kecilkan semua  

Teks -- Obaja 1:1 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Nubuat tentang Edom
1:1 Penglihatan Obaja. Beginilah firman Tuhan ALLAH tentang Edom -- suatu kabar telah kami dengar dari TUHAN, seorang utusan telah disuruh ke tengah bangsa-bangsa: "Bangunlah, marilah kita bangkit memeranginya!" --
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Edom resident(s) of the region of Edom


Topik/Tema Kamus: Obaja | Nabi | Esau /Edom | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ob 1:1 - OBAJA. Nas : Ob 1:1 Obaja adalah nabi untuk Yehuda yang bernubuat tentang hukuman Allah atas Edom (lih. Pendahuluan kitab Obaja).

Nas : Ob 1:1

Obaja adalah nabi untuk Yehuda yang bernubuat tentang hukuman Allah atas Edom

(lih. Pendahuluan kitab Obaja).

Full Life: Ob 1:1 - TENTANG EDOM. Nas : Ob 1:1 Orang Edom, tetangga selatan Yehuda, merupakan keturunan Esau (ayat Ob 1:6), saudara Yakub; jadi, mereka masih saudara Israel (ayat Ob...

Nas : Ob 1:1

Orang Edom, tetangga selatan Yehuda, merupakan keturunan Esau (ayat Ob 1:6), saudara Yakub; jadi, mereka masih saudara Israel (ayat Ob 1:10). Akan tetapi, mereka telah menjadi musuh bebuyutan umat Allah, sering kali membantu pasukan asing untuk menyerbu Israel. Karena permusuhan dan kebencian Edom yang lama terhadap Israel, murka Allah akan menimpa mereka.

Jerusalem: Ob 1:1 - Beginilah firman Tuhan ALLAH Ungkapan ini barangkali perlu dipindahkan ke awal Oba 1:2. Sebab dengan Oba 1:2 barulah Tuhan sendiri angkat berbicara

Ungkapan ini barangkali perlu dipindahkan ke awal Oba 1:2. Sebab dengan Oba 1:2 barulah Tuhan sendiri angkat berbicara

Jerusalem: Ob 1:1 - Edom Bdk Ula 2:1+

Bdk Ula 2:1+

Jerusalem: Ob 1:1 - suatu kabar Harafiah: apa yang didengar

Harafiah: apa yang didengar

Jerusalem: Ob 1:1 - kami dengar Dalam terjemahan Yunani terbaca: aku dengar (bdk Yer 49:14 yang sejalan)

Dalam terjemahan Yunani terbaca: aku dengar (bdk Yer 49:14 yang sejalan)

Jerusalem: Ob 1:1 - seorang utusan... Nabi membayangkan sejumlah bangsa bersekutu melawan bangsa Edom. Bdk Yer 4:5; 50:2.

Nabi membayangkan sejumlah bangsa bersekutu melawan bangsa Edom. Bdk Yer 4:5; 50:2.

Ende: Ob 1:1 - Penglihatan ialah bukan apa jang "dilihat" nabi, melainkan djenis kesusasteraan dalam kitab ini.

ialah bukan apa jang "dilihat" nabi, melainkan djenis kesusasteraan dalam kitab ini.

Ende: Ob 1:1 - Demikianlah....dst Kalimat ini agak aneh dan sukar untuk digabung dengan jang berikut.

Kalimat ini agak aneh dan sukar untuk digabung dengan jang berikut.

Ende: Ob 1:1 - Aku ialah nabi, bukan Jahwe.

ialah nabi, bukan Jahwe.

Ende: Ob 1:1 - bentara ialah "malaekat", jang atas nama Jahwe mengerahkan bangsa2 untuk memerangi Edom dan dengan demikian mendjauhkan hukuman jang diputuskan Jahwe.

ialah "malaekat", jang atas nama Jahwe mengerahkan bangsa2 untuk memerangi Edom dan dengan demikian mendjauhkan hukuman jang diputuskan Jahwe.

Endetn: Ob 1:1 - Aku diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Yer 48:14. Tertulis: "kita".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Yer 48:14. Tertulis: "kita".

Ref. Silang FULL: Ob 1:1 - Penglihatan // tentang Edom // seorang utusan // bangkit memeranginya · Penglihatan: Yes 1:1; Yes 1:1 · tentang Edom: Kej 25:14; Kej 25:14; Yes 11:14; Yes 11:14; Yes 34:11; Yes 34:11; Yes 63:1-6; Yer 49:...

· Penglihatan: Yes 1:1; [Lihat FULL. Yes 1:1]

· tentang Edom: Kej 25:14; [Lihat FULL. Kej 25:14]; Yes 11:14; [Lihat FULL. Yes 11:14]; Yes 34:11; [Lihat FULL. Yes 34:11]; Yes 63:1-6; Yer 49:7-22; Yeh 25:12-14; [Lihat FULL. Yeh 25:12] s/d 14; Yeh 32:29; [Lihat FULL. Yeh 32:29]; Am 1:11-12; [Lihat FULL. Am 1:11]; [Lihat FULL. Am 1:12]

· seorang utusan: Yes 18:2

· bangkit memeranginya: Yer 6:4-5

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ob 1:1-9 - Firman yang menghukum (Senin, 17 Desember 2001) Firman yang menghukum Firman Tuhan datang dalam beragam bentuk: ada yang berupa penghiburan, nasihat, ada pula yang berupa hukuman. Obaja, yang ber...

SH: Ob 1:1-16 - Hukuman yang setimpal (Sabtu, 15 November 2008) Hukuman yang setimpal Bagaimana Anda mendefinisikan "adil"? Apakah hukuman Allah kepada Edom adil? Apakah Allah tidak bertindak pilih kasih keti...

SH: Ob 1:1-7 - Adil (Jumat, 8 September 2017) Adil Sering kali kita mendengar orang berkata begini, "tetangga adalah saudara terdekat". Ya, dalam banyak hal, tetangga kitalah yang menjadi "saudar...

SH: Ob 1:1-16 - Ditundukkan-Nya Keangkuhan (Selasa, 2 November 2021) Ditundukkan-Nya Keangkuhan Edom, keturunan Esau, dikenal sebagai bangsa yang bijaksana, kuat, dan kejam. Mereka tinggal di wilayah yang subur. Kota m...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Obaja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Obaja Tema : Hukuman atas Edom Tanggal Penulisan: + 840 SM Latar Belakang Penulis kitab yang pendek ini ialah seoran...

Full Life: Obaja (Garis Besar) Garis Besar I. Hukuman atas Edom (Ob 1:1-14) A. Kebinasaan Akan Menimpa Edom (Ob 1:1-4) B. P...

Jerusalem: Obaja (Pendahuluan Kitab) OBAJA Kitab Obaja adalah kitab terpendek di antara kitab-kitab para nabi, sebab terjadi dari 21 ayat saja. Namun demikian kitab ini menimbulkan cukup ...

Ende: Obaja (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Obaja (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

BIS: Obaja (Pendahuluan Kitab) OBAJA PENGANTAR Buku yang pendek ini ditulis entah kapan sesudah kota Yerusalem jatuh pada tahun 586 Sebelum Masehi. Edom musuh bebuyutan bang

OBAJA

PENGANTAR

Buku yang pendek ini ditulis entah kapan sesudah kota Yerusalem jatuh pada tahun

  1. 586 Sebelum Masehi. Edom musuh bebuyutan bangsa Yehuda, senang sekali; mereka

bahkan merampok Yerusalem dan membantu musuh. Nabi Obaja meramalkan bahwa bangsa Edom akan dihukum dan ditaklukkan seperti bangsa-bangsa lain yang memusuhi Israel.

Isi

  1.  Edom dihukum
    Ob 1:1-14
  2.  Hari TUHAN
    Ob 1:15-21

Ajaran: Obaja (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Obaja, anggota jemaat melihat bangsa Edom sebagai contoh bangsa yang tidak mengenal Allah, dan yang menerima

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Obaja, anggota jemaat melihat bangsa Edom sebagai contoh bangsa yang tidak mengenal Allah, dan yang menerima penghukuman Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Obaja adalah Nabi Obaja.

