TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

Mikha 1

  Boks Temuan
Judul
1:1 Firman TUHAN yang datang kepada Mikha 1 , orang Moresyet, a  pada zaman Yotam, b  Ahas c  dan Hizkia, d  raja-raja Yehuda, e  yakni berkenaan dengan yang dilihatnya f  tentang Samaria dan Yerusalem 2 .
Pemberitahuan hukuman atas Samaria
1:2 Dengarlah, g  hai bangsa-bangsa sekalian! h  Perhatikanlah, hai bumi i  serta isinya! Biarlah Tuhan ALLAH menjadi saksi j  terhadap kamu, yakni Tuhan dari bait-Nya k  yang kudus. 1:3 Sebab sesungguhnya, TUHAN keluar dari tempat-Nya l  dan turun m  berjejak di atas bukit-bukit bumi. n  1:4 Luluhlah o  gunung-gunung di bawah kaki-Nya, p  dan lembah-lembah terbelah q  seperti lilin di depan api, seperti air tercurah di penurunan. 1:5 Semuanya ini terjadi karena pelanggaran Yakub, dan karena dosa kaum Israel. Pelanggaran Yakub itu apa? Bukankah itu Samaria? r  Dosa 3  kaum Yehuda itu apa? Bukankah itu Yerusalem? 1:6 Sebab itu Aku akan membuat Samaria menjadi timbunan puing 4  di padang, menjadi tempat penanaman pohon anggur. s  Aku akan menggulingkan batu-batunya t  ke dalam lembah dan akan menyingkapkan dasar-dasarnya. u  1:7 Segala patungnya v  akan diremukkan, w  segala upah sundalnya akan dibakar, dan segala berhalanya x  akan Kuhancurkan; sebab dari upah sundal y  dikumpulkan semuanya itu, dan akan kembali menjadi upah sundal.
Nabi meratapi nasib Yehuda dan Yerusalem
1:8 Karena inilah aku hendak berkeluh kesah dan meratap 5 , z  hendak berjalan dengan tidak berkasut a  dan telanjang, hendak melolong seperti serigala dan meraung seperti burung unta: 1:9 sebab lukanya b  tidak dapat sembuh, c  sudah menjalar ke Yehuda 6 , d  sudah sampai ke pintu gerbang e  bangsaku, ke Yerusalem! 1:10 Di Gat janganlah sampaikan berita, janganlah sekali-kali menangis! Baiklah gulingkan dirimu dalam debu di Bet-Le-Afra! 1:11 Berkemaslah, hai penduduk Safir, dengan telanjang f  dan malu. Tidak berani keluar penduduk Zaanan. Ratapan Bet-Haezel menghalangi engkau untuk tetap berdiri. 1:12 Dengan bimbang penduduk Marot berharap akan kebaikan. g  Sebab malapetaka h  turun dari pada TUHAN sampai ke pintu gerbang Yerusalem. 1:13 Pasanglah kuda teji pada kereta, hai penduduk Lakhis! i  Inilah permulaan dosa bagi puteri Sion, j  sebab padamulah terdapat pelanggaran Israel. 1:14 Sebab itu baiklah diberi hadiah k  perpisahan kepada Moresyet l -Gat. Rumah-rumah Akhzib m  akan menjadi tipu daya n  bagi raja-raja Israel. 1:15 Penakluk masih akan Kudatangkan kepadamu, hai penduduk Maresya! o  Kemuliaan Israel akan sampai di Adulam. p  1:16 Cukurlah q  dan gundulkanlah kepalamu, karena anak-anak kesayanganmu! Jadikanlah kepalamu 7  gundul seperti gundulnya burung bangkai, sebab dari padamu mereka akan masuk pembuangan. r 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[1:1]  1  Full Life : MIKHA.

Nas : Mi 1:1

Mikha, yang berasal dari bagian selatan Yehuda, bernubuat di antara tahun 750-687 SM. Dia adalah rekan sezaman Yesaya (bd. Yes 1:1) dan Hosea (bd. Hos 1:1;

lih. Pendahuluan Mikha).

Beritanya terutama dialamatkan kepada Yehuda (kerajaan selatan), walaupun ia juga menyampaikan penyataan tentang Israel (kerajaan utara). Tema utama Mikha adalah hukuman, namun ia juga menekankan pemulihan umat Allah.

[1:1]  2  Full Life : SAMARIA DAN YERUSALEM.

Nas : Mi 1:1

Samaria adalah ibu kota Israel; dan Yerusalem ibu kota Yehuda. Keduanya mewakili bangsa murtad yang akan dihukum oleh Allah (ayat Mi 1:5-7).

[1:5]  3  Full Life : PELANGGARAN ... DOSA.

Nas : Mi 1:5

Bangsa ini akan dihukum karena dosa-dosa mereka, khususnya penyembahan berhala (ayat Mi 1:7), kedursilaan (ayat Mi 1:7), kejahatan, dan ketidakadilan (Mi 2:1-2). Dosa-dosa yang lazim dilakukan di ibu kota merupakan dosa-dosa yang dilakukan oleh seluruh bangsa itu.

[1:6]  4  Full Life : SAMARIA MENJADI TIMBUNAN PUING.

Nas : Mi 1:6

Nubuat ini digenapi pada tahun 722 SM ketika pasukan Asyur memusnahkan kota ini (lih. 2Raj 17:1-5); penggenapan itu terjadi tidak lama sesudah Mikha menubuatkannya.

[1:8]  5  Full Life : AKU HENDAK BERKELUH KESAH DAN MERATAP.

Nas : Mi 1:8-9

Mikha menangisi kejatuhan Samaria (bd. ayat Mi 1:6). Hatinya hancur karena mereka menolak Allah sehingga harus dihukum. Apakah kita menyesal dan sedih bila orang terus berdosa terhadap Allah dan sedang menuju kepada kebinasaan dan kemusnahan mereka sendiri?

[1:9]  6  Full Life : SUDAH MENJALAR KE YEHUDA.

Nas : Mi 1:9

Yehuda juga bersalah karena pelanggaran dan pemberontakan terhadap Allah. Jadi, Mikha mengimbau beberapa kota tertentu di Yehuda (ayat Mi 1:10-16) untuk meratapi kebinasaan yang akan menimpa mereka. Nubuat Mikha digenapi ketika Sanherib merebut kota-kota berkubu negeri Yehuda (2Raj 18:13); menurut catatan Asyur, Sanherib merebut 46 kota.

[1:16]  7  Full Life : CUKURLAH ... KEPALAMU.

Nas : Mi 1:16

Mencukur kepala menjadi tanda kesedihan yang lahiriah; demikianlah, Mikha meminta agar umat Allah menantikan perkabungan yang amat mendalam.

  1. 1) Hukuman akan keras; anak-anak akan dirampas dari mereka dan diangkut ke dalam pembuangan. Mikha menekankan bahwa umat Allah tidak dapat berpaling dari Tuhan tanpa menderita akibat-akibat yang hebat.
  2. 2) Orang yang meninggalkan Allah dan Firman-Nya untuk bersekutu dengan dunia dan kegiatan berdosanya akan menemukan bahwa Allah akan menentang mereka dan mungkin mendatangkan malapetaka dalam hidup mereka.



TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA