) Seperti halnya seluruh 1 Tawarikh, daftar-d...

Nas : 1Taw 1:1

Pencantuman berbagai daftar keturunan dalam kitab ini mempunyai berbagai tujuan:

  1. 1) Seperti halnya seluruh 1 Tawarikh, daftar-daftar keturunan ini bermaksud menghubungkan kembali para buangan yang kembali dengan nenek moyang mereka dan masa lalu penebusan mereka, dengan demikian menolong mereka menemukan kembali kesadaran akan asal-usul dan warisan rohani mereka.
  2. 2) Daftar-daftar keturunan itu menyatakan bagaimana Allah memilih dan memelihara kaum sisa untuk diri-Nya sendiri dari awal sejarah manusia hingga masa pasca-pembuangan ketika itu.
  3. 3) Sasaran terdekat ialah menolong keluarga-keluarga Israel menetap kembali di tanah itu sesuai dengan kepemilikan keluarga mereka sebelumnya (bd. pasal Im 25:1-55) dan untuk menunjukkan dengan jelas bahwa suku Lewi yang akan melahirkan imam-imam.
  4. 4) Sasaran akhir ialah menelusuri keturunan keluarga yang melaluinya Allah akan membawa keselamatan kepada dunia. Allah telah memilih Abraham (ayat 1Taw 1:27), dan dari Abraham, suatu keluarga lain, Israel (ayat 1Taw 1:34), dan dari keluarga Israel (1Taw 2:1) Allah memilih suku Yehuda, yang menurunkan keturunan Daud (1Taw 3:1). Allah berjanji bahwa dari keluarga Daud akan datang Putra Mesias, yang akan membawa penebusan dari Iblis dan dosa

    (lihat cat. --> Kej 3:15;

    [atau ref. Kej 3:15]

    lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN DAUD,

    lihat art. PERJANJIAN ALLAH DENGAN ABRAHAM, ...)

Full Life: 1Taw 1:1-4 - ADAM, SET, ENOS. Nas : 1Taw 1:1-4 Nama-nama ini diperoleh dari Kej 5:1-32 dan menunjukkan bahwa penulis Tawarikh mempercayai pasal-pasal pertama kitab Kejadian adal...

Nas : 1Taw 1:1-4

Nama-nama ini diperoleh dari Kej 5:1-32 dan menunjukkan bahwa penulis Tawarikh mempercayai pasal-pasal pertama kitab Kejadian adalah sejarah yang dapat diandalkan dan bukan legenda.

BIS: 1Taw 1:19 - Peleg Peleg: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "terbagi-bagi".

Peleg: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "terbagi-bagi".

Jerusalem: 1Taw 1:1--9:44 - -- Bab 1-9 hampir seluruhnya terdiri atas berbagai-bagai silsilah atau daftar keturunan. Daftar-daftar yang tercantum dalam Kej 1-12 berakhir dengan Abra...

Bab 1-9 hampir seluruhnya terdiri atas berbagai-bagai silsilah atau daftar keturunan. Daftar-daftar yang tercantum dalam Kej 1-12 berakhir dengan Abraham, dan daftar-daftar keturunan yang disajikan 1Tawarikh berakhir dengan raja Saul. Begitu disiapkan kisah mengenai Daud yang menjadi tokoh utama dalam kitab Tawarikh. baiklah dibandingkan silsilah Yesus yang disajikan Mat 1:1-17; Luk 3:23-38. Si Muwarikh memanfaatkan kitab Pentateukh dalam redaksinya yang terakhir dan lagi kitab-kitab sejarah yang sudah disusun sebelumnya. Ia menambah beberapa berita lain yang kiranya tepat. Berita-berita itu diangkatnya dari sumber-sumber lain yang tersedia baginya. Silsilah-silsilah yang disajikan si Muwarikh kemudian masih dilengkapi oleh orang-orang lain yang berhaluan sama,- Seperti seringkali halnya dengan silsilah-silsilah yang tercantum dalam Alkitab, demikianpun silsilah-silsilah yang tercantum dalam 1Tawarikh ini menunjuk hubungan kekeluargaan yang agak longgar dan bahkan hubungan antar tetangga saja. Nama-nama tempat dapat menjadi nama orang. Baik dalam naskah-naskah Ibrani maupun dalam terjemahan-terjemahan kuno ada banyak perbedaan nama. Tidak semua perbedaan dapat dicatat di sini.

Jerusalem: 1Taw 1:1-54 - -- Dengan meringkas daftar-daftar panjang yang terdapat dalam Kej 5 dan Kej 11 dan dengan menyalin beberapa bagian dari Kej 10, si Muwarikh hanya menyaji...

Dengan meringkas daftar-daftar panjang yang terdapat dalam Kej 5 dan Kej 11 dan dengan menyalin beberapa bagian dari Kej 10, si Muwarikh hanya menyajikan daftar keturunan Manusia pertama yang menuju ke Abraham yang berbangsa Semit (keturunan Sem), dan daftar-daftar keturunan Ishak dan Yakub.

Ende: 1Taw 1:1--9:44 - -- Bagian pertama Kitab Tawarich terdiri atas suatu kumpulan silsilah2 jang bermatjam-ragam. Bagian ini menudju ke Dawud dan menaruh perhatian chusus pad...

Bagian pertama Kitab Tawarich terdiri atas suatu kumpulan silsilah2 jang bermatjam-ragam. Bagian ini menudju ke Dawud dan menaruh perhatian chusus pada kaum Levita. Silsilah2 itu untuk sebagian diambil alih dari Kitab Sutji, untuk sebagian di-buat2 sadja, entah oleh si penjusun sendiri, entah oleh orang lain jang mendahuluinja, sehingga si penjusun menjalin sadja. Pada bangsa Jahudi sesudah pembuangan silsilah2 keluarga dan marga dianggap sangat penting. Nama2 jang terdapat dalam daftar2 itu tidak selalu nama2 orang tertentu, melainkan sering-kali djuga nama marga, keluarga, suku, bangsa, daerah atau kota. Kata "anak" atau "bapak","melahirkan" dan "memperanakkan" serta "kawin" tidak selalu mempunjai maknanja jang biasa, tetapi dapat berarti djuga "pendiri", "penguasa", "perebut", "bertjampur dengan suku bangsa atau marga lain" dan sebangsanja. Perlulah tiap2 kali nama2 diperiksa untuk menentukan maknanja jang konkrit. Apa jang dimaksudkan ialah seringkali hubungan2 tertentu, kadang2 hubungan tempat sadja, antara marga2 dan keluarga2 Israil satu sama lain atau dengan suku2 lain, jang lama-kelamaan diisap atau ditaklukkan oleh suku2 Israil. Dan hubungan2 sematjam itu tidak boleh dianggap sebagai selalu tjotjok dengan hasil ilmu bangsa.

Maksudnja si pengarang dengan daftar2 nama ialah: Menggabungkan Dawud dan keturunannja (al-Masih) dengan asal-usul umat Allah dan bangsa manusia seluruhnja. Dalam rentjana Allah Penjelamat semuanja menudju kesitu sebagai pusat dan penjelesaian sedjarah.

Ende: 1Taw 1:24-51 - -- Pengarang disini mengenakan suatu metodos, jang sudah dipakai oleh Kitab Kedjadian, untuk sampai kepada apa jang lebih2 menarik perhatiannja, jakni: I...

Pengarang disini mengenakan suatu metodos, jang sudah dipakai oleh Kitab Kedjadian, untuk sampai kepada apa jang lebih2 menarik perhatiannja, jakni: Ia meninggalkan ketiga tjabang umat manusia untuk meneruskan hanja tjabang Sjem (asal-usul bangsa terpilih), dari tjabang2 Sjem diteruskan hanja tjabang jang menudju ke Ibrahim. Dari keturunan Ibrahim lalu diteruskan hanja keturunan Ishak liwat Jakub. Demikian ia sampai kepada umat Jahwe, satu2nja jang menerima djandjiNja, dan itu mau dibitjarakan, dahulu hanja dalam silsilahnja, lalu djuga dalam hal-ichwalnja.

Ende: 1Taw 1:38 - -- Se'ir adalah nama lain untuk Edom, keturunan 'Esau.

Se'ir adalah nama lain untuk Edom, keturunan 'Esau.

Ende: 1Taw 1:51 - -- Radja Dawud menghentikan kedaulatan Edom, dan karena itu daftar radja2 Edom disini (1Ta 1:43-50) dimuat. Adalah "penghulu2" itu wali2 negeri jang dian...

Radja Dawud menghentikan kedaulatan Edom, dan karena itu daftar radja2 Edom disini (1Ta 1:43-50) dimuat. Adalah "penghulu2" itu wali2 negeri jang diangkat Dawud?

Endetn: 1Taw 1:6 - Rifat diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis: "Difat".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.). Tertulis: "Difat".

Endetn: 1Taw 1:7 - Tarsjisj diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.) Tertulis: "Tarsjisja" (Lih. Kej 10:4).

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.) Tertulis: "Tarsjisja" (Lih. Kej 10:4).

Endetn: 1Taw 1:12 - orang2 Kaftor Kata2 ini dipindahkan dari achir ajat ini (Lih. Amo 9:7).

Kata2 ini dipindahkan dari achir ajat ini (Lih. Amo 9:7).

Endetn: 1Taw 1:17 - -- ("Keturunan Aram"). Ditambahkan menurut naskah Hibrani dan satu naskah terdjemahan Junani. (Lih. Kej 10:23).

("Keturunan Aram"). Ditambahkan menurut naskah Hibrani dan satu naskah terdjemahan Junani. (Lih. Kej 10:23).

Endetn: 1Taw 1:46 - 'Awit diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani Kere dan beberapa naskah terdjemahan Junani, terdjemahan Syriah dan Latin (Vlg.). Tertulis: "'Ajiwt".

diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani Kere dan beberapa naskah terdjemahan Junani, terdjemahan Syriah dan Latin (Vlg.). Tertulis: "'Ajiwt".

Endetn: 1Taw 1:50 - dari diperbaiki. Tertulis: "binti".

diperbaiki. Tertulis: "binti".

Ref. Silang FULL: 1Taw 1:1 - Adam · Adam: Kej 5:1-32; Luk 3:36-38

Ref. Silang FULL: 1Taw 1:2 - Kenan // Mahalaleel // Yared · Kenan: Kej 5:9; Kej 5:9 · Mahalaleel: Kej 5:12; Kej 5:12 · Yared: Kej 5:15; Kej 5:15

· Kenan: Kej 5:9; [Lihat FULL. Kej 5:9]

· Mahalaleel: Kej 5:12; [Lihat FULL. Kej 5:12]

· Yared: Kej 5:15; [Lihat FULL. Kej 5:15]

Ref. Silang FULL: 1Taw 1:3 - Henokh // Metusalah // Lamekh // Nuh · Henokh: Kej 5:18; Kej 5:18; Yud 1:14 · Metusalah: Kej 5:21; Kej 5:21 · Lamekh: Kej 5:25; Kej 5:25 · Nuh: Kej 5:29; Kej 5...

· Henokh: Kej 5:18; [Lihat FULL. Kej 5:18]; Yud 1:14

· Metusalah: Kej 5:21; [Lihat FULL. Kej 5:21]

· Lamekh: Kej 5:25; [Lihat FULL. Kej 5:25]

· Nuh: Kej 5:29; [Lihat FULL. Kej 5:29]

Ref. Silang FULL: 1Taw 1:4 - Nuh // dan Yafet · Nuh: Kej 6:10; 10:1 · dan Yafet: Kej 5:32; Kej 5:32

· Nuh: Kej 6:10; 10:1

· dan Yafet: Kej 5:32; [Lihat FULL. Kej 5:32]

Ref. Silang FULL: 1Taw 1:24 - Sem · Sem: Kej 10:21-25; Kej 10:21 s/d 25; Luk 3:34-36

· Sem: Kej 10:21-25; [Lihat FULL. Kej 10:21] s/d 25; Luk 3:34-36

Ref. Silang FULL: 1Taw 1:32 - Ketura, gundik // dan Dedan · Ketura, gundik: Kej 22:24; Kej 22:24 · dan Dedan: Kej 10:7; Kej 10:7

· Ketura, gundik: Kej 22:24; [Lihat FULL. Kej 22:24]

· dan Dedan: Kej 10:7; [Lihat FULL. Kej 10:7]

Ref. Silang FULL: 1Taw 1:34 - Abraham // memperanakkan Ishak // dan Israel · Abraham: Luk 3:34 · memperanakkan Ishak: Mat 1:2; Kis 7:8 · dan Israel: Kej 17:5; Kej 17:5

· Abraham: Luk 3:34

· memperanakkan Ishak: Mat 1:2; Kis 7:8

· dan Israel: Kej 17:5; [Lihat FULL. Kej 17:5]

Ref. Silang FULL: 1Taw 1:35 - Anak-anak Esau // Elifas, Rehuel · Anak-anak Esau: Kej 36:19 · Elifas, Rehuel: Kej 36:4; Kej 36:4

· Anak-anak Esau: Kej 36:19

· Elifas, Rehuel: Kej 36:4; [Lihat FULL. Kej 36:4]

Ref. Silang FULL: 1Taw 1:36 - dan Amalek · dan Amalek: Kel 17:14; Kel 17:14

· dan Amalek: Kel 17:14; [Lihat FULL. Kel 17:14]

Ref. Silang FULL: 1Taw 1:37 - Anak-anak Rehuel · Anak-anak Rehuel: Kej 36:17

· Anak-anak Rehuel: Kej 36:17

Ref. Silang FULL: 1Taw 1:40 - dan Ana · dan Ana: Kej 36:2; Kej 36:2

· dan Ana: Kej 36:2; [Lihat FULL. Kej 36:2]

Ref. Silang FULL: 1Taw 1:45 - orang Teman · orang Teman: Kej 36:11; Kej 36:11

· orang Teman: Kej 36:11; [Lihat FULL. Kej 36:11]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 1Taw 1:1-54 - -- A. Para Leluhur (1:1-54) Pasal yang pertama ini mengisahkan perkembangan umat manusia. Kisah tersebut diawali dengan Adam dan menelusuri keturunannya...

A. Para Leluhur (1:1-54)

Pasal yang pertama ini mengisahkan perkembangan umat manusia. Kisah tersebut diawali dengan Adam dan menelusuri keturunannya melalui Abraham hingga Yakub dan Esau. Tujuannya ialah untuk mendefinisikan kedudukan umat pilihan Allah di dalam sejarah dunia. Keturunan umat manusia yang jauh dari Israel dengan demikian dikesampingkan dengan sebutan sekilas saja, itupun jika disebutkan; sedangkan mereka yang dekat dengan Israel dibahas secara lebih terinci. Sebagian besar bahannya diambil dari Kitab Kejadian.

Wycliffe: 1Taw 1:4 - Nuh 4. Nuh. Penulis Tawarikh mengharapkan pembacanya untuk memahami bahwa Sem, Ham dan Yafet merupakan tiga orang putra Nuh dan bukan tiga angkatan (Kej. ...

4. Nuh. Penulis Tawarikh mengharapkan pembacanya untuk memahami bahwa Sem, Ham dan Yafet merupakan tiga orang putra Nuh dan bukan tiga angkatan (Kej. 5).

Wycliffe: 1Taw 1:5 - Keturunan Yafet 5. Keturunan Yafet. Ayat 5-23 mengulangi daftar di Kejadian 10 dengan sejumlah perbedaan ejaan yang tidak penting. Keturunan Yafet mencakup orang-oran...

5. Keturunan Yafet. Ayat 5-23 mengulangi daftar di Kejadian 10 dengan sejumlah perbedaan ejaan yang tidak penting. Keturunan Yafet mencakup orang-orang Eropa dan Asia Utara seperti orang Yawan (Ionia, orang Yunani), Gomer (orang Simeria di dataran Rusia). Tubal dan Mesekh (orang Tabali dan Muski kuno di dataran tinggi Turki) dan Madai (orang Medes dari Iran).

Wycliffe: 1Taw 1:8 - Keturunan Ham 8. Keturunan Ham. Keturunan Ham menduduki Afrika: Put (Libia), Misraim (Mesir, dan Kusy (Etiopia). Namun keturunan Ham juga menetap di Asia barat daya...

8. Keturunan Ham. Keturunan Ham menduduki Afrika: Put (Libia), Misraim (Mesir, dan Kusy (Etiopia). Namun keturunan Ham juga menetap di Asia barat daya: Kanaan (Palestina) dan Nimrod Kusy di Babel (bdg. Kej. 10:10; dan perhatikan bahwa sungai kedua dari Eden mengelilingi Kusy, 2:13).

Wycliffe: 1Taw 1:17 - Keturunan Sem // penduduk bumi terbagi // Hul, Geter // Mesekh // Abram, itulah Abraham 17. Keturunan Sem. Sesudah penduduk bumi terbagi (ay. 19) yang mungkin mengacu kepada pengacauan bahasa di Babel (Kej. 11:1-9), keturunan Sem tinggal ...

17. Keturunan Sem. Sesudah penduduk bumi terbagi (ay. 19) yang mungkin mengacu kepada pengacauan bahasa di Babel (Kej. 11:1-9), keturunan Sem tinggal paling dekat dengan rumah asal umat manusia di Asia tengah sekalipun membentang dari Lud (Lidia di Asia kecil) dan Aram hingga Elam (di utara semenanjung Persia). Dari Arpakshad lahirlah Eber (maksudnya: Ibrani), nenek moyang Abraham dan bangsa-bangsa pengembara lainnya yang di dalam sejarah kuno dikenal sebagai bangsa Kabiru atau Apiru. Us, Hul, Geter dan Mesekh adalah putra-putra Aram (Kej. 10:23). 27. Abram, itulah Abraham. Daftar keturunannya ditelusuri dari Kejadian 11:10-26 dan perubahan namanya dikisahkan di 17:5.

Wycliffe: 1Taw 1:28 - Anak-anak Abraham // Ketura 28. Anak-anak Abraham. Sekalipun Ishak juga disebutkan di sini, ayat 28-33 membicarakan keturunan Abraham dari mereka yang bukan istri utamanya, Hagar...

28. Anak-anak Abraham. Sekalipun Ishak juga disebutkan di sini, ayat 28-33 membicarakan keturunan Abraham dari mereka yang bukan istri utamanya, Hagar dan Ketura (ay. 32; lih. Kej. 25:1-4, 12-16). Penulis Tawarikh menyebutkan keturunan Abraham yang merupakan suku-suku Arab pengembara ini dahulu sebelum mengarahkan perhatiannya kepada Ishak, putra perjanjian.

Wycliffe: 1Taw 1:35 - Anak-anak Esau 35. Anak-anak Esau. Kemudian, dari kedua anak kembar Ishak, Esau dan keturunannya, orang Edom disebutkan secara singkat sebelum Yakub dan bangsa Israe...

35. Anak-anak Esau. Kemudian, dari kedua anak kembar Ishak, Esau dan keturunannya, orang Edom disebutkan secara singkat sebelum Yakub dan bangsa Israel keturunannya, yang merupakan tema dari I dan II Tawarikh, dikenalkan. Ayat 35-54 merangkum daftar di Kejadian 36 dengan sejumlah perubahan penyalinan dalam ejaan.

Wycliffe: 1Taw 1:36 - Tirana 36. Tirana bukan merupakan putra Elifas namun kekasih gelapnya, dia adalah putri Seir (ay. 39). Tirana melahirkan Amalek (Kej. 36:12) dan namanya menj...

36. Tirana bukan merupakan putra Elifas namun kekasih gelapnya, dia adalah putri Seir (ay. 39). Tirana melahirkan Amalek (Kej. 36:12) dan namanya menjadi nama sebuah distrik di Edom (ay. 51).

Wycliffe: 1Taw 1:38 - Seir 38. Seir adalah orang Hori (Kej. 36:20) atau Hur, sebuah bangsa tua penting yang sebagian menetap di Edom sebelum Esau tiba di sana (Ul. 2:12, 22).

38. Seir adalah orang Hori (Kej. 36:20) atau Hur, sebuah bangsa tua penting yang sebagian menetap di Edom sebelum Esau tiba di sana (Ul. 2:12, 22).

Wycliffe: 1Taw 1:42 - Us 42. Us. Ayub yang berasal dari wilayah ini (Ayb. 1:1) mungkin merupakan seorang keturunan Edom dari Esau (bdg. Rat. 4:21). Perhatikan bahwa putra Esau...

42. Us. Ayub yang berasal dari wilayah ini (Ayb. 1:1) mungkin merupakan seorang keturunan Edom dari Esau (bdg. Rat. 4:21). Perhatikan bahwa putra Esau Elifas, ayah Teman (ay. 36) mungkin dipakai namanya untuk salah seorang teman Ayub, Elifas orang Teman (Ayb. 2:11).

Wycliffe: 1Taw 1:51 - Setelah Hadad mati 51. Setelah Hadad mati. Kematiannya tidak disebutkan di dalam kisah Pentateukh (Kej. 36:39), mungkin karena dia adalah rekan sezaman dengan Musa namun...

51. Setelah Hadad mati. Kematiannya tidak disebutkan di dalam kisah Pentateukh (Kej. 36:39), mungkin karena dia adalah rekan sezaman dengan Musa namun, tentu saja, sudah lama meninggal pada zaman Ezra ketika Kitab-kitab Tawarikh ini sedang disusun.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 1Taw 1:1-54 - Orang yang istimewa. (Selasa, 22 Januari 2002) Orang yang istimewa. Bangsa Israel telah pulang dari pembuangan. Dalam situasi seperti itu, persoalan jati diri adalah masalah besar untuk mereka...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Sejarah "Penebusan" Israel Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Sejarah yang tercatat dalam ...

Full Life: 1 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Silsilah-Silsilah: Adam Sampai Pemulihan (1Taw 1:1-9:44) A. Adam Sampai Abraham (1Taw ...

Jerusalem: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

Wycliffe: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 1 TAWARIKH (untuk I & II Tawarikh) Judul. Di dalam Alkitab Ibrani, Kitab Tawarikh berjudul dibrê hãy-yamîm, "...

Wycliffe: 1 Tawarikh (Garis Besar) GARIS BESAR 1 TAWARIKH I. Daftar Keturunan (1:1-9:44) A. Para Leluhur (1:1-54) B. Yehuda (2:1-4:23) 1....

BIS: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) I TAWARIKH PENGANTAR Buku I dan II Tawarikh sebagian besar berisi kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam buku Samuel dan buku Raja-raja. Tet

I TAWARIKH

PENGANTAR

Buku I dan II Tawarikh sebagian besar berisi kejadian-kejadian yang telah diceritakan dalam buku Samuel dan buku Raja-raja. Tetapi di dalam buku Tawarikh kejadian-kejadian itu diceritakan dari segi pandangan lain. Sejarah kerajaan Israel dalam buku Tawarikh ditulis dengan dua maksud utama:

  1. 1. Untuk menunjukkan bahwa sekalipun kerajaan Israel dan Yehuda ditimpa kemalangan, namun Allah masih memegang janji-Nya kepada bangsa itu, dan melaksanakan rencana-Nya untuk umat-Nya melalui orang-orang yang tinggal di Yehuda. Penulis yakin mengenai hal itu karena ia ingat akan hal-hal besar yang telah dicapai oleh Daud dan Salomo, serta pembaruan-pembaruan yang diusahakan oleh Yosafat, Hizkia dan Yosia. Juga karena masih ada orang-orang yang tetap setia menyembah Allah.
  2. 2. Untuk menguraikan asal mula upacara ibadat di Rumah TUHAN di Yerusalem, terutama mengenai susunan jabatan imam dan orang-orang Lewi yang bertugas dalam upacara-upacara ibadat itu. Sekalipun Rumah TUHAN di Yerusalem itu dibangun oleh Salomo, namun di dalam buku Tawarikh ini Daud dikemukakan sebagai pendiri yang sesungguhnya dari Rumah TUHAN itu dan upacara-upacara ibadatnya.

Isi

  1.  Silsilah dan nama-nama
    1Taw 1:1-9:44
  2.  Wafatnya Saul
    1Taw 10:1-14
  3.  Pemerintahan Daud
    1Taw 11:1-29:30
    1. a. Kesukaran-kesukaran yang dialaminya dan hal-hal yang dicapainya
      1Taw 11:1-22:1
    2. b. Persiapan untuk pembangunan Rumah TUHAN
      1Taw 22:2-29:30

Ajaran: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Tawarikh, Jemaat dapat mengetahui perjalanan bangsa Israel sebagai umat Allah dalam rencana Tuhan

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab I dan II Tawarikh, Jemaat dapat mengetahui perjalanan bangsa Israel sebagai umat Allah dalam rencana Tuhan.

Pendahuluan

Penulis : Kitab I-II Tawarikh kemungkinan besar ditulis oleh Ezra.

Isi Kitab: Kitab I Tawarikh terdiri dari 29 pasal. Kitab II Tawarikh terdiri dari 36 pasal. Isi dari kedua Kitab ini khususnya ialah daftar nama- nama atau silsilah bangsa Israel, dan pengulangan sejarah kerajaan Daud. Namun untuk mengerti lebih jelas akan isi Kitab ini, lihatlah uraian berikut.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab I Tawarikh

  1. Pasal 1-9 (1Taw 1:1-9:44).

    Daftar silsilah bangsa Israel

    Bagian ini menjelaskan daftar silsilah-silsilah.

    1. Daftar silsilah Adam sampai kepada Abraham dan sampa kepada Esau. 1Taw 1:1-54.
    2. Daftar silsilah keturunan Yehuda. 1Taw 2:1-3:24.
    3. Daftar keturunan Simeon, Lewi, dan Benyamin. 1Taw 4:1-8:28.
    4. Daftar silsilah Saul. 1Taw 8:29-40.
    5. Daftar penduduk Yerusalem sesudah peperangan bangs Israel di Babel. 1Taw 9:1-44.
  2. Pasal 10-29 (1Taw 10:1-29:30).

    Riwayat Daud dan kerajaannya.

    Isi pasal-pasal ini diawali dengan riwayat kematian raja Saul, yang kemudian dilanjutkan dengan riwayat raja Daud. Pada akhir pemerintahannya raja Daud memberi amanat kepada Salomo, anaknya, untuk membangun Bait Allah bagi umat Israel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 1Taw 10:13-14. Apakah sebabnya raja Saul dihukum oleh Allah? Hal ini berarti apa bagi kita sekarang?
    2. Bacalah pasal 1Taw 11:1-3. Apakah tugas Daud menurut ayat-ayat ini?
    3. Bacalah pasal 1Taw 28:1-11. Apakah amanat pertama Daud kepada Salomo? (1Taw 28:9). Dan apakah amanat yang kedua? Bagaimanaka amanat-amanat ini diterapkan dalam hidup saudara?
    4. Bagaimanakah pemerintahan raja Salomo? (1Taw 29:20-25).

II. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Tawarikh

  1. Pasal 1-9 (2Taw 1:1-9:31).

    Riwayat tentang Salomo dan kerajaannya Pasal-pasal ini menjelaskan bagaimana setelah Salomo diresmikan menjadi raja bangsa Israel, dia mulai membangun Rumah Tuhan sebagaimana dipesan oleh Daud, kemudian Salomo mentahbiskan Rumah Tuhan yang telah didirikannya itu, dengan memberikan kurban persembahan yang berkenan kepada Tuhan. Dalam pemerintahan Salomo yang berkenan kepada Tuhan itu, dia menerima berkat kebesaran dan kemuliaan-Nya, akhir pasal 9; 2Taw 9:1-31 menyebutkan wafatnya Salomo.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Taw 1:7-13. Apakah isi permintaan Salomo kepada Tuhan? Dan apakah yang diterimanya? Bagaimana dengan isi permohonan doa kita pada Tuhan?
    2. Kejayaan kerajaan Salomo disebabkan karena hikmat yan ada padanya. Dari manakah datangnya hikmat Salomo? (2Taw 9:22). Apakah saudara mempunyai hikmat dari Allah?
  2. Pasal 10-36 (2Taw 10:1-36:23).

    Riwayat tentang raja-raja dalam kerajaan Yehuda Dalam pasal-pasal ini, dijelaskan tentang raja-raja kerajaan Yehuda yang kebanyakan dari mereka tidak mengindahkan Firman Tuhan. Akhirnya kerajaan Yehuda runtuh.

    Pendalaman

    Kebanyakan dari raja-raja kerajaan Yehuda setelah Salomo bersifat seperti yang terdapat dalam pasal 2Taw 36:11-16. Itulah sebabnya mereka dihukum oleh Allah. Sifat-sifat bagaimanakah yang diberkati Tuhan? (Banding sifat jelek pada pasal 2Taw 36:11-16).

III. Kesimpulan/penerapan

  1. Keberhasilan hanya dapat diperoleh apabila berada di pihak Allah.

  2. Allah tidak segan untuk melimpahkan berkat-berkatnya kepada orang yang percaya dan tulus hati.

  3. Pertolongan yang sejati hanya ada pada Allah yang adalah sumber kekuasaan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi dari kitab I-II Tawarikh?
  2. Sebutkanlah pelajaran rohani yang saudara terima setelah pelajaran ini.

Intisari: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Sejarah kerohanian bangsa Israel TENTANG APA I TAWARIKH? I Tawarikh merupakan buku sejarah yang khususnya menceritakan pemerintahan Raja Daud (1000-9

Sejarah kerohanian bangsa Israel

TENTANG APA I TAWARIKH?
I Tawarikh merupakan buku sejarah yang khususnya menceritakan pemerintahan Raja Daud (1000-961 SM). Pasal-pasal pembukaan (1Ta 1-9) merupakan ringkasan tentang sejarah mula-mula bangsa Israel dengan menuliskan silsilah keturunan yang dimulai dari Adam dan seterusnya. Kitab ini secara singkat juga menyebutkan kejatuhan Saul dan kenaikan Salomo. Tetapi, sisanya melulu bercerita mengenai Daud.

BAGAIMANA CARA PENULISAN I TAWARIKH?
I Tawarikh tidak ditulis oleh seorang penulis, tetapi oleh seorang penyusun tulisan yang dengan pandainya menggabungkan sejumlah tulisan yang terdahulu (lihat 1Ta 9:1; 29:29,30) untuk dijadikan suatu kesatuan sejarah. Tradisi Yahudi menegaskan bahwa si penyusun itu ialah Ezra.
Kitab ini merupakan bagian dari suatu karya yang terdiri dari empat jilid, yang termasuk didalamnya 2 Tawarikh, Ezra dan Nehemia.
Ada beberapa usul mengenai masa penyusunan kitab itu. Jika Ezra dianggap sebagai penyunting, maka kitab itu boleh jadi disusun dalam abad keempat sebelum Masehi.

MENGAPA I TAWARIKH DITULIS?
Kisah sejarah yang terdapat dalam I Tawarikh ditulis dengan suatu tujuan tertentu; tidak hanya mencatat fakta-fakta sejarah, tetapi juga mengemukakan arti dari apa yang terjadi. 1 Tawarikh merupakan kitab sejarah yang ditulis menurut pandangan Tuhan. Kitab ini ditulis pada waktu umat Allah hidup dalam lingkungan yang bersiifat sangat duniawi. Negeri mereka telah hancur karena perang, akibatnya banyak dari mereka yang runtuh imannya. Mereka tidak lagi dapat melihat campur tangan Allah dalam masalah-masalah mereka atau percaya bahwa Dia adalah Allah yang menepati apa yang telah dijanjikannya. I Tawarikh menjelaskan mengapa peristiwa sejarah berjalan sedemikian rupa dan mengapa masih mungkin menekuni iman.

APAKAH 1 TAWARIKH DAPAT DIPERCAYA?
Si penyusun seakan-akan memilih peristiwa sejarah untuk membuktikan argumentasinya, dan sebagai akibatnya banyak fakta sejarah bangsa Israel yang terlewatkan dan gambaran sejarah yang disusunnya agak berbeda dengan yang ditemukan dalam Samuel atau Raja-raja. Dari kisah-kisah yang dihilangkan terdapat kisah Elia dan peristiwa-peristiwa yang kurang berkenan dalam kehidupan Daud. Walaupun demikian, tidak dapat dikatakan bahwa I Tawarikh tidak akurat. Si penyusun tidak mengada-ada, ia semata-mata memakai apa yang ada untuk menarik pelajaran tertentu untuk masa itu. Sejarah masih ditulis dengan cara seperti itu. Sebenarnya, sukar untuk menulis sejarah tanpa memilih fakta yang dapat dibuktikan. dan itulah yang dilakukan oleh si Penyusun.

Pesan

I Tawarikh semata-mata berisi tentang hubungan bangsa Israel dengan Allah. Kitab itu menekankan hal-hal berikut:

1. Perlunya beribadah
o Ibadah seharusnya dilaksanakan dengan:
o Penuh suka cita. Penyampaian rasa terima kasih kepada Allah banyak kita jumpai dalam kitab ini. 1Ta 13:8; 15:16; 16:4-36; 29:22
o Diwarnai dengan musik. Musik ditambahkan ke dalam suka cita dan pujian. 1Ta 13:8; 15:16,28; 25:3,6,7
o Benar. Mereka tidak terbawa arus suka cita dan tidak menyembah Allah semau mereka sendiri. Ibadah mereka dilakukan sesuai dengan hukum Allah. 1Ta 15:2,12-15; 16:1,40; 23:31; 24:19
o Murni. Baik penyucian maupun pengakuan dosa amat penting supaya ibadah kita menyenangkan hati Tuhan. 1Ta 15:12-15; 23:28
o Kerendahan hati. Doa-doa Daud menekankan betapa murahnya Allah dan tidak layaknya kita untuk menerima kemurahan-Nya. Daud merasa ia tidak layak di hadapan Allah. 1Ta 16:29,30; 17:16-27; 29:10-19

2. Perlunya ketaatan
o Saul digulingkan karena ketidaktaatan. 1Ta 10:13,14; 1Sa 28:3-25
o Uza dibunuh karena ketidaktaatan. 1Ta 13:9,10; 15:2
o Daud diberkati karena keinginan untuk mencari kehendak Allah dan menaatinya. 1Ta 14:2; 14:10,14; 17:1-27; 22:13

3. Perlunya percaya
Allah dapat dipercaya karena:
o Janji-janji-Nya menjadi kenyataan. 1Ta 11:2,3; 12:23; 17:26; 27:23
o Ia menentukan hasil peperangan. 1Ta 14:10-17; 18:13; 19:13
o Ia mengendalikan hari depan. 1Ta 17:9-14

4. Perlunya pelayanan
o yang terbaik bagi Allah 1Ta 13:7; 22:5
o yang menjadikan waspada terhadap godaan. 1Ta 21:1
o yang penuh pengorbanan. 1Ta 21:24
o yang sepenuh hati. 1Ta 28:9
o yang penuh keikhlasan 1Ta 28:9

Penerapan

1. Pesan untuk Gereja
o Ibadah harus merupakan:
- suatu upacara yang menyenangkan.
- pernyataan terima kasih yang diwarnai dengan musik.
- perayaan yang penuh hormat.
- pemujaan dengan penuh kerendahan hati.
o Pelayanan harus:
- dengan motivasi yang benar.
- dengan roh yang benar.
- tidak dengan sikap acuh tak acuh.
- yang terbaik bagi Allah.
o Pembangunan harus:
- mencerminkan kebesaran Allah.
- tidak membatasi visi kita tentang Allah.

2. Pesan bagi orang Kristen
o Percaya kepada Allah dengan sepenuh hati.
o Taatilah Allah dengan sungguh-sungguh.
o Layanilah Allah dengan penuh suka cita.

3. Pesan bagi orang yang belum percaya
o Allah bekerja di balik semua yang terjadi di dunia ini.
o Allah tidak boleh dipandang enteng.
o Tidak boleh berlaku jahat terhadap umat Allah.

Tema-tema Kunci

1. Apa yang dapat kita pelajari tentang doa
Pelajarilah doa-doa Daud (1Ta 16:8-36; 17:16-27; 29:10-19). Dengan cara bagaimana doa-doa Daud itu memberikan kepada kita suatu pola bagi doa-doa kita sendiri?

2. Apa yang dapat kita pelajari tentang pelayanan
Mudah saja untuk menghilangkan daftar nama-nama yang ada, tetapi dengan berbuat demikian berarti kita akan kehilangan beberapa fakta penting. Lihatlah beberapa daftar nama itu (misalnya 1Ta 12:23-37; 25:1-8) dan catatlah apa yang dapat kita pelajari tentang pelayanan Kristen melalui cara orang-orang ini melayani Daud.

3. Apa yang dapat kita pelajari tentang kegagalan
Dosa Daud dengan mengadakan sensus menunjukkan kepada kita bahwa kita harus selalu waspada godaan. Pelajarilah insiden itu (1Ta 21:1-22) dan lihatlah bagaimana Daud telah melakukan suatu kesalahan; bagaimana Daud menanggung segala akibatnya; pelajaran apa yang didapat oleh Daud, dan apa reaksinya, serta bagaimana pada akhirnya segala sesuatu berjalan dengan baik.

4. Apa yang dapat kita pelajari mengenai pembangunan
Orang Kristen dewasa ini sangat menekankan masalah pembangunan. Pelajarilah penolakan Allah untuk mengizinkan Daud membangun Rumah Tuhan (1Ta 17:3-15) dan persiapan yang dilakukan oleh Daud untuk Rumah Tuhan (1Ta 22:2-19). Sebutkan bahaya yang menyangkut pembangunan dan prinsip-prinsip apa yang dapat diungkapkan dari masalah itu?

5. Apa yang dapat kita pelajari mengenai pemilihan
Tema utama dari 1 Tawarikh ialah bahwa Allah memilih Daud dan keluarganya untuk memerintah Israel di Yerusalem (1Ta 16:13; 28:4-6,10; 29:1). Mengapa fakta ini ditekankan di sini, dan apa tujuan praktis dari doktrin mengenai pemilihan?

6. Apa yang dapat kita pelajari mengenai memberi
Prinsip apa yang diajarkan berkenaan dengan memberi bagi pekerjaan Allah (1Ta 29:3-5)? Telusurilah pengajaran dalam Perjanjian Baru (1Ko 16:1,2; 2Korintus 8 dan 2Ko 9) dan tulislah prinsip-prinsip lain yang Anda temukan disitu.

Garis Besar Intisari: 1 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] SEJARAH KETURUNAN BANGSA ISRAEL 1Ta 1:1-9:44 1Ta 1:1-2:2Dari Adam sampai anak-anak Yakub 1Ta 2:3-4:23Keturunan Yehuda 1Ta 4:24-43Keturunan Si

[1] SEJARAH KETURUNAN BANGSA ISRAEL 1Ta 1:1-9:44

1Ta 1:1-2:2Dari Adam sampai anak-anak Yakub
1Ta 2:3-4:23Keturunan Yehuda
1Ta 4:24-43Keturunan Simeon
1Ta 5:1-10Keturunan Ruben
1Ta 5:11-22Keturunan Gad
1Ta 5:23-26Pemimpin-pemimpin suku Manasye yang berdosa
1Ta 6:1-53Keturuan Lewi
1Ta 6:54-81Kota-kota bangsa Lewi
1Ta 7:1-5Keturuan Isakhar
1Ta 7:6-12Keturunan Benyamin
1Ta 7:13Keturunan Naftali
1Ta 7:14-19Keturunan Manasye
1Ta 7:20-29Keturunan Efraim
1Ta 7:30-40Keturunan Asher
1Ta 8:1-40Keturunan Benyamin
1Ta 9:1-44Penduduk pertama Yerusalem sesudah pembuangan

[2] SEJARAH PEMERINTAHAN DAUD 1Ta 10:1-29:30

1Ta 10:1-14Hari-hari terakhir Saul
1Ta 11:1-3Daud menjadi raja
1Ta 11:4-9Daud menduduki Yerusalem
1Ta 11:10-47Pejuang-pejuang Daud yang gagah perkasa
1Ta 12:1-22Pendukung-pendukung Daud di Ziklag
1Ta 12:23-40Pasukan Daud di Hebron
1Ta 13:1-14Usaha yang gagal untuk memindahkan Tabut Perjanjian ke Yerusalem
1Ta 14:1-17Daud-raja seluruh Israel
1Ta 15:1-29Tabut perjanjian dibawa ke Yerusalem
1Ta 16:1-43Rasa syukur di Yerusalem
1Ta 17:1-27Permohonan Daud untuk membangun Rumah Tuhan ditolak
1Ta 18:1-20:8Kemenangan-kemenangan pasukan Daud
1Ta 21:1-22:1Daud mengadakan sensus dan hasilnya
1Ta 22:2-23:1Persiapan untuk mendirikan Rumah Tuhan
1Ta 23:2-26:32Daftar orang Lewi
1Ta 27:1-34Daftar pejabat pemerintahan

Kata-kata terakhir Daud:

1Ta 28:1-8kepada para pejabat
1Ta 28:9-21kepada Salomo
1Ta 29:1-9Kepada rakyatnya
1Ta 29:10-19Kepada Allahnya
1Ta 29:20-30Daud meninggal
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #34: Tip apa yang ingin Anda lihat di sini? Beritahu kami dengan klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.64 detik
dipersembahkan oleh YLSA