Isi Kitab: Kitab Obaja terdiri dari satu pasal. Isi Kitab Obaja membicarakan tentang penghukuman terhadap bangsa Edom.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Obaja

  1. Ayat 1-4 (Ob 1:1-4). Pemberitaan tentang kesombongan bangsa Edom\ Apakah yang menjadi kesombongan bangsa Edom?
  2. Ayat 5-16 (Ob 1:5-16). Pemberitaan tentang perbuatan dan sikap bangsa Edom\ terhadap bangsa Israel. Dan penghakiman atau hukuman\ terhadap bangsa Edom\ Apakah sikap bangsa Edom? Dan apakah akibatnya?
  3. Ayat 17-21 (Ob 1:17-21). Pemberitaan bahwa kelepasan hanya ada dari bangsa Israel

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Obaja mengajarkan bahwa kesombongan merupakan dosa yang dibenci Allah.

  2. Kitab Obaja mengajarkan bahwa berbahagia karena orang lain mendapat kesulitan sangat dicela oleh Allah.

  3. Kitab Obaja mengajarkan bahwa bertindak dengan kejam terhadap orang lain, tidak berkenan di hadirat Allah.

  4. Kitab Obaja mengajarkan Edom sebagai perlambangan dari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Obaja?
  2. Apakah isi Kitab Obaja?
  3. Mengapakah Edom mendapat penghukuman dari Allah?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Kita Obaja?

Intisari: Obaja (Pendahuluan Kitab) Si Penuntut balas sudah datang PENULISo OBAJA. Namanya berarti "hamba Tuhan", tetapi jati dirinya yang sebenarnya tidak jelas. Beberapa orang dalam P

Si Penuntut balas sudah datang

PENULIS
o OBAJA. Namanya berarti "hamba Tuhan", tetapi jati dirinya yang sebenarnya tidak jelas. Beberapa orang dalam Perjanjian Baru memakai nama ini.
o NAHUM. Namanya berarti "penghibur". Tidak ada yang diketahui tentang dia, kecuali bahwa ia adalah penduduk asli Elkosy, mungkin sebuah kota yang letaknya duapuluh mil di sebelah barat daya Yerusalem. Sebenarnya, kedua "nama" tersebut lebih menunjukkan fungsi kedua nabi tersebut daripada tentang jati diri mereka.

WAKTU PENULISAN
o OBAJA. Penentuan waktu penulisan banyak bergantung pada waktu penaklukkan Yerusalem yang dimaksud dalam ayat Oba 1:10-14. Penaklukkan ini mungkin yang dilakukan oleh bangsa Babel dalam tahun 587 SM (jika demikian halnya, maka Obaja ditulis pada pertengahan abad keenam), atau penaklukkan oleh bangsa Arab dan Filistin di abad kesembilan. Kebanyakan ahli berpegang pada abad keenam.
o NAHUM. Waktu penulisan ialah antara tahun 663 SM, ketika Tebe ditaklukkan oleh bangsa Asyur (lihat Nah 3:8-10) dan kekalahan Niniwe, ibukota Asyur, oleh tentara gabungan antara Medes dan orang Babilonia di tahun 612 SM seperti digambarkan dengan jelas dalam Nah 2:6-8.

LATAR BELAKANG Kesamaan yang terdapat dalam kedua kitab itu ialah suasana kebencian dari musuh-musuh umat Allah. Obaja menyerang Edom dan Nahum, Asyur. Kedua bangsa yang sedang berada di puncak kekuasaan itu bersikap congkak dan menindas. Bangsa Edom adalah "sepupu dekat" bangsa Israel -- Esau, nenek moyang bangsa Edom adalah saudara Yakub -- dan permusuhan antara kedua bersaudara itu tercermin dalam peperangan yang sering terjadi antara Israel dan Edom. Asyur yang berada di puncak kejayaannya merupakan sumber ketakutan bagi seluruh Asia barat, dan bertanggung jawab atas kekejaman yang luar biasa dalam peperangan, terutama terhadap Mesir.

CIRI-CIRI Kedua kitab nubuatan ini ditulis dalam bentuk puisi, dan berisi gambaran yang paling realistis mengenai pengepungan dan penyerangan terhadap sebuah kota dalam seluruh Perjanjian Lama. Kedua nabi mengungkapkan keinginan untuk membalas dendam, membayangkan dengan penuh sukacita setiap detail dari keruntuhan musuh-musuh bangsa Israel. Hal yang tidak biasa dari kedua kitab ini ialah tidak adanya tulisan mengenai hukuman terhadap bangsa Israel dan panggilan untuk bertobat yang merupakan hal yang umum dalam tulisan-tulisan Amos dan Mikha di abad kedelapan. Dalam Perjanjian Baru tidak terdapat acuan langsung terhadap kedua kitab ini.

Pesan

OBAJA

1. Tuhan adalah musuh Edom
o Ia akan mengalahkan Edom. Oba 2-4, 8
o Ia akan menggunakan bangsa-bangsa lain. Oba 1,7

2. Edom tidak dapat luput dari Tuhan
o Pertahanan alami tidak dapat menyelamatkan. Oba 3,4
o Sumber bualannya akan musnah. Oba 6,8,9

3. Edom layak dihukum
o Israel adalah saudaranya. Oba 12
o Edom bersukacita di atas kekalahan Israel. Oba 12,13
o Edom gagal menolong Israel. Oba 11
o Edom secara aktif membantu musuh-musuh Israel. Oba 14
o Edom akan mendapat perlakuan yang sama. Oba 15

4. Israel akan bangkit lagi
o Israel pernah mengalami kehancuran dan bencana. Oba 12,13
o Gunung Sion, tumpah darah Israel, akan menjadi kudus. Oba 17
o Israel akan memperluas wilayahnya. Oba 17-20

5. Tuhan akan ditinggikan
o Semua bangsa akan menghadapi penghakiman. Oba 15,16
o Tuhan akan memerintah sebagai raja seluruh alam semesta. Oba 21

NAHUM

1. Dua sisi sifat Allah
o Pelilndung umat yang pasti. Nah 1:7
o Penggempur musuh-musuhNya. Nah 1:2,6

2. Kejahatan dan hukuman atas Asyur
o Asyur telah berbohong, merampas dan menyesatkan. Nah 3:1,4
o Semua bangsa menderita di tangan Asyur. Nah 3:19
o Asyur mengadakan persekongkolan untuk melawan Tuhan. Nah 1:11
o Asyur harus memberi pertanggungjawaban kepada Tuhan. Nah 3:5
o Dewa-dewa Asyur tidak dapat menyelamatkan mereka. Nah 1:14
o Pemerintahan tangan besi Asyur sudah menurun. Nah 2:11-13
o Asyur akan dipermalukan dan dihina. Nah 2:10; 3:5-7
o Asyur akan mengalammi kekalahan total. Nah 1:14,15

3. Tragedi dan kemenangan Israel
o Israel dipersulit dan menderita. Nah 1:7, 12; 2:2
o Israel akan merayakan kemenangan dengan penuh sukacita. Nah 1:15

Penerapan

1. Kita hidup dalam dunia bermoral
Kita hidup dalam dunia yang dikendalikan oleh Tuhan yang pada akhirnya akan meluruskan yang salah.

2. Allah itu kudus dan penuh kasih
Kita sering membayangkan bahwa Dia bukanlah Allah yang mengampuni dan tidak perduli.

3. Allah mengendalikan sejarah
Hal ini seringkali terlihat dalam percaturan politik internasional. "Pada akhirnya, Allah..." akan menjadi komentar terakhir dari semua sejarah.

4. Kecongkakan selalu membawa kehancuran
Hal ini akan menjadi kenyataan khususnya apabila kecongkakan tidak memberikan tempat bagi Allah.

5. Kita semua harus bertanggungjawab kepada Allah
Kita semua hasur mempertanggungjawabkan segala cara yang kitaa pakai dalam memperlakukan sesama, dan kita tidak dapat luput dari hadapan Allah

6. Umat Allah tidak kebal terhadap penderitaan
Tetapi, Allah merupakan sumber keselamatan yang besar bagi mereka yang menjadi milik-Nya, dan Tuhan dapat dijadikan tempat bergantung bagi kebahagiaaan mereka.

7. Pertanyaan "berapa lama?" penderita
Pada suatu katika tangisan mereka akan berubah menjadi seruan kemenangan "Akhirnya!"

Tema-tema Kunci

1. Kemurahan dan kekerasan Allah
Paulus berbicara tentang "kemurahan dan kekerasan Allah" (Roma 11:22). Obaja dan Nahum lebih banyak berbicara tentang kekerasan, namun ada indikasi tentang kebaikan Allah, terutama dalam Nahum. Carilah contoh-contoh seperti itu, dan teruskan dengan mempelajari: Yesaya 55:7; Mikha 7:18; Mazmur 125:2; 139:1-8; Yesaya 54:5-10. Apa aspek-aspek yang berbeda tentang kebaikan Allah yang terdapat dalam ayat-ayat tersebut?

2. Tuhan adalah Allah yang cemburu
Menurut Anda, apa yang dimaksud dengan "cemburu" dalam Nahum 1:22? Ayat-ayat berikut ini dapat membantu anda untuk menjawab pertanyaan tersebut. Keluaran 34:14; Zakharia 8:2,3; 1Korintus 10:21,22; Titus 2:14; 1Petrus 2:9,10.

3. Pertanggungjawaban manusia terhadap Allah
Obaja dan Nahum menegaskan bahwa Edom dan Asyur harus menghadapi penghakiman Allah, oleh karena kejahatan-kejahatan mereka. Mazmur 33:13-15; Galatia 6:7; Ibrani 4:13 akan membantu menegaskan kebenaran bahwa tujuan akhir kita adalah Allah.

4. Pemeliharaan Allah atas semua orang
Obaja dan Nahum hanya memberikan sebagian dari ajaran alkitabiah tentang sikap Allah terhadap mereka yang tidak menjadi milik-Nya secara istimewa. Untuk bahan perbandingan, pelajari Yunus 4:11; Yesaya 19:25; 45:22; Yohanes 3:17; 1Timotius 2:3-6.

5. Kerajaan akan menjadi milik Tuhan
Obaja 21: Alkitab sering menunjuk kepada kekuasaan Allah atas manusia dalam pengertian "kedudukan sebagai raja" atau "kerajaan", dan menegaskan bahwa pemerintahan ini berpusat pada Kristus. Kebenaran apa saja tentang Kerajaan Allah yang dapat anda temukan dalam ayat-ayat berikut ini: Matius 12:28; Yohanes 18:36; Roma 14:17; Wahyu 12:10?

Garis Besar Intisari: Obaja (Pendahuluan Kitab) OBAJA [1] KEHANCURAN EDOM Oba 1-9 Oba 1Pernyataan tentang pembalasan Oba 2,3Edom, congkak tetapi dihina Oba 4Tidak bisa luput Oba 5,6Tidak ad

OBAJA

[1] KEHANCURAN EDOM Oba 1-9

Oba 1Pernyataan tentang pembalasan
Oba 2,3Edom, congkak tetapi dihina
Oba 4Tidak bisa luput
Oba 5,6Tidak ada yang tertinggal
Oba 8,9Pengkhianatan di antara teman
Oba 8,9Kegagalan "pendukung" Edom

[2] SEBAB-SEBAB KEHANCURAN EDOM Oba 10-14

Oba 10Tidak ada kasih terhadap saudara
Oba 11Ketidakacuhan
Oba 12Kecongkakan
Oba 13Perampokan
Oba 14Tindakan Kekerasan

[3] HARI TUHAN YANG DAHSYAT Oba 15,16

[4] PEMULIHAN ISRAEL Oba 17-21

Oba 17Orang-orang yang terluput
Oba 18Kekalahan akhir Edom
Oba 19,20Pemulihan pemilikan tanah
Oba 21Pemerintahan Allah yang universal
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #31: Tutup popup dengan arahkan mouse keluar dari popup. Tutup sticky dengan menekan ikon . [SEMUA]
dibuat dalam 0.11 detik
dipersembahkan oleh YLSA