TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

Yeremia 39

  Boks Temuan
Jatuhnya kota Yerusalem
39:1 Ketika Yerusalem z  direbut--dalam tahun yang kesembilan pemerintahan Zedekia, a  raja Yehuda, dalam bulan yang kesepuluh 1 , telah datang Nebukadnezar, b  raja Babel, beserta segenap tentaranya untuk mengepung c  Yerusalem; 39:2 dalam tahun yang kesebelas pemerintahan Zedekia, dalam bulan yang keempat, d  pada tanggal sembilan bulan itu, terbelahlah e  tembok f  kota itu-- 39:3 maka datanglah para perwira g  raja Babel itu, lalu mengambil tempat di pintu gerbang tengah, mereka itu ialah Nergal-Sarezer, pembesar dari Sin-Magir, panglima, dan Nebusyazban, kepala istana, dan para perwira lainnya dari raja Babel. 39:4 Melihat mereka semuanya maka Zedekia, raja Yehuda, dengan semua tentara melarikan diri, meninggalkan kota itu pada waktu malam dengan mengambil jalan taman raja, dengan melalui pintu gerbang antara kedua tembok; h  kemudian mereka berjalan menuju Araba-Yordan. i  39:5 Tetapi tentara Kasdim itu mengejar mereka dan menyusul Zedekia 2  j  di dataran Yerikho; mereka menangkap k  dia dan membawa dia ke Ribla l  di tanah Hamat, kepada Nebukadnezar, raja Babel, yang menjatuhkan hukuman atas dia. 39:6 Raja Babel menyuruh menyembelih anak-anak Zedekia di depan matanya di Ribla; juga semua pembesar m  Yehuda disembelih oleh raja Babel. 39:7 Kemudian mata n  Zedekia dibutakannya, lalu ia dibelenggu dengan rantai tembaga untuk dibawa ke Babel. o  39:8 Orang-orang Kasdim membakar p  istana raja dan perumahan rakyat dengan api, lalu mereka merobohkan tembok-tembok q  Yerusalem. 39:9 Kemudian Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal, mengangkut ke dalam pembuangan ke Babel sisa-sisa rakyat yang masih tinggal di kota itu dan para pembelot yang menyeberang ke pihaknya r  dan sisa-sisa para pekerja tangan. s  39:10 Tetapi sebagian dari rakyat, yakni orang-orang miskin yang tidak mempunyai apa-apa, ditinggalkan di tanah Yehuda oleh Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal. Pada waktu itu juga diberikannyalah kebun-kebun anggur dan ladang-ladang kepada mereka.
Perintah Nebukadnezar untuk melindungi Yeremia
39:11 Mengenai Yeremia 3 , Nebukadnezar, raja Babel, telah memberi perintah dengan perantaraan Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal, bunyinya: 39:12 "Bawalah dan perhatikanlah dia, janganlah apa-apakan t  dia, melainkan haruslah kaulakukan kepadanya sesuai dengan permintaannya kepadamu!" 39:13 Maka Nebuzaradan, kepala pasukan pengawal, beserta Nebusyazban, kepala istana, dan Nergal-Sarezer, panglima, dan semua perwira u  tinggi raja Babel, mengutus orang-- 39:14 mereka menyuruh mengambil Yeremia dari pelataran penjagaan, v  lalu menyerahkannya kepada Gedalya w  bin Ahikam x  bin Safan y  untuk membebaskannya, supaya pulang ke rumah. Demikianlah Yeremia tinggal di tengah-tengah rakyat. z 
Janji kepada Ebed-Melekh bahwa ia akan dilepaskan
39:15 Selagi Yeremia masih terkurung di pelataran penjagaan, firman TUHAN datang kepadanya, bunyinya: 39:16 "Pergilah kepada Ebed-Melekh 4 , a  orang Etiopia itu dan katakanlah kepadanya: Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Sesungguhnya, firman-Ku b  terhadap kota ini akan Kulaksanakan untuk kemalangan c  dan bukan untuk kebaikannya, dan semuanya itu akan terjadi di depan matamu pada waktu itu juga. 39:17 Pada waktu itu juga, demikianlah firman TUHAN, Aku akan melepaskan d  engkau, dan engkau tidak akan diserahkan ke dalam tangan orang-orang yang kautakuti, 39:18 tetapi dengan pasti Aku akan meluputkan e  engkau: engkau tidak akan rebah oleh pedang; f  nyawamu g  akan menjadi jarahan bagimu, sebab engkau percaya h  kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN."
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[39:1]  1  Full Life : TAHUN YANG KESEMBILAN ... ZEDEKIA ... BULAN YANG KESEPULUH.

Nas : Yer 39:1

Pengepungan Yerusalem berlangsung selama sekitar delapan belas bulan. Sepanjang masa itu kota tersebut terputus dari semua pertolongan dan bantuan dari luar; setelah beberapa waktu, kelaparan hebat mulai terasa. Kejatuhan Yerusalem dijelaskan secara terinci dalam Pasal Yer 52:1-34 (bd. pasal 2Raj 25:1-30; 2Taw 36:1-23); kekalahan Yerusalem menggenapi nubuat-nubuat Yeremia tentang hukuman Allah atas umat yang murtad.

[39:5]  2  Full Life : MENYUSUL ZEDEKIA.

Nas : Yer 39:5-7

Zedekia banyak menderita karena dia menolak untuk mendengarkan Allah dan menaati firman-Nya (bd. Yer 38:20-23). Kesedihan dan penderitaan akan dialami semua orang yang bersikeras mengikuti jalan mereka yang penuh dosa sambil mengabaikan suara Allah, yang berusaha menyelamatkan semua orang (Yoh 3:16; Luk 19:10). Jikalau orang hanya dapat mengerti bahwa dosa mendatangkan ketidakbahagiaan dan kematian, mereka pasti akan berbalik kepada Allah untuk memohon pengampunan dan kasih karunia (Rom 6:16,23); akan tetapi, Iblis telah demikian membutakan mata orang tidak percaya sehingga mereka tidak dapat melihat keadaan mereka sekarang atau nasib mengerikan yang menanti mereka (2Kor 4:4). Hanya melalui doa, pemberitaan firman Allah, dan pekerjaan Roh Kudus yang menginsafkan

(lihat cat. --> Yoh 16:8)

[atau ref. Yoh 16:8]

orang yang belum selamat menyadari keadaan rohani mereka yang sesungguhnya serta bahaya yang menanti mereka.

[39:11]  3  Full Life : YEREMIA.

Nas : Yer 39:11

Nebukadnezar niscaya pernah mendengar tentang nasihat Yeremia untuk tunduk kepada Babel, dan orang Babel memperlakukan dia dengan baik hati ketika mereka merebut Yerusalem. Ia diserahkan kepada perlindungan Gedalya, gubernur yang diangkat. Setelah dibebaskan, rupanya dengan tak sengaja Yeremia ditangkap lagi lalu dirantai, serta menantikan pengangkutan ke Babel; sekali lagi dia dibebaskan (Yer 40:1-6).

[39:16]  4  Full Life : EBED-MELEKH.

Nas : Yer 39:16

Lihat cat. --> Yer 38:7.

[atau ref. Yer 38:7]



TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA