TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

Yeremia 10

  Boks Temuan
Allah yang hidup dan berhala-berhala
10:1 Dengarlah firman yang disampaikan TUHAN kepadamu, hai kaum Israel! 10:2 Beginilah firman TUHAN: "Janganlah biasakan dirimu dengan tingkah langkah bangsa-bangsa 1 , q  janganlah gentar terhadap tanda-tanda r  di langit, sekalipun bangsa-bangsa gentar terhadapnya. 10:3 Sebab yang disegani bangsa-bangsa adalah kesia-siaan. Bukankah berhala itu pohon kayu yang ditebang orang dari hutan, yang dikerjakan dengan pahat s  oleh tangan tukang kayu? t  10:4 Orang memperindahnya dengan emas dan perak; u  orang memperkuatnya dengan paku dan palu, supaya jangan goyang. v  10:5 Berhala itu sama seperti orang-orangan di kebun mentimun, tidak dapat berbicara; w  orang harus mengangkatnya, sebab tidak dapat melangkah. x  Janganlah takut kepadanya, sebab berhala itu tidak dapat berbuat jahat, y  dan berbuat baikpun z  tidak dapat." 10:6 Tidak ada yang sama seperti Engkau, a  ya TUHAN! Engkau besar b  dan nama-Mu besar oleh keperkasaan. 10:7 Siapakah yang tidak takut c  kepada-Mu, ya Raja bangsa-bangsa? d  Sungguh, kepada-Mulah seharusnya sikap yang demikian; sebab di antara semua orang bijaksana dari bangsa-bangsa dan di antara raja-raja mereka tidak ada yang sama seperti Engkau! 10:8 Berhala itu semuanya bodoh e  dan dungu; f  petunjuk dewa g  itu sia-sia, karena ia hanya kayu belaka. -- 10:9 Perak kepingan dibawa dari Tarsis, h  dan emas dari Ufas; berhala itu buatan i  tukang dan buatan tangan pandai emas. Pakaiannya dari kain ungu tua dan kain ungu muda, semuanya buatan orang-orang ahli. -- 10:10 Tetapi TUHAN adalah Allah yang benar, Dialah Allah yang hidup j  dan Raja yang kekal. k  Bumi goncang l  karena murka-Nya, m  dan bangsa-bangsa tidak tahan akan geram-Nya. n  10:11 Beginilah harus kamu katakan kepada mereka: "Para allah yang tidak menjadikan langit dan bumi akan lenyap o  dari bumi dan dari kolong langit ini." 10:12 Tuhanlah yang menjadikan p  bumi q  dengan kekuatan-Nya, yang menegakkan dunia dengan kebijaksanaan-Nya, r  dan yang membentangkan langit s  dengan akal budi-Nya. 10:13 Apabila Ia memperdengarkan t  suara-Nya, menderulah bunyi air di langit, Ia menaikkan kabut awan dari ujung bumi, Ia membuat kilat u  serta dengan hujan, v  dan mengeluarkan angin dari perbendaharaan-Nya. w  10:14 Setiap manusia ternyata bodoh, tidak berpengetahuan, dan setiap pandai emas menjadi malu x  karena patung buatannya. Sebab patung tuangannya itu adalah tipu, y  tidak ada nyawa di dalamnya, 10:15 semuanya adalah kesia-siaan, z  pekerjaan yang menjadi buah ejekan, dan yang akan binasa pada waktu dihukum. 10:16 Tidaklah begitu Dia yang menjadi bagian a  Yakub, sebab Dialah yang membentuk segala-galanya, b  dan Israel adalah suku milik-Nya; c  nama-Nya d  ialah TUHAN semesta alam!
Yehuda menjadi sunyi sepi
10:17 Angkutlah barang-barangmu 2  e  dari negeri ini, hai orang-orang yang berada dalam pengepungan! 10:18 Sebab beginilah firman TUHAN: "Sesungguhnya, sekali ini Aku akan melemparkan f  penduduk negeri ini, dan Aku akan menyesakkan g  mereka, supaya mereka merasakannya." -- 10:19 Celakalah aku karena penyakitku, lukaku h  tidak tersembuhkan! Aku berpikir: "Ah, inilah suatu kepedihan yang harus kutanggung! i " 10:20 Kemahku j  sudah rusak, dan semua talinya sudah putus. Anak-anakku telah pergi dari padaku, tidak ada lagi; k  tidak ada lagi yang mendirikan kemahku dan yang membentangkan tendaku. -- 10:21 Sungguh, gembala-gembala l  sudah menjadi bodoh, m  mereka tidak menanyakan petunjuk TUHAN. n  Sebab itu mereka tidak berbahagia o  dan seluruh binatang gembalaan mereka cerai-berai. p  10:22 Terdengarlah suatu berita, bunyinya: Kegemparan besar akan datang dari tanah sebelah utara, q  untuk membuat kota-kota Yehuda menjadi sunyi sepi, r  menjadi tempat persembunyian serigala-serigala. s  10:23 Aku tahu, ya TUHAN, bahwa manusia tidak berkuasa untuk menentukan jalannya, t  dan orang yang berjalan tidak berkuasa untuk menetapkan langkahnya. 10:24 Hajarlah aku, ya TUHAN, tetapi dengan selayaknya, jangan dengan murka-Mu, u  supaya aku jangan Kaubinasakan! v  w  10:25 Tumpahkanlah kepanasan amarah-Mu ke atas bangsa-bangsa 3  x  yang tidak mengenal Engkau, ke atas kaum-kaum keluarga yang tidak menyerukan nama-Mu; y  sebab mereka telah memakan z  Yakub dan menghabisinya, dan membuat tempat kediamannya a  menjadi puing.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[10:2]  1  Full Life : JANGANLAH BIASAKAN DIRIMU DENGAN TINGKAH LANGKAH BANGSA-BANGSA.

Nas : Yer 10:2-16

Karena ancaman serbuan Babel, bangsa itu semakin berpaling kepada penyembahan berhala, ilmu nujum, dan spiritisme seperti bangsa-bangsa lainnya. Yeremia memperingatkan mereka terhadap perbuatan itu, serta menyatakan bahwa Tuhan Allah adalah Allah yang esa dan benar yang menciptakan segala sesuatu (ayat Yer 10:10-12).

[10:17]  2  Full Life : ANGKUTLAH BARANG-BARANGMU.

Nas : Yer 10:17-22

Penyerbuan pasukan Babel sudah demikian dekat dan malapetaka yang akan menyertainya demikian nyata bagi Yeremia sehingga dia mengucapkan kata-kata ratapan yang akan menjadi ratapan bangsa itu dalam pembuangan (ayat Yer 10:19-20).

[10:25]  3  Full Life : TUMPAHKANLAH KEPANASAN AMARAH-MU KE ATAS BANGSA-BANGSA.

Nas : Yer 10:25

Yeremia berdoa agar para penyerbu yang demikian kejam menjarah Israel akan mengalami tumpahnya seluruh murka Allah yang sungguh patut mereka terima (bd. Mazm 79:6-7).



TIP #30: Klik ikon pada popup untuk memperkecil ukuran huruf, ikon pada popup untuk memperbesar ukuran huruf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA