dan duduk: Pada zaman itu orang Yahudi duduk kalau mau mengajar.
Nas : Mr 13:5
Ajaran Yesus yang disampaikan di bukit Zaitun ini penuh peringatan agar menjelang akhir zaman para pengikut-Nya harus senantiasa berwaspada terhadap bahaya penyesatan agamais. Yesus menasihatkan, "waspadalah" (ayat Mr 13:5), "Tetapi kamu ini, hati-hatilah!" (ayat Mr 13:9), "Hati-hatilah kamu"(ayat Mr 13:23), "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah!" (ayat Mr 13:33), "Karena itu berjaga-jagalah!" (ayat Mr 13:35), dan "Berjaga-jagalah" (ayat Mr 13:37). Peringatan ini menunjukkan bahwa pada akhir zaman akan muncul banyak ajaran yang tidak alkitabiah di kalangan gereja. Orang percaya harus lebih lagi mengenal dan menaati Firman Allah saja
(lihat cat. --> Mat 24:5).
[atau ref. Mat 24:5]
Nas : Mr 13:6
Lihat cat. --> Mat 24:11.
[atau ref. Mat 24:11]
Nas : Mr 13:10
Lihat cat. --> Mat 24:14.
[atau ref. Mat 24:14]
Nas : Mr 13:13
Ketabahan iman dan ketekunan dalam kesetiaan kepada Kristus adalah syarat alkitabiah untuk keselamatan terakhir (bd. Ibr 3:14; 6:11-12; Ibr 10:36). Kemuliaan keselamatan terakhir itu dilukiskan dalam Wahy 2:7,17,26-28; 3:5,12,20-21; 7:9-17; 14:13; 21:1-7.
Nas : Mr 13:14
Pembinasa keji ini menunjuk kepada kekuatan yang merusak atau mencemarkan segala sesuatu yang kudus (lih. Dan 9:25-27).
- 1) Pernyataan Kristus dapat secara nubuat menunjuk baik pada penyerbuan tentara Roma ke Yerusalem ketika Bait Allah dibinasakan (70 M) maupun kepada patung antikristus yang akan ditempatkan di Yerusalem sesaat sebelum Kristus datang untuk menghakimi orang fasik (lih. 2Tes 2:2-3; Wahy 13:14-15; 19:11-21).
- 2) Pernyataan ini sering disebut "nubuat yang memberi pertanda," yaitu
istilah yang dipakai apabila dua atau lebih peristiwa dipandang sebagai
satu peristiwa. Satu contoh ialah nubuat yang menggabungkan kedatangan
Kristus yang pertama untuk memberitakan Injil dengan kedatangan yang
kedua dengan hukuman dalam Yes 11:1-4; 61:1-2, dan Za 9:9-10
(lihat cat. --> Mat 24:44).
[atau ref. Mat 24:44]
Demikian pula, peristiwa pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta dan "hari Tuhan yang hebat dan dahsyat" digabung dan disebut sebagai satu peristiwa dalam Yoel 2:28-31. Dalam ayat ini Kristus melukiskan penghancuran Yerusalem sebagai lambang kesengsaraan besar yang akan terjadi pada akhir zaman(lihat art.
KESENGSARAAN BESAR ).
[13:19-22] 7 Full Life
Nas : Mr 13:19-22
Lihat art.
mengenai penafsiran ayat-ayat ini.
Nas : Mr 13:22
Lihat art.
Nas : Mr 13:24
Lihat cat. --> Mat 24:29.
[atau ref. Mat 24:29]
Nas : Mr 13:26
Lihat cat. --> Mat 24:30.
[atau ref. Mat 24:30]
Nas : Mr 13:27
Lihat cat. --> Mat 24:31.
[atau ref. Mat 24:31]
Nas : Mr 13:28
Lihat cat. --> Mat 24:32.
[atau ref. Mat 24:32]
waktunya sudah dekat sekali: atau Dia sudah dekat, sudah hampir datang.
Nas : Mr 13:29
Lihat cat. --> Mat 24:33.
[atau ref. Mat 24:33]
Nas : Mr 13:30
Lihat cat. --> Mat 24:34.
[atau ref. Mat 24:34]
Nas : Mr 13:32
Lihat cat. --> Mat 24:36.
[atau ref. Mat 24:36]
Nas : Mr 13:33
Lihat cat. --> Mat 24:42
[atau ref. Mat 24:42]
Nas : Mr 13:35
Kristus menegaskan bahwa kedatangan-Nya untuk orang yang setia dari gereja-Nya dapat terjadi pada empat waktu selama malam atau pagi-pagi benar. Kenyataan ini menunjukkan bahwa kedatangan-Nya kembali untuk mereka dapat terjadi setiap saat dan menekankan bahwa saat tahap pertama dari kedatangan-Nya yang kedua kali itu tidak terduga dan tak diketahui (yaitu saat keangkatan gereja;
lihat art.
Karena kedatangan-Nya itu sudah dekat dan tidak terduga, semua orang percaya harus waspada dan setia secara rohani
(lihat cat. --> Mat 24:42;
lihat cat. --> Mat 24:44;
[atau ref. Mat 24:42; 24:44]