TB NETBible YUN-IBR Ref. Silang Nama Judul Artikel Himne PEDIA MEDIA Gambar Audio Alkitab Kuno ITL - draft

1 Tawarikh 14

  Boks Temuan
Istana dan rumah tangga Daud
14:1 Hiram, raja negeri Tirus, mengirim utusan kepada Daud dan kayu aras, h  tukang-tukang batu dan tukang-tukang kayu untuk mendirikan sebuah istana baginya. 14:2 Lalu tahulah Daud, bahwa TUHAN telah menegakkan dia sebagai raja atas Israel, sebab martabat pemerintahannya terangkat tinggi i  oleh karena Israel umat-Nya 1 . 14:3 Daud mengambil lagi beberapa isteri 2  di Yerusalem, dan ia memperanakkan lagi anak-anak lelaki j  dan perempuan. 14:4 Inilah nama anak-anak yang lahir bagi dia di Yerusalem: k  Syamua, Sobab, Natan, Salomo, 14:5 Yibhar, Elisua, Elpelet, 14:6 Nogah, Nefeg, Yafia, 14:7 Elisama, Beelyada dan Elifelet.
Daud memukul kalah orang Filistin
14:8 Ketika didengar orang Filistin, bahwa Daud telah diurapi menjadi raja atas seluruh Israel, l  maka majulah semua orang Filistin untuk menangkap Daud. Tetapi Daud mendengar hal itu, lalu majulah ia menghadapi mereka. 14:9 Ketika orang Filistin itu datang dan mengadakan penyerbuan di lembah m  Refaim, 14:10 bertanyalah Daud kepada Allah: "Apakah aku harus maju melawan orang Filistin itu dan akan Kauserahkankah mereka ke dalam tanganku?" TUHAN menjawab: "Majulah, Aku akan menyerahkan mereka ke dalam tanganmu." 14:11 Lalu majulah ia ke Baal-Perasim, n  dan Daud memukul mereka kalah di sana. Berkatalah Daud: "Allah telah menerobos musuhku dengan perantaraanku seperti air menerobos." Sebab itu orang menamakan tempat itu Baal-Perasim. 14:12 Orang Filistin itu meninggalkan para allahnya di sana, lalu orang Israel membakarnya o  p  habis atas perintah Daud. 14:13 Ketika orang Filistin menyerbu sekali lagi di lembah q  itu, 14:14 maka bertanyalah lagi Daud kepada Allah 3 , lalu Allah menjawab: "Janganlah maju di belakang mereka, tetapi buatlah gerakan lingkaran terhadap mereka, sehingga engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon kertau. 14:15 Dan bila engkau mendengar bunyi derap langkah di puncak pohon-pohon kertau itu, maka haruslah engkau keluar bertempur, sebab Allah telah keluar berperang di depanmu untuk memukul kalah tentara orang Filistin." 14:16 Dan Daud berbuat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, maka mereka memukul kalah tentara orang Filistin, mulai dari Gibeon r  sampai Gezer. s  14:17 Lalu termasyhurlah t  nama Daud di segala negeri, dan TUHAN mendatangkan rasa takut u  kepadanya atas segala bangsa.
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[14:2]  1  Full Life : OLEH KARENA ISRAEL UMAT-NYA.

Nas : 1Taw 14:2

Kerajaan Daud sangat dimuliakan, bukan demi dirinya sendiri, tetapi demi seluruh umat Allah. Daud harus menetapkan kedudukan Israel di dalam dunia supaya mereka dapat melayani Allah dalam kebenaran dan keadilan

(lihat cat. --> 2Sam 7:18).

[atau ref. 2Sam 7:18]

Di bawah perjanjian yang baru, Allah mungkin meninggikan seseorang, bukan demi orang itu sendiri, tetapi agar umat Allah dapat dibangun secara moral dan rohani.

[14:3]  2  Full Life : DAUD MENGAMBIL LAGI BEBERAPA ISTERI.

Nas : 1Taw 14:3

Untuk ulasan mengenai Daud mengambil banyak istri

lihat cat. --> 2Sam 5:13.

[atau ref. 2Sam 5:13]

Kelemahan pribadi yang menyolok ini dari Daud mengakibatkan tragedi yang hebat pada dirinya dan keluarganya

(lihat cat. --> 2Sam 12:3;

lihat cat. --> 2Sam 13:1).

[atau ref. 2Sam 12:3; 2Sam 13:1]

[14:14]  3  Full Life : BERTANYALAH LAGI DAUD KEPADA ALLAH.

Nas : 1Taw 14:14

Daud tidak menganggap bahwa karena dahulu Allah menghendaki dia menyerang orang Filistin (ayat 1Taw 14:10), maka kali ini hal itu juga betul. Contoh Daud mengajar orang percaya bahwa kita tidak akan berhasil di dalam hidup ini jikalau kita tidak terus-menerus mencari kehendak, bimbingan, dan pertolongan Allah. Berseru kepada Allah untuk kasih karunia dan kehadiran-Nya secara khusus adalah suatu kebutuhan yang terus-menerus dalam kehidupan kita. Jikalau kita gagal untuk senantiasa berpaling kepada Allah memohon pertolongan-Nya, kita akan mengalami bahwa kita sendirian ketika menghadapi berbagai kesulitan dan tuntutan hidup ini, tanpa kehadiran Roh Kudus

(lihat cat. --> 2Sam 5:19).

[atau ref. 2Sam 5:19]



TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA