TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

Mazmur 9

  Boks Temuan
Allah, Pelindung orang-orang saleh
9:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Mut-Laben. Mazmur Daud. (9-2) Aku mau bersyukur kepada TUHAN 1  dengan segenap hatiku, g  aku mau menceritakan segala perbuatan-Mu h  yang ajaib; 9:2 (9-3) aku mau bersukacita dan bersukaria i  karena Engkau, bermazmur j  bagi nama-Mu, k  ya Mahatinggi, 9:3 (9-4) sebab musuhku mundur, tersandung jatuh dan binasa di hadapan-Mu. 9:4 (9-5) Sebab Engkau membela perkaraku l  dan hakku, m  sebagai Hakim yang adil n  Engkau duduk di atas takhta. o  9:5 (9-6) Engkau telah menghardik bangsa-bangsa, p  telah membinasakan orang-orang fasik 2 ; nama q  mereka telah Kauhapuskan untuk seterusnya dan selama-lamanya; 9:6 (9-7) musuh telah habis binasa, menjadi timbunan puing senantiasa: kota-kota r  telah Kauruntuhkan; lenyaplah ingatan kepadanya. s  9:7 (9-8) Tetapi TUHAN bersemayam untuk selama-lamanya, t  takhta-Nya u  didirikan-Nya untuk menjalankan penghakiman. 9:8 (9-9) Dialah yang menghakimi dunia dengan keadilan 3  v  dan mengadili bangsa-bangsa dengan kebenaran. w  9:9 (9-10) Demikianlah TUHAN adalah tempat perlindungan x  bagi orang yang terinjak, y  tempat perlindungan pada waktu kesesakan. z  9:10 (9-11) Orang yang mengenal nama-Mu a  percaya kepada-Mu, sebab tidak Kautinggalkan b  orang yang mencari c  Engkau, ya TUHAN. 9:11 (9-12) Bermazmurlah d  bagi TUHAN, yang bersemayam di Sion, e  beritakanlah perbuatan-Nya f  di antara bangsa-bangsa, g  9:12 (9-13) sebab Dia, yang membalas penumpahan darah, h  ingat kepada orang yang tertindas; i  teriak mereka tidaklah dilupakan-Nya. 9:13 (9-14) Kasihanilah j  aku, ya TUHAN; lihatlah sengsaraku, disebabkan oleh orang-orang yang membenci aku, k  ya Engkau, yang mengangkat aku dari pintu gerbang maut, l  9:14 (9-15) supaya aku menceritakan segala perbuatan-Mu yang terpuji m  dan bersorak-sorak di pintu gerbang puteri Sion n  karena keselamatan o  yang dari pada-Mu. 9:15 (9-16) Bangsa-bangsa terbenam dalam pelubang yang dibuatnya, p  kakinya tertangkap dalam jaring yang dipasangnya q  sendiri. 9:16 (9-17) TUHAN telah memperkenalkan diri-Nya, Ia menjalankan penghakiman; orang fasik terjerat dalam perbuatan tangannya r  sendiri. Higayon. Sela 9:17 (9-18) Orang-orang fasik akan kembali ke dunia orang mati, s  ya, segala bangsa yang melupakan Allah. t  9:18 (9-19) Sebab bukan untuk seterusnya orang miskin dilupakan 4 , bukan untuk selamanya hilang harapan u  orang sengsara. v  9:19 (9-20) Bangkitlah, w  TUHAN, janganlah manusia merajalela; x  biarlah bangsa-bangsa dihakimi y  di hadapan-Mu! 9:20 (9-21) Biarlah mereka menjadi takut, z  ya TUHAN, sehingga bangsa-bangsa itu mengakui, bahwa mereka manusia a  saja. Sela
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[9:1]  1  Full Life : AKU MAU BERSYUKUR KEPADA TUHAN.

Nas : Mazm 9:2-3

Inti setiap hubungan orang percaya dengan Allah ialah tuntutan untuk memuji Dia

(lihat art. PUJIAN).

[9:5]  2  Full Life : MEMBINASAKAN ORANG-ORANG FASIK.

Nas : Mazm 9:6

Daud berbicara seakan-akan peristiwa yang tercatat di sini telah terjadi -- suatu gaya penulisan nubuat dalam mazmur. Ia begitu yakin bahwa semua peristiwa ini akan terjadi sehingga ia berbicara seakan-akan semua itu sudah digenapi (lih. ayat Mazm 9:16-17).

[9:8]  3  Full Life : MENGHAKIMI DUNIA DENGAN KEADILAN.

Nas : Mazm 9:9

Pemazmur berterima kasih dan memuji Tuhan karena pada suatu hari Dia akan membebaskan sepenuhnya mereka yang mencari Dia (ayat Mazm 9:9-15) dan mendatangkan hukuman atas musuh-musuh-Nya (ayat Mazm 9:4-9,16-21).

  1. 1) Supaya mencegah kehilangan semangat dan keputusasaan ketika melihat sukses kejahatan dalam dunia, umat Allah harus dengan teguh percaya dan mengaku bahwa Tuhan satu hari akan membenarkan mereka, kendatipun kesengsaraan, yang bertekun terhadap semua yang hendak membinasakan iman mereka dalam Allah (ayat Mazm 9:8-12; lih. pasal Wahy 19:1-21:27).
  2. 2) Orang percaya PB dapat menerapkan ayat-ayat ini kepada musuh-musuh Tuhan dan gereja-Nya. Sepanjang zaman PB terjadilah suatu pertentangan di antara kekuatan-kekuatan jahat melawan kekuatan-kekuatan kebenaran. Orang percaya yang setia akan ditentang oleh Iblis, dunia, dan orang percaya palsu di dalam gereja

    (lihat cat. --> 2Tim 3:12).

    [atau ref. 2Tim 3:12]

[9:18]  4  Full Life : BUKAN UNTUK SETERUSNYA ORANG MISKIN DILUPAKAN.

Nas : Mazm 9:19

Golongan miskin dan tertindas di antara umat Allah menjadi sasaran perhatian khusus Allah (ayat Mazm 9:10-11,13). Mereka memiliki janji bahwa Allah tidak akan meninggalkan mereka (ayat Mazm 9:11), bahwa Dia akan mengingatkan doa-doa mereka (ayat Mazm 9:13), dan bahwa harapan mereka akhirnya akan dinyatakan (ayat Mazm 9:19).



TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA